Kerangka Sistim Akuntansi


System informasi akuntansi (SIA) adalah suatu fungsi yang melaksanakan tugas pengolahan data financial menjadi informasi yang dibutuhkan bagi pemakai di dalam maupun di luar perusahaan. SIA bertanggungjawab menyediakan informasi  keuangan bagi tiap elemen lingkungan kecuali pesaing. Sehubungan dengan kebutuhan informasi keuangan adalah kebutuhan manajemen level atas sehingga SIA hanya melayani informasi yang berorientasi kepada manajemen level  atas tersebut.

Sistem Komputer akuntansi berkembang seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan ilmu pengetahuan dimana yang dibutuhkan bukan hanya financial melainkan juga operasional (non financial) dan yang membutuhkan informasi bukan hanya manajemen level atas melainkan semua level manajemen. System Akuntansi komputer mendukung manajemen terbuka, Namun masih banyak organisasi yang menerapkan manajemen tertutup. 

System akuntansi pokok terdiri dari klasifikasi rekening Buku besar, Jurnal dan bukti transaksi. Masing-masing unsur tersebut saling terkait membentuk suatu prosedur pencatatan. 

Berikut ini adalah hubungan masing-masing unsur dengan prosedur lainnya

System dan Prosedure Jurnal Bukti transaksi Buku Besar
1. Penjualan Penjualan Faktur penjualan Rekening Piutang, penjualan
2. Penerimaan Kas Kas Bukti Penerimaan kas Rekening piutang, dan kas
3. Pembelian Pembelian Faktur Pembelian Rekening Persediaan barang
4. Pengeluaran Kas Kas Bukti Pengeluaran Kas Rekening Utang dan Kas
5. Payroll Umum Daftar Gaji/ Faktur biaya Rekening Gaji & Upah, Potongan, Utang gaji

Tabel di atas menunjukan bahwa dari setiap prosedure akan menghasilkan bukti transaksi. Catatan  dalam jurnal akan diposting ke rekening buku besar.  Tabel tersebut adalah sekedar untuk menunjukan hubungan antar elemen, dalam pelaksanaanya dapat bervariasi, tergantung dari metode yang dipilih.
 

About these ads

22 Tanggapan

  1. dh…bisa bantu saya dlm Flowchart dokumen & flowchart program u/ kategori pembelian dan penerimaan kas pd perusahaan yg dgn status tbk? tks

  2. Bung Dedy..! Akuntansi suatu perusahaan berbeda dengan perusahaan lainnya sekalipun perusahaan itu sejenis. Hal ini erat kaitannya dengan faktor lingkungan yang ada pada perusahaan tersebut misalnya struktur organisasi, besar/kecil perusahaan, sumberdaya yang tersedia dan banyak lagi yang lainnya termasuk perilaku dalam organisasi. Pada perusahaan tbk tentunya akan ada lagi kemungkinan terpengaruh oleh sistem akuntansi yang berlaku di negara lain. Saya selalu memperhatikan hal-hal tersebut dan sistem berjalan. Demikian juga dengan aplikasinya.

  3. Bung…bisa bantu saya buat bagan sistim penjualan secara kredit?

    Zulidamel :
    Bagan Dokumen flow sistim penjualan perusahaan dagang dapat anda download melali page interest namun mohon ma’af saya tidak menemukan lagi DFD nya. Jadi saya tidak dapat berikan DFD.

  4. bung bisa jkelaskan mengenai sistim penjualan menggunakan voucher dan artinya

  5. bung, bisa minta tolong kasih contoh software sistem informasi akuntansi donk.. dalam bentuk bahasa pemrograman pascal makasih sebelumnya…

    Zb: Bahasa pemrograman visual yang menggunakan bahasa pascal adalah Dephi, namun saya tidak pengguna delphi. Mohon ma’af saya tidak dapat membantu anda!…

  6. [...] KERANGKA SISTEM AKUNTANSI Pengumpulan data, Manipulasi Data, Penyimpanan data, Penyiapan Dokumen, Klasifikasi Rekening, Kode Rekening, Transaksi, Bukti transaksi , Jurnal dan Posting Bentuk laporan keuangan, Menyusun Laporan Keuangan [...]

  7. kang, saya bisa dikirimi sistem akuntansi perusahaan Outsourching gak kang? Gaji karyawan outsourching termasuk pendapatan gak buat perusahaan penyedia jasa?
    Makasih sebelumnya kang!

    Zb:
    Untuk masalah sistem akuntansi, perusahaan outsorching adalah perusahaan jasa. Hasil usaha utamanya adalah penjualan jasa. Perbedaannya dengan perusahaan lain (dagang, Industri) adalah bahwa perusahaan ini tidak mempunyai persediaan.
    Untuk masalah gaji, mohon ma’af sampai saat ini masih merupakan hal yang sangat sensitif karena itu menjadi rahasia perusahaan.

  8. Kalau boleh nanya nech kang, kalau kita perusahaan outsourching, gaji karyawan outsourching itu kita masukkan dalam pos apa kang. gaji karyawan outsourcing reimbust ke costumer.
    satu lagi kang, claim asuransi ?

    Zb:
    Seandainya perusahaan anda yang membayarkan kepada karyawan, tentunya dianggap sebagai Biaya gaji. Akan berbeda bila gaji tersebut dibayarkan langsung oleh perusahaan pengguna dan perusahaan anda hanya menerima fee sebagai pendapatan.

    Bila asuransi yang dimaksudkan adalah asuransi tenaga kerja. Kelompoknya adalah Biaya gaji, kalau ingin terlihat tempatkan sebagai sub rekening dari Biaya Gaji.

  9. tolong bantu gw dunk, gmn sich bikin flowchart sistem penagihan piutang di perusahaan jasa.

  10. bos, bantu dong cara penyajian sistem infomasi laporan keuangan untuk usaha rental mobil
    ZB:
    Laporan keuangan sebenarnya sama setiap perusahaan. Yang berbeda adalah nama rekening sesuai dengan jenis usaha. Misalnya Rekening penghasilan pada perusahaan dagang adalah penjualan ( dapat di rinci sesuai klasifikasi barang dagang ) sedangkan rekening Penghasilan pada rental mobil tentunya Pendapatan rental, mungkin dengan nama lain yang lebih punya gengsi. Lebih jelasnya lihat halaman Klasifikasi rekening.
    Untuk menyusun Laporan keuangan juga sama yang berbeda adalah tingkat kompleksitas aktivitas yang terkait dengan usaha tersebut.

  11. kang,bisa bantu flowchart usaha dagang utk koperasi.tanx

    Zb:
    Flowchart sistem secara umum untuk usaha dagang sangat banyak diperkenalkan dalam buku teks sistem informasi. Permasalahannya sistem akuntansi setiap perusahaan adalah uniq, jadi untuk membuat flowchart yang sesuai dengan suatu perusahaan kita harus mempelajari struktur organisasi, elemen lingkungan perusahaan tersebut dan banyak lagi hal-hal lainnya yang ada pada perusahaan tersebut dan tidak ditemukan pada perusahan lain atau sebaliknya. Itulah kesulitan saya untuk memenuhi permintaan anda.

  12. bisa minta tolong ga? apa hubungan sistem akuntansi dengan sistem penjualan?makasih

    zb:
    Sistim penjualan adalah sub-system dari sistim akuntansi sedangkan sistim akuntansi sediri merupakan sub-system dari sisim Informasi.

  13. Ass. Wr wb. pak saya bingung bagaimana memulai pembuatan laporan kuangan krn saya sama sekali nol masalah akutansi, sementara ini pembukuannya saya hanya tulis sederhana : masuk dan keluar lalu saldo, saya sekarang mendirikan perusahaan yg bergerak dibidang jasa. dimasukkan kemana pengeluaran utk pembuatan pt. spt pembuatan kelengkapan surat2 utk pt. trims wass.

  14. hi mohon bantuannya ya..apakah benar?
    Desember 2007, Cash-Ending Rp.30.388.107,
    di January 2008, akan jadi Cash-Beggining Rp. 30.388.107

    trimakasih,.

    egi

    Zb:
    Benar?…
    Note: Ending 31 Des 2007 & Start 1 Januari 2008

  15. Asslm, pak bs tlg kirim ke email sy contoh flowchart sia perusahaan industri etanol. sy kbingungan memahami flowchart dan DFD. tks.

    ZB:
    Masalah Flowchart & DFD adalah masalah dasar sistem informasi, yang menggambarkan bagaimana arus informasi yang berjalan dalam suatu sistim. Itu harus anda ciptakan berdasarkan temuan di lapangan atau kemauan anda sendiri seharusnya bagaimana menurut cara anda. Jadi jangan anda hafal kalau Flowchart & DFD perusahaan A begini B begitu. Untuk perusahaan yang sama saja seringkali saya harus merubah Flowchart & DFD untuk disesuaikan dengan perkembangan. Anda harus berusaha untuk dapat membuat Flowchart dan DFD.

  16. gimana ya gambar flowchart kas kecil??

  17. ka’ bantu dong…..sy ank baru d’universits n in adlah tgs awlq….sy disrh buat RMK (Ringkasan Mata Kuliah) tentang arti dari kerangka akuntansi ma akuntansi dan penggunaannya…tolong dong ka’….mksh sbelumnya

    ZB:
    Di Block ini ada yang berjudul kerangka akuntansi, namun sebagai mhs/i anda harus punya banyak referensi.

  18. sebenarnya secara singkat sitem akuntansi itu ap c?
    dan bagaimana cara untuk mudah mahaminya?

  19. sebenarnya bagaimana car paling mudah untuk dapat memahami sistem akuntansi dengan cepat?

  20. gimana cara nya membaca flowchart yg baik dan benar tolong diskipsiin

  21. bayangin ajj flowchart nya,,,bayangin qta berada di sistem itu,…pasti kmu bs membaca flowchart dngn baik dan benar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 75 pengikut lainnya.