Koneksi PHP dan MySQL


MySQL free adalah database server open source  yang sangat  popular.

Apa itu MySQL?

MySQL adalah  sebuah database. database merupakan  structure yang sangat diperlukan dalam menyimpan  informasi.

Di dalam database, terdapat  tabel.  juga seperti  tabel-tabel  HTML, tabel database  terdiri dari baris, kolom, dan sel.

Databases sangat  dibutuhkan untuk menyimpan informasi. Suatu orgabisasi  dapat  mempunyai database dengan tabel-tabel berikut: “Karyawan”, “Produk”, “Langganan” dan “Order”.

Tabel Database

Database selalu memuat satu atau lebih tabel. Setiap tabel mempnyai nama  (seperti “Customer” or “Order”). Setiap table terdiri dari  records (baris) dengan  data.

Berikut ini contoh  yang diberi nama “Persons”:

LastName FirstName Address City
Hansen Ola Timoteivn 10 Sandnes
Svendson Tove Borgvn 23 Sandnes
Pettersen Kari Storgt 20 Stavanger

Tabel tersebut terdiri dari 3 records (satu untuk masing-masing person) dan 4 columns (LastName, FirstName, Address, and City).

Queries

Suatu  query adalah sebuah pertanyaan atau permintaan.

dengan  MySQL, kita dapat  query suatu database untuk  mendapatkan informasi tertentu

Perhatikan query berikut:

SELECT LastName FROM Persons

query di atas  memilih  semua data pada  kolom LastName pada tabel Persons, dan akan menghasilkan   recordset seperti berikut:

LastName
Hansen
Svendson
Pettersen


Download Database MySQL

Jika anda belum punya  PHP server dengan Database MySQL , anda dapat  download MySQL  secara gtatis  disini: http://www.mysql.com/downloads/index.html

Koneksi ke  Database

MySQL Database is sangat banyak digunakan dengan  PHP.

Koneksi ke  Database MySQL

Sebelum anda dapat mengakses  dan bekerja dengan data  dalam sebuah database, anda harus membuat hubungan ke database.

Dalam PHP, ini dapat dilakukan dengan  fungsi mysql_connect().

Syntax

mysql_connect(servername,username,password);
Parameter Description
servername Optional. Spesifikasi  server yang dihubungkan . Nilai Default value adalah  “localhost:3306”
username Optional. Spesifikasi username untuk log in . Default value is the name of the user that owns the server process
password Optional. Spesifikasi  password to log in. Default adalah  “”

Note: Terdapat  beberapa parameters, tetapi  list di atas adalah yang sangat diperlukan . Liahat  PHP MySQL Reference untuk lebih detail

Contoh

Dalam contoh berikut  kita  menyimpan  koneksi  dalam sebuah variable ($con)  untuk  penggunaan selanjutnya pada pada  script.  bagian “die”  akan di  eksekusi jika  koneksi gagal:

<?php $con = mysql_connect(“localhost”,”peter”,”abc123″); if (!$con) { die(‘Could not connect: ‘ . mysql_error()); }// some code?>


Menutup  Koneksi

Koneksi  akan ditutup  bila script selesai. Untuk  menutup  koneksi , gunakan  fungsi mysql_close()

<?php $con = mysql_connect(“localhost”,”peter”,”abc123″); if (!$con) { die(‘Could not connect: ‘ . mysql_error()); }// some codemysql_close($con); ?>

19 Tanggapan

  1. Om saya mo tanya, gimana caranya koneksi database dalam jaringan. Mohon informasinya. Saya ingin membangun suatu situs, dan ini dikerjakan dengan teman saya. Dan ini menggunakan 2 komputer, bagaimana caranya supaya bisa datanya semua pada satu komputer tapi mengerjakannya pada dua komputer. Terimakasih…

  2. Disini ada 3 masalah pokok yaitu masalah konfigurasi, masalah script dan masalah jaringan.

    1. masalah script jawabannya sama saja, dan nama_host perlu disesuaikan. Didalam contoh hanya “localHost” dan itu dapat diganti dengan nama domain yang digunakan.

    2. Masalah konfigurasi masing-masing web server mempunyai cara sendiri sehingga configurasi pada IIS dan apache atau yang lainnya berbeda.

    3. Masalah Jaringan seharusnya jaringan menggunakan hub. Saya pernah coba menghubugkan dua komputer tanpa hub, menggunakan teknik pengaturan kabel namun hasilnya tidak bagus. Dari sisi perangkat lunaknya terdapat banyak pilihan misalnya sharing folder dimana folder tempat penyimpanan data dapat dibaca dan ditulis dari komputer yang lain sebagai client atau remote destop dimana operasi komputer dipindahan ke komputer server.

    Untuk lebih detail kamu dapat hubungi saya melalui email dengan memberikan permasalahan yang rinci.

  3. saya baru belajar php dan mysql dengan membeli buku. Dalam buku tersebut menggunakan IIS dengan koneksi dari php & mysql :

    Test Koneksi MySQL dengan PHP-by Ilham

    Test Koneksi PHP dengan MySQL

    <?
    $conn=mysql_connect(“localhost”,”root”,””);
    if($conn){
    echo”
    Test Koneksi dengan MySQL Berhasil
    “;
    }else{
    echo”Tidak Ada Koneksi”;
    }?>

    sebenarnya dalam contoh buku tersebut menggunakan Microsoft Front Page, tapi saya pake notepad.
    bisa kasih solusi boss…..k’lo bisa balas lewat imel saya aja

  4. saya baru belajar php dan mysql dengan membeli buku. Dalam buku tersebut menggunakan IIS dengan koneksi dari php & mysql :

    Test Koneksi MySQL dengan PHP-by Ilham

    Test Koneksi PHP dengan MySQL

    <?
    $conn=mysql_connect(“localhost”,”root”,””);
    if($conn){
    echo”
    Test Koneksi dengan MySQL Berhasil
    “;
    }else{
    echo”Tidak Ada Koneksi”;
    }?>

    sebenarnya dalam contoh buku tersebut menggunakan Microsoft Front Page, tapi saya pake notepad. Tapi setelah saya jalankan sesuai petunjuknya nggak bisa jalan…
    bisa kasih solusi boss…..k’lo bisa balas lewat imel saya aja

    ZB:
    menggunakan notepad tidak ada masalah. Dalam hal ini ada 3 hal utama yang harus anda yakinkan telah bekerja.
    1. Apakah webserver (IIS) anda telah berjalan.
    2. Apakah mysql anda telah berjalan
    3. Apakah PHP anda telah berjalan.

    Selanjurnya apakah anda telah menempatkan program anda pada derictory web anda.

    Saya punya keraguan dengan buku yang anda gunakan kenapa untuk belajar PHP harus menggunakan Frontpage?…

  5. saya seorang mahasiswa saya bingung dengan tugas akhir UAS tolong minta tutorialnya php databases dengan mysql ya…tolong kirimkan ke email miftahcaem@yahoo.co.id

  6. […] Jaringan Komunikasi Berbasis Komputer Koneksi PHP dan MySQL […]

  7. Tutorialnya dalam situs ini keren bgt…
    kalau bisa yang udah ngerti tolong buat tutorialnya yang detail, misalnya dalam buat database di MySql, kita harus klik apa aja urutannya, buat file phpnya dimana dan bagaimana…seoerti itu…
    Ada yang mau bikin proyek gak…???
    bua database gitu…
    aku mau ngajk siapa aja yang mau “iseng” aja…
    yuk…

  8. tolong kirimkan tips mengganti star menu dengan nama sendiri

  9. Test Koneksi MySQL dengan PHP
    Salam,
    Saya baru belajar Koneksi PHP dengan MySQL ketika saya coba script sbb:

    Setelah running selulu terdapat tulisan sbb:
    Warning: mysql_connect() [function.mysql-connect]: Access denied for user ‘usermysql’@’localhost’ (using password: NO) in /home/xxxx/public_html/connect.php on line 12

    Pada setting phpmyadmin saya setting sbb:
    $cfgServers[1][‘host’] = ‘localhost’;
    $cfgServers[1][‘port’] = ”;
    $cfgServers[1][‘user’] = ‘xxxx_user’;
    $cfgServers[1][‘password’] = ‘pasword’;

    saya kok gak ngeh pada point “localhost”. Kalo saya misalnya punya domain”www.xxxx.com maka apakah localhost diganti dengan “db.xxxx.com”.
    Mohon Penjelasannya.
    Terimakasih

    ZB:
    Umumnya provider menggunakan ‘localhost’ kecuali ada ketentuan khusus yang dibuat oleh provider seperti 000webhisting tidak menggunakan localhost.
    Warning menyatakan dengan jelas bahwa permasalahan adalah pengaturan hak akses pada dabase mysql anda.

  10. slamat siang pak
    pak saya maw tanya
    saya sudah buat program dengan menggunakan dreamwaver.. programnya sudah jalan tapi setiap saya lakukan input data tidak bisa.itu kesalahan dimana ya pak,
    memang saya pake program Xamp untuk databasenya.
    mohon ditanggapi pak,terima kasih

    ZB:
    Mohon ma’af, saya bukan pengguna dreamwave dan Xamp.

  11. om saya bnr2 mnta tolong gimana cara koneksi php ke mysql,,
    saya udah buat database mysql,,
    tapi bingung gimana koneksinya,,tolonng y om,,
    tolong d blas ke email saya

    ZB:
    Command untuk itu adalah/hanya

    sintax :
    mysql_connect(servername,username,password);

    Permasalahannya apakah webserver, MySql dan Php telah di Install dengan benar!…

  12. mas baru belajar dengan mysql, masih bingung dengan parameter “host, username, password). kalo boleh tau, setelah login di mysql command line consolenya pake password root saya, ada ga kode buat liat status username, host n passwordnya???
    (mohon bantuannya mass di email saya)

    ZB:
    Saya telah upload beberapa hal penting mengenai MySQL dan anda juga dapat lihat di w3scools yang telah dilengkapai dengan tools multibahasa.

  13. om sy mau nanya saya udah make syntax untuk mengkoneksikan php dan database tapi tidak berhasil, itu karena apa yah?? padahal syntaxnya udh bener

    ZB:
    Yakinkan bahwa MySQL dan PHP anda telah diinstall dengan benar. Kemudian sustak yang sering terlupakan oleh pemula adalah tanda titik koma di akhir baris perintah.

  14. saya mahasiswa tingkat akhir, saya kesulitan masalah koneksi dengan sql server .

    $link = mssql_connect(“118.97.45.4”, “contoh”, “contoh”);

    selalu erorr mas?
    errornya seperti ini :

    Warning: mssql_connect() [function.mssql-connect]: Unable to connect to server: 118.97.45.4 in G:\www\pkl_smansa\lukman\insertdaftarserver.php on line 2

    Fatal error: Call to undefined function msql_error() in G:\www\pkl_smansa\lukman\insertdaftarserver.php on line 3

    itu kenapa ya?mohon bantuan nya mas?

    terus yang ini dirubahnya dimana : mysql.allow_persistent “1” Apakah atau tidak untuk memungkinkan koneksi persisten PHP_INI_SYSTEM

    mysql.max_persistent “-1” Jumlah maksimum koneksi persisten per proses PHP_INI_SYSTEM

    mohon dibantu ya

    ZB:
    Ma’af!… saya bukan pengguna SQL server…

  15. aku kurang puas dengan pelayanan yang di berikan karena belum lengkap//

    ZB:
    Ya! ntar dikasih lagi….

  16. http://autobackupdb.tetuku.com/

    Karena suatu sebab bisa jadi database hilang. Entah itu karena di oprek akhirnya terhapus, ataupun karena sistemnya yang sedang kacau. Tidak semua hosting menyediakan auto backup, kalaupun tersedia, biasanya tersimpan di hosting bersangkutan. Data backup tetap hilang jika akun anda kena suspend.
    Solusinya, setelah di backup anda harus mendownload. Pekerjaan ini harus dilakukan secara rutin dan berulang. Suatu pekerjaan yang membosankan bukan?

    AutoBackupDb bisa menjadi solusi paling tepat untuk mengatasi kasus tersebut diatas. AutoBackupDb bisa anda pergunakan secara gratis. Database anda setiap bulannya akan di backup dan dikirim langsung ke email anda. Apalagi saat ini sudah banyak email gratis yang menyediakan kapasitas besar diatas 7GB.

    Backup per bulan -> Gratis
    Backup per hari -> lisensi Rp 50.000 ,- per domain url untuk selamanya

    Jika website masih sepi, barangkali backup beberapa bulan sekali tidak masalah. Akan tetapi jika website sudah ramai dan ada tambahan data member, artikel, transaksi dan seterusnya, maka anda membutuhkan backup tiap hari agar lebih tenang jika ada kejadian tak terduga yang mengakibatkan website error. Jika website anda sudah sangat ramai, pasti profit per bulan anda sudah jauh melampaui harga lisensi tersebut. Tidak ada salahnya anda mencoba dulu sebelum memutuskan membeli. Selanjutnya, anda tinggal mentransfer biaya lisensi dan mengkofirmasikan pembayaran yang telah anda lakukan.

  17. […] under: mySQL, Pemrograman, PHP « Koneksi PHP dan MySQL Memasukan data ke tabel Database MySQL » Share this:TwitterFacebookLike this:SukaBe the first to […]

  18. Howdy! I could have sworn I’ve been to this web site before but after looking at some of the posts I realized it’s new to me.

    Anyhow, I’m definitely happy I stumbled upon it and I’ll
    be book-marking it and checking back often!

  19. Howdy! I’m at work browsing your blog from my new iphone! Just wanted to say I love reading your blog and look forward to all your posts! Keep up the great work!

Tinggalkan komentar