Transaksi, Bukti transaksi , Jurnal dan Posting


Traksaksi adalah situasi atau kejadian yang melibatkan unsur lingkungan dan mempengaruhi posisi keuangan. Setiap transaksi harus dibuatkan keterangan tertulis seperti  faktur atau nota penjualan atau kwitansi dan disebut dengan Bukti Transaksi. Dalam akuntansi suatu transaksi diukur dengan satuan mata uang. Oleh sebab itu transaksi-transaksi yang bernilai uang saja yang dicatat dalam akuntansi. Jadi yang dimaksud transaksi dalam akuntansi dalam arti yang spesifik yaitu transaksi yang mempengaruhi posisi keuangan. Karena hal tersebut yang disebut dokumen transaksi dalam akuntansi adalah dokumen transaksi yang mempengaruhi posisi keuangan. Ini adalah satu perbedaan sistem informasi akuntansi dengan sistem informasi manajemen, dimana transaksi dalam sistem informasi manajemen adalah semua kejadian yang melibatkan unsur lingkungan baik yang berpengaruh maupun tidak berpengaruh terhadap posisi keuangan.

Pada perusahaan besar yang transaksinya dalam jumlah besar terutama pada transaksi pembelian, perlu dilakukan pengawasan, pemeriksaan  baik terahadap kwantitas maupun kwalitas. Untuk setiap pembelian dibuatkan surat permintaan pembelian (Purchase Request) selanjutnya  Order pembelian (Purchase Order).  Sampai disini belum ada transaksi yang mempengaruhi posisi keuangan dengan demikian dua dokumen tersebut tersebut adalah dokumen akuntansi yang tidak termasuk dalam bukti transaksi. Dokumen tersebut berfungsi hanya sebagai dikumen referensi.

Dalam proses penerimaan  barang/jasa dibuatkan  “Surat Bukti Penerimaan” atau apapun nama nya sesuai dengan barang atau jasa yang diterima bisa juga “Berita Acara Penerimaan” yang memuat informasi tentang kwantitas dan kwalitas serta menunjukan identifikasi dokumen pengantar supplier dan identifikasi dokument pembelian. Surat bukti penerimaan menunjukan pengaruhnya terhadap posisi keuangan, yaitu penambahan terhadap aset atau biaya. Surat bukti penerimaan ini adalah dokumen akuntansi yang tergolong bukti transaksi.

Hal yang spesifik dalam membuat bukti transaksi adalah bahwa setiap membuat bukti transaksi dengan sistem komputer, pada saat itu data tersimpan dalam sistem komputer. Data yang tersimpan tersebut selanjutnya diolah oleh sistem komputer menjadi informasi yang berguna. Tidak demikian halnya dengan sistem akuntansi manual dimana data dicatat secara berulangkali dari bukti transaksi sehingga menimbulkan kesan bahwa akuntansi itu sulit dan membuat jenuh.

Jurnal adalah catatan secara sistematis dan kronologis dari transaksi-transaksi finansial dengan menyebutkan perkiraan yang akan didebet dan dikredit, jumlah dan keterangan ringkas. Jurnal merupakan catatan transaksi finansial yang pertama karena itu disebut juga sebagai catatan yang asli (book of original entry). Banyak ragu dengan pernyataan ini kenapa yang pertama, termasuk saya sendiri juga demikian. Selanjutnya saya menarik kesimpulan bahwa jurnal ini adalah sumber informasi untuk berbagai keperluan dalam proses akuntansi khususnya.

Jurnal mempunyai 3 fungsi  yaitu fungsi percatatan, fungsi historis dan fungsi analisis.

Terdapat Bermacam-macam Bentuk Jurnal yang dapat dipakai oleh perusahaan. Bentuk standar jurnal 2 kolom adalah bentuk yang umum digunakan digambarkan sbb:

Hal : 001

Tgl NomorBukti Keterangan Ref Debit Kredit
Jan 20 001 Kas 111 5.000.000,-
   Modal 301 5.000.000,-

Posting adalah pemindahan dari buku jurnal ke buku besar. Pada system akuntansi komputer Buku Jurnal dan posting  posting dilakukan secara automatics oleh komputer (auto Posting). Walaupun tidak mutlak, seorang data entry sebaiknya menguasai proses posting yang dilakukan oleh komputer agar bila terjadi kegagalan akan mudah menelusuri kesalahan yang terjadi.

Metode mengerjakan Jurnal dan Posting

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mencatat Jurnal jurnal dan posting. Cara berikut adalah salah satu teknik yang hanya dapat dilakukan dengan dukungan system komputer yang terintegrasi.

Posting dilakukan langsung dari file transaksi  ke rekening-rekening buku pembantu dan lansung diprint-out  ke buku besar. Bukti transaksi terlebih dahulu diproses/dientry ke system komputer sebelum diserahkan ke bagian akuntansi.

jurnal.jpg

System komputer  dapat menggantikan sebagian besar pekerjaan akuntansi sehingga personal  hanya  meng-entry/Mencatat data transaksi sekaligus mengasilkan bukti transaksi selanjutnya Jurnal, Laporan, posting ke buku besar dan buku pembantu sampai pembuatan neraca, neraca saldo, rugilaba,  perubahan modal serta analisanya dikerjakan oleh komputer.

Proses pencatatan data jurnal pada system akuntansi komputer juga bervariasi tergantung pada prosedure dan metode serta tingkat integrated system yang diterapkan oleh pembuat program aplikasi tersebut.  Banyak program aplikasi accounting siap pakai diperjual belikan  seperti program aplikasi akuntansi komputer yang dikenal secara luas di dunia akuntansi adalah Dac Easy Accounting, MYOB, MAS dll,  namun banyak perusahaan tidak dapat menggunakan program aplikasi tersebut karena beberapa hal, antara lain masalah standarisasi, tingkat kebutuhan perusahaan terhadap informassi yang berbeda dll. Dac Easy Accounting menggunakan standarisasi negara pembuatnya (Amerika). MAS adalah product local namun apa yang terdapat dalam aplikasi banyak tidak tidak dapat mengaplikasikannya karena berbagai alasan. Untuk itu banyak perusahaan membuat program aplikasi sendiri sesuai dengan system akuntansi yang diterapkan di perusahaannya.

Dengan program ini tugas  operator  hanya  mencatat transaksi yang terintegrasi dengan subs system lain,  selanjutnya komputer akan mengolahnya sampai kesasaran akhir laporan keuangan yaitu neraca, laporan rugi laba dan laporan perubahan modal serta analisanya.

Jurnal Khusus :   Pada perusahaan besar ternyata transaksi-transaksi yang sama terjadi berulangkali sehingga tidak efektif lagi bila dicatat setiap hari ke dalam jurnal umum. Untuk menghadapi hal tersebut, dilakukan penyesuaian bentuk Jurnal disesuaikan dengan kebutuhan. Pada jurnal khusus transaksi yang sama dalam perioda tertentu dapat dijurnal satu kali saja. Jurnal khusus memiliki kontrol intern  yang lebih baik karena transaksi telah dikelompokan, dan memungkinkan pembagian tugas sehingga terjadi spesialisasi pekerjaan.

Macam-macam jurnal umum dan jumlah kolom jurnal disesuaikan dengan kebutuhan namun umumnya jurnal umum terdiri dari

Jurnal Kas, dapat dibagi atas jurnal penerimaan kas untuk mencatat penerimaan kas dan jurnal pengeluaran kas untuk mencatat pengeluaran las

Jurnal Penjualan, untuk mencatat penjualan kredit. Penjualan tunai merupakan bagian dari jurnal Kas.

Jurnal Pembelian, untuk mencatat pembelian kredit, pembelian tunai merupakan bagian dari jurnal kas.

Jurnal Memorial (Jurnal Umum) untuk mencatat transaksi yang tidak dapat dikelompokan pada jurnal-jurnal khusus di atas misalnya ayat penyesuaian, biaya/beban penyusutan, pendapat/biaya bunga,  pendapatan/kerugian kurs. Dll.

Neraca lajur dan ayat penutup

Neraca lajur tidak diperlukan Pada system akuntansi komputer, karena semua proses penyusunan laporan keuangan (Laporan Rugi laba, Neraca, Perubahan modal serta analisanya) dapat dilakukanh oleh komputer

Pada sistem akuntansi manual, untuk mempermudah menyusunan laporan keuangan dibuat tabel untuk mencatat, meyesuaikan, menggolongkan saldo perkiraan-perkiraan buku besar yang disebut Neraca lajur (work sheet).

About these ads

264 Tanggapan

  1. tolong donk bantu saya untuk memcai informasi mengenai jurnal memorial beserta contoh-contohnya.

    Zulidamel :
    Nanti sore kalau ngak lupa akan saya posting !

  2. tolong donk bantu saya daftar code accounting yang standart internasional dan kalo bisa contoh jurnalnya…
    nanti sore saya posting lagi

    Zulidamel :
    Kalau yang ini saya ngak tau nih! soalnya yang saya tahu tidak ada code accounting internasional. code rekening kita buat sendiri sesuai petunjuk klasifikasi yang telah dibahas untuk memudahkan kita mengolah data.

  3. bisa nggak kirimkan contoh tabel neraca saldo beberapa perusahaan jasa ataupun dagang, tapi dibutuhkan sekarang!

  4. mana sudah bos contoh neraca lajurnya?

  5. ko tidak ada neraca lajur pesanan Que bosQ?

    • aquh pngent brgabung amah klian,
      aquh jgah pngent d’bantu dalam mnyelesaikn tugas akuntansi komputer dan dpat mngetahui banyak ilmu lgi tentang akuntansi komputer dgan klian,

      bolehkah aquh bergabung dngan klian???

      ZB:
      Kami akan mencoba membantu sebisa kami…

  6. tolong dong kirimin contoh pembuatan laporan keuangan dari laporan rugi laba, laporan perubahan modal sampai keneracanya. kirim ke email saya y! trims bxk y!

  7. gimana ci cara membuat laporan awal – akhir dari sebuah transaksi perusahaan dagang 1 periode/1 bulan yang berupa faktur, nota debet, nota kredit, bukti kas masuk/keluar, bukti memorial. aku bingung gmna cara buat jurnal umum sampai jurnal penutup. tlongin aku dunkz coz ini tugas paling lambat di kumpul tgl 10 januari.

  8. Pak, bisa tolong dikirimkan contoh format-format standard formulir yang digunakan dalam sistem informasi akuntansi (seperti al.: Bukti kas masuk/keluar, voucher, faktur, Invoice, PO dll).

    Zulidamel:
    Tidak ada standarisasi untuk ini kecuali faktur pajak. Bentuk yang umum ada dijual di Mall atau toko alat tulis. Mungkin namanya saja yang berbeda seperti contoh faktur, invoice, bon ketiganya adalah sama. Yang penting bukti transaksi terdiri dari bagian judul, bagian isi, dan bagian penutup. Dokumen yang saya punya saat ini semuanya berlogo jadi tidak etis utuk dipublikasikan tanpa izin yang punya.

  9. Pak. saya ada kesulitan dalam pembuatan lap. keu. dimana hampir semua transaksi tentang dana taktis yang gak diakui oleh pajak. bagaimana cara saya untuk dapat membuat lap. keu. yang sesuai dengan standarisasi akuntansi dan dapat diakui oleh pajak. btw, apakah ada format khusus lap. keu. untuk perusahaan freight forwarding? mohon bantuannya. thx….

    Zb:
    Saya tidak punya format khusus untuk perusahaan jasa, dan kebetulan saya memang kurang pengetahuan tentang transaksi perusahaan ini. Namun dana taktis itu ada pada semua jenis perusahaan dan termasuk biaya operasional perusahaan.
    Masalah tidak diakui oleh pajak mungkin transaksi anda diragukan, sehingga dianggap oleh pajak sebagai pengeluaran pribadi.
    Langkah yang saya tahu hanya dengan mendistribusikan rekening biaya ke beberapa rekenig biaya yang relevan dengan perusahaan anda seperti biaya perawatan, perbaikan, perjalanan dinas, iklan/promosi, transport dll sehingga laporan keuangan anda jelas sehingga tidak perlu diperiksa oleh orang pajak karena tidak ada keraguan.
    Disisi lain biasanya diperlukan juga jasa auditing independen untuk melegalisasi laporang keuangan anda.
    Demikian semoga membantu…

  10. Thx. atas penjelasannya. kemudian yang saya ingin tanyakan :
    1. Pendistribusian rekening biaya ke rekening biaya yang relevan harus di sesuaikan dengan bukti2 transaksi seperti voucher/bon2. tetapi dalam hal ini dana taktis ada buktinya, dan nilai yang keluar sesuai dengan kenyataannya dalam proses dokumen. Dalam kenyataannya di lokasi kerja, kebudayaan ini sudah hal lumrah contohnya bea cukai. maka kami yang repot sebagai perusahaan jasa dalam hal lap. keu. terutama pada SPT Tahunan/Badan.
    2. Jasa Auditing Independen/KAP dalam hal pelaksanaannya tetap saja harus ada bukti2 transaksi (kecuali yang ece2).
    3. Sebagian biaya bisa saja di bebankan ke biaya lain, tapi kalo kebanyakan bingung juga. walaupun biaya yang keluar real/asli 100% untuk proses dokumen (sedikit yang ada bukti transaksinya). Gak mungkinkan di jurnal umum saya tulis “Dana taktis untuk Bpk. X” (itu juga untuk satu meja belon meja lain).
    4. Apakah perlu saya buat voucher2 palsu??”(saya rasa tidak mungkin)
    NB: Apakah dilegalkan “Dana Siluman” dinegara kita?? walaupun biaya yang besar itu memang bagian dari lumpsum operasi.
    ma’af kepanjangan……….. thx

    Zb:
    Justru karena biaya siluman itu tidak legal, maka tidak di akui oleh pajak. Bahkan kalau ditinjau dari masalah tindak korupsi, memberikan sejumlah untuk xxxx …… termasuk tindakan korupsi, Tapi bagaimana caranya untuk menghindari itu!… Hukum di negara kita masih mengambang.
    Soal bukti transaksi adalah faktor pengawasan internal perusahaan. Jika perusahaan anda telah mengakui/melegalkan pengeluaran itu sebagai bagian dari taktis perusahaan tidak ada salahnya anda membuat voucher pengeluaran kas tanpa/tidak dilengkapi dengan bukti transaksi yang sesuai, dan transaksi itu legal di perusahaan anda. Namun tetap harus dibebankan ke biaya lain yang legal bagi pajak. Yang penting anda lakukan atas sepengetahuan atasan anda. Untuk membedakannya dengan biaya sesungguhnya anda buat sebagai sub account sehingga anda masih dapat memisahkan biaya siluman dan biaya sesungguhnya. Orang pajak tidak akan melakukan pemeriksaan kecuali laporan anda dicurigai melakukan penyimpangan.

    Dalam hal ini memang masih banyak dilema, jadi kita dipaksa untuk tidak jujur.
    Namun disisi lain, mungkin juga orang pajak belum mendapatkan uang siluman dari anda!…

  11. poin nomor satu maksudnya tidak ada bukti transaksinya.

  12. pak, saya mengalami kesulitan untuk membuat laporan keuangan untuk koperasi di kantor saya. bagaimana saya dapat mengetahui apakah koperasi ini mendapatkan untung atau rugi masalah pengurus yang lama tidak membuat laporan keuangan yang mudah dipahami. bisa tolong memberi contoh bentuk jurnal umum, neraca rugi-laba, dan jurnal yang sesuai dengan keperluan pembukuan koperasi? terima kasih.

    zb:
    Untuk bentuk laporan keuangan utama yaitu rugi-laba, neraca adalah standart. Permasalahannya hanya terletak pada klasifikasi rekening yang telah dibahas. Rekening-rekening tersebut akan berbeda satu dengan yang lainnya karena jenis usahanya yaitu (Jasa, Dagang dan Industri) dan besar kecilnya perusahaan yang akan berpengaruh terhadap kebutuhan banyaknya rekening yang diperlukan. Laporan tersebut tidak tergantung pada bentuk perusahaan(pt, cv, koperasi firma dll).

    Masalah jurnal tergantung pada besar-kecil perusahaan. Jika jurnal umum masih dianggap cukup, pakai jurnal umum saja. Jika semakain besar tentunya perlu diklasifikasi atas beberapa jurnal seperti jurnal penerimaan kas, pengeluaran kas dll yang disebut dengan jurnal khusus. Perbedaannya dengan jurnal umum adalah jurnal khusus meberikan keterangan yang lebih rinci mengenai transaksi.

    Dalam akuntansi komputer, user hanya mencatat transaksi selanjutnya komputer yang akan mengolah data sampai ke sasaran akhir laporan keuangan.

  13. Pak, apa bapak memiliki faktur2 dr beberapa perusahaan?
    (invoice, faktur pajak, faktur penjualan,dll)
    Tolong dikirim ke email saya ya pak
    untuk doc pribadi saja
    terima kasih

    Zb:
    Mohon ma’af ya!. saya tidak mengoleksinya, karena menurut saya masalah design sangat tergantung pada kebutuhan.
    Prinsip dasarnya sama saja.

  14. sebagai pelajar aku mau tanya` nih:
    a. nota D/K itu kalo` dimasukkan kejurnal umum nama akunnya terdiri dari apa aja Yaaaa?
    b. kalo menghitung piutang yang berbunga dimulai dari awal menghutang atau satu hari habis menghutang?
    ex: tgl 1 feb toko A membeli brg dagang sebanyak 100rb dg syarat 2/10,n/30 kmd toko A melunasi utangnya pada tgl 11feb. apakah toko A ini mendptkan bunga?
    Minta bantuannya Ya pakk

    Zb:
    a. Nota D/K atau memorial debet/Memorial Kredit berbungan dengan akun biaya dibayar dimuka, utang, pendapat diterima dimuka, piutang.
    b. Syarat pembayaran seperti tersebut biasanya untuk diskon. Tapi kalau daasumsikan sebagai bunga maka akan mendapat bunga sebesar 2 karena tepat hari terakhir syarat yang ditetapkan.

    • Q mau tnya ni gmna cra buat jurnal transaksi-transaki gimna

      ZB:
      Untuk membuat jurnal transaksi harus jelas dong, transaksi apa?…

  15. Tolong kirimin sekarang contoh/format laporan keuangan perusahaan dagang beserta analisa-analisa akun laporan tersebut.. sekarang yach

  16. zb.. tolong cepet donk.. ditunggu nich..

  17. assalamulaikum. pak tolong kirim contoh work sheet donk ke email saya…soalnya saya mash bingung. dikirim sekarang ya pak. makasih. wass

    Zb:
    Worksheet atau neraca lajur adalah kertas kerja yang digunakan dalam sistem akuntansi manual untuk menyusun neraca. Karena komputer dapat mengantikan tugas tersebut sehingga worksheet/neraca lajur tidak diperlukan lagi dalam akuntansi komputer. Kamu dapat perkirakan kalau saya diminta segera untuk memberikan kertas kerja yang saya sendiri tidak menggunakannya.

  18. tim yang smart, tolong dunk kirimin cotoh riil penyusunan laporan keuangan untuk perusahaan yang multi nasional khususnya perusahaan indonesia yang udah go-public ya
    trim.

    Zb:
    Contoh real penyusunan laporan keuangan suatu perusahaan tentunya saya tidak berwenang memberikannya. Namun saat ini telah banyak perusahan yang mempublikasikan laporan keuangan mereka di internet, sehingga anda dapat mencarinya sendiri dengan mesin pencari seperti google.
    Misalnya menggunakan kata kunci laporan Neraca, Laporan Rugi Laba dll.

  19. Der tim…yang pintar tolong dong bantu saya untuk memecahkan masalah tentang jurnal pencatatan piutang, purusahaan kami bergerak dalam bidang jasa service pada saat saya mau tagih ke klien ternyata dia belum bisa bayar akhirnya jadi piutang di kami

    ZB:
    Karena anda tidak menyebutkan rekening piutang dan penghasilan, saya tidak dapat mengetahui detail jasa yang anda lakukan. Apakah jasa anda adalah jenis jasa kena ppn dll. Karena itu saya hanya dapat menjawab sederhana sbb:

    Perkiraan…….Debit……..Kredit
    Piutang………xxxxxxxx
    Penghasilan………………xxxxxxxx

  20. Der tim…yang pintar tolong dong bantu saya untuk memecahkan masalah tentang jurnal pencatatan piutang, purusahaan kami bergerak dalam bidang jasa service pada saat saya mau tagih ke klien ternyata dia belum bisa bayar akhirnya jadi piutang di kami (A/R service letaknya di aktiva trus lawannya apa )
    thks

    zb:
    A/R servis itu sama dengan piutang. (Debit)
    Lawanya (Kredit) semua rekening yang terkait dengan jasa tersebut, misalnya saja anda kontraktor yang mengerjakan renovasi sebuah rumah maka anda dapat buat beberapa rekening sbb:
    Perbaikan Rumah, perbaikan pagar, Perbaikan jalan, Dekorasi, PPN, dsb. Maksudnya membuat detail rekening seperti itu adalah agar dapat mengevaluasi penggunaan material.

  21. Jurnal umum nya asuransi jamsostek dong please deh

    Zb:
    Jamsostek, pph21 adalah bagian dari biaya gaji. Banyak perusahaan mengatakan bahwa jamsostek, pph21 dibayar oleh perusahaan, itu hanya teknik atau akal-akalan perusahaan dalam melakukan kalkulasi biaya. Akibatnya mereka juga akan keliru dalam membuat rekening sehingga menjadi biaya Pph21, biaya Jamsostek dll. Dengan cara ini tidak terlihat hubungan catatan dengan kasusnya.
    Contoh : terhitung saat pembayaran gaji sampai, membayarkan pph21 atau Jamsostek terdapat kewajiban perusahaan yang tidak dicatat.

    Disini sebenarnya terdapat 2 proses yaitu saat pembayaran gaji, dan saat penyetoran ke Jamsostek atau Pajak.

    Saat pembayaran gaji : Petugas pelaksana melakukan pemotongan untuk pembayaran Jamsostek dan Pph, pinjaman dll., sehingga timbul hutang perusahaan kepada Jamsostek, Pajak maka jurnalnya sbb:

    Perkiraan……………Debit……….Kredit
    Biaya gaji ………….xxxxxxx
    Kas……………………………..xxxxxxxx
    Hutang Pph21…………………xxxxxxxx
    Hutang Jamsostek……………xxxxxxxx
    Pinjaman Karyawan…………..xxxxxxxx
    dll……………………………….xxxxxxxx

    Sa’at penyetoran ke Jamsostek atau Pajak adalah pembayaran utang yang muncul akibat pemotongan yang dilakukan pada saat pembayaran gaji.

    Setorn ke Kantor pajak
    Perkiraan…………..Debit…….Kredit
    Hutang Pph21……..xxxxxxxx
    Kas……………………………..xxxxxxxx

    Setorn ke Kantor Jamsostek
    Perkiraan…………..Debit……Kredit
    Hutang Jamsostek..xxxxxxxx
    Kas……………………………..xxxxxxxx

  22. Pagi… pak, thks atas jawaban pertanyaan sebelumnya, saya akan menyakan lagi mengenai pencatatan piutang tak tertagih untuk perusahaan jasa property managemen, karena piutang itu tidak mungkin dihapuskan dan akan bertambah terus setiap bulannya yang jumlahnya lumayan cukup banyak, junal untuk mencatan piutang tersebut bagaimana pak, di tunggu jawaban secepatnya pak .. thks

    Zb:
    Piutang yang benar-benar sudah tidak dapat ditagih seharusnya di hapus. Tentunya otorita owner atau pejabat yang berwenang. Ada 2 cara yaitu metode penghapusan langsung dan metode peyisihan piutang tak tertagih.
    Lihat Ayat Jurnal Penyesuaian

  23. Pg Mr Jenius. minta tlg donk diberikan format laporan keuangan u perusahaan hak pengusahaan hutan. or bisa tlg berikan ref buku2 yg baik u sy baca. thx bgt u bantuannya

    Zb:
    Mohon ma’af, saya belum pernah terkait dengan perusahaan HPH, namun menurut saya masalah laporan keuangan tidak jauh berbeda.

  24. selamat siang
    saya butuh bantuan untuk memecahkan soal saya ini

    pembuatan jurnal umum
    transaksinya :
    tgl 1juni menginventasikan uang tabungan untuk usaha sebesar 50.000.000
    tgl 2 juni membeli peralatan kantor 15.000.000
    perlengkapan kantor sebesar 1.000.000
    tgl 3 membayar sewa gedung 6.000.000
    tgl 4 membeli mebel seharga 10.000.000,dibayar Rp.5.000.000 sisa dibayar kemudian
    tgl 5 diterima komisi penjualan 2.000.000
    tgl 10 diterima jasa pemanduan wisata 2.500.000
    tgl 15 dibayar sewa kendaraan 1.000.000
    tgl 20 difakturkan jasa pemanduan wisata yang telah dilaksanakan tetapi belum diterima uang sebesar 3.000.000
    tgl 21 dibayar sebagian utang pada transaksi tgl 4 sebesar2.500.000
    tgl 25 diterima uang sebesar 2.000.000 dari transaksi tgl 20
    tgl 26 dibayar gaji karyawan sebesar 500.000
    tgl 27 diambil uang untuk keperluan pribadi 1.000.000
    tgl 30 diterima uang muka pemesanan tiket sebesar 500.000

    tolonglah saya dalam membuat jurnal umumnya trus pemisahan transaksi2nya

    terima kasih

    Zb:
    Perlu kamu ketahui, tugas tersebut adalah sangat mudah, apalagi kalau dikerjakan dengan sistem akuntansi komputer, kita tinggal entri data, selanjutnya komputer mengerjakannya sampai menghasilkan laporan keuangan.
    Namun saya akan membantu kamu, dari 14 item tersebut permasalahan yang mana yang kurang kamu pahami?…

    • gmn crany biar kmputer yg ngrjain ??

      tolong jelaskan yah ..

      ZB:
      Instal aplikasi akuntansi ada yang mahal, yang murah dan yang gratisan juga ada!…

      • mau join bareng :)
        kalo myob bisa mempermudah jg ga pa ?
        software aplikasi untuk akuntansi itu apa aja si ?

        ZB:
        Myob adalah salah satu sofware akuntansi, product asing yang dikenal luas di Indonesia. Semua sofware akuntansi apapun namanya adalah alat bantu untuk mengolah data akuntansi dan tujuanya mempermudah proses pengolahan data akuntansi. Hanya saja untuk itu diperlukan tambahan pengetahuan disamping pengetahuan akuntansi. Jika akuntansinya saja kurang dipahami dengan baik tentunya akan mengalami kesulitan dalam memahami sofware akuntansi.
        Banyak sekali software akuntansi yang tersedia dengan barbagaimacam kelebihan dan kekurangannya dan yang terbaik adalah yang sesuai dengan pemakai. Banyak pemakai membuat sofware akuntansi sendiri karena yang tersedia di pasar tidak sesuai dengan kebutuhannya.

    • yang saya tidak pahami adalah ketika mengerjakan akuntansi di komputer..?

    • tlngdibuatkan jurnal transaksi diatas

  25. Pak, saya mau bertanya mengenai pendapatan diterima dimuka atas sewa selama 5 tahun, pada tahun pertama sy belum memasukkan karna baru dibayar uang muka saja, pada tahun kedua saya telah memasukkan pph final pada lap pajak secara full, untuk tahun kedua ini saya perlu memasukkan pph final atau tidak, pencatatan jurnalnya pendapatan di terima dimuka untuk tahun ke-2 ini bagaimana ? thks bngt bantuannya

    zb:
    Permasalahan pajak masih terdapat ketentuan yang tidak jelas. Yang saya pahami perhitungan pajak didasarkan pada jumlah transaksi sehingga pada saat diterima uang muka, sudah dapat dihitung pajaknya berdasarkan jumlah uang muka yang diterima, namun banyak akuntan tidak menghitung pajak secara bertahap begitu. Alasannya hanya supanya tidak repot. Sama juga dengan anda yang mengitung pajak secara full (5 thn). Padahal seharusnya di bagi lima karena periode akuntansi adalah 1 thn. Artinya kewajiban pajak tersebut telah anda bebankan pada periode akuntansi tertentu. Dalam kenyataannya pajak tersebut memang telah anda terima dan harus dilaporkan. Untuk selanjutnya tidak perlu lagi dilaporkan.

    Untuk pendapatan sewa harus anda adjusment setiap periode sehingga laporan laba rugi anda benar-benar menunjukan pendapatan pada periode tertentu. Pendapat diterima dimuka tahun ke-2 dicatat sesuai dengan jumlah yang diterima dikurangi pendapatan sewa tahun pertama dan pajak yang telah anda bebankan.

  26. Thks banyak atas jawaban pertanyaan sebelumnya pak, PSAK mengenai apartemen di indonesia ini sebenarnya sudah ada apa belum? kalau sudah ada PSAK no. berapa, kalau belum ada apakah di indonesia ini sudah ada buku2 accounting menenagi apartemen bisa kasih referensinya pak, thks buanyak.

  27. pak saya mau tanya apakah ppn pembelian bisa di kreditkan dengan ppn penjualan tetapi tidak behubungan dengan transaksi tersebut,
    misal pembelian brg untuk inventaris tidak untuk dijual .

    Zb:
    Selama atas nama perusahaan yang sama boleh.

  28. terimakasih pak zb.

  29. kalau ada transaksi seperti ini 2/10 n 30 artinya apa ya?
    maaf saya lupa

    Zb:
    Saya sudah lama sekali tidak, melihat teknik ini. Namun seingat saya syarat pembayaran selama 30 hari, bila dibayar sebelum hari ke 10 maka diberikan discount sebesar 2 % Ok!..

  30. cara menjurnal perusahaan kontraktor ??

    Zb:
    Jurnal tergantung pada rekening Neraca, bukan pada jenis perusahaan.

  31. Mba’ bisa minta tolong saya dibuatin format untuk neraca dan laporan laba ruginya donk.
    trims ya mba’ sebelumnya

    Zb:
    Mohon Ma’af saya belum sempat memenuhi permintaan anda dan beberapa rekan anda, namun anda dapat temukan di tempat lain dengan search Laporan Rugi Laba, Laporan Neraca.

  32. Pak pada akhir tahun saya mencatat piutang karyawan yang tidak tertagih pada
    beban piutang tak tertagih xx
    cadangan kerugian Piutang xx
    nah pada awal tahun saya harus membuka lagi piutang tersebut karna masih belum tertagih
    saya mencatatnya
    Cadangan Kerugian Piutang xx
    Pendapatan lainnya xx
    apa benar Pak Pencatatan saya ? karena saya ragu?
    trimakasih sblmnya atas bantuannya

    Zb:
    Sebelumnya saya ingatkan dulu bahwa dalam menangani kerugian akibat piutang ada 2 metode yaitu dengan mencatat sebagai cadangan dan penghapusan langsung. Cadangan kerugian piutang ini adalah rekening perkiraan diperhitungkan berdasarkan perkiraan dan digunakan biasanya untuk transaksi dalam usaha perusahaan, bukan piutang karyawan. Kerugian piutang ini sangat relativ karena pada dasarnya semua piutang harus ditagih dan hanya akan dihapus bila benar-benar tidak dapat di tagih atau sengaja dihapus. Bahkan masih mungkin diterima setelah dihapus. Dalam kasus piutang karyawan di atas jelas masih dapat ditagih dan saya biasanya membiarkan saja sebagai piutang karyawan untuk periode akuntansi berikutnya tanpa perlu melakukan penyesuaian.

    Bila memang sudah harus di hapus baru dilakukan penyesuaian tentunya ini menyangkut kebijakan pimpinan perusahaan. Menurut saya kamu perlu memahami juga beda piutang tak tertagih dengan piutang yang belum tertagih.

    Pada jurnal yang kamu lakukan di atas ada sedikit aneh yaitu di akhir tahun kamu telah mencoba menghapus piutang tak tertagih, artinya piutangnya sudah habis. Tiba-tiba pada awal tahun membuka lagi. Kamu menggunakan dokumen dasar apa sebagai sumber timbulnya lagi piutang?…

  33. Bpk Pengasuh yang Baik Hati.
    Saya sangat antusias untuk dapat menguasai akuntansi perusahaan, apalagi perusahaan tempat sy bekerja sekarng dapat dikategorikan agak unik karena jenis produk jasa yang dihasilkan lumayan bervariasi. Apalagi klu dikaitkan dengan Pajak.
    Blog ini sy jadikan salah satu referensi untuk pekerjaan yg sdg sy tangani. Terimakasih Pak untuk sharing ilmunya, semoga dapat terus dikembangkan.

  34. Mohon pertimbangan? bagaimana cara mulai sistem akuntansi yang baik untuk usaha kecil yang sudah berjalan tetapi tanpa manajemen keuangan yang baik, yang tentunya sudah ada hutang, piutang, biaya.. tapi modal awalnya udah gak ketahuan.
    cara meng cut down keuangan dan memulai sistem baru.
    penjelasannya sangat diharapkan.

    Zb:
    Memulai sistem akuntansi adalah pekerjaan yang cukup sulit, untuk itu biasanya melibatkan konsultan karena memerlukan faktor-faktor penilaian yang wajar. Bila anda merasa hal itu belum perlu atau anda ingin berlaku sebagai konsultan yang telah memahami masalah akuntansinya lakukan tip sederhana berikut :

    Kumpulkan semua transaksi pada tahun berjalan dan catat ke sistem akuntansi yang anda maksudkan. Jika anda menggunakan sistem akuntansi dari kami, anda cukup menyusun data – data tersebut dalam format excel sesuai bentuk form yang kami perlukan selanjutnya aplikasi akan mengimport ke sistem database. Anda segera dapat memperoleh laporan yang diperlukan sesuai fasilitas yang tersedia.

    Cetak laporan RugiLaba. Laporan ini adalah laporan sesungguhnya bila semua transaksi tahun berjalan telah anda sediakan

    Cetak laporan Neraca. Anda akan memperoleh laporan neraca yang belum sesungguhnya karena anda belum mencatat saldo awal. Kita sebut saja Neraca 1

    Lakukan opname pada semua rekening neraca dengan memberikan penilaian, sehingga anda memperoleh neraca sesuai opname. Selisin aktiva dan pasiva adalah modal. Kita sebut neraca 2

    Hitung selisih neraca 2 dan neraca 1, hasilnya adalah neraca awal.

    Demikian semoga membantu…

  35. tolong donk kirimin contoh pembuatan neraca,laba rugi, yang ada jurnal memorial yah, sama sekalian contoh posting .tx
    ZB:
    Kami Bekerja dengan sistem akuntansi komputer. User hanya ditugaskan untuk mencatat transaksi dan accounting memvalidasi untuk menjamin bahwa transaksi tersebut telah benar. Selanjutnya menyusun jurnal transaksi dan menyusun laporan operasional, keuangan serta analisanya adalah tugas komputer.
    Lebih lanjut anda lihat di halaman Aplikasi Akuntansi.

  36. dan cara supaya tidak selisih di neraca pasifa& aktiva

  37. bagaimana cara untuk meminimalisasi terjadinya piutang tidak tertagih

  38. cara praktis membuat flowchart penjualan kredit dan tunai.
    Zb:
    Tidak ada cara praktis untuk itu. yang ada adalah begaimana merancang flowchart sistem agar pekerjaan jadi praktis, ekonomis dan efektif. Untuk itu perlu mikir. Satu yang kamu perlu ketahui bahwa sistem sangat tergantung pada faktor lingkungan terutama struktur organisasi dan maunya manajemen perusahaan, sehinga sistem yang berjalan baik di suatu perusahaan belum berjalan baik pada perusahaan lainnya sekalipun perusahaan sejenis.

  39. chatty minta tolong dunk…
    minta contoh form bukti kas keluar..

    Zb:
    Lihat halaman mencatat pengeluaran kas, masuk dulu ke Akuntansi dan lihat pada daftar isi

  40. Terima kasih pak jawabannya. Lha kalau data yang lama saya cut saja, lalu benar-benar mulai sistem baru. apa boleh seperti ini? apa yang musti saya lakukan

    ZB:
    Kadang-kadang lucu juga ya?… Pertama minta cara meng-cut-nya?.
    Kalau perusahan anda menyediakan budged untuk pengembangan sistem informasi, tentunya harus dientri semua data minimal mulai dari tahun lalu. Kenapa Tahun lalu?… Karena data tahun lalu masih erat kaitannya dengan informasi yang diperlukan tahun berjalan. Katakanlah data tersebut masih aktif. Bagaimana tahun sebelumnya?… Ngak usah pikirin. bila perlu cari filenya, ngak usah pakai sistem. Alasan lainnya?… Salah satu Bentuk Neraca yang saya sediakan hanya menyediakan Kolom tahun lalu dan tahun berjalan. Ok!…

  41. saya mau tanya bagaimana cara menghitung perlengkapan yg tersisa agar saya bisa membuat penyesuaiannya.saya sedang membuat laporan untuk usaha warnet.perlengkapan kan terdiri dari kertas, tinta, dan bahan habis pakai lainnya.
    mohon balasan secepatnya,terima kasih

    Zb:
    Sudah tidak jaman menggunakan sistem akuntansi periodik, sehingga harus mengghitung berapa barang/persediaan yang tersisa. Kalau dalam sistem akuntansi perpetual (permanen) :
    Awal – Pemakaian = Sisa. Dalam sistem akuntansi perpetual perhitungan fisik hanya perlu untuk validasi apakah fisik sesuai dengan nilai buku.

  42. oh ya tanya lagi nih, saya kan mneruskan lapkeu bulan lalu, tetapi laporan keu bulan lalu cara pencatatannya ga sesuai dg apa yg saya pelajari di kuliah saya (jurusan akuntansi). nah skr saya disuruh menggantikan dan memperbaiki seperti layaknya laporan keu.sesuai standar akuntansi.yang saya tanyakan bagaimana cara mengetahui akumulasi depresiasi peralatan? soalnya di laporan bulan sebelumnya tidak mencantumkan akun itu. saya jadi bingung nih, padahal sayadisuruh buat lap keu untuk 6 cabang. mohon bantuannya.terima kasih

    Dalam hal ini terdapat beberapa metode perhitungan penyusutan aktiva tetap dan ketentuannya diatur oleh dirjen pajak. Jadi ada golongan I golonga II dsb.
    Salah satu cara adalah dengan menggunakan umur efektif. Yaitu
    Nilai penusutan = (Nilai perolehan – nilai sisa) / umur efektif.
    Bila tahun lalu belum dicatat penyusutan maka anda catat dulu penyesuaian untuk peridode lalu jangan sekali gus.

  43. pak saya bekerja di sebuah warnet, yg mau saya tanyakan apa saja yg termasuk dalam perlengkapan dan peralatan di warnet, coz saya kadang bingung untuk mengklasifikasikannya. contohnya, pembelian kanopi untuk parkiran, beli tangga, kursi dll. trus juga klo pembelian ram, cd RW itu masuknya apa.terima kasih sebelumnya.

    Zb:
    Perlengkapan yang kamu maksud adalah Aktiva tetap kali ya?…
    Dalam hal ini kita ambil kriterianya yaitu Untuk dipakai, umur relatif panjang dan dapat diukur manfa’atnya bagi perusahaan, serta nilai cukup berarti bagi perusahaan.
    Yang termasuk aktiva tetap di perusahaan kecil belum tentu digolongkan aktiva tetap bagi perusahaan besar karena tidak mempunyai nilai yang berarti bagi perusahaan besar namun bagi perusahaan kecil sangat berarti. Misalnya bagi perusahaan besar pembelian komputer bisa saja digolongkan ke kelompok biaya sehingga mereka tidak mencatat komputer itu sebagai asset. Bagi Warnet tentunya Komputer adalah asset utama.
    Pendapat saya untuk perusahaan anda kanopi, tangga, kursi adalan aktiva tetap dan Ram adalah Biaya perawatan & perbaikan. Cd RW adalah biaya operasional.

    • CD RW digunakan untuk apa dulu?, kalau CD RW itu untuk dijual/diperdagangkan maka termasuk persediaan barang dagang. tapi kalo untuk keperluan warnet dapat diklasifikasikan sebagai perlengkapan.

  44. makasih pak atas jawabannya, saya tanya lagi nih pak, sebaiknya klo pencatatan akuntansi itu menggunakan dasar akrual atau dasar cash pak? klo berdasarkan acrual kan banyak terjadi penyesuaian nantinya contohnya biaya gaji itu disesuakan dg hutang gaji.nah klo pembelian peralatan atau pembelian yg lainnya tetapi di bayar untuk bulan depan itu termasuk penyesuaian atau jurnal umum aja yg berarti bertambahnya hutang dan bertambahnya peralatan. mohon saya di penjelasaan tetang penyesuaian dan contohnya, saya terkadang masih agak bingung.terima kasih

    Zb:
    Bukan sebaiknya, Akuntansi menerapkan azas akrual lebig jelasnya transaksi dicatat sesuai saat terjadinya. Contoh yang kamu kemukakan tidak mengandung unsur penyesuaian.

  45. oia satu klo misalnya ada instalasi pemasangan jaringan tetapi biayanya di bayar bulan berikutna. nah jurnalnya bagaimana? apakah itu termasuk ke penyesuaian?mohon penjelasannya
    Zb:
    Tidak!…
    Saat pekerjaan telah selesai, timbul kewajiban (Hutang Biaya) dan dicatat :
    Pada warnet ini dianggap sebagai aset namun pada perusahaan lain mungkin ini biaya dalam hal ini kita ambil pada warnet terserah nama accountnya apa ?…

    Saat diakui sebagai hutang.
    Instalasi Jaringan …………….. 9,999,999
    Hutang Biaya…………………………………9,999,999

    Saat pembayaran
    Hutang Biaya …………………..9,999,999
    Kas……………………………………………9,999,999

    Bila sebelum pekerjaan selesai dilakukan pembayaran dimuka, DP misalnya maka untuk hal ini termasuk penyesuaian!..

  46. pak, mohon di berikan contoh yang perlu penyesuaian saya masih bingung. trus kalau misalnya pemakaian telepon dan listrik untuk bulan april, kan dibayar saat bulan mei. nah jurnal untuk bulan april gimana?

    Zb:
    Ada yang perlu kebijakan. Dalam hal biaya telephon & Listrik adalah biaya rutin yang dari bulan kebulan relatif sama jadi tidak signifikan untuk dipermasalahkan. Bisa saja yang dibayar bulan sekarang dicatat sebagai biaya bulan sekarang sekalipun pemakaiannya pada bulan lalu. Begitu juga seterusnya. Dan kita semua tahu termasuk pimpinan perusahan anda bahwa biaya tersebut adalah pemakaian bulan lalu. Bila kebijakan pimpinan perusahaan anda tetap ngotot mengambil kebijakan lain, anda kan dapat contact telp. 147 untuk telepon dan Kantor PLN untuk Listrik dan anda catat jurnal hutang berdasarkan informasi tersebut. Pada saat membayar yang anda bayar adalah Hutang. Namun pendapat saya untuk apa repot kalau hasilnya tidak signifikan.

    Untuk rekening apa saja yang perlu penyesuaian, anda lihat pada halaman ayat jurnal penyesuaian. dan mungkin suatu saat dapat saya tambahkan.

  47. pak klo biaya bunga pinjaman perlakuannya gmana? apakah itu langsung mempengaruhi kas keluar setiap kali pembayaran bunga?
    Zb:
    Seandainya Kamu membayar secara cash tentunya sama perlakuannya dengan pengeluaran kas lainnya. Jika biaya tersebut diketahui dari rekening koran tentunya pengeluaran tersebut hanya dapat kamu catat pada saat kamu menerima rekening korang dan sudah sangat terlambat. Bagaimana menyisipkan nomor urutnya.
    Untuk mengatasinya agar tidak mengganggu laporan kas yang telah dibuat anda dapat mencatat hal ini melalui ayat jurnalk penyesuaian.

  48. pak ini ada kasus, saya bekerja di perusahaan yang sedang berkembang baru saja di temaptkan ke bagian keuangan bulan ini khususnya akuntansinya (karena basic saya akuntansi) nah orang yg sebelum saya ga punya basic akuntansi dia membuat laporan keuangan yang bagi saya sangat rumit untuk dipahami. nah saya ditugaskan untuk membenahinya.pertanyaannya bagaimana cara saya membenahinya untuk langakah awalnya?dan hal terpenting apa yg harus saya lakukan apakah saya harus membenahi dari bulan januari? padahal setiap bulan tgl 10 saya di haruskan melaporkan laporan laba rugi perusahaan yg digunakan untuk rapat direksi bersama komisaris. mohon saran dari bapak? sebelumnya saya ucapkan terima kasih

    ZB:
    Target minimal pembenahan akuntansi adalah tahun berjalan, artinya akuntansi harus dibenahi dari awal tahun?… Pekerjaan ini tidak mudah karena anda berhadapan dengan perubahan dan umumnya lingkungan mempunyai penolakan terhadap perubahan. Untuk menghadapi hal tersebut anda perlu:
    * Menguasai proses bisnis perusahaan yang anda tangani sehingga tidak muncul dalam diri anda keraguan dalam melaksanakan proses akuntansi.
    * Memahami secara detail rekening Laba Rugi dan memahami bahwa Laporan Rugi Laba adalah Laporan Periodik dan tidak tergantung pada periode sebelumnya. Artinya Laporan Rugilaba dapat anda buat untuk bulan berjalan. Anda harus mampu menjalankan proses akuntasi bulan berjalan sesuai dengan akuntansi yang benar, tanpa terganggu oleh proses pembenahan yang harus anda lakukan pada periode sebelumnya. Untuk Laporan RugiLaba Akumulasi, untuk sementara anda gunakan Laporan laba periode sebelumnya dan tinggal dijumlahkan dan pimpinan anda harus tahu itu, sehingga anda tida ada keraguan untuk melakukan pembenahan.
    * Untuk Laporan Neraca Gunakan Neraca saldo terakhir dan telusuri setiap rekening neraca dan buat ayat jurnal penyesuaian.

    Saya rasa dalam proses akuntansinya tidak masalah. Yang akan menjadi tantangan anda adalah bagaimana anda merubah kebiasaan lingkungan anda. Karena anda untuk sementara akan di anggap menyebabkan masalah bagi mereka yang berusaha mempertahankan status Quo.

    Dalam melakukan perubahan, harus tegas. Untuk itu anda harus benar-benar memahami permasalahannya, termasuk lingkungan yang baru anda masuki.
    Satu Langkah yang baik telah anda lakukan yaitu bertanya kepada pihak yang anda anggap mengerti masalahnya…

  49. blh g dkrmn ttg sejarah dan perkembangan akuntansi syariah k alamt emailQ

  50. tapi pak neraca saldonya aja g balance, dan cuman terdiri dari pendapatan, peralatan, utang, biaya2, pembelian, penyusutan peralatan. trus gimana saya bisa dapatkan neraca saldo yg benar.

  51. ini saya malah di suruh bos saya memperbaiki neracanya dari awal tahun (januari 2008), dan itu per cabang (ada 5 cabang) juga nantinya konsolidasinya. saya minta saran dari bapak, hal2 apa saja yg diperlukan (informasi apa saja) yg harus saya dapatkan berhubungan dengan pembuatan neraca dari bulan januari

    Zb:
    Seperti yang saya sebutkan bahwa target minimal dalam sistem akuntansi perusahaan adalah periode berjalan, dan standar saya sendiri adalah periode tahun lalu karena keterkaitan akuntansi periode sekarang masih sangat erat dengan periode tersebut.
    Satu yang paling saya tekankan, bahwa dalam melakukan pengembangan sistem, proses akuntansi sekarang sedang berjalan tidak boleh terganggu, Oleh aktivitas penelusuran data yang anda lakukan, karena kebutuhan informasi berjalan terus. Jangan anda hanya terpaku dengan instruksi Bos karena Bos manapun tidak akan senang bila sewaktu dia butuh informasi, anda tidak dapat menampilkannya. Tidak ada alasan untuk menghindar dari itu.

    Pertama : Anda harus dapat posisi neraca sekarang. Dapat dilakukan dengan stock Opname kalau bisa secara menyeluruh, bila tidak lakukan pada rekening utama. Tentunya anda susun rekeningnya dulu. (Lihat Kalsifikasi Rekening). Tahap awal ini tidak perlu terlalu detail. Selanjutnya secara bertahap tarik mundur sesuai transaksi dari awal tahun untuk mendapatkan Saldo awal tahun.

    Apapun kesulitan anda, anda harus tampil PD. Ini adalah modal utama untuk menyelesaikan masalah. Jika itu hilang maka pekerjaan yang mudah akan terasa sulit.

    Kedua : Anda harus mengusai proses bisnis perusahaan tempat anda bekerja sehingga semua transaksi dapat anda kenali dengan mudah.

    Ketiga : Gunakan media yang tepat. Hal ini yang sering dilakukan oleh akuntan sehingga informasi yang seharusnya dapat ditemukan dengan mudah menjadi sulit.

    Ke empat susun prosedur akuntansi sesuai perusahaan anda dan hindari proses yang melanggar prosedur tersebut. Banyak orang punya kebiasaan menggampangkan masalah.

    Ke lima : Gunakan alat bantu yang tepat. Jika transaksi anda cukup banyak maka, anda harus menggunakan aplikasi akuntansi.

    Ke enam : Tentukan tingkat prioritas : Kas, Penghasilan, Piutang, Persediaan Hutang dst….

    Ke Tujuh : Anda harus mampu memanfaatkan SDM yang terkait dengan tugas anda…

    Selanjutnya anda pertimbangkan untuk mendapatkan penggunaan software aplikasi akuntansi dan bantuan tenaga ahli untuk meringankan tugas anda dan dapatkan hasil yang lebih maksimal.

  52. Selamat siang pak… saya nau tanya ttg jurnal PPN setelah pelaporan SPT masa, ketika melaporkan SPT masa ternyata pajak keluaran lebih besar dari pajak masukan sehingga kita harus setor…

    Kita ambil contoh aja..

    saat beli….

    biaya …………………1.000
    Pjk Masukan ……. 100
    kas/bank …………………..1.100

    saat jual

    Piutang 2.200
    Pjk Keluaran 200
    Penjualan 2.000

    ketika bulan berikutnya kita lapor dan bayar ke dinas pajak…
    sebesar 100

    yg saya tanyakn untuk jurnal 100 ini bagaimana… kapan kita menggunakan akun hutang pajak

    trimakasih sebelumnya

    Zb:
    Saya singgung kembali sedikit mengenai PPn bahwa PPn ini adalah kewajiban atas transaksi jual beli atas barang kena pajak. Jadi yang disebut sebagai Pjk masukan dan pajak keluaran keduanya adalah Akun hutang Pajak. Banyak Akuntan menggunakan Pajak masukan pada posisi i biaya di bayar di muka, ini terjadi karena kekeliruan.

    Agar lebih singkat, sekarang anda anggap saja Akun Pajak masukan dan akun Pajak Keluaran adalah akun hutang pajak. Posisinya jelas pada bagian Pasiva. Suatau pada saat anda membeli, akun ini akan bernilai debet, padahal normalnya adalah kredit. Situasi ini yang dihindari oleh akuntan. Namun bukannya masalah besar, hanya karena menambahkan kerjaan saja. yaitu untuk menampilkan laporan neraca yang benar, Nilai ini harus di pindahkan dulu ke posisi yang tepat yaitu posisi debet. Akun yang dapat diterima untuk menampung itu adalah Biaya kelompok biaya dibayar dimuka. Maka ditempatkan Akun Pajak masukan (Rekening ini sifat menampung sementara) namun akuntan yang malas menggunakan akun ini sebagai akun transaksi. Kalau anda begitu juga artinya anda juga termasuk yang malas.

    Bila anda menggunakan akun hutang pajak untuk kedua akun (pjk masukan & Pjk Keluaran)
    * Anda otomatis mendapatka buku besar PPN.
    * Posisi akhir akan menunjukan pajak terutang ( 100 )
    * Posisi akan kembali 0 bila anda setor

    Nilai yang anda setorkan adalah 10 % dari keuntungan yang diperoleh.
    Dalan hal ini anda memperoleh keuntungan sebesar 1000 dan PPN yang harus anda setor adalah 100. atau lebih gampang anda meperoleh laba 1100 sebelum ppn.

  53. halo….!!! apa kabar , ni aku munir ….
    aku boleh minta website tentang soal – soal nya akutansi nggak ..” karena aku butuh banget dengan soal itu…
    yang pertama aku ingin belajar dengan giat serta ingin mewujudkan sesuatu yang di inginkan negara yang telah memperingati ke 100 kali indonesia merdeka …
    makasih ……………

  54. pak mohon jelaskan maksud juran voucher itu gimana? dan contohnya apa? trus jurnalnya bagaimana? terima kasih

    Zb.
    Serius nich! saya belum pernah dengar juran voucher, namun voucher selalu dihubungkan dengan objeknya misalnya voucher belanja. Dan itu sangat berbeda dengan voucher Pulsa telephon celular dan berbeda pula dengan voucher system yang digunakan dalam pengawasan kas. Singkatnya kata Voucher digunakan pada banyak objek yang masing-masing punya pengertian sendiri.

  55. Siang pak,
    Saya mau tanya… kalo pada perusahaan rent car ( sewa mobil pribadi ), Mobil yang disewakan itu diangggap sebagai aktiva tetap bukan ? trus untuk pendapatan sewa selain dikenakan PPN ada pajak lainnya nggak?. Satu lagi Pak, misalkan mobil kita disewa oleh si A selama 5 bulan,tetapi baru dibayar selama 3 bulan saja yang 2 bulan dibayar kemudian, berarti yang 2 bulan itu dianggap sebagai piutang usaha kan Pak?trus jurnalnya bagaimana pak? Atas jawaban Bapak, saya ucapkan Terimakasih.

    ZB:
    * Mobil aktiva tetap
    * Selain PPN ada PPh 23 yaitu pajak atas penghasilan yang anda terima, biasanya ditarik oleh penyewa. Jika tidak, tidak perlu dicatat karena merupakan bagian dari kewajiban pajak pernghasilan anda.

    Anda lakukan secara acrual
    Kas untuk 3 bl …………………. nnn
    Pendapatan diterima dimuka (3bl)……nnn

    piutang sewa 5 bl…………………nnn
    pph 23……………………………..nnn
    PPn……………………………………….nnn
    Penghasilan……………………………..nnn

    Setoran PPN
    Kas (setoran Pajak) ………………..nnn
    PPn ……………………………. nnn

    Selanjutnya diselesaikan dengan ayat penyesuaian

    Anda juga dapat lakukan bila kas yang anda terima dianggap penghasilan sekarang.

    Kas 3 Bl………………………… nnn
    PPh 23…………………………. nnn
    Piutang.(sisa 2 bl)……………. nnn
    PPn…………………………………….nnn
    Penghasilan…………………………..nnn

    Kas (setoran Pajak) ………………..nnn
    PPn ……………………………. nnn

    PPh dikompensasi dengan perhitungan PPh Akhir.

    Akuntansi menganut azaz acrual, namun kebijakan ditangan anda. Terserah anda pilih yang mana.

  56. Terimakasih Pak atas jawabannya.
    Tapi saya masih agak bingung dengan jurnalnya. langsung ke contohnya saja :
    Tgl 1 Okt Disewa mobil oleh A, selama 5 bulan ( hrga sewa/bulan Rp. 3.000.000,- ), baru diterima pembayaran untuk 3 bulan ( Okt, nov, des ) total Rp. 9.000.000,-.
    saya udah coba ikuti jurnal dari Bapak tapi nggak balance, tolong dibantu ya Pak…

    Sebenarnya Akuntansi untuk usaha jasa sewa mobil itu sama tidak dengan akuntansi untuk usaha jasa yang lainnya ?

    Terimakasih.

    ZB:
    * Apakah penyewa adalah perusahaan PKP, Jika ya biasanya akan menerbitkan faktur pajak untuk PPh 23. (jika tidak anda faktur pajak anda tidak dapat/ tidak perlu catat)
    * Apakah harga sewa include atau exclude PPn ? Untuk ini saya asumsikan saja include PPn

    Pertama : Mencatat Piutang
    Pada saat buat Invoice, perusahaan jasa biasanya menggunakan nama Notice. akan didapatkan jurnal (include PPn)

    Supaya anda tidak pusing pula memikirkan ayat jurnal penyesuaian anggap saja transaksi sebagai pengahsilan sekarang.

    Piutang sewa (5 x 3000.000)………….15.000.000
    Penghasilan Sewa 10/11*15.000.000………………..13.636.363,64
    Ppn 10 %………………………………………………….1.363.636,36

    Mencatat Penerimaan Kas

    Kas 3 x 3000.000 …………………….9.000.000
    Piutang………………………………………………9.000.000

    Karena penghasilan dianggap penghasilan sekarang maka PPn adalah untuk bulan pertama
    Disetorkan
    PPn……………………………………..1.363.636,36
    Kas………………………………………………………1.363.636,36

    Pada saat dilunasi
    kas……………………………………..6.000.000
    piutang …………………………………………….6.000.000

    Secara acrual mencatat penghasilan dan PPN harus delakukan perbulan.
    Piutang sewa (5 x 3000.000)………….15.000.000
    Penghasilan Sewa bulan ke 1 10/11*3.000.000………nnnnnnnnnn
    Ppn 10 % bln ke 1………………………………………..nnnnnnnnnn
    Penghasilan Sewa bulan ke 2 10/11*3.000.000………nnnnnnnnnn
    Ppn 10 % bln ke 2………………………………………..nnnnnnnnnn
    Penghasilan Sewa bulan ke 3 10/11*3.000.000………nnnnnnnnnn
    Ppn 10 % bln ke 3………………………………………..nnnnnnnnnn
    Penghasilan Sewa bulan ke 4 10/11*3.000.000………nnnnnnnnnn
    Ppn 10 % bln ke 4………………………………………..nnnnnnnnnn
    Penghasilan Sewa bulan ke 5 10/11*3.000.000………nnnnnnnnnn
    Ppn 10 % bln ke 5………………………………………..nnnnnnnnnn

    dst…

  57. Terimakasih Pak…….

  58. pagi pak,

    sangat menarik ketik tidak sengaja saya mampir ke blog anda. saya merasa sangat beruntung karena memang saya lagi mebutuhkan pertolongan orang seperti bapak. saya mohon bapak dapat meberikan contoh draft form surat utang-piutang. terima kasih

    salam,
    sinta

    zb:
    Yang anda maksud draft form dalam bidang apa?. Kalau dalam usaha dagang biasanya hanya Purchase Order, Invoice, surat jalan, Delivery Order. Pada perusahaan jasa atau industri dapat diawali dengan surat perjanjian kerja sama/Kontrak dengan berbagai nama. Mungkin melibatkan notaris dan perangkat hukum lainnya.

  59. jika ada laporan keuangan yang tidak balance dalam sistem komputer bagaimana cara kita menelusuri kesalahannya?trm kshh

    zb:
    Dalam aplikasi yang saya tawarkan melalui block ini, tersedia form audit untuk mendeteksi setiap kesalahan yang menyebabkan jurnal transaksi tidak balance. Koreksi dilakukan pada form yang terkait.

    catatan: Aplikasi menyusun jurnal transaksi dari file transaksi secara automatics.

  60. sya mhon bantuan, saya ada tugas mata kuliah sistem informasi akuntansi. nah, masalahnya, saya tidak paham dengan macam-macam dokument yang trlibat dalm semua siklus..mohon bantuannya, pak???seperti apa dokument2 yang terlibat dalam siklus pendapatan,misalnya!! trima kasih.

    Zb.
    Dokumen adalah elemen dasar akuntansi, namun masih ada yang tidak paham dengan dokumen dasar tersebut. Mungkin anda dari jurusan Bio Atau Fisika atau IPA jadi wajar saja anda tidak tahu. Jika ya! sebaiknya anda baca buku akuntansi tingkat SMA atau keterampilan jasa tingkat SMP, karena tidak mungkin saya akan dapat menjelaskannya melalui media ini.

    Kamu lihat juga halaman Sistem akuntansi Penjualan pada block ini mungkin sedikit membantu anda.

  61. pak mau tanya klo beban bunga ditangguhkan itu di neraca masuk aktiva atau kewajiban?

    Zb:
    Saya tidak familiar dengan beban bunga ditangguhkan, yang saya kenal ada pajak tangguhan. Apa yang dimaksud beban bunga yang harus dibayar atau hutang bunga, jika ya tempatnya disisi pasiva. Jika tidak harap kamu berikan bentuk kasusnya seperti apa?…

  62. iya maksudnya beban bunga hutang yg masih harus di bayar. kan tiap bulan bayar hutang nah itu juga plus bayar bunganya

    ZB:
    Dalam hal ini memang sering timbul kerancuan dalam akuntansi sehingga timbul beberapa penafsiran. Misalnya saja dalam menggunakan kata beban dan biaya, ada yang mengatakan keduanya adalah sama saja, namun menurut pendapat saya adalah beda. Ringkasnya saja beban adalah sesuatu yang belum diambil manfaatnya sedangkan biaya adalah telah diambil manfaatnya atau telah digunakan. Akan tetapi dalam praktek akuntansi banyak yang menggunakan kata beban untuk biaya karena dianggap sama dan yang terakhir saya mendapat istilah dari anda beban bunga ditangguhkan. Saya tidak mengatakan anda salah namun saya memang belum pernah menggunakan kata tersebut katakanlah saya belum tahu hal ini.
    Untuk itu saya mencoba mengemukakan pendapat dengan asumsi beben bunga yang ditangguhkan yang anda maksud adalah beban bunga yang timbul atas pinjaman investasi dalam bentuk cash. Dalam hal ini kita menerima cash tidak sama dengan jumlah yang harus dibayar dikarenakan ada beban bunga tadi. “Dimana beban bunga tersebut ditempatkan?, sebelah debit atau kredit.
    Secara acrual hutang yang dicatat sesuai dengan cash yang diterima dan hutang bunga timbul pada saat jatuh tempo pembayaran (pada saat di klaim oleh kreditur) sehingga pada saat jatuh tempo pembayaran anda harus membuat memorial untuk mencatat biaya bunga. Dengan Metoda ini beban bunga yang masih harus dibayar tidak pernah telihat dalam Neraca.
    Bila ingin menampilkan beban bunga yang masih harus dibayar, maka anda mencatat hutang sebesar cash yang diterima ditambah bunganya maka jurnal sbb:

    Cash…………………..n,nnn
    Beban Bunga…………n,nnn
    Hutang ………………………n,nnn

    Dari jurnal di atas terlihat bahwa beban bungan di catat sebagai aset.

    Sedikit berbeda jika anda memperoleh kredit investasi dalam aktiva tetap. Kita mencatat nilai aktiva tetap sesuai nilai perolehan termasuk bunga.

    Aktiva tetap ……..n,nnn
    Hutang……………………n,nnn

    Bila beban bunga ingin anda catat sebagai biaya bunga maka setiap periode anda harus membuat jurnal memorial dengan mngkredit nilai aktiva tetap dan di debet ke biaya bunga. Ok!.

  63. Pak..
    Saya mau minta tolong bapak berikan contoh tabel Neraca saldo dan Laba Rugi beberapa perusahaan jasa…

    Saya mohon kesediaan Bapak untuk memberikan contoh, demi membantu saya dalam penyusunan skripsi saya…

    Sebelumnya saya ucapkan banyak terimakasih…

    ZB:
    Untuk mempuplikasikan laporan keuangan suatu perusahaan harus orang yang mempunyai otorisasi untuk itu atau mendapatkan izin darinya. Saya tidak punya otorisasi dan izin mempublikasikan laporan keuangan yang yang anda perlukan.

  64. ass, pak. saya new comer nih, saya kebetulan guru akuntansi di smea, tahu ada blog bapak kayak gini, kok gak tahu dari dulu2 ya… oh ya, kalo saya ngambil beberapa artikel bapak untuk saya taruh di blog saya boleh gak pak ? tapi ya tentu saja sumbernya saya tulis dengan JELAS, trim buat ijinnya (tp blognya belum di bkin)

    ZB:
    Silahkan!…

  65. ass,bos,saya mau tanya kalau kita beli barang dagangan tuk kita jual lg ke konsumen dan konsumen membayar secara kredit tetapi karena barang yg diterima dari saya lain tipe konsumen mengembalikan barang tsb ke saya atas kasus ini bagaimana jurnalnya?

    Zb:
    Saya lebih cenderung menggunakan jurnal transaksi secara lengkap, dimana dalam hal ini terdapat :
    Jurnal pembelian, Jurnal penjualan, Jurnal Penjualan (Retur)/Memorial Kredit dan jurnal kas. sehingga jurnalnya sama saja dengan jurnal transaksi lainnya, sekalipun dalam transaksi yang anda lakukan bahwa dalam pembelian dan penjualan tidak berpengaruh terhadap persediaan dan pengaruh terhadap persediaanya baru terjadi pada saat pengembalian (retur).
    Dalam masalah anda tidak disebutkan adanya transaksi kas.
    Cara seperti ini juga saya terapkan dalam aplikasi akuntansi sehingga user hanya perlu mencatat transaksi sesuai dengan permasalahan masing-masing. seperti buat dokumen pembelian, penjualan, pengeluaran dan penerimaan kas. Soal jurnal transaksinya sudah pasti sama karena semua jurnal dilakukan oleh sistem.

  66. tolong dunk, jelasin tentang pengendalian transaksi, penggolongan pengeluaran kas, n prosedur pengeluaran kas.. tolong ya..!!!!

  67. Dear, Mr Zb…
    Pak, saya mau minta petunjuk. Saya baru masuk di perusahaan import besi, yg pendapatannya hanya dari komisi pabrik. Nah, pembukuannya sudah dari tahun 2007, tidak ada yg membuatnya, semua data2 ada dan lengkap semuanya. saya bingung harus mulai dari mana,ya,pak. Apa sebaiknya saya menggunakan sistem komputer akuntansi, agar lebih cepat,ya,pak????? Kalau menggunakan sistem akuntasi, mengenai isi dari neraca & rugi laba bagaimana, saya maunya sistem yg fleksibel yg mengikuti sy bukan sy yg mengikuti sistem. Mohon petunjuk, bapak.thanks

    Zb:
    Mungkin maksud anda pembukuan yang tidak dibuat dari th 2007 adalah laporan keuanggannya, karena disisi lain anda menyebutkan data2 lengkap. Saya tidak dapat menebak apakah data dalam bentuk worksheet Ecxel atau hanya dalam bentuk dokumen dasar.

    Saya belum dapat menebak jenis perusahaan anda, biasanya importir adalah perusahaan dagang, namun kalau penghasilan perusahaan anda adalah komisi artinya perusahaan anda adalah perusahaan jasa.
    Untuk dapat menjawab permasalahan anda saya butuh informasi yang lebih rinci mengenai operasional perusahaan anda, dokumen dasar apa saja yang digunakan?

    Untuk memulai dari mana, pertanyaan ini banyak sekali saya terima, namun jawaban saya tetap bahwa syarat minimal adalah anda harus menyelesaikan proses akuntansi periode berjalan mulai dari Jan-08 s/d sekarang. Kalau saya sendiri punya standar minimal mulai dari periode tahun lalu karena akuntansi periode berjalan sangat erat kaitannya dengan akuntansi periode tahun lalu.

  68. Dear Mr Zb,
    Data yg saya maksud adl semua bukti2 pengeluaran dan pendapatan, ada buktinya secara dokumen. Perusahaan saya hanya sebagai perantara saja untuk importir yg di indonesia, jadi memang perusahaan jasa. Jadi saya harus membuat voucher dan menjurnal dari awal,kan,ya, itu yg sudah saya lakukan sekarang. yg mau saya tanyakan apakah kalau menggunakan komputer akuntansi akan jd lebih cepat atau tidak, tapi kadang sistem komputernya kdg malah memperlambat karena tidak fleksibel. Mohon petunjuknya,pak, Thanks.

    Zb:
    Menurut saya pertanyaan anda sudah terjawab bahwa sistem yang baik itu adalah sistem yang sesuai dengan kebutuhan. Banyak sistem yang menjanjikan kecanggihan tersedia di pasar namun tidak semudah itu anda dapat memanfaatkannya karena kurang terpenuhi fleksiblenya tadi.
    Berdasarkan kenyataan itu pula saya menawarkan aplikasi akuntansi yang dapat domodifikasi oleh pemakai sesuai kebutuhan.
    Sistem komputer akuntansi memberikan kemudahan dan kecepatan yang pragmatis. Bila anda menemukan sistem komputer memperlambat, itu semata-mata kesalahan manusianya yang terlibat dalam mengoperasikan sistem tersebut. Seperti yang sedang terjadi pada direktorat imigrasi dalam pengoperasian sistem baru pengolahan dokumen imigrasi.
    Saya sendiri juga pernah mengalami, dalam pengoperasian sistem akuntansi Indonesia yang terdepan saat itu dan harganya tergolong sangat mahal, namun tidak dapat digunakan karena hal-hal fleksiblitas tadi. Sehingga kemudian memaksa saya untuk membuat aplikasi sendiri.

    Aplikasi yang saya tawarkan dalam format perusahaan dagang sehingga bila anda berminat untuk menggunakannya di perusahaan Jasa anda harus melakukan modifikasi terutama yang berhubungan dengan persediaan karena perusahaan jasa tidak memiliki persediaan.

    Dengan aplikasi ini user hanya mencatat transaksi dan sekaligus akan menghasilkan dokumen bukti transaksi selajutnya laporan keuangan urusan komputer, bagaimana bisa sistem komputer memperlambat?

  69. Dear Mr Zb,
    Pak, saya mau nanya kalo jurnal pph pasal 4 ayat 2 bagaimana, masalahnya yang bayar pajak pasal 4 ayat 2 perusahaan kami ditambah biaya sewa selama 1 tahun pdhl y seharusnya dipotong pihak penyewa tapi diperjanjian kontrak perusahaan kami pak jadi bayaran kami double, dan saya mau nanya pak kalo jurnal pph pasal 15 jurnalnya bagaimana pak perusahaan kami sudah langsung dipotong oleh shipper jadi yang kami terima sudah langsung dikurang pph pasal 15 dengan tarif 1.2%. tolong secepatnyanya ya pak, terima kasih banyak.

    ZB:
    Dalam transaksi sewa, ada dua jenis pajak yang di libatkan yaitu PPh dan PPn dinama PPh adalah kewajiban yang menyewakan sedang kan ppn kewajiban yang menyewa.
    PPh ini di potong oleh yang menyewa dan mebayarkannya ke kas negara. Banyak kasus yang menyewakan tidak mau dipotong PPh-nya sehingga yang menyewa membayarkannya ke kas negara dengan uang sendiri. Ini yang PPh denagn tarif 1.2%.
    Kemudian Penyewa berkewajiban membayar PPn atas transaksi sewa dan juga dibayarkan ke kas negara karena umumnya penyewa tidak pemungut pajak. Jadi yang anda katakan double tersebut adalah PPn dan PPh karena perusahan anda tidak melakukan pemotongan atas PPh sehingga yang menyewakan menerima uang sewa 100%, yang seharusnya adalah 98.8%

  70. Dear Mr ZB,
    Sore pak, saya sdh baca tnggapan bapak mengenai pph pasal 4 ayat 2 tapi saya masih kurang jelas mengenai jurnal yang harus saya catat pak.karena biasanya yang dipotong adalah pihak penyewa dan kami sbg yang menyewakan malah dipotong dalam kasus ini pak jadi saya harus catat jurnalnya apa pak,thanx

    Zb:
    Tadinya saya berfikir perusahaan anda yang menyewa. Bearti perusahaan anda tidak menarik PPn dan membayarkan PPn-nya.

  71. Dear Mr ZB,
    Pak, saya mau nanya perusahaan kami bergerak dibidang pelayaran barang dalam negeri, kami mencarter kapal dari perusahaan lain setelah sewa kami pakai untuk mengangkut barang perusaan lain.pada saat kami menerima pendapatan dari perusaahan lain tsb perusahaan tsb sdh langsung potong pph pasal 15. saya mau tanya pak apakah kami harus catat jurnal pasal 15 tsb karena pendapatan yang km trima msk kerekening kami sdh bersih setelah pemotongan dan bagaimana jurnalnya pak, perusaan km masi baru pak jd saya mau nanya pak pph pasal berapa saja yang seharusnya kami bayar pak atas prusaan kami ini dan apakah km dikenakan ppn jg pak, tolong dibantu pak, trima kasih banyak sebelumnya pak

  72. Tolong dong kirimin contoh pembuatan laporan keuangan dari laporan rugi laba, laporan perubahan modal sampai keneracanya.Kl perusahaan pelatihan kerja kira2 pembukuan apa saja yang diperlukan ya pak?…Tlg di email ke saya ya pak..terima kasih..
    Zb:
    Saya sedang menyiapkan sebuah tulisan yang berisikan hal tersebut, tapi kalau udah selesai tentunya anda dapat menemukannya di Toko Buku.

  73. saya sedang membuat strukture file untuk menghendel penjurnalan tapi saya belum punya ide untuk membuat nya seperti strukture yang ke gimana . contoh nya ini salah satu data yang yang harus di input : *tgl 6 juni 2000 membeli perlengkapan secara tunai Rp 900 (bukti nomor 2)
    *9 juni 2000 membeli peralatan seharga Rp 1500000 dibayar tunai Rp 500000 sisanya dibayar satu bulan kemudian. bentuk soalnya kaya gtu saya minta bantuan donk, tolong dibantu ya !!!!! thanks

    ZB.
    Persoalan akuntansi ya begitu, namun untuk menyelesaikan masalahnya, masing-masing orang punya cara yang dengan kekurangan dan kelebihan masing-masing. Acuan dasarnya adalah perancangan database.
    Mulai saja dengan model sederhana dulu dengan membuat field untuk menampung apa? (Bentuk tidak Normal) lalu kamu gunakan metode perancangan database teknik normalisasi.

  74. saya siska saya ingin menanyakan tentang pengertian nota debet.

    ZB:
    Nota debet adalah suatu dokumen yang menyatakan pendebetan/koreksi terhadap rekening Hutang/kewajiban berdasarkan suatu transaksi bukan kas, misalnya retur pembelian atau hal-hal lain yang menyebabkan kewajiban berkurang. Nota debet berhubungan dengan supplier. Dalam aplikasinya sangat tergantung pada sistem akuntansi masing-masing perusahaan.

  75. pa yang termasuk pembelian dan transaski perlengkapan apa aja barang nya. kebetulan saya bekerja di sebuah yayasan

  76. salam kenal, pak tolong jelaskan macam-macam jurnal terutama jurnal umum dan jurnal khusus? trus kelebihan dan kelemahan masing-masing ada atau nggak?? mohon bantuannya, terima kasih.

  77. bu ini siska kls x mk 2…..
    ini artikel yang ibu minta…
    mudah – mudahan bagus N kasih nilai yang gede yah
    heeheehe…………………………………………………………

  78. pak saya mau tanya. saya bekerja di perusahaan industri bahan baku obat nyamuk. tepatnya penggilingan batok. saya mau tanya bagaimana cara menghitung persediaan akhir batok. karena pada saat membeli itu dalam bentuk karungan dan kemudian ditimbang. dan tiap harinya tidak ada laporan berapa pemakaian batok yang digiling. dan pada akhir bulan saya rasa tidak mungkin untuk menimbang kembali batok tersebut. agar dapat mengetahui persediaan akhir batok pada akhir bulan caranya bagaimana ya pak. tanpa harus menimbang batok tersebut kembali. tolong jawabannya dikirim ke email saya pak. kalo bisa secepatnya. terima kasih.

    Zb:
    Seharusnya setiap transaksi yang terjadi dicatat dalam hal ini “berapa batok yang di giling perlu dicatat”, namun juga perlu pertimbangan bagaimana mencatatnya terutama nilainya bagi perusahaan. Untuk mencatat hal tersebut dapat dilakukan secara fisik yaitu pada saat batok diambil dari gudang dan dapat pula dengan cara pendekatan lainnya misalnya perhitungan matematis. Angka tersebut bisa didapat menggunakan bon penyerahan hasil penggilingan ke bagian lain dengan memperkirakan prosesntase sampah yang dihasil. Bila masih tidak ada juga melalui jumlah permintaan produksi dengan asumsi bahwa batok yang belum digiling dengan batok yang telah digiling merupakan satu bagian. Jika masih tidak ada, dapat digunakan perhitungan matematis dari hasil produksi dan perhitungan prosesntase sampah yang dihasilkan. Kalau masih tidak ada juga gunakan perkaraan seperti yang digunakan oleh pedagang sapi dimana dapat menentukan berta sapi dalam kg padahal tidak ditimbang. Perhitungan yang lebih kongkrit perlu dilakukan pada akhir tahun. Selisih perhitungan dengan fisik disesuaikan dengan menggunakan ayat penyesuaian. Ok!.

  79. Pak, saya mau tanya, informasi apa saja yang harus dicantumkan dalam sebuah formulir / bukti transaksi pada umumnya? Apa saja dokumen sumber dari transaksi pembelian secara kredit dan pembelian secara tunai? Tolong jawabannya dikirim ke email saya pak. Kalo bisa secepatnya. Terima kasih.

    ZB:
    Tidak ada rumusan untuk hal ini, semua tergantung pada lingkungan terutama pemakai. Saya katakan deminian karena saya sendiri sering mendesign suatu formulir dimana menurut saya ada elemen yang perlu ditampilkan namun menurut pemakai tidak perlu serta sebaliknya. Disini kita perlu punya suatu argumen tertentu untuk menampilkan suatu elemen dan dapat meyakinkan pemakai.

  80. maaf, saya mau tanya, bagaimana bikin flowchart tentang hutang dari perusahaan ke pemasok???
    terima kasih

  81. pak saya mau nanya kalo ada Penagihan atas pendapatan jasa,tulis jurnalnya apakah piutang pada pendapatan jasa atau kas pada pendapatan jasa.Trim’s

    zb:
    Keduanya bisa dilakukan, tergantung situasinya. Dan metode akuntansi yang dipakai. Kuncinya adalah batasan yang digunakan yaitu kapan timbulnya piutang. Jika pada saat pembuatan tangihan (Invoice) tidak diiukuti dengan penerimaan kas, jelas invoice terebut akan dijurnal ke Pendapatan jasa dan piutang. Jika pada saat transaksi langsung dibayar artinya tidak menyebabkan timbulnya piutang.

    Pada sistem komputer akuntansi yang saya buat, umumnya menerapkan bahwa setiap invoice menyebabkan timbulnya piutang, sehingga bagian yang menangani invoice tidak pernah berfikir apakah invoice yang dibuatnya sudah dibayar atau belum. Selanjutnya piutang tersebut akan terkoreksi pada saat mencatat penerimaan kas.
    Bagimana kalau pembayaran dilakukan lebih dulu?… Piutang akan dikoreksi dengan membuat jurnal memorial piutang lawan pendapatan diterima dimuka. Ok.

    • mf sblmxbkn komentar tp pertanyaan aj.. pak sy ingin nanya nich,, apa peran sistem informasi akuntansi kaitannya dengan jurnal (syarat 3) dalam sebuah organisasi profit?
      mohon jwbnx pak?

  82. Pak sy ingin nanya nich. bgmn sich proses akuntansi dr awal hingga akhir pada suatu yayasan pendidikan yang penerimaan danax hanya melalui setoran mahasiswa dibank?

  83. Sore pak………
    Boleh kirimin contoh-contoh jurnal yang berkaitan dengan akuntansi internasional..

  84. siang pak, saya mohon bantuan untuk dibuatkan contoh laporan keuangan untuk perusahakan yang bergerak dibidang kontraktor. Mohon dikirim ke email saya, terima kasih

  85. dear bu… saya mau naya cara menbuat laporan keuangan perusahaan dan pajak yang harus saya buat .saya anak perusahaan dari perusahaan luar negri( PT.Shipyard engineering).kami menyediakan jasa saja modalpertama kita dari perusahaan induk, semua pembayaran invoice masuk ke rek kita.setiap pembayaran invoice sudah dipotong pajak 23, bagai mana saya membuat laporanya keuangan untuk tahunannya
    1.apakah nilai akhir harus sama dengan rek koran bank ?
    2. Apakah saya wajib minta rek koran keperusahaan kita dari perusahaan induk dan bukti pengunaan dananya ?
    3.apakah kita wajib melakukan perpajakna secara pehuh untuk pasal 25 dan 29
    4.apakahperusahaan kita termasuk perusahaan BUT Atau PMA tolong penjelasannya

    maaf bu kepanjangan pertanyaannya, mohon dibalas secepatnya.saya ucapkam terima kasih

  86. dear pengasuh ZB yg budiman,

    semoga anda terus sehat-wal’afiat & dipanjangkan umurnya shg dpt terus mengasuh & mengembangkan blog ini yg notabene membawa manfaat bagi siapa saja yg mengunjunginya.

    dlm kesempatan kali ini saya ingin menanyakan mengenai perlakuan BEBAN YG DITANGGUHKAN (BYD) & PENDAPATAN YG DITANGGUHKAN (PYD). 1). apakah benar account BYD dibuat pd kelompok AKTIVA LANCAR dan account PYD dibuat pd kelompok HUTANG LANCAR ?
    thanks atas jawabannya

    Zb:
    Ya!, Benar…

  87. maaf, saya mau tanya,bagaimana jurnal untuk pembayaran gaki/upah karyawan pada suatu perusahaan manufaktur?

    ZB:
    Biaya gaji/upah pada perusahaan manufaktur biasanya di bedakan atas, beberapa rekenening. Kebutuhan tersebut kembali pada kebijakan manajemen. Saya hanya berikan reference ada yang dikenal sebagai upah langsung, gaji staf kantor, gaji marketing, ada pph dll. Akan tetapi smuanya adalah kelompok biaya. sehingga secara garis besar akan diperoleh bentuk sederhanya sbb:

    Biaya ………………. x,xxx
    Kas…………………………x,xxx

    Note : Biaya diuraikan ke rekening biaya gaji/upah yang ada pada perusahaan anda

    Bila biaya tersebut belum dibayarkan pada saat jatuh tempo maka di jurnal ke
    Biaya……………….x,xxx
    Hutang Biaya …………..x,xxx

  88. Pagi,,,
    Saya mau ikutan nanya pak,,,
    saya baru bgt blajar akuntansi, jd saya perlu dari dasar bgt utk mengerti.
    Saya ingin tau kunci utama utk paham penjurnalan gmn ya??

    ZB:
    Kunci utamanya adalah memahami kerangka sistem akuntansi yang intinya persamaan akuntansi dan klasifikasi rekening.

  89. tolong dikirim contoh flowchart penjualan dan pembelian kredit pada perusahaan atau koperasi

  90. selamat siang… pak saya mau tanya untuk membuat laporan harga pokok produksi dan lap.harga pokok penjualan (hpp) caranya gimana???

    tolong di bales secapatnnya,

    Thank’s

    ZB:
    Bicara tentang HPP ada 3 pengertian yaitu harga pokok persediaan, harga pokok produksi dan harga pokok penjualan. Perusahaan yang satu dengan yang lain punya kebutuhan yang berbeda sehingga yang mana yang dimaksud dengan HPP tersebut. Untuk itu saya akan bahas di lain waktu. Selama ini saya telah menyerahkan pekerjaan ini pada komputer, sehingga untuk menjelaskannya saya perlu waktu!…

  91. kalo contoh soal di bawah ini :
    Pt. Salamah memiliki data-data sbb:
    data persediaan
    - Bahan baku , 1 jan Rp. 35.000.000
    - Bahan baku, 31 des Rp. 120.000.000
    - barang dlm proses 1 jan Rp. 175.000.000
    - Brg dlm proses 31 des Rp. 295.000.000
    - Brg jadi 1 jan Rp. 45.000.000
    - Brg jd 31 Rp. 1.350.000
    - pembelian bhn baku Rp. 220.777.750
    - retur pembelian Rp. 20.000.000
    - biaya angkut pembelian Rp. 3.000.000
    - biaya tenaga kerja Rp. 147.000.000
    - biaya tenaga krj tdk lgs Rp. 80.000.000
    - Biaya listrik Rp. 6.000.000
    - penyusutan gedung Rp. 15.000.000
    - Penyusutan mesin Rp. 5.000.000
    - asuaransi pabrik Rp. 17.000.000
    - BOP lain2 Rp. 5.000.000

    untuk membuat lap.harga pokok produksi dan lap.harga pokok penjualannya gimana pak???

    thank’s

    Dari data yang kamu berikan perusahaan tersebut adalah menganut Metode Phisikal Inventory dimana masih banyak akuntan sangat familiar dengan metode ini namun Sistem akuntansi komputer umumnya menerapkan sistem perpetual dimana informasi/laporan dapat divisual tanpa terikat waktu. Perbedaan utama kedua sistem ini bahea sistem perpertual melakukan perhitungan dari setiap transaksi yang terjadi sedang kan sistem phisik menghitung selisih Phisik. Namun saya tetap akan berikan jawabannya untuk kamu.

  92. terima kasih yach pak, atas jawabannya…
    kalo boleh saya minta contoh untuk pembuatan lap. seperti kasus di atas… karena saya masih belum mengerti .

    tolong di bantu yach pak,
    thank’s byk

    ZB:
    Silahkan Baca http://zulidamel.wordpress.com/2008/12/12/harga-pokok/

  93. minta contoh kwitansi, form kas masuk/keluar dan lainnya buat koperasi simpan pinjam dong.
    haturnuhun
    salam hangat ti urang sunda

    ZB:
    Kalau saya tidak menyimpan form yang anda maksudkan. Coba anda gunakan slip setoran/tarik bank dengan sedikit modifikasi. Silahkan rekan yang lain untuk berpartisipasi bila punya.

  94. pa…kebetulan saya mampir ke web anda, saya ingin minta sedikit saran dan masukannya tentang pembukuan. Persuahaan tempat saya kerja bergerak di bidang pembuatan pakaian jadi/seragam kerja. menurut saya ini kategori perusahaan jasa. Pertanyaan saya, apakah bisa perusahaan jasa sistem laporan keuangannya mengunakan perusahaan industri/manufaktur. Dan apa pengaruhnya apabila perusahaan jasa menggunakan sistem laporan keuangan untuk perusahaan jenis manufaktur atau industri?Menginggat atasan saya ‘ngotot’ demikian. Terima kasih atas bantuannya

    ZB:
    Ok. Perusahaan anda adalah perusahaan Jasa yang bergerak dalam jasa pembuatan pakaian namun dalam melanjalankan operasonal usaha anda melibatkan unsur-unsur memproduksi barang sehingga terjadi penyimpanan barang dalam proses dan suatu ketika anda menyediakan stock bahan baku kain sehingga perusahaan anda juga menyimpan bahan baku serta secara automatis perusahaan anda juga mendapatkan penghasilan dari usaha memproduksi selain dari jasa konveksi, semua itu harus dilaporkan. Dengan memperhatikan data yang anda miliki bentuk laporan anda akan sama dengan perusahaan industri sekalipun secara yuridisnya perusahaan anda adalah perusahaan Jasa.
    Anda boleh membuat laporan seperti perusahaan Jasa bila bos anda tidak memerlukan laporan pembelian bahan, bahan dalam proses dll. Namun permasalahannya yang membutuhkan laporan tersebut adalah bos anda.

  95. pak saya mau tanya ada 2 metode dalam penafsiran piutang tak tertagih. apa saja itu pak mohon penjelasannya. saya tunngu jawabannya pak. terima kasih

    Zb:
    Rasanya baru kemaren atau lusa saya menjawab hal yanh mirip dengan ini. Sebelum saya menjelaskan baiknya anda perikda dulu beberapa commen terlahulu.
    Kemudian dari pertanyaan anda ada dua metode penafsiran piutang tak tertagih. yang 2 menurut anda itu apa, sementara menurut saya mungkin yang dua yang anda maksut itu bukan metode penafsiran piutang tak tertagih.

  96. tolong kirim kan contoh jurnal dan transaksi neraca (fasiva dan aktiva) dan buku besar nya…
    terima kasih

  97. setelah kita lapor SPT Tahunan badan dan membayar pajak kurang bayarnya, gimana cara posting jurnalnya. apakah diklasifikasikan sebagai biaya -thx-

    ZB:
    Ada akuntan yang membuat rekening Biaya Pajak. Kalau saya langsung memnggunakan rekening laba ditahan sehingga tetap terlihat berapa laba sebelum pajak.

  98. Assalamu alikum, saya mau bertanya masalah piutang yang kemungkinan tidak tertagi yang dilalukan oleh perusahaan manufakture (A). gimana pencatatan transaksi ke jurnal umum jika perusahaan(B) mencatat sebagai hutang.

    ZB:
    Anda pelajari halaman kerugian piutang, ok!…

  99. pa tolong kirim kan conteh dri transaksi, jurnal, smpe lap keu-ny yah . untuk peusahaan kontraktor khusus telekomunikasi, untuk membantu saya membw lap keu di tmpat sy bkerja.
    terima kasih……………

    ZB:
    Bila anda punya data transaksi, Daftar akun silahkan kamu kirim ke email saya, saya akan bantu susun jadi laporan keuangan (Gratis). Tapi datanya dikit aja, kalau banyak …… Kita ketemuan dulu. Dimana?… cuman ngasih tau aja seleranya Padang jauh lebih murah dari Hoka2 Bento.

  100. Selamat malam pak,

    Mohon bantuan, bentuk laporan pembayaran standar akuntansi indonesia atau IAI.

  101. tolong dong gimana cara membuat transaksi jurnal umum?

  102. Pak / ibu saya mahu tanya ni….
    Apa boleh….Proses Akuntansi itu kita dasarkan sebagai ilmu seni dalam mengelompokan Akunt untuk mencapai kronologis dalam pengambilan keputusan,?
    Kalau boleh,berarnti boleh dong suka2 kita yang penting harus terklasifikasi yang penting bagi pembaca dapat di mengerti,,,,,
    klo ngak apa sih alasan nya mohon penjelasan nya,,,,,,,,,!

    ZB:
    BOleh!… Akuntansi adalah sebuah seni mencatat tranraksi keuangan. Agar proses akuntansi dan laporan keuangan dapat dapahami oleh pihak-pihak yang berkepentingan, proses akuntansi dan laporan keuangan diatur melalui suatu badan yang diakui oleh pemerintah yaitu. Untuk Indonesia Akuntansi bisnis di atur berdasarkan standarisasi yang dikeluarkan oleh IAI yaitu PSAK. dan akuntansi pemerintahan adalah SAP.

    Boleh saja menurut suka-suka kita selama tidak menyimpang atau melanggar aturan yang ditentukan. Tapi yang paling penting harus menurut apa maunya bos kita. Kenapa karena yang punya duitnya dia ?….

    Permasalahannya, akuntansi sebagai suatu kebutuhan juga sekaligus sebagai suatu kewajiban. Yaitu setiap perusahaan diwajibkan mencatat setiap transaksi keuangan dan dilaporkan pada pihak yang terkait al: pihak Pemerintah karena itu harus sesuai aturan yang ditentukan pemerintah. Terutama yuang terkait dengan kewajiban pajak.

  103. Maaf pak,saya comer ni ada beberapa hal mau saya tanyakan ni
    1.Tolong kirimin dong pak nama – nama akun yg akan digunakan dalam rangka biaya pembangunan pabrik dan apakah biaya – biaya tersebut dapat dijadikan biaya operasional.
    2.Uang tunai yang diinvestasikan investor selain modal yang sudah disetor pada awal pembentukan perusahaan dicatat dengan nama akun apa ya pak .Tq

    ZB:
    Masalah nama akun, adalah bebas. yang menjadi kunci adalah kerangkanya dan saya telah berikan penjelasanya pada kerangka sistem akuntansi dan kerangka itu pula yang digunakan dalam Aplikasi akuntansi untuk semua jenis perusahaan. Aplikasi hanya akan menampilkan akun yang mempunyai traksaksi saja.

  104. Saya mau tanya ni bagaimana mencatat tambahan modal yang disetor oleh investor utk pembangunan pabrik sementara
    sebelumnyakan dia sudah menyetor sejumlah modal yang
    disetor dalam bentuk modal

    ZB:
    Pada dasarnya modal dibedakan atas 2 yaitu modal disetor. Pada masing-masing jenis perusahaan pnya cara tersendiri. Pada perusahaan berbentuk PT. modal disetor tersebut disebut Modal saham dan dapat dikelompokan atas modal dasar yaitu modal yang disetor pada saat pendirian perusahaan dan dinyatakan dalah akte pendirian dan modal tambahan yang disetorkankan sebagai modal saham namun belum dicatat dalam akte pendirian. Bisa saja Dana yang diterima dari pemilik sebagai pinjaman (Hutang pada pihak yang mempunyai hubungan istimewa). Untuk hal ini anda perlu cari informasi mengenai akuntansi perusahaan dalam pembangunan sehubungan dengan perlakuan pajak.
    Kalau pada perusahaan lain misalanya persekutuan, disebutkan nama pemiliknya misalnya modal tuan A, Tuan B dst..

    Kelompok modal yang ke dua adalah modal yang berasal dari hasil operasi perusahaan ” Labah ditahan, atau laba tidak dibagi….

  105. bapak yang terhormat……
    saat ini saya mlanjutkan pengelolaan perusahaan eyang saya… stelah sy cek laoran keuangannya, sy agak bingung. perusahaan eyang sy bergerak dibidang jasa fotocopy sekaligus penjualan ATK, penghasilan perbulannya sekitar 80 juta. sy bingung karena perusahaan eyang sy bergerak dibidang jasa sekaligus dagang. kira2 format laporan keuangan yg benar untuk perusahaan semacam ini gmn? atau mmang harus dipisah antara laporan keuangan untuk aktivitas jasa dan aktivitas dagangnya?
    mohon bantuannya
    salam hormat,
    luisa

    ZB:
    Sapaannya formal amat!… Orang Solo ya.. kayak sapaan moderator panggung hiburan gitu?.. Jangan marah Lho.

    Kalau menurut saya juga sebagai industry yaitu memproduksi kertas polos menjadi kertas ber tulisan. Karena itu format laporannya akan sama dengan format laporan perusahaan Industry. Hanya saja tidak memiliki barang dalam proses.
    Pemisahan bukan pada laporan keuangannya, akan tetapi dilakukan pemisahan rekening buku besar. Ada dua jenis penghasilan yaitu dari aktivitas dagang dan penghasilan Jasa.
    Demikian juga pemisahaan persediaan yaitu ada persediaan barang dagang (Atk) dan ada persediaan bahan baku (Tonner dan kertas Photo copy).
    Dibedakan juga mana kertas untuk fotocopy (bahan baku) dan mana kertas untuk dijual (barang dagang). Permasalahannya hanyalah dalam mencatat dengan jelas mana barang yang dipakai dari bahan baku dan barang yang dijual dari barang dagang. Yang membingungkan biasanya karena tidak membedakan barang dagang dan bahan baku. Masalah barangnya sama-sama kertas mau ditempatkan pada tempat yang sama tidak ada masalah.
    Saya tegaskan yang dipisah adalah pengasilan jasa dan pengahasilan dagang pada rekening buku besar jadi tidak memisakan menjadi dua laporan.!…

    Bila anda pengguna Zulisoft Standar atau AGI Standar (Versi Perusahaan Dagang), pemakaian bahan dapat dicatat melalui penyesuaian.

  106. Pagi pak, mo tanya ttg jurnal
    Pada saat perusahaan membeli buku Giro/Cek dari bank maka pencatatan jurnal nya seperti apa ya?
    apakah Giro/Cek bisa di catat sebagai Beban Bank atau masuk ke biaya lain?
    Terimakasih sebelumnya

    ZB:
    Cyndy?… Udah nyarap belum?… pagi-pagi udah browsing!

    Saya kurang paham maksud anda, “beban bank atau biaya lain”, karena bagi saya keduanya adalah sama yaitu biaya lain-lain (Biaya diluar Usaha). Apa biaya lain yang anda maksud adalah dalam kelompok biaya umum?… kalau itu menyimpangnya kejauhan.

    Kalau Ingin lebih detail bisa saja anda buat rekening tersendiri pada kelompok akun Biaya administrasi Bank. Kalau saya sendiri hanya menggunakan “Biaya Administrasi Bank”. Untuk membedakannya dengan biaya administrasi yang lain cukup pada keterangan singkat.

  107. Pak, saya mau menanyakan mengenai nota debet, ditempat saya ada kelebihan pembayaran kepada vendor atas jasa yang digunakan, dari pihak vendor tidak mau mengeluarkan credit note, mereka meminta kami mengeluarkan debit note.
    Yang ingin saya tanyakan dari departemen finance atau accounting yang harus mengeluarkan debit note karena dua departemen tersebut di tempat kami terpisah. Thanks ya

    ZB:
    Sebenarnya bukan tidak mau mengeluarkan kredit note, hanya mereka menginginkan Nota debet dari perusahaan anda sebegai dasar untuk membuat kredit note, karena kredit note tersebut akan terkait dengan trasaksi pengeluaran kas yang akan mereka lakukan.
    Sesuai dengan struktur perusahaan anda yang memisahkan antara accounting dan finance (Finance bukan bagian dari bagian akuntansi atau sebaliknya) maka segala kebijakan keuangan menjadi tanggung jawab bagian finance dan accounting hanyalah bagian yang bertugas mencatat dan melaporkan transaksi keuangan.

  108. pak metode yang digunakan dalam siklus akt manual mis. Rata2 bergerak apakh sama hasil akhirnya dengan myob . UtK Myob Metode apa yang dipakai?

    Bila metode yang dipakai sama, artinya car perhitungan yang dilakukan adalah sama maka hasil akhirnya juga harus sama baik itu secara manual maupun komputerisasi. Hanya dalam system komputer disediakan erorrhandle untuk mengatasi kesalahan yang dilakukan pemakai sehingga aplikasi melakukan perhitungan alternatif yang menyebabkan hasil akhirnya berbeda dengan perhitungan yang dilakukan secara manual. Namun perlu anda ketahui bahwa metode apapun yang digunakan adalah sebuah pendekatan yang tidak pernah menghasilkan nilai mutlak.
    Untuk informasi MYOB anda seharusnya lihat referensinya, setahu saya dapat memilih metode apa yang digunakan. Namun anda jangan banyak tanya soal MYOB karena di komputer saya MYOB hanya sebagai pajangan dan tidak pernah digunakanan.

  109. t’long bantu saya membuat laporan rekonsiliasi…?

    ZB:
    Kami sudah tidak menggunakan Laporan Rekonsiliasi, Karena Cashflow yang dihasilkan dari catatan perusahaan harus sama dengan rekening koran. Semua transaksi yang dicatat perusahaan dan tidak ditemukan pada rekening koran ontomatis menjadi Chek/Giro dalam peredaran atau Chek/giro ditangan dengan cara merubah tanggal efektifnya. Catatan penerimaan dan pengeluaran yang belun efektif dikeluarkan secara automatis dari laporan cashflow. Hal itu akan dilaporkan pada laporan penerimaan dan pengeluaran kas. sbb:

    Pengeluaran kas :
    Total…………………………Rp. …………………….
    Efektif……………………….Rp. …………………….
    Chek/Giro dalam peredaran Rp. …………………….
    Penerimaan Kas
    Total………………………..Rp. …………………….
    Efektif……………………..Rp. …………………….
    Chek/Giro Ditangan………Rp. …………………….

    Transaksi Lain-lain seperti biaya administrasi bank, ppn dll yang diketahui dari rekening korang segera di dicatat melalui form serba serbi yang akan menghasilkan ayat jurnal penyesuaian.

  110. Pagi…
    Saya mhsiswi D3 jur.akuntansi, sya skrg lgi nyusun Laporan Akhir ttg Penyajian Laporan Keuangan pada Koperasi…
    Sya mo tny ttg pencatatan piutang bunga atas pinjaman anggota, apakah jurnal piutang bunga hanya dibuat pada akhir periode sbg AJP atw bsa dibuat pada saat pinjaman tersebut terjadi??? Contoh jurnalnya jg y
    Trma ksih sblmNy…

    ZB:
    Tidak ada aturan yang mengatur apakah hanya dicatat sebagai AJP. Jika itu yang dilakukan maka akan muncul bahwa pendaptan secara keseluruhan menjadi pendapat pada akhir periode.
    Dalam mencatat transaksi perlu pemahaman. “Setiap anggota yang meminjam maka sebelum transaksi tersebut dilaksanakan sudah harus dihitung secara jelas berapa pinjaman dan berapa beben bunga yang harus dibayar dan kapan pembayarannya. Kita ringkas Setiap pinjaman oleh anggota maupun non anggota akan menimbulkan piutang sebesar Pinjaman pokok+ beban bunga. Artinya beban bunga seharusnya sudah dicatat pada saat transaksi dilaksanakan. Dan bunga tersebut akan menjadi pendapatan koperasi pada saat transaksi terjadi, sekalipun realnya belum diperoleh. Dari asumsi tersebut maka akan diperoleh catatan akuntansi (Jurnal) sbb:

    Saat pengeluarana kas

    Piutang ………………….xxxxxxxxx
    …. Kas……………………………… xxxxxxxxxx
    …. Penadapat Bunga………………. xxxxxxxxxx
    …. Lain-lain…………………………. xxxxxxxxxx

    Pada saat di lunasi
    Kas………………………xxxxxxxxxxx
    ….Piutang…………………………….xxxxxxxxxx

    Biala ada penyimpang dari aturan yang telah disebutkan baru ada AJP

    Ok!… Aturan mengenai pelaporan keuang koperasi dinyatakan dalam PSAK no 27

  111. [...] Bila beban bunga ingin anda catat sebagai biaya bunga maka setiap periode anda harus membuat jurnal memorial dengan mngkredit nilai aktiva tetap dan di debet ke biaya bunga. Ok!. Balas [...]

  112. kalo misal gaji karyawan bulan april tapi dibayar bulan mei…jurnal apa yang dibutuhkan saat tgl 30 April dan penyesuaian untuk bulan mei jurnalnya apa???apakah waktu bulan april diakui sebagai beban gaji???tlg dibantu…trimakasih sebelumnya…

    ZB:
    Beban gaji untuk bulan April jelas beban bulan April, bukan hanya pengakuan. Jika tidak dibayar pada bulan tersebut maka timbulah kewajiban yang bernama utang. Nama rekeningnya misalnya Hutang gaji, Utang Biaya, gaji yang masih harus dibayar dll. Dalam hal ini kita pilih Gaji yang masing harus dibayar.

    Jurnal Penyesuaian

    April 30…… Beban gaji ……………………….. xxxx
    …………………Gaji yang masih harus dibayar……..xxxxx

    Pada saat dibayar
    Jurnal pengeluaran kas

    Mei .. …….Gaji yang masih harus dibayar….xxxxx
    …………………Kas…………………………………..xxxxx

    • Misal Pendapatan sebesar 50 jt, dan Yang sudah terbyar 25 juta. sisanya adalah yang belum terbayar atau piutang, jadi kexmana jurnal umumnya?????tolong ya mba dibantu.

      ZB:
      Coba anda review lagi transaksi melalui Jurnal penjualan. Yakinkan bahwa anda punya piutang sebesar 25 Jt. Selanjutnya penyelesaian dari transaksi anda adalah penerimaan kas, yang dalam sistim informasi berbasis komputer hanya ditangani oleh transaksi penerimaan kas dan jurnalnya sendiri akan dibuat oleh sitim secara automatis. Hasil jurnal yang dihasilakn sbb:

      Penerimaan kas pada saat pelusanan
      Kas……………25000000
      … Piutang……………….25000000

  113. siang pak,
    pak saya mau tanya, di kantor saya pada bulan Juni ada penarikan dana oleh pemilik perusahaan dari Giro dollar sebesar Rp 300.232.000 ( setelah di rupiahkan ) dana itu sebenarnya untuk disetorkan kembali kedalam Giro Rp sebesar Rp 300.000.000 diakui sebagai tambahan modal perusahaan sedangkan Rp 232.000nya disetorkan juga pada bank Giro Rp bukan untuk tambahan modal. tp pada kenyataannya sebenarnya uangnya itu2 aja. tambahan modal tersebut supaya ada bukti u/ perubahan di akte notaris.yang saya mau tanya kan penarikan sejumlah Rp 300.232.000 itu di catat sebagai apa ya dlm jurnal karena bila dicatat sebagai pengambilan pribadi pemilik/perive tdk dibenarkan dlm standar akuntansi.bila dicatat sebagai piutang sebesar Rp 300.000.000 bos saya tidak mau apakah benar kalo saya catat sebagai biaya?jadi jurnalnya sbb:
    Biaya Entertain dengan Cutomer Rp 300.000.000
    piutang lain – lain Rp 232.000

    Bank ( Giro Dollar ) Rp 300.232.000

    Bank ( Giro Rp ) Rp 300.232.000
    Modal Rp 300.000.000

    piutang lain – lain Rp 232.000
    bagaimana menurut bapak apakah sudah benar penjurnalan saya ini? atau ada pendapat lainnya? mohon balasannya segera.terimakasih.

    ZB:
    Sebenarnya transaksi tersebut hanyalah jenis pemindahbukuan, hanya meibatkan taktis berupa kebijakan yang menyebabkan modal bertambah. Dalam hal ini tentu terkait dengan auditor public yang digunakan perusahaan anda. Mereka lebih berkonpentensi dalam hal ini.

    Permasahan taktis disini adalah pengakuan modal disetor yang dialihkan dari laba ditahan. Menurut saya kalau perusahaannya milik perorangan atau PT dimiliki oleh perorangan tentunya pemilik bebas menyatakan kepemilikannya, namun kalau milik banyak pemegang saham maka akan timbul tindak perdata mungkin juga ke pidana.

  114. PT ini milik perorangan, jadi hanya bos saya saja yg jd pemegang sahamnya. menurut bapak penjurnalan diatas sudah betul/blm? kalo belum mohon bantuannya u/ penjurnalannya. mohon balasannya pak segera.

    ZB:
    Mohon ma’af, kalau sudah berhubungan dengan taktis, yang jelas-jelas salah pun akan dilakukan. Sama juga dengan perusahaan anda berbentuk PT. dimana PT adalah badan hukum yang dimiliki oleh beberapa pemegang saham namun nayatanya adalah milik perorangani, yang jelas itu bisa dan ada legalitasnya. Karena sesuai dasar hukumnya adalah milik beberapa orang maka modal yang diperoleh dari operasional perusahaan dicatat pada account tersendiri. Salah satu kegunaanya adalah untuk perhitungan deviden. Namun kalau sudah milik sendiri, kapan saja ouwner dapat saja mengklaim laba ditahan sebagai Modal Saham dan tidak ada pihak lain yang akan mengklaim. Sehingga kalau hanya tujuannya untuk menyatakan modal saham yang akan dinyatakan dalam akte ditambah sebesar 300j dapat saja di keredit dari laba ditahan tersebut tanpa harus melibatkan transaksi fiktif dan tidak terkait dengan pemindahan dana dari Bank Dolar ke Bank Rupiah. Modal ditahan atau labat tidak dibagi dalan neraca anda sesungguhnya adalah murni 100% milik bos anda sebagai pemegang saham tunggal.

    Jurnal Transaksi yang anda buat mengandung transaksi fiktif yang menyebabkan laba perusahaan anda menurut pembukuan akan hilang sebesar 300J. Dan ini termasuk pelanggaran.

  115. pagi…,
    pak tolong sy donk gmn cr membuat jurnal umum – jurnal penutup u/ 1 periode/bln minimarket….??? formatnya tuh spt ap….??? Saya mohon kesediaan Bapak untuk memberikan contoh, demi membantu saya dalam pekerjaan sy…??
    tolong d bls secepatnya ya…???
    terima kasih….!!!

  116. trimakasih infonya…

  117. Pak tolong saya dibantu referensi untuk download flowchart pengajuan bos sementara dan tindak lanjutnya ke Bukti Pengeluaran Kas. makasih…

  118. Ralat : Pak tolong saya dibantu referensi untuk download flowchart pengajuan bon sementara dan tindak lanjutnya ke Bukti Pengeluaran Kas. makasih…

    ZB:
    Anda lihat pengeluaran Kas

  119. pak gy mana yach cra biar bwt laporan tentang bukti memorial itu bisa lebih mudah untuk di pahami…?

    ZB:
    Memorial adalah catatan akuntansi berdasarkan suatu fakta sehingga mudah dipahami. Saya tidak punya cara khusus untuk membuat laporan tentang bukti memorial!…

  120. Saya mau tanya apakah dalam laporan keuangan, pada neraca masih muncul hutang gaji, yang sebelumnya di buat jurnal :

    30/1 Beban gaji xx
    Hutang gaji xx
    tanggal
    1/2 dibayar gaji
    HUtang Gaji xx
    Kas xx
    soalnya saya buat,seperti itu di neraca ada ada nilai hutang gajinya, saya pernah di audit dan katanya di neraca ga ada lagi hutang gaji, apa karena saya ga buat jurnal pembalik ya?

    ZB:
    Sebenarnya hutang gaji tidak tampil, karena laporan per tgl 31. Anda tentunya tarik uang gaji tgl.31 untuk anda bayarkan ke pegawai tgl.1. namun Hutang gaji itu akan tetap tampil bila anda tarik pada tanggal satu. Jadi bisa tampil, bisa juga tidak. Namun karena tenggang waktunya yang sangat pendek banyak akuntan menganulir sebaiknya tidak usah ditampilkan. Caranya mudah saja. Buat bukti pengeluaran pada tanggal 31. soal realisasinya tgl 1 kan nggak ada masalah

  121. Dear Mr ZB,
    Kami baru akan mendirikan koperasi dengan teman2, modal awal/setor kami 5 jt, bagaimana cara pembuatan Neraca Awalnya; diantara kami tidak ada yang paham mengenai akutansi.Terima kasih

    ZB:
    Sulit juga kalau yang tidak paham akuntansi untuk menjalankan pembuakuan.
    Sebaiknya kamu catat saja apa adanya dulu, nanti untuk menyusun laporannya kamu minta tolong sama yang ngerti.

  122. sulit sekali mencari purchasing order suatu perusahaan.. bisa dimuat tidak jika disini

    ZB:
    Kalau dicari dalam komic Dora Emon ya susah!…

  123. Salam kenal !!
    Maaf saya mau ikut ngrepotin pak. Saya menjalankan usaha tani bersama teman-teman petani yang tergabung dalam satu kelompok. Karena kami tidak ada background pembukuan maka data pembukuan kami morat-morit. Kami minta tolong kepada bapak untuk bisa memberikan model pembukuan yang sederhana bagi kami. Sebagai masukan kami berikan gambaran usaha kelompok kami sebagai berikut.
    - 20 petani menanam bunga potong dilahannya masing-masing.
    - Saya sendiri memiliki 5 petak lahan.
    - 2 petani memproduksi pupuk organik.
    - 4 petani melakukan usaha perbenihan.
    - 1 petani menjalankan usaha kios tani
    Semua produk usaha tadi masuk ke kelompok dulu, baru didistribusikan. Jadi seperti benih, pupuk organik, dan pestisida dibeli dulu oleh kelompok, baru di berikan ke petani penanam bunga ( petani utang ke kelompok ). Pada saat petani panen bunga, bunga disetor kekelompok , kemudian kelompok menjual keluar . Setelah membayar bunga panenan anggota, kelompok juga membayar pupuk organik, benih dan pestisida yang dipakai oleh anggotanya. Kelompok juga menanggung resiko bunga yang rusak, tidak terjual dan yang dikembalikan oleh toko bunga. Kok jadi panjang banget ya pak. Singkatnya, arus transaksi yang terjadi adalah : kelompok punya utang piutang keluar ( ke konsumen ), kelompok punya utang piutang ke anggota, anggota ( produsen benih, produsen pupuk organik, pemilik kios tani )punya utang piutang ke kelompok. Semua pencatatan dilakukan oleh pengelola kelompok. Buku catatan apa saja yang harus kami miliki agar pembukuan kami tidak morat-marit lagi.
    Terimakasih .

    ZB:
    Permasalah ini adalah jobnya kunsultan pengembangan sistem informasi dengan memperhatikan banyak aspek termasuk lingkungan. Biasanya hal ini akan dijelaskan dalam sebuah buku, tentunya tidak mungkin akan dapat dibahas di media ini.

  124. adakah sistem penghitungan gaji yg cepat dan akurat dg memakai excel????selama ini kita masih entry data satu per satu tuk absensinya,,,trus dr form sheet absen masih di pindah k form gaji,dan kadang itu masih ada kekeliruan,,,kami adalah perusahan furniture dimana setiap minggu hrs menghitung gaji untuk karyawan mingguan??tolong kasih saran bagaimana membuat sistem penghitungan gaji yg cepat dan akurat,,,thx ya?,,,,,,

    ZB:
    Anda harus belajar fungsi yang tersedia dalam ecxel agar anda dapat membuat aplikasi sederhana dalam excel.

  125. saya msh bngung tentang meng-link perusahaan jasa dalam sofware myob v.15,, dan bgaimana perbedaan mengelola perusahaan jasa n dagang dalam myob..

    mohon kiranya Anda dpt membantu saya,,, Thx..

  126. minta tolong bantuannya atas pertanyaan ini….

    1. Jelaskan perbedaan antara by yang dibebankan menurut by variabel & absorpsi
    Apa perbedaan antara by tetap langsung & by tetap umum dan jelaskan mengapa perbedaan itu penting
    Jelaskan perbedaan antara margin segmen & margin kontribusi

    2. Definisikan istilah anggaran & bagaimanakah anggaran digunakan dalam perencanaan :
    ——
    Jelaskan yang dimaksud dengan anggaran induk, operasional & keuangan
    Jelaskan perbedaan anggaran statis & fleksibel

    3. Untuk mencari by tetap & variabel, kita dapat menggunakan metode Skalter Clod, regresi, metode high & low. Berikan penjelasan dari ke-3 metode tsb.

    Minta tolong sarannya klo memang ad web acuan atas pertanyaan tsb dan web yang bisa menjawab pertanyaan tentang ilmu akuntansi manament..

    thx pak

  127. kirim’n soal akuntansi downg!!!!!!!!(perusahaan jasa)
    ke amail aq

  128. salam kenal pak,

    saya ada pertanyaan : PT A membeli kendaraan dengan UM 15jt dan angsuran 1.750.000 X 47 bulan. Kendaraan tersebut disewakan selama 5 tahun dengan nlai 2.500.000 per bulan. Bagaimana jurnalnya pak. Mohon pencerahannya.

    terima kasih
    Frans

    Yang jelas ada dua kelompok transaksi keuangan yang harus dipisahkan yaitu pembelian dan penjualan jasa.
    * Transaksi pembelian kredit beserta 47 x transaksi pengeluaran kas
    * Transaksi penjualan jasa (sewa) beserta 5 x 12 transaksi penerimaan kas.

  129. Pak aq leh minta tlong ga itung2 tmbh ilmu nih susah bgt pak, ada tugas tentang Flowcart Retur Pembelian Kredit

    1. Siapa yg terlibat
    • Bag. Gudang
    • Bag. Penjualan
    • Bag. Piutang
    • Bag. Akuntansi
    • Kasir

    2. Dokumen
    • Nota Penjualan
    • Nota Retur Penjualan
    • Kwitansi

    3. Narasi
    • Bag. Gudang menemukan kerusakan pada barang yg dibeli, dan membuat memo rangkap 2 atas barang yg rusak tersebut. Memo lbr 1 diserahkan ke bag. Pembelian sdgkan lbr 2 diarsipkan. Dari memo ini bag. Pembelian membuat nota retur rangkap … Lembar 1 dan ke 2 diserahkan ke bag. Gudang/ pengiriman. Lembar 3 ke bag. Hutang dan lembar 4 diarsipkan. Bag. Hutang akan melakuakn proses verivikasi dan pencatatan di computer. Bag, Gudang / pengiriman akan melakukan pengembalian barang beserta nota retur lembar 1 dan 2 ke supplier. Setelah supplier menerima barang dan menandatangani nota retur barang, maka lembar 1 ditinggal ke supplier sdgkan yg lembar ke 2 diserahkan ke bag. Penjualan untuk di cap telah diretur. Setelah itu lembar ke 2 tsb diarsipkan oleh bag. gudang

    Tugas : Buatlah Flowcart untuk Retur Pembelian Kredit, narasi diatas hanya sebagai alat bantu mahasiswa dalam membuat flowcart, mahasiswa boleh mengabaikannya.

    tolong y pak bantuannya tugas akhir nih

  130. bagaimana cara persentase buku besar jurnal umum dan jurnal khusus?

    ZB:

    Saya tidak pernah tau ada prosentase jurnal umum dan jurnal khusus. Coba anda baca lagi deh apa yang dimaksud dengan jurnal umum dan jurnal khusus.

  131. siang pak,,,,,
    sy cuman mau nanya pak apa si perbedaan jurnal umum dan jurnal khusus,,,,,,dan kenapa keanyakan yg kita pakai itu jurnal khusus dalam memposting suatu jurnal,,,,,,,

    ZB:
    Perbedaan dapat dilihat pada pengertian jurnal khusus dan jurnal umum.
    Sebenarnya adalah pengelompokan aktivitas yang sejenis seperti penerimaan kas, pengeluaran kas, pembelian, penjualan dst…. dimana masing2 kelompok tersebut mempunyai keterangan yang lebih rinci yang dihubungkan dengan dokumen terkait. Yang tidak termasuk dalam kelompok2 tersebut menjadi kelompok jurnal umum

  132. Maaf ya mas ikut ngerepotin!
    saya sedang menyusun skripsi study kasus pada suatu perusahaan. topik yang saya angkat mengenai aktiva tetap, salah satu kasus yang terjadi pada perusahaan tersebut adalah PPn dari pembelian Aktiva Tetap selain digunakan sebagai pengurang PPn keluaran perusahaan, PPn tersebut juga diakumulasikan ke harga perolehan aktiva tetap perusahaan sehingga terjadi double accounting.kalau hal ini di ilustrasikan penjurnalan yang digunakan perusahaan ini seperti apa?dan ketika saya analisa dan hitung ulang, harga perolehan aktiva aku kurangi sebesar PPn yang sudah digunakan, ternyata nyampai neracanya tidak balance karena saya ndak tahu lawan jurnal dari aktiva tetap yang saya kurangi PPn nya tersebut.dan saya asumsikan lawan jurnalnya adlah kas jadi pada neraca kas bertambah sebesar PPn yang aku kurangi dari harga perolehan aktiva tetap sehingga pada neraca balance,
    Harga pokok (pembelian) Rp. 125.237.273,-
    PPnBM Rp. 9.373.300,-
    Biaya – biaya lain Rp. 4.165.700,-
    Harga perolehan Rp. 138.776.273,-
    PPn Rp. 12.523.727,-
    total Rp. 151.300.000,-

    Kas 12.523.727,-
    Kendaraan Daihatsu Tairos 12.523.727,-

    dengan perhitungan yang saya lakukan ini dosen pembimbing saya mempertanyakan perhitungan saya ini apakah sudah sesuai dengan SAK, SAK No. Berapa?
    mohon penjelasanya mengenai kasus ini dan pedoman mengenai hal ini terdapat pada SAK No. berapa?
    dan untuk bunga dari pembelian aktiva tetap secara kredit penjelasanya pada SAK No. berapa?
    bantuan dari mas sangat saya harapkan untuk kelanjutan skripsi ini! atas bimbinganya saya ucapkan banyak terima kasih!
    mohon kesediaanya untuk mengirim jwaban ke Emile saya

    ZB:
    Akuntansi aktiva tetap di atur adalam PSAK No.16.
    Jurnal seperti ini sering saya temukan di lapangan dimana akuntan sudah menghafal format dari jurnal pembelian dimana ppn adalah refouddable. Sedangkan dinyatakan dalan psak no.16 aliniea 14 sbb:

    14 Biaya perolehan suatu aktiva tetap terdiri dari harga belinya, termasuk bea impor dan PPN Masukan Tak Boleh Restitusi (non-refundable), dan setiap biaya yang dapat diatribusikan secara langsung dalam membawa aktiva tersebut ke kondisi yang membuat aktiva tersebut dapat bekerja untuk penggunaan yang dimaksudkan; setiap potongan dagang dan rabat dikurangkan dari harga pembelian. Contoh dari biaya yang dapat diatribusikan secara langsung adalah:
    (a) biaya persiapan tempat;
    (b) biaya pengiriman awal (initial delivery) dan biaya simpan dan bongkar-muat (handling costs);
    (c) biaya pemasangan (installation costs); dan
    (d) biaya profesional seperti arsitek dan insinyur.

  133. maaf pak saya minta tolong kirimkan macam2 jurnal minimal 4, selain jurnal-jurnal yang sudah ada diatas.

    ZB:
    Dari contoh yang ada saya berharap dan seharusnya anda dapat menyebutkan jurnal yang lain.

  134. terimakasih banyak.

  135. Dear……Pak
    Sy kesulitan ne dlm mngerjakan pembukuan,
    Sy baru bkerja di slh stu kntor berita harian/koran yg pendiri_a adalah Bupati stempat, dia slalu mmberi modal setiap dtg ke kantor, yg mau sy tnya,
    -apakh dia slh satu pemilik modal?
    smntara pimpinan yg lain slalu mnyebutkan bahwa dia mmberi tips untuk kantor,
    -Tagihan2 utk koran dibulan yg lewat belum dapat bulan ini,,
    itu trmasuk piutang usaha kan pak?
    -Mulai sy start krja, blum ada uang kas,hanya ada uang pndapatan dr Iklan,itupun sudah di gunakan utk pembelian peralatan kantor sbagian…apakah itu termasuk pndapatan trus dikurangkan dgn pengeluaran?
    -Modal yang telah di beri dr Pimpinan slh satu pemilik Modal telah di belikan peralatan & perlengkapan Kantor, apakah masuk dalam Modal trus dikurangkan dlm pengeluaran juga?
    sy haraf jwabn segera ya pak,Mohon bantuan_a………

    ZB:

    Nita!… Mungkin hanya karena baru bekerja sehingga anda belum merasa familiar dengan apa yang ada di lapangan. Kondisi di lapangan memang sedikit berbeda dengan apa yang ada di sekolah atau di buku bahkan ada orang mengatakan bahwa kondisi dilapangan sangat berbeda dengan di buku. Sebenarnya bukan berbeda hanya saja pelajaran disekolah hanya membahas dasar-dasarnya dari bermacam-macam aktivitas yang ada dilapangan. Setelah dipahami maka akan ditemukan bahwa semuanya telah dibahas di sekolah atau di buku. karena itu saya sering menekankan bahwa akuntansi itu harus dipahami bukan dihafal.

    Salah satu pemahaman yaitu sebagai pendiri suatu badan usaha dapat dipahami bahwa besar kemungkinan yang bersangkutan adalah salah seorang pemilik modal. Modal dasar sebuah badan usaha ditulis dalam akte pendirian perusahaan sebagai modal sendiri dan selanjutnya ditambah dengan modal asing yaitu modal yang berasal dari luar badan usaha dalam bentuk pinjaman/hutang dsb. Setelah beroperasi maka modal dapat bertambah dari hasil usaha.

    Dana yang di berikan oleh bapak Bupati sebagai pendiri dapat anda digolongkan sebagai tambahan modal, sebagai pinjaman bahkan dapat sebagai pendapatan sumbangan/hibah dll tergantung kondisinya.

    Pendapatan usaha adalah semua yang diperoleh dari hasil usaha baik yang telah diterima ataupun belum diterima. Yang telah diterima biasanya dalam bentuk kas dan yang belum diterima dalam bentuk piutang usaha.

    Pendapatan dikurang dengan semua biaya disebut laba/rugi.

  136. macam-macam jurnal dari berbagai jenis transaksi koq g da????????????????????????????

  137. Thanks ya for all,
    Sy dah 2 mggu ne, kerjakan neraca tp ga balance2,
    sy kesulitan d dlm jurnal,
    bs kah anda mmberikan sy cntoh Jurnal,
    -uang koran yg hrus dtgih mggu ini 6 juta
    tp 3 hr kmudian hanya mndpatkan 1 juta saja dr sekian bnyak tagihan,,, apakah jurnal nya, dan jurnal sebelum mndapat tagihan yg 1 juta itu?
    thanks ya…..

  138. ass…..
    maaf ya mas bikin kerjaan aj….
    aini mau tanya,,,kendala apa saja yang biasanya terjadi dalam pencatatan akuntansi yang menggunakan komputerisasi….????????????

    ZB:
    Permasalah yang banyak ditemukan adalah human error… Mungkin ini karena promo pejual software akuntansi bilang user tidak perlu mengerti akuntansi. Kalau saya sebagai pembuat software akuntansi yang benyak mengambil alih proses akuntansi itu sendiri menganggap perlu setiap user harus mengerti akuntansi minimal dalam proses yang terkait dengan tugasnya. Misalnya bagian penerimaan kas harus mengerti jurnal penerimaan kas. Ingat bagian penerimaan kas bukan bagian akuntansi tapi harus mengerti jurnal yang merupakan otorita bagian akuntansi.
    Dalam sofware yang saya buat yang membuat jurnal itu adalah komputer tapi yang mencatat data untuk jurnal tersebut adalah bagian yang mencatat transaksi dan bagian akuntansi sendiri hanya tinggal melakukan validasi dan menerbitkan laporan keuangan.

  139. Pak saya mau minta bantuannya,

    Cara jurnalnya suatu transaksi sbb :

    member yang bergabung misalnya hrs bayar 1juta dan di trasfer ke bank, setelah diterima pembayarannya. dari setiap pendaftaran member harus membayar ke upline diatasnya yang berjumlah 1 s/d 8 yang besarnya 50ribu, 45ribu, 40rb ..dst. yang kalau ditotal Rp.265rb. bagaimana jurnal ya ya pak.
    Terimakasih

    ZB:
    Saya asumsikan bahwa uang yang dibayarkan oleh member tidak merupakan modal bagi member seperti pada pemegang saham perusahaan umumnya, melainkan merupakan penghasilan bagi perusahaan.

    Perusahaan menerima penghasilan dari pendaftaran member sebesar 1 juta yang masuk ke rekening perusahaan di Bank xxx. Pada saat yang sama timbul kewajiban kepada upline yang telah tercatat dan masing2 memiliki akun pada kelompok hutang (terserah nama apa). Misalnya saya berinama x1 s/d x8.

    Bank xxx… 1.000.000
    …. Hutang…………..x1…50.000
    …. Hutang…………..x2…45.000
    …. Hutang…………..x3…40.000
    …. Hutang…………..x4…dst
    …. Hutang…………..x5…….
    …. Hutang…………..x6…….
    …. Hutang…………..x7……
    …. Hutang…………..x8……
    ….Penghasilan…………..735000

  140. Pak saya mau minta bantuannya,

    Cara jurnalnya suatu transaksi sbb :

    member yang bergabung misalnya hrs bayar 1juta dan di trasfer ke bank, setelah diterima pembayarannya. dari setiap pendaftaran otomatis upline atasnya dari level 1 s/d 8 yang besarnya 50ribu, 45ribu, 40rb ..dst. yang kalau ditotal Rp.265rb. bagaimana cara jurnalnya.
    Terimakasih

  141. maaf pak sebelumnya.saya mau minta tolong gmn buat laporann untuk perusahaan industri air minum mineral.saya agk kesulitan dengan retur penjualan.gmn jurnal nya.trus,buat hpp,laba rugi nya…tolong ya pak….terima kasih

    ZB:
    Sebagian besar tulisan dalam bog ini mengajarkan bagaimana menyusun laporan keuangan. Silahkan pelajari…Gratis.

  142. saya kurang paham dg sewa di bayar di muka & pendapatan di terima di muka
    tolong di jelaskan lebih detail.. makasih

    ZB:
    Sewa hak pemakaian barang atau apa saja yang kita manfaatkan untuk masa yang akan datang. contoh lainnya adalah iklan dan membeli barang atau jasa dimana barangnya belum/Jasa tesebut belum kita diterima. Uang yang kita bayarkan untuk itu masih menjadi asset kita dalam kelompok biaya dibayar dimuka.

    Pendapatan diterima di muka adalah uang yang kita terima (pendapatan) namun kita belum memenuhi kewajiban kita sehingga menjadi hutang bagi kita dengan nama pendapatan diterima dimuka dalam kelompok hutang.

  143. terima kasih telah menyediakan info ini….

  144. Bagaimanakah cara menjurnal pph final ?

    ZB:
    Tinggal catat sesuai nilai yang ditentukan dan anda tidak perlu lagi menghitung berapa pph yang harus dibayar dengan rumus tarif pph.

  145. Salam kenal…nice post.

  146. Pak , Mohon dibantu contoh faktur/ voucer dan laporan arus kas dan Bank untuk perusahaan yang baru berdiri . bidang usahaanya depeloper property

    thanks
    yani

    Kalau untuk voucher dan laporan arus kas adalah format standar seperti yang telah saya bahas pada bagian penerimaan kas dan pengeluaran kas. Kalau faktur untuk peruhaaan property ini memang agak rumit karena yang saya tahu tidak ada secara khusus disebut sebagai faktur yang berdiri sendiri seperti faktur perusahaan dagang. Bukti transaksi pada perusahaan property adalah berkas yang terdiri dari dokumen pertanahan, dan legalitas.

  147. assalamu’alaikumwr.wb
    bagaimana cara cepat untuk mengerjakan akuntansi…………………

  148. bagaimana teknik cara cepat mengerjakan akuntansi

    ZB:
    Jika yang anda maksudkan mengerjakan soal akuntansi di sekolah/kampus tidak ada cara selain anda harus pintar dan menguasai akuntansi. Namun untuk permasalahan akuntansi secara praktis, Bekerjalah secara sistematis. Sudah tidak zamannya bilang akuntansi susah.

  149. Pak, kalo ada perusahaan real estate mau mencatat pajak final untuk uang yang diterima dari pembeli, jurnalnya seperti apa ya?Terimakasih

    ZB:

    Dalam mencatat jurnal atau permasalahan akuntansi jangan dihafal bentuk jurnalnya tapi pahami permasalahannya. Maksudnya final ini hanyanya sebuah ketetapan yang diberikan kepada perusahaan jenis tertentu sebesar prosentasi tertentu dari total transaksi.

    Bila diambil permasahaan yang anda kemukakan maka jurnalnya sbb: Asumsi uang tersebut sebagai uang muka.

    Kas …………..xxxx
    …..Pendapatan………..xxxx
    …..Pajak………………..xxxx

    Jika anda pengguna ZULISoft maka anda tidak dapat mencatat penerimaan kas untuk menghasilkan jurnal seperti di atas. Untuk mendapatkan hasil yang sama dengan itu harus dikombinasikan dengan ayat jurnal penyesuaian

    Berdasarkan proses, bentuk jurnalnya tidak selalu seperti itu. Penetapan pajak didasarkan pada nilai project artinya ketetapan pajak itu ditetapkan pada tahap awal

    Tahap penetapan
    Tagihan/Piutang xxxxxx
    …. Pendapatan…………..xxxxxx
    …..Pajak…………………..xxxxxx

    Saat menerima kas
    Kas ………………xxxxxx
    …..Piutang……………….xxxxxx

    Permasalahan hanya terletak pada masalah final maksudnya permasalahan pajak telah ditetapkan dengan prosentase tertentu dan selesai sampai disitu sedangkan pada perusahaan lain yang tidak dikenakan pajak final masalah perhitungan pajak di akhir perioda akuntansi karena pajak ditetapkan atas laba yang deperoleh.

  150. Pak saya mau tny perbedaan invoice dan debit note, krn salah satu customer saya melolak tagihan karena tagihan kita berbentuk debit note sedangkan yg mereka mau invoive, mohon bantuannya.tks

    ZB:
    Debit Note adalah dokumen yang berisikan informasi mengenai barang yang dikembalikan kepada custumer, dapat surat Bukti retur pembelian.

  151. pak,saya mau tanya kalau kita punya saldo awal kas 1,5 juta dan modal awal 65jt,kemudian saya mw melakukan pembelian sebesar 20 jt secara tunai.apakah bisa pak?
    thx b4

    ZB:
    Pembelian tunai hanya berhubungan dengan uang tunai sehingga anda hanya bisa melakukan pembelian tunai senilai saldo kas.

  152. Tolong bantu saya ya pak,,
    untuk menyelesai kan soal yg ada di bawah ini,,
    kalau bisa segera di kirimkan jawaban nya ke email saya,,

    Transaksi,ayat penyesuain dan ayat penutup berikut ini di laksanakan oleh Allan Roth Furniture Co,
    selama periode 2 tahun,semuanya berkaitan dngan penggunaan peralatan pengangkutan.metode straight line yang di gunakan dalam menentukan depresiasi.

    2001
    JAN. 1. dibeli satu truk bekas,$42.000,dibyar tunai.
    FEB. 2. dibayar $6.000 utk reparasi berat atas truk tersebut
    SEPT 10. dibayar $1.100 utk berbagai reparasi atas truk
    DES. 31.di catat depresiasi atas truk utk tahun fiscal ini,taksiran umur truk 4 tahun dgn taksiran nilai residu $9.000.
    31.di tutup perkiraan yg seharusnya ke perkiraan ikhtisar pendapatan.

    2002
    JUNI. 29.Di tukar truk bekas tersebut dgn truk baru,harga truk baru $126.000,truk bekas nilai $30.000,dan selisih nya di bayar tunai,( catat depresiasi truk lama sampai tanggal ini )

    NOP. 21.Dibayar $1.500 utk berbagai reparasi atas truk
    DES. 31.Dicatat depresiasi atas truk,truk mempunyai taksiran nilai residu $15.000 dan taksiran umur 5 tahun.

    31.Ditutup perkiraan yg seharusnya ke perkiraan ikhtisar pendapatan.

    ZB:
    Bila permasalahan akuntansi yang anda tanyakan saya akan berusaha menjawab, tapi kalau menyusun jurnal transaksi seperti ini sampai menyusun laporan, semua urusan komputer

    Untuk bahan referensi yang terkait masalah ini anda dapat download di

    http://www.ziddu.com/download/5017524/AKUNTANSI_AKTIVA_TETAP.zip.html

  153. wow!! tambah wawasan lagi nich..,

  154. Tapi puyenng juga nih mempelajarinya, soalnya sekolahku bhukan jurusan itu…

    ZB:
    Jika kamu mau, pasti bisa…

  155. bisa minta tolong dikirim kan forma” dasar pembentukan koperasi,apa saja yang diperlukan…..???
    bisa kirim kan format jurnal yang benar,,format kas yg benar,,laporan keungan yang diperlukan…

    ZB:
    Koperasi adalah badang usaha yang didirikan dengan modal yang dikumpulan dari anggota dan hasilnya juga dibagikan kepada anggota. Untuk pengurusan perizinannya tentunya walayah jasa pengurusan surat. Merekah yang lebih tahu.
    Mengenai format jrnal, laporan yang telah saya berikan tidak kamu anggap benar saya nggak tahu lagi mana yang benar.

  156. Tolong bantu saya Pak,

    Pak saya mu tanya, sewaktu bayar pph 21 u/ bulan februari ada kelebihan pajak senila 53.749 dan kelebihan tersebut diakumulasi u/ pembayaran pajak u/ bulan maret.. PPh 21 maret sebesar 917.018 karena ada lebih bulan feb tsb pembayaran pph 21 pada bulan maret senilai 863.269….
    Bagaimana dengan jurnalnya pak???

    Ditunggu jawabannya…

    ZB:
    Saya ngak tahu pph 21 itu kamu tempatkan dalam kelompok apa?. Untuk yang berikut adalah PPH 21 dikelompokan dalam Utang Pajak.

    PPh 21 ………..917.018
    …..Kas………………….863.269
    …..Lebih bayar………….53.749

    Hasilnya : saldo Pph 21 menjadi 0 dan tidak tampil pada neraca.

  157. saya mahasiswa jurusan akuntansi, kok akuntansi bikin saya pusiiiiiiiiing banged yah..
    udah gitu dosenya galaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaakkk banged. jadi gag semangad kuliah.. :(

    ZB:
    Menurut saya dosen galak karena kepeduliannya dan harapannya agar mahasiswanya benar2 memahami. Kalau mhsnya sudah mengerti masih galak juga itu berarti gila.

    Biasanya begitu, bila mhs fokus pada hal2 yang tidak dia senang pada dosennya, semangatnya untuk belajar dengan dosen tersebut akan menurun yang berakibat kemampuannya untuk memahami apa yang diajarkan dosen juga menurun. Belajarlah menyenangi dosen, saya yakin anda akan bersemangat untuk berusaha untuk memahami apa yang diajarkannya. Apalagi bila anda sampai mencintainya, malu dong dianggap bodoh oleh orang yang dicintai.

    Wah ini rahasia nih… tapi itulah yang sebenarnya. mencintai dosen kita akan menyenangi matakuliahnya, kita akan berusaha untuk mengerti karena kita akan merasa malu bila dianggap bodoh oleh orang yang dicintai, nggak ngerti juga paling tidak kita dapat nilai bagussss…. ha.. haa. haaa

  158. mohon bantuannya …….

    jurnal memorial pa???
    dan tolong berikan contoh transaksi nya ???

    trima kasih …

    ZB:
    Jurnal memorial adalah jurnal untuk menyesuaikan/menempatkan pada posisi sesunggugnya. Bisa juga digunakan untuk mengoreksi suatu kesalahan dalam mencatat transaksi.

    Contohnya sudah banyak dimuat dalam blog ini. siolahkan telusuri.

  159. Pak saya minta tlng diterangkan perbedaan antara jurnal memorial, jurnal khusus, dan jurnal umum. Terimakasih

    Jurnal khusus dan jurnal umum adalah masalah cara penampilan dan pengelompokan pada jenis transaksi misalnya jurnal penerimaan Kas.
    Setiap transaksi ditampilkan pada satu baris jurnal sehingga pada jurnal khusus disediakan beberapa kolom untuk menampung jenis transaksi tertentu. sedangkan pada jurnal umum tidak dilakukan pengelompokan bisanya hanya menggunakan 2 kolom D/K.

    Jurnal dan jurnal memorial. Jurnal adalah catatan dari suatu transaksi keuangan misalnya penerimaan kas, pembelian dll. sedangkan jurnal memorial hanya menyesuaikan. (Bukan transaksi). Misal mencatat uang muka. Uang muka ini kan bagian dari transaksi pengeluaran kas. Pada saat penerimaan dicatat jurnal atas transaksi pembelian. Pada saat barang yang dibeli telah diterima sehingga timbul hutang sebesar harga barang – muang muka sehingga dibayar sebesar hutang yang kan menimbulkan transaksi pengeluaran kas sebesar hutang tersebut. Statusnya uang muka untuk pembelian tersebut telah berubah sehingga perlu disesuaikan. Jurnal untuk penyesuaian inilah yang disebut jurnal memorial. Yang didasarkan pada perubahan status uang muka. Bukan berdasarkan transaksi.

  160. Mohon bantuannya,
    di perusahaan punya rek Bank USD,setiap bulannya kita input ke program MYOB di rupiahkan menggunakan acuan kurs tengah BI, kemudian ada selisih kurs kn pastinya, selisih kurs tersebut di jurnal nya bagaimana?,apakah setiap bulan atau akhir tahun buku?

    ZB:
    Mohon ma’af saya bukan pengguna MYOB. Untuk permasalahan kurs diselesaikan secara acrual (pada saat terjadinya transaksi).

  161. Salam kenal Pak, saya ingin menanyakan mengenai pencatatan jurnal penggajian karyawan,Apabila pembayaran dilakukan pada awal bulan berikutnya, perlakuan apa yang harus di lakukan pada bulan penggajian.(karena setahu saya harus di lakukan pengakuan terlebih dahulu apabila menggunakan metode pencatatan secara acrual basic)

    ZB:
    Membuat ayat jurnal penyesuaian yang mayatakan bahwa per akhir bulan anda mempunyai biaya gaji yang terhutang (belum dibayar). Permasalahan ini hanya berpengaruh bila anda membuat laporan keuangan bulanan semenrata tidak ada keharusan membuat laporan keuangan bulanan.

    • Maaf saya kurang lengkap penjelasannya. apakah pengaruh dari pencatatan gaji tersebut. apaah berpengaruh pada laporan rugi laba atau neraca??

  162. pak, tolong terangkan tentang definisi dari memo antar bagian dan memorial post beserta contohnya. terima kasih

  163. Ada yang tau dimana bisa mendapatkan software untuk membuat nerca, loparan harian, rugi-laba, buku kas (besar-kecil) jurnal, laporan pajak (bulanan-tahuan), cashflow dll… saya perlu buat tugas kantor.. untuk bos yang meminta saya untuk membuat sistem yang baru!!!! Thanks ya om Admin!!

    ZB:

    http://zulidamel.wordpress.com/agisoft/

  164. Seberapa kuat bukti transaksi keuangan dalam pembuktian tindak pidana korupsi dan apa dasar penggunaan transaksi keuangan sebagai alat bukti?

    ZB:
    Hal yang anda tanyakan adalah permasalahan hukum, saya tidak punya kompetensi dibidang ini. Dan juga saya belum belajar bagaimana caranya korupsi.

  165. pa saya mau tanya, dah lm ga belajar akuntansi. Kl ada transaksi dimana terdapat pajak (barang belum termasuk pajak) dan potongan. Mana yang harus dilakukan dikenakan pajak dulu atau potongan dulu?? potongannya setelah pajak atau sebelum pajak.

    sebelumnya saya aucapkan terimakasih

    ZB:
    dikeluarkan potongan harga dulu baru dihitung pajak.

  166. Pak, saya mau menanyakan jurnal untuk pembelian mobil secara kredit:
    Uang muka pembelian 26.900.000, biaya adm 750.000, asuransi kendaran 4.573.000, angsuran I 5.067.000, dibayar selama 2 tahun. Terima kasih.

    ZB:
    permasalahan pertama adalah mencatat aktiva tetap sebesar nilai perolehan, yaitu semua biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh mobil tersebut sampai dapat dioperasikan, tidak termasuk biaya bunga. Dalam kasus ini sayangnya anda tidak menyebutkan biaya bunganya dan apakah cicilah sebesar 4.573.000 itu sudah termasuk biaya bunga atau tidak, jika ya maka biaya bunga harus dikeluarakan dulu, lalu dikalikan 23 + angsuran I + Uang muka sehingga si peroleh niali perolehan.

    Permasalah kedua adalah tempo kredit adalah selama 2 tahu, berarti ada dua jenis utang yang timbul yaitu utang jangka panjang dan untuk jangka pendek sehingga bentuk jurnalnya sbb:

    Mencatat aktiva tetap (anda tentukan sendiri nama rekening yang digunakan)

    Aktiva tetap ………………….xxxxxx……………………(nilai perolehan)
    …. Utang jangkan pendek ………….xxxxxx…………..tahun pertama
    ….Utang Jangka panjang……………xxxxxx…………..tahun kedua

    Selanjutnya adalah mencatat pengeluaran kas dimana setiap pembayaran cicilan terdiri dari pembayaran utang dan biaya bunga.

    Cicilan I
    Utang jangka pendek…….xxxxxx………. biasanya bersamaan dengan DP
    …….Kas………………………….xxxxxxxx

    Cicilan ke II
    Utang Jangka Pendek….xxxxxxx
    Biaya bunga…………….xxxxxxx
    ….Kas……………………………xxxxxxxx

    dst

    Pada akhir tahun ada penyesuaian untuk memindahkan utang jangka panjang menjadi utang jangka pendek.

  167. pak, maaf saya mo nanya..
    proses pencatatan dalam siklus akuntansi (1 bulan) yang meliputi Pembuatan dokumen dasar dan Penyusunan laporan keuangan gimana y pak??
    dokumen dasar itu apa y pak??
    terimakasih..

    ZB:
    Seingat saya saya pernah membahas siklus akuntansi dalam bolg ini, silahkan anda telusuri.
    Dukumen dasar adalah dokumen yang digunakan sebagai bukti transaksi.

  168. ass.pak ajarin donk gie mn carax memposting jurnal2 yang sudah yg di posting ke jurnal umum trus mho di posting ke buku besar.

    ZB:
    Dulu saya pernah belajar cara memposting jurnal ke buku besar harus begini dan begitu, namun karena semua pekerjaannya saya serahkan ke komputer otomatis saya tidak pernah lagi mengerjakan posting ke buku besar.

  169. gimana cara ngoprasiin myob v15 sedangkan aku baru saja memulai belajar akutansi

    ZB:
    Belajar dulu, ada kursusnya…

  170. Tolong kriminkan sy contoh” jurnal umum dan transaksix

  171. Pak,tolong kasih tau dunk istilah dari posting rejening tu apa???? Makasih

  172. Pak,tolong kasih tau saya dunk istilah dari posting rekening tu apa??? Makasih

    ZB:
    Lihat Jurnal dan Posting

  173. Tolong Bantu saya Pak untuk membuat jurnal dari soal berikut:
    Drs Anton Suseno membuka praktik perawatan gigi mulai 12 Maret 2003,transaksi yg terjadi sebagai berikut;
    Maret 12-Diterima kas Rp 6.256.000 Dari Drg Anton sebagai setoran modal awalNya
    Naret 15-Dikeluarkan kas Rp 136.000 untuk membayar sewa gedung bulan maret
    Maret 16-Dibeli kredit Perangkat praktik dari DENTISTY harga faktur Rp 5.000.000
    Maret 17-Dibeli bahan habis pakai Rp 183.000
    Maret 18-Diterima Rp 244.800 dari pasien atas jasa memasang gigi palsu
    Maret 21-Diterima kas Rp 455.000 dari UKGS yg menjadi langganan tetap
    Maret 23-Dikeluarkan kas Rp 40.800 untuk membayar langganan majalah berkala DENTISTRY. Ini adalah langganan majalah untuk kepentingan pribadi Drg Anton
    Maret 25-Dikeluarkan kas Rp 1.360.000 untuk membayar hutang yg timbul dari transaksi 16 maret. Untuk sisa hutang diterbitkan wesel dgn jangka waktu 90 waktu hari dan tanpa bunga
    Maret 29-Dibayar gaji untuk perawatan yang membantu praktik sebesar Rp 138.180

    ZB:
    Untuk mengerjakan soal ini anda tinggal melihat contoh2 yang telah ada.

  174. Tolong secepatNya diBalas Pak,,,,,,

  175. pak, nama aplikasi apa yang berhubungan dengan akuntansi (utk. jurnal umum, penyesuaian, neraca, dll)??
    trims pak :)

    ZB:
    Banyak sekali…..

  176. Pak maw tanya,,,
    Seumpama dalam perusahaan punya hutang gaji ke pemilik (karna Pemilik juga ikut bekerja). trus pemilik mw memindahkan hutang gaji tersebut sebagai setoran untuk menambah modal perusahaan saja, jadi perusahaan gak perlu keluarin kas untuk bayar gaji yang terutang itu. Pencatatan di jurnalnya seperti apa ya?
    Apakah :
    Beban gaji pada Hutang Gaji sebesar X
    Hutang gaji pada modal pemilik. sebesar X ???

    Lalu untuk beban gaji yang sudah di catat sebelumnya, penghapusannya gimana? kan udah gak perlu bayar lagi seumpama di pindahkan jadi modal pemilik…

    Mohon petunjuk,,, Saya bingung :D
    Thanks before and after. :)

    ZB:
    Hal ini adalah 2 permasalahan yang tidak dapat dijadikan satu. Pernyataan modal punya konotasi dana yang berasal dari pemilik di tambahan dengan laba. Menurut saya bila tidak mau disebut sebagai hutang gaji buatkan saja rekening khusus yntuk menampung hutang pada pihak yang mempunyai hubungan istimewa.

  177. tlong bantu saya untuk standarisasi pelaporan keuangan di perusahaan importir….
    mulai dari jurnal smp laporan keuangan ya…
    Terima kasih

  178. pak, mhn bantuan informasinya..
    apabila kita sudah menerima pembayaran atas jasa yg sudah dan akan kita berikan, melewati dari satu tahun periode pajak, berapakah pendapatan yg akan dikenakan sbg pajak penghasilan ?..
    misal..
    saya sdh menerima pembayaran dimuka utk jasa yg hrs saya berikan pada periode juni 2010 s/d mei 2011 sebesar Rp.12.000.000,-
    maka, brp pendapatan yg dikenakan pajak penghasilan PPH Badan utk thn 2010 pak ?
    demikian mhn penjelasannya.. terima kasih..

    ZB:
    Setahu saya PPH untuk perusahaan jasa adalah pajak final sebesar x % dari nilai total. Mohon ma’af saya tidak punya reference peraturan yang baru. Sebaiknya anda telusuri langsung www. pajak.go.id atau http://www.pajak.com

  179. Blog ini sangat bermanfaat sekali.
    Mengenai bukti transaksi apakah suatu kontrak/perjanjian yg telah ditandatangani baik diatas materai maupun tdk diatas materai sudah dijurnal Pak? Kasusnya:
    Tgl.1/3/2011 ditandatangani kontrak untuk sewa kantor 1 th Rp.50.000.000 dari 1/5/2011 s/d 30/4/2012. Didalam kontrak ditulis DP 30% dibayarkan 10/3/2011.
    Tgl. 1/5/2011 dibayar 30% dan sisanya 40% pada 1/6/2011.
    1. Apakah tgl.1/3/2011 sudah harus dijurnal?
    2. Bila sampai jatuh tempo pembayaran blm ada tagihn/invoice dan juga blm membayar, apakah wajib dijurnal juga? Jurnalnya bagaimana Pak?
    Terima kasih.

    ZB:
    Yang dijurnal adalah transaksi keuangan, sedangkan suatu perjanjian kontrak belumlah dapat dikatakan transaksi keuangan. Pendapat saya pernjanjian kotrak adalah sebagai bukti pendukung untuk sebuah transaksi keuangan.

  180. Pak, bisa di bantu untuk Chart of Accountx perusahaan developer ??

    ZB:
    Saya telah berikan cara menyusun chart account, selanjutnya harus anda coba sendiri, dengan cara demikian anda akan lebih memahaminya.

  181. Pak .. bisa tolong :
    Jelaskan tentang jurnal memorial, apa fungsi jurnal tersebut dan seberapa penting jurnal itu dalam Sistem Informasi Akuntansi?

    Dalam Sistem Berbasis Komputer, data akuntansi dicatat dalam sebuah file induk dan tujuh file transaksi. Tlg Sebutkan dan jelaskan 7file transaksi tersebut beserta contohnya..

    thx pak :D

    ZB:
    Anda baca lagi halaman Ayat Jurnal Penyesuaian.

    File induk bisa lebih dari satu dan begitu juga file transaksi bisa lebih dari tujuh tergantung sistem database yang digunakan dan maunya programmer. Dalam Access data akuntansi dapat dicatat dalam satu file saja.

  182. Terima kasih pak atas jawabannya..
    file” tersebut seperti apa saja?
    yang dicatat dalam 7file transaksi itu menggunakan program apa?
    Kalau memakai seperti program MYOB di catat sampai brp file transaksi?

  183. pa,tolong ditunjukin dong contoh laporan keuangan perusahaan jasa berupa jurnal umum,neraca,laporan laba rugi,dan perubahan modal!!!kl bisa secepatnya ya!!untuk bahan skripsiku…makasih sebelumnya.

  184. tolong dibantu dunk…butuh bukti transaksi untuk klaim transport…biasa kita pakai taksi…tapi khan ga ada struknya…
    mau bikin sendiri tapi bingung bentuknya seperti apa…
    mohon bantuannya ya…

    ZB:
    Ini urusan internal perusahaan. seharusnya perusahaan menyediakan formulir khusus untuk ini dan sejenisnya.

  185. pak, saya mo minta tolong, saya mo bikin laporan laba-rugi dan neraca, saya kesulitan untuk mencari pesedian barang awal dan akhir, soalnya data transaksinya ga, dlu yg ngerjain orang lain mungkin dia ga sempt bikin, saya mo minta tolong gman cara perhingan yg lbih mudah dari mana d ambil….saya mohon saya kesulitan bangt trus bagian gudangnya ga, trus perusahan kami manifakrut, klo ada orde misalkna 100 unit beli bahan bakunya jg 100 unit, gimna cara perhitungan biar mudah….terimakasih.

    ZB:
    Biasanya perusahaan yang melakukan perhitungan fisik barang

  186. Pak.. bisa tolong jelaskan tentang Back Order ? & bisa berikan contoh dari back order .. terima kasih

    ZB:
    Back Order/On Order adalah order dalam proses dimana barang yang di order belum dikirim oleh penjual ke pembeli.

  187. Pak, tolong dijelaskan pembelian computer u/perusahaan sewa computer. apakah masuk di neraca sebagai aktiva tetap dan ada penyusutan atau masuk di rugi/laba. dan pada saat menerima pembayaran atas sewa computer tersebut apakah perlu dipotong PPh 23 perusahaan masih Non. PKP.

    ZB:
    - Termasuk aktiva tetap.
    - Harap anda periksa lagi siapa yang dikenakan pph 23.
    - Perusahaan non pkp tidak punya hak untuk memungut pph.

  188. Pak tolong dijelaskan untuk perusahaan yang Non PKP pada saat melakukan pembayaran untuk sewa virtual office perlu tidak melakukan pemotongan PPh 23. Pemberi sewa Virtual Office baik badan maupun perorangan(memiliki NPWP).

    ZB:
    Perusahaan non PKP tidak punya hak untuk memungut Pph.

  189. boleh ga Mr….aku minta program akuntansi zahir…

  190. pagi pak, minta tolong buatkan contoh laporan keuangan tuk usaha barang

    bekas,tuk laporan harian dan bulanan. tapi berisikan seperti nama barang, qty

    barang masuk dan tanggal, qty barang keluar dan tanggal, stock dan sisa

    barang yang simple dan dpt mudah di mengerti oleh bos saya, karena beliau

    memang tidak pernah sekolah tetapi berhasil menjadi orang sukses.. terima

    kasih….

    ZB:
    Banyak orang tidak sekolah tapi sukses tapi tidak ada orang sukses tapi bodoh.
    Laporan yang anda butuhkan adalah laporan Inventory (persediaan) bukan laporan keuangan. Anda dapat download laporan keuangan versi Excel pada halaman e-book.

  191. Pak tlg dibantu ya
    saya bekerja di institusi pendidikan perguruan tinggi, saya da masalah pada penyusunan lap. keu. saya bingung dengan pendapatan siswa dalam hal ini
    1. DP3
    2. SPP
    3. Sumbangan Sukarela
    selama ini setiap ada pembayaran saya masukkan :
    dana di bank (karena via bank) debet
    Pendapatan (SPP, DP3 dan SS) kredit
    waktu tahun kedua ada mahasiswa baru, otomatis saya akui adanya piutang siswa baru :
    piutang siswa baru debet
    dana di bank kredit
    akan tetapi masalahnya pada rekening bank tidak pernah real jumlahnya
    Gimana pak? tolong bantuannya.

    zb:
    Masalah rekening bank tidak pernah real adalah hal yang umum, karena memang selalu ada perbedaan dalam mencatat transaksi antara pemilik rekening dengan bank. Karena itu selalu dilakukan pemeriksaan/penelusuran hal2 yang menyebabkan catatan pemilik rekening dengan catatan bank dengan membandingkan catatan yang dilakukan bank dan catatan yang dilakukan pemilik rekening yang disebut rekonsiliasi bank. Ada transaksi yang hanya diketahui oleh pemilik rekening setelah bank menerbitkan rekening koran seperti beban bunga, pendapatan bunga, beban administrasi, pajak penghasilan dll.

    Masalah pendapatan adalah bagaimana cara mengakui pendapatan tersebut. Cara yang selama ini yang anda lakukan dengan mencatat setiap pendapatan berdasarkan penerimaan kas. Boleh saja itu namanya cash base. yaitu mengakui perndapatan setelah uangnya diterima. namun dengan cara demikian anda tidak dapat menentukan berapa tagihan yang harus anda tagih (Piutang). Siapa yang belum melunasi kewajibannya

    Cara kedua bisa anda lakukan mencatat piutang secara berkala setiap anda menerbitkan slip pembayaran sesuai dengan kewajiban mhs misal tiap semester atau triwulan disesuaikan dengan kebijakan penetapan periode pembayaran. Selanjutnya setelah anda mendapat kan bukti pembayaran anda catat penerimaan kas/bank (debet) dan kredit piutang. (Saya cenderung menyarankan metode ini).

    Cara ke tiga anda dapat mencatat pendapatan dengan mendebet piutang untuk setiap mhs yang terdaftar (semua kewajibannya selama satu tahun). Selanjutnya anda mencatat penerimaan kas sesuai bukti penerimaan kas (debet kas/bank) dengan mengkredit piutang.

    Cara ke empat anda dapat saja mencatat pendapatan untuk setiap mhs dengan mencatat seluruh kewajiban mhs namun ini sangat sulit karena diluar periode akuntansi. aplagi bila ada mhs yang DO. (tidak disarankan)

    Saya pikir anda telah mulai menggunakan cara kedua atau ketiga….

  192. Oh iya pak saya ini neruskan pekerjaan accounting yg lama.

    ZB:
    Sebagai penanggung jawab keuangan anda tidak dapat melepaskan tanggung jawab petugas yang lama. Bila ada tanggung jawabnya yang belum selesai anda harus menyelesaikannya. Misalnya saat ini tahun 2011 tiba2 ada permintaan pimpinan anda mengenai informasi keuangan tahun 2010 atau sebelumnya, maka andalah yang bertanggung jawab.

  193. pak, mohon bantuannya.

    saya bekerja di sebuah perusahaan swasta.
    pada bulan juni lalu kami mendapat job dari perusahaan rekanan di jakarta dengan ketentuan pembagian keuntungan dan biaya masing2 50%. berhubung ini job dari rekanan, jadi mereka men-transfer sejumlah dana ke rekening perusahaan tujuannya untuk mendanai biaya2 yang harus dikeluarkan. yang saya mau tanyakan:
    1. dana yang ditransfer tersebut dibukukan sebagai apa?
    2. bagaimana cara penjurnalan biaya tersebut?mengingat biaya yang diposting harus dibagi jadi 2

    terimakasih untuk bantuannya

    Hal ini tergantung dari proses pengerjaan pekerjaan tersebut. Bentuk perjanjian yang disepakati dll. Sehingga penerimaan kas dari rekanan tersebut bisa dianggap sebagai (piutang atau hutang) pada pihak yang mempunyai hubungan istimewa sesuai kondisi yang terbentuk oleh perosesnya. Yang perlu diperhatikan disini adalah prinsip akuntansi bahwa perusahan terpisah dengan pemilik dan perusahaan lainnya. Sehingga sebagian laba yang menjadi hak rekanan anda dapat anda anggap sebagai biaya.

  194. saya minta bantuannya contoh laporan keuangan beserta neracanya. . .
    dan bagaimana cara mencari rugi laba nya!!!
    mohon bantuannya. . .terima kasih

    NB: kirim ke email saya saja ya
    smoll_minie@yahoo.com

    ZB:
    Bagian utama isi blog ini adalah terkait dengan pembuatan laporan keuangan dan semuanya telah terangkum dalan aplikasi akuntansi ZULISoft. Tugas pemakai hanya mencatat transaksi selanjutnya urusan komputer….

  195. maaf pak,,,,
    saya membutuhkan,,,,
    contoh penjualan dan pengorderan barang,,,,
    dalam bentuk oracle,,,

  196. iyo……….

  197. maaf saya orang baru di blok ini,
    boleh gak saya minta contoh laporan keuangan untuk perusahaan tambang nikel, soalnya saya baru bekerja di perusahaan tambang, trus saya dikasih di bagian accounting, tapi sebenarnya saya bukan orang accounting, jadi saya harap rekan-rekan bisa membantu saya.

  198. saya lagi dapat tugas tentang bukti transaksi, saya cuman mau minta tolong terangin yang lebih spesifik lagi dongg..

  199. Selamat Sore,

    Mohon bantuan nich…bisa nggak kasih contoh akun-akun apa saja yang dibutuhkan oleh perusahaan Tour and Travel. Terimakasih banyak…

    ZB:
    Saya tidak punya daftar khusus untuk akun perusahaan jenis tertentu. Nama akun itu bebas yang penting pengorganisasiannya. (dikelompokan ke kelompok apa?)

  200. tolong cantumkan juga contoh transaksinya donk … biar buat bahan latihan …. PD maupun PJ

  201. pak mau tanya posting depresi itu apa

  202. pengen nnya lw biaya kerugiaan piutang pada laporan laba rugi perusahaan industri msuk bgian biaya mn yach…biay penjualan pa by adm….

    ZB:
    Biaya penjuakan tidak, biaya anministrasi bukan, biaya pembelian apa lagi masujan biaya lain-2 aja.

  203. sya pengen tahu rekening koran saya thun 2010

  204. saya mau nanya kalo pembelian barang dagang tapi ada uang mukanya, itu uang mukanya di catat di jurnal pengeluaran kasnya disisi debet sama kreditnya apa?

    trus kalo potongan pembelian masuk tidak kedalam buku pembantu utang?
    makasih

    ZB:
    Uang Muka x,xxx
    ……Kas……….x,xxx

  205. saya bisa minta tolong gak?
    tolong kirimkan contoh transaksi-transaksi perusahaan jasa dari 4 perusahaan berbeda, 1 perusahaan harus ada 30 transaksi, saya ada tugas kuliah yang harus membuat jurnal, buku besar dan laporan keuangan,
    saya hanya minta tolong kirim transaksinya saja, biar selanjutnya saya kerjakan sendiri,
    tolong kirim ke email saya, please,,,

  206. bos, balasnya disini saja ya,,,
    ZB:
    Mohon ma’af ya, dalam hal ini saya tidak dapat bantu kamu….

  207. pak kalo untuk perusahaan baru apa aja si yg dibutuhkan untuk awal laporan keuangan serta pajaknya?
    bukti-bukti apa aja yang harus di siap kan untuk perusahaan las besi baja dan contoh?
    kasi contoh dunk buat perusahaan kontruksi.
    makasi

    ZB:
    Perusahaan baru dgn lama sama2 perusahaan kan?.. hanya perusahaan baru belum memiliki apa yang telah dimiliki oleh perusahaan lama. Jumlah transaksi perusahaan baru lebih sedikit, logikanya beban pekerjaan lebih ringan namun pengelolaan administrasi keuangan di perusahaan baru jauh lebih sulit dibanding perusahaan lama karena faktor sumberdaya. Pekerjaan memulai sesuatu perlu ketekunan dan perjuangan kadang diperlukan juga ketabahan ….
    Dalam akuntansi, apapun jenis perusahaannya selalu dimulain dengan menyusun kerangka akuntansi. Dalam blog ini dapat anda telusuri melalui halam Akuntansi

  208. pak , apakah pembayaran pajak yang direkayasa merupakan hasil kinerja profesi teknisi akuntansi ?
    siapa sajakah yang terlibat dari praktek-praktek manipulasi pajak tsb ? bagaimana dampaknya bagi masyarakat ?
    dan Benarkah bahwa ujung pangkal dari korupsi di Indonesia adalah hasil kinerja teknisi akuntansi pak?

    mohon jawabannya . terimakasih

    ZB:
    Hati2, kata rekayasa/manipulasi dalam akuntansi adalah kata formal yaitu data direkayasa/dimanipulasi menjadi laporan. Jadi rekayasa dalam akuntansi bukanlah kesalahan. Mungkin yang anda maksud adalah penggelapan dan itu bukanlah kinerja praktisi akuntansi kecuali hasilnya masuk kantong sendiri. Bila ada, biasanya yang diuntungkan adalah perusahaan jadi yang bertanggungjawab adalah pimpinan perusahaan.

    Saya tidak sependapat ujungpangkal dari korupsi di Indonesia hasil kinerja teknisi akuntansi, jelas itu kinerja setan. Boleh dibilang koruptor itu setan dalam ujud manuasia. Jadi bila koruptor itu teman kamu berti kamu teman setan.. he.. hee… Namun penggelapan yang dilakukan oleh perusahaan mempunyai potensi menciptakan gurita korupsi. Pada tinggkat ini tentunya baru pada tahap tidak memenuhi kewajiban sebagai warga negara dampaknya bagi masyaraka secara langsung tidak ada.

    Pada tingkat lebih lanjut adalah korupsi dari setoran pajak yang telah disetorkan oleh wajib pajak namun dibelokan ke rekening pribadi pihak tertentu. Yang lebih tinggi lagi uang yang telah ngumpul di kas negara justru rame diprotin oleh pejabat negara hingga bla..bla…

  209. akntnsi memang sulit, mending nonton tv aja sing gampang. salam bos.
    ZB:
    Kalau lagi bermasalah, makan aja sulit….

  210. membeli 3 unit pc berikutmodem seharga 2900.000/ unit dan i nit printer seharga 1.160.000. karena sudah dipercaya, wiman diinzinkan untuk membayar uang muka sbsar 860.000 dan mencicil sisanya 3 kali angsuran, masing masing sebesar 3000.000, tolong di bantu y pak..(perusahan jasa)

  211. Tolong berikan contoh jurnal untuk pembayaran DP dan pelunasan atas pembelian, jika pembayaran tsb di lakukan sebulan lebih lama dari Invoice/FP yang dikeluarkan oleh pihak supplier.

    ZB:
    1.Dalam hal ini adalah mencatat pengeluaran kas untuk pembayaran DP hasil jurnalnya :
    Uang muka / Biaya dibayar dimuka xxxxxx
    …… Kas ……………………….. xxxxxx

    Selanjutnya ada 3 tahan yang akan menyusul…
    2. pada saat barang diterima mencatat hutang
    3. Pelunasan (Pengeluaran kas)
    4. penyesuaian (penggunaan DP untuk Pemlunasan)

    Pada cara manual biasanya 3 dan 4 dapat digabung.

  212. Pak boleh berikan contoh Jurnal Penjualan,piutang, dan hutang??
    buat perusahaan yang baru saja memakai jasa accounting, karena dalam perusahaan ini penjualan secara tunai dan kreditnya disatukan yang membedakan hanya tanda pribadi dari perusahan saja..
    saya agak bingung membuat jurnal piutangnya.. dibutuhkan kah invoice?

    ZB:
    Saya bekerja dengan sistem komputer. Urusan jurnal adalah tugas komputer. Untuk piutang sumbernya lansung diambil dari invoice sehingga bagi saya, Invoice atau apapun namanya misalnya notice, Nota kontan, faktur itu adalah media untuk mencatat Penjualan, diskon penjualan, biaya delivery, PPn piutang dll. Hal ini dilakukan sama untuk semua transaksi penjualan baik itu chas maupun kredit. Setelah itu piutang akan dikredit pada saat mencatat penerimaan kas atau bila kas diterima lebih dulu, maka dilakukan penyesuaian.

  213. pa, klo pengertian jurnal penjualan ,apa …ch? trus gmana cara pengunaan ya,,,,

    dede s

  214. pak kalo ..pengertian jurnal penjualan gmana ya ,,,brikt contoh nya….

    ZB:
    Catatan taransaksi penjualan

  215. ngerjain tugas principles of accounting.. met..met..mumetttt….
    ZB:
    Mengerjakan tugas akuntansi ternyata jauh lebih susah dari pada mengerjakan pekerjaan akuntansi.

  216. saya mau tanya……apabila herman menanamkan modalnya sebesar Rp.4000000 ke dalam perusahaan,yang saya ingin tanyakan bagaimana jurnal transaksinya…..makasih

    ZB:
    Lihat persamaan akuntansi

  217. pnddkn yg mnjlskn tiap kjdn transks keuangan.,…

  218. siang pak mau ikutan nanya
    saya baru bekerja di kantor BUMD, yang saya temukan di kantor ini ketika saya masuk adalah tidak memiliki modal kerja untuk 3 tahun ke belakang ( modal yg di berikan PEMDA sgt minim)sehingga kantor ini byk utang pada pihak pribadi.kantor ini bergerak dalam bidang penjualan pupuk subsidi. yaing ingin saya tanyakan bagaimana jurnal nya antara utang,kas dan pendapatan jasa sedangkan kita hanya pinjem uang dari individu untuk menebus pupuk tersebut, kita hanya bantu kelola dan dpt untung sedikit mohon bantuannya ya pak.saya sanngat bingung.please help me….

    ZB:
    Mencatat utang dari pinjaman adalah jurnal penerimaan kas.
    D: kas K: Utang
    Bila uang sudah ada, tinggal bayar
    D: Utang K: Kas
    Utang juga termasuk modal kerja, dan umumnya dalam menjalan operasi perusahaan punya utang, sekalipun perusahaan besar. Bahkan perusahaan besar mengandalkan pinjaman dari bank untuk menjalankan oeprasional perusahaannya.
    Yang penting, minimal hasil usaha perusahaan anda dapat menutupi beban operasional. Bila tidak tentunya lebih baik ??????

  219. minta tolong diberikan informasi tentang contoh pertanggungjawaban untuk mobilitas darat…thanx

  220. aku bingung kalau ada soal macam ini
    telah diterima dr :sdr agus
    jumlah uang : 750.000
    guna bayar : jasa servis, faktur tgl 29 agustus
    cara jurnalnya gimana ya?

  221. saya mau tanya dong.Apakah setiap bukti transaksi itu harus di tulis satu-satu apabila ada bon makan karyawan yang jumlah nota -nya sekitar 6 bon atau lebih & total bon makan karyawan yang bermacam – macam dalam satu tanggal yang sama.Apa dicatatnya digabung aja bon-bon makan karyawan tersebut.

    thx
    ZB:
    Hal ini otorita pimpinan anda, pendapat saya pribadi, jika pada waktu yang sama sebaiknya dicatat sekali saja.

  222. bagaimana cara membedakan biaya-biaya yang termasuk harga pokok penjualan pada perusahan kontraktor. Seperti safety serta pembiayan material & peralatan bangunan yang jumlahnya tidak begitu mahal tapi digunakan untuk perlengkapan proyek, apakah bisa dikatakan sebagai HPP?

  223. dikantor saya. . kita menggunakan program OMEGA untuk keuangannya. . cm ada yg saya bingungkan. . jurnal memorial itu yg bagaimana?? apakah sama dengan jurnal umum??
    ZB:
    Jurnal Memorial terkait transaksi hutang/piutang

  224. tolong carikan langkah langkah merancang format bukti transaksi

  225. salam kenal pak,,saya mau bertanya dan mohon bantuannya…
    suatu CV melakukan pembelian peralatan kantor secara tunai sebelum di kukuhkan mnjadi PKP..apakah ada perbedaan jurnal yg harus di buat atau sama, seperti jurnal biasanya..kalau jurnal nya beda,,,mohon di berikan contoh jurnal nya..
    Terimakasih

  226. selamat siang Pak, saya mohon penjelasannya mengenai Debit Note yg dikeluarkan oleh Customer kami diluar negeri (kami perush. eksportir), dimana customer kami mengeluarkan Debit Note namun tidak me-Retur barangnya, jadi langsung dipotong atas tagihan kami, hal tersebut berhubungan dengan pemeriksaan Pajak saat ini (Laporan Keuangan Th 2010), dimana debit note itu tidak diakui sebagai pengurang penghasilan bruto, dgn alasan bahwa barang tidak diretur dan didalam invoice tidak dicantumkan (katanya hrs diperlakukan spt dlm hal invoice dan Faktur Pajak/PEB).
    pertanyaan saya, apakah debit note itu hrs dicantumkan dlm invoice, sedangkan menurut saya debit note itu bukan merupakan discount shg kami tidk mencantumkannya diinvoice/PEB.
    terimakasih sebelumnya…
    ZB:
    Debit Note adalah pemberitahuan dari customer kepada supplier karena hal tertentu (bukan satunya karena retur), sehingga mereka menghapus kewajibannya senilai tertentu. Jika supplier tidak setuju tentu ada proses lebih lanjut.

  227. bagaimana cara menjurnal penyesuaian transaksi perlengkapan ?
    dan mengapa jurnal itu dilakukan ?segera saya butuh banget deh pak ganteng

    ZB:
    anda telusuri penjualan aktiva tetap

  228. Salam kenal pak,
    saya baru bekerja di perusahaan jasa pengangkutan, dan yang saya mau tanyakan sbb :
    apa fungsi debit note dalam akuntansi perusahaan jasa ya pak ?
    apakah debit note bisa digunakan untuk memotong hutang ke supplier (lawan transaksi) kita pak , jika kita menggunakan jasa supplier pihak ketiga untuk mengirim barang ke customer, tapi di perjalanan barang rusak, nah apakah saya bisa menggunakan debit note untuk memotong hutang saya ke pihak supplier tersebut ?

    Mohon penjelasan nya pak.

    Terima kasih.

    ZB:
    Ya!… Debit Note adalah pemberitahuan pemotongan hutang kepada supplier

  229. discount moncler – Stretchy knit panels at the sides enhance the fit and motion flexiStretchy knit panels at the sides enhance the fit and motion flexibility for a lightweight, down-filled puffer with adjustable toggles to cinch the hood.bility for a lightweight, down-filled puffer with adjustable toggles to cinch the hood.
    discount moncler
    cheap moncler outlet

  230. salam kenal,,,
    dan selamat sore, minta tolong buat dulu transaksi,jurnal umum,buku besar,,,, laporan keuangan perusahaan
    periode 1 tahun,,, klau ada kirim lewat email ia
    trisandyaputri@yahoo.com

    ZB:
    Telusuri halan e-book

  231. maaf pak, mohon bantuannya..
    kalo menjurnal pendapatan dari usaha spbe dimana kita tidak pernah menerima dan membayar sejumlah uang, pendapatan murni hanya dari fee saja bgmn ya.. artinya barang dagangannya elpiji milik pertamina ditaro di tank spbe tanpa proses pembayaran brg dr spbe ke pertamina dan utk dijualkan kpd agen, tp agen yg dtg mengambil brg sdh mbayar lbh dulu ke pihak pertamina, spbe tinggal menyalurkan brg pesanannya saja ke pihak agen, dgn menyalurkan ke agen tsb pihak spbe mendapat imbalan fee dr pihak pertamina.

    nah cara pencatatan jurnal pendapatan tsb bgm ya pak,.
    trims sblmnya..

  232. kumpulan orang2 pintar ni

  233. May I simply say what a relief to find somebody
    who actually knows what they’re discussing on the net. You actually realize how to bring a problem to light and make it important. A lot more people have to check this out and understand this side of your story. I was surprised you aren’t more popular because you surely have the gift.

  234. Hey, I think your site might be having browser compatibility issues.
    When I look at your blog site in Opera, it looks fine but when opening in
    Internet Explorer, it has some overlapping. I just wanted to
    give you a quick heads up! Other then that, wonderful blog!

  235. Have you ever considered publishing an e-book or guest
    authoring on other websites? I have a blog based on the same ideas you discuss and would really like to have you
    share some stories/information. I know my subscribers would appreciate your work.
    If you are even remotely interested, feel free to shoot me an email.

  236. Selamat siang pa,
    tolong dibantu untuk cara jurnal transaksi sbb :
    byr DP Pembelian Tanah
    Byr Komisi pembelian Tanah
    Byr Notaris buat surat jual beli tanah
    Byr untuk pengurukan Tanah
    Byr Untuk pembangunan Jembatan

    Bagaimana cara penjurnalannya terima kasih

  237. maaf pak! saya mau tanya dan mohon bantuanya!!!
    kalau nota kredit dan bukti memorial dimasukan ke jurnal penyesuaian itu bagaimana ?

  238. Kalau soalnya kaya gini pak, jurnalnya ?????

    Dokumen:7

    KLINIK GRAHA MEDIKA

    Jalan pertempuran Nomor 25 medan
    NPWP:01,347,251,5,071,000
    Faktur Penjualan
    Pembeli : PASIEN UMUM Tanggal : 12 April 2013
    JAKARTA Nomor : S – 0014
    Fak. Pajak : QJM-001.0005672
    NPWP : — Pesanan Pembelian : —
    Syarat Pembayaran : TOP 2 Minggu
    Kami mengirimkan tagihan atas barang yang saudara pesan seperti dibawah ini:
    NO KETERANGAN UNIT HARGA jUMLAH
    1 CTM 500 Mg 12.000 strip 5.000 60.000.000
    2 Paracetamol 500 Mgl 12.000 strip 7.000 84.000.000
    3 Antalgin 500 mg 12.000 strip 7.000 84.000.000
    Subtotal 228.000.000 Diskon 10% (22.800.000)
    Harga Barang 205.200.000
    PPN 10% 20.520.000
    Nilai Faktur 225.720.000
    Ongkos kirim 1.250.000
    JUMLAH TAGIHAN 226.970.000 UANG MUKA (kas ditangan) ( 20.000.000 )NILAI TAGIHAN 206.970.000
    Terbilang : Dua ratus enam juta sembilan ratus tujuh puluh ribu rupiah.

  239. […] Transaksi, Bukti transaksi , Jurnal dan Posting | […]

  240. tolong bantu dong jurnal untuk developer gimna?

  241. Pas saya zaky, saya mohon bantuannya untuk memberikan Contoh Jurnal Umum serta segala transaksi yg paling sering terjadi di Perusahaan Freight Forwarding….

  242. assalamualiaikum wr.wb.
    melakukan rekapitulasi bukan hanya untuk jurnal saja , tapi termasuk ke yang lain juga

    ZB:

    Tapi ingat banyak hal tidak boleh direkapitulasi.

  243. mengapa dalam akuntansi karakter bangsa yang di kembangkan harus ada 5:
    1. jujur
    2.disiplin
    3.kreatif
    4.tanggung jawab
    5. rasa ingin tahu

    mengapa negara kita ini menadi no 1 sedunia yang koruptor,yang koroptor orang”[ yang bekerja perusahaan juga .
    apakah ia tak merasa malu ats yang di lakukan / kah ia bangga atas kelakuan nya

    ZB:

    Supaya akuntansi itu dicatat dengan benar. Akuntansi itu tidak benar karena antara lain karena 5 hal diatas

  244. pak ZB,
    saya mau tnya..
    klo pembelian untuk di pakai sendiri (untuk pribadi bos), itu kalo pakai sistem supaya pembelian tidak masuk stock perusahaan bagaimana jurnalnya????

    terimakasih…

    Kalau pakai sisten pastilah tercatat sebagai stock selama belum dikeluarkan. (pengeluaran barang). Bila tidak mau dicatat sebagai transaksi perusahaan caranya hanya jangat dicatat pakai sistem karena memang bukan transaksi perusahaan.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 79 pengikut lainnya.