Perancangan Database


Pokok pemikiran dalam merancang database adalah bagaimana merancang database sehingga dapat memenuhi kebutuhan saat ini dan kemudahannya untuk dikembangkan dimasa yang akan datang. Perancangan model konseptual perlu dilakukan disamping perancangan secara phisik.

Pada perancangan konseptual, digunakan beberapa konsep pendekatan relasional namun  tidak berarti konsep ini harus diimplementasikan ke model relasional saja tetapi juga apat dengan model Hirarchi dan model Network.

Tugas merancang database adalah bagian dari tugas database administrator . Model konseptual mengkombinasikan beberapa cara untuk memproses data dan untuk beberapa aplikasi. Model konseptual tidak tergantung aplikasi tertentu dan tidak tergantung DBMS, Hadware yang digunakan.

Pada perancangan model konseptual tinjauan dilakukan pada struktur data dan relasi antar file menggunakan model dan relasional.

Terdapat dua teknik dalam merancang database yaitu :

·        Teknik Normalisasi

·        Teknik Entity Relationship

21 Tanggapan

  1. bisa kirim artikel tadi “perancangan sistem” ke alamat email saya tidak?

  2. Bagus Banget Artikelnya ada artikel tentang konsep perancangan system yan mulai dari awal ampe kelar nga??

  3. aku mau minta tolong untuk database asuransi pegawai negeri contoh tabelnya apa aja y???trus sekalian nama field-fieldnya y ?bales ya ke emailku????pleeeeezzz aku butuh banget

  4. aku mau minta tolong untuk database asuransi pegawai negeri contoh tabelnya apa aja y???trus sekalian nama field-fieldnya y ?bales ya ke emailku????pleeeeezzz aku butuh banget….. balessss duuuunk….

  5. […] Perancangan Database Ditulis pada September 24, 2007 oleh Achun […]

  6. saya mau minta tolong…
    kalau bisa kirim artikel “perancangan database” tadi ke email saya…
    pliizz….

  7. […] dalam Uncategorized Perancangan Database Ditulis pada September 24, 2007 oleh […]

  8. aku mau minta tolong untuk database asuransi pegawai negeri contoh tabelnya apa aja y???trus sekalian nama field-fieldnya y ?bales ya ke emailku????pleeeeezzz aku butuh banget….. balessss duuuunk…

  9. Sy boleh minta bantuan.? Sy ingin memplajari hal-hal mengenai database administrator. Mohon bantuanny bagi yg brkenan dapat mengirimkn sebagai email k Ruang_gue@yahoo.co.id Trimakash bnyak

  10. […] Sumber dari Blog Zulidamel […]

  11. di pindahkan ke halaman LANGKAH-LANGKAH MERANCANG DATABASE

  12. awal dr sgalana y

  13. siip bnget …artikel ini ap bs d share d email saya. Terimakasih..

  14. assalamu’alaikum pak zuli,.
    salam kenal dari saya, blognya sangat bagus sekali pak,. saya sangat suka dengan artikel2 bapak, sangat membantu saya yg masih awam sekali dalam pemograman,.
    tadi saya coba intip profil bapak ternyata urang awak juo,.. hahaha,.
    saya dari batu sangkar pak,.

    sukses selalu,.

Tinggalkan komentar