Memasukan data ke tabel Database MySQL


Pernyataan INSERT INTO  digunakan untuk menambahkan record baru ke tabel database

Penulisan

INSERT INTO nama_table
VALUES (nilai1, nilai2,....)

Anda dapat  juga memberikan  spesifikasi  kolom dimana  anda ingin   meletakan data

INSERT INTO nama_tabel (field1, field2,...)
VALUES (nilai1, nilai2,....)


Note: Pernayataan SQL tidak  case sensitive. INSERT INTO adalah sama dengan  insert into.

Agar  PHP mengeksekusi pernyataan di atas kita harus menggunakan funsi mysql_query().

contoh

Dalam tulisan sebelumnya  kita membuat tabel dengan nama “Person”, de

ngan 3 kolom; “Firstname”, “Lastname” and “Age”. Kita menggunakan tabel tersebut dalam contoh ini. Contoh berikut menambahkan 2 record barus ke tabel “Person”.

<?php
$con = mysql_connect("localhost","peter","abc123");
if (!$con)
  {
  die('Could not connect: ' . mysql_error());
  }
mysql_select_db("my_db", $con);
mysql_query("INSERT INTO person (FirstName, LastName, Age) 
VALUES ('Peter', 'Griffin', '35')");
mysql_query("INSERT INTO person (FirstName, LastName, Age) 
VALUES ('Glenn', 'Quagmire', '33')");
mysql_close($con);
?>


 

Memasukan data dari form ke tabel Database

Sekarang kita akan membuat  form  HTML  yang dapat  digunakan untuk menambahan record  baru ke tabel  “Person”.

Ini form Html nya:

<html>
<body>
<form action="insert.php" method="post">
Firstname: <input type="text" name="firstname" />
Lastname: <input type="text" name="lastname" />
Age: <input type="text" name="age" />
<input type="submit" />
</form>
</body>
</html>

Bila  pemakai  meng-klik tombol  submit  pada form HTML contoh di atas, data pada form dikirim  ke file “insert.php”. file “insert.php”  melakukan koneksi  ke  database, dan mengambil nilai  dari form dengan  variabel $_POST. Lalu ,  fungsi mysql_query() meng-eksekusi  pernyataan INSERT INTO , dan  record baru akan ditambahkan ke tabel database.

Berikut ini  code dalam  “insert.php” :

<?php
$con = mysql_connect("localhost","peter","abc123");
if (!$con)
  {
  die('Could not connect: ' . mysql_error());
  }
mysql_select_db("my_db", $con);
$sql="INSERT INTO person (FirstName, LastName, Age)
VALUES
('$_POST[firstname]','$_POST[lastname]','$_POST[age]')";
if (!mysql_query($sql,$con))
  {
  die('Error: ' . mysql_error());
  }
echo "1 record added";
mysql_close($con)
?>

17 Tanggapan

  1. Terima kasih atas penjelasanya

  2. mas… bisa bantu saya membuat cara menghitung jarak dan tarif harga dengan php? juga database mysql? kalau ada waktu dan bisa tolong…wah terima kasih deh…
    contoh perhitungan ini ada dalam excel bisa saya kirim kalau mas ada minat untuk membantu.

  3. redskin!…, tanpa bermaksud mengabaikan harapan kamu, saya berharap kamu mencoba sendiri. Pekerjaan itu kan hanya masalah Variable, form dan operator matematik. Apalagi caranya sudah ada, Tidak susah!…

  4. bagaimana caranya input data ke 2 tabel yg berbeda sekaligus…

    Zulidamel :
    Sebelumnya saya tanya dulu!, penggunaannya dalam kasus apa?.
    Pada dasarnya saat kita membuka suatu database, kita dapat memberikan perintah untuk menyimpan data ke tabel manapun. Maksudnya bila kita ingin menyimpan data ke tabel yang lain kita tinggal menambahkan baris peritah untuk menyimpan data ke tabel tersebut dan komputer langsung menjalankan perintah tersebut setelah perintah yang lain dikerjakan. Dalam menangani beberapa perintah adakalanya dapat ditulis dalam satu baris perintah dan ada kalanya tidak. Hal ini sangat tergantung aplikasi yang digunakan.

  5. Tanks

  6. Mas,

    Mohon pertolongannya dunk, aku lagi bikin data base karyawan pake php & mysql, untuk menampilkannya sudah bisa, tapi kok tampilannya berantakan ya, tolong kasih contoh dunk mas.

    Zulidamel :
    Masalah tampilan adalah bagaimana kita meletakan suatu objek pada tempat yang kita inginkan. Pengaturan biasanya dilakukan dengan CSS. Sangat banyak permasalahan yang harus dikuasai agar kita dapat menempatkan object sesuai dengan kemauan kita. Disini sangat dituntut penguasaan tata-ruang dan ketelitian. Saran saya, Pelajari lagi CSS.

  7. mas…
    mau minta tolong, apakah mas bisa bantu kasih refernsi coding php dgn mysql utk login userid sblm masuk ke website.. Thanks..

  8. kang saya mau tanya, saya bikin program Kartu Rencana Studi Online pake PHP-MYSQL. kalo menyimpan data lebih dari dua sekaligus ke dalam tabel gimana scriptnya?
    hatur nuhun kang….

    Zb:
    Untuk membuat program diperlukan satu set pengetahuan dari berbagai masalah. Salah satu teknik pemrograman adalah menghindari dedudance (duplikasi). Jadi kalau anda menanyakan cara menyimpan dua sekaligus artinya anda menanyakan bagaimana menduplikasi sehingga asumsi saya anda belum paham teknik pemrograman. Itu yang harus anda pelajari dulu.

  9. mas mo tanya niii,saya kan lagi buat Sistem Informasi Kasir ( Penjualan dan Pembelian ) tapi pake php, nah… saya masih bingung gmn caranya biar saya bisa input data ke dua tabel yang berbeda ( tabel detail_jual dan tabel jual ) tapi dari satu form. Ato mas nya punya cara / konsep lain. Trus mo tanya lagi, biar stok pada data berkurang saat terjadi pembelian caranya gmn mas. Tolong mas, penting bgt niiii….makasih sebelumnya.

  10. met sore,,,,,,,,,,,
    saya punya tugas untuk buat form,
    trus dari form itu kita isi datanya dan isinya langsung ke save/ masuk ke data base yang ada di tabel di mysql yang udah kita buat terlebih dahulu, yang isinya nama, nim, email, no.hp, matakuliah yg diambil,
    dan satu lagi data pada tabel dengan urutan berdsarkan huruf a-z
    qe udah buat form n tabel database nya, tp waktu datanya di isi, datanya ga ke simpan ke databasenya,,,,,,,,,,,,,,

    ZB:
    Itukan hanya menggunakan command untuk menyimpan data, terserah data yang mada yang perlu disimpan ke database dan mana yang tidak.

  11. Mas, mo nanya nih…kalo load file *.sql ke mysql bisa ga??saia ud coba di tempat saya ga bisa….
    kalo pake insert sih bisa cm diminta 10000 record, dan di help mysql pun bisa,ada perintahnya tp ud saia coba kaya ada masalah privilege gitu jd ane ga ngerti…tq b4

    ZB:
    Ya!… MySQL punya fasilitas import data dari database lain namun untuk mengimport data base system seperti MSSQL perlu hak akses dan ini akan menjadi hambatan. Saya tentunya tidak dapat menjelaskan masalah sekuriti sistem milik orang lain. Untuk lebih mudahnya dari MSSQL kamu export dulu ke Access.

  12. mas… dalam MySQL, bagaimana cara untuk melakukan simpan data dalam satu kali perintah agar dapat menyimpan dalam dua tabel sekaligus..

    ZB:
    Gunakan yang satu pakai tangan kiri dan yang lainnya pakai tangan kanan bisakan ?… kalau nggak bisa yang saya ngak tau.

    Sebenarnya tidak ada perintah dalam system komputer yang dapat mengerjakan proses pada dua tabel sekali gus. Adanya perintah demi perintah dapat digabung dalam susunan tertentu membentuk suatu fungsi atau prosedur sehingga dengan memangil fungsi atau prosedure tersebut semua perintah yang ada dalam fungsi atau prosedure tersebut akan dikerjakan oleh komputer. Suatu fungsi dapat memuat fungsi yang lain sehingga semua perintah pada fungsi-fungsi tersebut membentuk rangkaian pekerjaan yang akan dikerjakan oleh komputer secara simultan. Dengan demikian banyak cara yang dapat dilakukan untuk membentuk suatu fungsi.

    • mas bagai mana klu dari tabel php di masukkan ke tabelmsql,contoh aku mau cari data di tabel 1 berdasarkan ID setelah dapet aku masukkan ke tabel 2 bagaimana perintahnya

      ZB:
      Bila sudah berhubungan dengan database anda terikat pada aturan yang berlaku dari database. Yang menjadi masalah bagai mana anda meletakan command itu dalam script PHP.

  13. insert 2 tabel sekaligus gmn querynya?misal mau masukan data pribadi field( NIA, nama, alamat), dan tabel user (NIA, password)….thanks….

    ZB:
    Tinggal menyusun 2 query secara berurutan.

  14. bagai mana klu dari tabel php di masukkan ke tabelmsql,contoh aku mau cari data di tabel 1 berdasarkan ID setelah dapet aku masukkan ke tabel 2 bagaimana perintahnya

  15. gan, mo nanya kalo misalnya ane pake textbox berisi makanan dan minuman, misal ane pilih makanan maka input dari form disimpan ke tabel makanan, misal ane pilih minuman maka input dari form disimpan ke tabel minuman, , , gmana source codenya gan???
    makasih sebelumnya gan, , ,

    ZB:
    Tampaknya anda hanya perlu mengganti comman memasukan data ke database dengan command negganti data dalam database.

  16. […] under: mySQL, Pemrograman, PHP « Koneksi PHP dan MySQL Memasukan data ke tabel Database MySQL » Share this:TwitterFacebookLike this:SukaBe the first to like this.  Juni 29, 2012 […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: