Network

Saat skala operasi bisnis berkembang, timbul kebutuhan untuk mengumpulkan data dan menyebarkan keputusan di area geografis yang tersebar luas. Komunikasi data memungkinkan komputer melaksanakan tugasnya. Model dasar yang  mengggambarkan komunikasi antar manusia juga dapat berfungsi sebagai model untuk komunikasi data.

Ada banyak variasi dalam pengaturan Jaringan komputer, tetapi jenis dasarnya adalah jaringan luas (wide area network) atau WAN dan jaringan setempat (local area network) atau LAN. WAN yang pertama dibentuk untuk menyediakan jasa time sharing. Dengan munculnya komputer mikro, jaringan memudahkan distribusi dari sumberdaya komputer di seluruh perusahaan. Sekarang baik WAN maupun LAN digunakan untuk client/server cumputing.

Dalam suatu LAN, semua perangkat dan sirkuit dimiliki oleh perusahaan tetapi dalam WAN saluran disediakan oleh perusahaan penyedia jasa telekomunikasi (common carrier). Perusahaan penyedia jasa telekomunikasi menyediakan beragam produk jasa. Produk yang merevolusi cara Jaringan Komunikasi data dan informasi adalah integrated services digital network (ISDN).

Jaringan komputer, Model Komunikasi, Jaringan Berbasis Komputer, Jenis-jenis Jaringan

Perangkat Keras Jaringan Komputer,Terminal, Hub atau Concentrator, Konektor UTP (RJ-45), Bridge, Switch, Cluster Control Unit, Modem, Multiplexer, Front-end Processor, Host, Router, Brouter, Getway

Perangkat lunak Jaringan komputer : Perangkat lunak dalam host, Perangkat lunak dalam front-end processor

Pendekatan dasar jaringan dan pemrosesan : Timesharing, Distributed Processing, Client-Server

Protokol dan Arsitektur Jaringan : Model OSI, TCP/IP,

Instalasi Jaringan : Persiapan, Perangkat keras yang diperlukan, Perangkat Lunak, System Operasi Jaringan, Proses Instalasi, Menginstall System operasi Jaringan, Konfigurasi Server, Active Directory, Domain Contorles, Mengatur IP Address, Mengisi DNS, Remote Acces/VPN Server, Aplication Server, Membuat User, Membuat folder bersama, Menginstal printer bersama, Menentukan access ke folder atau printer, Internet Information Service dan DNS, Internet Information Service, Domain Name Service (DNS), Mendefinisikan New Zone, Mendefinisikan New Host, Internet Connection Sharing, Menginstal Internet Connection Sharing, Mengatur konfigusasi Internet Connection Sharing, Mengconfigure computer lain pada home network, Setup network connection menggunakan Dial-Up Networking, Automatisasi Dial-Up Networking connection, set up Dial-Up Networking server, Microsoft Service untuk NetWare Directory Services, Mengkonfigurasi default context pada suatu computer, Memilih context yang lain menggunakan Network Neighborhood, Specifikasi preferred server, Menginstalasi Protocol, Instalasi Cittrix Metaframe Xp, Instalasi komputer Client

Bekerja Dengan Jaringan komputer, Log on ke network, log off dari network, Untuk menyambungkan ke computer lain pada network, Menentukan (map) nama Drive ke network computer atau folder, Merubah Password Network, Menentukan spesifikasi computer anda dan nama workgroup, Mencari suatu computer pada network, Memeriksa apakah network printers dan folders tersedia, Membuka shared folder pada computer lain, Menggunakan shared network printer, Membuat duplikat file anda ke server

Iklan

8 Tanggapan

  1. oK bANGET
    UE ALUMNI UNMER MALANG
    TEKNIK INDUSTRI
    ANGATAN 2000

  2. saya minta suport dan saran nich!

    skrg lg buat skripsi dengan vb. tb sedikit mengalami hambatan jadi pesimis dan tegang.

    Zb:
    Artinya anda tidak siap dengan materi yang akan anda tampilkan. Solusinya yang terbaik hanya dengan banyak membaca dan Coba.

    • @ Fuji …

      Guru Biasa Kayak Gitu, Dulu Waktu Aku Skripsi Juga Begitu Ngajarinnya.

      Tapi Hasilnya Benar-benar Mantap,

      Masih Ingat Aku diajarin bikin caption di Visual Basic 6.

      hixixi Makasih Guru

      ZB:
      Permasahannya adalah karena yang mau bikin skripsi itu tidak membiasakan diri untuk mengungkapkan pendapatnya secara tertulis tiba2 berhadapan dengan hal itu dia jadi bingung. Bukan hanya disitu sering yang ditanya juga membingungkan. Gimana jawabnya!… bisa juga membingungkan.

  3. Saya Mau Tanya Seberapa Sulitnya Belajar Networking ??

    Boleh Gak Kita Berbisnis Guru ?????

    Boleh Gak sinarindo.co.id saya pake buat tempat belajar ??

    SMS aku Pak Guru Kapan-kapan biar kita bisa menjalin bisnis ??

    Terima Kasih Atas Ilmunya dulu Pak Guru ???
    Terima Kasih Banget, Berkat Anda Saya Jadi sedikit tau tentang komputer..

    ZB:

    1. Tergantung network itu dipakai dimana. Kalau hanya LAN untuk prusahaan yang cukup dengan 1 switch adalah hal spele.

    2. Bisnis apa?. Halal oke haram no!….

    3. Sinarindo.co.id adalah milik perusahaan. Kalau untuk belajar banyak yang gratisan. salah satunya http://www.zulidamel.co.cc itu juga gratisan.

    4. Kalau untuk koneksi maunya gratis juga, kamu bawa laptop pakai warles trus nongkrong diteras rumah gue. Dijamin nyambung nggak pakai pasword2-an. Soalnya werless gua tempatkan tidak jauh dari teras.

  4. Oh Iya, Saya Lagi belajar METASPLOID nih kapan-kapan ajarin lagi ya Guru.. Kita Pake Jaringan di kantor SMP aja, sekalian reuni Guru.

    ZB:
    Ni lagi!.. minta ajarin lagi apanya?…saya senndiri METASPLOID itu nggak tau. makanan kaliya…

  5. Keren gan…
    kalau Ngatur jaringan Pake CIsco itu susah gak ya???

    ZB:
    Gampang2 susah…

  6. saya copy y,..mas artikelnya,..

  7. saya meyediakan peralatan netwoking agan2 yang membutuh kan silahkan hubungi YM wincore_surabaya01 linksys ,senao , microtik, ubiquiti ,tp-link,d-link, kabel belden, amp, systimax

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: