PHP Arrays


Apa itu array?

Sebuah array dapat menyimpan satu atau lebih nilai dalam satu nama variable.

Bila bekerja dengan PHP, cepat atau lambat anda akan menciptakan banyak variable yang serupa. Sebagai ganti banyak variabel yang serupa, anda dapat menyimpan elemen data dalam suatu array. Setiap elemen dalam array mempunyai index tersendiri dan dapat di akses dengan mudah.

terdapat 3 array yaitu :

  • Numeric array – Sebuah array dengan index kunci numeric
  • Associative array – Sebuah array dimana setiap index kunci berasosiasi dengan sebuah nilai
  • Multidimensional array -sebuah array mengandung satu atau lebih arrays

Numeric Arrays

Sebuah numeric array menyimpan setiap elemen dengan sebuah index kunci numeric. terdapat beberapa cara untuk membuat numeric array.

Example 1

Pada contoh ini kunci index  secara automatic dibuat:

$nama = array("Peter","Quagmire","Joe");

Example 2

Pada contoh ini kita menentukan index key secara manual:

$nama[0] = "Peter"; $nama[1] = "Quagmire"; $nama[2] = "Joe";

index keys dapat digunakan dalam script:

<?php
$nama[0] = "Peter"; $nama[1] = "Quagmire"; $nama[2] = "Joe";
echo $nama[1] . " and " . $nama[2] .  " are ". $nama[0] . "'s neighbors"; ?>

code di atas akan menghasilkan

Quagmire and Joe are Peter's neighbors

Associative Arrays

associative array, setiap  kunci index berasosiasi dengan sebua nilai. Jika disimpan data tentang  specific named values, a numerical array tidak selalu cara terbaik..

Dengan associative arrays kita dapat menggunakan nilai sebagai kunci dan menentukan nilai untuk itu.

Example 1

Dalam contoh ini kita menggunakan sebuaharray untuk menentukan umur untuk personal yang berbeda:

$ages = array("Peter"=>32, "Quagmire"=>30, "Joe"=>34);

Example 2

Pada contoh inisama dengan conto 1, tetapi terlihat perbedaan cara untuk membuat array:

$ages['Peter'] = "32"; $ages['Quagmire'] = "30"; $ages['Joe'] = "34";

kunci index dapat digunakan dalam script:

<?php
$ages['Peter'] = "32"; $ages['Quagmire'] = "30"; $ages['Joe'] = "34";
echo "Peter is " . $ages['Peter'] . " years old."; ?>

code di atas akan menampilkan :

Peter is 32 years old.

Multidimensional Arrays

dalam  array multidimensi, setiap element dalam array utama. dan setiap elemen dalam sub-array dapat terdir dari sebuah array, dan juga on.

Example

In this example we create a multidimensional array, with automatically assigned index keys:

$families = array (   "Griffin"=>array   (   "Peter",   "Lois",   "Megan"   ),   "Quagmire"=>array   (   "Glenn"   ),   "Brown"=>array   (   "Cleveland",   "Loretta",   "Junior"   ) );

The array above would look like this if written to the output:

Array ( [Griffin] => Array   (   [0] => Peter   [1] => Lois   [2] => Megan   ) [Quagmire] => Array   (   [0] => Glenn   ) [Brown] => Array   (   [0] => Cleveland   [1] => Loretta   [2] => Junior   ) )

Example 2

Lets try displaying a single value from the array above:

echo "Is " . $families['Griffin'][2] .  " a part of the Griffin family?";

The code above will output:

Is Megan a part of the Griffin family?

Terjemahan dari w3schools-php

3 Tanggapan

  1. Mas, dari dulu aku pengen banget bisa programming, tapi selalu saja nggak kesampean, padahal aku butuh banget untuk tahu. BTW, apakah ada kenalan yang bisa ngasih private course,sabtu/minggu? Kalau ada mohon bantu info alamat ya… saya bisa di kontak di alamat email saya.. thanks

  2. Setahu saya guru private untuk programming bahkan kursus operator komputer sekarang ini sudah sulit ditemukan. Apalagi mengajar proggraming secara private jauh lebih sulit dibanding mengajar di kelas. Saya tidak tahu latar belakang pendidikan anda, namun saya memberikan informasi kepada anda bahwa saya telah menjadi programmer sebelum saya kuliah bidang informatika dan banyak teman saya yang sama-sama lulus S1 bidang informatika tidak bisa membuat program serta mantan bos saya sekarang seorang Doctor bidang teknik pernah bilang sama saya “Saya mengerti dengan program komputer karena saya juga belajar/membaca tapi saya tidak bisa membuat program aplikasi yang kecil saja!”. Disini saya simpulkan bahwa pemrograman bisa dipelajari sendiri namun harus :
    Fokus, Untuk belajar program harus dimulai dari awal dengan memilih salah satu bahasa pemrograman, database yang digunakan, untuk apa program itu digunakan.
    Tiga item tersebut adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. (Misalnya: PHP-Mysql-Apahce)
    Permasalahan bos dan teman saya tadi adalah untuk apanya, dia yang tidak bisa sehingga tidak bisa membuat program aplikasi.
    Pemrograman perlu komunitas dan anda bisa cari di Internet. Saya berusaha untuk bisa membantu anda.

  3. Background saya S1 Man Informatika, tapi belum pernah mulai serius menekuni scripting. Bingung mulai dari mana. Untuk referensi beberapa saya dapat dari internet, tapi saking banyaknya referensi, malah tambah bingung. Bhs pemrog yg plg mudah tapi powefull apa, dst, dst. Mohon bantuan mas, where to start? BTW, apakah anda bisa dikontak? Atau anda bersedia menjadi guru saya?

Tinggalkan Balasan

