Focus Akuntansi Dan Keuangan


Dalam akuntansi kita lebih focus pada tugas pokok akuntansi yaitu mencatat, mengolah dan membuat laporan keuangan. Penekanan lebih mengarah pada pengawasan asset perusahaan dan laba bersih yang yang dihasilkan perusahaan. Aktivitas akuntansi didasarkan pada dokumen dasar sebagai sumber pencatatan. Manager akuntansi hanya akan berbicara mengenai hasil yang dicapai oleh bagian lain dalam perusahaan berdasarkan bukti transaksi. Tetapi bila kita berbicara keuangan, maka focus kita akan bergeser pada masalah arus kas (cashflow).
Pada perusahaan kecil dan menengah fungsi keuangan biasanya dipegang oleh pimpinan puncak. Fungsi akuntansi terlihat lebih dominan dalam pengendalian perusahaan namun setelah perusahaan berkembang menjadi perusahaan besar maka fungsi keuangan berubah menjadi yang lebih dominan sehingga dipegang oleh manajer kuangan  atau pada level yang lebih tinggi yaitu direktur keuangan. Selain itu tujuan utama manajer keuangan adalah meningkatkan kesejahteraan pemegang saham yang terlihat pada kebijakan keuangan yang dijalankan oleh manajer keuangan dalam mengelola sumber sumber keuangan.
Dalam aktivitas keuangan fungsi akuntansi memberikan informasi keuangan yang dihasilkan dalam proses akuntansi, dalam hal ini manajer akuntansi bertanggungjawab kepada manajer keuangan dalam memberikan informasi keuangan. Dan hasil yang dicapai oleh manajer keuangan adalah peningkatan kemampuan perusahaan dalam pembiayaan. Baiasanya dicerminkan oleh peningkatan nilai saham perusahaan. Nilai saham juga tergantung pada aliran arus kas yang akan diterima investor dimasa yang akan datang.  
Bagaimana investor dapat memperkirakan arus kas yang akan datang dan bagaimana manajer keuangan membuat keputusan untuk meningkatkan arus kas? Hal ini menjadi focus dalam pembahasan manajemen keuangan yang berhubungan dengan pembahasan tentang konsep-konsep yang barhubungan dengan arus kas.
Nilai suatu asset apakah itu financial asset, seperti saham dan obligasi, ataupun real asset, misalnya bangunan, mesin ditentukan oleh arus kas yang dihasilkan, dalam hal ini arus kas sesudah pajak. Bagaimana perbedaan antara accounting income dengan cashflow.?..

3 Tanggapan

  1. pak, tolong saya dibantu mengenai jurnal hpp

    ZB:
    Dalam sistem akuntansi komputer yang menerapkan perpetual accounting system, Jurnal HPP adalah bagian dari jurnal penjualan. Jurnal ini biasanya secara automatics dikerjakan oleh komputer. Jika menggunakan Periodical Inventory system, Jurnal HPP adalah jurnal penyesuaian.

  2. pak, apakah yang dimaksud perusahaan yang bergerak di bidang maintenance itu? trimakasih

  3. Dalam aktivitas keuangan fungsi akuntansi memberikan informasi keuangan yang dihasilkan dalam proses akuntansi, dalam hal ini manajer akuntansi bertanggungjawab kepada manajer keuangan dalam memberikan informasi keuangan. ==== > pernyataan yang tidak berdasar dan tidak paham dunia organisasi perusahaan. Secara struktur organisasi jika ada pemisahaan fungsi jabatan tetap kedudukan Finance Manager & Accounting Manager sama level mana bisa Accounting manager prepare financial report pada Finance Manager karena Finance Manager mengatur cash flow dan financing, hubungan dengan perbankan otomatis ada catatan sendiri asas kas basis sedangkan Accounting Manager menyiapakan Financial Report berdasarkan hasil pengolahan data keuangan operasional perusahaan / unit bisnis dan biasa mereka sama- sama melaporkan ke GM Finance atau Financial Controller tetapi tidak berarti GM Finance itu latar belakang keuangan hanya kecil pastinya mereka juga paham dan mengerti financial report…. itu saya penjelasan saya agar tidak menyimpang persepsi Accounting Manager menyiapkan data untuk Finance Manager

    ZB:
    Saya suka pernyataan ini dan saya memberikan apresiasi untuk pendapat anda. Khususnya pada kalimat “tidak paham dunia organisasi”. Kalimatnya terlalu PD. Siapapun anda, sebaiknya anda belajar lagi untuk memberikan argumen pernyatan seperti itu supaya pernyataan anda lebih meyakinkan sehingga dapat diterima banyak orang. Sepertinya anda baru belajar struktur organisasi ya?… silahkan belajar lebih jauh lagi. Dan tolong saya diberikan sedikit penjelasan tetangan GM Financial karena selama ini saya belum pernah tahu.
    Sedikit untuk anda, secara struktur line organisasi manajer menempati level yang sama namun sacara fungsional levelnya berbeda, termasuk penghasilan yang diterima dari perusahaan/organisasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: