Analisa Umur Piutang


Analisa umur piutang adalah suatu betuk laporan guna mengetahui posisi piutang dengan melakukan pengelompokan piutang pada periode tertentu,  dengan pengelompokan tersebut manajemen perusahaan dapat mengetahui posisi piutang sehingga dapat mengambil kebijakan keuangan yang tepat. Kami menampilkan laporan analisa umur piutang pada dua form yang mengambil fokus ke masa lalu (piutang telah jatuh tempo) dengan mengelompokan piutang pada periode 3 bulan yang lalu dan yang lainnya fokus ke masa yang akan datang (piutang yang akan jatuh) dengan mengelompokan ke 3 minggu ke depan namun dalam aplikasinya, yang banyak  digunakan oleh pimpinan perusahaan adalah umur piutang yang telah jatuh tempo.

Analisa Umur Piutang Jatuh Tempo :

 

 

 

Laporan Analisa Piutang Akan Jatuh Tempo

 

Analisa umur piutang yang akan jatuh tempo sangat diperlukan oleh perusahaan yang konsen terhadap pengalokasisan pengguinaan dana secara ketat, dimana piutang harus dapat ditagih tepat pada waktu yang telah ditentukan sehingga resiko terhadap beban bunga dapat dimimalisir.

4 Tanggapan

  1. saya masih kurang ngerti kegunaan dari analisa piutang, blh kirim explaination nya ke email saya?
    trm kasih

    ZB:
    Ringkasnya kegunaan analisa umur piutang adalah alat bagi manajemen untuk mengambil kebijakan dalam pemberian kredit dan penagihan.

  2. Mohon, bantuannya tentang umur piutang, thanks
    Untuk pnjlsna mohon kirim ke email.
    Thanks

    Zb:
    Umur piutang adalah mengelompokan piuang atas beberapa periode berdasarkan tanggal jatuh temponya.

  3. Boleh saya minta contoh kasus analisis usia piutang? Klo bisa, tolong kirim ke email saya. Thx

  4. bagaimana jika ada perusahaan yng tdk mencatat atau tdk membuatkan aging schedule pelanggan dikarenakan pelanggan tsb adalah rekan baik dirut perusahaan trsbt. apakah itu baik untk perusahaan?

Tinggalkan komentar