Alternatif strategi berkarir di dunia IT


Onno W. Purbo

Sering kali saya ditanya oleh mahasiswa (dari berbagai perguruan tinggi), maupun para profesional muda di bidang IT dengan pertanyaan-pertanyaan standar, seperti, “Apa trend IT ke depan?”, “Sebaiknya tugas akhir apa yang di ambil supaya siap pakai?”, “Bidang IT apa yang sebaiknya saya pelajari?”. Sekitar itulah pertanyaan-pertanyaan yang sering timbul dalam berbagai kesempatan pertemuan dengan masyarakat IT yang muda.

Jawaban saya biasanya sangat sederhana & standar sekali, yaitu:

“Kerjakan apa yang anda sukai ….
Jangan lupa, sebanyak mungkin beramal untuk masyarakat banyak”

Jawaban saya memang terkesan sangat sederhana & bercanda. Memang demikianlah strategi sederhana yang akhirnya saya yakini pada hari ini.

Mengapa jawaban demikian yang akhirnya saya berikan? Saya sering memperhatikan orang / anak-anak yang dihasilkan produk pendidikan di Indonesia umumnya lebih suka di tunjukan jalan. Mungkin karena kebiasaan di masa kecil & pendidikan dasarnya yang terbiasa menerima petunjuk dari guru, seringkali kurang di rangsang untuk mengambil inisiatif & berfikir kreatif – hal ini menyebabkan kadang sulit untuk anak-anak muda ini untuk mengetahui sebetulnya apa yang mereka sukai.

Yah mungkin sulit untuk mengetahui apa yang kita sukai jika kita sendiri tidak mengetahui bidang tersebut. Cara yang paling sederhana yang sering di sarankan kepada mahasiswa saya untuk mengetahui apa yang dia sukai ada beberapa langkah sederhana yang tidak sulit:

• Pertama, membaca berbagai ilmu sekitar IT yang bisa dia peroleh dengan mudah di Internet. Tergantung jenis bidang ilmu yang ingin di dalami berbagai dokumen yang menerangkan secara detail tentang spesifik ilmu yang kita inginkan. Untuk bidang Linux ada baiknya melihat-lihat http://www.linuxdoc.org, http://pandu.dhs.org.

• Kedua, ada baiknya kita mulai mencoba di komputer yang kita miliki / bisa kita pinjam di sekolah / teman. Mau tidak mau kita harus mencoba & mengkutak-katik di komputer. Tidak mungkin kita bisa menghayati suatu ilmu tanpa mempraktekan di lapangan. Kebetulan untuk IT ini praktek lapangan-nya tidak terlalu sulit sebetulnya karena kita bisa eksperimen sendiri di peralatan komputer yang kita miliki.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: