Laporan Rugi Laba


Karena laporan rugi laba merupakan laporan akuntansi utama, maka laporan ini tidak asing lagi di setiap perusahaan. Banyak kesan bahwa menyusun laporan ini sulit, Pada hal sangat sederhana apalagi dikerjakan pada sistem akuntansi komputer, untuk menerbitkan laporan ini tinggal clik command button, komputer segera mengerjakannya. Gampangkan ?

Sesungguhnya memang sederhana dan gampang sekali.  Timbulnya kesan rumit adalah karena laporan ini melibatkan semua transaksi yang jumlahnya relative banyak, mulai dari awal periode akuntansi sampai periode akhir. Jumlah yang banyak itulah yang sulit, namun dengan bantuan komputer semua itu jadi mudah dan cepat.

Untuk memahami laporan Rugi laba kita perhatikan konsep dasarnya yang sangat sederhana yaitu :

Untung = Jual – Beli

Sekarang kita kembangkan, Jual itu dalam suatu kegiatan usaha melibat unsur diskon, retur dll. Sedangkan unsur beli melibatkan unsur barang yang dijual sebagai biaya pokok. Disamping itu dalam melakukan usaha tersebut melibatkan kegiatan operasional yang menyebabkan timbul biaya operasional. Selain itu masih terdapat unsur lain yaitu unsur yang tidak terkait langsung dengan usaha pokok perusahaan kita sebut saja pendapatan/biaya diluar usaha atau biaya lain lain dan terakhir terdapat hubungan dengan kewajiban kepada pemerintah yaitu berupa pajak.

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut maka dapat kita temukan susunan seperti berikut:

JUDUL DAN PERIODE    ——> STANDAR AKUNTANSI

1. PENDAPATAN/PENGHASILAN :

  • ……………………………………….. nnnnnnnn
  • ……………………………………….. nnnnnnnn +

JUMLAH PENGHASILAN                                        NNNNNNN    —-> JUAL

2. HARGA POKOK PERSEDIAAN:

  • ……………………………………….. nnnnnnnn
  • ……………………………………….. nnnnnnnn +

JUMLAH HARGA POKOK PERSEDIAAN               NNNNNNN -  ———>  BELI

PENGHASILAN                                                    NNNNNNN    ———->  UNTUNG

3. BIAYA OPERASI:

  • BIAYA PENJUALAN
    • …………………………….. nnnnnnnn
    • …………………………….. nnnnnnnn

JUMLAH BIAYA PENJUALAN                              NNNNNNN

  • BIAYA ADMINISTRASI & UMUM
    • …………………………….. nnnnnnnn
    • …………………………….. nnnnnnnn

JUMLAH BIAYA ADMINISTRASI                         NNNNNNN +

4. JUMLAH BIAYA OPERASI NNNNNNNN -

5. PENDAPATAN/BIAYA LAIN LAIN:

  • PENDAPATAN LAIN LAIN
    • …………………………….. nnnnnnnn
  • BIAYA LAIN-LAIN
    • …………………………….. nnnnnnnn
  • JUMLAH PENDAPATAN & BIAYA LAIN LAIN                  NNNNNNN

6. LABA SEBELUM PAJAK NNNNNNN

7. PAJAK PENGHASILAN NNNNNNN

LABA/RUGI BERSIH                                                                 NNNNNNN

(mohon ma’af masih perlu dirapikan)

Selanjutnya berdasarkan kebutuhan, rugi laba perlu dibandingkan dengan rugi laba periode tertentu misal periode yang sama pada masa akuntansi tahun lalu atau dengan periode akhir tahun lalu, sehingga laporan laba rugi dapat menampikan perkembangan usaha.

Dari cara menghitung terdapat dua bentuk laporan rugi laba yaitu metode periodical dan perpetual inventoy dimana metote periodical inventory sudah jarang digunakan karena dengan bantuan komputer menggunakan metode perpertual inventory, laporan rugi laba dapat divisual kapan saja diperlukan.

Perbedaan laporan Rugi laba perusahaan jasa, dagang dan industri hanya terdapat perbedaan pada rekening-rekening rugi laba yang terdapat pada masing-masing perusahaan tersebut misalnya :

  • Perusahaan jasa tidak memiliki persediaan, sehingga dalam laporan rugilaba tidak terdapat komponen harga pokok persediaan
  • Perbedaan nama rekening misalnya nama rekening penghasilan pada perusahaan dagang “Penghasilan Penjualan ”  sedangkan pada perusahaan jasa adalah “Penghasilan Jasa”
  • dll.

Untuk melakukan hal tersebut, sulit hanya semata-mata karena melibatkan banyak data namun dengan bantuan aplikasi komputer laporan rugi laba dapat dihasilkan dalam hitungan detik, sehingga dapat dilihat kapan saja dibutuhkan.

Menyusun Rekening Rugi Laba

PENDAPATAN/PENGHASILAN : Yaitu pendapat/penghasilan dari usaha pokok perusahaan. Pada persusahaan dagang adalah penghasilan dari penjualan barang dagang yang selanjutnya disebut penjualan. Elemen lain yang mempengaruhi penjualan adalah potongan penjualan dan retur penjualan. Mungkin ada komisi yang langsu berkaitan dengan penjualan ditempatkan di bagian ini.

Penjualan

99,999,999.00

PotonganPenjualan

99,999,999.00

Retur Penjualan

99,999,999.00

+

PENJUALAN BERSIH

99,999,999.00

Perlu tidaknya rekening penjualan ke rekening yang lebih spesifik sepenuhnya adalah kebijakan pimpinan perusahaan. Saya pernah melakukanya atas permintaan manajemen perusahaan clien saya dimana setia item barang memiliki rekening sendiri. Total rekening Neraca dan Rugi laba menjadi 750 item. Informasi yang diperileh sangat terinci namun disisi lain menuntut user untuk bekerja lebih teliti dan punya tinggkat kesulitan ngat tinggi. Tip dari saya sebaiknya kalau memang ingin di detail cukup dengan membuat berdasarkan kelompok-kelompok barang saja.

HARGA POKOK PERSEDIAAN : Adalah semua biaya yang diperlukan untuk memperoleh persediaan sampai persediaan tersebut dapat dijual, namun umumnya hanya elemen yang terkait secara langsung saja yang dikelompokan sebagai harga pokok persediaan. Elemen yang mempengaruhi nilai harga pokok peresediaan adalah potongan pembelian dan retur pembelian.

Pembelian

99,999,999.00

Biaya Transport

99,999,999.00

Potongan Pembelian

99,999,999.00

Retur Pembelian

99,999,999.00

+

HARGA POKOK PERSEDIAAN

99,999,999.00

JUMLAH PENDAPATAN/PENGHASILAN

9,999,999,999.00

BIAYA OPERASIONAL : Adalah semua biaya yang diperlukan dalam usaha pokok perusahaan, selain Harga pokok persediaan meliputi biaya penjualan, biaya umum dan biaya administrasi. Umumnya biaya-2 tersebut sekelompokan sbb:

BIAYA PENJUALAN : Adalah biaya yang digunakan, untuk menjual barang dagang termasuk di dalamnya biaya yang digunakan untuk menagih hasil penjualan.

Biaya Gaji  & Uang Transport Marketing

99,999,999.00

Biaya Iklan

99,999,999.00

Biaya Transport

99,999,999.00

Biaya Penagihan ( Kolektor )

99,999,999.00

+

TOTAL BIAYA PENJUALAN

99,999,999.00

BIAYA UMUM & ADMINISTRASI : Adalah kelompok biaya yang tidak berbanding lurus B16dengan hasil usaha. Namun besar anggaran yang ditetapkan untuk masing-masing element biaya, menentukan efektifitas kinerja perusahaan sehingga masing-masing elemen biaya umum dan administrasi  perlu dikontrol agar selalu terjadi sinkronisasi dengan aktivitas perusahaan.

Biaya Listrik

99,999,999.00

Biaya Telepon

99,999,999.00

Biaya Gas dan Air

99,999,999.00

Biaya Alat Tulis &   Kantor

99,999,999.00

Biaya Legal & Perizinan

99,999,999.00

Biaya Gaji Dan Tunjangan

99,999,999.00

Biaya Pengembangan SDM

99,999,999.00

Biaya Perjalanan Dinas

99,999,999.00

Biaya Perawatan & Perbaikan

99,999,999.00

Biaya Penyusutan Aktiva

99,999,999.00

Biaya Umum Lainnya

99,999,999.00

+

TOTAL BIAYA UMUM & ADMINISTRASI

99,999,999.00

TOTAL BIAYA OPERASIONAL

99,999,999.00

LABA USAHA

99,999,999.00

PENDAPATAN LAIN : Adalah pendapatan/penghsilan yang diperoleh dari aktivitas diluar usaha pokok perusahaan

Pendapatan Ongkos Angkut

99,999,999.00

Pendapatan Ongkos Potong

99,999,999.00

Pendapatan Bunga Jasa Giro

99,999,999.00

TOTAL PENDAPATAN LAIN

99,999,999.00

BIAYA LAIN-LAIN

Biaya Lain – lain

99,999,999.00

Biaya Bunga Bank

99,999,999.00

Penghapusan Piutang

99,999,999.00

Laba (Rugi) Penjualan Aktiva Tetap

99,999,999.00

+

TOTAL BIAYA LAIN-LAIN

99,999,999.00

POS LUAR BIASA

Peghasilan/Biaya/kerugian dari peristiwa/ kejadian luar biasa (Yang jarang terjadi)

99,999,999.00

+

TOTAL POS LUAR BIASA

99,999,999.00

LABA SEBELUM PAJAK

99,999,999.00

About these ads

131 Tanggapan

  1. tolong segera berikan saya program akuntansi untuk rumah sakit dengan harga murah, lengkap dan mudah dijalankan. terima kasih

    Zb:
    Yang ngak akan pernah anda temukan adalah “yang lengkap” karena kebutuhan informasi berubah sangat cepat. Apalagi lengkap tapi murah, sementara yang mahal saja tidak lengkap.

    Permasalahan yang sesungguhnya adalah Apa yang anda butuhkan?… Tidak banyak orang dapat menjawab pertanyaan sederhana tersebut, termasuk direktur perusahaan yang sudah kawakan. Itulah yang banyak kami hadapi dalam pengembangan sistem informasi, mereka bisa ngomong namun sesungguhnya banyak diantara mereka tidak mengerti apanya yang mereka butuhkan.

    Kalau anda mencari yang mudah, cepat dan murah, Aplikasi akuntansi yang saya tawarkan melalui Block ini adalah satu pilihan, dan dapat digunakan untuk akuntansi rumah sakit. Perbedaan dengan aplikasi yang saya tawarkan pada perusahaan industri yang harga relatif mahal berkisar antara 12 s/d 40 Juta adalah kemasannya saja. Yang saya tawarkan melalui block ini samasekali tidak melibatkan unsur komersial, saya hanya menyebutnya ingin berbagi dalam penggunaan tenologi informasi. Pada perusahaan industri saya membebankan biaya pengembangan sistem, pelatihan, biaya intalasi dan memberikan jaminan Aplikasi berjalan sesuai yang disepakati. Masih tidak ada jaminan lengkap. Ok!..

    • isi blog anda cukup menarik,tapi mungkin perlu banyak perkembangan lagi agar orangawam seperti saya bisa cepat mengerti dan paham tentang apa yang anda jabarkan.

      • pak bagaimana membuat lapoiran neraca dan rugi laba bagi prusahaan konsultan perencanaan, yang cuma punya data dari rtekening koran aja ?

        ZB:
        Laporang keuangan dibuat berdasarkan transaksi yang dilakukan oleh perusahaan.

      • sangat membantu :) thank u mrs.

    • tahukah anda apa beda BLOCK dan BLOG ??

    • saya bkn org yang tau akuntansi namun saya sangat tertarik dan ingin tau krn skrg saya memiliki usaha sendiri, memang cukup sulit tetapi dengan adax bantuan org2 yang tau tapi dibuat secara simpel mungkin akuntansi adalah satu2 ilmu yg akan dipelajari banyak orang karena nilai manfaat dan pentingnya akan mendorong banyak orang tau,,,,,,,

  2. Mr. Zul yth,

    saya bekerja dibidang jasa hukum, diprsh sy utk pph21 dibayarkan oleh prsh & tdk dipotong dari gaji karyawan bgm pencatatannya. Berapa biaya sistem aplikasi comp akuntansi prsh jasa & apakah bila prsh saya menggunakannya mendapat jaminan tolong balasannya dikirimkan ke email saya
    terimakasih…….

    ZB:
    Banyak yang demikian karena mulanya karyawan menolak untuk dipotong pajak. Untuk menghindari konflik banyak perusahaan mengambil kebijakan demikian, namun apapun alasannya yang dibayarkan ke kas Negara adalah kewajiban karyawan. Hasil perhitungan PPh 21 sedikit berbeda dengan cara pergitungan pemotongan Gaji.

    Gunakan cara sedarhana saja, setiap pembayaran gaji dbuat ayat jurnal memorial sbb:

    Memorial

    Biaya Gaji ……………………. 9,999,999
    Hutang PPh 21…………………………….9,999,999

    Jurnal ini menyebabkan biaya gaji bertamah dan hutang PPh 21 bertambah

    Pada saat di dibayarkan (saya tidak ngomong disetorkan karena asumsi saya disetorkan bersumber dari potongan gaji). Disini prakteknya sama implikasi beda.

    Pengeluaran Kas

    Hutang Pph21………………..9,999,999
    Kas…………………………………………9,999,999

  3. tolong berikan saya contoh pembukuan keuangan karena saya membuka usaha toko komputer saya bingung untuk membuat pembukuannya

  4. saya sedang membuka bisnis di bidang penjualan komputer dan komponennya tapi saya bingung dalam pembuatan laporan pembukuan keuangannya

    • Saya memliki perusahaan yang bergerak di bidang Jasa pembukuan accounting, pelaporan pajak dan pembuatan sistem u diperusahaan bapak. Mungkin bapak tertarik, silahkan hubungi saya via email : wijayaheidi@yahoo.com. Terima kasih

      • Salam kenal Mas Wijaya!… Bila anda inggin menampilkan semacam brosur di blog ini dapat anda kirimkan ke saya dan akan saya tampilkan secara gratis. Siapa tau suatu saat saya butuh bantuan anda atau sebaliknya.

  5. Ass.
    Tlg beriKan SaYa CtH pemBUkuaN uSaha JaSa KOmpuTer Dunkz,,
    SaYa g’ TaU caRa bIkIN PembUkuanNya

  6. emang susah ni laporan keuangan, gue baru ngurus PT teman,pusing gue!!
    mending disuruh baca buku oseanografi ni!!

    • memang bener ampun dah binun juga …punya PT baru dan ngurusin laporan keuangan bingung dan buat referensi cara buat nya bingung soalnya ilmu dikit buat bikin laporan keuangan

      ZB:

      Pada perusahaan baru, Operaional perusahaan belum berjalan sesuai standar akuntansi. Ini wilayahnya konsultan

  7. woww…thanks banget yacccchhhh tas ilmunya..

  8. Untuk Perusahaan jasa, bisa diujelaskan tidak bagaimana pencatatan pembukuannya. Saya mempunyai usaha catering. Terima kasih sebelumnya…

    ZB:
    Menurut saya perusahaan catering termasuk perusahaan Industri deh!. karena catering membeli bahan mentah untuk diproduksi menjadi makanan yang siap disajikan.

    Repotnya lagi kok yang ditanya proses pembukuannya. Artinya pembukuan bagi saya adalah semua proses mulai dari awal sampai akhir. Saya sedang menyiapkan buku menyusun Laporan keuangan (proses akhirnya saja) sudah satu bulan lebih belun jadi…

    Coba anda ajukan pertanyaan secara spesifik!..

  9. makasih y…
    b’manfaat banget blog’y tentang akuntansi…
    mw banyak belajar dari blog ini…
    maklum, lagi jadi mahasiswi akuntansi…
    ^_^

  10. salam kenal,
    Bgmana dengan pencatatan pendapatan u. perusahaan jasa di bidang pembuatan design, website yg klientnya dr luar negri. bsa kasih gambaran dkit g?

    thanks

    Zb:
    Yang nama pendapatan tidak mengenal wilayah. Yang jelas anda punya kesepakatan dengan klien nilai transaksi dalam mata uang apa, cara pembayarannya bagaimana, dan faktor resiko seperti laba/rugi selisih kurs, kerugian karena tidak dibayar dll., urusannya lain lagi.

    Permasalahan yang mungkin perlu anda lihat dalam hal yang menyangkut pajak.

  11. saya mau membuka usaha sewa mobil dengaan cara meminjam uang di teman, dan teman saya meminta saya untuk membuat analisa usaha mohon di bantu untuk membuat analisa usahanya thank you

    ZB:
    Mohon Maaf, yang namanya analisa melibatkan beberapa aspek al. lokasi dan segala permasalahan dilingkungan sekitar lokasi tersebut termasuk juga gaya anda dalam ber interaksi dengan Lingkungan.
    Hal ini biasa dilakukan oleh konsultan bisnis dengan mengunjungi dan mempelajari segala sesuatunya yang akan dituang dalam suatu proses bisnis. Bagaimana caranya saya akan dapat penuhi harapan anda?…

  12. mas, mNta tOlong cOntoh pNyelesaian buat Pmbuatan laBa rugi itu,, saya MAsih bNgun, hehehehe, kRim d Email
    ZB:
    Cian de loe!…
    Kalau gue tinggal click menu laba rugi trus OK ya ok deh dalam hitungan detik Laporan laba rugi tampil didepan mata?…

    Kalau pakai sistim manual ya susah yaitu menggunakan kertas kerja yang disebut neraca lajur.

    1. Jumlahkan setiap akun yang sama baru dapat neraca saldo
    2. Lakukan penyesuaain dengan membuat ayat jurnal penyesuaian
    3. Pindahkan semua akun laba rugi ke kolum laba rugi lalu dijumlahkan (selisih kolom debet dengan kolom kredit adalah laba/Rugi sebelum pajak.

    Contoh yang lengkap saya cariin dulu sample datanya atau kamu punya? silahkan kirim ke zulidamel@yahoo.co.id

  13. mas, mo tanya nih bisa ga kita ngitung laba/ rugi bulanan?? trus penjualannya dari invoice yang kita udah keluarkan walau pun paymentnya bulan depan begitu jg pembeliannya, gmana ya tolong dong penjelasannya pada case seperti ini soalnya PT ku ga ada penjualan dan pembelian cash

    ZB:
    Ini adalah masalah pengakuan, Ada perusahaan menganut azas cash basis dimana transaksi diakui pada saat penerimaan cash, namun prinsip akuntansi menganut azaz acrual yaitu transaksi diakui pada saat terjadinya. Dalam prisip acrual transaksi penjualan atau pembelian diakui saat terjadinya (sesuai tanggal Invoice). Sehingga laporam Rugi Laba tidak ada hubunganya dengan penerimaan/pengeluaran kas.

  14. Laporan L/R kenapa lebih besar daripada Cash on Hand? (Kas dan setara Kas)?
    Pengaruh L/R terhadap Neraca dan Arus Kas pada transaksi/bagian apa?

    Makasih buanyak Da….

    Tu Pertanyaan lihat dari sudut mana tu!.
    Laporan Rugi laba tidak berhubungan secara langsung dengan kas dan setara kas. Kas dan setara kas adalah posisi yang menunjukan saldo pada satu saat sedangkan rugilaba adalah rangkat aktivitas pada periode akuntansi. Transaksi juga dapat berjalan tanpa kas karena bisa Utang, Piutang.
    Calo aja bisa dapat untung besar tanpa melibatkan Kas, modal dengkul. Cuman penghubung doang dapat 2.5%. apakah perlu untuk mendapat hasil sebesar x mereka haru punya kas sebesar y kan ngak ada hubungannya.

    Pengaruh L/R terhadap neraca bisa pada asset, hutang dan berakhir pada perubahan modal. Tentunya bisa di tunjukan pada akun apa bila ditunjukan transaksinya apa!.

  15. Maaf Da, soalnya bener2 baru belajar…
    nyesel banget dulu-dulu gak belajar akuntansi
    Terimakasih banyak atas petunjuk mahaguru…
    kira-kira ada referensi buku apa yang mengupas jelas akuntansi perhotelan sejelas-jelasnya? atau barangkali VCD atau metode apa ajalah yang bisa bikin saya puaham…
    berjuta-juta terimakasih….

    ZB:
    Jangan terlalu menyanjung berlebihan karena saya hanya memberikan apa yang saya bisa. Setahu saya tidak ada. Untuk akuntansi saja kita harus membaca banyak buku untuk memahaminya apa lagi tambah perhotelan. Itu adalah dua hal yang berbeda. Kitalah yang menggabung kedua hal tersebut.

    Menjawab pertanyaan anda metode yang bisa paham adalah cara belajar tuntas. Baiasanya kan belajarnya suka cari halam yang tertentu saja sehingga dari setiap buku yang di baca paling 10 % saja yang dibaca sehingga setelah tamat kuliah bukunya masih baru. Saya sarankan untuk membaca setiap buku harus dibaca tuntas mulai dari kata pengantarnya karena disitu ada suatu petunjuk yang sangat bermanfaat dan banyak diabaikan orang. Membacanya juga harus sampai benar-benar dipahami dan perlu dibantu dengan buku lain yang membahas materi yang sama namun beda cara penyampaiannya serta saling menutupi kekurannya.

  16. da mau tanya..
    mungkin gak dalam laporan akhir tahun, modal pada neraca bernilai negatif/ minus??? jawab ya da, yang cepet..

    trima kasih

    ZB:
    Hati-hati dalam memahami akuntansi!….
    Disisi akuntansi saldo normal hutang dan modal adalah negatif. Modal adalah hutang perusahaan kepada pemilik modal. Pencatatannya diletakan di sisi kredit. Kenapa tidak ditampilkan dengan angka negatif?… , karena posisinya sendiri sudah berada pada posisi negatif (kredit). Jadi dalam akuntansi nilai saldo modal selalu negatif. Jika positif berarti bermasalah. Kalau modal bersaldo positif artinya perusahaan tidak punya pemilik. Ada nggak perusahaan yang tidak punya pemilik,?…. dapat juga dikatakan perusahaannya telah pailit.

    Selanjutnya kita lihat dari posisi modal secara terpisah dengan perusahaan. artinya kita lihat dari sisi pemilik modal, dimana bagi pemilik modal saldo modalnya pada perusahaan tertentu adalah positif.
    Kita pakai logika saja, kalau modal anda pada suatu perusahaan sudah habis apakah anda masih dapat dianggap sebagai pemilik. Atau ada nggak perusahaan yang mau mengakui anda sebagai pemilik tapi ngak ada modal. Kalau ada saya mau daftar…

    Bisa nggak modal habis ?… bisa saja. mungkin karena ditarik atau perusahaan bangkrut, sehingga modal anda digunakan untuk melunasi kewajiban perusahaan.

    Kalau pada neraca, Modal ditampilkan dengan angka negatif (ingat saldonya positif) jawabnya “Tidak dak ada”

  17. Salam Sejahtera,

    Mohon bantuan:
    1. Jika suatu perusahaan (holding) tidak memiliki pendapatan, tapi ada biaya operasionalnya, walaupun kecil, apakah tetap harus menerbitkan laporan rugi laba oleh KAP?
    2. Apa perbedaan antara deffered tax asset & deffered tax liabilities? Kapan keduanya muncul? dan apa pengaruhnya terhadap neraca?

    Terima kasih,
    David

    Pertanyaan Poin 1, Saya tidak tahu ada peraturan perundang-undang tentang hal ini, menurut saya kalau sudah tidak ada penghasilan apalagi yang mau di audit oleh KAP dan pakai uang siapa untuk membayar KAP. Namun kewajiban untuk menerbitkan laporan tetap ada atau diganti dengan pernyataan tidak beroperasi. Finalnya tentu tergantung pada departemen Hukum apakah laporan tersebut dapat diterima atau tidak. Jika tidak tentunya perusahaan tersebut akan diperiksa oleh dep terkait.

    Pertanyaan poin 2 permasalahhannya cukup rumit, dan juga sudah menjadi spesialisasi ahli bidang tax accounting (lihat SAK No.46), maklum dalam urusan tax banyak yang ribet seolah mengada-ada, namun untuk itu saya berikan sebuah link untuk anda yang sedang membicarakan menyangkut hal ini, semoga membantu.
    Deffered tax

  18. Selamat Sore,

    Terima kasih atas respondnya.
    Mengenai poin 1, pada hakekatnya perusahaan tersebut adalah holding, tapi ia tidak menerima dividend ataupun pendapatan apapun, neraca tetap dibuat, akan tetapi yang membuat saya bingung adalah apakah tetap saya harus membuat laporan rugi laba, karena pendapatannya tidak ada. Sedangkan biaya operasional kan tidak dapat saya amortisasi, karena masa manfaat kurang dari setahun. Jika tetap saya terbitkan, kan jadi terlihat lucu, dimana pendapatannya kecil banget (cuma dari pendapatan bunga dan administrasi) atau bahkan nol. Mohon pencerahan ya…

    Salam…

    ZB:
    Masalah nilainya kecil atau nol (NIHIL) bahkan mungkin negatif, itu tidak masalah. Bentuknya laporan laba rugi juga yang sederhana saja Pendapatan, harga pokok, biaya Umum & adm dan biaya & pendapatan lain-lain. Yang jadi masalah pihak terkait kan tidak begitu saja percaya untuk itu biasanya dilengkapi dengan surat pernyataan tidak beroperasi. Kecuali bila ada kewajiban yang harus dilunasi tentunya harus melalui proses hukum sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku.

  19. Selamat Pagi,

    Boleh tanya lagi, apakah boleh pajak bunga atas saldo bank kita di-netting / set off dengan pendapatan bunga atas saldo tersebut?
    Jadi kita tidak perlu mencantumkan lagi ke dua hal tersebut secara terpisah.

    Terima kasih,
    David

  20. Salam kenal mas
    Saya lagi membantu saudara merintis perusahaan ekspedisi di bag akuntansi (kerja pake excel).
    Sementara ini sy kesulitan utk menentukan klasifikasi akun-akun, terutama untuk lap laba-rugi. Apa saja komponen pendapatan dan mana yg masuk biaya?
    Yang kedua, apakah diperlukan juga Jurnal Penjualan & Jurna Pembelian seperti pada perus. dagang?

    Itu dulu mas. Sorry masih awam. Bisa bantu dijelasin mas?
    Saya bisa beli beberapa buku, tapi kayaknya diskusi ini lebih asyik.

    Terima kasih atas bantuannya

    Salam

    ZB:
    Memiliki buku yang terkait tentunya tetap penting dan dipelajari. Dan diskusi disini akan menjadi bahan tambahan untuk hal yang spesifik, pemahaman masing-masing orang akan lebih baik bila ada perbandingan.

    Selama jumlah transaksi anda masih dapat anda tangani dengan excel boleh-boleh saja, namun anda akan menemukan banyak kesulitan bila volume transaksi anda cukup besar. Dan yang saya tahu volume transaksi untuk expedisi lumayan besar. Keberadaan aplikasi akuntansi akan sangat membantu anda….

    Untuk klasifikasi akun, dapat anda lihat pada bagian Kalasifikasi rekening. Untuk memudahkan anda masuk dulu ke halaman akuntansi. Kalau yang anda tanya komponen pendapatan tentunya hanya satu yaitu pendapatan Jasa angkutan atau dengan nama apa saja. Mungkin saja suatu ketika anda memberikan potongan “Discount” dan dalam kondisi tertentu anda dapat juga mendapat pesanan suatu barang dimana anda terlebih dahulu harus membeli barang tersebut. Dalam hal ini anda mendapat dua jenis pendapatan yang dari penjualan barang dan jasa angkutan.
    Kemudian yang mana biaya kembali lagi pada masalah klasifikasi rekening.

    Untuk pertanyaan yang ke dua, adalah YA tetapi sesuai dengan transaksi yang ada pada perusahaan anda. Yang anda jual adalah jasa angkutan. Bedanya hanya bahwa anda tidak punya persediaan barang dagang, sehingga anda tidak mempunyai komponen harga pokok persediaan, selama anda tidak terlibat dalam perdagangan. Kenapa saya sebut demikian?.. Perusahaan Ekspedisi juga sering melakukan kegiatan perdagangan seperti yang saya contohkan di atas. OK!….

  21. OK Sip
    Thanks mas

  22. Salam,
    mas saya minta tolong kasih contoh laporan laba rugi untuk perusahaan industri/meubler,saya memiliki usaha meuble dan berencana mengajukan kredit ke bank.Kebanyakan cntoh yang ada adalah perusahaan dagang/jasa

  23. salam kenal,
    saya mau tanya kalau harta lancar dan hutang lancar kan tidak berhubungan langsung dengan laba usaha, tapi sebenarnya ada ga sih pengaruh harta dan hutang lancar itu sendiri sama laba usaha walaupun secara ga langsung???? kalau ada pengaruhnya, ada ga teorinya, dibuku apa n pengarangnya siapa??oh iya sekalian pengaruhnya itu berbanding terbalik atau berbanding lurus ya??
    Tolong balas cepat ya….
    thanks bgt….

    ZB:
    Kalau ditanya torinya dibuku apa apalagi pengarangnya siapa mohon ma’af serius tidak tahu…. namun apa yang anda tanya adalah bagian dari analisis laporan keuangan. Jadi anda cari saja buku mengenai analisi laporang keuangan atau buku akuntansi yang banyak membahas analisis laporan keuangan.

    Apa saja aktifitas yang dilakukan perusahan berhubungan langsung dengan laba. Lengah saja dapat menyebabkan perusahaan rugi apalagi kalau ada harta perusahaan yang tidak diketahui keberadaannya.

    Kalau dalam operasional normal, perusahaan mempunyai hutang lancar yang jumlahnya besar dapat dipastikan operasionalnya besar dan untungnya tentu cenderung besar. Kalau bahasa kerennya berbanding lurus.

    Anda pernah dengar pengusaha modal dengkul, untungnya besar. Sedangkan pengusaha yang modalnya besar, untungnya kecil. Itu tidak aneh karena besar atau kecil dibandingkan dengan modalnya. Namun yang sesungguhnya pengusaha yang modalnya besar akan mengahasilkan laba yang juga besar. Komponen modal itu diantaranya hutang contohnya hutang lancar. Jadi anda akan dapat menjelaskan bagaimanan kalau sebuang perusahaan hutang lancarnya kecil.

    • siang…
      melanjutkan pertanyaan..
      1. kenapa pembayaran hutang tidak mengurangi laba?
      kan kas keluar uang?
      2. jika kita beli peralatan secara dicicil bagaimana jurnalnya? apakah pembayaran cicilan mengurangi laba?
      trims

      ZB:
      Untuk memahami, saya kasih balik bertanya aja. Misalnya anda beli suatu barang dengan cara mengutang (Hutang) misal 1000, lalu anda jual juga diutangin (Piutang) 1500, artinya anda sama sekali belum mengeluarkan uang dan juga belum menerima uang. Berapa Laba yang anda dapat kan?….. Laba yang anda peroleh akan sama bila transaksi itu dilakukan secara tunai. Perbedaannya adalah dengan adanya utang/piutang laba yang anda dapatkan belum diterima.

  24. selamat sore,
    pak saya mo tanya bagaimana pembuatan Laporan Rugi Laba untuk perusahaan travel agent pak, karena selama ini perusahaan saya belum pernah membuat laporan perusahaan, baik itu Laporan Rugi Laba maupun Neracanya , bagaimana penyusunan laporan yang baik untuk Travel Agent
    sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih

  25. oiya pak, tolong sekalian diberikan contohnya ya pak…
    kalau jual beli dollar iu termasuk ke dalam laporan juga ga pak?

    ZB:
    Bentuk Laporan keuangan adalah standar. Yang berbeda adalah nama rekening yang dimiliki oleh perusahaan. Sekarang sudah tidak jamannya menyusun laporan keuangan secara manual. Sehingga banyak sarjana akuntansi sekarang kalau disuruh membuat laporan keuangan secara manual nggak ngerti. Percaya nggak banyak sarjana akuntansi ngak bisa membuat jurnal transaksi bahkan untuk ngitung perkalian yang gampang saja cari kalkulator.

    Akuntansi sekarang, tinggal catat ke komputer, selanjutnya komputer yang mengerjakan.

    oh iya, jual beli dolar itu kan sebuah transaksi yang dilakukan oleh perusahaan?. tentunya harus masuk ke dalam laporan. pkoknya semua tarnsaksi keuangan harus masuk dalah laporan keuangan Ok!…

  26. pagi,,
    saya mau tanya,,saya baru buka usaha travel bagaimana sich cara buat laporan keuangan khusus bidang per travellan,,,harap bantu saya ya,
    thnks,gd

    ZB:
    Menurut saya untuk laporan rugi laba telah dibahas secara detail. Semua kuncinya berada pada kerangka akuntansi. Jadi untuk membuat laporan keuangan anda harus menguasai kerangka sistem akuntansi yang intinya bangaimana mencatat, mengelompokan. Setiap transaksi keuangan adalah jelas sumbernya dan mempunyai efek terhadap perusahaan sebagai contoh bila perusahaan anda menjual jasa maka anda mendapat penghasilan biasanya disebut pendapatan jasa. kalau pada perusahaan dagang disebut pendapatan penjualan. Intinya keduanya sama saja yang berbeda adalah produk yang dijual. Untuk itu semua catatan mengenai pendapatan jasa dijumlahkan dan ditempatkan pada kelompok penghasilan. Disini saya mencoba meyakinkan anda bahwa laporan keuangan itu sama yang berbeda adalah elemen yang ada pada suatu perusahaan dengan perusahaan lain. Contoh yang lain kala perusahaan dagang punya persediaan barang dagang sedangkan perusahaan jasa tidak punya persediaan.

    Dalam melakukan operasional perusahaan anda mengeluarkan bermacam-macam biaya. Masing-masing dijumlahkan berdasarkan kelompoknya dan tempatkan pada bagian biaya.

    Mungkin suatu ketika perusahaan anda mendapatkan pengahsilan dari usaha diluar usaha pokok perusahaan anda, itu dikelompokan pada pendapatan lain-lain atau pendapat diluar usaha.

    Anda juga mungkin mengeluarkan biaya diluar usaha pokok perusahaan anda dikelompokan pada biaya lain-lain.

    Setelah anda mengetahui anda punya keuntungan / laba sebesar x, maka anda dikenakan pajak penghasilan sebesar ketentuan yang berlaku.

    Semua itu dapat anda masukan pada kerangka laporan rugi laba yang telah ada dan Semua mudah!…. Kesulitan biasanya timbul akibat kelalaian dalam mencatat dan menggelompokan sehingga banyak orang bilang bikin laporan keuangan susah.

  27. Pak Zul.

    hasil laba bersih ini nanti dimasukkan ke bagian modal di neraca ya?

    trus saya lihat di daftar akun kantor saya ada akun “laba tahun berjalan”

    apakah hasil perhitungan laba rugi ini di posting ke akun tersebut ?

    terima kasih banyak atas penjelasannya pak :)

    Zb:
    Komponen utama dari modal adalah :
    Modal dasar ( ada berbagai cara mencatat modal sesuai bentuk perusahaan untuk perusahaan berbentuk PT. dicatat sebagai modal saham)
    Laba ditahan atau laba tidak dibagi ( modal yang berasal dari hasil usaha)
    Laba tahun berjalan ( hasil usaha bersih periode yang berjalan)

    Terdapat berbagai cara Perlakuan akuntansi terhadap rekening modal, disamping hal ini berhubungan dengan pihak external pemilik, investor dan instansi pajak juga terdapat beberapa metode akuntansi dalam menangani hal ini. Cara akuntansi komputer juga berbeda dengan akuntansi manual. seperti jurnal penutup, jurnal pembalik, revesing entries dll dan kebetulan saya sendiri tidak menggunakan semua itu. dimana laba bersih secara automatis menjadi Laba tahun berjalan.

    Khusus modal mempunyai satu bentuk laporan khusus dalam laporan keuangan yaitu laporan perubahan modal atau capital statement.

  28. Mohon diberikan contoh pembuatan Laporan Keuangan L/R dan Neraca untuk CV dibidang jasa entertaintment. Dimana usaha kami di beberapa bidang tapi dengan satu pelaporan. Jasa yang kami berikan berupa: Studio Rental latihan Music; Kursus Music; ada juga Warnet dan Game on Line. Semua bidang tersebut Laporan Pembukuannya kami buat jadi satu ( digabung).

    Mohon dibantu ya pak../ bu..
    Terima kasih sebelumnya..
    Salam.

    ZB:

    Pembuatan laporan sebenarnya sama untuk semua jenis usaha. Yang membedakannya adalah aktivitas yang terdapat pada masing-masing bidang usaha tersebut. Kuncinya terletak pada rekening buku besar. Misalnya pada usaha ibu Indri yang mempunyai beberapa bidang usaha, dimana semua bidang tersebut merupakan usaha pokok perusahaan. Sehingga pada Laporan R/L bagian pendapatan dibuat item sesuai dengan jenis pendapatannya sbb:

    Pendapatan / Penghasilan :
    - Kursus Music……………………………………….999.99
    - Studi Rental………………………………………..999.99
    - Warnet……………………………………………..999.99

    Demikian juga pada bagian biaya. Biaya masing-masing usaha sebaiknya dibuat pada kelompok rekening masing-masing.

  29. mohon diberikan contoh untuk laporan laba ditahan untuk perusahaan jasa ( klinik ). terima kasih.

    ZB: Coba anda pahami lagi apa itu laba ditahan.? ok!…

  30. salam kenal
    ada beberapa hal yang ingi saya tanyakan :
    -bagaimana mencatat biaya sumbangan yang tidak ada bukti transaksinya?
    -mohon dibantu program akuntansi komputer untuk perusahaan jasa di bidang importir. terima kasih

    ZB:
    Secara akuntansi sumbangan juga harus jelas siapa penerimanya, dan harus ada bukti penerimaannya. Bisa jadi itu dibuat oleh penerima atau dibuatkan oleh yang menyerahkan dan ditandatangi oleh yang menerima.
    Banyak sekali program komputer akuntansi yang dapat digunakan untuk perusahaan jasa importi. Umumnya Program akuntansu untuk jasa importir sama dengan program untuk perusahaan dagang.

  31. Kalo buat perhotelan gmana ya ??

    ZB:
    Yang membedakan laporan keuangan satu perusahaan dengan yang lainnya adalah rekening buku besar yang dimiliki oleh perusahaan tersebut.

  32. thx artikelnya membantu sekali niih.salam

  33. Mas, sy butuh buanget contoh laporan keuangan perusahaan travel, kalau mas ada tlg kasi dunk…

  34. kalo pendapatan bunga dalam suatu perusahaan itu ada jurnal penutupnya gak ya? thks

  35. untuk rekening laba bulan berjalan, laba tahun berjalan dan laba di tahan apa perlu di buatkan jurnal penutup di setian akhir periode akuntansinya?
    rekening2 tersebut muncul di karenakan knapa?
    mohon jawaban dan komentarnya.
    makasih sebelumnya.

    ZB:
    Saya sarankan anda untuk membuat batasan rekening2 tersebut. Secara umum laba ditahan adalah bagian modal yang berasal dari laba perusahaan. Umumnya diklasifikasi dalam 2 rekening yaitu laba ditahan tahun lalu dan laba tahun berjalan dimana tahun lalu itu mempunyai pengertian laba perusahaan yang tidak dibagikan kepada pemegang saham sampai akhir peiode tahun lalu namun tidak tertutup kemungkinan manajemen perusahaan menginginkan agar ditampilkan berdasarkan tahun dan bulan.

    Saya juga sarankan anda untuk memahami tujuan jurnal penutup dengan demikian anda akan dapat menentukan sendiri apakah jurnal penutup itu diperlukan atau tidak.

  36. Saya tanya Apakah ada persamaan antara Laporan Laba Rugi dengan kinerja keuangan suatu perusahaan?
    Mohon bapak jawab segera atas ketidaktahuan saya. Terima kasih

    ZB:
    Laporan rugi laba adalah gambaran kinerja perusahaan.

  37. contohnya mantabs mas, lengkap…ijin saya track back ya. Juga sekalian kenalan…thanks…Haris, Jogja

    ZB:
    Silahkan!…

  38. Saya baru memulai usaha penjualan eceran sembako kecil-kecilan, maunya bikin catatan /pembukuan mulai dari belanja modal (sewa kios, peralatan dsb) sampai beli barang dagangannya. Mohon untuk dapat dibantu contoh pembukuannya/catatan yang sederhana sekali karena saya sulit memahami bahasa akuntansi yang rumit, baik jenis buku/catatan maupun kolom-kolom isiannya. Terimakasih atas perhatian dan bantuannya.

    ZB:
    Untuk usaha kecil-an yang terpenting adalah catatan kas masuk dan kas keluar. Lihat penerimaan kan dan pengeluaran kas.

  39. makasih mas jawabanya

  40. trimakasih atas penjelasannya, cuma saya ingin penjelasan untuk perusahaan jasa pendapatan jasa untuk jurnal, rekening lawannya apa trims

  41. sy mau tanya hubungan antara buku bank, rekening koran, lap rugi laba, dan neraca. misal terjadi kasus sbb:
    Transaksi pembayaran pembelian mesin A, pembayran gaji karyawan, pembayaran piutang usaha, pembayaran pembelian bahan baku yg dilakukan pada tgl 31 maret ternyata pada rekening koran tercatat masuk transaksi bulan berikutnya.
    Jika pembuatan laporan rugi laba sy mengikuti data rekening koran,
    1. bgmn dengan perhitungan akumulasi penyusutan mesin, jika mesin tersebut sudah mulai beroperasi sejak 28 maret?apakah perhitungan penyusutan untk mesin tersebut mulai terhitung untuk bulan maret atau bulan berikutnya?
    2. bgmn dg pembayaran bahan baku?bahan baku sudah terproses untuk proses produksi jauh sblm tgl pembayaran. apakah dimasukkan dalam HPP bulan tersebut ataukan bulan berikutnya?krn jumlah HPP jg akan mempengaruhi laporan rugi laba n neraca.
    3. pembuatan laporan rugi laba n neraca mengikuti rekening koran atau mengikuti banyaknya transaksi pada bulan tsb?
    tolong bantuannya, krn sy msh awam dibidang akuntansi. makasih banyak!
    (bisa tolong dibalas by email sy???)

    ZB:
    Saya yakinkan dulu bahwa yang anda maksud buku bank adalah apa yang saya sebut dengan buku Kas (khusus Account tertentu). Karena dalam arti sesungguhnya buku bank adalah buku tabungan. Dan rekening koran adalah laporan bank sesuai dengan buku bank.

    Buku bank yang anda maksud adalah catatan menurut catatan perusahaan berdasarkan bukti2 tertentu. Dan dapat berbeda dengan rekening koran karena hal2 tertentu. Untuk inilah perlu dilakukan usaha untuk mengetahui penyebab terjadinya perbedaan tersebut yang disebut dengan rekonsilisasi bank. Ingat hanya ada rekonsisiasi bank tidak ada rekonsilisasi kas. Karena bank sering mencatat tidak sama dengan yang kita catat. Bila benar perusahaan mencatat berdasarkan bukti2 tertentu yang valid maka yang benar itu adalah catatan perusahaan.
    Namun bagaimanapun catatan bank dapat diakui berdasarkan logika yang dapat diterima. Artinya keduanya adalah benar. Namun perusahaan tidak dapat mengandalkan laporan bank karena waktu dan kebutuhan informasi yang diperlukan perusahaan tidak cukup dari rekening koran. Untuk itu diperlukan buka kas atau yang anda sebut buku bank. Bila buku Bank anda sama saja dengan rekening koran. misalnya tidak dapat memberikan informasi keuangan sesuai kebutuhan berarti anda tidak perlu membuat buku bank.

    Masalah penyusutan cukup anda gunakan logika, kalau saya menggunakan bila di atas tanggal 15 masuk bulan berikutnya.

    Untuk HPP perlu saya ingatkan bahwa HPP tidak ada hubungan dengan pembayaran dan kapan barang itu digunakan. Yang dimaksud HPP dalam laporan rugi laba adalah harga pokok barang yang terjual bukan hpp barang yang di proses atau digunakan.

    Membuat laporan keuangan adalah berdasarkan catatan perusahaan namun banyak akuntan tidak dapat menerbitkan laporan keuangan dengan alasan belum ada rekening korang. Hal itu sering saya dengar dan saya anggap sebagai tumbal untuk menutupi ketidak mampuannya dalam mengolah bukti transaksi. Sebagai informasi saja saya dengan akuntansi komputer tidak punya tenggang waktu untuk menampilkan laporan keuangan. artnya laporan keuangan dapat diterbitkan kapan saja diperlukan. Misalnya diperlukan pada tanggal 1 tidak ada masalah. namun dalam faktanya banyak akuntan hanya dapat memberikan laporan pada diatas tanggal 20 karena rekening koran disampaikan sekitar tanggal tersebut. Bagi saya laporan tersebut adalah laporan basi.

    • Lam Kenal Mas…..

      tapi mas saya mau tanya, apakah setiap transaksi masuk & Keluar Perusahaan harus ada di rekening koran ???
      soalnya di cv. ku kadang2 ownernya bila ada transaksi keluar kadang tidak pernah memberi tahu adm. nya !!!
      jadi kan harus lihat di rek. Koran mas !!!
      sebelumnya trims…. banyak atas ilmunya….

      Salah satu tugas adm Financial adalah memeriksa kecocokan setiap transaksi yang dicatat oleh perusahaan (bagian administrasi) dengan transaksi yang dicatat oleh bank. Bila ditemukan ada perbedaan maka diberi keterangan secara detail, apa penyebabnya dll. pekerjaan tersebut disebut dengan rekonsiliasi.

      Apapun alasannya, sebagai petugas yang diberi tanggung jawab harus menemukan setiap transaksi perusahaan.

  42. lam kenal!!sya tertarik sekali dngan dng adanya situs ini dmna qta bsa brbagi ilmu!sya bkrja di salah satu rumah sakit,bsa g sya mnta contoh pelaporan keuangan rumah sakit!mksh

    ZB:
    Bentuk Laporan keuangan adalah sama, karena ada standarnya yaitu yang berlaku di Indonesia adalah SAK. Perbedaan yang terjadi pada masing2 badan usaha adalah Account yang dimiliki oleh masing badan usaha. Yang paling utama terdapat perbedaan pada account penghasilan.
    Pada Rumah sakit terdapat penghasilan penjualan karcis, biasanya dirinci atas Poli (Umum, penyakit dalam, kebidanan, mata dll.) , Pendapatan sewa kamar dan Penjualan obat.

    • Untuk rumah sakit, kan ada penjualan serta pembelian obat… pada laporan rugi/labanya perlu dimasukkan inventaris obat gak…? terus kalo pembelian obat dimasukkan,. itu pembelian pada periode akuntansi yang sma (wlaupun belinya kredit)… atau pembelian di isi oleh pembelian yang sudah di bayarkan….
      misal saya beli obat di bulan februari 2.000.000 (kredit) terus sya bayar hutang atas pembelian obat bulan januari 1.500.000,- kalo mau buat laporan rugi/laba di bulan februari, data yang masukkan data yang mana, 2 jt atau 1,5 juta….. terima kasih atas bantuannya…

      ZB:
      Pada laporan rugilaba (Harga Pokok Obat) adalah jumlah obat yang terjual, jadi bukan 2 juta atau 1.5 juta.

  43. mas keyak mana bikin contoh tugas pengaggaran

    neraca firma
    laba
    dan usaha perseorangan

    ZB:
    Yang saya gunakan sesuai dengan bentuk laporan rugi laba yang disusun sebanyak 12 bulan yang diberi nama RKA.(rencana kerja dan anggaran. Kalau anggka RL dari realita sedang akan RKA dari prediksi yang ditargetkan).

  44. Om Swastiastu,
    Saya bekerja di sebuah restoran yg pemiliknya msh awam dengan laporan keuangan. Namun saat membuat laporan keuangan sesuai dengan SAK karena berhubungan dengan pajak dan bank untuk kelengkapan kredit. Masalah yang timbul adalah, pada saat saya membukukan laba (misal 100Jt) bos sy selalu menanyakan kemana uang laba tersebut, karena dia merasa saldo di rekening bank tdk berjumlah 100jt. Bagaimana sebaiknya cara menjelaskan hal tersebut secara sederhana sehingga mudah dimengerti? mohon penjelasan. Terima kasih.

    ZB:
    Pertanyaannya sebenarnya sangat mudah untuk dijawab bila anda memahami akuntansi. Sering saya menyatakan akuntansi jangan dihafalin tapi pahami pengaruh setiap transaksi terhadap posisi keuangan perusahaan. Banyak transaksi berpengaruh ganda seperti halnya laba.
    Saya ingin memberikan jawaban dengan menambahkan satu pertanyaan yaitu apa pengaruh laba terhadap posisi keuangan perusahaan. Saya berikan jawaban singkatnya ” Laba menambah modal“.
    Anda telah sampai pada kesimpulan ini, namun anda tidak dapat menjawab, penambahan modal itu anda gunakan untuk apa dan sisanya dalam bentuk kas berapa. misalnya membeli aktiva tetap, membayar hutang dll.
    Tinggal anda periksa aktiva selain kas yang bertambah apa saja atau hutang yang berkurang berapa. Namun jangan lupa sebagian dana yang digunakan oleh owner yang ikut berkerja di dalam perusahaan harus diperhitungkan sebagai biaya.

  45. apa saja beban yang boleh untuk rugi laba tax…?

    ZB:
    Prinsipnya semua biaya namun, ada hal2 yang tidak diakui oleh instansi pajak sesuai dengan asumsi tertentu. Misalnya tidak memiliki bukti yang meyakinkan. Keperluan pribadi atau transaksinya dianggap ilegal.

  46. Pak minta tolong diberikan contoh pembuatan laporan keuangan untuk CV dibidang kontraktor dan supllier dan tolong juga laporan rugi laba utk pembuatan spt tahunan , kami sering bingung utk pph ps 29 dan 25 dikenakan berapa porsen dr penghasilan sebelum kena pajak

    mohon jawaban
    makasih sebelumnya

    Saya hanya dapat memberikan informasi bahwa akuntasi usaha konstruksi diatus secara khusus dalam “PSAK No. 34 – AKUNTANSI KONTRAK KONSTRUKSI”. Kalau yang anda minta adalah satu set laporan yang sedikitnya terdiri dari 50 hal tentunya sulit untuk dipenuhi. Masalah bentuk laporanya hanya berbeda dalam nama akun sesuai bidang usaha namun intinya sama saja yaitu kas, piutang, persediaan, aktiva tetap, hutang, pendapatan, biaya serta pendapatan dan biaya diluar usaha. kalau ada kejadian luar biasa, ditambah dengan pos luar biasa. Karena sama tidak ada buku yang membahas laporan keuangan khusus perusahaan konstruksi.

    Pengawasan laporan keuangan memamng berbeda dengan perusahaan dagang dan setahu saya sampai saat ini diberlakukan pph final. kalau saya nggak salah masih berlaku tarif 2 % tentunya anda harus memperhatikan peraturan & tarif yang berlaku dari instansi yang berwenang. Takutnya apa yang saya sampaikan sudah tidak berlaku. kalau untuk perusahaan dagang tarifnya bertingkat 10%, 15% dan 30%.

    Contoh perhitungan pajak
    Laba Rugi Komersial 3.082.196.660
    Koreksi Fiskal
    Pendapatan Jasa Giro (1 .049.231)
    Pendapatan Lain-lain (16.387.103)
    Beban Rekreasi 48.982.932
    Beban Perpajakan I Zakat 40.600.000
    Beban Tunjangan Hari Raya 31.252.000
    Beban Tunj. Uang Makan 191 .337.050
    Beban Lain-lain (247.611)
    294.488.037
    Laba Kena Pajak 3.376.684.697
    Pajak Kini
    10% x 50.000.000 5.000.000
    15% x 50.000.000 7.500.000
    30% x 3.276.684.697 983.005.409
    995.505.409
    Kompensasi
    PPH Pasal 22 17. 853.952
    PPH Pasal 25 32.558.964
    Kurang (Lebih) Bayar 945.092.493

  47. Salam kenal mas,
    Mohon sarannya. saya bersama 4 orang membuat cv dengan dana gabungan dan kami bergerak dalam hal travel agent sudah 1 tahun berjalan.
    Yang saya tanyakan :
    1. bagaimanan cara membuat pembukuannya
    2.bagaimana cara membuat perhitungan pajaknya, karena sewaktu saya ke kantor pajak saya diharuskan membuat laporan spt tahunan yang belum say mengerti proses pembuatannya.
    Mohon di bantu mas karena kami ingin sadar pajak.
    Terima Kasih

    ZB:
    Pak Iwan…
    Apa yang saya tulis di Blog ini mayoritas mengenai proses pembuatan laporan keuangan berbasis database. Dan salah versi standar dari aplikasi akuntansi yang saya susun dapat di dowload limited free. s/d 31 des 2010 namun versi yang saya berikan adalah versi standar untuk perusahaan dagang berdasarkan order tidak dilengkapi dengan faktur penjualan tunai. Bapak dapat manfaatkan bagian Cash Books nya saja.
    Tentunya bapak harus memahami jurnal Kas. selanjutnya aplikasi akan dapat menyusun laporan neraca dan Rugi laba dalam file excel.
    Dan contoh pembuatan pembukuan dalam Excel coba bapak halam e-book Excel Manajemen Project Laporan Keuangan

    untuk perhitungan pajak dan tata cara pengisian SPT bapak cari petujuk pengisian pada www. pajak.com atau www. pajak.go.id. kalau saya hanya sedikit membahas pemaham tentang pajak. Kalau untuk pelayanan mengenai permasahan pajak tentunya saya tidak dapat memberikan disini karena itu adalah wilayahnya consultan pajak.
    semoga membantu….

  48. salam kenal mas….

    saya mempunyai 3 buah toko…dan sekarang mau nambah menjadi 4 buah, tolong saya diberikan contoh untuk membuat laporan keuangan dalam usaha saya ini….

    trimakasih

    ZB:

    Dalam SAK dijelaskan Laporan keuangan terdiri dari :
    (a) neraca;
    (b) laporan laba rugi:
    (c) laporan perubahan ekuitas yang juga menunjukkan:
    seluruh peruhahan dalam ekuitas, atau perubahan ekuitas selain perubahan yang timbul dan transaksi dengan pemilik dalam kapasitasnya sehagai pemiilik:
    (d) laporan arus kas; dan
    (e) catatan alas laporan keuangan yang berisi ningkasan kebijakan akuntansi yang signifikan dan informasi penjelasan lainnya.

    Contoh untuk itu sudah saya bahas kasus perkasus dalam blog ini. Permasalahannya untuk dapat menyusun laporan keuangan anda harus mulai secara bertahap mulai dari kerangka akuntansi karena semuanya diperoleh melalui proses. Untuk memudahkan anda anda, buka halaman akuntansi dan anda akan menemukan daftar isi untuk menuntun anda menelusuri permasahan akuntansi.

    Saya juga telah sediakan aplikasi akuntansi ZULISoft Standar yang dapat di download secara gratis, hanya saja aplikasi tersebut untuk perusahaan dagang berbasi order (bukan untuk toko/retail). Namun minimal anda dapat gunakan bagian untuk pengolahan kas. Aplikasi ini dapat anda gunakan s/d 31 Des 2010. Selanjutnya jika anda ingin memiliki sepenuhnya aplikasi ini anda harus membelinya dengan harga sesuai yang tercantum pada halam ZULISoft. Jangan sampai terlambat karena 1 Januari 2011 harganya akan berubah.

    Biasanya untuk memulai memang sering terjadi permasalahan, karena pemakai biasanya tidak tahu memulainya. Karena untuk sebuah aplikasi harus disediakan data yang diperlukan yang disebut file master. File master ini terkait satu dengan yang lainnya. Jika belum lengkap otomatis terjadi error. Sehingga aplikasi tidak dapat melanjutkan proses.

    Dalam masalah ini saya menyediakan layanan khusus, tentunya untuk ini anda harus menyediakan biaya untuk mengerjakannya dan menyediakan aplikasi yang sesuai dengan sesuai dengan kebutuhan anda sehingga anda tinggal mengoperasikannya.

    Sekian…

  49. salam kenal..

    saya punya distributor mesin cuci sekaligus laundry juga.,
    yg saya mau tanyakan laporan laba rugi laundry + distributor mesin cuci laundry dikasih satu / dipisah? soalnya laporan pembukuan bulanannya dikasih satu sama saya.
    kalau contoh pembukuan laporan laba rugi buat laundry seperti apa?

    tnks

    ZB:
    Saya hanya dapat memberikan prinsip akuntansi yaitu perusahaan yang satu terpisah dengan perusahaan lainnya. artinya seharusnya lapora2 tersebut terpisah paling tidak ada pengelompokannya.

  50. Askum…
    salam kenal, sya tertarik dgn ulasan akuntansi ini. ada hal yg ingin sya tnyakan, skrng sya bekerja d bidang property (agen jual beli rumh) bagaimana cra membuat lap.keuangan tiap bln nya? krn tdk tiap buln ada transaksi penjualan.
    mohon bntuannya krn ini bru pertama kali sya bekerja di bidang property & perusahaan ni msh terbilang baru.
    terima kasih…
    wassalam….

    ZB:
    Dalam membuat laporan saya hanya berdasarkan transaksi, jadi tidak punya trik tertentu. Bial bulan tertentu kita tidak ada penjualan artinya pada bulan tersebut kita akan menghasilkan laporan rugi dan pada bulan yang banya penjualan akan untung besar yang pada akhirnya diakumulasi pada akhir tahun.

  51. mmmm kalau boleh dijawab, jika sudah menggunakan metode persediaan dengan perpectual… tentunya tidak ada Pos Pembelian yang ada adalah persediaan.
    Contoh jika membeli maka dijurnal dengan a/c Persediaan (Neraca)..pada Kas/Bank/Hutang….

    Dan jika barang hendak dijual/dipakai dalam suatu proyek/pekerjaan maka jurnalnya adalah : BIAYA MATERIAL XX pada Persediaan Barang dagangan….

    Jika hal itu terjadi maka Pos Pembelian di laporan HPP pada pos Pembelian tidak pernah ada, yang ada alaha pos biaya material penggunannya/yang dijual….

    Jadi bagamana penyajiannya lap HPP berdasarkan hal diatas???? apakh jurnal diatas benar atau salah?????

    Thanks

    ZB:
    Dalam sistem periodik semua pembelian dicatat pada pos pembelian padahal sesungguhnya barang itu masuk ke gudang sebagai persediaan. untuk itu perlu dihitung persediaan untuk mendapatkan HPP dan dilaporkan.
    Secara permanen/perpetual pencatatan sudah langsung pada pos yang sesungguhnya sehingga apa yang disebut biaya material itulah HPP. Jadi pos pembelian berganti nama menjadi biaya persediaan. Sehingga laporan khusus harga pokok sesungguhnya tidak diperlukan lagi.

  52. Mas, mohon pencerahannya…
    Saya memiliki usaha jual beli alat musik & sound system. Saya membuat laporan penjualan & pembelanjaan & operasional setiap hari. Kemudian setiap akhir bulan saya juga membuat laporan bulanannya. Pertanyaannya :
    1. Bagaimana cara menyusun neraca laba ruginya?
    2. Apakah laporan keuangan yang tersebut di atas sudah bisa dikatakan sebagai neraca laba rugi?
    Maaf, saya benar2 tidak mengerti soal akuntansi.
    Minta tolong y, Mas….

  53. salam kenal

    numpang tanya, maaf menggangu…

    untuk pembentukan rekening buku besar penentuannya dari mana yah…?
    perlakuan analisa biayayanya sep[erti apa….? pengelompokan beban agar tidak 2 kali di bebankan…
    exmpl: klo perush jasa untuk biaya sebelum service dg biaya beban pokok . bagai mana perlakuannya….? tq b4

  54. Saya baru mulai bekerja di suatu perusahaan. Kebetulan ditugaskan untuk membuat Laporan Neraca Pajak, Laba Rugi dan laporan Lainnya yang berhubungan dengan pajak. Karena saya kurang memahami perhitungannya dan cara pengisian neraca tersebut. dan ingin menetahua bagaimana bentuk-bentuk dari laporan tersebut. Trim’S

  55. saya ditargetkan oleh atasan saya agar marketing meggunakan PPN. tetapi marketing banyak yang menolak.
    exmpl: SO PPN: komisi*100/150
    SO Tanpa PPN : Komisi*150/100
    bagaimana solusi yang tepat untuk memecahkan permasalahan tersebut. Trim’S.

  56. [...] Laporan Rugi laba (income statement) [...]

  57. tolong diberikan rumus yang lebih terperinci

    • Salam kenal Bp..

      Bp. penjelasannya untuk AJP pendaptan yang masih harus diterima apa ada hubungan nya dengan R/L .

      ZB:
      Pendapatan yang masih harus diterima termasuk bagian dari laba yang diperoleh diperoleh.

  58. thank ya mas………
    bgi yg mau download lagu,game online dll klik:
    http://www.stara3.blogspot.com

  59. salam kenal pak.

    pak saya mohon info bagaimana cara membuat pembukuan dan Laporan Keuangan( Neraca, Laba Rugi) dalam perusahaan bidang ekspedisi muatan laut. thanks.

    ZB:
    Ekpedisi adalah perusahaan jasa. Semua buku akuntansi memberikan contoh pelajaran akuntansi yang pertama kali untuk perusahaan jasa.

  60. terima kasih bank madiri selama ini baik-baik saja tidak ada pernah masalah…..

  61. saya bekerja di Perushaan Property.
    mau buat Laporan R/L.
    Saya mau tanya,,apakah suatu kasus bisa dibuat Laporan L/R nya ketika status ASET kita sudah TERJUAL shg menghasilkan profit, saja..
    atau saat status tanah itu masih Hutang / Piutang…sudah dapat dibuatkan Lap. L/R’nya.

    saya harap Bpak/Ibu mengerti mksud ssaya.
    Terimaksaih

    Laporan R/L aalah laporan periode tertentu yang terdiri dari kumpulan transaksi pada perode terebut. Jika diinginkan hanya satu kelompok transaksi saja tentunya bisa saja dibuat. Pendapat saya perusahaan property membutuhkan hal seperti itu. Misalnya R/L untuk project “X”.

    Status hutang bukan urusan R/L

  62. saya punya usaha sewa mobil, sdh 1 thn ini saya blm bisa menyusun laporan keuangan perusahaan, bila berkenan mohon dibimbing / diberi gambaran dlm menyusun lap keu perusahaan. Trimakasih.

    ZB:
    Ssungguhnya isi utama dari blog ini adalah petunjukan menyusun laporan keuangan. Ringkasnya
    1. Meyusun account. (lihat kerangka sistem akuntansi)
    2. Mencatat transaksi

    (Bila pakai zulisoft langkah berikut “3,4,5,7,8″ tidak perlu lagi karena dikerjakan oleh komputer)

    3. Membuat jurnal transaksi
    4. Memposting ke buku besar yaitu mengumpulkan setiap transaksi yang sejenis ke acount yang telah disediakan
    5. Membuat neraca lajur
    6. Melakukan penyesuaian (Menyusun jurnal penyesuaian)

    diperoleh dari neraca lajur ( lihat bentuk laporan keuangan)
    * Laporan RL
    * Laporan Neraca

    7 Membuat Laporan arus kas
    8. Menyusun Laporan perubahan Modal
    9. Menyusun catatan atas laporan keuangan
    10. membuat analisa laporan keuangan.

  63. Salam kenal Pak.

    Mohon di bantu Pak bagaimanakah pencatatan keuangan pada perusahaan (keluarga) dimana owner mengambil dana untuk keperluan sendiri. apakah tetap dimasukkan dalam post biaya? kalo iya.. pencatatannya seperti apa.

    Apakah ada keterkaitan dalam laporan Rugi Laba dan Neraca?

    Terima kasih.
    salam

    ZB:
    Dalam akuntansi pemilik dan perusahaan adalah terpisah dan pengambilan dana untuk keperluan pribadi bukanlah bagian dari biaya dan dicatat pada akun Prive yang sifatnya mengurangi modal. Namun anda harus dapat membedakan pemilik yang menjalankan langsung perusahaan adalah bagian dari perusahaan dimana punya hak atas gaji dan kesejahteraan seperti karyawan lainnya. Hal ini sering tidak diperhatikan karena otoritas yang dimilikinya.
    Langkah awal tentukan berapa dana yang pantas untuk itu yang dapat dianggap sebagai biaya. Bila penggunaan sebesar itu dicatat sebagai iaya. Lainnya perlu anda konsultasikan pada yang bersangkutan.

  64. Assalamu”alaikum P. Zul
    Mohon maaf klo sy mengganggu. Begini Pak… sy skrg diserahi tugas u/ mengatur keuangan perusahaan perorangan yg bergerak dlm bidang jasa porter dan cleaning service. Yg ingin sy tanyakan.. bagaimana sy hrs menyusun lap .keuangan R/L dan neraca dengan pos-pos sbb:
    - pemasukan utama bersumber dr pihak ketiga sbg rekanan kerja yg membyar jasa porter dan CS.
    - ada kas kecil yg berhubungan dgn lapangan meliputi f.copy dll
    - ada aktiva tetap 2 mobil utk operasional lapangan
    - ada komputer 2 beserta printernya
    - ada genset 1 bh
    - ada vacuum cleaner 2 bh
    - biaya-biaya spt :
    – gaji karyawan + thr
    – peralatan kantor
    – pengobatan
    – BBM
    – perjalanan dinas
    – pinjaman karyawan
    – jamsostek
    – listrik, telpon, air, internet
    – dll
    dgn keterangan sy ini, mohon petunjuk P Zul scr garis besar utk menyusun lap. R/L dan neracanya. sebelumnya sy ucapkan terima kasih
    Wassalamu’alaikum

    ZB:
    Menyusun laporan keuangan adalah serangkaian proses dan sebagian besar yang ada di blok ini adalah bagian dari itu. Anda harus menyusun akun tersebut, lihat halaman kerangka akuntansi.
    Anda harus mencatat jurnal transaksi, anda harus mempelajari cara mencatat jurnal pada bog ini hanya diberikan contoh2 jurnal dimana jurnal2 terebut dihasilkan secara otomatis dari peroses mencatat transaksi.
    Anda harus pejari posting ke buku besar, Dalam blog ini tidak dibahas cara posting ke buku besar karena saya menyerahkan sepenuhnya ke komputer.

  65. [...] Laporan Rugi laba (income statement) [...]

  66. mas,,sy mau tanya,, bgaimana cara perhitungan zakat pd travel?
    mksh

    ZB:
    Ma’af Ya?… ini bagiannya ustad…

  67. Salam Pa Zul,
    Saya mau tanya mengenai bagaimana jurnal akuntansi pada pembayaran melalui L/C (Letter of Credit) sbb:
    PT A menerbitkan L/C untuk invoice yang di tagihkan pada PT B.
    PT A menerima dana beserta bunganya dari Bank atas L/C yg di terbitkan tersebut.
    Bagaimana jurnal yg terjadi sampai L/C tersebut selesai di lunasi

    ZB:
    Secara ringkas saya berikan gambaran Bahwa dalam hal pembelian anda punya hutang ke Supplier, namun untuk pembayar hutang tersebut anda sub ordinasikan kepada lembaga keuangan dengan menerbitkan surat pernyataan hutang sebutlah hutang LC. terserah nama akun yang akan anda buat. Anda bisa mencatat penerimaan seperti biasa yang mengkredit hutang dagang lalu anda buat jurnal untuk memindahkannya ke hutang LC. Bisa Juga anda langsung menjurnal penerimaan ke hutang LC. Selanjutnya Pada saat anda membayar yang anda bayar adalah hutang LC.

  68. Salam Pak Zul
    Kalau untuk laba rugi poperty bagaimana ya?
    untuk penghitungan labanya per proyek atau bagaimana? Sedangkan untuk pengeluaran kantornya, untuk pendapatannya memakai apa, selama ini saya memasukkan pendapatan dari laba proyek, yang nantinya digunakan untuk pengeluaran biaya gaji dan lain2 dari kantor.

  69. ghfug

  70. Tn ali membuka usaha transportasi mikrolet. modal sendiri Rp.1 M, membeli mikrolet dengan harga/mikrolet Rp 200 jt. jumlah mobil 5 buah.. biaya yang di keluarkan untuk pergantian ban / 3bulan dengan harga 1 ban Rp 500.000. ganti oli / 2 minggu 1 mobil 5 liter dan harga / liter Rp.30.000..biaya perawatan / mobil Rp 300.000.. mengurus ijin trayek / 6 bulan dengan biaya Rp 600.000… perpanjangan surat mobil Rp 2 jt, ndan setoran / hari Rp 300.000
    ditanya????
    -buat laporan laba rugi?
    -buat berapa nilai casplo?
    -buat berapa biaya paiback method?
    -kesimpulan proyek?

    bagaimana cara menjawab ini? trimakasih,,,

    ZB:
    1. Dalam laporan keuangan ditentukan periode laporan
    2. Anda harus menambahkan beban penyusutan aktiva tetap periode tersebut
    3. Anda harus membuat rincian transaksi secara explisit baik penerimaan kas maupun pengeluaran kas.

  71. jika ada kasus beban penyusutan yang tidak sengaja dihilangkan pada tahun 2006 sebesar RP 50.000,bagaimana penyelesaiannya dalam laporan laba rugi…?
    mohon bantuannya…

    ZB:
    Periode akuntansi adalah 1 tahun, sehingga tidak ada pengaruhnya terhadap laporan keuangan periode yang lain.

  72. ass,semoga segala aktifitas yang bapk/ibu lakukan berjalan dngan baik dan lancar,
    mas<,,,,,,,,,,,saya bekerja di sebuah kantor pemasaran property dn saya sebagai admnya,,,,,,,,,,,,
    mas,,,terkadang saya bingung,yang saya buat hanya bikin lap b ,rugi /laba sederhana dan neracanya saya blm paham betul ,blh ga saya minta contoh lap . neracanya ?

    ZB:
    Anda dapat download http://www.ziddu.com/download/5704519/Bab3LAPORANKEUANGAN.zip.html dan anda juga dapat mencoba aplikasi Akuntansi ZULISoft

  73. mas mau tanya hubungan Rekening koran dengan
    neraca dan Laporan Rugi Laba Apa ya ???

    ZB:
    Rekening koran adalah laporan transaksi keuangan yang dilakukan oleh bank kepada pemilik rekening. Fungsinya hanya sebagai alat validasi atas transaksi keuangan yang dicatat oleh perusahaan.

  74. saya ingin tau caranya bikin laporan penjualan rokok pak. karena saya tidak pernah jadi distributor rokok pak, thnks..

    ZB:
    Jika anda sebagai distibutor jelas anda membuat invoice/nota penjualan. Isi setiap Nota tersebut disusun dalam bentuk laporan sesuai kebutuhan anda dan pihak yang terkait dengan anda. Namun jika usaha kecil, cukup anda catat tanggal, merek rokok dan harga jual.

  75. saya tanya kalo jenis laporan administrasi thu seperti ap

  76. Kalo kita bekerja dalam perusahaan kontraktor, pembyrn DP dr owner sebaiknya kita masukkan dlm akun apa y? apakah lgsg diakui sebagai pendpatan atau hutang?

    Untuk nilai kontrak proyek apakh langsung dimasukkan dlam akun piutang?

    lalu bila ada subcon,apakah sebaiknya kita masukkan dalam akun beban subkon atau utang pada subkon?

    Atas bantuannya, terima kasih ya….

    ZB:
    DP adalah bagian dari hutang karena penghasilan telah diterima sebelum pekerjaannya diselesaikan. Biasa nya menggunakan Akun “Pendapatan Diterima Dimuka”. Untuk Kontrak project belum terkait dengan piutang. Piutang timbul dari surat tagihan (invoice/notice dll.)
    Untuk sub kontrak lihat permasalahannya seperti apa?…

    • brarti untuk DP dan pembyrn termin, pencatatatannya pendapatan diterima dimuka terhadap piutang (saat tagihan) dan akun kas terhadap piutang ( saat pembyrn), begitukah?

      dan nilai kontrak kerja tidak dimasukkan dlm laporan keuangan y?

      untuk sub kontrak, permasalahan yg gimana mksdnya y??
      misalnya: pekerjaan proyek A senilai 100jt, trus untuk bagian pekerjaan interior nya di subkon ke kontraktor X. so kl kita byr DP ke subkon ataupun pmbyrn termin gimana y??

      thanks

      ZB:
      Jelas pada sub kontrak tersebut (dengan perusahaan A) perusahaan anda adalah sebagai customer sedangkan pada kontrak kerja anda sebagai supplier. Ini masalah teknis dimana secara teknis jangankan sebagian, seluruh kontrak kerja tersebut dapat di subkan ke perusahaan lain dan menurut saya tidak ada masalah selama pekerjaan yang dikerjakan oleh sub kontrak tidak menyimpang dari kontrak kerja. Namun banyak fakta perkerjaan sub kontrak banyak yang menyimpang akibat banyak hal sehingga banyak yang bersentuhan dengan KPK.

  77. bpk yth :

    saya lagi buka usaha kecil kecilan , sekarang saya mau mengembangkan usaha ini, oh ya usaha yg saya dijalankan saat ini usaha warung makan dan konter hp 2nd, rencananya saya mau mengajukan tambahan modal ke bank, tapi kesulitan untuk membuat pembukuan perhitungan rugi laba untuk 2 jenis usaha tersebut, saya sangat mengharapkan bantuan Bpk. mudah2an bantuan Bpa bermanfaat bagi saya dan juga bagi Bpk. sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

    ZB:
    Komponen laporan keuangan meliputi Neraca (Balance Sheet), Laporan Laba/ Rugi (Income Statement), Laporan Perubahan Modal (Statement of Changes of Equity), Laporan Arus Kas (Statement of Cash Flow), dan Catatan Atas Laporan Keuangan (Notes of Financial Statement). Namun usaaha usaha kecil dan menengah, laporan keuangan yang perlu disusun hanyalah tiga komponen saja, yaitu Neraca (Balance Sheet), Laporan Laba/ Rugi (Income Statement), dan Laporan Arus Kas (Statement of Cash Flow). Hal tersebut telah dibahas di block ini. Anda sebaiknya mencari petunjuk dari sumber lain agar anda dapat memahami.

  78. terima kasih atas penjelasannya, saya akan coba mencari blog yang ada,

  79. tolong tampilakan contoh laporan keuangan yang lengkap mulai dr transaksi,jurnal,bb sampe pada laporan arus kasnya…terimakasih

    ZB:
    Coba anda baca kembali apa yang batasan laporan keuangan dikatakan lengkap?…

    Mungkin yang anda maksudkan adalah contoh2 tramsaksi keuangan. itu dapat anda downdload pada halaman e-books excel manajemen project laporan keuangan.

  80. salam kenal bpk, ada beberapa yg ingin sy tanyakan:
    1. Bgmn cara menganalisis laporan L/R dgn pembanding dr laporan 3 bln-an? Apa aja yg hrs sy informasikan? Contoh nya seperti apa?
    2. Bgmn cara membuat neraca, smentara perusahaan sudah berjalan 2 thn lbh. Dan baru sebatas laporan laba rugi sampai saat ini. Bgmn memulainya?
    Terima kasih sebelumnya.

    ZB:
    Untuk analisa laporan keuangan sudah ada alat analisa laporan keuangan seperti analisa ratio, break even dll. Intinya adalah membandingkan sehingga dapat diproyeksikan untuk hasil yang lebih baik.

    Menyusun neraca selalu didahului dengan menyusun neraca awal. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan angka2 untuk neraca awal. Semua dikaitkan dengan bukti2 transaksi.

  81. mau tanya nee..utk perusahaan kontraktor ad hal pembelian material project, smua biaya pembelian masuk kemana ya? apa mengurangi pendapatan di lap rugi/laba..

    ZB:
    Harap anda fokus pada hal berikut : apa yang disebut pendapatan dan apa yang disebut laba. Semua biaya akan mengurangi laba.

  82. huuuummmm pusiank ngerjain tgas2 akuntansi……
    ari laba/rugi aja sampe nangis2,,,,, uuhhh nyeraaah !!!!!!!!!
    #gimana maw lulus UN ?
    ZB:
    Sebenarnya hanya mengendalikan emosi. Apa saja pekerjaan akan menjadi sulit bila emosi tidak dapat dikendalikan bisa jadi apa yang dipikirkan akan lain dengan yang ditulis alias nggak nyambung. Pada hal masalah akuntansi itu hanya dua yaitu debet dan kredit. Apa susahnya…. Bila debet selisihnya laba atau rugi.

  83. isi blog nya bagus,,,tp dlm pnjlsan nya kurng dpahami untuk org awam,,,tlg menggunakan kata2 yg mudah dpahami untuk org yg bru mengenal dunia akuntansi,,,tks

    ZB:
    Tampaknya saya sudah berusaha maksimal untuk menggunakan kata2 yang dapat dimengerti. Namun sesungguhnya kita akan lebih mudah memahami bila menggunakan istilah2 aslinya walau kita perlu belajar tambahan untuk memahami istilah2 akuntansi. Tentunya hal ini tidak berlaku untuk yang malas. Bila keberatan dibilang malas, maka anda disamping belajar akuntansi juga harus belajar memahami istilah2 akuntansi, Karena akuntansi sangat perlu pemahaman masalah. Bukan hafalan.

  84. wah artikelnya sangat bagus, bermanfaat sekali nih utk sy yg sedang belajar ttg laporan keuangan. mohon bisa memberikan contoh/bagan laporan keuangan dalam bentuk file excell,pdf dll yg bs kt download utk dijadikan contoh.
    sukses trus pak, terimakasih.
    salam,
    agung

    ZB:
    Mungkin yang anda maksudkan, ada di halaman e-BOOks: Excel Manajemen Project Laporan Keuangan, silahkan download
    Anda juga dapat menngunakan ZULISoft versi Limited gratis, Laporan keuangannya divisual ke Excel.

  85. Aplikasi untuk usaha ekspedisi lengkap dengan laporan keuangannya ada tidak gan…??? & harga pasnya berapa….??

    ZB:
    Aplikasi khusus belum ada, Untuk itu dapat digunakan aplikasi perusahaan dagang dengan melakukan modifikasi pada modul penjualan (Invoice dan Surat jalan) disesuikan dengan format yang dibutuhkan.

  86. Pak ZB, sy bingung dgn masalah Pajak di Laporan Laba Rugi ini.
    Pajak yg dimaksud pada artikel di atas itu pajak apa? PPn or PPh?

    Kemudian masalah ini. Misalnya kita ada penjualan Rp 10.000.000, tapi nilai penjualan ini sudah termasuk PPn Inclusive (10%). Maka sebenarnya Rp 10.000.000 = Rp 9.090.909 + Rp 909.091.
    Nah, yg dicatat sbg nilai Penjualan pd Laba Rugi tsb adalah Rp 10.000.000 atau Rp 9.090.909???

    ZB:
    Pajak dalam laporan rugi laba adalah pph sesuai tarif yang berlaku. ZULISoft selalu menampilkan laba sebelum pajak.

    Penjualan dalam laporan rugi laba adalah nilai penjualan bersih

    • Berarti nilai penjualan tsb adalah yg tidak termasuk PPn. Bagaimana dgn Pembelian?
      Misalnya sy ingin menyusun Laporan Laba Rugi seperti demikian:

      Penjualan xxx.xxx.xxx

      Persediaan Awal xxx.xxx.xxx
      (+) Pembelian xxx.xxx.xxx
      (+) Biaya Kirim xxx.xxx.xxx
      (-) Retur Pembelian xxx.xxx.xxx
      => Persediaan Akhir xxx.xxx.xxx
      Harga Pokok Penjualan xxx.xxx.xxx

      * (HPP didapat dari selisih Persediaan Akhir dan Persediaan Awal)
      * (jelasnya, susunan LR ini menggunakan metode Periodic)

      Untuk Penjualan dan Pembeliannya berarti PPn tidak termasuk ya?
      Lalu PPn masuk ke mana???

      ZB:
      Bagi perusahaan yang telah terdaftar sebagai PKP, PPn adalah Akun Neraca. Selisih pajak masukan dan keluaran menjadi hutang PPn yang harus disetorkan ke Direktorat Pajak. Tidak terkait dengan Laba Rugi. Bagi yang bukan PKP tidak usah berfikir tentang PPn. Kalau masih mau memikirkannya sekalian Kas juga tidak pernah masuk lapora RL.

  87. Saya kerja di Perusahaan pengadaan barang dan jasa. Saya mw nanya PPH apa aj yang digunakan dlm perusahaan ini,?

    ZB:
    Pajak atas penghasilan. Yang menadapatkan pengahsilan dalam hal ini hanya ada 2 yaitu orang pribadi (karyawan) dan badan usaha PPH Badan. Kemungkinan lain ada pph atas jasa pelayanan(kosultan). Mengenai pasal2nya adalah aturan operasionalnya, harap merujuk UU dan peraturan yang berlakuk. Soalnya tiap tahun ada perubahan. Ganti orang ganti pula aturannya.

  88. saya butuh bantuan untuk buat laporan keuangan : neraca, lap laba rugi. saya bekerja di bidang properti agen (real estate)
    makasih

  89. Terima kasih informasi laporan rugi laba

  90. [...] dan metode akuntansi perpetual memungkinkan neraca dapat divisual setiap saat. ·         Laporan Rugi laba (income statement) yaitu laporan systematis yang menggambarkan selisih penghasilan (reveneus) [...]

  91. siang pak,
    saya mau tanya, perusahaan saya bergerak di bidang furniture. kalo ada charge dari buyer (semisal ada barang rusak) masuk kemana ya pak? terimakasih sebelumnya

  92. Mohon dijelaskan :
    1. Laba sebelum pajak
    2. Pajak penghasilan

  93. bagimna cara penyusunan penutupan pembukuan besar utuk satu periode

  94. gimana bentuk laporan keunangan perusahaan jasa bidan

  95. apa akun-akun yang terkait dalam usaha jasa bidan ?

  96. kami butuh pendapat bapak. kami sedang mencoba untuk memulai bisnis jual beli mobil bekas dan sewa kendaraan.

    Pertanyaannya.
    1. Pembukuan untuk transaksi bisnis jual beli mobil bekas dan penyewaan kendaraaan sebaiknya di gabung / di pisah?

    2. bagai mana perhitungan pajak untuk jual beli mobil bekas dan sewa kendaraan ? (kena PPh brapa serta berapa Tarif2nya?)

    3. bagai mana perhitungan pph 21 apabila kami menyewa supir yang di bayar harian? (bukan karyawan tetap)

    4. apa benar ppn dalam penjualan mobil bekas tidak diperhitungkan di pajak?

    terima kasih

    ZB:

    1. dipisahkan dengan membuat kelompok transaksi (akun). Bukan dengan mebuan pembukuan terpisah

    2. Ma’af saya belum pernah tahu PPn Mobil bekas, namun menurut pendapat saya tidak ada karena harga jual mobil bekas secara normal lebih murah dari harga awal (tidak ada pertambahan nilai)

    3. Sampai sa’at ini saya tidak punya data pendapatan supir harian kena pajak.

    4. Lihat normor 2

  97. pagi.. pak,, mau tanya kalau laporan keuangan untuk jasa konstruksi gimana yw,, ? trima kasih..

  98. wah terima kasih infonya, sangat bermanfaat…
    kalo boleh tanya ini berdasarkan PSAK, ETAP, atau IFRS ?

    info tambahan untuk Download Software Keuangan Koperasi bisa klik di sini

  99. salam kenal mas
    saya mempunyai warung semi mini market dimana ada 3 org kepemilikan skrg denga seiringnya waktu terjadi pailit …
    Omzetnya 7 juta sedangkan beban / hutang 7 juta ditambah biaya sewa 8 jt ( masih ada 9 bln ke depan ) bagaimana cara penyelesaiannya secara akuntansinya ? thx

    ZB:
    Mohon ma’af permasalahannya akuntansi dalam suatu usaha bukan hanya 3 item yang sebutkan.

  100. pak, saya mau tnyak.
    kalau pembahasan dikolom rugi-laba sldo kredit lbih kecil dari pada saldo debet, itu bagaimana?
    apakah rugi, ataukah untung?
    dan tolong kasih penjelasannya.
    terimakasih

    ZB:
    Saya tidak tahu kolom mana yang anda maksud. Namun untuk mudahnya anda perhatikan saja rumus dasarnya Untung=Jual-beli. (Jual adalah rekening kredit dan beli adalah rekening debit). Tinggal anda yang menyimpulkan kapan perusahaan disebut untung.

  101. Asslmuakum ww… slmt siang Pak / Ibu

    nampak nyo iko urang awak mah. ambo minta tolong ciek Pak / bu. ambo alah 22 thn marantau di jawa jo ortu & istri / anak. ambo ado usaho kecil2 an. ambo sangaik ingin pnyo rumah, walaupun kredit. Alah pernah 3x pengajuan kpr, tpi selalu gagal Pak/bu. gagal nyo di perincian neraca usaho ambo Pak / bu. Maklum ambo agak awam di bidang iko Pak/ Bu.
    Klo bisa mohon di bantu Pak/Bu .. untuak buku neraca rugi laba nyo ka Email awak Pak/bu. usaho awak ” fotocopy jo atk plus foto ”

    ediantcaniago@yahoo.com

    sablum jo sasudahnyo ambo batarimokasih banyak Jo Bpk/Ibu .

    wassallam ……

    ZB:
    Bukan hanyo awam, tapi beda dengan urang awak umumnyo. Permasalahan iko bukan masalah perincian neraca tapi masalah meyakinkan urang lain bahaso kito mampu mambayia. Tantunyo disiko ado unsur kebohongan namun bukan kebohongan merugikan urang lain. Hanyo kebohongan menyampaikan fakta untuk meyakinkan urang. Intinyo menunjuakan laba bersih yang memadai. Tantunyo angko2nyo dibuek ndak sasuai fakta.

  102. assalamualaiku pa mau numpang tanya,
    kalau penerimaan piutang termasuk pendapatan bukan?
    makasih atas jawabannya.
    ZB:
    Bukan, karena piutang itu timbul saat kita mencatat pendapatan

    • Pak, sy mau tanya :
      Di laporan laba/rugi hasil akhirnya mengalami rugi. Di laporan perubahan modal, modal awal juga minus lalu modal akhirnya bagaimana? (tidak ada prive). Cara hitungnya bagaimana pak ? Apakah minus ketemu minus atau bagaimana ? (Berdasarkan rumus Modal awal – rugi bersih)

  103. sangaat membantu metode nya :)
    mantaap (y)

  104. azeeek :) ;;)

  105. hmm,
    bagaimna siih cara saya untuk mudah memahami tentang akuntansi ini #-o
    Trimakasiih :)

  106. […] Laporan Rugi laba (income statement) yaitu laporan systematis yang menggambarkan selisih penghasilan (reveneus) […]

  107. […] Laporan Rugi laba (income statement) […]

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 79 pengikut lainnya.