Invoice/Faktur


Invoice/Faktur penjualan yang selanjutnya kita sebut invoice adalah dokumen yang digunakan sebagai pernyataan tagihan yang harus dibayar oleh customer. Dalam bentuk sederhana dikenal dengan nama BON. Pada transaksi yang nominalnya relatif kecil, invoice digunakan langsung sebagai dokumen tagihan sedangkan pada perusahaan yang nominal transaksinya besar, biasanya dilengkapi dengan surat tagihan atau kwitansi.

Perusahaan Jasa juga memerlukan invoice namun kalau cliennya tidak memerlukan detail jasa yang dibayarnya maka cukup pakai kwitansi saja.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan Invoice/Faktur.

  1. Invoice faktur dibuat sesuai dengan dengan barang yang telah diserahkan/diterima dengan baik oleh customer. Adakalanya barang yang telah dikirim, ditolak/ditolak sebagian/diterima bersyarat oleh customer. Karena itu Invoice faktur dibuat setelah Delivery Order ditandatangani oleh penerima.
  2. Satu Order pembelian dapat direalisasikan dalam satu transaksi (satu kali Do/Sj) dan dapat juga direalisasikan secara bertahap (beberapa kali Do/Sj). Banyak kebijakan perusahaan yang menetapkan bahwa pembayaran akan dilakukan setelah order pembelian telah terealisasikan secara keseluruhan sehingga apabila terdapat beberapa kali Do/Sj, maka invoice/Faktur hanya dibuat apabila order penjualan telah dipenuhi secara keseluruhan. Untuk itu diperlukan informasi ringgkas mengenai dokumen-dokumen yang terkait dengan tagihan tersebut. Keperluan tersebut dibutuhkan baik bagi penerima tagiahan maupun pembuat invoice.
  3. Dalam kontrak Order dalam jangka waktu tertentu kebijakan poin 2 tidak berlaku sehingga Invoice dibuat setiap Delivery Order telah ditandatangani oleh penerima.
  4. Pembuatan Invoice secara automatis akan mengupdate buku piutang dagang. Dengan ini dapat diartikan pembuat invoice adalah bagian yang juga mencatat piutang.
  5. Dalam prosedur internal kontrol system akuntansi metode manual disarankan untuk membuat invoice di atas formulir dengan nomor urut tercetak namun dengan sistem akuntansi komputer semakin banyak perusahaan menggunakan nomor komupterisasi. Keunggulan penggunaan nomor tercetak menjamin tidak terjadinya nomor ganda dalam pembuatan Invoice namun apabila terjadi kegagalan, nomor transaksi dicatat pada nomor berikutnya sesuai dengan nomor urut dokumen tercetak.   Bila menggunakan nomor urut yang di create komputer perlu pengawasan lebih ketat karena memungkinan terjadinya invoice ganda yang dapat menimbulkan kerugian perusahaan.

Untuk lebih jelasnya mari kita perhatikan screen shot berikut :

invoice.jpg

Keterangan:

  • Nomor      : Nomor urut transaksi.  Bila menggunakan fomulir dengan nomor tercetak, maka nomor harus sesuai dengan nomor urut formulir
  • Order No : Nomor urut penerimaan order. Setelah Nomor order penjualan diisi, secara otomatis  akan diperoleh data customer, nomor PO, detail barang dan satuan yang dipesan. Sehingga invoice tidak perlu lagi mencatat data yang telah tersedia.
  • DO/SJ     : Nomor DO/SJ, dapat terdiri dari beberapa nomor.
  • Detail Barang : Tidak selalu detail barang yang direalisasikan sama persis dengan detail barang yang terdapat dalam order penjualan terutama dalam hal jumlah unit, karena itu pembuat invoice dapat melakukan penyesuaian.
  • Sub total : adalah total dari harga barang yang di create oleh system komputer
  • Diskon    : potongan harga yang diambil dari data order penjualan  (dapat di sesuaikan)
  • Ongkos Angkut : Diambil dari data order penjualan ( dapat disesuaikan)
  • Lain-lain : Diambil dari data order penjualan ( dapat disesuaikan)
  • PPn : di create oleh system komputer berdasarkan informasi yang ditetapkan dalam order penjualan
  • Total : di create oleh sistem komputer
  • Sales Executif : adalah nama sales yang menangani order tersebut yang diperlukan melakukan kordinasi penjualan.

Pembuatan Invoice ini berdasarkan data pada Order penjualan, sehingga pembuat Invoice hanya perlu mengisi, Nomor, Order No, Do/Sj dan memilih detail barang dari tabel yang telah dicatat pada order penjualan.

Setelah mengisi data, anda tinggal print

  1. Invoice (diatas formulir tercetak)
  2. Kwitansi (diatas formulir tercetak)
  3. Faktur Pajak (diatas formulir tercetak)

Dengan hanya membuat Invoice berarti juga anda telah mencatat penjualan dan piutang sedangkan untuk jurnal transaksi tidak secara automatis kami lakukan seperti yang dilakukan oleh beberapa sistem akuntansi komputer lainnya. Kami tetap mempertahanan otorisasi bagian yang mencatat jurnal transaksi agar validasi data lebih terjamin.

Walaupun demikian, data untuk jurnal transaksi telah tersedia sehingga bagian Buku besar hanya tinggal memilih menu Jurnal setelah memverifikasi invoice terkait.  Posting ke buku besar dilakukan secara automatis pada saat menerbitkan laporan L/R

Desing invoice harus sesuai dengan bentuk perusahaan. Perusahaan jasa Juga menggunakan Invoice, hanya namanya biasanya disebut Notice namun banyak yang hanya menggunakan Kwitansi.

About these ads

97 Tanggapan

  1. Pak, untuk Invoice versi cetaknya bisa dimasukkan nama/logo perusahaan kami tidak ya? Kalau bisa, dalam format apa pak?

    Zb:
    Aplikasi yang yang saya siapkan untuk dicetak di atas formulir tercetak. Jika ingin menggunakan kertas polos maka perlu dilakukan modifikasi pada design nya. Hal itu dapat dilakkukan dengan mudah.
    Format hasil tergantung kebutuhan bisa saja langsung ke printer atau melalui excel atau Acrobat Reader.

  2. Apa bedanya invoice dengan kwitansi? Apakah pada invoice harus dicantumkan juga meterai sebagaimana diberikan pada kwitansi? mks

  3. mas, aplikasi invoice bisa tidak menampilkan ukuran tanah seperti meter kubik (m3) kalo bisa bagaimana cara mengetik source codenya oya saya membuat dengan menggunakan microsoft acces 2003.

    terima kasih sebelumnya

    abenk

    ZB:
    Selama ini saya tidak pernah menggunakan huruf supercript (naik) atau subscript (turun) dalam aplikasi. Jadi tidak dapat memberikan jawabab atas pertanyaan anda. Biasanya saya menggunakan form tercetak untuk hal-hal semacam ini, sehingga yang dicetak melalui aplikasi hanya anggkanya saja,
    atau form design nya yang sudah didesign dengan baground dalam bentuk picture.

  4. pak…ada yang saya mau tanyakan…apakah beda anta invoice, faktur dan kwitansi, karena kadang2 setiap perusahaan beda menerapkan pengertian kwitansi dan invoice yang sebenarnya..tolong dijelaskan yang lebih detail ya pak karena dalam proses pembayaran supplier sering menyamakan antara invoice dan kwt sehingga invoice/faktur kadang langsung dibubuhkan materai sehingga dianggap sebagai kwt.

    ZB:
    Faktur , Invoice adalah sama tapi kwitansi beda. Invoice aadalah dokumen tagihan dan kwitansi adalah dokumen bukti serah terima uang.
    Saya sudah jelaskan bahwa transaksi yang jumlahnya relatif kecil biasanya tidak menggunakan kwitansi, dimana Invoice sudah dirasa cukup sebagai bukti transaksi yang menandung unsur (penjualan dan penerimaan uang) kadang2 juga digunakan dalam hal lain. Tinggal anda lihat jumlah lampirannya. Masing-masing lampiran invoice adalah untuk keperluan yang ditentukan.
    Contoh lain:
    Saat saya beli buku di toko Buku, saya menyerahkan semjuamlah uang ke kasir seharga buku yang saya beli. Baru buku yang saya beli dapat saya bawa. Bersamaan dengan buku tersebut, struk pembayaran. Struk pembayaran ini lebih sebenarnya adalah bukti serah terima uang namun belum dalam transaksi jual beli namun tidak punya legalitas, sehingga bila saya ingin membebankan buku ini pada biaya perusahaan saya harus minta kwitansi agar uang yang saya bayarkan diganti oleh perusahan.

  5. pak, mohon bantuannya apa beda kwitansi dengan invoice? apakah invoiice bisa digunakan untuk lampiran surat untuk penagihan penggantian biaya ?
    trm kash, sy tunggu pak jawabannya.

    ZB:
    Invoice adalah bukti transaksi penjualan sedangkan kwitansi adalah bukti serah terima uang. Transaksi penjualan yang nilainya relatif kecil biasanya tidak disyaratkan harus menggunakan kwitansi.

    Biasanya untuk pengajuan penggantian biaya disyaratkan adalah kwitansi, namun hal ini sangat tegantung kebijakan perusahaan.

  6. Mohon bantuannya untuk mengirimkan artikel mengenai invoice
    Terima kasih
    ZB:
    Saya kurang paham artikel yang anda maksud. Saya hany punya yang telah anda baca.

  7. pengen tau lebih jelas tentang invoice,makasih

  8. saya ingin flow pembayaran invoice dan mekanisme pemeriksaan invoice ?
    tks

    ZB:
    Lihat pengeluaran kas

  9. saya mau program pembuatan invoice ini, karena selama ini invoice buat secara manual.

  10. Boleh copy/dowload program invoice in ga?

    ZB:
    Silahkan…

  11. invoice/faktur merupakan bukti penagihan & sudah termasuk ppn. bagaimana ketika saya bayar ada diskon, apakah diskonnya dipotongkan dari total tagihan (sub total + ppn) atau dari sub totalnya saja (tanpa ppn). thanks

    ZB:
    Pada prinsipnya diskon pada pembelian dan PPn dikenakan setelah diskon.
    Bila fakturpajak belum anda laporkan sebaiknya faktur pajak minta diganti, karena nilai pajaknya juga otomatis berkurang.

  12. Mau tanya dong saya baru mau coba buat invoice bagaimana caranya sih, misalnya invoice uang dari suatu perusahaan ke perusahaan lain. terima kasih

    ZB:
    Invoice adalah bukti penjualan barang atau jasa yang mencantumkan detail barang atau jasa yang dijual. Pada tingkat yang lebih umum disebut juga Nota penjualan. Sekalipun berhubungan langsung dengan penerimaan uang dan sering tidak dilengkapi dengan alat bukti penerimaan uang namun invoice bukanlah sebagai alat bukti penerimaan uang. Alat bukti penerimaan uang adalah Kwitansi. Coba kamu baca lagi agar kamu lebih paham bagaimana fungsi invoice yang juga sering dianggap sebagai bukti penerimaan uang.

  13. pengertian faktur penerimaan,faktur penyerahan, faktur pengiriman tuh pa sih???????????

    ZB:
    Kayaknya saya yang harus balik bertanya, dari mana anda dapat istilah tersebut ?… saya tidak mengenal itu. Mungkin yang anda maksud adalah lampiran yang digunakan untuk masing2 keperluan diberi nama sesuai dengan kebutuhannya. Misalnya slip pengiriman yaitu lembar faktur yang diselipkan dalam pak barang yang dikirim.

  14. Mas,saya kerja di administrasi lembaga kursus komputer,untuk peserta perorangan/pribadi biasanya bayar cash atau transfer,tentu saya buatkan kuitansi,nah untuk perusahaan beberapa minta dibuatkan invoice,apa saja yang dicantumkan? dan apa saja yg perlu dilampirkan?mengingat selama ini kami hanya memberikan invoice saja dan hanya memegang janji dan kontak person,bahwa perusahaan akan melunasi invoice sampai batas waktu yg tertulis (tentunya setelah jasa kursus selesai diberikan)

    ZB:
    Biasanya lembaga/perusahaan jasa tidak menggunakan kata Invoice. Isinya disesuaikan dengan kebutuhan informasi yang mengeluarkan. Dalam hal ini tentunya lembaga pendidikan anda. Saya tidak dapat menjawab detailnya untuk itu anda coba mendapatkan contoh dari lembaga pendidikan juga misalnya slip pembayaran uang kuliah trus anda ambil item yang sesuai dengan lembaga anda.

  15. Konfirmasi: untuk faktur/invoice adalah dokumen/bukti pembayaran yang diberikan dari supplier atau vendor ke costumer.

    Faktur itu berisi: nama barang, satuan barang, jumlah barang, harga satuan, jumlah harga, potongan harga, biaya-biaya, pajak yang harus dibayar, total tagihan atau total harga.

    Saya punya kasus seperti ini:
    Costumer setelah mendapatkan barang dari supplier, customer menerima faktur copy-an.
    Namun jika sudah lunas pembayarannya, diberikan faktur yang asli.

    Apakah benar seperti itu?

    ZB:
    Saya koreksi sedikit pada prinsipnya invoice/faktur adalah bukti transaksi penjualan. Bukti pembayaran atau penerimaan uang adalah kwitansi. Hanya ada yang menggunakan faktur langsung sebagai bukti Pembayaran yang syah serta diberi materai, namun anda harus jeli disini belum ada bukti penerimaan uang. Artinya yang ini masih tersisa.

    Masalah yang anda kemukakan adalah masalah teknis, boleh saja supplier memberikan copy faktur sebelum dilunasi, namun cara yang kami gunakan adalah menyerahkan dokumen asli (nama tukar faktur). Dokumen asli ini digunakan oleh customer untuk mengurus admnistrasi di perusahaannya. Bagi customer setiap dokumen uyang dibayar akan di beri tanda sudah “dibayar”. Kalau itu copy-an berati tanda tersebut tertera pada copy sedang masih dokumen aslinya tidak diapa2kan.

    Rumor aja, mungkin bos kamu takut costomer kabur kali ya atau tidak mau bayar bila telah terima faktur aslinya.

  16. Pak
    Dari sudut pandang hukum/ketentuan yang berlaku di Indonesia [mohon ditulis ref UU, Peraturan, dll] apa sih perbedaan antara invoice/faktur dengan kwitansi? Terima kasih

    ZB:
    Mohon ma’af, saya bukan ahli hukum dan tidak memahami perbedaan antara invoice berdasarkan UU atau peraturan. Yang saya pahami Invoice adalah alat bukti transaksi dan Kwitansi adalah alat bukti penerimaan uang.

  17. Pak saya boleh minta logika program invoice yang di artikel bapak ga, sya masih bingung fungsi dan alur dari program invoice itu apa. Sementara saya di suruh membuat program invoice.
    Mohon pencerahannya, trimakasih.

  18. Aslm.
    Pak,sy mo tny!
    Sy rncnany mo bli brang via tranfer.
    Jd pnjual bilang dy akn scan invoinceny truz dkrim k email ku.
    Truz nti brang dkrim lwat jasa kurir fedEx. Sy tkut jk nnti sy transfer brang tdk dkrim.
    Jd sy mo tny ap invoice in sdh brrti brang akn dkirim? Terimakasih bngt ats prhatiny.
    Salam.

    ZB:
    Dalam hal ini memang perlu hati2, yang penting kita memiliki data2 yang dapat memberikan keyakinan pada kita bahwa penjual tersebut benar2 ada dan memang usahanya itu.

  19. selamat siang pak
    tolong berikan contoh buat surat pengantar tagihan ke client.
    tks

  20. pak, ada gak buku2 yang membahas tentang faktur terutama faktur penjualan?
    sejarah faktur seperti apa?
    jenis2 faktur apa aja?
    fungsi faktur?
    definisinya menurut para ahli ada gak?

    ZB:
    Faktur adalah bagian dari akuntansi, dan itu dibahas secara detail dalam buku sistem akuntansi.

    • definisi faktur menurut para ahli ada gak?
      apa judul buku sitem akutansi yang lenkap membahas tentang faktur dan pengarangnya siapa?

      ZB:
      Saya nggak tahu apakah saya pernah membaca definisi faktur sehingga saya tahu mana yang namanya faktur, invoice, bon notice dsb. sehingga saya dapat menyebutkan bahwa faktur itu adalah dokumen bukti transaksi jual-beli.

  21. Pak, saya bingung nich, mau tanya kalau membuat Faktur / Invoice apakah harus selalu diberi materai sebagai pengganti Kwt. Sehingga fungsi Faktur tsb juga bisa dijadikan Kwt.
    Terus kalau nominal yg tertera di Faktur itu kecil (dibawah 1jt) apakah harus diberi materai juga (3 ribu).
    YAng saya bingung “Apakah setiap membuat faktur harus selalu diberikan Materai (3 ribu dibawah 1 jt & 6 ribu di atas 1jt)” Seandainya tidak diberikan materai pada Faktur dan tidak memberikan Kwt apakah tagihan tetap sah?
    Apa karena adanya Faktu Pajak, sehingga faktur harus selalu diberi Materai?
    Mohon jawabannya yang detail yah. Thx

    ZB:
    Materai adalah sejenis pajak yang salah satunya dibebankan terhadap penerimaan uang. Sehingga faktur yang langsung digunakan sebagai bukti penerimaan uang yang dikenakan pajak diberi materai. (yang dikenakan pajak pada batas tertentu).

  22. [...] Invoice/Faktur [...]

  23. Selamat Siang Pak…
    saya ingin tahu bagaimana cara mendownload program ini?

    Terima kasih

  24. pak, saya mau tanya…
    kalau untuk usaha toko emas, pada saat pelanggan membeli emas, sesungguhnya apa yang diberikan si penjual apakah faktur penjualan, kwitansi atau surat beli emas. dan apakah ada dalam istilah akuntansi surat beli emas ????? mhn petunjuknya…. tq

    ZB:
    Sebenarnya untuk hal jual beli adalah faktur, namun dalam hal emas yang dapat dibuat dengan kadar bervariasi, maka diperlukan jaminan terhadap kadar emas tersebut untuk menghindari penipuan.

  25. pak, saya mau nanya..
    apakah invoice sama dengan nota tagihan..
    prosedurnya..apakah memberikan invoice dulu, baru setelah klien bayar, baru kita mengeluarkan kwitansi sebagai tanda terima uang.
    Terima kasih.

    Zb:
    1. Sama ?.. Biasanya perusahaan jasa menggunakan nama Nota atau Notice.
    2. Tergantung kebijakan, dalam jumlah transaksi relatif kecil biasanya invoice/nota sekaligus sebagai bukti pernerimaan kas. (tidak dibuat kwintansi)

  26. pak, sy minta tolong niii,..sy punya projec,..disitu ada DP perusahaan (clien) untuk minta invoice kira2 bgi mana bentuk yg ideal sekalian utk tagihan berikutnya,..posisi sy sbg kontraktor,..

    ZB:
    Begitu banyak bentuk invoice namun intinya adalah bahwa invoice terindiri dari 1. bagian header yang berisi data perusahaan identifikasi Invoice (Nomor, Tgl, Ref) serta Data buyer. 2. Bagian isi berisi detail barang/Jasa yang dijual 3. bagian footer berisi otoritas (tanda tangan & cap perusahaan). Untuk sebuah project biasanya dilampirkan dengan detai project.

  27. pak saya mau nanya,misalkan saya perusahaan dagang. terus saya menjual produk sejumlah 20 unit kepada perusahaan lain” misalnya saya jual pada tanggal 1 januari”. sementara dimuka sudah ada perjanjian perusahaan itu akan membayar 2 bulan kemudian, kapan saya harus terbitkan invoice.

    ZB:
    Merujuk pada peraturan perpajakan 2010 bahwa tanggal faktur sesuai dengan tanggal surat jalan. Kapan faktur berikut perlengkapannya diserahkan kepada pembeli?, tentunya tetap menurut ketentuan perusahaan (kesepakatan bersama dengan perusahaan pembeli). Biasanya seminggu sebelum pembayaran. Penyerahan faktur dibuatkan bukti penerimaan faktur. Biasanya dikenal dengan istilah tukar faktur.

  28. jika seandainya sudah diketahui bahwa pembayaran dilakukan 2 bulan kemudian oleh pembeli, lalu pada saat penyerahan barang tgl 1 januari kita tetap menyerahkan faktur penjualan/invoice tp yg fotokopi bisa kan pak,nanti pada saat penagihan kita bawa yg aslinya

    ZB:
    Yang saya tahu cara konsinyasi itu adalah (bagi hasil). anda tidak menjual nya ke toko buku, namun anda mendapatkan hasil penjualan pada waktu tertentu. Kalau tidak terjual anda juga tidak mendapat pembayaran. Pendapat saya dalam hal ini tentunya ada ketentuan lain yang mengatur masalah ini, namun mohon ma’af saya tidak tahu. Kecuali buku anda benar2 dibeli oleh toko buku dimana laku atau tidak laku harus dibayar.

    Bila memang buku anda dibeli oleh toko buku. Tanggal invoice harus sama dengan tanggal surat jalan namun tidak harus langsung invoicenya diserahkan. Biasanya 1 minggu sebelum tanggal pembayaran (tukar faktur ASLI beserta perlengkapannya dengan menerima surat bukti penerimaan faktur). Gunanya untuk proses administrasi pengeluaran uang di perusahaan pembeli.

    Tidak ada dalam aturan akuntansi penyerahan invoice dalam bentuk copy. kecuali permintaan untuk keperluan khusus.

  29. pa saya bekerja di perusahaan baru berdiri bergerak di bidang suplier buku,dimana cara penjualannya adalah konsinyasi dan kredit 2 bulan. apakah setiap saya mengirimkan buku ke toko buku harus selalu menerbitkan invoice padahal pembayarannya masih 2 bulan lg, sementara klo saya tidak terbitkan invoice darimana bagian gudangnya bisa tahu sebagai alat kroscek buku yg saya kirim,,mohon pencerahan karna masih baru.thx pak

  30. numpang tanya pak,di uu ppn yg terbaru kan dikatakan tanggal faktur pajak harus sama dengan tgl invoice,maksudnya apa tuh pak?

    ZB:
    Tanggal invoice/faktur sama dengan tanggal surat jalan….

  31. pak, gima dapat program invoice, terima kasih sebelumnya.
    ZB:
    Anda tentunya harus beli paket Zulisoft

  32. bagaimana cara membuat no urut untuk kwitansi dimana setiap transaksi no urut nya berbeda-beda misalnya 0001, 0002, 0003 san seterusnya

  33. pak bantu saya buatkan makalah tentang invoice dan faktur secara harfiah dan lengkap… Untuk presentasi di depan kelas..trimss

    ZB:
    Mohon ma’af, saya tidak dapat memenuhi harapan anda.

  34. tolong dunk saya minta instalan nya invoice faktur pajak makasih

  35. saya mau tnya,sekalian minta contoh invoice penagihan DP 50%…..saya usaha bengkel las,,,gimana caranya….atau contohnya/
    trimakasih

    ZB:
    formulir Invoice/faktur dapat anda peroleh di toko alat tulis. Permasalahan anda hanya pada penulisan dibagian bawah faktur ditambahkan

    Jumlah…..: xxxxxxxx
    DP 50%….: xxxxxxxx –
    Sisa………: xxxxxxxx

    • Terus gimana dengan FAktur kendaraan ?
      bisa di jelasin ga ? terus apa aja FUngsi Dari Faktur kendaraan itu..

      mohon bantuan nya..

      ZB:
      Yang namanya faktur adalah surat bukti transaksi penjualan. Seandainya tukang sayur di pasar tradisional membuat faktur, fungsinya adalah sama dengan faktur yang dibuat oleh pihak lain. Menurut pemahaman saya Faktur/Invoice/Notice/Bon kontan/Nota kontan adalah jenis dokumen yang sama. Perbedaan terletak pada penggunanya.

  36. saya mau tanya, apa sama invoice dengan Berita Acara Pambayaran (BAP)??
    mohon bantuaanya.
    tq

    ZB:
    Tidak?….
    Invoice sebagai alat bukti transaksi sedangkan berita acara adalah informasi suatu aktivitas. BAP biasanya digunakan untuk singkatan Berita Acara Pemeriksaan. Pemeriksaan barang pada saat serah terima, pemeriksaan perkara, pemeriksaan saksi. BAP (serah terima) adalah salah satu dokumen yang bisanya digunakan sebagai syarat invoice dapat dibayar.

  37. saya mau tanya,bagai mana membuat invoice buat pelanggan kalau misalnya dia DP 50% dan pelunasannya setelah dia terima barangnya?terus kalau misalnya dia membayar 200 jt untuk barang yang dia beli dengan asumsi bahwa harga 200 jt tsb telah termasuk pajak,bagai mana membuat invoidnya?terimakasih atas balasannya.

    ZB:
    Biasanya dalam usaha skala kecil DP dicantupkan pada invoice dan tidak demikian pada usaha skala besar.

    Dalam usaha skala besar cara pembayaran disepakati dengan dengan suatu perjanjian biasanya dicantum pada order pembelian. Pada saat DP diterima hanya diberikan bukti penerimaan kas bila dibayar tunai atau bukti setoran bila dibayar melalui bank dan bukti setor tersebut dikirimkan ke penjual sebagai bukti telah dibayarkan.

    Penjual akan mencatat penerimaan kas dengan mengkredit pendapatan diterima dimuka.

    Kas…50%………………………………….100jt
    …..Pendapatan diterima dimuka……………. 100jt

    Aturan perpajakan penerimaan kas harus dibuat Faktur pajak, namun umumnya tidak melakukannya, karena penerimaan uang muka masih punya potensi besar batalnya transaksi penjualan. Tentunya alasan merepotkan saja.

    Setelah barangnya dikirim, ada lagi aturan pembuatan faktur pajak namun masih terasa memberatkan pengusaha karena satu transaksi penjualan (satu order pembelian) akan diakui oleh pembeli bila order yang tertera dalam order pembeliannya telah terealisasi secara keseluruhan. Umumnya satu order pembelian hanya satu invoice kecuali untuk order pembelian berbentuk kontrak pembelian, biasanya membuat Invoice dan faktur pajak untuk setiap surat jalan sesuai aturan perpajakan.
    Untuk satu order dan satu Invoice dibuat seperti biasanya tanpa mencantumkan DP.

    Jika total penjualan sebesar 200jt akan akan diperoleh total sbb:

    subtotal ………………..10/11 * 200jt
    PPn ………………………..1/11*200jt.
    ………………………………….——————
    Jumlah……………………….. …200jt

    Jurnal yang akan dicatat adalah .

    Piutang Dagang …………….200Jt
    ……….penjualan ……………………10/11 * 200jt
    ……… PPn …………………………… .1/11*200jt

    Selanjutanya karena telah dibayar DP 50% maka dibuat memorial

    Pendapatan diterima dimuka…..50% …. 100Jt
    ….Piutang………………………….50% ………….100jt.

    Sampai disini akan menyisakan piutang sebesar sebesar 100jt.

    Pada saat dilunasi maka akan diterima kas sebesar 50%…. 100%

    Kas………………100jt
    ……Piutang………………100jt.

    selesai……

  38. Numpang belajar

  39. Pak, kami punya usaha Travel Agent tiket pesawat, kami butuh software akuntansi yg meliputi ; Invoice, Kwitansi, Laprn Penjualan per Airline dan kgabungan serta R/L. Kami lebih cendrung untuk dirancang khusus dengan Logo dan merk perusahaan kami. Maaf, mohon dikasih gambaran berapa kira2 Jasa yg harus kami siapkan s/d software tsb benar2 final dan siap pakai. tks kami tunggu…

    Hormat kami

    Ilyas

    ZB:
    Untuk perusahaan jasa perlu penyesuaian bentuk form sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Disini banyak variasi sehingga untuk merancang aplikasi saya perlu informasi rinci mengenai perusahaan. Aplikasi sangat tergantung pada pemakai.

    Zulidamel Home: 0218657818 Mobile 08561800395 pirivate Line 0218620112

  40. pak saya mau tanya..
    saya ingin membuat tugas akhir saya mengenai “perbandingan data Invoice actual dengan data invoice yang ada pada sistem/komputer di beberapa cabang perusahaan”

    disini saya menemui adanya perbedaan/kesalahan antara data invoice actual dengan komputer, cara mengatasi kesalahan itu seperti apa? dan apakah ada metode penghitungannya tanpa menggunakan sistem.

    mohon bantuannya pak.
    terimakasih _ Fina

    ZB:
    Invoice dibuat dengan sistem komputer sehingga hasilnya adalah sama. Jika terjadi perbedaan berarti ada hal yang tidak beres (kasus). Hal ini adalah menyangkut masalah2 pengamanan sistim komputer dan kebijakan akuntansi yang diambil oleh manajemen.

  41. pak, tolong di bantu yaaaa invoice tagihan beserta rinciannya jasa dokumentasi

  42. Salam!!
    sekarang invoice sudah diperakukan sama dengan Faktur pajak standar. saya mau tanya tanggal yg harus dilaporkan dalam SPT masa ppn, apakah tanggal pembuatan invoice atau tanggal jatuh tempo invoice (biasanya kredit 30 hari).
    mohon panjelasannya. terimaksih!…

    ZB:
    Jawaban untuk pertanyaan anda adalah tanggal Invoice… Namun saya masih perlu bertaya
    Anda buat faktur pajak standar atau tidak?….. Jika anda buat?… artinya tidak perlu invoice karena sudah diperlakukan sama dengan faktur pajak dan akan berarti juga tidak ada tanggal invoice. Tapi anda sendiri masih bertanya tentang tanggal invoice. Yang saya lihat sampai saat ini, ada faktur pajak standar dan tetap ada invoice. Apanya yang berubah?….

  43. Permisi pak mau nanya hehe. Misalnya ada suatu perusahaan jasa yang membuat faktur penagihan untuk klien sebesar 100jt. Penulisan pada persamaan dasar akuntansinya seperti apa ya pak? Saya baru bljr akun dasar, mohon bantuannya pak. Terimakasih……

    ZB:
    Mencatat transaksi keuangan aalah pemahaman bukan hafalan. Karena sesuai dengan suatuasi yang ada. Kita di sudah mengenal persamaan dasar akuntansi adalah Asset = hutang + modal. Persamaan akuntansi itu dapat di uraikan menjadi lebih detail yang sebitu account atau pos-pos yang akan menyimpan transaksi tersebut. Jelas setiap situasi akan berbeda.

    Sekarang pahami pada saat membuat invoive apa pengaruhnya terhadap keuanga perusahaan. ingat setiap transaksi minimal akan berpengaruh pada minimal 2 pos akuntansi. Kita ambil ringkasnya setiap pembuatan invoice : (penjualan)

    1. perusahaan berhak mendapatkan penghasilan yang pada akhirnya akan mempengaruhi asset perusahaan dalam bentuk piutang (debet)
    2. Dalam kaitannya dengan penjualan perusahaan menberikan sejumlah asset dalam bentuk persediaan. (kredit)

  44. pak, sya mau nanya, invoice tu bukan y kita membayar k customer ?

  45. pak, invoice tu bukan y kita bayar ke customer y ?

    ZB:
    Untuk menagih ke customer

  46. cara pembuatan invoice

  47. cara membuat surat invoice

  48. Kalo di bank, apa menggunakan kwitansi bernomor urut tercetak? Gimana sih prosedur pmbuatan kwitansi bernomor urut tercetak? Mksh

    ZB:
    Masalah nomor urut tercetak atau tidak adalah masalah pilihan. Itu otorita manajemen. Pakar akuntansi menyarankan untuk menggunakan formulir menggunakan nomor urut tercetak yang bertujuan untuk pengawasan. Dalam akuntansi tidak ada prosedur untuk membuat nomor urut tercetak karena itu adalah bagian urusan tukang cetak.

  49. terima kasih, sangat membantu untuk jualan batik kami

  50. pak mau tanya, klow invoice penjualan itu materai ditempel di customer atau di penjual y pak..
    Makasih

    ZB:
    Ditempel di Invoice oleh penjual bila Invoice skaligus digunakan sebagai bukti penerimaan uang. Beban materai dapat ditanggung oleh pembeli dan dapat juga oleh penjual. Banyak penjual yang menagih biaya materai ke pembeli namun banyak yang tidak mau bayar.

  51. Terimakasih infonya. Sangat bermanfaat

  52. makasih untuk penjelasan’y..:)

  53. mana link nya, mau download nich.

  54. sy mau tanya bagaimana bentuk surat invoice untuk perusahaan minyak solar

  55. SAYA MAUA NANYA APA PENGARUHNYA DALAM LAPORAN KEUANGAN KALAU NILAI KWITANSI BERBEDA DENGAN SURAT PESANAN, MAKASIH

    ZB:
    Untuk laporan keuangan tidak ada pengaruh, namun dlm hal keamanan rawan penyalahgunaan wewenang.

  56. pak, saya mau tanya
    saya bekerja di perusahaan yg bergerak di bidang sparepart migas, divisi purchasing
    saya mau tanya, untuk kepengurusan invoice, yg menerima invoice dan kelengkapan dokumennya, apakah purchasing atau finance yg mengerjakan?

    ZB:
    Sangat tergantung pada kelengkapan system pengawasan internal. Jika belum dirasa cukup sebaiknya invoice diterima oleh purchasing dan diteruskan ke bagian keuangan. Untuk perusahaan yg telah memiliki kelengkapan biasanya yang di perlu diperiksa oleh bagian purchasing adalah bukti penerimaan barang.

  57. pak saya mau tanya. tanggal pada invoice dan faktur pajak itu harus sama kan? dasar yg digunakan pada pembuatan tanggal itu dari tanggal surat jalan/pengiriman terakhir atau tanggal pembuatan invoice? saya baru 2 bulan bekerja, selama ini dasar pembuatan tanggal dari tgl surat jalan terakhir. tp ada yg mengatakan berdasarkan tgl di hari pembuatan invoice, krn untuk kepentingan laporan pajak keluaran. yg benar bgmn ya? terimakasih

    ZB:
    Berdasarkan tanggal sj terakhir adalah alternatif untuk menjawab aturan pajak yang menetapkan tanggal Invioce sama dengan tangga surat jalan asumsinya setiap surat jalan langsung dibuat invoicenya. Ini tidak lebih dari kejar target karena dalam hal bisnis ada proses yang harus dilalui. ada kalanya barang yang telah dikirim ditolak dan diketahui beberapa haris berikutnya seperti yang telah saya bahas. Prinsipnya pengusaha hanya berusaha memenuhi aturan sebisanya. Kalu membuat uasahanya terganggu tunggu dulu….

  58. ada yang punya softwarenya gak???

  59. matap gan penjelasannya antara invoice, faktur dan kwitansi.

  60. Terkadang saya menerima invoice tanpa menyebutkan nama yang bertanggung jawab atas invoice ( otorisasi ), mohon penjelesan dari Bapak mengenai hal ini dari sisi keabsahan invoice tersebut, mengingat banyak supplier kami yang dari luar negeri keberatan untuk permintaan penyebutan nama.
    Terima kasih

    ZB:
    Sepengetahuan saya Invoice sah bila di otorisasi oleh pihak yang ditunjuk oleh perusahaan dan piha luar tidak perlu tahu siapa nama orangnya, yang penting Badan usaha yang menerbitkan Invoice tersebut dan punya referensi apa yang digunakan untuk invoice tersebut misalnya nomor order (PO) dll.

  61. apa yang d sebut ppn dan pph itu.saya ingin tahu selengkapnya.

  62. teman sekalian, bagaimana format invoice untuk manpower ya? Mohon bantuannya. thanks

  63. Selamat Pagi Pak.. saya mau menanyakan, siapa yg berhak untuk menandatangani invoice?bila dalam perusahaan?apakah direktur atau cukup managernya?terima kasih..

    salam

  64. saya mau tanya, saya telah mengirimkan invoice kepada client (saya dari perusahaan jasa), tetapi kemudian bagian keuangan client minta dikirimkan Faktur pajak, bukan invoice seperti yang sudah saya kirimkan. Boleh tahu apa perbedaannya?? terima kasih

    ZB:
    Faktur pajak adalah formulir khusus sebagai bukti pemungutan pajak, hanya diterbitkan oleh perusahaan yang telah terdaftar sebagai PKP. Jadi tidak semua perusahaan dapat menerbitkan faktur pajak.

  65. Pak, apakah bisa membuat invoice untuk penjualan barang dari perorangan ke perusahaan.?

  66. faktur pajak itu apa ya pak? mohon jawabannya . terimakasiih pak

  67. Pak saya mau tanya, siapa yang harus membayar bea materai yang ada pada invoice?karena ada beberapa supplier yang mencantumkan /membebankan materai yang digunakan dalam pembuatan invoicenya pada kami.

    ZB:
    Bea materai dibeban kepada pembeli namun banyak yang keberatan/tidak mau.

  68. pak tanya ya, bagamaina cara invoicing uang muka penjualan dan PPN nya dalam kontrak penjualan, trus bagaimana juga proses invoicing SP-SP yang telah dikirim oleh transportir berdasar kontrak penjualan tersebut dengan dikurangi uang muka yang telah dibayar konsumen?? apakah di zulisoft beberapa SP/surat jalan bisa dikumpulkan menjadi satu untuk dijadikan satu invoice?? bagamaina cara pencatatan pembelian barang yang dikenakan PPN dan PPH22 di zulisoft? tks atas jawabannya
    ZB:
    ZULISoft standar tidak menyediakan kolom uang muka pada invoice dan tidak menyediakan faktur pajak uang muka. Uang Muka dapat dicatat melalui penerimaan Kas

  69. kalau boleh, minta tolong zulisoft versi trial nya pak?? coz ktk saya download yang free limited editioan ternyata sudah expired..tks

    ZB:
    Tunggu perbaikkannya

  70. Pak saya mau tanya,
    pada saat saya memesan barang,trus barangny d berikan + DO / SJ ,setelah itu beberapa hari kemudian saya d beri faktur & faktur pajak,trus saya menulis tanda terima barng setelah menerima faktur
    yg saya mau tanyakan : apakah tanda terima brang yg saya tulis itu kategori kwitansi tau berbeda pak?
    Mohon jawabanya

    ZB:
    Tidak?… Kwitansi adalah bukti terima uang. Tanda terima barang adalag DO/SJ yang telah ditandatangani oleh penerima barang dan dikembalikan ke pengirim barang. Yang anda tulis “tanda terima barang” itu adalah bukti terima dokumen dalam hal ini adalah faktur dan faktur pajak. Biasanya disebut tukar faktur.

  71. saya sudah download Zulisoft, tapi bagaimana caara aktifasinya ya pak ? Minta tolong langkah2nya aktifasinya pak. Terimakasih.
    ZB:
    Mohom ma’af saya belum sempat perbaharui. Saya membatasi batas penggunaannya sampai waktu tertentu.

  72. saya mempunyai usaha tetapi belum PKP. karena saya baru memulai usaha ini 3 bulan, kemudian saya mendapatkan order dari PT. abcd sedangkan PT. abcd meminta untuk di buatkan invoice. karena saya belum mempunyai SIUP , maka invoice yg bagaimana yang saya serahkan ke PT. ABCD….
    dan adakah ketentuan pada nomor invoice yang di terbitkan.

    ZB:
    Bila anda belum punya kelengkapan administrasi, anda dapat beli form invoice/faktur di toko ATK. Lalu anda tulis apa adanya. Atau bila anda telah memeliki seperangkat komputer lengkap dengan printer, anda dapat buat invoice melalui komputer dan di print diatas kertas polos. Baiasanya diperlukan beberapa copy. gunakan kertas yang punya carbon copy.
    Nomor invoice adalah nomor urut 1 s/d …. untuk identifikasi dokumen.

    • iya benar pak, saya belum mempunyai kelengkapan administrasi. terus apakah gkpp jika saya membuat invoice sendiri, sementara orderan yang saya kerjakan dari custumer saya merupakan pekerjaan jasa cetak sesuai dengan usaha yang saya geluti sekarang. terus bagaimana dengan hukumnya, dan apakah di invoice boleh dilampirkan pembayaran DP. mohon pencerahannya pak, terimakasih.
      ZB:
      Saya pikir Invoice bagi usaha seperti anda belum dikenai oleh aturan hukum sampai anda terdaftar sebagai perusahaan berbadan hukum yang harus membuat laporan keuangan kepada pihak berwenang terkait kewajiban pajak. Kalau memang menggunakan sistem pembayaran dengan menggunakan DP dan diperlukan ya harus dicantumkan Yang penting mencantum sesuai faktanya. Saya sebutkan sesuai faktanya karena banyak sekarang invoice fiktif atau tidak sesuai fakta dan itu mengandung unsur kriminal karena menimbulkan kerugian pada pihak tetentu.

  73. Pak apa bedanya faktur dan order? tolong jelaskan

  74. mas saya mau tanya, ada client saya minta supaya invoice, kwitansi dan faktur dikirm terlebih dahulu baru mereka bisa DP. setelah kewajiban kami sudah kami jalani namun sudah hampir 1 bulan ini mereka belum melakukan kewajiban mereka yaitu melunaskan sisa pembayaran. Yang saya ingin tanyakan selanjutnya langkah apa yang harus saya ambil?, mohon bantuanya karena ini mengenai pembayaran khalayak banyak orang. Terima kasih.
    ZB:
    Biasanya telebih dahulu ditanyakan via telp.

  75. Pak ,antara invoice dg kwitansi mana yg lebih sah
    ZB:
    Masing2 punya fungsi berbeda. Invoice sebagai bukti transaksi penjualan dan sering dugnakan sebagai bukti serak terima kas. sedangkan kwitansi adalah untuk bukti serak terima kas. dan dalam hal tertentu juga digunakan sebagai bukti transaksi penjualan. jadi jika pertanyaannya mana yang lebih sah tentunya dilihat dari transaksinya apa?…

  76. pak apakah pernah mendengar tentang ReadSoft? software automasi invoice terutama yang terintegrasi dengan SAP? kalau pernah minta komentar mengenai gambaran umum ReadSoft untuk invoice tersebut, salam dan terima kasih :)
    ZB:
    Saya tidak punya informasi tentang readsoft.

  77. Salam, pak saya bekerja di salah satu perusahaan pengadaan set plant stone crusher. Saya mau tanya, client saya meminta bukti kepemilikan Set plant tsb, sedangkan di perusahaan kami invoice itu di gunakan sebagai surat tagihan pembayaran ke client. Dan surat kepemilikan set plant stone crusher biasanya di sebut faktur penjualan. Apakah itu benar? JTrims,

  78. Salam kenal pak,
    Pak saya bekerja sebagai staff admin pembuat invoice.ini ada permintaan perubahan rincian dari cutomer, mengacu pada PO.
    1000 lembar kertas @ rp. 15.000 = 15.000.000,-
    Gratis 30 Lembar
    Permintaan dari customer Gratis 30 Lembar harus dicantumkan di inovice(sebelumnya tidak dicantumkan),merekan meminta invoicenya dibuat menjadi :

    1.000 Lbr Kertas @ rp. 15.000 =15.000.000
    30 Lbr Kertas @ rp.0 = 0
    Total = 15.000.000
    Apakah boleh/melanggar UU Perpajakan pembuatan invoice seperti diatas untuk perlakuan barang gratis?lalu bagaimana perincian pada faktur pajak PPN nya mengingat rincian yang ada di Faktur Pajak harus sama dengan Invoice/Faktur Penjualan?

    Mohon penjelasannya pak. Terimakasih sebelumnya.

    ZB:
    Itu hanya masalah teknis, UU tidak mengatur sampai kesitu..

  79. […] 8.         Surat Perintah/permintaan Pengeluaran barang (SPB) 9.         Invoice/Faktur 10.     Faktur Pajak 11.     Kwitansi […]

  80. Perusahaan saya order barang,lalu penjual yang mengeluarkan Surat Pesanan,dibuatkan kwitansi bermaterai untuk pembayaran,apakah sudah cukup kuat dan syah secara akntansi dan perpajakan?atau masih perlu dibuatkan invoice?

    ZB:
    Kwitansi bermaterai tersebut adalah bukti penerimaan uang. belum mencakup bukti transaksi. Inv harus dibuat..

  81. Thanks artikelnya

  82. Jika invoice berupa fotokopi, tetapi kita memiliki bukti transfer bank asli, krn vendor terletak di luar negeri, bisakah diakui? Terima kasih
    zb:
    Sepertinya tidak ada alasan untuk tidak mendapatkan dokumen aslinya.

  83. Selamat siang pak,
    saya mau tanya. kalau saya membuat invoice (lbr.1) dengan materai kemudian di lampiran nya ada beberapa kwitansi sebagai uraian yang ada di dalam invoice (lbr.1), yang menjadi pertanyaan saya, apakah seluruh lampiran kwitansi tersebut diwajibkan menggunakan materai? terima kasih sebelumnya.

    ZB:
    Ketentuannya bukti penerimaan uang sejumlah tertentu dikenakan biaya (materai) dengan nilai tertentu. bila setiap kwitansi mencapai nilai yang ditetapkan maka harus bermaterai.

  84. Pak, saya mau tanya..
    jika customer menginginkan invoice aslinya tapi dia belum bayar gimana ya?
    itu customer besar, jadi dia mengingikan invoicenya dulu dikasihkan.
    padahal secara aturan kan invoice asli diberikan jika sudah lunas pembayarannya.
    jika buat surat pernyataan bagaimana pak?
    dan seperti apa suratnya?

    ZB:

    Umum usaha skala besar menggunakan cara demikian. Pada saat jatuh tempo dokumen asli diserahkan kepada pembeli untuk proses pembayaran. Saat penerimaan dokumen asli mereka nembuat bukti penerimaan dokumen. Istilah umumnya tukar faktur. Ok!..

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 77 pengikut lainnya.