Database Apa yang Handal


Banyak sekali pertanyaan yang saya terima tentang kehandalan database. Sayang sekali saya tidak punya data penelitian untuk ini namun saya berusaha memberikan jawaban sesuai pengetahuan saya sebagai pemakai. Pada jawaban saya terdahulu bahwa kecenderungan pengembang menggunakan Oracle namun tentunya Microsoft SQL Server dan system database yang lain tidak berhenti sampai disitu. Dari pendapat saya database server berbasis web justru dikuasai oleh MySQL  dan tidak tertutup kemungkinan penggunaan secara luas pada destop.

Jadi yang mana yang handal ?…

Menurut saya handal atau tidaknya sesuatu, dalam hal ini adalah sistem database tergantung pada kebutuhan. Yang sesuai itulah yang terbaik. Misalnya jika penggunaan database untuk pengolahan transaksi local dan trafic relatif kecil (UKM), Access sudah cukup sekalipun Access bukanlah database server. MySQL sebuah database server dari keluarga open source sudah menunjukan kehandalannya dalam web server dan tidak tertutup kemungkinannya digunakan secara luas pada destop. Penggunaan pada Internet sudah tidak asing. Bukanlah suatu keanehan tetap banyak orang menggunakan sofware database berlisensi dengan harga yang relative mahal. Permasalahan tersebut saya jawab begini saja. Anda tahu bahwa mobil BMW adalah kelas mobil mewah dan harganya maha ?… Semua orang tahu itu, tapi itu belum tentu yang terbaik untuk anda. Bagi orang tertentu itu masih kurang dan harganya tidak mahal.

Sampai saat ini masih banyak yang memilih database Access bahkan masih ada menggunakan Clipper tanpa merasa perlu untuk migrasi ke sistem database terbaru?… Saya sendiri telah menggunakan MySQL dan mempelajari MsSQL namun masih tetap mempetahankan Applikasi yang telah saya buat untuk database Access. Yang pasti untuk migrasi memerlukan tambahan investasi. Dan satu yang perlu anda perimbangkan bahwa tambahan inverstasi tidak berbanding lurus dengan manfa’at yang anda peroleh.

Tinggalkan Balasan

