Laporan Neraca


Kenapa komputer akuntansi bisa cepat,  pada hal akuntansi metode manual saat ini kan juga pakai komputer.

Alat yang digunakan saja sudah salah. “Akuntansi manual pakai komputer”, gimana laporan yang dihasilkannya, juga pada salahnya kali yeeee!…..

Laporan neraca adalah laporan keuangan utama yang diterbitkan pada akhir periode akuntansi yaitu per tanggal 31 Desember. Tanggal tersebut adalah syarat minimal dan sifatnya formal berdasarkan suatu kewajiban perusahaan melaporkan transaksi keuangan bukan berdasarkan kebutuhan. Kapan sesungguhnya Laporan Neraca dibutuhkan?… Kalau saya sebagai pimpinan perusahaan untuk keperluan tertentu, ingin mengetahui posisi keuangan perusahaan saya, kebutuhan saya adalah Laporan Neraca sekarang. Butuhnya sekarang. Kalau laporan tersebut baru dapat saya peroleh minggu depan artinya kebutuhan saya sebagai pimpinan perusahaan tidak terpenuhi. Kebijakan yang seharusnya saya putuskan sekarang harus tertunda. Faktanya memang masih sedikit pimpinan perusahaan yang membutuhkan laporan posisi keuangan seperti yang saya sebutkan. Bagaimanan dengan anda?….  

Disisi lain masih banyak perusahaan yang membutuhkan waktu lama untuk menerbitkan laporan neraca, sehingga setiap saat pimpinan perusahaan melihat laporan posisi keuangan yang dilihatnya adalah informasi yang sudah basi.  Sementara pengguna Aplikasi Komputer akuntansi dapat menampilkan laporan neraca kapan saja.  

Seorang rekan saya seorang akuntan yang sudah bulukan menangani akuntansi, mengatakan akuntansi manual itu tidak ada yang salah.  Dilain pihak sering saya menerima umpatan dari rekan-rekan akuntan juga, sejak pakai komputer justru banyak laporan yang salah.  

Jawabnya sederhana.

  • Keterlambatan dalam memberikan informasi adalah suatu kesalahan, bagaimana tidak ada yang salah.
  • Banyak kesalahan pada akuntansi manual yang tidak terdeteksi.  Kalaupun diketahui kesalahan kejadiannya aja sudah lama untuk apa lagi.
  • Akuntansi komputer banyak salah, bisa saja terjadi karena yang menggunakan komputer seharusnya seharus belajar dulu.  Kalau yang ditempatkan sebagai operator komputer langsung diambil dari buruh pabrik atau office boy jelas akan banyak kesalahan. Orangnya saja sudah salah.
  • dst…

Dalam menyusun neraca pada akuntansi manual terlebih dahulu dibuat jurnal setiap transaksi keuangan.  Terus dibuat Neraca saldo dengan menghitung jumlah saldo setiap rekening neraca & laba rugi selama satu periode akuntansi dan hasilnya  dimasukkan ke kertas kerja (neraca lajur). Berdasarkan fakta atau hal tertentu di buat ayat penyesuaian sehingga didapat neraca saldo yang disesuaikan. Kolom berikutnya ikhtisar pabrikasi, rugi laba untuk merangkum biaya dan rugi laba kolom terakhir adalah neraca akhir. Ribet bangat ya?…. sehingga saking ribetnya sering akuntan tidak menyelesaikan pekerjaannya sehingga neraca lajur sudah dianggap sebagai Laporan Keuangan. “Neraca Lajur bukanlah laporan keuangan melainkan alat untuk menyusun laporang keuangan.

Untuk menghitung saldo setiap rekening dalam satu periode akuntansi tidaklah mudah dalam akuntansi manual sekalipun akuntansi manual juga sudah pakai komputer. Apalagi kalau ditemukan jurnal tidak balance. Hal itu tidak akan ditemukan pada aplikasi akuntansi seperti ZULISoft. ZULISoft hanya butuh satu Click untuk menampilkan Neraca Saldo ke worksheet excel dalam hitungan detik sekalipun neraca saldo bukanlah bagian Laporan namun ZULISoft masih menyediakannya. Bila tidak balance tinggal lihat melalui modul audit semua beres dalam waktu singkat. Akuntansi komputer tidak memerlukan Neraca Lajur karena tanpa bantuan neraca lajur komputer mampu menyusun laporan Neraca, bahkan mulai dari menyusun jurnal transaksi.

ZULISoft menyusun jurnal transaksi dari data transaksi, dimana pada saat membuat bukti transaksi telah dilengkapi dengan data untuk jurnal sehingga user tinggal click tombol button untuk memerintahkan komputer menyusun jurnal transaksi. Seterusnya anda tinggal pilih menu untuk menampilkan laporan keuangan Buku besar, laba rugi ataupun  neraca.  Laporan yang dihasilkan divisual ke worksheet Excel atau di print ke Pdf format atau TIFF.  ZULISoft juga punya pilihan untuk menampilkan betuk stafell atau report form, single step atau multi step dll.

Contoh : Staffel lap_nrc_bank

Bentuk Report Form

Biasanya bentuk report form menampilkan neraca pada dua periode akuntansi yaitu tahun lalu dan tahun yang dilaporkan. ZULISoft juga begitu.

 

About these ads

80 Tanggapan

  1. Oke, bgm untuk petty cas report

  2. thanks bro buat informasinya
    sukses

    • Pak Arifin membuka sebuah kantor arsitek . Berikut adalah transaksi selama bulan Mei 2009:
      2 Mei, Setoran modal sebesar 7.500.000
      2 Mei, Dibeli motor untuk karyawan senilai 7.000.000 , 4.000.000 dibayar tunai, sisanya dibyr kredit.
      5 Mei, Dibayar sewa kantor sebesar 800.000
      7 Mei, Dibeli perlengkapan kantor senilai 400.000
      7 Mei, Dibeli peralatan kantor secara kredit senilai 4.500.000
      12 Mei, Diterima pembayaran dari konsumen senilai 1.750.000
      17 Mei, Dibayar utang kpd kreditur senilai 2.500.000
      18 Mei, Dibayar tunai bermacam-macam biaya senilai 500.000
      20 Mei, Dibayar gaji asisten senilai 700.000
      25 Mei, Dikirimkan tagihan kpd konsumen yg tlh menggunakan jasa konsultasi arsitektur sebesar 900.000
      28 Mei, Diambil uang sebesar 500.000 utk keperluan pribadi pak arifin
      Catatlah transaksi berikut pd rekening2 T dan buatlah laporan neraca!!
      itu

  3. pak saya mau tanya.di perusahaan saya ada pengeluaran pribadi dari direktur,padahal direktur ini ini tidak difasilitasi utk pengeluaran itu. biaya tsb harus saya masukkan ke biaya apa??

    ZB:
    Masalah ini adalah masalah kebijakan akuntansi yang punya otorita adalah direktur anda sendiri. Namun saya memilih untuk memasukannya pada kelompok biaya pemasaran dengan alasan dana itu umumnya digunakan oleh direktur dalam rangka pengembangan perusahaan. Namun apapun alasannya pihak pajak akan menolaknya sehingga timbul 2 versi bentuk laporan keuangan yaitu laporan keuangan fiskal dan laporan keuangan komersial.

    • thanks. tapi yang bpk utarakan jika pengeluaran itu umumnya digunakan untuk pengembangan perusahaan. tapi yang saya tangkap dari pengeluaran ini tidak ada hubungannya dengan pengembangan perusah. contoh : pembelian kacamata pribadi atau service mobil pribadi. bagaimana dengan hal tsb??
      satu lagi pak masalah pajak. saya diberitahu utk proyek, pph 25 adalah 2 % dari tiap proyek. trus bagaimana dengan pph 25 akhir tahun???
      terimakasih….tolong cepat dibalas.urgent

      ZB:
      Jabatan direktur mempunyai hak untuk mengambil keputusan. Kalau dia menentukan bahwa penggunaan dana tersebut dibebankan ke perusahaan, anda harus bisa menempatkan nya pada sub akun tertentu sehingga bila diperlukan anda dengan mudah menemukan semuanya. Beda lagi kalau ada pernyataan pinjaman dll. Disini anda hanya perlu berfikir realistis.
      Sebagai suatu ilustrasi. Seorang teman katakan teman lama direktur perusahaan anda berkunjung ke perusahaan. Otomatis sang direktur akan menjamu tamunya dengan berbagai yang spesial bahkan mungkin biaya penginapan kalau dia datang dari luar kota. Jelas ini hal pribadi, namun ada sedikit kaitan dengan perusahaan karena dia berkunjung ke perusahaan dan yang dikunjungi adalah direktur perusahaan, bukan ke rumah. Apakah staf perusahaan yang menyediakan jamuan tersebut harus meminta dana kepada direktur secara pribadi atau menggunakan dana milik perusahaan?… menurut anda bagaimana?… Kalau saya… semua biaya di bebankan ke perusahan, kecuali direkturnya sendiri yang mengeluarkan dana untuk itu sehingga tidak perlu menggunakan dana milik perusahaan.
      Untuk masalah pajak harus merujuk pada juklak yang terbaru. Anda dapat periksa pada http://www.pajak.go.id atau http://www.pajak.com

  4. pak, saya mau tanya?
    terkadang membuat suatu laporan itu kan tdk mudah,?
    pertanyaanya? klo kita sering mendapati kesalahan2 karyawan dalam membuat suato laporan keuang di akhir bulan, ato dengan sengaja melakukan tindak kriminal pada perusahaan, apa ada cara khusus dan cepat untuk mengetahui hasil laporan yang dibuat.
    trims

    ZB:
    Itu yang disebut dengan internal control. Sistem yang baik adalah sistem yang memiliki internal control yang baik. Semua itu dapat diperoleh dengan menerapkan sistem akuntansi yang benar, dimana dalam sistem akuntansi yang benar, diatur tatacara pelaksanaan oerasional untuk mencegah terjadinya praktek-praktek tidak sehat dalam operasional perusahaan. Setiap penyimpangan dalam operasional menangandung peluang untuk melakukan penyelewengan.

    Sistem informasi berbasis komputer dengan database relational mempunyai internal control yang lebih baik, antara lain karena kemampuannya untuk menampilkan informasi dalam waktu yang sangat singgkat sehingga setiap terlihat indikator kesalahan dapat dilakukan penelusuran dengan cepat, dan pemisahan fungsional yang dilakukan dalam sistem komputer akuntansi dinama suatu bagian hanya bertanggungjawab untuk tugas yang ditentukan dan punya hak akses pada sistem sesuai dengan tanggungjawabnya. misalnya pemisahan fungsi penerimaan kas dengan pengeluaran kas, ini adalah suatu bentuk internal control yang diciptakan untuk pengawasan kas. masing-masing fungsi mebuat laporan sesuai dengan ruang lingkup tanggung jawabnya yang digolongkan pada laporan operasional sehingga bagian akuntansi punya banyak waktu untuk melakukan pengawasan.

    Formulir dengan nomor urut tercetak, juga merupakan alat control yang sangat baik namun sekarang sudah banyak ditinggalkan dalam akuntansi komputer karena akuntansi komputer juga mempunyai alat control yang lain dalam melakukan pengawasan. Bukan hanya itu sistem informasi berbasis komputer juga fokus pada keamanan sistem. Namun bagaimanapun kalau suatu bagian sudah mengadakan penyelewengan yang melibatkan beberapa bagian secara win-win solution praktek kriminal itu tetap berjalan tanpa hambatan. Samalah dengan praktek korupsi pada umumnya dimana negara sudah punya berbagai perangkat pengawasan keuangan sekaligus hukum namun korupsi jalan terus.

    Saya ingat dalam pengembangan sistem informasi suatu perusahaan. Orang yang yang paling memusuhi saya adalah direktur keuangan karena setiap praktek tidak sehat yang saya temukan melibatkannya. Dan anda dapat bayangkan siapa yang dapat mencegah kalau penyelewengan itu melibatkan pejabat setingkat direktur keuangan!.. dan berapa perusahaan telah dirugikan.

  5. saya mau tanya mengenai kas kecil.
    kas kecil itu terdiri dari apa aja dan kira – kira kode akunya berapa saja? dan kalau bank juga sama.tolong cepat dibalas.

    ZB:
    Anda dapat menemukan jawabannya pada halaman yang membahas kerangngka sistim akuntansi, kas dan kas kecil.

  6. Pak mau nanya kalau buat neraca ada depresiasi penyusutan gimana dan akumulai penyusutan yang dipakai yang mana cara gimanan

    ZB:
    Caranya saya susun dalam program aplikasi sehingga pemakai tinggal catat transaksi selanjutnya urusan komputer.

  7. Selamat siang pak..

    Saya mau tanya, saya baru di terima suatu perusahaan dimana kondisi Lap. keuangan sangat berantakan & data base yang saya butuh tidak lengkap, saya ingin merapikan laporan tsbt, saya bingung harus mulai dari mana karena arus pemakaian uang perusahaan tidak jelas bahkan mutasi rekening pun tidak ada, menurut bapak bagaimana?

    Perusahaan pernah colepz karena manajemen nya berantakan, mohon dibantu

    ZB:
    Akuntansi bekerja dengan kerangka yang jelas. Yang paling utama anda harus dapatkan neraca awal. akan lebih baik bila diproleh dari pihak independen yang punya legalitas. Setelah anda punya neraca awal yanh dapat dipercaya baru dapat anda melakukan pembebahan pada seiap bagian yang diperlukan.

    • kalo neraca awalnya saya tidak bisa dapatkan itu gimana cara penyusunan neracanya ya pak

      ZB:
      Dalam proses akuntansi selalu terdapat neraca awal. bila datanya memang tidak ada maka neraca awalnya adalah 0. Namun bila neraca awalnya 0 karena anda tidak bisa mendapatkannya nilainya, maka neraca yang anda peroleh adalah neraca yang keliru.

  8. siang pk,
    Saya bekerja di yayasan sosial yang bergerak dibidang pendidikan utk anak2 kurang mampu, bgmana membuat general ledgernya ya? keuangan di supply dari donatur dan dana digunakan untuk membayar kewajiban spt gaji, operasional, kebutuhan belajar dan mengajar , pengeluaran utk pengelolaan asrama guru, kebutuhan tambahan gizi anak dll. Ktr pajak minta laporan neraca tahunan laba rugi, pajak yg kita byr hanya pph21, sedang lainnya tdk ada karena memang kita nirlaba, keuangan kita terbatas. Bagaimana caranya memberikan laporan sederhana sesuai yang diminta. Saya sudah lihat laporan contoh general ledger yang ada internet tp terlalu rumit bagi saya karena saya memang bukan orang keuangan. Aoakah ada system yang memudahkan orang awam spt saya untuk dapat membuat laporan keuangan yang benar. Mohon bantuannya. Terima kasih.

    ZB:
    Akuntansi itu mudah. Anda pahami lagi format laporan laba yang saya berikan. Yang membuat rumit tidak lebih dari jumlah transaksi yang harus dihitung.
    Umumnya semua sistem yang ada itu memudahkan. Anda sesungguhnya dapat gunakan sistem ZULISoft versi standar namun yang jadi permasalahan format aplikasi tersebut adalah untuk perusahaan dagang sehingga terdapat bagian2 yang tidak anda butuhkan dan ada yang anda perlukan tidak tersedia.
    Sebagai informasi saja banyak juga yayasan pendidikan yang gunakan MYOB, itu bisa namun yang digunakan adalah bagian yang diperlukan saja.

  9. pak, saya minta kirimin sistem ZULISoft ke email saya. Kebetulan saya bekerja di perusahaan bengkel bubut. Sebenarnya saya sudah punya format sendiri, tapi itu masih secara manual. Thank’s.

    ZB:
    Source code ZULISoft segera dikirim untuk yang telah melakukan pembayaran atau yang dapat menunjukan bukti pernah membeli AGI Acounting.

  10. pak, saya bekerja diklinik herbal. perusahaan ini bentuk CV yang baru menggunakan bgn keuangan Nov 2009. saya lulusan D3 Manajemen Keuangan, agak bingung walaupun tidak terlalu rumit…
    khawatir ada yang tdk ter-input. mohon masukan, referensi buku, program, dsb akuntansi untuk pemula yang mudah dipahami…
    trims

    zb:
    Saya tidak dapat mereferensikan buku tertentu namun berdasarkan pengalaman saya dalam membaca buku2 akuntansi yang lebih mudah saya pahami adalah buku2 terbitan Yogja, dari UGM atau pendidik yang berlatar belakang UGM.
    Saya sebelumnya pemakai beberapa aplikasi akuntansi terkemuka baik local maupun global namun tak pernah memberikan kesesuaian denagn kebutuhan dan akhirnya saya sendiri terjun dalam pemrograman untuk membuat aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Dalam hal ini saya sangat konsen bahwa kebutuhan setiap perusahaan adalah uniq. Aplikasi yang dianggap bagus oleh suatu perusaahan belum tentu sesuai untuk perusahaan yang lain. Anda dapat saja coba program konvensional yang banyak dijual atau anda coba ZULISoft Standar, aplikasi akuntansi dengan basic perusahaan dagang yang saya distribusikan secara terbuka. Karena terbuka anda dapat modifikasi bila anda punya basic VB.

  11. saya ingin menanyakan apakah bisa mencatat neraca perusahaan dengan tidak adanya hutan…?
    contoh..
    uang kas 2000
    material dan equipament 45.000
    tanah dan bangunan 56.000
    kendaraan 47.000
    piutang usaha yg belum di bayar oleh pelanggang 35.000
    uang di bank 60.250
    maka cara pencatatannya bagaimana

    tolong bantu saya… saya minta bantuannya… thx sebelumnya

    ZB:
    Mencatat tranksaksi dalam akuntansi ada prosedurnya yaitu jurnal. Setelah itu diposting ke buku. Dalam akuntansi komputer anda mencatat setiap transaksi dan selanjutnya komputer yang mengerjakan. Dalam dalam akuntansi manual anda harus membuat jurnal transaksi, dilanjutkan membuat neraca saldo, terus Worksheet/neraca lajur, ayat penyesuaian baru diperoleh neraca.

    Dari data yang anda berikan bisa saja dibuat seperti neraca namun tidak jelas aset yang anda miliki itu berasal dari transaksi seperti apa.

  12. Attn ……….

    Anda telah menolak kesempatan untuk mendapatkan pinjaman dari bank lokal,
    memiliki teman-teman Anda menolak Anda? Maka di sini datang berita baik untuk Anda.
    Mr Harry Klein adalah keluar untuk menawarkan pinjaman jangka pendek dan jangka panjang bagi
    pribadi dan bisnis
    Tujuan. Jumlah pinjaman berkisar antara 5,000.00 (euro dolar, atau
    pound sterling) untuk
    50.000.000,00 (dolar, euro atau pon) pada tingkat bunga 3%.
    Jika Anda tertarik untuk mendapatkan pinjaman dari Perusahaan kami,
    Hubungi kami melalui e-mail: henryanthony@gmail.com

  13. pak,mau tanya mohon dijawab: 1.di neraca,ada perkraan gedung dan kendaraan,kalo gedung ada2 beda lokasi apakah jumlahny disatukan?bgt jg dgn kdran ada 4 apa ditulis 1 perk.tp nilainya 4 kendraan? 2.biaya renovasi gedung masuk rugi laba apa ditambah lagsg ke gedung pada aktiva? 3.meja,kursi,komputer masuk inventaris/peralatan apa perlengkapan? 4.kalo ada karyawan yg hutang dan potong gaji, di akhr tahun msh ada yg belum lunas,bisa ga dibuat perkiraan piutang karyawan? demikian terima kasih

    ZB:
    Masalah klasifikasi rekening tergantung pada kebutuhan yang meggunakan laporan. Bisa dibuatkan rekenig masing2 dan boleh juga digabung namun kalau masing2 punya rekening tentunya informasinya semakin detail. Kalau saya menggunakan setiap barang asset tetap terutama kendaraan dibuatkan rekening masing-masing. Dan setiap rekening akan terhubung ke kartu perawatan.

    Renovasi gedung tergolong pada transaksi yang memperpanjang umur aktiva sehingga ditambahkan pada nilai perolehan. kalau perawatan digolongkan pada biaya.

    Perkiraan dibuat tidak menunggu akhir tahun. Pada saat terjadi transaksi meminjamkan uang kepada karyawan maka piutang tersebut dicatat pada perkiraan piutang karyawan. Kalau belum ada ya dibuat pada saat itu. Pembuatan rekening biasanya dibuat berdasarkan analisa sehingga akuntan bisa saja membuat rekening yang belum digunakan pada saat itu.

    Yang nyata meja/kursi termasuk aktiva tetap karena berumur lebih dari satu tahun dalam bentuk meuble. Apakah itu anda sebut perlengkapan atau apa saja namanya terserah anda mendefinisikannya.

  14. berapa ya pak harga program untuk perushn industry? ditempat saya pake GL.EXE under dos, versi 5, tp krg praktis, dan sy karywn baru (bru bljr jg), anehnya rekening piutang diisi dgn piutang karyawan yg kasbon,bingung saya, memang ada ya pak? makasih.

    ZB:
    Hari gini masih ada yang pakai DOS?…. . Mesin tik masih pakai nggak?…
    Lucu aja!… windows saja sudah generasi ke sekian…

    Untuk perusahaan industri saya menyediakan aplikasi akuntansi secara tailor made, Modul yang ditambahkan pada ZULISoft Standar sesuai dengan kebutuhan pemakai. ZULISoft versi standar juga sudah dapat digunakan untuk perusahaan industri. Hanya saja belum dilengkapi dengan modul pabrikasi untuk mencatat hal2 yang berhubungan peroses.

    Aplikasi ZULISoft standar dapat anda peroleh dengan harga Rp.750.000,- Bila anda memerlukan bantuan untuk proses instalasi, memindahkan data dari aplikasi yang lama ke aplikasi ZULISoft agar aplikasi dapat langsung anda gunakan serta pelatihan pemakai dikenakan biaya Rp.5 Juta s/d 12 Juta tergantung beban pekerjaan yang akan di laksanakan. Harga pastinya baru dapat saya berikan setelah ada disepakati pekerjaan apa saja yang akan dikerjakan.

  15. siang pak , sy mau nanya kalo tentang neraca koperasi .apa sajakah yg harus dicantumi dalam kolom aktiva dan apasajakah yg harus di cantumkan dalam kolom passiva.? terus misalnya biaya-biaya pengeluaran untuk administrasi dan sebagainya diletakan dalam kolom mana ya? trus kalo nanti hasil akhirnya angka di kolom passiva lebih dari aktiva maksudnya apa ya begitu apabila sebaliknya? terus apakah neraca aktiva dan passiva dalam setiap kali pelaporannya harus tetap balance? dan neraca aktiva an passiva apakah sudah bisa menunjukan atau mewakili dari laporan labarugi?

    ZB:
    1. Untuk neraca harap anda lihat kerangka sistem akuntansi. disana akan anda temukan apa2 komponen neraca.

    2. Biaya bukan komponen neraca. Itu hanya ada dalam laporan rugi laba

    3 angka kolom aktiva dan pasiva jelas harus sama

    4. Laporan neraca dan laporan rugi laba adalah dua laporan utama. Tidak ada saling mewakili.

  16. thanks bgt bt infonya pak, sdikit pnya gambaran klw gtu, gmn klw sy mau mau buat neraca dan waralaba, rugi laba di perusahaan pelayaran. trims

  17. siang pak, saya bekerja di kantor asosiasi…sudah berdiri dri tahun 2007 s/d sekarang…dan laporan keuangannya pun ga jelas…dari tahun 2007 s/d 2009…ga sama seperti yang saya pelajari di sekolah dan di kampus,?saya harus buat laporan u/ tahun ini…akun yg di butuhkan u/ buat neraca kurang…seperti..kas, dan modal…disini yg saya temukan cuma pengeluaran dan pendapatan…pengularan dari atasan pun di masukan ke pengeluaran kantor..hutang z bkn hutang perusahaan melainkan utang cicilan mobilnya…masuk ke pengeluaran kantor…dan sekarang saya bingunk pak, apa bs buat neraca cm dengan perkiraan pengeluaran dan pendapatan….bknnya itu masuk ke laba rugi ya????
    mohon beri saran , terimakasih

    ZB:
    Apa yang dipelajari dikampus itu memang sangat berbeda dengan kondisi real di lapangan. Peran anda adalah membuat keseimbangan apa yang anda peroleh dikampus dengan di lapangan. Maksudnya anda terapkan ilmu yang anda peroleh dikampus namun anda juga harus mereview pengetahuan lapangan seperti apa yang anda sebutkan pengeluaran atasan masuk ke pengeluaran kantor. Hal ini menyangkut kebijakan perusahaan, yang disebut kebijakan akuntansi yang menjadi otoritas pemegang kekuasaan.

  18. Maaf saya mau tanya,

    Kalau pencatatan saldo awal kas, pitang dll itu di jurnal umum atau di neraca. Maklum udah lama vacum jadi lupa, seingat saya catanya di neraca saldo tapi kata teman saya dijurnal.
    Tolong dibantu ya,,,

    ZB:
    Coba anda pelajari jurnal transaksi

  19. pak saya mau minta tolong!! tampilin contoh soal akuntansi dalam bentuk neraca lajur tp perusahaan industri ya pak, soalnya dr smua perusahaan yg plg sulit itu perusahaan industri

  20. siang,pak..
    saya mau tanya,perush saya adalah BUT kantor perwakilan dlm bisang trading.
    sy tidak ad transaksi jual beli.
    pendapatan diterima tiap bulan dari pusat melalui transfer (ada rek. koran) yang digunakan untuk biaya2 spti gaji karyawan,listrik dan kas harian.
    neraca yg harus saya buat seperti apa jadinya?
    komponennya pa saja?
    thanks in advance

    ZB:
    Menurut saya cukup membuat laporan penerimaan dan pengeluaran kas

  21. Akuntansi komputer banyak salah, bisa saja terjadi karena yang menggunakan komputer seharusnya seharus belajar dulu. Kalau yang ditempatkan sebagai operator komputer langsung diambil dari buruh pabrik atau office boy jelas akan banyak kesalahan. Orangnya saja sudah salah.
    jangan merendahkan office boy, belum tentu anda lebih tahu dan lebih benar…

    ZB:
    Kalau OBnya lebih tahu kenapa jadi OB ya?…

    • karena waktu melamar nasib yang berbicara…

      ZB:
      Taqdir di tangan Allah, nasib di tangan kita. Kita yang menentukan nasib kita sendiri

      • mas saya coba softwarenya saya instal, tp minta password, klo boleh tau passwordnya apa ya mas? thx

        ZB:
        User : Admin Password : xxxxx, namun permasahannya ZULISoft yang baru anda Download sudak expired.

  22. [...] Neraca (Balanced), [...]

  23. mas,aku bingung mau buat neraca tahunan u spbu, isi nya apa aja ya , thanks

  24. siang pak, saya mau nanyak
    saya seorang staf yg bekerja di sebuah Yayasan Perguruan Tinggi, slama ini laporan keuangan kami berbentuk laporan bisa dibilang hanya laporan keuangan uang Masuk dan keluar, dan pada akhirnya asset bergerak dan tidak bergerak di yayasan ini tidak diketahui, dan terkadang uang yayasan dipergunakan unuk kepentingan pribadi pendiri yayasan, yang saya tanyakn, apa bentuk laporan yg sebaiknya di gunakan di yayasan itu, mohon dibalas ya pak,
    Trimakasih atas jwbnnya sblmnya

    ZB:
    Sesuai bentuknya, yayasan adalah badan usaha non profit artinya tidak berorientasi pada laba. sehingga tidak terkena aturan perpajakan mengenai pajak penghasilan Badan Usaha, sehingga tidak ada kewajiban bagi yayasan untuk meberikan laporan keuangan ke pihak instansi pajak.
    * Jika tidak berorientasi pada laba tentunya pemilik modal tidak memerlukan laporan laba rugi. Kenapa demikian?… Dua hal utama dalam dalam laporan laba rugi ini adalah Laba dan penghasilan yang harus dibayar, perubahan modal serta pembagian laba pada pemilik modal. Keduanya tidak ada yang membutuhkan. Paling pengurus yayasan hanya perlu laporan aruskas, berapa kas yang ada dan daftar inventaris yayasan tanpa perlu berapa nilainya.
    * Disisi lain, apapun badang usaha dituntut untuk berkembang. untuk melihat perkembangan itu tentunya akan terukur apabila dibuat laporan neracanya. Jadi semua kembali pada pengurusnya.

  25. slmt siang,

    saya menemukan blog ini, kebetulan saya ingin bertanya seputar neraca.
    saya baru2 ini disuruh buat laporan neraca dan laba rugi, meskipun sebenarnya saya bukan lulusan akuntansi melainkan menejemen. namun begitu saya paham sedikit2 ttg akuntansi, karena sebelumnya di universitas pun saya mendapat mata kuliah akuntansi dasar.

    mungkin karena bukan mata kuliah yg benar2 saya dalami, sehingga saya menjadi lupa. yang ingin saya tanyakan adalah:
    1. apabila dineraca saya tidak menemukan keseimbangan antara pasiva dan aktiva, kira2 faktor apakah penyebabnya dan apa yg kira2 harus saya koreksi.
    2. unsur apa saja yg memang ada di aktiva (harta lancar & tetap) dan passiva (kewajiban&modal).
    3.apakah ada sejenis software yg bisa saya gunakan untuk kemudahan pengerjaan laporan keuangan.
    sekian & terimakasih.

    ZB:
    1. Neraca tidak seimbang adalah kesalahan dalam membuat jurnal dan harus ditelusuri. Jika anda menggunakan zulisoft masuk ke menu audit. Clock tombol filter maka jurnal yang salah akan ditampilkan. Lakukan perbaikan pada data transaksi. Setelah dilakukan perbaikan click menu jurnal yang sesuai untuk menjurnal ulang.
    2. Anda lihat kerangka akuntansi
    3. Banyak?… salah satunya adalah ZULISoft. Silahkan download gratis, dapat digunakan sampai batas waktu yang ditentukan.

  26. pak saya mau tanya kalo bikin neraca untuk perusahaan jasa konsultan hukum gimana yach pak?apakah sekompleks laporan perusahaan jasa lainnya??
    mohon jawabannya,, cz saya disuruh lap keu. buat pajak dan saya belum pnya basic akuntansi??????????????dn karyawannya pun hanya saya?

    ZB:
    Kesulitan yang dialami oleh akuntan hanya masalah volume transaksi yang besar. Jika karyawanya hanya anda berari jumlah transaksi perusahaan anda kecil. Harusnya tidak ada kesulitan

  27. tolong dong bgmn kita menyusun neraca awal perusahaan yang baru berdiri…tq

    ZB:
    Neraca awal perusahaan yang baru berdiri adalah Nol.

  28. pak bagaimana sh laporan keuangan dlm sistem manual untuk cafe ?? yang di butuhkan apa aja ??
    ZB:
    Bila bicara laporan keuangan apapun perusahaannya, alat yang digunakan dalam menyusun laporan keuangan adalah laporan neraca, rugilaba, Arus kas, perubahan modal dan catatan atas laporan keuangan.
    Permasalahan kebutuhan tentunya tergantung yang memerlukan laporan keuangan tersebut.

  29. pak mau tanya ne,,hee
    biasa ada tugas dri sekolah
    penyusunan aktiva lancar di dalam neraca harus di lakukan berdasarkan prinsip yang ada pada standar akuntansi keuangan.jelaskan cara menyusun aktiva lancar dalam neraca sesuai dengan standar akuntansi keuangan.?? gmna tu pa..

    ZB:
    Kamu baca klsifikasi rekening. Prinsip utamanya yaitu yang tingkat perputarannya lebih lancar ditempatkan lebih awal contoh : perputaran paling lancar adalah Kas maka kas ditempatkan paling awal.

  30. pak mau nanya nih…sy ingin belajar tentang pmbuatan laporan keuangan yg umum dpake diperusahaan2 atau kantor2,sy ingin melamar pekerjaan tp kebanyakan meminta sy harus bisa buat laporan keuangan.maka dr itu sy sangat bingung,dan jika bapak bersedia sy minta bantuan bapak buatkan contoh utk saya.atau mungkin bapak bisa mengajar sy scara langsung dgn biaya yg mungkin bs terjangkau dgn sy,krn terus terang buat belajar ditempat kursus biayanya agak mahal.trima kasih,jika memang ada info tolong bisa hub ke email saya…capricorn_mks@yahoo.co.id…..trima kasih;(lcy)

    ZB:
    Saya berusaha membantu melalui pembahasan yang ada di blog ini dan menjawab setiap pertanyaan yang dapat saya jawab. Anda dapat belajar banyak dari pembahasan yang telah saya berikan namun saya tidak punya media untuk mengajar anda secara khusus.

  31. pa saya mau tanya, neraca itu d buat perbulan at pertahun?
    Saya bekerja di expedisi bgian keuangan, perusahaan tmpt sy bekerja bru berdiri 4 bln tp atasan sy uda minta neraca, terus terang sy sendiri bnggung hrs gmana krn sebelumnya sy belum prnh buat laporan keuangan. Mohon bantuannya pa.

    ZB:
    Laporan Neraca adalah salah satu dari laporan keuangan utama yang menunjukan posisi keuangan perusahaan yang komponen utamanya terdiri dari harta, hutang dan modal. Sesuai dengan fungsinya memberikan informasi mengenai posisi keuangan kapan saja diperlukan oleh manajemen atau pihak lain yang terkait dengan aktivitas perusahaan maka tidak ada batasan kapan harus harus. Laporan keuangan dibuat minimal 1 x setahun namun umumnya perusahaan membuat laporan keuangan rutin secara bulanan. Disamping itu ada laporan mingguan dan harian masing2 mempunyai fungsinya tersendiri. Semua dapat dilakukan dengan mudah dengan bantuan sistem kumputer. Intinya laporan keuangan dapat dibuat setiap saat….

  32. apakah harta termasuk juga dgn pendapatan perbulan, dan apakah yg d mksd dgn modal adalah modal awal pendirian usaha. Bisakah modal itu berubah tiap bulannya. Maaf pak sy krng phm dgn semuanya krn sy ga punya basic yg kuat d akuntansi. Thanks dan apakah yg d mksd dgn modal adalah modal awal pendirian usaha. Bisakah modal itu berubah tiap bulannya. Maaf pak sy krng phm dgn semuanya krn sy ga punya basic yg kuat d akuntansi. Thanks

    ZB:
    Jawaban untuk itu dapat ditelusuri halaman akuntansi.

  33. Ass….
    Pak, Saya adalah seorang mahasiswa di kota Ambon…
    Pak, Saya mau bertanya :Setalah Selesai menyusun laporan keuangan dan laporan laba / rugi… Bagaimana caranya mengisi “SPT” ?? dengan berpatokan pada Laporan Keuangan dan Laporan Laba / Rugi yang telah saya Buat…
    Terima kasih….
    Wass….

    ZB:
    Masalah SPT adalah bagian khusus untuk melaporkan kewajiban pajak yang harus dibayarkan ke instansi pajak. Untuk itu disediakan petunjuk pelaksanaan/pemgisian nya dan dari tahun ke tahun terdapat perubahan2. Karena itu anda harus selalu memperhatikan juklak terbaru yang diterbitkan oleh insansi pajak.

  34. bagus banget blog nya….

  35. pak saya mau tanya penjelasaan dari contoh laura bank PT??

  36. gmn caranya supaya cpt mengerti belajar akuntansi

    ZB:
    Lenyapkan rasa kurang percaya diri dengan meyakinkan diri anda bahwa anda mampu. Baru anda belajar akuntansi.

  37. mau belajar akuntansi dari awal, perlu pembimbing seperti bapak.
    maukah bapak mengajari saya?
    kalau dikampus malu tanya dosen nya langsung,takut jadi bahan cemoohan,saya siswa lulusan jurusan bahasa,malah kuliah di prodi akuntansi………………….

    ZB:
    Saya hanya berusaha menjawab setiap pertanyaan seputar akuntansi dan sistem informasi sesuai apa yang saya bisa. Khususnya yang terkait akuntansi komputer. Kalau untuk belajar sebaiknya anda menghilangkan rasa kurang PD. Lupakan cemoohan teman, itu adalah penghalang yang besar dalam proses belajar. Apalagi anda sudah mempunyai satu hambatan karena selama SMA anda sudah tidak dilatih permasalahan hitungan dan akuntansi.

  38. Pak, saya mau tanya untuk menyusun Laporan Neraca, data apa saja yang perlu disiapkan dan langkah-langkahnya bagaimana ya..?

    ZB:
    Laporan Neraca adalah hasil akhir dari proses akuntansi. Awalnya menyusun kerangka akuntansi (chart of account), Jurnal Transaksi, Posting, Menyusun neraca saldo neraca lajur dan melakukan penyesuaian penyesuaian. Dengan sistem akuntansi sebagian besar proses penyusunan laporang keuangan dilakukan oleh komputer. Bila dilakukan secara manual akan terasa sulit karena jumlah transaksi yang begitu banyak.

  39. Saya mau tanya, apakah pantas laporan keuangan perusahaan di distribusikan ke departemen produksi, purchasing, atas saran consultan dan di setujui oleh direktur untuk dibawa dalam meeting… karna baru kali ini saya temui selama beberapa kali pindah kerja, karna mereka bukan owner, bukan pengurus dalam akta perusahaan…

    ZB:
    Dalam pikiran saya tertanam sebuah dokrin “Laporan keuangan didistribusikan ke pihak2 yang membutuhkan kecuali pesaing“. Menurut saya semua pihak di dalam perusahaan berhak tahu posisi keuangan tempat mereka bekerja, hanya ada pihak yang tidak berkepentingan karena mereka tidak ada keterlibatan dengan usaha pengelolaan keuangan perusahaan. Ada pihak yang hanya butuh kerja dan mendapat penghasilan sehingga mereka tidak perlu mendapatkan laporan keuangan dan ada pihak yang diberi tugas dan padanya dituntut hasil yang akan diperoleh oleh perusahaan mereka ini perlu mendapatkan informasi keuangan namun biasanya mereka hanya memerlukan sesuai dengan bidang yang terkait dengan mereka.
    Perusahaan maju biasanya mendistribusikan laporan keuangannya ke media public seperti koran atau internet itu adalah untuk memberikan kesempatan kepada pihak manapun termasuk pesaing untuk menilai kinerja perusahaannya. Tentunya pendistribusian laporan keuangan melalui media public tersebut bukan tanpa harapan. Apalagi pendistribusian laporan ke departemen yang ada dalam lingkungan perusahaan tentunya ada hubungannya dengan tujuan yang harus dicapai.
    Dengan demikian jawaban saya untuk pertanyaan anda sangat pantas.

  40. Siang Pak,saya mau tanya saat ini sy blm punya program akutansi dgn komputerisasi dan sy mengalami kesulitan untuk membuat neraca sederhana secara manual untuk sekedar mengetahui gambaran kondisi perusahaan,dasar membuat neraca yg sy miliki hanya dari neraca tahunan yg dibuat oleh konsultan sy, adakah saran dari bapak utk membuat neraca manual tsb krn diminta oleh direktur secepatnya? atas tanggapannya sy ucapkan terima kasih.
    ZB:
    Menyusun laporan keuangan kuncinya adalah pada kerangka akuntansi baik secara manual maupun komputer. Secara manual anda harus mencatat jurnal transaksi, memposting ke buku besar, menghitung masing pos/akun neraca. menyusun neraca saldo, neraca lajur, membuat ayat penyeseuaian dan berbagai macam aturan akuntansi yang mutlak harus anda kuasai sedangkan secara komputer anda cukup mencatat transaksi selanjutnya komputer mengerjakan pekerjaan tersebut dalam waktu yang relatif singkat.
    Aplikasi akuntansi banyak tersedia di pasar. Tidak mau yang asli masih ada yang bajakan dengan 20rb saja anda bisa mendapatkannya. Dan banyak juga yang tersedia secara gratis di Internet. Kenapa anda tidak mencoba?….
    Jadi sesungguhnya tidak ada alasan bagi anda untuk tetap menggunakan cara manual. Bayar akuntan 1 x setahun dengan harga yang relatif mahal perusahaan anda bisa, kenapa untuk aplikasi akuntansi yang dibutuhkan setiap saat tidak tersedia.

  41. Selamat pagi pak
    Pak perusahaan saya baru saja mengubah badan usahanya yang semula CV sekarang menjadi PT, SIUP PT keluar tanggal 30 September 2011, yang menjadi pertanyaan saya, untuk perubahan itu apa saja yang harus saya lakukan mengenai pembukuannya, untuk semua aset CV diserahkan sepenuhnya ke PT. karena sebenarnya hanya merubah saja sedangkan kepemilikannya masih tetap. saya bingung untuk pelaporan pajak dan penyusunan laporan keuangannya mohon penjelasannya

    ZB:
    Bentuk perusahaan hubungannya dengan kepemilikan dan cara mencatat modal. Dengan berubah menjadi PT. Perusahaan berpeluang untuk tumbuh menjadi besar karena struktur moda tersebut. Masalah laporan tidak ada bedanya hanya saja perpajakan akan berasumsi bahwa perusahaan tersebut telah berkembang jadi perusahaan lebig besar. menutut saya hanya itu saja.

  42. pagi pak, saya bingung, saya baru 1 bulan kerja d tempat sekarang, ketika saya mau membuat laporan keuangan ternyata perusahaan ini tidak mempunyai modal, apa ini berpengaruh terhadap neracanya pak, mohon pnjelasannya

    ZB:
    Jika tidak punya modal, bagaimana perusahaan bisa berdiri dan beroperasi. Bisa saja anda yang belum mengetahui mengetahui permasalahan modal perusahaan tempat anda bekerja.

    • sore pak,
      perusahaan dtmpat saya bekerja baru berdiri +/- 5 bln. perusahaan mendapat modal dari pemilik perusahaan yang suatu saat ketika pendapatan cair dari pusat akan digantikan kembali. ketika pemilik perusahaan mmberikan pinjaman, uang itu langsung d keluarkan untuk pembyaran.pembayaran atw beban-beban yang harus dibayar, dan slalu seperti itu. ketika saya membuat laporang keuangan ternyata neraca yang saya buat tidak balance antara sisi kiri dan sisi kanan, ketika saya cek data yang saya buat sama seperti jurnal dan buku besar, tetapi perusahaan ini tidak mmpunyai neraca awal bulan karena sebelum saya masuk perusahaan tidak membuat laporan keuangan, apa neraca awal bulan itu sangat berpengaruh terhadap neraca yang saya buat??

      ZB:
      Laporan yang anda buat tentunya per 31 Des 2011. Perusahaan anda baru +- 5 bulan artinya pada awal periode akuntansi 2011 jangankan neraca, perusahaan anda saja belum ada…. Singkatnya neraca awal perusahaan anda adalah Nol.

    • thnks pak, tpi perusahaan mnjlankan aktivitas.n dari uang pinjaman yang di berikan atasan yang suatu saat akan di ganti ketika pendapatan dari pusat cair, saya bngung ketika saya mencoba membuat neraca ternyta tidak balance, padahal data dari jurnal yang di masukan k buku besar sudah sama. stelah saya periksa lagi ternyata perusahaan tidak mempunyai neraca awal blan karana sblum saya masuk perushaan tidak mmbuat laporan keuangan , pertnyaannnya:
      > apa neraca awal berpngaruh terhadap laporan??
      > apa tdak adanya modal n adanya pinjaman dari atasan itu jga berpngaruh terhdap laporan?
      mhon penjelasannya pak.. trima kasih sebelumnya

      ZB:
      Ada yang perlu anda pahami tentang modal yaitu : Modal adalah utang perusahaan kepada pemilik. Hanya saja dalam permasalahan perusahaan anda tidak ditempatkan secara permanen. Pemilik dapat saja menggunakan uangnya dana miliknya untuk keperluan lain diluar usaha perusaahan dan sebaliknya menmpatkan uangnya untuk operasional perusahaan. Semua kekayaan pemilik yang ditempatkan di perusahaan dapat disebut modal perusahaan. Anda perlu memahami permasalahannya. Bisa saja begini. Tuan Z mendirikan perusahaan dengan menyetorkan uang ke kas perusahaan sebagai modal sejumlah tertentu. Sebut saja 2M. Selanjutnya melalui kas perusahaan tersebut dibelikan mobil dan keperluan tuan Z lainnya. apakah anda dapat mengingkari bahwa tuan Z memiliki modal senilai 2M di perusahaan?… Realnya tentu tidak namun ada bukti setoran modal… Ngak usah anda pikirin, itu mainan pengusaha.
      Neraca awal adalah posisi keuangan awal periode akuntansi sedangkan laporan keuangan adalah laporan pada saat dilaporkan, jelas kelanjutan dari neraca awal.
      Bila jurnal telah benar (balance) namun neraca tidak balance artinya disana ada labarugi tahun berjalan.

      • trima kasih pak atas jawabannya,, tpi pak maksud dari adanya labarugi tahun berjalan apah?? maaf pak saya kurang paham,, trima kasih sebelumnya,,

        ZB:
        Perusahaan anda memperoleh laba (aset bertambah) atau mengalami kerugian (aset berkurang)

  43. Assalamualaikum WR WB
    Pak apakah bisa software Zulisoft di gunakan untuk perusahaan manufaktur pengolahan ayam seperti berproduksi nuget, sosis, bakso dll? kemudian metode akuntansinya apakah perpetual atau periodikal? soalnya untuk bisa menentukan harga pokok penjualan kan harus nunggu 1 bulan karena biaya overhead pabrik seperti gaji, biaya listrik dll kan baru bisa diketahui setelah 1 bulan, jadi apakah hanya bisa metode periodikal saja.

    ZB:
    ZULISoft yang didistribusikan via Internet adalah Versi “Dagang”. Dapat digunakan pada perusahaan industri hanya pada proses dagangnya saja tanpa terintegrasi dengan modul pabrikasi (Distribusi material. evaluasi proses dan realisasi proses.
    Metode akuntansi yang digunakan adalah

  44. mau tanya pak,

    sewa dibayar dimuka itu pencatatan aktivanya seperti apa itu.

    terimakasih sebelumnya

    ZB:
    Sewa dibayar dimuka adalah transaksi pengeluaran kas. “Sewa dibayar dimuka” adalah rekening asset dalah group biaya dimayar dimuka. Kalau yang kamu maksu adalah barang yang disewa, itu bukanlah asset perusahaan. Pencatatannya hanya adal dalam surat perjanjian sewa.

  45. [...] neraca, b) laporan laba-rugi, c) laporan perubahan ekuitas, d) laporan arus kas, ·         Neraca (Balanced), yaitu laporan secara systematis yang menggambarkan posisi keuangan dari suatu perusahaan meliputi [...]

  46. Sore Pak,
    Kalau ada tawaran untuk menyusun laporan keuangan menjadi neraca , tolong hubungisaya 081808216450
    thanks
    Darmen, SE

  47. tolong dong jurnalnya udah dibuat januari 2012 s/d agustus 2012 tinggal pindah ke neraca saldo dan ke reraca lajur apa apa saja yang harus dikerjakan dahulu ??

    ZB:
    Jika anda pemakai ZULISoft tinggal anda ceta Rugi laba terus neraca. Jika secara manual anda selesaikan dengan menyusun neraca lajur.

  48. Sore pak,,
    saya mau tanya. Laporan keuangan perusahaan yang saya buat, selama proses akuntansinya (dari jurnal dst)udah balanced, tapi waktu udah ampe di Neraca, malah menunjukkan tidak balanced. Saya bingung. Jadi, bagaimana cara saya bisa mendeteksi ketidak-balance-annya ya? “Posisi Aktiva lebih besar dari Pasiva”

    ZB:
    Mungkin anda belum mengitung laba/rugi

  49. AsS Wb.wb……bagaimana cara menyusun transaksi transaksi dalam bentuk debet dan kredit langsung pada rekening T
    tolong ya bantuin.nya……..

    ZB:
    telusuri mencatat jurnal transaksi

  50. Maaf pak saya mau tanya.
    Saya baru akan bekerja di sebuah perusahaan yang baru dirintis. Perusahaan itu bergerak di bidang pelayaran. Karena perusahaan baru jadi semua saya yang mengawali dalam laporan keuangan nantinya. Pertanyaan saya, saya bingung harus memulai dari mana? Karena baru kali ini saya bekerja dengan latar belakang basic pendidikan saya akuntansi, setelah sekian lama saya berganti2 pekerjaan. Apakah software yang bapak rekomendasikan itu bisa diaplikasikan untuk perusahaan pelayaran tersebut?

    ZB:
    Akuntansi dalam dunia praktis jauh berbeda dengan akuntansi yang kita pelajari disekolah. Disekolah kita dibebani oleh tugas/soal2 akuntansi untuk periode tertentu dan harus diselesaikan dengan dalam waktu yang singkat ditambah dengan beban hafalan terhadap teknis/prosedur akuntansi yang semuanya berada dalah alam pikiran. Sedangkan dalam dunia kerja kita berhadapan dengan fakta yang harus kita catat/jurnal setiap saat terjadinya transaksi yang khirnya kita kunpulkan. Untuk itu kita dibantu denga alat seperti excel. Jika jumlah transaksinya banyak kita perlu bantuan aplikasi khusus salah satunya seperti yang saya tawarkan. Kunci dari akuntansi adalah mencatat/Jurnal transaksi selanjutnya aplikasi dapat mengambil alih proses akuntansi sampai menghasilkan laporan keuangan. Tentunya aplikasi ini disesuaikan dengan kebutuhan. Kendala yang sering timbul dalam penggunaan aplikasi adalah menyiapkan aplikasi tersebut. (proses instalasi) dan akuntansi bersifat uniq dimana akuntansi disuatu perusahaan tidak sama dengan akuntansi diperusahaan lain karena dipengaruhi oleh faktor lingkungan. Banyak sekali perusahaan gagal dalam menggunakan aplikasi karena salah dalam menempatkan harapan pada aplikasi/ Sesungguhnya aplikasi hanyalah alat bantu untuk mengerjakan pekerjaan yang harus kita kerjakan namun dalam kenyataannya masing2 aplikasi menyediakan fasilitas yang berbeda. Tugas pemakai adalah memilih apakah fasilitas yang disediakan oleh aplikasi memenuhi apa yang kita perlukan. Jadi pemakailah yang menentukan apakah suatu aplikasi dapat digunakan dilingkungan kerjanya.
    Untuk aplikasi yang saya tawarkan adalah bentuk standar untuk perusahaan dagang. untuk perusahaan jenis lain dapat digunakan dengan melakukan penyesuaian terutama bentuk form yang digunakan. Untuk melakukan penyesuaian tersebut saya mendapatkannya dari pemakai. Sebaiknya anda telusuri blog ini untuk mencari tahu lebih banyak tentang akuntansi praktis dan aplikasi yang saya tawarkan.

  51. Saya ingin mempelajari cara membuat lapora untuk sekolah tinggi, bagaimana caranya

  52. selamat pagi pak…saya mau bertanya mengenai pembuatan laporan keuangan.saya bekerja di perusahaan jasa sekaligus dagang yg mash merintis.saya bingung memulai membuat laporan keuangan dari mana.karena kacau laporan kasnya.bisa pandu saya.tnx pak

  53. pak saya mau tanya?
    dari sekian nasabah kantor pos dari bank kami telah mengangsur pinjaman tapi data dari kantor pos tidak akurat sehingga tidak bisa kami masukkan ke pendapatan,dan uang itu masih kmi tahan di rupa-rupa aktiva .terus jalan keluar untuk bisa menjadi pendapatan gimana ya pak,sedangkan dari pihak kantor pos tidak mau and tidak bisa di ajak kerjasama,perihal dengan itu neraca kami selalu di awasi dari BI tiap trek rekoutnya,solusinya gimana ya pak?
    ZB:
    Yang saya ketahui selama ini!… transaksi baru bisa diakui setelah uangnya masuk ke kas anda. Dengan denikian jika nasabah telah mebayar ke kantor pos namun belum disetor ke kas anda transaksi tersebut baru berubah menjadi dari putang ke nasabah menjadi pituang ke Kantor pos. Realnya anda belum menerima kas. Mungkin sedikit perbaikan perlunya mebuat rekening Kantor pos (pengganti rupa).

  54. pak saya mau tanya, bagaimana cara menyusun neraca pada akhir tahun?nominalnya di peroleh darimana pak?tks
    ZB:
    Dari semua transaksi yang ada?.

  55. Siang Pak Achun,maaf mau tanya saya baru pemula dalam pajak ,kalo untuk laporan neraca dan laporan laba rugi semuanya sama formatnya seperti diatas,soalnya baru pertama kali,laporan pajaknya badan cv,trim’s
    ZB:
    Dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk hal menyangkut pajak perlu merujuk ke peraturan terbaru yang dikeluarkan dirjen pajak.

  56. Mat malam bapak sy mau minta contoh laporan keuangan setiap bulan untuk arus Kas Masuk Dan Arus Kas Keluar

  57. di SAK laporan keuangn ada 5. masing2 laporan tsb menggunakan periode, nah.. laporan apa yang ,menggunakan saat tertentu dan laporan apa yg ,menggunakan selama periode,, mohon jawabnya sekarang.. MAKASIH

  58. Ass..pak saya mau tanya ne? ada gk jenis2 neraca

  59. selamat siang pak, saya mau tanya mengenai laporan neraca, saya masih bingung apa saja yang mesti dimasukan dalam aktiva. saya bekerja di SPBU..

  60. kalau laporan R/L untuk perusahaan distribusi barang …..bagaimana?

  61. Maaf Pak mengganggu, saya mau nanya. Sekarang ini saya mendapat amanat menjadi bendahara Koperasi mahasiswa. Semenjak dulu koperasi ini menggunakan akun-akun tertentu didalam neraca dimana uangnya secara real tidak ada. Lalu bagaimana saya dapat merubah itu semua untuk menjadi sistem yang baru dimana sesuai dengan realnya uang dan harta yang ada. Lalu bagaimana agar akun-akun tersebut dapat dihilangkan dalam neraca pak. Saya sangat kesulitan menghadapinya. Apalagi saya harus dapat menyusun dengan benar terkait dengan pembayaran pajak badan usaha tersebut. Saya sudah menanyakan kepada pengurus yang sebelumnya namun mereka tidak tahu mengenai akun-akun tersebut. Dan yang mengetahuinya hanya pengurus yang pertama kali usaha tersebut berdiri. Sedangkan saat ini pengurus-pengurus tersebut sudah tidaka ada dan tidak bisa dihubungi. Lalu bagaimana ya Pak solusi terbaiknya. Mohon dikirimkan balasnnya by email ya Pak fatmawatifitri26@yahoo.co.id

  62. Sebelumnya terimakasih Pak.

  63. selamat siang,,
    saya bekerja di perushn yang pemiliknya memiliki usaha lain tetapi pelaporan pajaknya sendiri
    namun kasnya itu setiap harinya di masukkan di rekening perusahaan,dan saat pembelian barang dagang ,pembayaran di bebankan di perusahan..
    kalo seperti itu bagaimana perlakuan transaksi seperti itu?

  64. bagaimana kalo pemilik tidak memberi tau secara pasti pengeluarkan biaya gaji,

  65. Pak, kalo dalam neraca, aktiva dan pasivanya tdk balance, yg salah apa ya?

  66. ad yang bisa bantu gak???
    pt.ruskap
    neraca saldo
    kas rp150.000.000 utang rp 300.000
    aktifa lancar rp100.000.000 modal sndri rp 590.000
    aktifa tetap rp 750.000.000
    akum. penyusutan rp 110.000.000 jumlah rp 890.000.ooo
    jumlah 890.000.0000

    pda tahun 2012 laba pusahaan memperolh laba stlah pjak sbsar rp 275.000.000 dn tdk mmbngikan deviden kpda pra pmngang saham.penambahan aktiva ttap brupa kndaraan roda 4 sbsar rp 175.000.000.pnyusutan tahn 202 sbsar rp 110.000.000.
    pertanyaan…
    1. tent.bsarnya sumber dana intern dan intensif
    2.buat neraca 31 dec 2012
    3.jlsakn tejdinya prubahan2 ats posisi keuangan dalm neraca tersebut.

    plisssssssssss….bantu gue dong..plissss

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 76 pengikut lainnya.