Sistim Informasi Perencanaan Produksi


ppc-context.pngSebagian besar pekerjaan bagian perencanaan produksi dan pengendalian persediaan didasarkan atas (output) dari bagian lain di lingkungan perusahaan terutama bagian penjualan dan bagian operasional. Informasi yang dibutuhkan bersifat segera. Keterlambatan informasi menjadikan informasi tersebut tidak berarti lagi. Masalah inilah yang sangat dirasakan oleh manajemen suatu perusahaan dimana terdapat setumpukan informasi yang diterima oleh manajemen, tidak berarti lagi sehingga hanya sebagai laporan formal. Akibat dari keterlambatan informasi tersebut sering masalah berlalu begitu saja tanpa dapat dilakukan pencegahan dan menyebabkan kerugian perusahaan dalam jumlah relative besar.

Sistem perencanaan produksi dan pengendalian persediaan yang merupakan bagian dari sistem informasi manajemen yang terintegrasi sehingga mampu saling bertukar informasi dengan sistem lainnya dilingkungan perusahaan.  Hal ini memungkinkan bagian perencanaan produksi dan pengendalian persediaan secara langsung memanfaatkan data dari system tersebut sehingga tidak perlu mengulang proses pemasukan data.

Efektivitas pencapaian tujuan perusahaan sangat ditentukan oleh kelancaran arus informasi yang didukung oleh dokumen  yang digunakan sebagai dasar masukan pada sistem. Kekurangan atau dokumen dasar kurang berkualitas  menyebabkan  tidak  berjalannya  informasi sesuai  dengan  yang dibutuhkan,  sebaliknya  kelebihan dokumen dasar dapat menimbulkan informasi saling tumpang tindih yang menyebabkan kerumitan dalam  pengolahan data sehingga menghasilkan informasi yang salah atau sulit  untuk dipahami. Selanjutnya memungkinkan terjadinya kesalahan pada tinggkat manajemen dalam pengambilan keputusan. Dengan dokumen dasar yang berkualitas dapat  dihasilkan berbagai  bentuk informasi yang akurat. 

 

Informasi terkait :

2 Tanggapan

  1. Inspiring…lots of to search

  2. PERENCANAAN PRODUKSI DAN SYSTEMINFORMASI BERGANDENGAN SALING ISI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: