Akuntansi

AKUNTANSI ITU MUDAH !…..

Di zaman sekarang, perkembangan computer dan networking sedemikian canggih dan relative murah, masih banyak yang mengatakan akuntansi itu sulit dan membuat jenuh.

Alasan mereka karena berbagai aturan tata buku yang mengharuskan mencatat transaksi berulang kali mulai dari mencatat jurnal, mengklasifikasi transaksi, posting ke buku besar , membuat neraca lajur, menyusun laporan rugi laba, neraca sampai proses tutup buku dan sebagainya,  sehingga proses pembuatan laporan keuangan membutuhkan waktu dan relative lama.
System akuntansi berkembang sesuai dengan berkembangnya kebutuhan informasi, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang digunakan. Proses yang lama seperti ilustrasi tersebut adalah teori pembukuan metode tangan dan metode mesin tik warisan zaman belanda. Sekarang digunakan Accounting system dengan bantuan system komputer. Sudah jarang ditemukan mesin tik namun faktanya masih banyak pengolahan akuntansi menggunakan komputer yang hanya sekedar menggantikan mesin tik sehingga manfaat yang diperoleh dari sumber daya computer sangat minim. Kenyataan ini semata-mata permasalahan sumberdaya manusia.
System komputer akuntansi diaplikasikan dari accounting system yang berbasis database system dengan menggunakan teknologi computer. prinsip dasarnya adalah sama dengan akuntansi manual namun karena sumberdayanya bebebeda, maka proses pengolahan data keuangan dengan metode tangan/mesin tik terlihat sangat berbeda dengan proses akuntansi pada system akuntansi komputer. Dalam system akuntansi komputer  banyak proses akuntansi tidak perlu dilakukan karena sebagian besar prosedure akuntansi dapat diambil alih oleh komputer. Dalam system komputer akuntansi diperlukan lagi neraca lajur, karena system komputer akuntansi dapat memproses transaksi dan menyusun laporan keuangan dengan sedikit sekali campur tangan manusia. Namun sampai sekarang masih banyak perusahaan yang gagal, atau belum dapat memperoleh manfaat system akuntansi komputer akibat ketidakmampuan sumberdaya manusia. Masih banyak akuntan terutama menengah kebawah masih ngotot mempertahankan akuntansi metode tangan/mesin tik yang dioperasikan dengan menggunakan komputer
Komputer akuntansi disusun untuk mempermudah pekerjaan akuntansi, namun komputer akuntansi memerlukan prasyarat penguasaan teknologi informasi dan komputer, sehingga yang tidak menguasai teknologi akan mencari berbagai alasan untuk menolak kehadiran sistem akuntansi komputer dengan menunjukan fakta dari kegagalan mereka sendiri.
Tidak ada alasan untuk mengatakan bahwa komputer akuntansi sulit untuk diterapkan. Karena komputer akuntansi menciptakan system akuntansi yang mudah dan pragmatis. Bagian utama dari akuntansi adalah mencatat transaksi dan itu mudah !… Menyusun laporan keuangan adalah pekerjaan komputer sehingga dengan beberapa click tombol mouse dan input seperlunya, pengguna informasi dapat memperoleh informasi keuangan di media yang praktis yaitu media vusual. Kecepatan dan akurasi merupakan sumbangan yang nayata dari komputer akuntansi.
General Ledger adalah bagian utama dari komputer akuntansi. Anda cukup mencatat transaksi melalui form elektronik, selanjutnya komputer akan mengolah data transaksi tersebut dengan menyusun jurnal transaksi sampai kesasaran akhir yaitu laporan keuangan.

Ditulis Oleh: Zulidamel Badri Oktober 2005 Dalam Project pengembangan sistim informasi.

Address Books

APLIKASI AKUNTANSI Bukan hanya sekedar teori,  anda dapat membuktikan bahwa akuntansi itu mudah. Saya menyediakan aplikasi akuntansi yang telah saya aplikasikan. Aplikasi ini saya berikan dalam bentuk listing program dalam bahasa VB 6.0, agar dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan.

148 Tanggapan

  1. Sekarang ini lagi trend software aplikasi opensource. Sebelum kampus kami migrasi total ke linux aplikasi akuntansi yg digunakan adalah myob accounting.

    Kalauo boleh tahu software aplikasi akuntansi apa yang opensource dan tidak kalah kemampuannya dengan myob accounting

    Trims

  2. Pak, Iwan !…
    Sebelumnya saya mohon maaf, karena saya sesungguhnya seorang yang kurang memperhatikan pergeseran teknologi dan merasakan dampaknya. Saya kurang peduli dengan perkembangan Linux pada hal saya sendiri pernah mendapatkan sertifikasi Linux dari sebuah lembaga cukup handal dibidang Linux dan memang pakarnya Linux. Namun pada saat itu saya tidak dapat memanfaatkan Linux ditempat kerja saya dan dukungan shoftware yang saat itu masih sangat minim saya meninggalkan Linux begitu saja. Masalah itu sebenarnya faktor diri saya sendiri!.. Inilah yang menggugah saya untuk mengingatkan, terutama adik-adik kita yang masih usia muda. Namun yang saya ketahui penggunaan Linux lebih bayak pada Server terutama yang terkoneksi ke Internet. (ISP Provider, Media Online, Warnet, Sekolah/Kampus). jadi menurut saya tidak migrasi total. Untuk opensource software akuntansi saya belum banyak. Salah satunya adalah ERP, saya belum tahu dalam bahasa apa namun multi OS dan yang lainnya VALUE ini sofware akuntansi dalam PHP. Saya juga belum menggunakannya.
    Disisi lain sistem akuntansi sangat dipengaruhi oleh lingkungan, karena itu sistim yang paling baik itu adalah yang sesuai dengan kebutuhan. dan saya yakin hanya sebagian kecil saja feature myob yang anda gunakan. Ruang bisnis cenderung merancang aplikasi sesuai dengan kebutuhannya. Kita tahu itu mahal namun tidak selalu yang mahal lebih baik. Ada baiknya anda memotivasi mahasiswa anda untuk mendesign sistim untuk digunakan sendiri!…

  3. Terimaksi atas masukannya

  4. aplikasi turbo cash dan osfinancials bisa jadi alternatif myob, hanya saja dokumentasinya masih minim sehingga sulit dipelajari secara otodidak

  5. saya mau tanya perbedaan rekening control dengan rekening pembantu
    mohon dibalas di e-mail saya
    trima kasih

    Zulidamel :
    Rekening kontrol adalah rekening dari elemen utama akuntansi seperti Kas, Piutang, Aktiva tetap, Utang, Modal dll. sedangkan reening pemantu adalah rincian dari rekening tersebut misalnya Piutang terdiri dari rekening-rekening Piutang Dagang, Piutang Karyawan piutang lain-lain dll. rekening tersebut disebut dengan dengan pembantu.

  6. Salam..

    Terimakasih atas jawaban kemarin karena sangat membantu dalam perkuliahan saya.
    Saya juga masih punya kesulitan lagi.
    Karakteristik perusahaan yang produksinya berdasarkan pesanan itu yang bgaimana?
    lalu saya mau tanya nama situs ini karena saya dapat dari google jadi biar saya bisa langsung mengaksesnya.
    Terimakasih…

    Zb:
    Semoga sukses !
    Perusahaan yang produksinya berdasarkan pesanan adalah perusahaan industri yang memproduksi barang sesuai dengan pesanan pelanggannya seperti Packaging Industiries (percetakan), Spare Industries (komponen kendaraan, elektronik) yang hanya di produksi bila ada permintaan dari perusahaan yang membutuhkan. Perusahaan tersebut hanya menjual hasil produksinya kepada pihak yang memesan barang tersebut.

    Nama Situs ini : http://zulidamel.wordpress.com yang hanya membahas teknologi informasi secara umum dan kamu juga dapat temukan materi sejenis pada situs yang lain misalnya http://triatmono.wordpress.com/. Saya lihat mas tri menjelaskan lebih detail lengkap dengan gambar. Ok

  7. thank a lot sudah membantu banyak tugas saya .

  8. sorry kalau bisa gua sangat butuh

  9. kenapasih tidak ditampilkan contoh neraca lajur!

    Zulidamel:
    Neraca lajur adalah kertas kerja yang biasanya digunakan untuk menyusun neraca. Jumlah kolomnya yang banyak tidak mungkin dtimpilkan di sini. dan juga dalam akuntansi komputer neraca lajur tidak diperlukan lagi.

  10. Mohon bantuanya pak , untuk membuat laporan neraca awal tahun 2008 bagaimana..
    1. Apakah Pot.Pph23/22 , Pph Psl 25 dibayar dimuka dan pph yg akan dibayar dihilangkan setelah dicoba tidak balance.
    2., Bagaimana cara Membuat laporan neraca awal tahun 2008 ?

    Data laporan Tahun Jan- Des2007
    1 AKTIVA LANCAR
    Kas dan setara kas Rp 27.094.987
    Piutang Rp423.686.250
    Persedian Rp 25.350.000
    Potongan PPH 23/22 Rp 48.893.807
    PPH Psl 25 dibayar dimuka Rp 1.799.748 Rp526.824.792

    2 AKTIVA TIDAK LANCAR
    Peralatan Kantor Rp 35.275.800
    Penyusutan Rp17.637.900 Rp 17.637.900
    Mesin Mesin Perl.Bengkel Rp 75.850.500
    Penyusutan Rp37.925.250 Rp 37.925.250
    Kendaraan Rp 270.742.000
    Penyusutan Rp77.672.000 Rp193.070.000
    Bagunan / Gedung Rp 674.225.000
    Penyusutan Rp37.121.250 Rp637.103.750
    Jumlah
    3 AKTIVA TIDAK LANCAR LAINNYA Rp-
    ————————
    JUMLAH AKTIVA Rp1.412.561.692

    KEWAJIBAN DAN EKUITAS
    4 KEWAJIBAN LANCAR
    Kewajiban usaha Rp116.861.648
    Kewajiban Bank Rp478.527.538
    PPH yang akan dibayar Rp 52.321.400
    Rp647.710.586
    5 EKUITAS
    Modal Rp 50.000.000
    Laba Tahun Lalu Rp476.101.172
    Sisa laba tahun berjalan Rp238.749.934 Rp764.851.106

    JUMLAH KEWAJIBAN DAN EKUITAS
    ———————–
    Rp1.412.561.692

    Zb:
    1. Apakah yang kamu maksud PPH yang akan dibayar adalah PPH yang harus dibayar dari hasil perhitungan PPH periode 2007 ? Jika ya maka kamu tinggal adjusment dengan

    Mengkredit Uang muka pajak sebesar Rp.50,693,555 sehingga uang muka pajak menjadi 0.
    Mendebet PPH yang harus dibayar RP.50,693,555 sehingga PPH yang harus dibayar menjadi Rp. 1,627,845

    Total Neraca akan menjadi Rp. 1,361,868,137

    2. Neraca awal 2008 adalah neraca akhir 2007 yang telah disesuaikan.

  11. Terimaksih banyak pak Zb.

  12. pak Zb minta no.telp/ hp teman saya mau beli aplikasi akuntansi.

  13. Saya mau tanya, akun yang digunakan untuk pengambilan dana anggaran per bagian namanya apa ya?

  14. Saya mahasiswa semester akhir yang sedang menyusun TA. Saya kekurangan referensi tentang perusahaan jasa. Khususnya mengenai persediaan dan laba (baik laba kotor, bersih, dan lain sebagainya). Saya melakukan penelitian pada PT PLN (Persero). Tolong balas ke email saya…
    Terima kasih…

  15. Saat ini saya sedang menyusun skripsi, saya bingung mau membahas skripsi mengenai apa, saya saat ini bekerja di perusahaan farmasi, pekerjaan saya sebagai kasir. rencananya saya ingin membuat skripsi yang berhubungan dengan pekerjaan saya yaitu penerimaan dan pengeluaran kas, saya bingung menentukan judul yang cocok untuk skripsi saya itu, sedangkan penerimaan dan pengeluaran kas itu ruang lingkupnya sedikit. Tolong balas ke email saya…
    Terima kasih atas perhatiannya.

    Zb:
    Ini adalah gambaran umum calon sarjana Indonesia, karena kurang menyiapkan diri sehingga untuk menghadapi hal spele saja bingung.
    Seharusnya kamu yang sudah ada pengalaman kerja, punya banyak bahan untuk ditulis. Hanya belum dicoba saja.

  16. Salam kenal aja yach buat Accounting Community……

  17. Saya binggung, saya bekerja diperusahaan jasa. memeng tidak terlalu banyak transaksi yang terjadi. hanya saja yang ingin saya tanyakan bagaimana membuat anggaran perusahaan. mohon di jawab melalui email saya.anggaran apa saja yang harus saya kerjakan thanks

    ZB:
    Anggaran adalah satu hal yang penting, dalam menjalankan perusahaan namun banyak perusahaan indonesia berjalan secara alamiah tanpa berfikir masalah anggaran perusahaan. Mereka baru berfikir bagaimana untuk mendapatkan dana setelah timbul kebutuhan. Datang tagihan dia bayar dll. Dampak yang nyata banyak hal-hal yang dapat membuat mereka bekerja super sibuk dan tak jarang menemukan kekagagalan dalam memenuhi kebutuhannya.

    Anggaran perusahaan sebenarnya adalah suatu perencanaan (rencana kerja) dan berapa anggaran biaya yang diperlukan untuk itu. Namun untuk menyusun anggaran yang kaitan langsungnya adalah rencana kerja tentunya melibatkan banyak aspek yang ada di lingkungan perusahaan tersebut. Didalamnya tercakup juga masalah manajerial, core bisnis, kemampuan perusahaan serta target yang ingin dicapai. Dengan demikian setidaknya melibatkan seluruh sumber daya yang dimiliki perusahaan.

  18. Dear Pak Zulidamel,

    Pak, saya punya pertanyaan seperti ini dan saya tidak mengerti apa maksud dari pertanyaan ini, ” Ada semacam tradisi antara keinginan tepat waktu dengan akurasi isi dalam penerbitan laporan keuangan, bagaimana akuntansi menjebataninya ? Mengapa perlu pengungkapan atas hal-hal / kejadian setelah tanggal neraca. Uraikan juga apakah peristiwa setelah tanggal neraca mempengaruhi opini auditor independen ? “.
    Atas penjelasannya saya ucapkan terima kasih.

    Regards

    Ida

  19. saya sedang menyusun ta,tapi bahannya kurang yaitu sistem perancangan susulan,dan bahan-bahan lainnya.tolong balas

    ZB:
    Saya kurang paham dengan maksud anda “sistem perencanaan susulan”. Kalau yang anda maksud perencanaan produksi susulan, itu kan sama saja perencanaan produksi yang dibuat untuk mengoreksi perencanaan yang telah dibuat sebelumnya?. Hal ini adalah menyangkut masalah teknis saja.

  20. pak…
    saya mahasiswi dari Salah satu Perguruuan Tinggi Swasta Di Lampung. saya begitu sulit menerima mat kuliah Dasar-dasar akuntansi.. padahal saya dari Kejuruan SMK untuk kejuruan Akuntansi. saya tidak mengerti tentang bagaimana cara mengerjakan suatu nilai perusahaan yang sangant sulit.
    yang ingin saya tanyakan, bagaiana cara kita mengerjakan Suatu Jurnal tanpa sulit dan mudah Balance? lalu, bagaimanakah cara mudah meneggulangi dan mengerjakan soal saat tidak balance. beri jawaban yang asik ya pak. agar saya mau belajar lagi dengan mudah.

    ZB:
    Saya bukan ahli akuntansi karena saya sama sekali tidak pernah belajar di jurusan akuntansi, namun karena saya butuh akuntansi maka, saya pelajari akuntansi?… Ternyata akuntansi itu mudah!… Itu mungkin karena saya mentransformasikanya dengan peralatan komputer. Kalu manual bagamana?… Jawabnya mudah juga namun yang menyebalkan adalah jumlahnya sehingga banyak yang mengatakan akuntansi membosankan.

    Menurut saya, sesuatu akan mudah atau susah terbentuk dari cara berfikir kita yang juga seiring dengan perilaku kita. Kalu kita sudah tidak menyenangi sesutu itu maka kita akan sulit untuk menerima apa saja yang berhubungan dengan itu. Saat ini dapat saya katakan kalau saya yang jadi Dosen kamu?.. Pasti kamu dapat mengikuti mata kuliah apa saja dari saya. Hal itu saya katakan tidak membenci saya. Buktinya kamu bisa curhat pada saya.

    Hal itu juga telah saya buktikan, waktu saya mengajar, tidak ada murid saya yang merasa bodoh bahkan banyak ditempat kerja mereka merasa pintar dari yang lain padahal waktu SMAnya dia tidak punya prestasi apa-apa. Permasalahannya bukan yang saya ajarkan tapi yang utama bagaimana murid saya menyenangi apa yang saya ajarkan tersebut sehingga bila saya kasih tahu A mereka akan berusaha mencari B dan C dst. namun yang anehnya mereka merasa B dan C saya yang mengajarkan. Saya hanya menjelaskan tentang A sejelas-jelasnya sehingga mereka benar benar mengerti. Hanya itu.

    Sekarang kembali ke kamu!, apa yang menyebabkan kamu sulit menerima matakuliah akuntansi pada hal kamu sendiri berlatarbelakang SMK, Saya SMA IPA. Saya bilang akuntansi mudah sedangkan kamu sebaliknya. Bisa jadi karena kamu tidak suka dengan dosennya?, Mungkin kamu membenci dosen karena gayanya atau kamu merasa dosen kamu over acting. Bisa jadi itu tidak ada hubungan dengan proses belajar.

    Dari cerita saya di atas ada dua yang hal saya sangat penting.
    1. Bagaimana caranya kamu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Jangan sekali-kali membiarkan timbulnya rasa benci sama suasana belajar kamu. Apa saja terutama dosennya. Singkirkan dari pikiran kamu hal-hal yang tidak menyenangkan dari dosen kamu.
    2. Bagaimana memahami setiap masalah yang kamu pelajari, sehingga kamu benar-benar mengerti. Jangan biarkan masalah yang kamu hadap berlalu tanpa penyelesaian. karena masalah itu akan membebani kamu untuk langkah selanjutnya. Ringkasnya latihlah diri kamu untuk belajar tuntas.

  21. pak!!! aq mau nanya apa dalam setiap program akuntansi komputer mempunyai kekurangan atau kelemahan masing2?? atao apa ada kelemahan yang paling mendasar dari komputer akuntansi itu sendiri secara umum.????

    ZB:
    Secara Umum, apa saja punya kelebihan dan kelemahan masing-masing, namun saya tidak melakukan survei pada sistem akuntansi yang ada di pasaran sehingga saya tidak dapat menyebutkan apa kelmahan dan kelebihan masing-masing sistem akuntansi tersebut. Untuk perbedaan akuntansi komputer dan akuntansi manual dapat anda lihat halaman perbedaan akuntansi komputer dengan akuntansi manual.

    Konsep dasar sistem akuntansi yang handal adalah sesuai dengan perkembangan iptek dan perkembangan perusahaan. Boleh perkembangan iptek telah begitu pesat namun perusahaan anda belum tentu membutuhkannya. Jika perusahaan anda hanya perusahaan kecil tentunya anda cukup memerlukan sistem akuntansi yang sederhana saja. itu handal !…, sebaliknya jika anda memilih teknologi yang tinggi, adalah pemborosan. Untuk itulah biasanya banyak perusahaan memilih untuk membuat sistem akuntansi sendiri yang sesuai dengan lingkup perusahaannya.
    Banyak kasus perusahaan yang gagal atau manajemen perusahaan kecewa dalam menerapkan aplikasi akuntansi karena salah memilih teknologi.

  22. Sekedar mau ngasih gambaran aja mengenai program akuntansi apa yang bagus dan mudah untuk digunakan. Jawabannya adalah Zahir Accounting, salah satu The Best Management Business Software lokal yang menurut saya bagus. Tiga kata buat Zahir Accounting, Easy, Simple, dan Flexible.
    Easy : Mudah dipelajari dan dipahami.
    Simple : Program dibuat sesedarhana mungkin.
    Flexible : Bisa menyesuaikan kebutuhan para penggunanya sehingga konsumen hanya membayar sesuai dengan fasilitas yang digunakan saja.
    Baru-baru ini Zahir Accounting juga telah meluncurkan produknya yang dinamakan Zahir Paket Merdeka dimana paket ini merupakan paket Pra Bayar. Untuk informasi lebih lengkapnya kunjungi aja http://www.zahiraccounting.com.
    Terima Kasih

    ZB:
    Saya pernah menggunakan beberapa aplikasi akuntansi terkemuka baik local maupun made in luar sekarang saya gunakan aplikasi yang di create sendiri. Saya sudah mengenal ZA, kebetulan disamping rumah saya ada tempat training ZA, namun saya bukanlah pemakai dan saya tidak dapat menjelaskan dimana letak easy , simple dan flaxible yang dimaksud. Pengertian saya yang flaxible adalah aplikasi serbaguna seperti Office. Easy & Simple, bagi saya memang akuntansi itu mudah dan sederhana namun kenyataannya masih banyak saya temukan sarjana akuntansi sebagai akuntan internal khususnya tidak/kurang memahami akuntansi.

    Kalau bidangnya sendiri banyak yang nggak ngerti, gimana mau bilang aplikasi dengan teknologi tinggi dikatakan simple. Secara keseluruhan kembali kepada SDM. Semua aplikasi berbasis sistem database menjanjikan kehandalan namun yang handal itu adalah yang sesuai dengan kebutuhan anda.
    Bagaimanapun aplikasi akuntansi hanya sebuah sistem yang dapat mengambil alih tata buku (bukan akuntansi) dimana dalam akuntansi peran user dan akuntan tetap dominan. Mustahil akuntansi dapat mencapai tujuannya bila dioperasikan oleh oleh yang tidak mengerti akuntansi seperti yang dibilang ZA. Kemudian dengan berbasis internet tentunya anda perlu pertimbangkan dulu kebutuhan anda akan kebutuhan informasi berbasis internet. Bagaimana dengan Hardware, keamanan, SDM dsb.

    Mungkin lebih adil kali kalau ada pemakai sofware akuntansi yang lain yang ingin berpartisipasi.. silahkan!…

  23. Dalam menutup Laba Rugi untuk setiap bulan, apakah hasil dari Laba Rugi tersebut tetap diikutsertakan ke bulan berikutnya ?

    Zb:
    Ya?…
    Dalam akuntansi tutup buku hanya dilakukan pada akhir tahun, yaitu per 31 Des.

  24. Lam berkunjung, sebelumnya terima kasih buat respon dari Mas Zul terhadap komentar saya sebelumnya. Mungkin disini kita hanya perlu menggarisbawahi beberapa komentar mas yg menurut saya ngga kena banget. Gpp kan mas??
    Pertama, mengenai kata Fleksibel. Saya bingung mas karena mas mengambil contoh program Office sebagai program yang fleksibel. Kok ngga nyambung ya mas?? Ya ngga bisa disamain donk fleksibelnya Office ama fleksibelnya Software Akuntansi krn keduanya memiliki tujuan penggunaannya yg berbeda.
    Kedua, mengenai kata easy dan simple. Disini saya kondisikan dengan SDM yang ada di Indonesia khususnya di Kalimantan Barat dimana mereka pada umumnya tidak memiliki pengetahuan yang mumpuni dalam bidang akuntansi. Dibandingkan dengan beberapa software akuntansi lain yang ada, para peserta cenderung lebih mudah menggunakan Zahir (itu menurut pengalaman saya pribadi yang telah mengadakan beberapa kali workshop berkaitan dengan penggunaan MYOB, Accurate, maupun Zahir).
    Ketiga, mas juga ada bilang “Semua aplikasi berbasis sistem database menjanjikan kehandalan namun yang handal itu adalah yang sesuai dengan kebutuhan anda”. Menurut saya memang bener seperti itu keadaannya krn saya juga memiliki beberapa teman yg merupakan programmer software akuntansi. Dari sisi pribadi memang lebih enak menggunakan program yang sesuai dengan kehendak hati kita namun untuk menciptakan itu diperlukan biaya yang tidak sedikit mas karena program akuntansi itu tidak untuk dibuat secara masal dan tiap2 user memiliki keinginan yang berbeda sehingga para programmer juga perlu “menguras pikirannya” untuk menyesuaikan (otomatis akan berpengaruh kepada biaya operasional pembuatannya).
    Memang program akuntansi dibuat hanya sebagai alat bantu dimana operatorlah yang tetap menjadi kunci untuk menggunakannya. Namun apakah semua orang harus kuliah akuntansi dulu baru mereka bisa menggunakan program akuntansi? Sedangkan untuk pelaku-pelaku usaha yang umumnya hanya tamat SMU atau tidak memiliki latar belakang akuntansi, apakah mereka tidak boleh mengatur keuangannya sendiri dan harus kuliah dulu??
    Dari bahasa mas saya tahu memang mas orangnya banyak pengalaman dan saya paham udah banyak ilmu akuntansi yang telah mas pelajari dibandingkan saya dan mungkin saya termasuk salah satu diantara “sarjana akuntansi sebagai akuntan internal khususnya tidak/kurang memahami akuntansi” seperti yang mas katakan diatas.
    Terima kasih…

    ZB:
    Saya hanyalah aktivis dalam sistem informasi, yang uta atik akuntansi. Sebelumnya saya pernah menggunaklan Dac easy Accounting, Master Acconting System (MAS) dan belajar juga MYOB. Semua bilang apilkasi ini fleksible. Apa benar?…
    Yang saya tahu sistem akuntansi suatu perusahaan adalah uniq karena ada pengaruh lingkungan. Sehingga hanya sebagian kecil saja future yang disediakan oleh aplikasi akuntansi yang dimanfaatkan. yang tidak digunakan bisa karena tidak diperlukan bisa juga karena tidak cocok. Ini tidak dapat dikatakan fleksible.
    Saya sebenarnya hanya menekankan bahwa kata fleksible, easy and simple adalah kata yang telah digunakan ditingkat manapun sehingga dapat menyesatkan.

    Kemudian masalah handal, saya hanya sekedar mengingatkan yang handal itu belum tentu handal buat anda karena banyak bukti kegagalan system adalah dari kesalah memilih. Bila anda baru bisa beli sepeda anda harus menghandalkan sepeda jangan mobil, karena sepedalah yang paling cocok buat anda. Sebaliknya bila anda mampu beli pesawat kenapa anda tidak beli pesawat?.. karena anda tidak memerlukannya. Anda tidak menghandalkan pesawat namun anda juga tak mungkin lagi mengandalkan sepeda. Anda pelu cari yang lain, mana yang handa buat anda. Namun dalam kondisi tertentu anda harus mengakui bahwa pada kondisi tersebut sepeda lebih handal. Begitu juga pada aplikasi. Pada kondisi tertentu yang sederhana dan murah dapat lebih handal dari yang mahal dan canggih. Itu yang saya maksudkan.

    Telitilah sebelum membeli?.. yang ini simple juga kan?…

  25. Betul kata Bpk Zulidamel Badri bahwa akuntansi itu mudah. Saya punya cara yang lebih mudah dan lebih cepat bikin laporan keuangan, Anda cukup menggunakan Excel. Bagi yang sudah terbiasa dengan Excel tentu akan lebih mudah memahaminya dan bagi yang belum terbiasa dengan Excel, juga tidak akan sulit memahaminya. Yuk ! lihat postingan tersebut klik di sini.

  26. Mantap banget tuh…..dikembangkan lagi yach.

  27. AKU SANGAT SENANG SAMA AKUNTANSI…………………………………………………………………………………………………………………………….!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  28. Matap, ternyata pak ZB adalah aktivis dalam sistem informasi, namun pengalamannya begitu banyak, Terus bikin revisi dan versi baru pak untuk software akuntansinya biar lebih fleksible, easy, simple dan handal

    ZB:
    Tentunya bahan yang akan diolah datangnya dari anda sebagai konsultan. Segala sesuatu itu harus dikerjakan secara bersama untuk mendapatkan hasil lebih baik.

  29. Tentunya jika hanya accounting standart dan stok rasanya WEB ERP yang gratis sudah bagus. Dan tentu multi currency dll. Banyaak yang free tapi kebanyakan Dalam English saja. Acurate lebih baik dari Zahir dari teman=teman yang menggunakan sebab Zahir servicenya kurang baik.

    Visit Our Batik too.

    Tq. Luckman R

    Zb:
    “Kata kuncinya yang baik/handal bla bla itu adalah yang sesuai dengan kebutuhan”. Sepeda bisa jauh lebih baik dari pada pesawat bila kita hanya mampu naik sepeda, apalagi kalau cuma numpang iklan gratis terus jelek-jelekan orang lain, pakai ngelibati teman-teman lagi. Itu adalah sesuatu yang tidak bertanggungjawab.

    Mari kita berlatih melihat dari sisi baik dan jeleknya secara berimbang. Biar yang menerima informasi dapat menentukan pilihannya secara benar. JK-Win lebih baik dari pada SBY-Budi karena saya suka lebih cepat lebih baik dan saya pilih JK-Win sekalipun saya tahu ada yang saya tidak suka pada JK yaitu kalau JK kebanyakan ngomong mulutnya berbusa. Ini hanyalah masalah fisik yang tidak menghilangkan penilaian saya bahwa JK-Win lebih baik. Artinya saya lebih meperhatikan sisi baiknya. Pendapat saya tentu tidak sama dengan pendapat anda. Tentunya bukan karena itu yang lain juga pilih JK-Win

    Dulu saya pilih MAR karena saya suka dia, sekarang saya tidak suka dia karena pernyataannya yang saya anggap mencle-mencle. Jadi yang lebih baik itu adalah yang kita suka. Kebutuhan sekarang dan lusa tidaklah sama sehingga yang sekarang lebih baik tidaklah belum tentu esok lusa tetap lebih baik.

    Yang selalu lebih baik hanyalah sorga dan hanya ada satu jalan ke sorga, yang banyak adalah jalan ke Roma, teserah anda mau mengambil jalan yang mana. Tapi tidak perlu mengganggu mereka yang berjalan pada jalannya sendiri.

  30. Saya sependapat dengan Pak ZB, Program Aplikasi Akuntansi yang handal itu adalah yang sesuai dengan kebutuhan.
    Kebutuhan masyarakat sangat berbeda-beda, pengalaman saya dari membuat beberapa program di klien, kebanyakan tidak ada perusahaan yang bisnis prosesnya sama persis. Itulah kenapa software paket kurang begitu diminati karena user masih perlu mengolah data outputnya lagi di excel / yang lain. Bahkan supermarket yang satu pemilik pun bisa lain bisnis prosesnya antar daerah, contoh di daerah saya bandung cimahi proses penagihan aja bisa lain-lain caranya, atau
    retur barang, dll.
    Mungkin ada yang bisa saya sarankan untuk para Programmer yaitu harus menguasai Program AKUNTANSI, akuntansi merupakan momok bagi para programmer, termasuk saya dulu karena dulu SMA akuntansinya waktu kelas satu dapet nilai 5, makanya Pas Kelas 2 ambil IPA …. Hehehe, tapi setelah kerja jadi programmer, saya dipaksa untuk membuat program akuntansi akhirnya mau
    gak mau ya harus mau belajar tentang akuntansi ( sampe dibela-belain beli buku tentang akuntansi, tapi “tetep gak ngerti”), tenyata setelah “agak” paham sedikit tentang akuntansi, tidak seburuk penampilannya kok malahan sangat simpel sekali hukum pokoknya, saya juga bersedia memberikan penjelasan tentang bagaimana cara membuat design database dan juga program untuk akuntansi. Bagaimana Setujuuuuuuuuu? Jawabannya dikembalikan kepada anda.

    Programmer of http://cimahi-one.com

  31. Saya sependapat dengan pak ZB. Bahwa Program Aplikasi yg handal itu yg sesuai atau memenuhi kebutuhan.
    Kebutuhan masyarakat sangat berbeda-beda, pengalaman saya dari membuat beberapa program di klien, kebanyakan tidak ada perusahaan yang bisnis prosesnya sama persis. Itulah kenapa software paket kurang begitu diminati karena user masih perlu mengolah data outputnya lagi di excel / yang lain. Bahkan
    supermarket yang satu pemilik pun bisa lain bisnis prosesnya antar daerah, contoh di bandung dan cimahi proses penagihan aja bisa macam-macam caranya.

    Mungkin ada yang bisa saya sarankan untuk para Programmer yaitu harus menguasai Program AKUNTANSI, akuntansi merupakan momok bagi para programmer, termasuk saya dulu karena dulu SMA
    akuntansinya waktu kelas satu dapet nilai 5, makanya Pas Kelas 2 ambil IPA …. Hehehe, tapi setelah kerja jadi programmer, saya dipaksa untuk membuat program akuntansi akhirnya mau gak mau ya harus mau belajar tentang akuntansi ( sampe dibela-belain beli buku tentang akuntansi, tapi “tetep gak ngerti”), tenyata setelah “agak” paham sedikit tentang akuntansi, tidak seburuk penampilannya kok malahan sangat simpel sekali hukum pokoknya, saya juga bersedia memberikan penjelasan tentang bagaimana cara membuat design database
    dan juga program untuk akuntansi. Bagaimana Setujuuuuuuuuu? Jawabannya diserahkan kepada anda.

    Begitu Pengalaman saya, ini anggap saya juga newbie
    Programmer of http://cimahi-one.com

  32. Pak ZB saya mau tanya saya baru bekerja di perusahaan yang bergerak di bidang impor barang, tetapi ketika saya masukkan PIB nilai persediaan awalnya menjadi minus, bagaimana ya pak solusinya. TQ

  33. aku seorang pelajar SMK kelas 3.di dalam ujian akuntansi nanti lebih banyak menggunakan akuntansi dasar.
    selama ini saya masih bingung dengan penjelasan yang di berikan oleh guru.terutama akuntansi dagang. di dalam akuntansi dagang kan dari transaksi kita mencatat dalam 5 jurnal.yaitu jurnal pembelian,penjualan,penerimaan,pengeluaran,dan jurnal umum.
    dan setelah selesai kita kan harus posting ke buku besar,dari buku besar kan kita buat neraca awal.dari situ kita buat kertas kerja untuk mengetahui laba atau rugi.dan setelah itu saya paling gak bisa ketika harus membuat laporan keuangan terutama untuk perusahaan dagang.

    dari susunan persed.barang dagang awal sampai akhir aku paling bingung harus di tambah atau di kurangi.

    tapi untuk beban aku tidak bingung karena semua beban kan di kurangi

    ZB:
    Saya sarankan anda download buku elektronik dari diknas atau melalui telkomspeedy.com. anda harus banyak mengerjakan soal latihan!…

  34. Bagaimana jurnal TT advance? barang dikirim pada bulan yang berbeda?

    Zb:
    Ma’af saya tidak paham maksud anda. Kalau yang dimaksudkan total biaya itu kan persoalan penjumlahan. Tidak ada lagi jurnalnya.

  35. pak gmn ya sistem pencatatan akuntansi pada perusahaan yang menjual barang dagangannya secara online (e comeerce)?

  36. salam kenal
    saya sebenarnya sedang mencari informasi tentang akuntasi yang berhubungan dengan pendidikan, untuk saya buat program keuangan sekolah. saya sudah buat tapi kok rasanya kurang lengkap. jika ingin melihatnya disini Wong Multimedia Indonesia
    Ma’af saya pasang life link (jika tidak berkenan tolong dihapus saja) saya hanya butuh saran dari bapak, jika berkenang …….
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih……… :)

  37. Sy adlh seorg mhsiswa akntnsi d slh stu universitas d gorontalo,,
    sya jg tamatan SMK,,
    saya mlai bosan mengerjakan akuntansi secara manual,,
    sy pun blm dpt mta kul kompter akntnsi,
    yg inin sya tnxkan apakah kmputer akuntansi itu bisa dpelajari scra otodidak??
    Dan aplikasi kmpter akntansi apa yg cocok untuk dpelajari bgi pemula seperti saya,,
    jwb k email sy ya..
    Terimakasih sblumnx..

    ZB:
    Buya HAMKA adalah ulama besar yang belajar secara otodidak, apalagi akuntansi yang mana buku akuntansi tersedia sangat banyak. Saya sendiri merasa memahami akuntansi secara otodidak karena saya secara formal dibidang tekni & sistim imformasi. Yang lebih rumit lagi waktu saya mhs teknik, paling tidak menyukai akuntansi. Kata kuncinya “Tidak ada yang tidak bisa dipelajari

  38. bgaimna cranya menggunakan data untuk proses akuntansi tsb itu

  39. silabus ekonomi

  40. pak sy pgen tanya,sbgai seorang akuntan bgaiman cara kta utk mnyesuaikan iptek yg canggh pda masa skarg in.apalg aday myob???

    ZB:
    Saya sebagai system analis/programmer yang bertugas menyediakan kebutuhan akuntan. Boleh dibilang myob adalah aplikasi yang canggih namun konvensional sedangkan system adalah uniq sehingga banyak perusahaan dipaksa menyesuaikan diri yang pada akhirnya tidak memperoleh apa yang diharapkannya. Banyak kegagalan karena keliru dalam memilih. Saya hanya mebuat aplikasi sederhana dengan sumberdaya minimal yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Kenapa harus pakai motor kalau perlunya cuma sepeda. Singkatnya customer saya adalah yang tidak memilih myob.

  41. apakah perbedaan laporan keuangan perusahaan dengan laporan keuangan bank.?

    ZB:
    account yang dimiliki Bank berbeda dengan account yang dimiliki perusahaan lainnya dan juga berbeda dalam kebijakan pengawasan yang dilakukan pemerintah. Lembaga keuangan punya undang2 tersendiri

  42. Pak,,mau tanya nih…

    Apakah dalam proses pembuatan software akuntansi kita dapat menambahkan variabel ratio-ratio yg up-to-date (misalnya ROE,ROI,D/E,EPS,dll..). Tetapi syarat nya,walaupun belum tutup buku (31 des),kita sudah langsung mengetahui secara riil keadaan ratio2 tsb…

    Thanks

    ZB:
    Bila aplikasinya dapat memvisual laporan keuangan setiap saat otomatis Analisa laporan keuangan tentunya juga bisa.

  43. pak,bagaimana caranya menyusun laporan neraca dmana perusahaan sdh berdiri sejak thn 2005.dari awal berdiri hingga skrng belum ada lapran neracanya.trus data2 apa yg hrs saya persiapkan untuk menyusun laporan tsb.mohon dibalas di email saya aja.terima kasih

  44. bisa g buat contoh jurnalnya dari transaksi,misalnya perpajakan dan akntansi keuangan

  45. pak, minta tolong apa dasar2 pelaksanaan laporan keuangan pada koperasi simpan pinjam?

  46. Salam.
    Saya baru saja bekerja di sebuah LSM di bagian keuangan. Saya ingin bertanya pd bpk tentang bagaimana melaksanakan sistem akuntansi LSM? Terima kasih.

    ZB:
    Saya masih kurang paham arah dari pertanyaan anda. Fungsi akuntansi adalah mencatat, mengumpulkan, mengelola (memanipulasi) dan membuat laporan keuangan. Yang saya tahu LSM adalah sebuah sebutan untuk sebuah lembaga non komersial yang tidak termasuk objek pajak karena sumber keuangannya utamanya berasal dari donatur dan bergerak dibidang sosial. Jelasnya tidak ada PPn. Dana dari donatur ini merupakan pendapatan yang diperoleh oleh lembaga tersebut.
    Dalam operasionalnya tidak berbeda dengan lembaga lainnya yaitu menggunakan dana, punya asset, punya hutang, ada biaya operasional dan memberikan penghasilan kepada karyawannya. Penghasilan karyawan ini tidak bebas dari pajak. Dengan demikian akuntansinya juga akan sama dengan lembaga lainnya. Ada Aset ada Hutang dimana Aset = Hutang + Modal artinya ada Neraca, selanjuanya ada pengahasilan dan ada biaya. Penghasilan-Biaya = Laba/rugi artinya juga ada laba/rugi hanya biasanya tidak disebut laba rugi. Ada kas masuk dan keluar artinya ada arus kas, jadi semua aturan akuntansi berlaku sama yang berbeda adalah peraturan pajak yang berlaku untuk LSM berbeda dengan lembaga profit.

  47. Supaya lebih spesifik saya uraikan sedikit tentang LSM tempat saya bekerja. LSM ini memiliki program pengadaan, pembinaan dan pendistribusian Al-Qur’an braille gratis untuk tuna netra di Indonesia. Dana berasal dari wakaf dan infak para donatur dan tidak ada kegiatan komersial di dalamnya.
    Saya baru 2 minggu bekerja disini. Dan sistem akuntansi yang telah ada belum memadai untuk pencatatan semua kegiatan keuangan di LSM ini.
    Saya hanya perlu gambaran/contoh perbedaan dalam pencatatan keuangan yg harus dilakukan dengan perusahaan berlaba.
    Satu pertanyaan lagi, apakah software ZULISoft sesuai bila diaplikasikan di perusahaan nirlaba seperti LSM tmpt saya bekerja?

    ZB:
    Perbedaan Unsur akuntansi hanya terletak pada hal yang menyangkut penghasilan. Bila dalam perusahaan komersial disebut pengahsilan penjualan sedang dalam perusahaan anda namanya infak, wakaf dll.
    Yang disebut customer atau dbitur pada perusahaan komersial, pada perusahaan anda disebut donatur namun pada prinsip akuntansinya kan sama saja.
    Karena anda tidak menjual barang atau jasa jadi anda tidak menerbitkan tagihan atas barang-barang yang dikirim dan anda tidak punya piutang dagang atau piutang usaha, laporan penjualan,laporan piutang dll yang terkait langsung dengan halk tersebut

    ZULISoft dapat digunakan dengan perubahan pada semua kata Customer menjadi Donatur. Rekening2 penghasilan menjadi Wakaf, infak dll. Dan tidak menggunakan Invoice, faktur pajak dan kwitansi. kwitansi disini berhubungan langsung dengan invoice. Tepatnya kwitansi dipindahkan ke Penerimaan kas. Yang lainnya semua ada seperti purchase order, penerimaan barang, pengiriman barang dll semua ada.

    • Jadi dalam laporan tahunan saya tetap membuat laporan rugi/laba?

      ZB:
      Sesuai SAK yang berlaku di Indonesia, YA?… namun namanya tentu sesuai dengan betuk lembaga. Kalau RUGILABA itu penggunaannya pada lembaga profit, Koperasi menggunakan nama sisa hasil usaha dan kebetulan saya tidak tahu namamya untuk LSM. Dalam hal ini penekanan pada LSM adalah berapa yang diterima dan berapa yang digunakan sisanya yang belum digunakan berapa?… kalau lembaga profit berapa pengahasilan, berapa biaya dan keuntungan yang diperoleh berapa?…

  48. assalamu ‘alaikum.
    saya karyawan baru dsbuah toko komp,tapi saya jg msih kuliah jursn kom.akuntansi, pembuatn laporan keuangan dsni menggunakan sis.ka sedang apa yg saya dapatkan yaitu VB & MYOB.Yang ingin saya tanyakan cukup sepele apakah program sis.ka itu berbeda jauh dengan VB?trus saya juga bingung mengangkat tema tentang apa untuk TA.mhon bimbingannya.Mohon dibalas di email saya saja.Terima kasih.
    Wassalamu ‘alaikum.

    ZB:
    Saya tidak tahu apa itu SIS.KA, mungkin nama suatu product sofware akuntansi atau nama pembuatanya sepeti ZULISoft. kalau Basic adalah nama bahasa pemrograman dan VB adalah sofware bahasa pemrograman basic yang dikeluarkan oleh Microsoft. Kalau masa TA apa yang akan diangkat, saya tidak dapat membantu.

  49. Terimakasih atas informasinya, sangat bermanfaat bagi kami.

  50. Assalamu’alaikum wr.wb.
    Saya boleh tanya lagi kan pak?

    Untuk pencatatan Asset, barang2 seperti telepon, mesin fax, kursi tamu, meja komputer, kipas angin, bupet, dan lain2 itu masuk akun apa?

    Yang kedua, apakah komputer dimasukkan ke dalam aktiva lancar?

    Terimakasih sebelumnya…wasalam.

    ZB:
    Tidak ada aturan baku dalam mengelompokan asset dan biasanya barang2 yang anda sebutkan dikelompokan kedalam peralatan kantor.

    Komputer termasuk aktiva tetap dalam kelompok peralatan kantor.

    • Bagaimana cara mencatat penyusutan peralatan tersebut? Terima kasih

      ZB:
      Banyak metode penyusutan dalam akuntansi, saya belum sempat membahasnya.

  51. Siang pak,,,
    Saya seorang acoounting yg masih sangat senior n harus banyak belajar pak,,mungkin secara teori dasar akuntansi saya cukup kuat tp kalo dr komputerisasinya saya benar-benar blank,,,
    Saya baru bekerja di perusahan rental mobil n advertising,disana saya dibebaskan untuk memakai aplikasi apa saja yg saya mau,tp saya tidak menguasai software akuntansi jd saya masih menggunakan excel dgn fungsi-fungsi sederhana yg saya buat sendiri…
    Jadi,saya ingin bertanya,software akuntansi yg seperti apa yg bapak tawarkan disini,kalau cocok saya sangat ingin menggunakannya…
    Saya tunggu balasannya melaui email ya pak..
    Trim’s…

    ZB:
    Anda dapat download Aplikasi ZULISoft Standar limited edition Free.
    Untuk dapat memodifikasi aplikasi tersebut sesuai kebutuhan anda tinggal membeli source code nya.

  52. assalammualaikum,…..

    pa sya br merintis buka Cv dalam bidang pengadaan barang dan jasa dan blum mmiliki krywan, saat ini sy br ada transaksi pembelian dan penjualan dgn pdam utk pngadaan barang, sy mnta tlng pa utuk dibrikan cntoh pembukuan perusahaan dan laporan tahunan. saya awam masalah akuntansi.terima kasih.

    ZB:
    Anda bisa download aplikasi ZULISoft Standar versi trial pada alamat berikut http://www.ziddu.com/download/10194920/ZS10Asetup.exe.html

    balas ke emai saya.: dnnysuhendar78@yahoo.co.id

  53. pa saya masih ga paham mengenai GL & laporan pengeluaran bank & kas. Apa pengeluaran kas & bank itu termasuk ada sebagan laporan GL-nya pak.ohon berikan contohnya.

    ZB:

    GL adalah singkatan dari general ledger dalam bahasa indonesianya disebut buku besar. Catatan transaksi sejenis dikelompokan menjadi satu dan deberi nomor account tau nomor rekening atau akun. Sehingga kita dapat menyimpulkan buku besar kas adalah kumpulan catatan transaksi kas. Kumpulan rekening disusun dengan aturan tertentu membentuk laporan keuangan neraca, rugilaba dll. Untuk rincian lebih detailnya anda baca kerangka sistim akuntansi pada halaman akuntansi di blok ini.

  54. siang pak,,
    saya seorang mahasiswi jurusan accounting,,,,
    yg saya tanyakan mengenai PABU penyajian kas di neraca serta penjelasannya ya pak..
    makasih…

    ZB:
    Saya hanya tahu PABU adalah Prinsip Akuntansi Berterima Umum atau yang berlaku umum. Saya bermain di SAK yang bagi banyak kalangan akademisi dan akuntan digunakan sebagai pedoman. Bahkan ada yang mengatakan bahwa satu2nya Standar akuntansi yang berlaku di Indonesia walau kita tahu bahwa SAK adalah bagian kecil dari PABU. Kalu saya bilang adalah petunjuk paktisnya PABU. Jadi tidak heran banyak akuntan yang notabene adalah Sarjana akuntansi tidak tahu apa itu PABU. Saya sendiri juga tidak tahu PABU karena yang pernah saya baca hanya Accounting principles (dari luar), PPAI dari IAI dan PAP untuk akunsi pemeritahan.

    Untuk penyajian kas pada Neraca dapat anda lihat pada pembahasan Kas.

  55. Pak saya mau tanya apa bpk juga mendalami ttg SAP (Sistem Akuntansi Pemerintah)?, Jika ya, apa sudah ada aplikasi berbasis SAP yg bpk buat. Terima kasih..

