Investasi Dalam IT


Dalam pengembangan sistem informasi berbasis komputer, ada bebarapa hal penting yang perlu diperhatikan, Pertimbangkanlah agar anda dapat memperoleh sistem yang sesuai dengan kebutuhan anda!..

Menetapkan kebutuhan
Sistem informasi berbasis komputer telah menjadi komponen yang sangat populer dan penting serta perkembangan teknologi sistem informasi berlangsung sangat cepat yang melahirkan era globalisasi lebih cepat dari dugaan. Namun masih banyak manajemen perusahaan hanya tahu itu, mereka tahu bahwa sistem informasi berbasis komputer sangat penting sehingga secara sadar menyediakan dana untuk pengadaan komputer dan perlengkapannya tanpa mereka pikirkan secara seksama apa yang ingin dicapai dengan penerapan teknologi informasi itu. Banyak perusahaan telah menginvestasikan dananya dalam sistem informasi manajemen namun tidak dapat memanfaatkan teknologi ini secara maksimal. Bertambahnya investasi tidak memberikan nilai tambah yang signifikan. Banyak manajemen perusahaan tidak mengevaluasi apa yang telah mereka investasikan, keliru dalam mengevaluasi, tidak puas dengan kinerja MIS-nya bahkan gagal total.
Yang menjadi kunci dari sistem informasi bukan hanya banyaknya dana yang digunakan untuk menyediakan komputer dan perlengkapannya melainkan tidak terlepas dari sumberdaya manusia yang dilibat dalam sistem informasi tersebut serta manajerial terhadap sumberdaya!… Catatlah keputusan tersebut dengan tinta tebal !…

Untuk lebih rincinya dalam keperluan tersebut Anda dapat berkonsultasi dengan konsultan manapun, tetapi ambillah konsultan yang berkualitas dan independen. Anda jangan hanya mendengar komentar pihak yang hanya bisa bicara tanpa dasar pengetahuan yang cukup dibidang ini karena dapat menyebabkan kekeliruan anda. Dan pada tahap ini jangan pula anda langsung mengundang perusahaan yang sudah membawa “bendera” baik software, apalagi hardware. Salah-salah iman Anda tidak kuat, dan tujuan Anda bisa melenceng jauh. Banyak sekali software dari berbagai bentuk kecanggihan teknologi yang tersedia baik dalam bentuk siap pakai maupun software tailor made yang dirancang khusus oleh software house yang bertebaran dimana-mana, baik yang amatiran maupun profesional.
Pertimbangan supplier & Teknologi yang tersedia
Apabila tujuan sudah Anda canangkan, bandingkanlah tujuan anda tersebut dengan feature kandidat supplier dan teknologi yang akan Anda pilih. Feature supplier/teknologi bisa didapatkan dari pameran, buku kuning, atau dari internet. Ingat jangan mengundang supplier dahulu sebelum Anda cukup tahu company profile/white paper-nya.Anda perlu tahu bahwa semua supplier dapat bicara tentang kecanggihan sistem informasi berbasis komputer yang memberikan image kepada anda bahwa anda membutuhkannya dan anda sangat terpengaruh dengan segala itu padahal belum tentu organisasi anda dapat membutuhkan, menerima dan mengimplentasikan kecanggihan tersebut. Anda terlebih dulu harus mengetahui sejauh mana kesiapan anda untuk menyediakan sumberdaya yang lain karena sistem informasi berbasiskan komputer memerlukan smart people. Saya ingatkan lagi, anda harus benar-telah mencangkan kebutuhan anda dan kebutuhan anda sesuai dengan feature yang ditawarkan kandidat supplier anda. Anda jangan terlalu mudah untuk menerima dan mempercayai proposal muluk-muluk dari kandidat supplier karena pada akhirnya yang akan menjalankan sistem itu adalah organisasi anda dan tidak sama dengan organisasi yang lain sekalipun bergerak di bidang yang sama. Dan kebutuhan anda akan mengalami perubahan sejalan dengan perkembangan organisasi anda. Sistim dan teknologi informasi berkembang sangat pesat sehingga sumberdaya teknologi informasi lebih cepat usang dibanding teknologi yang lain.
Pemilihan Supplier
Setelah feature sudah Anda dapatkan, dan Anda sudah sepakat dengan feature tersebut, uji calon supplier Anda dengan expertisenya. Expertise tidak hanya pada perusahaannya, tetapi juga kandidat penanggung jawab proyek serta expertise kandidat supplier tidak begitu saja memenuhi kebutuhan anda, umumnya melebihi kebutuhan anda dan itu tidak selalu menguntungkan bagi anda. Pada tahap ini tentu anda sudah harus menghubungi calon supplier Anda. Biasanya supplier Anda lebih banyak tahu dibanding Anda. Tetapi saya perlu ingatkan lagi, anda harus punya referensi standard yang pragmatis jika tidak anda dapat terjebak pada keputusan yang sia-sia.
Daftar pekerjaan
Selanjutnya Anda harus mendefinisikan langkah-langkah kerja, delivery time, dan deliverable. Anda bisa mintakan calon supplier Anda untuk memberikan langkah-langkah tersebut. Khusus deliverable Anda harus definisikan secara tuntas/clear dengan Calon supplier Anda. Karena bisa saja kebutuhan anda berubah pada tahan design maupun implementasi akibat pengaruh-pengaruh external atau komentar-komentar pihak yang mempunyai maksut tertentu ataupun komentar pihak yang sengaja mementahkan kebutuhan yang telah anda canangkan. Banyak juga supplier menghilangkan feature tertentu yang telah ditawarkan pada tahan design karena mereka tahu anda sesungguhnya belum membutuhkannya, dan mengganti dengan feature yang lain yang sesungguhnya tidak anda perlukan sehingga hany membebani sistem anda.
Buat Contract
Negosiasi adalah langkah bijak. Lakukanlah hal ini setransparan mungkin. Saya tidak sarankan Anda memilih harga terbaik hanya berdasarkan harga paling rendah atau sebaliknya. Karena harga murah belum jaminan deliverable-nya sama dengan supplier dengan harga yang mahal. Sebaliknya harga mahal tidak selalu memberikan yang terbaik untuk anda. Pilihlah berdasarkan berbagai pertimbangan sehingga sesuai dengan tujuan yang ingin anda capai. Anda dapat saja memilih dengan harga yang murah namun tidak memenuhi kebutuhan anda, sebaliknya jika anda memilih berdasarkan harga yang mahal dan berbagai macam featur yang ditawarkan namun belum tentu anda dapat memanfaatkan hal tersebut bahkan mungkin anda tidak memerlukan sebagian besar feature yang ditawarkan tersebut sehingga investasi yang anda tanamkan adalah sia-sia.
Pengendalian Proyek
Apabila Anda sudah sepakat baik scope maupun harga, dan proyek sudah dimulai. Lakukanlah pengendalian sebaik mungkin berdasarkan deliverable yang dijanjikan. Saya menyarankan agar anda maupun supplier anda tidak melakukan perubahan feature yang telah disepakati dalam tahap design. Usahakanlah proyek tersebut berjalan sesuai dengan apa yang telah disepakati sampai diimplementasikan
Evaluasi dan Bandingkan
Untuk melihat apakah MIS Anda sudah pada jalan yang benar, lakukanlah benchmarking dengan perusahaan lain (baik kompetitor, maupun perusahaan yang tidak ada keterkaitan dengan usaha Anda). Anda harus memiliki sesuatu yang lebih dibanding kompetitor anda setidaknya anda selalu berusaha untuk lebih baik.
Selamat berkembang bersama Teknologi Informasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: