Perputaran Persediaan


Persediaan barang adalah elemen utama dari modal kerja perusahaan dagang dan industri yang digolongkan ke dalam kelompok aktiva lancar  yang selalu dalam keadaan berputar, dimana  persediaan barang secara terus menerus mengalami perubahan.  Penentuan jumlah persediaan atau besarnya dana yang di alokasikan atau yang diinvestasikan dalam persediaan merupakan hal yang penting bagi perusahaan karena mempunyai dampak langsung terhadap keuntungan yang dapat dicapai oleh perusahaan. Kesalahan dalam menentukan jumlah persediaan dapat menyebabkan perusahaan kehilangan kesempatan untuk meraih keuntungan.
Jumlah persediaan yang terlalu besar dibanding dengan kebutuhan, akan menyebabkan beban yang harus ditanggung perusahaan menjadi besar  seperti beban bunga, biaya penyimpanan, pemeliharaan gudang,  resiko kerusakan, menurunya kwalitas barang dalam penyimpanan, biaya keamanan dsb semua itu adalah factor yang menyebabkan keuntungan perusahaan berkurang.
Sebaliknya persediaan yang terlalu kecil adapat menghambat operasional perusahaan berupa tidak tersedianya barang pada saat dibutuhkan sehingga menyebabkan perusahaan kehilangan kesempatan untuk meraih laba. Karena tidak tersediaanya persediaan perusahaan tidak dapat bekerja secara optimal berarti “Capital Asset” dan “Direct Labor” tidak dapat didayagunakan sepenuhnya  sehingga biaya operasional atau produksi rara-rata akan menjadi tinggi yang berakibat keuntungan yang dapat diperoleh menjadi menurun.
Pada perusahaan dagang terdapat satu jenis persediaan yaitu persediaan barang dagang “Merchandise Inventory” yang mempunyai perputaran yang sama  yang selalu di beli dan dijual tanpa mengalami proses lebih lanjut.
Tingkat perputaran barang dagang (merchandise turnover) pada periode tertentu dapat dihitung dengan membagi penujalan bersih dengan persediaan rata-rata  dalam harga jual

merchturnover

7 Tanggapan

  1. jika seandainya ada persediaan yang slow moving ato deskstok apa pengaruhnya terhadap laporan keuangan & persediaan tersebut dijual lagi apa pengaruhnya dilaba rugi terutama hppmya……
    (mohon dibalaz)

    ZB:
    Persediaan slow moving adalah persediaan yang berpotensi besar menyebabkan kerugian perusahaan karena terdapat beberapa hal al. Biaya perawatan, resiko menjadi usang sehingga harga jual menurun, beban bunga dll.

  2. Dear Achun
    Saya mau tanya, diperusahaan tempat saya bekerja menggunakan myob premier 8 dan saya diminta batu untuk perbaikan jumlah stock yang keliru nilainya. Yang mau saya tanyakan adalah jumlah nilai stock yang telah di eksport ke excell kemudian di edit jumlah stocknya yang benar kemudian di import lagi ke myob apakah mungkin dapat di lakukan ? .

    Best regard

    Rury Zeiril

    ZB:
    Yang saya tahu tidak bisa, karena stock yang dihasilkan adalah hasil kalkulasi dalam sistem myob…

  3. saya bingung membuat TA tentang Inventory…mungkin ada saran untuk Ta saya…?

    ZB:
    Saya hanya punya saran agar anda lebih banyak membaca nengenai hal-hal yang menyangkut persediaan dan menyampaikan pendapat anda dalam bentuk tulisan. Tugas tersebut seharusnya anda kerjakan sendiri karena tujuan utamanya adalah menggali potensi setiap calon intelektual termasuk anda yang pada akhirnya dituntut untuk dapat/punya kemampuan untuk menyampaikan gagasan.

  4. saya mau tanya di tempat saya kerja ada banyak material ex proyek pembangunan mesin berhubung saya supervisor Logistik dan perbekalan semua material yang ada di gudang sudah terdata cuma material ex proyek ini saja. yang saya mau tanyakan :
    1. bagaimana peberlakuan material ex proyek ini.
    2. bagaimana caranya untuk permintaan material ex proyek untuk di pakai dalam pemeliharaan dan perbaikan
    mesin.
    di tempat kerja saya sudah menggunakan program MAXIMO

    ZB:
    Hal ini menyangkut dengan kebijakan perusahaan. Dalam pengelolaanya adalah sama dengan barang lain, hanya perlu ditempatkan pada kelompok tersendiri.

  5. ass, mf sblmx saya bkn orng yang jago buka internet, kbetulan saya buka karya ilmiah anda ttgperputaran persediaan, kbtulan sama dengan judul skripsi yang saya ajukan. kira2 untuk perputaran persediaan saya harus buka buku apa y….? saya kekurangan refrnsi. thx B4

    ZB:
    Banyak buku akuntansi saya baca, semua membahas masalah persediaan. Perbeadaan nya hanya terletak pada penekanan objek mana yang lebih diperhatiklan. Hal ini sangat tergantung pada pengalaman penulis. Namun tanpa maksud tertentu, saya menyenagi buku2 Akuntansi terbitan Jogyakarta.

    • maaf y, sy uda baca beberapa buku ttg persediaan, tp gak ktmu yang isinya ttng perputaran persediaan, sy minta tolong infonya ttg rfrensi jdl buku yg ngbhas perputaran persediaan + pengarangnya’

      mksh

      ZB:
      Mungkin karena fikiran anda terobsesi suatu gagasan yang lebih, sehingga anda tidak merasa bahwa buku yang anda baca tidak membahas perputaran persediaan. Padahal begitu banyak buku yang membahas tentang hal itu bahkan setiap buku akuntansi membahas banyak atau sedikit masalah persediaan. Ada juga aplikasi komputer yang khusus untuk persediaan. Namun memang harus diakui jarang sekali buku khususnya terbitan local yang membahas secara detail sehingga untuk mempelajari suatu masalah kita harus membaca banyak buku dari penulis2/penerbit yang berbeda.
      Hal yang sama juga terjadi pada pembaca, dimana hanya membaca hal yang dianggap paling diperlukan sehingga pembaca di Indonesia menurut dugaan saya tidak lebih dari 20% membaca setiap buku yang dimilikinya. Apalagi yang membaca kata pengantar dan bagian pendahuluan, pada hal itu sangat penting yang akan menuntun pembaca ke pokok permasalahan yang akan dibahas dalam buku tersebut.
      Saya hanya dapat memberitahukan bahwa masalah persediaan akan lebih banyak dibahas lebih detail dalam buku2 teknologi industri seperti perencanaan produksi, manajemen produksi dll. namun saya tidak dapat memberikan nama penulisnya karena memang sudah tidak ingat. Saya rasanya sudah lama meninggalkan buku…

  6. Saya mw tanya di tmpt kerja saya bgmn cara mengecilkan out of stock (oos) agar perputaran barang saya cepat dan bgmn cara menentukan stok yg baik.thx

    ZB:
    Seperti yang sudah dijelaskan bahwa jumlah stock yang terlalu besar menimbulkan beban dan faktor resiko yang besar. Tentukan stock sesuai kebutuhan. Banyak hal yang perlu dipahami mengenai kemampuan suplai diantaranya harus mampu memilih suplier yamg dapat memberikan kwalitas, lead time yang tepat, hubungan baik dengan supplier dll. sehingga anda hanya perlu stock untuk kebutuhan selama lead time tersebut, Bila perlu anda tidak perlu menyediakan stock tapi tetap bisa menjual karena anda dapat mengadakan barang tersebut dengan waktu singkat.
    Agar perputaran barang cepat lebih erat kaitannya dengan kemampuan perusahaan anda dan sdm untuk menjual. Hal ini adalah keakhlian personal (Saya bukan akhlinya). Seandainya saya akhli dibidang menjual tertunya saya akan memilih menjadi marketing.

Tinggalkan Balasan

