Structure Query Language


By. Krisdianto

SQL adalah sebuah bahasa yang berisi perintah-perintah untuk memanipulasi database seperti menghapus, merubah, memilih,menggabungkan data.

Database merupakan yang tidak asing lagi pada saat ini di dunia di mana hampir semua komponen didunia saling berhubungan satu sama lain dan saling bertukar informasi antar satu sama lain.

Oleh karena informasi yang dimiliki manusia beragam maka diperlukan pengaturan menurut aturan tertentu yang kemudian dikenal dengan database. Secara sederhana database dapat diartikan kumpulan dari data-data atau lebih lengkap lagi kumpulan dari data-data yang terintegrasi dan diatur menurut aturan (field) tertentu.

Setelah kita mengetahui bahwa database merupakan kumpulan dari berbagai data maka timbul pertanyaan bagaimana data tersebut dapat digunakan ?, Pertanyaan dapat dijawab dengan kemunculan komputer sebagai media pembantu yang dapat meningkatkan efiensi dari penggunaan data-data dari database tersebut melalui program yang dibuat untuk mengatur data-data tersebut. Program tersebut dikenal dengan database management system (DBMS) yang digunakan untuk pengaturan database.

Dan seiring perkembangan database yang semakin kompleks maka pada tahun 1970 E.F Codd memperkenalkan database model relasional dalam sebuah artikel yang berjudul “A Relational Model of Data for Large Shared Databanks” (Sebuah model data relasional untuk Bank data yang besar dan terintegrasi) di mana melalui artikel ini lahirlah sebuah konsep dasar untuk pengembangan sebuah bahasa database.

Kemudian pada tahun 1979 Codd memperkenalkan idenya tersebut dalam konsep yang lebih nyata sehingga kemudian dapat dikembangkan sebagai sebuah bahasa database relasional. Dan salah satu bahasa database relational itu adalah S.Q.L (Structured Query Language).

Kelahiran SQL juga memiliki hubungan erat dengan dengan sebuah proyek IBM yang dikenal dengan  Sistem R. Di mana proyek ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah sistem pada database relasional atau dengan kata lain sebuah sistem yang dapat memenuhi segala jenis sistem pengoperasian database modern. Dengan memperkenalkan sebuah bahasa yang dinamakan Sequel yang pada perkembangannya berubah menjadi SQL (Structured Query Language).

Selengkapnya Download Disini

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: