Mencatat Data Persedian Barang Dan Jasa


Sering saya menerima pertanyaan, apa saja yang perlu dicatat dalam file master persediaan. Pertanyaan ini bagi saya sangat umum berhubung pada aplikasi yang pernah saya buat terdapat banyak variasi. Tentunya hal ini terjadi karena perbedaan kebutuhan masing2 bidang usaha. Pada suatu aplikasi yang saya buat disediakan data persediaan secara detail meliputi spesi teknis secara rinci sperti BD, Strengh, Panjang, lebar, tebal dll karena elemen tersebut diperlukan aplikasi dalam perhitungan atau perlu ditampilan tersendiri pada report, sehingga  file master persediaan memerlukan banyak tabel.

Pada kesempatan ini saya bahas file manajer  untuk mencatat data barang dan jasa yang digunakan pada ZULISoft Standar yang hanya terdiri dari 3 tabel yaitu Nama, Detail dan Gambar. Elemen utama dari tabel tersebut ditampilkan di layar pada 3 Kolom yautu 1. Nama 2. Detail  dan 3. Gambar  serta disusun menyerupai treeview. Setiap barang hanya disediakan satu gambar

Dalam ZULISoft Standar semua barang maupun jasa dicatat pada tabel yang sama dengan diklasifikasi dengan kode kalasifikasi Alat Tulis & Kantor , bahan Baku,  Barang Dagang,  Equipment, Furnitur, Jasa. Lain-lain dan Spare part

Mencatat Data Barang

  1. Langkah awal yang harus anda perhatikan adalah jenis barang yang akan anda catat. Lalu pilih jenis barang pada combobox di sudut kanan atas layar.
  2. Selanjutnya yang akan dicatat adalah nama barang atau jasa. Click  area nama barang  (Pada gambar ditandai dengan nomor 1) Lalu Click Toolbar New. Aplikasi akan menampilkan Form yang akan anda isi Setelah Nama barang dan Nama satuan anda isi, Click Tombol Ok. Nama barang tersebut segera tersimpan pada kolom nama barang. Click Nama yang baru saja anda masukan.
  3. pada kolom detail (pada area 2) akan anda lihat baris detail yang berisi Ukuran/Type, 1 dst. Anda dapat langsung mengedit data pada baris detail dimana kolom ukuran dapat anda isi dengan ukuran barang/type dan keterangan yang diperlukan. Q_Unit adalah berat per unit. bila tidak diperlukan biarkan tetap bernilai 1.  Kode lokasi penempatan barang bila diperlukan. Tekan Enter/Save untuk menyimpan hasil perbaikan.
  4. Anda dapat menambahkan gambar untuk data barang ini.  Dengan area gambar dan aplikasi meminta anda memilih gambar dari komputer anda.
  5. Untuk menambahkan detail barang dengan ukuran dan sepesifikasi yang lain, pastikan cursor berada pada area 2. Jika tidak click area 2, lalu click toolbar new.  Anda akan disediakan baris detail yang baru Lakukan cara pada item 3. Setap nama barang dapat anda buat detail maks sebanyak 100 item.

4 Tanggapan

  1. saya sudah download Zulisofy LIMITED EDITION FREE dan sudah saya install untuk saya cobakan, yang menjadi kendala adalah untuk password loginnya tidak ada keterangan, saya kosongkan tidak bisa mohon pencerahannya terimakasih

    ZB:
    Use Admin Password xxxxxx

    • Iya boss sama, saya masukin password itu , keluar tulisan expired… mohon pencerahan juga… trus bagaimana dengan email yang saya kirim, sudah bisa di pahami, thx

      ZB:
      Yakinkan Aplikasi yang di download adalah versi terbaru. (lihat tanggal uploadnya)

  2. Saya install LE free, tapi pada form password anda tulisan error,

  3. monggo kunjungi software yang anda butuhkan ini di http://tamblak.blogspot.com terima kasih

Tinggalkan komentar