Memilih Database


System database (DBMS) terus berkembang untuk memenuhi kebutuhan informasi yang semakin hari terus meningkat. Umumnya pengembang khususnya di Indonesia menggunakan Database server  MsSQL Server, Sybase dan kecenderungan saat ini menggunakan Oracle namun Microsoft juga terus meluncurkan inovasi terbarunya. Microsof  telah memperkenalkan visual studio 2008 dan Windows Server2008.  Selain itu dalam membangun suatu aplikasi biasanya dilengkapi lagi dengan Cristal report untuk mendesain bentuk-bentuk laporan, sehingga harga untuk infrastruktur sebuah sistem informasi menjadi sangat tinggi.  Bagaimana dengan pemakai sistem informasi dan tingkat kebutuhannya?. Tentunya tidak semua membutuhkan apa yang ditawarkan tersebut. Saat ini bahkan masih banyak perusahaan-perusahaan di Indonesia yang masih menggunakan aplikasi database berbasis DOS yang kita ketahui sudah bukan jamannya. Banyak pula yang telah menginvestasikan dana dalam jumlah besar namun hanya sia-sia karena tidak dapat dimanfaatkan.

Dengan banyaknya system database anda dapat membangun sistem informasi mulai dari yang sederhana sampai yang kompleks tentunya yang sederhana harga lebih murah namun buat apa yang mahal kalau tidak dapat dimanfaatkan. Dalam hal ini perlu fokus pada kebutuhan kebutuhan anda karena migrasi dari versi lama ke versi terbaru tidak selalu mudah dan menguntungkan. Sebaiknya anda pertimbangkan nilai tambah apa yang ingin anda dapatkan. Bisa jadi hanya menambah investasi tanpa menambah manfaat. Pemilihan harus disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan serta budged perusahaan anda.

Visual Basic 6.0 salah satu bahasa pemrograman terpopuler yang dapat menangani bermacam-macam format database yaitu database Microsoft Acces, Microsoft Excel, Dbase, Foxbase, Foxpro, MSSQL Server, Oracle, ODBC, file teks bahkan database MySQL dari OpenSource Lisence. VisData adalah database manager yang disertakan dalam Visual basic 6.0  yang dapat menangani database. Jadi sesungguhnya dengan paket Visual basic 6.0 anda telah dapat mengembangkan sistem informasi yang handal. Salah satu database yang dapat dibuat dengan Visdata adalah format Accses95-97 yang digunakan cukup luas dalam aplikasi database. Flatformnya adalah perusahaan kecil dan menengah dan anda perlu tahu perusahaan Indonesia mayoritas dalam klasifikasi ini. Ukuran yang digunakan adalah trafik data bukan berdasarkan klasifikasi yang terdaftar pada dep. kehakiman.

Satu Tanggapan

  1. yang d maksud MsSQl tuh apa c?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: