Menulis Membangun Diri Sendiri


“Tulis apa yang kamu kerjakan dan kerjakan yang kamu tulis” itu adalah salah satu kalimat dari ISO yang saya temukan pada saat menyiapkan dokumen untuk keperluan memperoleh sertifikat ISO PT. Samudra Montaz beberapa tahun yang lalu. Waktu itu saya hanya komentar, kalau itu tidak usah dibilang ke saya karena kerjaan saya sebagai programmer adalah menulis program dan yang mengerjakan ya komputer dan orang lain sesuai bagiannya. Maksud sebanarnya bukan begitu!. 

Menulis adalah pekerjaan yang sederhana, mudah namun banyak orang tidak melakukannya karena berbagai macam alasan.  Menulis berperan dalam membangun diri sendiri dan berguna bagi orang lain. Apapun bentuk tulisan anda dan siapun anda, sesungguhnya adalah bermanfaat paling tidak untuk diri anda sendiri. Soal contek menyotek,  sadur menyadur tidak masalah yang penting dengan menulis banyak manfaat yang dapat anda peroleh!… Apakah anda pikir buku2 yang diterbitkan oleh pengarang terkenal, pakar ilmu pengetahuan selalu  yang istimewa ?…   

Menulis berarti anda berusaha menggali potensi diri anda! dengan menulis anda mengetahui titik kelemahan anda sendiri dan berusaha mencari solusinya. Pada kondisi tersebut anda dipaksa untuk belajar, sehingga kemampuan anda semakin hari semakin bertambah.

Menulis mendidik anda untuk jujur dan disiplin, karena menulis merupakan bagian dari penyampaian apa yang anda pikirkan.

Menulis membawa anda untuk mengenal lingkungan dan peduli! karena dengan menulis anda berfikir dan ingin mengetahui apa yang terjadi dilingkungan anda.

Menulis membawa anda ke pintu sukses. Dengan menulis anda berarti memperkenalkan diri anda dan dikenal. Anda akan dikontrol. Bisa anda di ejek, dimaki atau dipuji. semuanya adalah baik untuk anda. Bila anda diejek, dimaki, anda mengetahui orang-orang yang tidak sependapat dengan anda dan anda akan mencari solusinya. Dalam konteks ini, fungsi memperkenalkan diri tetap berjalan. Sebaliknya bila anda dipuji, sukses anda dihadapan anda … 

Banyak fakta keberhasilan seseorang karena dia rajin menulis dan kadang apa yang dia tulis itu tidak bernilai tinggi bahkan tidak nyambung dan sebaliknya banyak kesempatan yang tidak dapat direaliasikan karena saya tidak dikenal. Terus terang pada awalnya saya sangat bangga dengan profesi saya sebagai programmer database, merasa pintar tapi sekarang apa yang harus saya banggakan. Teknologi terus bergeser, apa yang saya miliki sudah menjadi usang, sehingga sekalipun terlambat saya harus belajar apa yang dulu saya abaikan. Saya kembali ingin menulis bukan karena saya pakar, namun semata mata karena saya menyadari bahwa banyak sekali yang dapat diperoleh dari aktivitas menulis, setidaknya dapat memberikan sesuatu kepada orang lain….

Satu Tanggapan

  1. ciayo…..

Tinggalkan Balasan

