SYSTEM AKUNTANSI PENJUALAN


Ruang Lingkup :

System Informasi Penjualan adalah sub system informasi bisnis yang mencakup kumpulan procedure yang melaksanakan, mencatat, mengkalkulasi, membuat dokumen dan informasi penjualan untuk keperluan manajemen dan bagian lain yang berkepentingan, mulai dari diterimanya order penjualan sampai mencatat timbulnya Tagihan/Piutang Dagang.

Jenis Penjualan  

Terdapat beberapa cara dalam menjual. Untuk itu sistem yang diaplikasikan disesuaikan dengan operasi dilapangan. Dalam pembahahan ini saya membahas pada sebuah perusahaan dagang yang  teridentifikasi beberapa jenis Penjualan di Perusahaan ini yaitu ;

  • Penjualan Langsung yaitu penjualan dengan mengambil barang dari supplier dan langsung dikirim ke customer.
  • Penjualan Stock Gudang yaitu penjualan barang dari stock yang telah tersedia di gudang
  • Penjualan Kombinasi  ( langsung + Stock ) yaitu penjualan dengan mengambil barang sebagian dari supplier dan sebagian daris stock yang tersedia di gudang.

Unit Organisasi yang terkait

Procedure penjualan melibatkan beberapa bagian dalam perusahaan dengan maksud agar transaksi penjualan yang terjadi dapat diawasi dengan baik.[1]  Dalam system berjalan sesungguhnya terdapat unit-unit fungsional namun belum mendukung arus informasi dapat berjalan dengan baik. Hal ini merupakan salah satu hambatan yang menyebabkan proses pencatatan transaksi tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Terdapat 8 (Delapan) unit organisasi yang diperlukan dalam sistem penjualan dan pembelian yaitu :

  1. Bagian Order Penjualan
  2. Bagian Otorita Kredit
  3. Bagian Billing/Piutang
  4. Bagian Stock & Delivery
  5. Bagian Buku Besar
  6. Bagian Pembelian
  7. Bagian Gudang
  8. Bagian IT/Pengolahan Data Elektoronik

Dokumen yang digunakan

  1. Penawaran Harga  (PH)
  2. Order Form  (OF)
  3. Memo 
  4. Purcahse Order (PO)
  5. Surat Pengantar Supplier (SPS)
  6. Berita Acara Penerimaan
  7. Delivery Order / Surat Pengantar / Surat Jalan (DO/SP/SJ)
    1. 1 & 2 Tembusan pengiriman
    2. 3 Tembusan langganan
    3. 4.  Arsip bagian delivery
  8. Surat Perintah/permintaan Pengeluaran barang (SPB)
  9. Invoice/Faktur
    1. 1. Invoice
    2. 2. tembusan Piutang
    3. 3. tembusan Jurnal
    4. 4. arsip di bagian order penjualan
  10. Faktur Pajak
    1. 1. Faktur Pajak
    2. 2. Arsip
    3. 3. Extra Copy
  11. Kwitansi

Sumber daya

  • Hardware         : Menggunakan fasilitas yang telah tersedia dengan tambahan link
  • Brainware : Menggunakan Personal yang telah ada dengan memberikan pelatihan

Strukture Organisasi

  • Melakukan konsolidasi

Sasaran

  • Automatisasi  system akuntansi Penjualan
    • Terbentuk system pengolahan data terdistribusi
    • Mengurangi volume pekerjaan bagian akuntansi
    • Menghindari keterlambatan laporan akuntansi Penjualan
    • Dll

Waktu yang diperlukan

  • Aplikasi Penjualan sudah dapat digunakan Juni 2005 untuk bagian-bagian tertentu dan efektif mulai awal periode akuntansi 2006

Biaya

  • Konsultan/dokumentasi :  –
  • Programmer                             :  –
  • Pelatihan                                   :  –

Uraian Prosedur

Bagian Order Penjualan / Sales/Marketing

  1. Merima Order dari langganan. Order dari langganan diterima dalam bentuk (PO) dari langganan melalui fax atau  secara langsung yang kemudian dicatat dalam order form. Permintaan secara lisan melalui Telephone tidak dapat dilayani.
  2. Memverikasi order langganan mencakup data pelanggan secara lengkap termasuk alamat penyerahan barang yang diinginkan customer, Quantity, dan merawat validasi data tersebut melalui workstation yang ada pada bagian penerimaan order untuk mengecek  pemenuhan order, meliputi nama product, nomor surat pesanan atau pemesan, harga, tanggal penyerahan barang, dll.
  3. Mencatat order langganan ke sistem komputer dan menerbitkan dokumen order penjualan. Dokumen ini selanjutnya berfungsi  sebagai surat permintaan pengadaan barang (stock request). Bila barang yang dipesan tidak tersedia atau persediaan di gudang tidak mencukupi, maka akan direkam sebagai back order. (order yang belum terpenuhi). Order penjualan di print out melalui printer di bagian penerimaan order
  4. Membawa dokumen order penjualan ke bagian otorita kredit untuk mendapat persetujuan penjualan kredit. Bila Customer tetap dapat langsung ke bagian Stock & Delivery.
  5. Mengadakan contact dengan pelanggan mengenai pemenuhan order.

Bagian Kredit

  1. Menerima dokumen order penjualan dari bagian penerimaan  order
  2. Memeriksa status langanan melalui workstation yang ada di bagian otorita kredit
  3. Berdasarkan informasi yang diperoleh dilayar komputer, kemudian memutuskan apakah order ini dapat dipenuhi
  4. Menyerahkan kembali dokumen order penjualan yang sudah di verifikasi dan ditandatangani, dan diteruskan ke bagian Stock & Delivery.
  5. Menerima faktur lembar ke-1, Faktur Pajak lembar ke satu dan Delivery Order lembar ke-1 yang telah diverifikasi oleh oleh langganan dan mengarsipnya urut tanggal.

Bagian Stock & Delivery

  1. Menerima Oder Penjualan yang telah ditandatangani bagian otorita kredit dari bagian order penjualan
  2. Menyiapkan Dokumen pengiriman berdasarkan order penjualan. Bila barang tidak tidak tersedia di gudang meneruskan order penjualan ke bagian pembelian barang dagang.
  3. Mencatat pembelian, berdasarkan surat jalan yang ditandatangani oleh sopir untuk barang yang langsung dijual atau Surat Jalan supplier yang ditandatangani oleh bagian gudang untuk barang yang masuk ke gudang.
  4. Membuat Delivery Order untuk order penjualan yang telah mendapat otorisasi dari bagian otorita kredit
  5. Membuat surat perintah/permintaan/Bon pengeluaran barang, untuk penjualan yang mengambil barang di gudang. Atau meminta PO/Memo untuk mengambil barang di supplier dari bagian pembelian barang dagang.
  6. Menyerahkan Delivery order, Surat Perintah/permintaan/Bon pengeluaran barang atau PO/Memo ke bagian transportasi (sopir) untuk meminta barang ke gudang atau mengambil barang di supplier.
  7. Menerima Deliveri order lembar 1 & 2 yang telah ditanda tangani/diverifikasi oleh Langganan
  8. Menerbitkan listing delivery order dan diserahkan ke bagian pembuat invoice.

Bagian Gudang

  1. Menerima Perintah/Permintaan Barang
  2. Menyediakan barang sesuai dengan Surat perintah/permintaan/Bon pengeluaran barang (Deliveri Order tidak boleh digunakan untuk pengeluaran barang karena tidak semua penjualan menggunakan barang yang ada di gudang)
  3. Mengembalikan Perintah/Permintaan/Bon pengeluaran barang  kepada sopir untuk ditandatangani dan meminta copynya setelah ditandatangi.
  4. Mencatat Pengeluaran Pada Kartu Persediaan

Bagian Transportasi (Sopir)

Penjualan langsung (Barang langsung dari Supplier)

  1. Menerima PO/Memo, Delivery Order dari bagian Stock & Delivery
  2. Meminta barang ke supplier menggunakan PO/Memo
  3. Menerima surat Jalan/Surat Pengantar Supplier
  4. Memeriksa kesesuaian barang yang diserahkan oleh supplier dengan memo/Po/Surat Jalan Supplier
  5. Menanda tangani Surat Jalan Supplier dan meminta copynya.
  6. Membawa dan Menyerahkan barang ke customer
  7. Menyerahkan Delivery Order kepada Customer untuk ditanda tangani.
  8. Meminta Lembar Delivery Order  lembar 1 & 2 yang sudah ditanda tangani
  9. Menyerahkan Delivery Order lembar 1 & 2 kepada  Invoice (melalui Kurir)
  10. Menyerahkan Copy Surat Jalan/Surat Pengantar Supplier yang telah ditanda tangani ke bagian Stock. & Delivery (melalui Kurir)

Penjualan Barang Dari Stock Gudang

  1. Menerima Surat Perintah/Permintaan pengeluaran Barang, Delivery Order
  2. Meminta barang ke gudang dengan meyerahkan Surat Perintah/Permintaan Pengeluaran Barang.
  3. Memeriksa kesesuaian barang yang diserahkan oleh bagian gudang
  4. Menanda tangani Surat Perintah/Permintaan barang dan meminta copynya kepada bagian gudang.
  5. Menyerahkan barang kepada customer
  6. Menyerahkan Delivery Order kepada Customer untuk ditanda tangani.
  7. Meminta Delivery Order  lembar 1 & 2 yang sudah ditanda tangani
  8. Menyerahkan delivery Order lembar 1& 2 kepada  bagian Invoice  (melalui Kurir)
  9. Menyerahkan Surat Perintah Pengeluaran barang yang telah ditandatangi ke bagian Stock & Delivery. (melalui Kurir)

Bagian Invoice/Faktur

  1. Menerbitkan Faktur berdasarkan data delivery order yang telah di entry oleh bagian stock & delivery. Pembuatan faktur ini cukup dengan memasukan nomor order penjualan yang sudah direkam file server
  2. Menerbitkan faktur pajak.
  3. Menerbitkan listing penjualan harian
  4. Mendistribusikan Dokumen
    1. Invoice/Faktur, Faktur Pajak lembar ke-1, Deliveri Order lembar ke-1 ke bagian Kredit
    2. Tembusan Penjualan ke pemegang buku piutang
    3. Tembusan Jurnal, Faktur Pajak lembar ke-2, Faktur Pajak Lembar ke-2 Ke bagian buku besar
  5. Mengarsip Invoice lembar ke-4, Delivery order lembar ke-2, faktur pajak lembar Extra Copy.

Bagian Administrasi Keuangan

Bagian administrasi keuangan adalah bagian yang menjalankan fungsi akuntansi yang bertanggung jawab mencatat transaksi keuangan dan menyusun laporan keuangan. Bagian administrasi keuangan yang berhubungan  dengan system penjualan adalah :

Bagian Piutang

  1. Menerima faktur lembar ke-2  & 3 dari bagian Invoice
  2. Merekam data transaksi penjualan dengan cara memasukan nomor order penjualan. Perekaman meliputi data transaksi piutang
  3. Mengarsip lembaran faktur lembar ke-2 urut tanggal
  4. Mengumpulkan faktur lembar ke-3 dalam suatu periode harian
  5. Menyerahkan satu kumpulan (batch) dari faktur lembar ke-3 bersama batch control sheet bersangkutan ke bagian buku besar.
  6. Membuat surat penagihan

B. Bagian buku besar

Bagian Jurnal Penjualan

  1. Menerima copy list penjualan harian  yang dilampirkan copy faktur (tembusan Jurnal)  dan Delivery Order lebar ke- 2 yang telah diverifikasi oleh penerima barang.
  2. Menerima copy Faktur Pajak.
  3. Mencatat Jurnal transaksi Penjualan

Bagian Jurnal Pembelian

  1. Menerima  Copy Po dari bagian pembelian
  2. Menerima bukti penerimaan barang dari bagian penerimaan
  3. Mencatat Jurnal transaksi yang menyebabkan timbulnya utang

Bagian pengolahan IT/Data elektronik

Bagian IT tidak melakukan fungsi pemasukan data karena semua input telah dimasukan melalui terminal masing-masing bagian. Yang dilakukan oleh bagian ini adalah mengendalikan arus informasi dan mengevaluasi laporan-laporan yang dihasilkan oleh sistem informasi yang selanjutnya diserahkan ke bagian yang berwenang untuk dapat menentukan tindakan apa yang perlu dilakukan.

Bagian IT memberikan support terhadap berjalannya arus informasi  dengan baik, pengendalian proses, pemilihan teknologi dll.

Jumlah personal untuk mengisi bagian-bagian tersebut diatas sangat tergantung pada kebutuhan dimana ada bagian yang dapat digabung sehingga beberapa bagian ditanggani oleh seorang personil dan sebaliknya ada bagian yang harus dimekarkan sehingga satu bagian diisi oleh beberapa personal. Arus dokumen disesuaikan dengan bagian yang ada.

By. Zulidamel Badri. Skom, Versi  : 1  Revisi  : 1, Mei 2005


[1]  Badriwan., System Komputer Akuntansi (Yogyakarta : UGM Press 1988), edisi pertama hal  109

78 Tanggapan

  1. saya bisa minta source codenya g soalnya saya mau belajar buat program kaya gitu….????plese kirim di amail saya ya didiet_007@yahoo.com

    thanks.

    Zulidamel:
    Untuk belajar harus dimulai dari dasar supaya memahami setiap baris code programnya. Kalau saya kirimkan yang sudah jadi tentunya kamu tidak termotivasi untuk belajar seperti halnya dengan penggunaan CMS. Sehingga bisa menggunakan tapi tidak mengerti isi nya. Sebagai Contoh WordPress, source code nya didistribusikan di Internet namun tidak mudah untuk mempelajarinya. Jadi saya akan posting yang penting-penting saja. Ok!…

  2. Mas,, aliran sistemnya pke DFD n MappChart gk? klo ada, saya minta ya mas….. Sy lg bgg cari bahan tuk skripsi sy. Buat mas,,tambah maju n sukses slalu…. AMIN

    Zulidamel :
    Saya sudah coba cari namun belum ditemukan, kalau ketemu akan saya kirimkan. Tapi sepengetahuan saya kalau DFD untuk sistem penjualan, banyak dibahas dalam buku teks misalnya buku Yogiyanto HM.

  3. bisa bantu kirimin contoh invoice tagihan pekerjaan

    Zb: Mohon ma’af saya tidak menyimpan bentuk invoice yang anda maksud, namun prinsipnya adalah sama saja dengan invoice yang lain. Bedanya dengan invoice penjualan biasanya dibagian awal disisipkan nama pekerjaan sebagai judul misalnya nama project, lalu dibuat detail pekerjaan.

  4. tolong kirimin sistem informasi untuk penjualan dengan sistem job order costing untuk menghitung hpp secara otomatis

  5. Saya sedang membuat proposal TA dengan judul “Sistem Informasi Penjualan kredit Barang Dagangan di PT….. tapi saya belum dapat Landasan teori dari penjualan dan barang dagangan, mas bisa bantu saya ga! soalnya waktunya dah mepet.
    tolong dikirim ke Email saya ya.
    makasih banyak & sukses slalu.

  6. saya mau buat sistem informasi invoice untuk laporan kerja praktik, tapi bingung mau merancangnya dan desainnya.. rencananya pakai VB dan databasenya mysql.. tolong ya di kirimi ke mail saya : y_rindra@yahoo.com

  7. saya mau memperoleh website/alamat yang bisa membantu saya untuk lebih mudah belajar tentang sistem informasi keuangan dan perpajakan. makasih.

  8. aq punya dikit permasalahan, misal bos aq punya uang Rp. 10jt trus bos mau mengisih gudangnya dan barang yang pas untuk mengisi gudang tersebut apa saja ?
    metode apa yang efektif untuk permasalahan diatas dan rumusnya apa dan sekalian penyelesaiannya/jawabannya? terima kasih

  9. saya mengalami kesulitan dalam mencari tujuan dibuatnya prosedur penjualan, untuk bahan laporan saya, tolong krimkan ke mail saya beserta sumber referensinya.. thank’s

    zb:
    Kalau saya dari sistem informasi, menyusun sistem akuntansi praktis agar dapat digunakan oleh pemakai sesuai dengan lingkungannya. Sistem untuk perusahaan yang satu dengan yang lain akan terdapat perbedaan karena pengaruh lingkungan tadi. Disini ada pendapat para ahli tidak dapat diterapkan sehingga harus ditolak dan diganti dengan prosedure yang sesuai untuk lingkungan tersebut. Sistem akuntansi penjualan ini adalah sub sistem dari sistem inventory, yang menangani hal-hal sesuai batasan yang diberikan. Referensi yang saya gunakan al:
    1. Sistim informasi manajemen
    2. Sistem Informasi Bisnis
    3. Sistem akuntansi.
    Anda harus baca buku sistem akuntansi, salah satunya Sistem akuntansi oleh Mulyadi penerbit UGM

  10. mas…tolong bantu saya dunk, saya lagi nyusun skipsi tentang sistem akuntansi penjualan kredit di dealer motor. Tapi saya ga tahu prosedurnya, apakah sama dengan prosedur penjualan mobil ?dan bagaimana jika perusahaan tersebut menggunakan leasing? mas please help me…………..balas ke mail saya ya….Tq fof your help.

    ZB.
    Kalau akuntansi mudah, ini baru susah!…
    Kalau nyusun skripsi tentang objek tertentu harusnya kamu pelajari dari objek tersebut. Dalam hal ini kamu pelajari dokumen dasar, prosedur-prosedur yang berlaku ditempat penelitian anda. Setelah itu jika menurut anda dari prosedur yang ada perlu dilakukan perbaikan agar sistem lebih efisien dan efektif, kamu kemukakan pendapat kamu dalam skripsi tersebut. Truss kalau menggunakan leasing?.. kamu harus pelajari prosedur leasing yang digunakan oleh perusahan tersebut. Ok.

    • pak zul,,saya lg nyusun skripsi di perusahaan finance,,tapi saya bingung buat lowchart sistem penjualan kredit nya.
      Tlong bantu saya yah pak,,

      ZB:
      Flowchart adalah gambaran dasar dari setiap aktivitas. Untuk itu anda harus memahami secara detil aktivitas yang terjadi/dilaksanakan pada setiap bagian pada perusahaan tersebut. Selanjutnya baru diikuti dengan analisa, apakah setiap aktivitas tersebut efisien, jika tidak maka peran peneliti untuk menawarkan sesuatu yang lebih baik.
      Kunci utamanya adalah menemukan titik awal dan akhir setiap aktivitas tersebut.

  11. saya seorang programmer yang berminat dalam bidang sistem informasi dan penjualan.. detail sistem yang dikemukakan sangat lengkap. Namun sy sangat berterimakasih apabila terdapat gambaran sistem dalam bentuk gambar flow dan lampiran2 yang digunakan dalam akuntansi penjualan. Dengan begitu saya dapat mengabstraksikan program serta basis data yang digunakan. Terima kasih sebelumnya.

  12. saya mahasiswi yang sedang menyusun skripsi mengenai sistem informasi penjualan piutang usaha penerimaan kas yang terkomputerisasi sebagai upaya meningkatkan efektifitas dan efisian pada pt.xxx, tapi saya belum mendapat gambaran tentang teori (konsep) yang akan saya tulis.. mas, pliz bantuin ya, kirim ke email saya. makasih banyak..

  13. saya sekarang bekerja sebagai admin di sebuah perusahaan industri Menengah yang belum pernah menerapkan sistem Akuntansi. Bisa bantu saya tentang flowchart akuntansi untuk industri? saya lagi bingung bagian-bagian apa yang harus di bentuk? trim’s

    Zb:
    Saya telah lama dibidang pengembangan sistem, namun saya berada dilapangan. Apa yang saya buat berdasarkan kajian yang ada di lapangan tersebut. Flowchart adalah salah satu alat untuk mengammbarkan suatu sistem tetapi sistem adalah suatu yang kompleks dimana sistem dari suatu perusahaan yang telah berhasil belum tentu dapat diaplikasikan pada perusahaan lain walaupun sejenis.

    Sebaiknya pekerjaan ini diserahkan pada konsultan. Kalau hanya untuk coba-coba, anda dapat mencoba menggambarkan apa yang anda kerjakan setiap hari.

  14. saya sedang menyusun tugas akhir tentang evaluasi sistem pengendalian intern pejualan kredit di perusahaan distributor yang sudah terkomputeriasi. kira-kira kelemahan yang dapat muncul dalam sistem yang terkomputerisasi apa saja? kalau misal penggunaan sistem aplikasi yang memakan banyak memory komputer dapat dijadikan sebagai kelemahan atau tidak.
    trimakasih…

    Zb:
    Salah satu syarat adalah “Efektif dan Efisien”. Berarti disini ada tuntutan bagaimana aplikasi dapat menggunakan memory dan sumber daya lainnya seminimal mungkin namun batasan untuk efektif dan efisien ini adalah relatif. Tidak dapat dikatakan berapa penggunaan memory yang dikatakan efisien.

    Pada awalnya programmer sangat dituntut untuk mampu mengalokasikan memory, sehingga aplikasi yang menggunakan memory relatif besar dikategorikan sebagai aplikasi yang jelek, namun saat ini tuntutan untuk itu sudah berkurang karena kemampuan komputer saat ini dan harga memory cukup murah.

    Dilhat dari segi efektif salah satu tolak ukur tentunya berhubungan dengan kecepatan dan kita tahu semakin besar aplikasi dalam penggunaan memory maka kecepatannya akan berkurang. Tetapi kenapa semua aplikasi sekarang menggunakan memory dan space penyimpanan yang sangat besar, pahal pada awalnya cukup dengan penggunaan disket.

  15. da… tolong wak da…

    ado kode program penjualan motor kredit ataupun tunai da…
    ado tugas da… paniang wak mancarinyo…

    baleh sajo ka email wak..

  16. maz,,aq mahasiswa smester 3 akuntansi..
    aq lg blajar ttg flowchart sistem penjualn..
    Aq msh blom ada bayangan bentuk flowchartnya gmana kalo sistem penjualan yg menyediakan jasa delivery,dengan sistem pembayaran COD(cash on delivery),,kira2 mas bs bantu aq g ksh cotoh bentuk flowchartnya..
    kl bs,kirim lewt emai saya aja..
    mohon pertolonganny..=)

    zb:
    Note : Sistem suatu perusahaan belum tentu sama dengan sistem perusahaan lainnya karena sistem sangat tergantung pada faktor lingkungan. Untuk perlu penyesuaian!…

    Lihat https://zulidamel.files.wordpress.com/2007/12/sasflow.pdf

  17. ass
    saya sekarang lagi mau belajar buat tugas dengan bahasa pemograman vb ,saya mintak tolong mintak subcode pemogramanya atau programnya.
    tolong bangt.
    wss.

  18. bang..aku mau tanya ne?!
    anda menulis definisi sistem informasi penjualan itu ambil dari buku apa?halaman?
    tolong sebutin sumber lengkapnya ya..
    aku butuh buat skripsi

    wish u all the best bang..

    ZB:
    Saya pikir itu bahasa saya sendiri untuk memberikan batasan sistem yang akan dibahas. Jadi bukanlah definisi. Bisa saja batasannya lebih kecil atau lebih luas tergantung ruang lingkup.

    Bila ditanya itu kata-kata dari buku siapa?, sulit menjawabnya karena banyak sekali buku sistem akuntansi, buku akuntansi dan buku mengenai informasi yang saya baca, namun seingat saya tidak ada yang merumuskan secara khusus mengenai definisi sistem penjualan. Bahan bacaan yang paling sering saya jadikan referensi adalah sistem akuntansi by Mulyadi UGM. Sistem informasi manajemen, Perancangan sistem informasi dan teknologo industri. Ok!..

  19. aq dpt tgs dr dosen bwt bikin flowchart ttg sistem penjualan dan pembelian dr perusahaan jasa travel,, tp aq bingung fungsi yg terkait apa aj,,
    karena waktu aq dtg k perusahaan travelnya mereka gk terlalu detail jelasinnya, Bisa bantu aq kak mas???
    Thx

    ZB:
    Banyak yang mengungkapkan sepeti yang anda alami. Anda tidak dapat menentukan fungsi terkait dari perusahan yang telah anda survei, hal itu adalah semata-mata kelalaian anda. Bagaimana anda setelah bekerja diminta untuk menentukan fungsi-fungsi yang harus bekerja pada suatu tiem, mengatur hubungan antar sdm agar efektif.

  20. selamat siang…..

    maaf, saya boleh minta penjelasan tentang sistem informasi akuntansi perusahaan dagang yaitu menyangkut sistem akuntasi penjualan, sistem akuntansi pengeluaran, dan sistem akuntansi konversi,serta sistem akuntansi yang berhubungan dengan keuangannya.

    saya kuliah di universitas cenderawasih, jayapura.

    Zb:
    Blog ini berisi diantaranya adalah hal hal mengenai akuntansi dan Sistem informasi. Saya akan terus berusaha menyempatkan diri untuk memberikan apa yang dapat saya berikan pada anda-anda yang sedang menuntut ilmu melalui blog ini. Silahkan anda telusuri blog ini sebagian sudah dibuatkan daftar isinya pada Halaman yang berjudul Akuntansi.

  21. selamat siang….

    semester ini saya baru akan menyusun skripsi mengenai after sales sevice perusahaan dagang & jasa….saya mau menanyakan beberapa hal, apakah after sales service yang berhubungan dengan perbaikan sistem atau isi ulang (refill) dapat dikatakan sebagai sistem penjualan jasa?? referensi buku seperti apakah yang sebaiknya saya pakai untuk bahan tersebut, karena saya tidak bisa memakai buku zaki baridwan ataupun mulyadi, karena kedua buku tersebut diperuntukkan untuk perusahaan manufaktur. karena saya membutuhkan untuk mengetahui referensi prosedurnya, bagia-bagian yang terkait dan dokumen yang digunakan…sebelumnya saya ucapkan terima kasih

    ZB
    Suatu perusahaan yang mempunyai badan usaha (CV,PT dll) disebutkan jenis perusahaannya berdasarkan bentuk usahanya Jasa, dagang atau Industri. Yang belum punya badan usaha juga kita ketahui dari bentuk usahanya. Namun Aktivitas usaha bisanya tidak tunggal seperti Toko komputer sebagai perusahaan dagang juga melayani jasa service. Layanan Jasa tersebut tidak akan merubah jenis prusahaan menjadi perusahan dagang dan Jasa. Itu tidak ada. Begitu juga sebaliknya sebuah perusahaan jasa juga terlibat dalam usaha dagang seperti yang anda maksudkan. Bentuk usahanya adalah Jasa namun juga dagang yaitu membeli Toner namun pembelian ini adalah bagian dari operasional Jasanya.
    Contoh yang lain Perusahaan Jasa Konveksi. perusahan ini membeli bahan yang akan di jahit dan sekaligus memproduksi bahan kain menjadi baju namun tetap saja disebut jasa konveksi. Jika berbadan hukum biasanya sudah besar tidak pernah ada disebut perusahaan jasa konveksi. Melainkan Industri Garment.
    Dari Contoh tersebut dapat disimpilkan jenis perusahaan dilihat dari usaha pokoknya. Dengasn demikian penghasilan dihitung dari usaha pokok dan dibagian akhir dicantumkan pendapatan lain-lain yang penghasilan diluar usaha. Ok!

  22. Askum, pak zul saya sedang membuat tugas akhir kuliah dengan judul Prosedur Penjualan Kredit di perusahaan saya. Namun saya masih bingung apa saja yang dibahas dalam bab IV,
    pleaz advise, apa saja ci yang harus dibahas di prosedur penj kredit utk TA, karena sampai sekarang pun sy masih bingung apa masalahnya yg hrs dibahas…
    Apakah sistem akuntansi dengan prosedur itu sama ato berbeda???
    Thx before ~,~

    ZB:
    Menurut saya, pada bab III anda sudah menganalisa sistem pada perusahaan anda, dilanjutkan pada bab IV adalah masalah terapannya. Disini adalah sistem itu sediri menurut versi anda. Dapat dikatakan sebagai perancangan sistem usulan dari anda. Seperti apa sistem penjualan kredit itu seharusnya. Mulai dari Diagram Contact, Erd, Syarat pemberian kredit, design dokumen yang digunakan, design bentuk laporan dll.

  23. oh begitu ya mas, berarti buku referensi apakah yang dapat saya gunakan untuk dapat mengerjakan Tugas Akhir saya untuk Bab 2 nya untuk dapat menemukan bahan mengenai prosedur, bagian dan dokumen yang terkait selain karangan mulyadi dan zaki…apakah ada referensi buku yang lain?terima kasih

    ZB:
    Umumnya buku-buku terbitan UGM bagus…

  24. terima kasih….artikel ini membantu saya menyusun tugas akir….tapi masihkah ada tulisan terkait dan refernsi yang terkait yang bisa saya jadika refernsi untuk tugas akir saya-

  25. wahh, tertarik tuh saya sama blognya. pak zul saya boleh ikut tanya yah, untuk pembahasan di bab 2 saya masih kekeurangan referensi untuk TA dengan jdl SISTEM DAN PROSEDUR PENJUALAN TIANG PANCANG (KREDIT) PADA INDUSTRI KONTRAKTOR DI PT WIKA. KR2 YANG PERLU DI BAHAS UNTUK EFISIEN DAN BERBOBOT (TEPAT SASARAN) ITU APA SJ YA? TRMAKASIH BGT SBLMNYA. TRUS REF NYA BS DRMB AJA YG TEPAT(DI ATAS TH 2000)?

    ZB:
    Pertanyaan anda sangat sulit untuk saya jawab karena permasalahannya ada di PT. WIKA dan saya sama sekali tidak mengenal prosedur penjualan yang diaplikasikan disana. Saya hanya pernah masuk kesana hanya dalam hal tagihan. Dalam menyusun TA, pokok permasalahannya adalah objek yang di pilih, dan biasanya dalam lingkup yang spesifik. Jadi jelas yang akan anda jelaskan adalah permasalahan-permasalahan yang anda temukan dan bisa berbeda dengan apa yang anda baca pada teks book.

    Masalah reference, saya tidak lagi jelajahi buku bahkan buku yang saya baca saja, saya ngak hafal siapa pengarangnya dan penerbitnya. Namun secara garis besar saya menyukai buku-buku terbitan UGM, bidang apa saja. sangat komunikatif. Ini hanya kata hati saya. Bukan promo. Pengalaman saya, membaca buku UGM saya mampu bertahan dalam waktu yang lama, ngak pake KKB.

  26. bisa minta contoh flowchart nya p g?
    klo bisa kirim ke email q ya…….
    gpl tak tunggu,,,,,,,,,,,

    Saya bikin program sudah ngak pakai Flowhart. OK!..

  27. Pak Saya pelajar Smk jurusan Akuntansi…….
    Pak saya mau minta bagan struktur organinasi order penjualan pada suatu perusahaan…
    tolang dikirimkan ke email saya ya pak….

    ZB:
    Dari sekian banyak perusahaan yang telah saya masuki, umumnya Hanya terdiri dari Marketing Manager, Supervisor, executive. Ada yang menggunakan staf administrasi ada juga yang tidak. Penggunaan kata marketing biasanya digunakan pada group perusahaan sedang perusahaan yang berdiri sendiri biasanya menggunakan kata sales. Pengetian kedua kata tersebut adalah sama.

  28. pak zul kalo penjualan barang dikirim setelah adanya permintaan pesanan dan sudah ada kesepakatan harga, kemudian dikirmkan invoice langsung setelah barang dikirim ( meskipun prsentase pengiriman belum 100%-sesuai perjanjian dalam kontrak), dan tagihan itu langsung di bayar lewat bank atau kadang pembayarannya menunggu sesuai kondisi perusahaan yang ditagih, itu tergolong dalam jenis penjualan apa ya pak, tunai apa kredit?
    trimakasih…

    ZB:
    Penjualan tunai dalam artian bahwa pembayaran itu dibayar per kas pada saat transaksi itu terjadi. Yaitu di Kasir. Dalam contoh yang anda berikan saya lebih cenderung mengatakan bahwa itu adalah penjualan kredit, karena bagaimanapun penagihan tetap melibatkan bagian piutang.
    Ada hal yang penting dalam hal penjualan tunai.
    1. Invoice langsung diterima oleh customer dan copy untuk buku besar langsung ke bagian akuntansi
    2. Bagian piutang tidak dilibatkan dalam penjualan tunai
    3. Perubahan persediaan dilakukan pada saat pembuatan invoice. (dalam sistem berbasis komputer) kalau pada sistem kredit pada saat pembuatan surat jalan.

  29. pak zul tolong bantu saya yang sedang mengerjakan laporan PKL mengenai PENJUALAN TUNAI. tolong dibantu mengenai flowchart dan sistem yang terkait. trims

    ZB:
    Beda Penjualan tunai dengan Kredit adalah hal pembayaran. Karena itu Invoice Tunai tidak masuk ke bagian piutang, Karena telah dibayar.
    Dalam hal Flowchart, saya tidak menyimpan flowchart karena dalam kenyataannya setiap diperlukan saya harus membuatnya sesuai dengan kondisi yang ada di lapangan. Ini sesuai dengan Prinsip akuntansi, bahwa sistem akuntansi adalah uniq. Dengan demikian saya lebih baik menggambarkan apa yang saya lihat dari pada mencari file yang tersimpan di komputer.
    Dalam aplikasi umumnya saya menerapkan prinsip penjualan kredit dengan asumsi bahwa semua tagihan dicatat pada buku piutang sekalipun invoicenya tidak diperlu dikirim ke bagian piutang karena sudah dibayar. Catatan piutang tersebut tidak akan muncul di bagian piutang karena langsung di perbaharui dibagian penerimaan kas. Dalam hal ini saja saya membuat hal yang berbeda dengan flow dokument.
    Baiknya masalah flowchart adalah kamu buat apa yang kamu pikirkan sesuai dengan apa yang diamati….

  30. pak,..
    saya mahasiswa banjarmasin kalimantan selatan,.
    saya lagii ada tugas Sistem Informasi Akuntansi,..
    mencari flowchart sistem penjualan dan pembelian perusahaan nasional dan daerah,…
    saya sudah mencari dan ber ulang kali,.
    tapi tdak menemukan sedikit pun,…
    saya minta bantuan bpak,.tuk membantu saya mencari sedikit tentang flowchart tersebut,..

    ZB:
    System sangat tergantung pada lingkungan sehingga system di suatu perusahaan umumnya berbeda dengan yang lainnya sekalipun jenis perusahaannya sama. Karena itu untuk membahas suatu sistem selalu ditentukan batasanya “Boundry”. Berikut ini adalah contoh Dokument Flow dari sistem Penjualan. https://zulidamel.files.wordpress.com/2007/12/sasflow.pdf untuk sebuah perusahaan dagang di Jakarta.

  31. saya sedang membuat tugas akhir tentang sistem penjualan kredit, disini saya kesusahan mencari buku referensi tentang sistem penjualan kredit tersebut. bantu saya donk untuk mencari buku tersebut…

  32. […] SYSTEM AKUNTANSI PENJUALAN […]

  33. Siang pak…

    saya Katarina dari Surabaya, skrg ini saya sedang membuat skripsi tentang “manfaat penerapan sistem informasi akuntansi penjualan terhadap proses penjualan online pada indonesia travel service di surabaya ”
    saya perlu definisi2 tentang sia penjualan, penjualan online, dan flowchart penjualan tunai & secara online….
    makasih banyak ya pak saya tunggu emailnya 🙂

  34. saya sedang mengerjakan skripsi tentang evaluasi sistem pengendalian intern thp siklus penjualan pada perusahaan trading….mw tanya ap perlu ada penjelasan tentang siklus pendapatan di skrip ini??ap ad hubunganx dengan skrip sy??thx

    ZB:
    Sebagai suatu syarat dalam penulisan ilmiah adalah menyebutkan referensi yang digunakan. Menunjukan kutipan yang akan memperkuat tulisan anda bahwa apa yang ada kemukakan berhubungan dengan pendapat pihak lain. Saya menulis Sistem Penjualan ini dalam rangka pengembangan sistem informasi penjualan untuk sebuah badan usaha yang bergerak dalam usaha perdagangan dan tidak untuk sebuah karya ilmiah sehingga saya tidak menyebutkan sumber mana saja yang saya gunakan sebagai referensi dan bisa jadi untuk badan usaha lain saya akan membuatnya dalam bentuk yang berbeda.
    Kemudian mengenai pertanyaan anda apa perlu dijelaskan hubungan dengan skrip anda?… untuk karya ilmiah tentunya anda jelaskan. tentunya tergantung anda akan menjelaskan pada titik pandang mana. Jika anda mengambil sesuatu sebagai suatu devinisi tentunya anda tulis sebagai kutuipan. Jika anda hanya menggunakan sebagai bahan bacaan maka sebutkan dalam halaman referensi dan berbagai aturan penulisan ilmiah lainnya.

  35. Ass,,saya lagi bingung buat tugas akhir ttg evaluasi pengendalian intern penjualan kredit,,bingung menemukan permasalahan,,biasanya masalah2 apa saja yg berkaitan ttg topik itu,,?
    makasih sblmny,,

  36. ass. mas saya skrg lg nyusun tp msh bingung tt skripsi saya yg berjudul analisis sistem pengendalian intern penjualan diminimarket koperasi pegawai…yg sy tanyakn,biasanya ketentuan sis pengendalian intern penjualan d minimarket itu gmn??trus biasanya faktor ” pengahambat utk melaksanakn sis pengendalian intern penjualan apa?coz sy kesulitan utk memperoleh data yg lengkap. thanks

    ZB:
    Anda keliru bila itu anda tanyakan pada saya karena saya tidak punya minimarket dan juga belum pernah melakukan penelitian khusus tentang minimarket. Yang jelas minimarket adalah perusahaan dagang dalam partai eceran. Kemumdian sesuai judul yang anda buat seharusnya anda mengumpulkan data dari beberapa minimarket namun untuk skripsi biasanya dipersempit pada area tertentu saja yaitu minimarket tentertu. Un tuk mendapatkan datanya anda harus berhubungan dengan manajemennya, bukan dengan spg , OB, atau kasir minimarket tersebut.

  37. Ini sudah bagus.
    Apa ada sistem dan prosedur pencatatan akuntansi penjualan yang sederhana, dan dengan contohnya sekalian?
    agar lebih memudahkan.

    ZB:
    Sistem informasi berkembang sejalan dengan perkembangan perusahaan. Tidak ada yang salah dengan manajemen tukang sate yang memproses berbagai transaksi mulai membeli bahan mentah mengolah, menyajikan dan menagih sendiri, yang pada akhirnya informasi yang dia butuhkan hanyalah berapa hasil penjualan hari ini dan tidak dicatat ke buku. Namun setelah usahanya semakin berkembang tuntutan kebutuhan itu akan meningkat. Mungkin dia membutuhkan pelayan, terus butuh kasir. yang tadinya tidak perlu dicatat sekarang perlu dicatat. Bila usahanya semakin berkembang dan mungkin melibatkan modal pihak lain, dia akan dituntut untuk membentuk badan hukum dan prosedur pencatatannya juga akan berubah. Dalam hal ini muncul kewajiban untuk melakukan proses akuntansi sesuai dengan kebutuhan manajemen dan pihak yang terkait dan tunduk pada aturan akuntansi. Kerangka akuntansi adalah baku, namun proses akuntansi yang dilaksanakan oleh satu badan usaha tidaklah sama dengan badan usaha lainnya, sekalipun bidang usahanya sejenis.

  38. mas aku lgi ngerjain TA program visual basic tp kok suka banyak yang salah patokan kesalahan yang biasa di visual basic ap sih mas biar aq bisa langsung tahu permasahan ya ap thank ya d tggu y blzny di E-mail aq

    ZB:
    Sama dengan yang saya alami waktu pertamakali belajar tentang VB. Itu dapat diatasi dengan 3 cara yaitu belajar belajar dan belajar lagi.

  39. saya bisa minta source codenya g soalnya saya mau belajar ….please kirim ke cecep.bali@yahoo.com

  40. Mas, boleh minta versi demonya ga? kirim lewat email diatas.
    so Brp harganya plus sourcecodenya?
    makasih.

    ZB:
    Sistem akuntansi penjualan (Receivable) adalah sub-sistem yang terintegrasi dalam ZULISoft Accounting, besama dengan Payable dan Cashbook. Versi demo belum sempat diperbaharui karena masih ada kesibukan lain. Permasalahan Harga anda lihat pada halam ZULISoft.

  41. assalamualaikum…
    salam kenal pak..
    pa saya mau minta tolong study kasusnya atau contohnya mngenai Rata-rata bergerak dalam perpetual system klo bisa saya minta softwarenya pak mengenai inventory control system.tolong bntu saya ya pak..saya sedang skripsi pak..
    mohon bantuannya ya pak.
    makasih bnyak pak.
    klo bisa saya minta source codenya dan databasenya agar saya bisa lebih mengerti,,mohon bantuannya..
    mksih bnyak..

    ZB:
    Anda dapat baca pembahasan di https://zulidamel.wordpress.com/2009/02/20/penilaian-persediaan/
    Harga pokok hanya akan berubah pada saat terjadi penambahan stock yaitu: Penerimaan Barang (harga net diluar PPn), Penghapusan data , perubahan data penerimaan termasuk rerur pembelian, pengembalian barang sisa produksi (Hpp saat pengambilan barang) dan, Retur penjualan.

    Perhitungan ditangani oleh fungsi yang berisi rumus seperti yang telah ada dalam pembahasan tersebut dan hasilnya akan disimpan dalam field Hpp.

  42. mas .. tolong bantu saya.. saya sedang menghadapi uas tetapi saya harus maju untuk persentase tentang flowchartnya sistem piutang dagang,,, tolong di buatkan mas… yg jelas dan tidak membingungkan.. aku mohon bantu aku, ,. .

    ZB: Sudah sangat lama saya tidak menggunakan flowchart secara tertulis dalam pemrograman.

  43. mas boleh minta file prosedur penjualannya g,soalnya mo aq buat bahan referensi skripsi aq,makasih

    ZB:
    Semua yang saya muat di sini ditujukan agar dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan?…

  44. saya mnta tolong ?
    apa2 saja yg perlu dpertanyakan tentang judul TA saya yg bersangkutan dengan SISITEM AKUNTANSI PENJUALAN pada PT COCACOLA? krn saya mau membuat quiesener?
    trimakasi ?
    kirim ke e_mail saya aja ya pak…….
    merry.cahyoo@yahoo.com

    ZB:
    Saya hanya punya konsep dasar dalam pengembangan sistem informasi yaitu Apa yang mereka laukan saat ini, apa kendala yang mereka hadapi, apa yang mereka tidak dapatkan dari sistem yang telah ada. Selanjutnya saya akan mempelajarinya untuk menawarkan solusi. Solusi yang ditawarkan erat kaitannya dengan sistem yang ada pada mereka apa yang mereka inginkan. Bila mereka merasa telah puas dengan sistem yang ada kita harus mampu menampilkan cara yang lebih baik menurut ilmu pengetahuan yang kita miliki.

  45. Ada gak ya aplikasi untuk keuangan sekolah yg komplit?Trims

    ZB:
    Tidak akan pernah ada batas komplit untuk kebutuhan yang selalu berubah.

  46. mas mo tanya klo penjualan motor secara tunai. 1 motor 1 faktur apa 1 faktur bisa banyak pembelian/motor

    ZB:
    Sebelumnya saya koreksi dikit, tidak ada faktur pembelian, adanya hanya faktur penjualan. Karena itu yang buat faktur penjual. Pembelinya aja yang keliru, sering menyebut faktur pembelian.

    ZB:
    Yang saya tahu jika penjualan kepada pemakai, satu motor harus satu faktur karena untuk pengurusan surat setiap unit motor diperlukan faktur. Namun kalau penjualan dari pabrik ke dealer atau dari dealer ke dealer yang lain boleh saja satu faktur untuk banyak motor.

    • makasi sebelumnya ny mas.
      saya mau tanya lagi ny mas klo no.rangka dan no.mesin masuk ke faktur penjualan apa ga sih mas.
      soalnya saya lagi nyusun program penjualan motor tunai buat TA ny mas.
      saya bingung cara masukin stock barangnya di form transaksi, klo no.rangka&mesin masuk ke faktur. gimana cara nulisnya kan setiap barang punya no.rangka&mesin yang beda-beda

  47. oya mas ketinggalan ny mas ada contoh faktur penjualan motor secara tunai ga mas

    ZB:
    Saya sudah tidak menimpannya.

  48. makasih sebelumnya ny mas.
    saya mau tanya lagi ny mas klo no.mesin & rangka motor masuknya ke faktur penjualan apa ga sih mas.
    soalnya saya bingung ny mas klo no.rangka & mesin masuk ke faktur nanti gimana cara masukin stok motor/barangnya ke form barang & form transaksi soalnya setiap motor kan pasti punya nomor mesin&rangka yang berbeda-beda.soalnya saya lagi buat program penjualan motor secara tunai buat TA ny mas.
    tolong bantuannya mas

    ZB:

    Faktur penjualan kendaraan bermotor memuat informasi kendaraan secara detil No mesin, rangka , merk, nama pabrik tahun pembuatan, termasuk nama kapal yang mengangkut motor tersebut bila motor built-up. Bila Dirakit dalam negeri maka disertakan nama perusahaan yang merakit.

    Masalah form masukan, anda perlu pelajari lagi design database agar anda dapat membentuk tabel relasi untuk penyimpanan data persediaan secara detil.

  49. Mas untuk software penjualan shoroom mobil ada ga? boleh saya minta demonya?

    ZB:
    Jangankan untuk membuat, untuk berfikir akuntansi showroom mobil saja ngak ada.

  50. mas, saya sedang mengerjakan proposal Skripsi tentang pemesanan barang , saya masih bingung ma identifikasi masalah dan alur programnya.
    tolong beri saya referensi yang berkaitan dengan itu, dan kirim ke E-mail saya saja..
    terima kasih

    ZB:
    Masalah anda adalah permasahaan penguasaan lapangan, kalau orang seni bilang penguasaan panggung. Semua dikembangkan dari materi dasar yang telah dipelajari. Hasil yang diperoleh akan berbeda antara lapangan yang satu dengan lapangan yang lainnya Sesuai dengan konsep bahwa sistem akuntansi adalah uniq.
    Saya hannya dapat memberitahukan bahwa dalam bock ini saya pernah menulis sistem akuntansi pembelian yang saya balik dari sistem akuntansi penjualan, coba anda telusuri.

  51. Ass..
    Sy mhsiswa akt smestr akhr,sy mau tny kira2 cntoh mslh dlm sistem akt penjualan manual yg tdk bs diselesaikn dgn sistem akt penjualan berbantuan komputer dn SPI contohnya mslah ap y?
    Trimaksh bnyk bantuannya.

    ZB:
    Saya tidak tahu yang tidak bisa diselesaikan dengan sistem berbantuan komputer. Yang saya tahu bila permasahannya masih mampu dipenuhi dengan cara manual tanpa komputer maka tidak perlu pakai komputer.

  52. pak tau mas saya mau tanya bagaiman ya prosedur penjualan spare part?

  53. ada ga literatur tentang prosedur atau sistem penjulan yang baik.
    kalo ada tolong di posting dong,
    trims

  54. sya mahasiswi yg kbetulan skg lgi buat KTI utk D3 akuntansi,, trus sya ngambil jdul “Dampak Sistem Penjualan Kredit” pada dealer motor gtu,, tpi koq susah bnget ya dpat buku2 yg mmbahas ttg penjualan kredit it.. jdi gmna donk?? blh gk sya mnta bntuan, spya bsa di kirimkan pngarang2 buku ttg jdul sya itu.. trus biasa jdul sya it mmbahas ttg apa ya???
    mhn infonya ya mas..
    in email sya:: Nindyahudji@yahooo.co.id

  55. Masnya pinter banget deh kayaknya untuk urusan seputar akuntansi. Kuliah dimana mas? Ada referensi buku bagus dan murah nggak mas?

    ZB:
    Biasa! maunya bagus tapi murah, masih kalah sama referensi yang saya berikan, bagus malah gratis.

  56. asslam,, mas mau nanya nih, skitar sistem penjualan, sya mhasiswa Diploma III akuntansi, ingin menanyakan bgaimana jika suatu prusahaan pda fungsi penjualannya digabung,? mksudnya tdk ad pemisahan antara bagian order penjualan dgn bgian pengiriman,, brmasalah gk tuh?? n bgaimana jika pejualan nya dilakukan dengan leasing?bgmana cara pencatatannya?

    ZB:
    Akuntansi berkembang sejalan dengan perkembangan perusahaan. Tidak ada yang salah dengan manajemen tukang sate yang pada mulanya hanya dikelola sendiri oleh pemiliknya. Setelah berkembang muncul kebutuhan yang harus dipenuhi. Jadi selama belum dibutuhkan pemisahan bagian yang satu dengan yang lainnya bukanlah masalah.

    Saya menemukan dua masalah dalam hal leasing. Dalam konsep leasing sebenarnya adalah sewa, semua pengeluaran untuk itu dicatat sebagai biaya sewa, namun dalam praktek di lapangan pembelian kredit juga sering disebut leasing pada hal leasing dan pembelian kredit jelas sangat berbeda dimana pembelian kredit berhubungan dengan penambahan asset tetap dan hutang kredit investasi. Akuntan seharusnya dapat membedakan hal ini.

  57. siang,,,, mau tanya ni, kalo invoice itu apa khusus di faktur penjualan saja,,,, thanks before…………

    ZB:
    Invoice adalah nama lain (Inggris) dari faktur penjualan

  58. siang pak,
    pak boleh minta contoh sripsi atau tugas akhir tentang sistem informasi akuntansi penjualan, untuk refernsi tugas akhir saya mohon bantuanya terimakasih sebelumnya
    ZB:
    Mohon ma’af ?… saya punya

  59. Assalamualaikum, pak saya mahasiswa D3 akuntansi tingkat akhir. Pak saya mau tanya bagaimana prosedur penjualan melalui online pada distro dari mulai pemesanan barang sampai prosedur pencatatannya (dengan pembayaran melalui transfer bank dan pengiriman dilakukan oleh perusahaan jasa pengiriman), saya sangat butuh informasinya pak, karena di buku mulyadi penjualannya melalui COD (pengirimannya dilakukan perusahaan penjual dan baru diterima pembayaran dari customer setelah barang dikirimkan oleh bagian pengiriman. Mohon bantuannya pak. terimakasih.

    ZB:
    Prinsipnya prosedure adalah aturan yang dibuat oleh suatu badan usaha untuk mengamankan proses bisnisnya. Yang tidak kalah penting adalah kesepakatan mengenai syarat penyerahan barang dan pembayaran antara penjual dan pembeli. Itu berlaku baik untuk penjualan online maupun offline. Pastinya syarat2 itu ditentukan berdasarkan kesepakatan bersama atas dasar saling percaya. Untuk memperoleh saling percaya tersebut ada syarat tertentu yang harus dipenuhi baik penjual maupun pembeli antara lain didukung dengan legalitas perusahaan. Tanpa ada syarat itu mustahil saling percaya tersebut tercapai.

    Salah satu alat pembayaran online yang telah dipercaya secara international adalah paypal. anda dapat telusuri aturan yang berlaku melalui kata kunci paypal.

    Pada umumnya penjualan online menerapkan pembayaran dimuka maksudnya penjual hanya akan melakukan pengiriman setelah mendapatkan suatu jaminan pembayaran atau telah menerima bukti pembayaran(setoran ke bank) atau adanya jaminan dari pihak ke tiga seperti Bank atau lembaga keuangan lainnya. Masalah pencatatannya tidak ada bedanya dengan penjualan offline, karena online dan offline hanyalah masalah media yang digunakan, dan kecenderungan dunia bisnis mengarah pada penggunaan media online.

  60. Assaalamualaikum. Terimakasih pak atas informasi mengenai prosedur penjualan online, sangat membantu di dalam menyelesaikan Tugas Akhir saya. namun masih ada yang saya ingin tanyakan pak.
    1. fungsi yang terkait
    2. dokumen yang digunakan
    3. catatan akuntansi (jurnal-jurnal)
    pada penjualan online itu apa saja ya pak?
    mencari referensi mengenai teori ini sulit ditemukan pak. Mohon bantuannya lagi pak. Terimakasih.

    ZB:
    Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, bahwa penjualan online dan offline perbedaannya terletak pada media yang digunakan. Dengan media online semakin luas wilayah jangkauan pemasaran, sekamin mudah untuk mendapatkan informasi sekaligus semakin tinggi tantangan dan resiko yang mungkin terjadi. Untuk itu pelaku menetapkan prosedur untuk mengamankan bisnisnya sesuai dengan kebutuhan masing2. Tentunya hal yang utama adalah skala bisnis. Dalam pemahaman umum penjualan online adalah skala kecil. Alat pembayaran yang terkenal adalah paypal, Visa. Padahal perdagangan international/export-import bahkan perdagangan lokal skala besar juga dilakukan secara online, Delivery dan pembayaran juga dilakukan melalui jasa pihak ketiga, Penjual dan pembeli hanya saling mengenal melalui alat komusikasi dan surat2 elektronik. hanya saja dalam hal ini pelaku didukung dengan legalitas yang menjamin keberadaan mereka. Fasilitas untuk melakukan transaksi pembayaran disediakan oleh lembaga keuangan seperti LC, SKBDN, RTGS, cek, giro dll. Untuk itu tentunya pelaku terlebih dahulu mendapatkan fasilitas dari lembaga keuangan. Segala aturan/persyaratan ditentukan oleh pemberi fasilitas.
    Mengenai dukumen dan catatan akuntansi dapat saya katakan tidak ada bedanya. Sedangkan fungsi terkait sangat tergantung pada skala bisnis.

  61. […] klik here Download doc Download […]

  62. permisi,, tulisannya bagus jg.. boleh saya minta ERD/normalisasinya?
    kirim ke email ya

  63. Dari penjelasan2 diatas, serta komentar…saya dapat menerima informasi tentang sistem informasi akuntansi penjualan, mudah2an bisa bermanfaat bagi saya dan teman-teman yang lainnya.Terimakasih

  64. ijin save gan 🙂

  65. selamat siang,
    pak saya mau nanya..
    saya mahasiswa d3 akuntansi tingkat akhir.
    masih bingung cari judul skripsi..
    saya pengen ambil di penjualan tunai perusahaannya di multilevel marketing judul yg bagus apa ya?
    klo sistem dan prosedur penjualan tunai di pt.x (multilevel marketing) gimana?
    terus minta referensinya,makasih sebelumnya

    ZB:
    Mohon ma’af!, saya tidak punya

  66. baguskarya ini \,dapat memudahkan dalam mencri ilmu pengetahuan karena dapat materi belajar denga cepat dan jelas

  67. wuih, ternyata rumit banget yah, gak cukup sebulan untuk menguasainya. terimakasih bos, semoga memberi manfaat buat saya.

  68. Mau tanya donk, bedanya berbasis, berbantuan dan terkomputerisasi itu apa ya?? soalnya yg saya ketahui aplikasi yg d desain sama, output yg di hasilkan pun sama,.
    ZB:
    Sepertinya anda keliru, Akuntansi itu uniq sesuai dengan pengaruh lingkungan. Namanya boleh sama namun isinya tidak. Yang benar menurut seseorang bisa salah menurut yang lain. berbasis, berbantuan, dan terkomputerisasi adalah masalah komposisi elemen komputer yang digunakan. Dalam aktivitas sehari2 saya sering mengungkapkan di Indonesia sa’at ini masih banyak orang menggunakan komputer hanya sekedar menggantikan mesin tik dimana mereka menggunakan komputer namun tetap menggunakan metode mesin tik. Hal ini dapat dikatakan benbantuan komputer namun tidak berbasis komputer. Sedangkan terkomputerisasi dimana penggunaan elemen komputer sudah jauh lebih banyak sehingga ketergantungan pada manuasia sudah sangat sedikit.

  69. saya mau bisnis kredit barang – barang elektronik tp sistemnya masih bingung dan kalau mau buat cashflowmya gmn caranya ya pak …. trims

    ZB:
    Baru mau saja sudah bingung gimana ntar udah jalan!… Cashflow itu hanya aliran kas masuk dan kas keluar ya tinggal catat berapa cash masuk dan berapa cash keluar lalu dikelompokan untuk apa2 saja?…

  70. Bos minta tolong diberikan contoh bagan alur penjualan dari persiapan sampai pengiriman barang.

    tksh

    Coba telusuri halaman e-Books

  71. saya lgi mo nyusun skripsi SIA ttg pnjualan kredit bisa krimin cntoh ERD ato REA dri pnjualan kredit gak,..please,..
    krim ke email yach,..
    makasih,…:)

  72. gan blh minta dirimi source codenya dong ke kidoseno85@ymail.com tq

  73. malam. saya lagi nyusun skripsi yg jdlnya sistem informasi penjualan pada cv tunas otto pratama motor dg menggunakan visual basic .6.0, maaf sblmnya kira” yg di bahas apa ya ,please bantu sya,

  74. titin,
    sore…saya minta programny utk membuat faktur penjualan dan surat jalan/DO…dan bagaimana sistem akuntansinya untuk masuk ke program datanya….?

  75. ass
    pak saya mau nanya ne saya lagi nyusun skripsi dgn judul “analisis sistem dan prosedur penjualan pada perusahaan multilevel marketing”
    ada refrensi buat bahan gak pak???
    bingung ne pak
    ZB:
    Ma’af ya?… saya tidak punya reference tentang ini.

Tinggalkan komentar