OLE DB Provider


Bagimana hubungan antara ADO dan arsitektur Microsoft Universal Data Access. OLE DB menggambarkan satu set COM interface ke layanan aplikasi dengan akses yang seragam ke data yang disimpan dalam sumber yang berbeda. Pendekatan ini memungkinkan suatu sumber data untuk berbagi data melalui penghubung yang mendukung sejumlah kemampuan DBMS yang sesuai ke sumber data. Dengan design, arsitektur kinerja yang tinggi dari OLE DB didasarkan pada penggunaannya dari suatu layanan yang fleksibel, berbasis komponen model. Dibanding mempunyai suatu nomor yang ditentukan dari lapisan-lapisan perantara antara aplikasi dan data, OLE DB hanya diperlukan ketika beberapa komponen diperlukan untuk memenuhi tugas tertentu.

Sebagai contoh, umpamakan seorang pemakai ingin menjalankan query. Pertimbangkan skenario yang berikut:

Data berada/terletak suatu database relasional di mana di sana ada satu driver ODBC hanya tanpa penyedia OLE DB: Aplikasi menggunakan ADO untuk berkomunikasi dengan OLE DB Provider untuk ODBC, kemudian memuat driver ODBC yang sesuai. Driver melewatkan pernyataan SQL ke DBMS, untuk meminta data.

Data tersedia dalam Microsoft SQL Server di mana ada suatu layanan OLE DB: Aplikasi menggunakan ADO untuk berkomunikasi secara langsung ke OLE DB Provider untuk Microsoft SQL Server. Tidak diperlukan perantara.

Data tersedia dalam Microsoft Exchange Server, di mana ada satu penyedia OLE DB tetapi tidak di expose engine untuk diroses SQL query: Aplikasi menggunakan ADO untuk berkomunikasi dengan OLE DB Provider untuk Microsoft Exchange dan memanggil komponen OLE DB query prosessor untuk menangani query.

Data tersedia dala sistim file Microsoft NTFS dalam wujud dokumen: Data diakses dengan menggunakan suatu layanan OLE DB yang asli atas Microsoft Indexing Service, indeks yang berisi dan property dari dokumen di dalam sistim file untuk memungkinkan pencarian-pencarian isi efisien.

Di dalam semua contoh, aplikasi dapat melakukan query data. Kebutuhan-kebutuhan pemakai itu dialami suatu sejumlah kecil komponen. Pada setiap kasus, komponen-komponen tambahan digunakan hanya jika diperlukan, dan hanya komponen-komponen yang diperlukan dilibatkan. Pemuatan permintaan komponen-komponen bisa berbagi dan dapat sangat berperan untuk kinerja tinggi ketika OLE DB digunakan.

Layanan digolongkan atas kategori: Penyedia data dan penyedia layanan. Suatu penyedia data memiliki data dan exposesdalam bentuk tabel ke aplikasi anda. Suatu penyedia layanan encapsulates suatu layanan dengan menghasilkan dan mengkonsumsi data, menambah fitur di dalam aplikasi-aplikasi ADO Anda. Suatu penyedia layanan boleh juga sebagai suatu komponen servis, yang harus bekerja dalam penghubung dengan penyedia-penyedia servis yang lain atau komponen.

Layanan ADO provider konsisten, higher level interface ke berbagai OLE DB provider.

Penyedia Data

Penyedia data mewakili; menunjukkan sumber berbeda dari data seperti database SQL, indexed-sequential file, lembar kerja, dokumen dan file mail. Penyedia mengexpose data yang seragam menggunakan suatu abstrak yang umum disebut rowset.

ADO adalah fleksibel dan handal karena dapat dihubungkan ke beberapa penyedia data yang berbeda namun masih mengexpose model pemrograman yang sama, dengan mengabaikan fitur yang spesifik dari penyedia. Bagaimanapun, karena masing-masing penyedia data adalah unik, bagaimana aplikasi anda saling berhubungan dengan ADO akan bertukar-tukar oleh penyedia data.

Sebagai contoh, kemampuan dan fitur dari OLE DB Provider untuk SQL Server, yang digunakan untuk mengakses Microsoft SQL Server database, sangat berbeda dari dari Microsoft OLE DB Provider untuk Internet Publishing, yang digunakan untuk file akses menyimpan di suatu Server web.

Penyedia Servis dan Komponen

Penyedia servis adalah komponen-komponen bahwa meningkatkan kemampuan penyedia data dengan menggunakan alat penghubung yang disempurnakan yang tidak didukung oleh penyimpan data.

Akses data Yang Universal menyediakan suatu arsitektur komponen yang memungkinkan individu, komponen-komponen yang khusus untuk menerapkan himpunan terpisah dari kemampuan database, atau “layanan,” pada bagian atas lebih sedikit simpanan yang mampu. Jadi; Dengan demikian, dibanding memaksa masing-masing penyimpan data untuk menyediakan implementasi sendiri kemampuan yang ditingkatkan atau memaksa aplikasi-aplikasi umum untuk menerapkan kemampuan database secara internal, komponen-komponen servis menyediakan suatu implementasi yang umum bahwa semua aplikasi dapat menggunakan ketika mengakses setiap penyimpan data. Fakta bahwa beberapa kemampuan diterapkan sudah didukung oleh penyimpan data dan sebagian orang melalui komponen-komponen yang umum adalah ke aplikasi.

Sebagai contoh, cursor engine, seperti Microsoft Cursor Service untuk OLE DB, adalah suatu komponen servis yang dapat mengkonsumsi data dari suatu urutan, forwarf only penyimpan data untuk menghasilkan data gulungan. Penyedia-penyedia servis lain biasanya digunakan oleh ADO termasuk Microsoft OLE DB Persistence Provider (karena simpan;amankan data ke suatu file, Microsoft Data Shaping Service untuk OLE DB (untuk Recordsets hirarkis), dan Microsoft OLE DB Remoting Provider (karena meminta penyedia data di suatu komputer yang remote).

Satu Tanggapan

  1. very interesting, but I don’t agree with you
    Idetrorce

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: