Jaringan Komunikasi Berbasis Komputer


Model dasar komunikasi dapat juga menjadi dasar bagi diagram yang menunjukan cara data dikomunikasikan melalui komputer. Jaringan komunikasi data adalah pergerakan data dan informasi yang dikodekan dari suatu titik ke titik lain melalui peralatan listrik atau elektromagnetik, kabel serat optik (fiber optic cables), atau sinyal gelombang mikro (microwave signals). Istilah-istilah lain yang digunakan adalah teleprocessing, telekomunikasi, telecom dan datacom.

Gambar 2 berikut  ini menunjukanan sekema dasar Jaringan komputer. Ini adalah bentuk komunikasi komputer yang paling sederhana. Satu terminal dihubungkan dengan satu komputer . Diagram ini berbeda dari model dasar komunikasi dalam hal komunikasi dapat mengalir bolak-balik. Terminal dapat menajadi pengirim dan komputer menjadi penerima atau sebaliknya.

lan02.gif

Seperti halnya komunikasi antar manusia. Pesan komputer harus bergerak melalui suatu saluran. Banyak teknologi digunakan dalam jaringan komputer tetapi yang paling umum adalah sirkuit telephone yang sama seperti yang digunakan dalam komunikasi suara. Satu sambungan telephone standar dapat menyediakan 24 saluran.

Agar sirkuit telephone dapat digunakan untuk Jaringan komputer. Peralatan khusus harus disertakan pada tiap ujung saluran. Alat ini dinamakan modulasi-demodulasi (modem). Modem mengubah sinyal-sinyal elektronik dari peralatan komputer (terminal dan komputer) menjadi sinyal-sinyal elektronik dari sirkuit telephone dan sebaliknya.

1.4          Jenis-jenis  Jaringan Komputer

Semua peralatan Jaringan komputer yang saling berhubungan dikenal sebagai jaringan (network). Jaringan komputer dapat berupa jaringan luas wide area network (WAN), jaringan setempat local area network (LAN) atau kombinasi keduanya.

Wide area Network (WAN)  meliputi area geografis yang luas dengan beragam fasilitas komunikasi seperti jasa telephone jarak jauh,  transmisi satelit dam kabel bawah laut. WAN umumnya melibatkan  host komputer dan bersgsm jenis perangkat keras dan perangkat lunak komunikasi. Contoh WAN adalah jaringan perbankan antar daerah dan system pemesanan penerbangan.

Local Area Network (LAN) meliputi area terbatas, namun perbedaan ini mulai berubah dengan semakin meluasnya ruang lingkup cakupan LAN. LAN umumnya menghubungkan hingga ratusan komputer mikro yang semuanya berlokasi di area geografis yang relatif kecil, seperti suatu gedung atau beberapa gedung yang berdekatan. Perusahaan tertarik pada LAN karena LAN memungkinkan beberapa pemakai berbagi perangkat lunak, data dan peralatan

13 Tanggapan

  1. kenapa si ada jaringan gituan di komputer?ribet..

  2. tolong materi lebih di perluas

  3. […] Jaringan Komunikasi Berbasis Komputer Koneksi PHP dan MySQL […]

  4. […] Jaringan Komunikasi Berbasis Komputer […]

  5. menurutku kalau bisa komunikasi antar PC melalui transceiver fm saja biar ga ribet kabelnya ,please posting yang aku usulkan kalau ada lho thanks banget

    ZB:
    Para ahli telah berfikir sebelum kamu memikirkannya. Sekarang dipasar tersedia berbagai merk transcefer berbagi merk sehingga untuk membuat jaringan tanpa kabel sudah tidak asing lagi. Hanya jarak jangkaunya masih sangat terbatas.

  6. tolong skemanya untuk komunikasi antar pc dengan radio tranceiver dong !

    ZB:
    Saya belum bisa membahas secara detail, namun memang tidak banyak masalahnya.
    Prinsipnya, anda hanya perlu memiliki sebuah transiever. Sekarang tersedia yang dilengkapi dengan ADSL modem+ Router. Selanjurnya setiap komputer memiliki sebuah receiver. bentuknya sama dengan USB. Proses intalasinya juga sangat simple. Untuk Laptop type terbaru juga sudah dilengkapi dengan receiver dan itu dapat langsung digunakan tanpa perlu peralatan tambahan.
    Saya yakin bila anda telah membelinya, anda akan dapat menginstalnya tanpa banyak masalah.

  7. bagggggguuuuuuussssssssssss !

  8. menarik!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  9. emmmmm bisa juga,,,,

  10. mantapppppppppppppppppppppppppppppppp

  11. 2 jaringan lagi mana??

  12. Terimakasih Infonya…
    Bagi link donk…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: