Harga Pokok


Harga pokok dikenal dengan nama singkatnya “HPP” adalah salah satu komponen dari laporan laba rugi,  yang menjadi perhatian manajemen perusahaan dalam mengendalikan operasional perusahaan. Bila berbicara mengenai HPP, kita temukan 3 macam harga pokok yaitu harga pokok persediaan, harga pokok produksi dan harga pokok penjualan. Ketiganya adalah komponen yang yang saling terkait namun bila kita mendengar perkataan HPP, maka kita harus konsen mana yang dimaksudkan. Permasalahan itu timbul karena perbedaan kebutuhan masing-masing tingkat manajemen. Manajer bagian pembelian (Purchase Manager) lebih fokus pada harga pokok persediaan, manajer produksi (production manager) atau manajer operasional (Operation Manager) lebih focus  pada harga pokok produksi. Manajemen tingkat puncak tentunya akan lebih cenderung focus pada harga pokok penjualan.

Komponen yang paling besar dalam operasional perusahaan pada perusahaan dagang maupun perusahaan industri adalah persediaan. Karena harga pokok persediaan adalah bagian dari persediaan yang telah digunakan, Jadi perhatian lebih besar ditujukan pada harga pokok persediaan cukup beralasan. Namun hal itu tidak  cukup bagi manajer operasional karena komponen biaya produksi baik biaya tenaga kerja langsung maupun biaya overhead pabrik juga merupakan komponen penting yang berada dalam ruang lingkup tugasnya. Karena itu manajer produksi atau manajer operasional pada perusahaan industri akan focus pada harga pokok produksi yaitu Harga pokok persediaan ditambah biaya produksi. Perusahaan Jasa tidak memiliki kedua komponen tersebut sehingga pada perusahaan jasa jelas hanya harga pokok yang terdiri dari biaya biaya operasional.

Walaupun harga pokok adalah bagian dari laporan laba rugi namun laporan harga pokok juga dilaporkan secara terpisah. Bentuk laporan harga pokok disesuaikan dengan kebutuhan manajemen dan metode akuntansi yang dipilih. Metode pepertual inventory adalah metode yang banyak digunakan pada system akuntansi computer namun masih banyak akuntan yang sangat familiar dengan metode Phisikal Inventori.  Metode phisikal inventori semakin ditinggalkan karena system akuntansi computer dengan metode perpetual dapat memberikan informasi setiap saat tanpa harus menunggu perhitungan fisik persediaan bahkan dapat menampilkan hasil perhitungan harga pokok untuk suatu product yang akan diproduksi. Dengan demikian diperoleh laporan harga pokok dalam bentuk rencana dan laporan harga pokok realisasi.

Laporan Harga Pokok.

Laporan harga pokok adalah sebuah kertas kerja berupa perhitungan secara sistematis. Pada sistem akuntansi Manual biasanya hanya ditampilkan secara periodik namun sistem akuntansi komputer dengan menerapkan metode perpetual inventory dapat menghasilkan informasi secara visual kapan saja. Hal ini dapat dilakukan karena metode perpetual melakukan perhitungan berdasarkan transakasi yang telah di catat ke sistem komputer sedangkan metode Phisik melakukan perhitungan berdasarkan selisih antara persediaan awal ditambah  mutasi  dan dikurangi dengan sisa. Untuk mendapatkan sisa tentunya melalui perhitungan Phisik. Metode Phisik biasanya hanya menampilkan HPP secara keseluruhan pada satu periode tertentu sedangkan metode perpetual menghasilkan laporan HPP secara spesifik misalnya untuk satu produk tertentu.

Untuk memahami komponen dari harga pokok, perhatikan hubungan komponen-komponen berikut :

• Harga pokok penjualan = Harga Pokok Produksi + Biaya penjualan
• Harga Pokok Produksi = Harga Pokok Persediaan + Biaya Produksi
• Harga Pokok Persediaan = Bagian Persediaan Bahan Baku yang digunakan dalam Proses Produksi.
• Persediaan = Pembelian bahan baku + biaya pembelian
• Biaya penjualan = Biaya-biaya yang diperlukan untuk menjual
• Biaya Produksi = biaya tenaga kerja + Biaya overhead pabrik

Selanjutnya Komponen-komponet dapat kita susun  secara hirarchi sbb:

Harga Pokok Penjualan :

  • Harga Pokok Produksi
    • Harga Pokok Persediaan
      • Biaya bahan baku yang dipakai
      • Biaya pembelian
    • Biaya Tenaga kerja lanhsung
    • Biaya overhead pabrik
      • Biaya bahan pembantu/penolong
      • Biaya tenaga kerja tidak langsung
      • Biaya listrik dan penerangan pabrik
      • Biaya penyusutan gedung Pabrik
      • Biaya penyusutan Mesin
      • Biaya proses produksi lainnya
    • Biaya Penjualan
      • Biaya pengepakan
      • Ongkos angkut penjualan (Biaya Delivery)
      • Biaya Penjualan lainnya

Pada sistem akuntansi komputer komponen tersebut langsung disusun dalam klasifikasi rekening buku besar.

Pada metode Phisical Inventory disusun sbb:

Barang Jadi Awal, 1 Jan yyyy

Barang Jadi awal

  • Barang  Dalam Proses Awal, 1 Jan yyyy
    • Pemakaian Bahan Baku
      • Bahanbaku awal ,1 jan
      • Pembelian Bahan baku
        • Biaya  angkut pembelian
        • Retur Pembelian
                Pembelian Bersih
      • Bahan baku yang tersedia Utk Dipakai
      • Bahan Baku Akhir 31 Des

      Harga Pokok Bahan Baku yg dipakai

  •  
    • Biaya tenaga kerja Langsung
    • Biaya Overhead Pabrik
      • Bahan Pembantu/Penolong
      • Biaya tenaga kerja tak Langsung
      • Biaya listrik & Penerangan Pabrik
      • Penyusutan Gedung Pabrik
      • Penyusutan mesin
      • Asuransi pabrik
      • Biaya Pabrikasi lainya
              Jumlah Biaya Overhead
  • Barang Dalam Proses Akhir, 31 Des
          Harga Pokok Produksi
  • Barang yang terdia untuk dijual

Barang jadi 31 Des yyyy
      Jumlah Barang yg Dijual

Biaya Penjualan

  • Biaya Pengepakan
  • Ongkos angkut Penjualan
  • Komisi Penjualan
  • Biaya Penjualan Lainnya
          Jumlah Biaya Penjualan

   Jumlah Harga Pokok Penjualan
 

Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh Harga pokok dari data yang dikrimkan oleh Nuri sbb 

Laporan Harga Pokok

Laporan Harga Pokok

About these ads

71 Tanggapan

  1. terima kasih pak , atas penjelasan yang bapak berikan kepada saya akan saya pelajari kembali, semoga sukses,

    salam

  2. selamat siang pak….

    pak,.,, saya mau tanya lagi masih mengenai harga pokok, untuk membuat neraca lajur perusahaan pabrik , pertama2 mesti harus membuat jurnal penyesuaiannya dulu yach pak,,???

    ZB:
    Biasanya Neraca saldo dulu. Neraca lajur adalah lembar kerja anda untuk menyusun Neraca dimana pada lembar kerja tersebut anda melakukan penyesuaian untuk memperoleh necara akhir.

  3. sore pak…

    pak,,,saya mau tanya neh?? dalam setiap membuat laporan neraca kenapa selalu judul di tulis per tgl 31 desember sedangkan untuk laporan rugi laba dalam judul berakhirnya tgl….??? maksudnya apa pak..??
    bisa tolong di jelaskan???

    oh yach pak saya sdh buat jurnal penyesuainnya… nah untuk membuat neraca lajurnya,, bisa gak kira2 bpk bantu saya utk menyelesaikannya .
    thank’s

    Zb:
    1. Kalau ngak salah pertanyaan yang sama sudah pernah saya jelaskan namun baiklah saya ulang kembali.
    Judul pada Neraca di tulis per 31 Des xxxx maksudnya Neraca tersebut menampilkan posisi keuangan pada tanggal 31 Des ( hanya untuk tanggal tersebut) sedangkan Judul pada Laporan Laba Rugi menunjukan bahwa Laba Rugi yang diperoleh adalah hasil akumulasi dari transaksi pada perioda akuntansi yaitu 1 Jan xxxx s/d 31 des xxxx atau bisa juga 1 Jan s/d 31 Jan bila dilaporkan untuk bulan Januari atau 1 Juni s/d 31 agt bila untuk tiga bulan yaitu juni Juli dan agt.

    2. Saya akan bantu apa permasalahan anda tidak berarti saya harus mengerjakan apa yang harus anda kerjakan. Apalagi masalah Neraca Lajur, saya bekerja dengan akuntansi komputer dan tidak memerlukan neraca lajur, Karena dengan memilih menu yang saya inginkan komputer kan mengerjakannya termasuk menyusun jurnal transaksi.

    thank’s

  4. iya… sorry pak maksud saya bukan bapak yg
    mengerjakannya tp saya,,untuk membuat lap. neraca lajur saya masih belum mengerti untuk penempatan data2nya pak…
    kira2 bapak bisa mengkoreksi gak lap. yg saya buat..
    saya blh mt email bpk..

    thank’s

    ZB:
    Saya akan mencoba memberikan pendapat tentang apa yang anda buat….

  5. pak…aq mt emailnya donk,

    thank’s

    ZB:
    zulidamel@yahoo.co.id, zulidamel@telkomnet, zulidamel@sinarindo.co.id

  6. siang,bapak…. ???? aku udh coba buat neraca lajur perusahaan dagang untuk neraca saldo,ajp,neraca saldo disesuaikan udah balance tp untuk lap hpp , lap rugi laba sama neraca akhir masih belum balance.. pdhl aku udh buat lap. hpp dan lap. rugi labanya…
    apa jgn2 aku salah penempatan untuk debet dan kreditnya yach pak….
    karena penasaran aku masih coba cari kesalahannya dimana, tapi masih ga ketemu jg pak ??
    bisa kasih masukan gak pak,,

    thank’s

    ZB:
    Coba kirim kertas kerja tersebut ke zulidamel@yahoo.co.id, saya usahakan untuk membantu cari kesalahannya. OK!..

  7. pak… sy udh email ke alamat email yang bapak kasih. tapi untuk hpp masih belum mengerti utk pembuatan lapnya. soalne dr pertyan yg di buat masih kurang jelas bgt,

    thank’s

    ZB:
    Saya telah terima laporan keuangan yang kamu buat dengan menemukan beberapa kekeliruan.
    * Pada neraca saldo terdapat rekening perlengkapan yang tidak jelas, karena ada juga pelengkapan kantor.

    * Kamu tidak menyebutkan alasan untuk membuat penyesuaian. dan peyesuaian yang kamu buat tudak sama dengan yang ada dalam tabel di neraca lajur.
    Ada penyesuaian rekening laba rugi?… (tidak ada laba rugi yang disesuaikan)

    * Kamu mencoba melakukan penyesuaian dengan mencatat penyusutan dengan dua cara yang berbeda yaitu penghapusan langsung dan juga akumulasi peyusutan. Harusnya pilih salah satu. Inilah yang membuat kamu bingung. Dan terdapat double entri.

    Kamu lengkapi dulu barus saya periksa …

  8. terus jadinya gimana pak.. saya mesti menggunakan metode yang mana???
    kira2 bapak bisa membantu saya gak or kasih contoh???
    saya ingin mendalami dasar-dasar akuntansi, maka dari saya mencoba menyelesaikan soal2 tersebut..??

    thank’s

    * Kamu Betulkan dulu nama rekening perlengkapan, kalau saya kira-kira itu perlengkapan toko.

    * Buat penjelasan untuk penyesuaian agar dapat memahami apa yang anda maksudkan.

    Kirim kembali ke saya

    Ternyata yang saya tanggapi bukan kertas kerja kamu?… Kebetulan lagi kosong dan lagi berbaik hati saya telah menyelesaikan kertas kerja kamu sudah saya kirim ke email kamu. Harusnya ada fee nya lo.

  9. saya kpingi gabung neh

  10. siang pak…!saya rini,saya pekerja di klibi (klinik bisnis)yang bergerak sebagai konsultan UKM saya sebagai devisi keungan.sebelumnya saya bekerja di sebuah bank swasta.dan saya kurang paham cara pengerjan laporan keuangan dan menghitung harga pokok produksi dan harga pokok penjualan dan harga pokok pembelian.bisakah bapak bantu memberikan contoh pengerjaannya secara singkat.untuk perusahaan dagang dan industri yg kapasitas produknya tdk terlalu byk dan trangsaksinya jg tdk banyak
    .terimA kasih atas solusi dan bantuannya.

    ZB:
    Contoh laporan Harga Pokok yang telah berikan adalah contoh perhitungan harga pokok secara lengkap yang mencakup harga pokok persediaan, harga pokok produksi sampai harga pokok penjualan.
    Permasalahan yang mungkin timbul adalah masalah elemen biaya dimana diantara elemen tersebut dalam laporan rugi laba ada yang ditampilkan secara terpisah misalnya biaya penjualan dll.

  11. Pak, nama saya Iswadi. Kerja di sebuah perusahaan outsourching bagian akunting,
    terus terang saja saya belum tahu seluk beluk akuntansi,
    Nah saya mau tanya Pak,
    1. apa saja sih yang dimasukan ke Biaya Perlengkapan Kantor, ;:?
    2. apa saja yang menjadi aktiva tetap?
    3. Misal, partisi gypsum (masuk ke akun apa ?biaya atau aktiva?
    4. minta penjelasan mengenai inventaris kantor, apa saja yang masuk inventaris kantor?
    Demikian, mhon bantuanya pak, terima ksih,

    ZB:
    Biaya perlengkapan kantor antara lain adalah pembelian kertas, tinta cetak dan sejenisnya yang sifatnya habis pakai. Bisa juga biaya reperasi peralatan kantor yang nilai tidak signifikan. Kalu yang signifikan biasanya dimasukan ke mutasi aktiva tetap.

    Apa saja yang termasuk aktiva tetap kamu baca lagi pengertian aktiva tetap

    Partisi gibsum masuk ke aktiva tetap, anamun kalau nilainya tidak signifikan dapat saja dimasukan biaya. dan ada pula partisi itu dimaksudkan hanya untuk sementara, ini masuk ke biaya.

    Penggunaan kata inventaris kantor ini tergantung pada besar kecilnya perusahaan. Misalnya Inventaris kantor yang meliputi kendaraan, peralatan kantor seperti meubeler, alat tulis seperti komputer dll. Ada juga Iventaris kantor yang hanya meliputi peralatan kantor yang hanya berada dan di gunakan di kantor, beda lagi dengan peralatan yang ada di toko atau di gudang. Kendara punya akun tersendiri. Terserah menurut anda ada mau pakai yang mana!….
    Kalau untuk menjawab pertanyaan dari dosen tentu anda harus menunjukan sudut pandang yang anda gunakan.

  12. Selamat siang…………
    saya bekerja di industri (pabrik), perusahaannya msh baru, neraca awal tahun 2008 kmrn. sekarang saya lg menyusun lap keuangan, dimana msh belum terkontrol sistem keuangannya. sy mau tanyakan gimana caranya mencari HPP dan setelah kita mendapatkan HPP penjurnalannya gimana. Penjurnalan Bahan Baku Akhir dan Penjurnalan Bahan Jadi Akhir

    ZB:
    Jika anda menghitung Hpp artinya anda menggunakan metode Pishical Inventory. Yang rumit adah dalam menghutngnya. Setelah di dapat hasil perhitungan Tinggal Masukin melalui jurnal penyesuaian. (Lihat Jurnal Penyesuaian).

  13. Maaf nih pak sy blh gabung y..
    Sy air krj d perush konsultn sbg accounting n sy br lu2s jd msh krg paham lap.Keu perush sbnrnya..
    Dlm membuat laporan keu yg sy mo tny kn pak daftar inventaris kantor it kn d mskkn k lap keu..Tp jurnalny ap y pak? Daftar inventaris it bkn br d beli ataupun djual..

    ZB:

    Dalam mencatat transaksi, tidak hanya memperhatikan jenis barangnya melainkan juga bentuk transaksinya. Apakah dibeli secara kredit.

    Bila dibeli secara kredit artinya transaksi tersebut akan mempengaruhi rekening hutang (terserah apa namanya) dan rekening Inventaris kantor (terserah apa namanya)

    Jika anda mencatat menggunakan aplikasi dari kami anda dapat mencatat penerimaan melalui for elektronik barang, selanjutnya jurnal akan dibuat oleh komputer berdasarkan jesi barang dan rekening Supplier. Jika Suplier tidak punya identifikasi khusus maka akan di catat ke Hutang Dagang dan Inventaris kantor berdasarkan rekening barang, sehingga diperoleh Catatan Jurnal transaksi secara sederhana sbb:

    Inventaris Kantor…… xxxx
    Hutang Dagang…………. xxxx

    Pada saat dibayar, bagian pengeluaran kas akan mencatat pengeluaran kas untuk membayar hutang dagang sehingga diperlohe catatan jurnal transaksi sbb:

    Hutang Dagang……..xxxx
    Kas ……………………xxxx

    Bila pembelian cash dan tidak ada kewajiban dari perusahaan anda untuk mencatat penerimaan barang khusus, anda dapat langsung mencatat pengeluaran kas untuk Inventaris kantor. Hasil jurnalnya sbb:

    Inventaris kantor…xxxx
    Kas…………………..xxxx

    Ingat Inventaris kantor adalah aktiva tetap yang Jasanya digunakan dalam operasional perusahaan, karna itu pada akhir periode dbuat penyesuaian untuk mencatat penyusutan:

    Metode tidak langsung:
    Beban peny inv. Kantor…xxxx
    Ak. penyusutan……………xxxx

    Semua Jurnal tersebut adalah pekerjaan komputer, anda hanya mencatat pada formulir penerimaan barang, Formulir pengeluaran kas dan formulir Penyesuaian. Jurnal diatas adalah bentuk sederhana tanpa menyebutkan elemen sesungguhnya seperti ppn, biaya lain-lain

  14. tolong bagaimana perhitungan HPP tentang Tandan Buah Segar/sawit.
    saat ini saya membuat skripisi mengenai HPP TBS.
    terima kasih.

    ZB:
    Saya telah sediakan tabel yang dapat anda gunakan untuk melakukan perghitungan HPP metode periodikal inventory. Tinggal anda menentukan elemen-elemen apa yang harus dimasukan ke kolom tertentu.

  15. Untuk jurnal penyesuaian tergantung kepada awal transaksi apakah sebagai beban atau sebagai harta dimana perbedaan keduanya jelas.
    Dicatat sebagai beban karena pendapatan atau biaya tersebut belum dipakai tetapi telah diterima sedangkan sebagai harta karena pendapatan atau biaya telah terpakai.

    ZB:
    Permasalahannya, banyak akuntan tidak membedakan mana yang biaya dan mana yang beban.

  16. saya baru diposisikan di bagian akuntansi yang menangani perhitungan harga pokok produksi. mohon bantuannya utk jurnaljurnal yang menyangkut harga pokok produksinya. thanks

  17. pak saya mw tanya…..knp ko kita perlu membuat jurnal penyesuaian, penutup dan pembalik?
    balas ke Email saya saja……thaxs

    ZB:
    Untuk Jurnal Penyesuaian anda dapat menemukan jawabannya pada halaman ayat penyesuaian, intinya jurnal penyesuaian diperlukan untuk menempatkan saldo pada posisi sesungguhnya, pada akuntansi manual biasanya digunakan juga untuk koreksi atas kesalahan mencatat transaksi.
    Jurnal penutup adalah untuk mendapatkan perhitungan laba sedangkan jurnal pembalik untuk me-nol-kan kembali rekening rugi laba agar dapat digunakan untuk periode berikutnya. Ada pilihan dalam mencatat jurnal transaksi memerlukan jurnal pembalik atau tidak, jadi tidak ada keharusan.

  18. malam pak…
    saya ingin menanyakan tentang HPP untuk perusahaan jasa itu apa y???
    tepatnya sih umtuk perusahaan jasa jalan tol.
    terima kasih..gbu

    ZB:
    Perusahaan jasa jalan tol adalah perusahaan jasa yang tidak sepenuhnya bergerak sebagaima perusahaan jasa. sama halnya dengan konveksi, konstruksi dimana perusahaan-perusahaan tersebut meiliki bahan persediaan bahan baku yang akan diolah menjadi suatu barang layaknya perusahaan industri. Dengan demikian kita dapat menghitung HPP sesuai dengan cara menghitung HPP Perusahaan Industri.

  19. Pak minta penjelasan tentang metode penilaian harga pokok bahan baku dong?

    ZB:
    Penilaian persediaan adalah untuk menentukan harga pokok. Banyak metoda yang dapat digunakan dalam akuntansi namun semua metoda tersebut hanyalah pendekatan. Pemakai tinggal memilih metoda apa yang digunakan. Perioda berikutnya juga harus menggunakan metoda yang sama. Dalam bolg ini telah saya pilih beberapa metoda yang paling banyak digunakan dan dibahas dalam penilaian persediaan. Jadi saya tidak akan membahas semuanya.

  20. Pak tolong bantu sy, gimana menghitung Harga Pokok Produksi dengan pendekatan tradisional dan memakai sisti ABC ? Makasih sebelumnya !

    ZB:
    Google aja metode abc

  21. jurnalnya tdk jelas…

    ZB:
    Supaya jelas gimana.

  22. pak sy ambil y alamat e-mai ny.sy jg pgen blajar ma bapk,,,bolehkn??

    ZB:
    Saya akan mencoba membantu siapapun semampu saya…

  23. sore pak, sy mo nanya klo persh retail/supermarket bgmn menghitung hppnya

    ZB:
    Perusahaan retail itu adalah perusahaan dagang kan?… berarti sama dengan cara yang sudah saya jelaskan. Elemen2 yang ada tinggal dimasukan ke tabel, yang tidak ada dihilangkan. Berapapun banyaknya barang yang dijual di supermaket, semua itu adalah barang dagang dan berapapun jenisnya barang yang telah dijual hasilnya adalah satu yaitu penjualan. jadi jangan bingung karena banyaknya jumlah item barang. supaya tidak membingungkan barang tersebut dikelompokan atas beberapa kelompok besar.

    • ok.. trims pak sy mengerti, kebtulan saat ini sy msh bkrja di presh retail sy agak bingungnya krn punya modul di inventory itu ada kolom yg harus diisi : – harga beli
      – harga pokok
      u harga beli biasanya kami isi sesuai harga pembelian tetapi u/ harga pokok pada saat pertama kali km isi sama dgn harga beli dan untuk pembelian berikutnya kolom harga beli km isi sesuai harga pembelian namun harga pokok sudah otomatis terisi. mnrt senior sy sistem sdh menghitung harga beli sebelumnya + harga beli skrg dibagi 2 itulah hsl penghitungan yang terisi di kolom hpp secara otomatis tsb. sdgkan sy ttp membuat hpp sesuai spt yg bpk srnkan jadi hpp yg terisi otomatis tst sbnrnya utk apa ya pak? mhn penjelasan kembali.. trims sebelumnya

      ZB:
      Benar harga sesuai dengan harga pembelian dan itu seharusnya sudah otomatis dari order pembelian. dan harga pokon juga otomatis terisi bukan dengan cara membagi 2 namun ada rumusnya. Harga pokok yang diperoleh adalah harga pokok setiap item barang yang selanjutnya digunakan pada saat penjualan dan menghitung persediaan. Dalam laporan yang dimaksud harga pokok adalah Jumlah harga pokok barang yang terjual (jumlah terjual * harga pokok) ditambah dengan komponen lain yang harus ditambahkan untuk Rugi laba dan yang belum terjual (persediaan) adalah jumlah barang yang tersisa ( jumlah barang yang tersisa*harga pokok) untuk Neraca.

      Sesuai dengan yang juga telah saya sebutkan bahwa komputer telah menghitung hpp dan menempatkannya pada laporan rugi laba namun manajemen memerlukan rincian yang lebih terinci sehingga perlu dibuat khusus laporan harga pokok.

      • spt yg pak zul bilang harga beli shrsnya sdh otomatis terisi dr order pembelian dan harga pokok otomatis terisi juga ( ada rumusnya), jadi mksdnya hpp tsb adalah hpp per item brg ya pak? o iya dlm modul kami ada mdl laporan slh stunya R/L, di dlmnya ada penghitungan Hpp juga dgn format : Persd awal,pemb dan persd akhir. apakah seharusnya format tsb terisi scr otomatis juga? jika ya ,account apa saja yg terkait spy format tsb terisi pak?… terima kasih sblmnya

        ZB:
        Ini permasalahan yang sering ditemukan dimana akuntan sudah sangat familiar dengan metode preiod accounting system dimana dalam metode ini nilai persediaan diperoleh dari perhitungan fisik. Format tersebut adalah format system perodik system. Atau periksa option system anda mungkin ada pilihan perpetual system. Dalam perpetual system hpp langsung diperoleh dari rumus Jumlah Terjual * Hpp (saat penjualan terjadi).

        Biasanya perpetual system tidak menyediakan laporan Hpp.

  24. trima kasih pak zul atas jwbn2nya.. lain kali klo sy ada pertanyaan2 lg jgn bosen jawabnya ya pak.. sukses selalau buat anda!!

  25. Siang Pak, Saya bekerja pada perusahaan jasa yang salah satu bisnisnya penyewaan lapangan futsal. yang saya tanyakan apakah dalam Lap. Laba rugi ada unsur HPP?

    ZB:
    Ada?… Karena yang dimaksud hpp itu adalah biaya penjualan yaitu semua biaya yang dikeluarkan sampai pruduct tersebut terjual. Timbualnya kerancuan disini karena ada tiga jenis kelompok HPP yang kebetulan semua disingkat dengan HPP yaitu 1. Harga Pokok persediaan, 2. Harga Pokok Produksi dan 3. Harga Pokok Penjualan.
    Harga Pokok Persediaan dapat diasumsikan dengan harga persediaan barang yang dijual, sedangkan harga produksi tidak sama biaya produksi dan Harga pokok penjualan tidak sama dengan biaya penjualan.

  26. Pa’ klo rumus bwt menghitung biaya overhead pabrik gmn? Makasih sblumnya…

    ZB:
    Dirumuskan dengan melakukan studi kasus sehingga didapatkan koofisien masing2 elemen biaya.

  27. pak saya mu tannya dunk pak

    harga pokok penjualan, itu sama dengan harga barang jadi+hargapokok produksi-barang jadi akhr

    itu benar g pak…

    dan harga produksi itu

    semua yang menjadi biaya produksi

    itu benar kan pak

    ZB:
    Sesungguhnya harga pokok adalah harga pembelian dan seluruh biaya yang dikeluarkan sampai barang itu terjual. Namun halam prakteknya yang diperhitungkan sebagai harga pokok adalah harga beli + biaya yang langsung terkait dengan pembelian, sedangkan biaya lainnya didefinisikan sendiri secara terpisah.

  28. pak saya mau tanya untuk perusahaan full jasa ( tidak ada penjualan ) pengakuan HPP dalam laporan laba rugi ny gimana?? thanks infonya.

    ZB:
    Sebagian akuntan mengatakan bahwa perusahaan jasa tidak mempunyai HPP. Pendapat ini mungkin didasarkan pada persediaan dan memang perusahaan jasa tidak memiliki persediaan. Namun untuk menjawab hal ini perlu saya sampaikan suatu pernyataan bahwa yang dimaksud dengan hpp adalah semua biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh barang atau jasa sampai barang atau jasa tersebut terjual. Dari pernyataan ini anda akan dapat menemukan biaya2 yang dikeluarkan yang terkait langsung untuk memperoleh dan menyerahkan jasa tersebut kepada pembeli. Misalnya jasa akuntan, semua biaya yang dikeluarkan untuk keperluan akuntan selama dalam melaksanakan suatu tugas (Bukan Gaji) dapat digolongkan sebagai HPP.

  29. seharusnyyaa…

    i perbanyagg dunkk..

    pragteggnya!!

  30. bisakah harga pokok pembelian bernilai nol???
    thanks

    ZB:
    Kalau bernilai nol berarti nggak beli?… Barang hibah saja masih perlu biaya transport dan biaya lainnya. Namun dalam akuntansi bisa saja dianggap Nol

  31. sore pak..
    saya boleh minta tolong pak…?
    saya sedang membuat lap.keuangan dari hpproduksi, tapi setelah saya buat sana sini kok g balance ya pak?
    dari perhitungan laba rugi dan neracanya? bisa minta saran pak?
    tx

    ZB:
    Tidak balance tentunya disebabkan oleh adanya kesalahan. Bagai mana bisa saya menebak begitu saja dan memberi sayran kepada anda?..

  32. pagi pak,
    Saya mau tanya bagaimana penghitungan HPP pada restoran. Kami mempunyai stock berupa mie, gelas plastik, straw dll.
    yang mau saya tanyakan :
    1. Bagaimana penghitungan harga pokok penjualan?
    2. Bagaimana penjurnalan ketika terjadi pembelian persediaan
    3.Bagaimana penjurnalan pemakaian persediaan ( mie, gelas plastik)

    Please advice nya ya pak.
    Terimakasih.

  33. terima kasih pak atas penjelasannya
    sangat membantu

  34. Pak, saya mau tanya kalau membeli software windows dan lampu masuk ke akun apa ?trims

    ZB:
    Ma’af ya?… pertanyaannya saya nggak ngerti…

    • maksud saya kalau membeli microsoft dan lampu (neon) masuk ke perlengkapan kantor atau akun apa?

      ZB:
      Anda membeli barang tersebut untuk apa?…
      Jika untuk keperluan kantor maka masukan ke kelompok akun keperluan kantor, jika untuk dijual kembali masukan ke kelompok barang dagang.

  35. Selamat siang Pak,
    saya mau tanya, perusahaan saya bergerak dibidang perusahaan daganga, pada saya beli barang ada tambahan bunga pembelian sebesar 3% dari nilai pembelian karena bayarnya mundur 45 hari, yang saya tanya :
    1. apa ada account bunga pembelian?
    2.jika ada , apa itu masuk ke HPP pembelian?
    mohon penjelasannya pak, karena sampai sekarang saya masih bingung

  36. Selamat siang Pak,
    saya mau tanya, perusahaan saya bergerak dibidang perusahaan daganga, pada saya beli barang ada tambahan bunga pembelian sebesar 3% dari nilai pembelian karena bayarnya mundur 45 hari, yang saya tanya :
    1. apa ada account bunga pembelian?
    2.jika ada , apa itu masuk ke HPP pembelian?
    mohon penjelasannya pak, karena sampai sekarang saya masih bingung

    ZB:
    Menurut saya biaya bunga tersebut adalah biaya yang timbul akibat hal yang khusus, mungkin dapat dikatakan akibat kelalaian atau ketidakmampuan pengelolaan keuanngan. Saya akan menempatkannya pada kelompok biaya diluar usaha (biaya lain-lain). Biaya sejenis ini tidak tepat dimasukan ke HPP.

  37. Selamat Sore Pak,

    Pak, Gimana ya cara menghitung HPP dari Perusahaan Jasa Pengisian LPG (SPPBE) ?

    Saya Tunggu Informasi dan Penjelasan dari Bapak, Terima kasih.

    Anda tinggal menempatkan akun yang anda milik ke contoh tabel yang telah diberikan. Saya kurang sependapat bahwa perusahaan ini digolongkan pada perusahaan jasa karena terdapat unsur membeli dan menjual gas sebagai bahan yang diperdagangkan.

  38. pak, aku mau nanya, gmn caranya menghitung hpp untuk menjual minuman? dan bgmn caranya menentukan persediaan produk?? tgsku ini disuruh menentukan harga per gelasnya tp aq bingung bgmn cara menentukan hppnya.. tolong bantuannya pak ya..tq..

  39. Pak, saya adalah mahasiswa yang ingin menyusun tugas akhir bidang cost accounting,
    saya mau tanya, bagaimana cara menghitung Harga Pokok Produksi untuk perusahaan bimbel yang akan digunakan untuk menetapkan tarif bimbelnya?
    mohon dijawab ya, Pak. makasih banyak, Pak

    ZB:
    Sampai saat ini saya belum sepakat untuk menggunakan kata HPP untuk product Jasa walau sudah banyak pakar menyebutnya sebagai industri. Saya lebih cenderung mengelompokannya ke biaya/beban operasional.

    1. Tentukan target standar untuk sebuah kelas. (jumlah siswa)
    2. Hitung semua biaya yang diperlukan untuk mengoperasikan klas tersebut. (Biaya)
    3. Tentukan keuntungan yang diharapkan (Laba)

    Tarif = (Biaya+laba)/Jumlah siwa

  40. Selamat siang, Pak Zul

    Saat ini saya sedang berusaha memahami akuntansi, ada hal – hal yg belum saya pahami terutama terhadap biaya penyusutan, meskipun dalam perhitungan penyusutan ada beberapa metode perhitungan yang secara umum digunakan baik dalam perusahaan dagang, jasa maupun manufaktur, dari perhitungan tersebut muncul dalam Neraca, maupun Laporan Laba/Rugi. Saya awali dari contoh : Sebuah perusahaan membeli kendaraan mobil seharga Rp 150.000.000,-dengan masa manfaat 5 tahun pertanyaannya adalah :

    Bagaimana proses terapan akuntansi dalam hal biaya penyusutan yg muncul, apakah (menurut saya) biaya penyusutan dihitung akibat kerusakan kendaraan, seperti : perbaiakan mesin mobil,ganti oli dsbnya yg berkenaan dgn kepentingan mobil, maka biaya perbaikan masuk ke dlm biaya penyusutan, sebab selama ini yg saya dapati dari teori buku-buku Akuntansi hanyalah sajian pertanyaan biaya penyusutan pada pertanyaan tambahan dalam menyusun ayat jurnal penyesuaian ?

    ZB:
    Biaya perbaikan tidak terkait dengan biaya penyusutan. Biaya penyusutan adalah biaya yang dibebankan akibat penyusutan nilai yang dialami oleh aktiva tetap kecuali tanah. Bila anda membeli kendaraan 150Jt,- kita sebut saja nilainya seperti itu. Setelah anda gunakan selama 5 tahun nilai kendaraan tersebut akan berkurang mungkin (nilai yang diperkirakan) harganya 50Jt. Katakanlah nilainya setelah 5 tahun 50Jt. Artinya susut sebesar 100Jt. Nilai susut tersebut yang dibebankan sebagai biaya penyusutan. sehingga biaya penyusutan 1 tahun (satu perode akuntansi) adalah 100Jt/5 = 20Jt

    • Trim’s Pak Zul, sblmya. Namun ada pertanyaan lagi yang saya sampaikan kepada Pak Zul, seperti :

      1. Dari perumpamaan tadi seperti nilai/ biaya penyusutan sebesar 20 jt/tahun maka, nilai tersebut masuk ke akun dalam jurnalnya :

      Biaya penyusutan kendaraan xxxx
      Akumulasi Penyusutan Kendaraan xxxx

      yang nantinya ditulis kembali di Neraca dan di Laporan L/R dalam periode akuntansi dari tahun 1 ( pertama) sampai dengan tahun ke-5, Benar atau Ga’ ?

      2. Biaya – biaya yang timbul akibat kerusakan kendaraan tersebut selama kurun waktu berjalan dari tahun ke-1 sampai dengan tahun ke- 5, masuknya ke akun mana, Pak?

      ZB:
      1. Benar?… Cara tersebut adalah salah satu metode akuntansi dengan mengguanak akun akumulasi penyusutan. Pada akhir periode akuntannsi saldo kendaraan maupun saldo akumulasi dipindahkan ke periode berikutnya.

      2. Biaya2 masuk sebagai biaya perbaikan/perawatan. Jika biaya itu besar (reparasi besar) maka ditambahkan sebagai penambahan nilai aktiva bisa dianggap memperpanjang masa pakai atau dengan menambah nilai penyusutan.

      • Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih sekali kepada Bapak, dan harapan saya media ini menjadi tempat sharing buat saya dalam pemahaman Akuntansi yang lebih mendalam lagi, Trim’s…

  41. ini bisa diaplikasikan untuk apotek ndak ya??

    ZULISoft fokus pada usaha berdasarkan order.

  42. selamat siang pak…
    Saya mw bertanya maslah persediaan..
    Macam2’a,trus metode2’a,trus juga metode mana yang paling baik untuk suatu perusahaan…
    Terimakasih

    ZB:
    Saya sudah berikan beberapa contoh dan Mohon ma’af belum dapat bahas semua

  43. Mohon maaf bapak, saya ingin bertanya apakah harga pokok produksi juga mempunyai andil dalam perhitungan profit margin jika diketahui biaya-biaya operasi dan besar pajak yang harus dibayar perusahaan.
    Terima kasih atas jawabannya.

    ZB:
    Jika anda sudah tahu profit margin, anda tahu sendiri jawabannya…

  44. pak harga pokok penjualan untuk perusahaan jasa perhotelan gmn nya?pendekatan pada metode abc dan tradisional.

    ZB:
    Yang perlu dipahami bahwa metode tradisional fokus pada proses pelayanan sedangkan metode abc adalah penjabaran secara detail setiap activitas mulai dari perencanaan, pelayanan sampai pengembangan. Disamping itu anda juga pahami bahwa akuntansi bersifat uniq. Tidak ada satu pendapat yang dapat dianggap paling benar. Silahkan menggunakan mana yang anda anggap memenuhi kebutuhan manajemen anda.

  45. pak tolong jelasin tentang rekening rill sama rekening mominal

    ZB:
    Rekening rula laba dan rekening neraca

  46. Assalamu’alaikum, Pak Zul

    Saya berharap kpd Pak Zul,tak pernah bosan-bosannya menanggapi pertanyaan mengenai pengetahuan Akuntansi. Ada pertanyaan yang saya ajukan untuk Pak Zul,yakni:

    1. Dalam menentukan harga pokok produksi dalam perusahaan manufaktur yang secara umum digunakan dengan menggunakan metode apa Pak Zul…? Apakah dengan menggunakan Metode Activity Based Costing ( ABC ) atau Metode FULL COSTING
    2. Sebagai ilustrasi, menurut Pak Zul. Jika saya memiliki bidang usaha rumahan atau bidang usaha berskala UMKM seperti pembuatan roti – kue, dsb-nya yang dalam kebutuhannya memerlukan bahan baku. Metode apa yang cocok digunakan dalam menentukan harga pokok produksinya ?. Terima kasih, Wassalamu’alaikum

    ZB:
    Yang saya amati metode2 tersebut hanyalah alat bantu untuk melakukan usaha2 pengembangan usaha. Dengan ABC kita dapat mengevaluasi setiap activitas namun disisi lain kadang kita hanya butuh hal2 tententu. Semua kembali pada kebutuhan. Tingkat kebutuhan tersebut sangat tergantung besar kecil usaha yang dijalankan. Seperti artikel yang pernah saya tulis tentang manajemen tukang sate. Mulanya semua pekerjaan dikerjakan sendiri dan tidak perlu tulis menulis karena cukup dengan kemampuan mengingat setiap kejadian. Setelah usaha semakin berkembang maka timbul kebutuhan seperti kebutuhan bantuan orang lain selanjutnya dengan melibatkan orang lain timbul kewajiban untuk membukukan transaksi keuangan dan kebutuhan itu bertambah terus sesuai perkembangan usaha. Yang menjadi masalah pokok adalah bagaimana kita memperiotaskan kebutuhan karena kebutuhan itu tidak pernah terpenuhi seluruhnya.

  47. sealamat siang pak, saya mahasiswa kemarin saya mendapatkan pertanyaan dari seseorang perusahaan jasa laundry yg saya mau tanyakan apakah dalam laporan laba rugi perusahaan jasa laundry itu ada unsur hppnya ?? dan bagaimana cara perhitunganya pak ??
    terimakasih sebelumnya dan tolong di jawab

    ZB:
    Saya hanya bisa jawan ada. seperti sabun, biaya listrik, tenaga kerja langsung.

  48. pak,saya mau tanya mengenai perhitungan hpp untuk perusahaan yg bergerak di bidang jasa catering.. thx b4

    ZB:
    Catering termasuk perusahaan Industri. Soal harga pokok ya dihitung semua biaya yang dikeluarkan. Bahan baku, biaya produksi dan biaya2 lainnya.

  49. selamat malam pak..saya bella, mau nanya pak…apakah bisa pak jika dalam laporan keuangan laba/rugi tidak memakai harga pokok penjualan, akan tetapi pakai harga pkok produksi yg mengurangi dr penjualan? trimakasih sblmnya pak dan mohon dijawab :)

    ZB:
    Seperti yang telah saya uraikan Sesungguhnya Laba adalah Pendapatan-harga pokok Penjualan. Harga pokok penjualan itu terdiri dari harga pokok persediaan, Biaya poduksi dan biaya2 lainnya. Tinggal bagaimana kita menampilkannya.

  50. terima kasih atas sharing nya yang bagus ini. jadi ada referensi untuk belajar. sekali lagi terima kasih

  51. ass….langsung aja ya pak zul…
    mei 2011 saya baru merintis usaha jual beli kavling cash/kredit.
    saya membeli tanah seluas 1.3 hektar dengan harga 117 jt. setelah dikavling mendapat 10 kavling dengan luas 100m2, harga jual perkavling 18jt. ditahun 2011 br terjual 4 kavling, 1 kavling dibeli cash dan 3 kavling dibeli secara kredit.
    yang mau saya tanyakan gimana cara menghitung harga pokok penjualannya? wassalam..

    ZB:
    Kita tentukan batasan yang kita gunakan, harga pokok penjualan adalah harga barang ditambah semua biaya yang dikeluarkan sampai barang tersebut terjual. (Yang belum terjual dipisahkan dulu sebagai persediaan Barang) Barang disini adalah tanah sebagai barang dagang. Harga pokok yang dihitung juga bervariasi. Pastinya adalah kavling yang lebih dulu terjual memiliki harga pokok paling rendah. Laba pada periode tersebut cenderung lebig besar. Pada akhirnya semua harga pokok dari tanah yang terjual dijumlah. Semakin lama tanah tersebut terjual maka harga pokoknya akan semakin tinggi sehingga laba yang deperoleh juka semakin kecil. Namun dalan fakta di lapangan nilai tanah semain hari juga meninggkat, ini adalah sisi lain. Dari tanah yang tidak memiliki biaya penyusutan seperti barang lainnya.

  52. pak boleh g saya minta tolong emailkan contoh soal harga pokok.,ntar saya coba kerjakan.
    terima kasih

  53. Dibuku akutansi biaya ada biaya standar dan biaya aktual, apa wajib biaya standar itu dimasukkan dlm perhitungan HPProduksi,dasar menghitungnya gmana sih pak, jika perusahaannya bergerak dlm bidang manufacture proses besi beton…………saya tunggu jawabnya ya pak,makasih sebelumnya

  54. malam pak, sy tedi bekerja di salah satu perusahaan manufaktur.. yang ingin saya tanyakan klo perusaahan memakai tenaga outsourching itu di jurnalnya baiknya ke biaya apa, agar tidak masuk ke biaya personil yang merupakan objek pph ps.21 untuk pegawai tetap.

  55. cara membuat HPP yang mudah di mengerti bagai mana ya, agak susah padahal besic saya dari manajemen

  56. pak sy akan menghitung tarif untuk unit kerja saya, unit kerja saya bagian perijinan usaha , apa saja yg perlu sy tetapkan (struktur biaya ) seperti apa pak. yg dapat sy siapkan agar tarif dapat sy peroleh. Bagaimaan rumus perhitungan tarifnya pak..terima kasih ats bantuan bapak…boleh tau email bapak..juga..tx.ami.

  57. apakah yg dimaksud dg “barang dlm proses awal” atau “barang dlm proses akhir” pak?2 hal ini yg membuat saya agak bingung mengenai penentuan harga pokok produksi. terima kasih

  58. th. bapak Zuli

    Pak!saya dari sumenep, saya admin sebuah swalayan…. saya mempunyai masalah pak, saya ingin mengetahui cara perhitungan HPP dan juga keuntungan dalam satu bulan.

    karena dalam beberapa bulan terakhir ini perhitungan kami selalu mengalami minus
    saya pribadi minta tolong kepada bapak untuk memberikan solusi kepada saya mengenai perhitungan HPP dan Rugi/laba dalam satu bulan sekalian rumusnya

    demikian dari saya, dan saya mengucapkan banyak-banyak trima kasih.

    salam saya,

    Robbiarto purnomo asby
    admin Swalayan Serba usaha

    ZB:
    Kala metode perhitungan telah saya berikan beserta beberapa contoh diblog ini. Namun dalam permasalahan anda saya tida dapat menjawab apakah perhitungan yang anda lakukan keliru atau memang aktibitas anda mengalami kerugian.

  59. siang pak, saya mau tanya, akun pembelian pada usaha dagang kan nantinya di tutup nah nilai persediaan itu di dapat dari m? dari HPP atau dari mn?

    ZB:
    Perhitungan fisik (stock Opname) …. lhat HPP

  60. Thank’s bray

  61. Pagi Bapak, salam kenal neh, saya bekerja di perusahaan jasa periklanan (belm terlalu besar). yang ingin saya tanyakan adalah, dikantor kalo bikin laporan keuangan biasanya ga dijurnal, ga dibuku besarkan, ga pake neraca saldo, ga di AJP dan ga ada neraca lajur, jadi untuk membuat lap.keu neraca dan laba rugi, dari transaski pendapatan dan pengeluaran di rekap terus dibikin lap. keu….

    Apakah sistem seperti ini boleh digunakan pak?

    ZB:
    Kayaknya masih kurang tu, harusnya ngak dicatat sekalian. Bikin laporan keuangan juga bisa tanpa transaksi keuangan. Saya pernah bahas manajemen keuangan yaitu manajemen tukang sate. Semua pekerjaan mulai dari pengadaan material sampai tagihan yang langsung masuk kantong tanpa ada catatan dan tanpa laporan keuangan. Semua itu tidak ada masalah.
    Masalah baru muncul setelah ada pihak tertentu yang membutuhkan baik itu datang dari pihak internal ataupun pihak eksternal.

  62. siang pak, saya ica dari Developer…perusahaan saya terus terang dalam laporan keuangan masih kurang rapih,bisa tolong saya pak untuk pembuatan Buku besar ke neraca lalu ke rugi/laba?karena biasanya dari bank meminta laporan ini pak???tolong ya pak trimakasih

  63. permisi pak, mohon bantuannya..
    kalo menjurnal pendapatan dari usaha SPBE dimana usaha ini tdk pernah menerima dan membayar sejumlah uang, pendapatan murni hanya dari fee saja bgmn ya.. artinya barang dagangannya elpiji milik pertamina dititip di tanki SPBE utk disalurkan kpd agen2 pertamina, Agennya dtg sendiri mengambil brg dgn mbawa bukti transfer/pembayaran ke pihak pertamina, SPBE tdk menerima pembayaran dr pihak agen. Dgn menyalurkan elpiji ke agen tsb pihak SPBE mendapat imbalan fee dr pihak pertamina.
    nah cara pencatatan jurnal pendapatan fee tsb bgm yaa,. debitnya cash, creditnya apa yaa
    trims sblmnya

  64. mat sore bapa,sya mau tnya rumus biaya tenaga kerja,biaya bahan baku,biaya overhead pabrik,sya udh cri di internet tapi ga ada,bapak bisa tolong saya ga??????

  65. Pak, mau tanya nih.. kalau saya membuat laporan harga pokok produksi berdasarkan metode harga pokok pesana itu BOP nya jumlahnya dari mana yahh ? BOP dibebankan atau BOP Sesungguhnya ?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 77 pengikut lainnya.