    ZB:
    Saya hanya mempelajari sekedar tahu aja. Akuntansinya sama saja permasalahannya yang banyak, luas dan rumit. Masih berbasis ganda kas dan akrual.

  56. pak apa bedanya modal dasar,modal disetor & modal ditempatkan ya…trmksh

    ZB:
    Modal ditempatkan adalah masalah lain.
    Modal dasar itu adalah modal yang berasal dari/disetorkan oleh pemilik sebagai modal dasar dalam menjalankan usaha.
    Setelah beroperasi usaha tersebut mendapatkan tambahan modal kerja berupa utang sehingga total aseet perusahaan = Modal + Utang.
    Ada lagi istilah modal kerja bersih yaitu aktiva lancar – utang lancar.
    Dari hasil usaha akan didapatkan lagi tambahan modal, ini yang diesbut laba ditahan ditahan. Kenapa disebut laba ditahan, karena tidak dibagikan ke pemilik karna itu ada juga yang menyebut laba tidak dibagi.
    Apa beda laba ditahan dengan laba tidak dibagi?…

    • berarti modal dasar dengan modal dasar sama saja ya pak

      ZB:
      Mungkin yang dimaksud dengan modal disetor. Jawabnya tidak selalu sama.

      • maaf modal dasar dgn modal disetor maksudnya

        ZB:
        Tidak selalu sama!…
        Perhatikan penyataan berikut :
        “Dengan modal dasar sebanyal x lembar saham dengan nilai …. /per saham dan telah disetor secara keseruhan”. Dalam kalimat ini dapat diambil kesimpulan adanya kemungkinan modal yang disetorkan tidak keseluruhan.

  57. pak minta jenis” prinsip akutansi apa ya? dan jelaskan,, :)

    ZB:
    Saya hanya tahu prinsip akuntansi menurut IAI dalam bukunya PAI sekarang berubah jadi SAK. Belakangan ini sering saya dengan PABU namun saya belum mendapatkan liteturnya dikeluarkan oleh siapa. Selain itu saya pelajari Accounting principles namun sesuai standar asing.

  58. saya bingung mau menentukan judul untuk TA saya..
    saya ingin membuat suatu program berbasis komputer akuntansi.. data yang ada hanya ada data pemasukan dan pengeluaran kas. dan juga pemasukan pendapatan dari Deposit pulsa…
    mohon pertolonganya.. karena saya untuk cari judul yang tepat kok susah sekali.. mohon di balas lewat email saya.

    terima kasih

    ZB:
    Untuk hal ini tentunya anda lebih tepat berkonsultasi dengan pembimbing anda.

  59. minta cara belajar otodidak
    akuntansi keuangan dgn menggunakan EXCEL.

  60. saya ingin tahu seberapa penting penanganan kartu utang thdp laba dan keberlangsungan perusahaan??
    sy harap bisa dijelaskan secepatnya..
    trims

  61. siapa peneme sistem akuntansi yang pertama kali????/

  62. saya mau tanya donk apa seh yg di maksud dgn kreditur perusahaan dan debitur perusahaan…

    Kreditur adalah lembaga/orang yang memberi/ bertransaksi dengan anda yang menyebabkan anda berhutang. (pemberi kredit).

  63. Gimana tow sa jd seoran ACCOUNT yang handal dan Prefesional

  64. Bisa kasih saya contoh tugas akhir kaga.???
    Saya ambil judul tentang kas kecil.
    Makasih sebelumnya

  65. aku baru mulai belajar akuntansi. tolong, aku mau pejelasan tentang akuntansi diperjelas lagi bisa?
    soal nya aku ga ngerti apa-apa di bidang akuntansi.terimakasih

  66. Saya mau tanya bagaimana jika saya mau memisahkan laporan keuangan yg selama ini digabung, terutama untuk menentukan kas awal tahun nya saya kesulitan. tks

    ZB:
    Ini kerjaan konsultan…. prosesnya cukup panjang.

  67. pak, saya mau tanya tentang akuntansi konservatisme,,
    bisa kan pak,,?

    ZB:
    Saya taunya akuntansi komputer, tinggal masukan data terus komputer yang ngerjain sampai selesai.

  68. saya mau minta tolong apa webnya untuk akuntansi perusaahan dagang dan kumpulan2 transaksinya beserta penyelesainya dalam jurnal posting ke buku bsar smpai menjadi laporan keungan tlong britahu ya pak saya pengen blajar dan saya pengen menganalisa dri dtangnya jwaban tersebut….

  69. saya mau tanya apa sih kekurangan dan kelebihan dari metode penghapusan piutang langsung dengan metode cadangan . bisa tolong dijelaskan ? terimakasih.

    ZB:
    Jika pengapusan langsung kerugian tercatat pada saat terjadi penghapusan sekalipun transaksinya terjadi pada periode yang lalu, sedang dengan cadangan, kerugian telah di bebankan/alokasikan dari awal dimana sesungguhnya kerugian tersebut belum benar2 terjadi. Akuntan biasa memilih metode cadangan dengan asumsi bahwa kerugian piutang itu selalu ada dan perlu diperhitungkan namun pemilik mengatakan tidak ada piutang yang tidak bisa ditagih. Terserah anda mau memilih yang mana.

  70. Assalamua’laikum

    Uda…saya Mau tanya, kira kira sistem akuntansi apa ya yg cocok buat usaha saya, saya memiliki bidang usaha jasa rental multimedia,saya menyewakan projector,plasma,led dll, terkadang bila barang saya habis saya sewa ke pihak ke tiga, apabila uda punya, berapa harganya , terimakasih dimohon dibalasnya ke Email…terimakasih , wassalam

    ZB:
    Jawaban ringkasnya yang cocok adalah program yang sesuai dengan kebutuhan, namun kendalanya kebutuhan setiap orang berbeda sekalipun pada jenis usaha yang sama sehingga terpakasa pemakai menyesuaikan dengan yang tersedia atau memesan aplikasi secara taylor made.
    Untuk program saya, perlu ada modifikasi dari ZULISoft standart agar sesuai dengan form yang anda punya. Untuk itu hanya perlu membeli ZULISoft standar dan saya akan lakukan modifikasi tanpa tambahan biaya.

    Jika anda perlu bantuan proses instalasi, memasukan data awal dan pelatihan untuk menggunakannya, saya bebankan fee sebesar Rp.4.5jt sehingga totalnya menjadi Rp.5.25jt (hanya untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya).

  71. ass… pak Zb saya mau tanya tentang AJP [ Ayat Jurnal Penyesuaian ] sblum nya trimakasih

  72. harganya berapa y

  73. ass..
    pak ZB aku mau tanya apa sie keuntungan dari kita menarik obligasi …
    sebelum.a makasih yya pak… :)

    zb:
    Anda lihat halaman hutang jangka panjang http://zulidamel.wordpress.com/2009/02/26/hutang-jangka-panjang/

  74. pak bisa bantu sy cara menghitung laba/rugi dgn perincian ada sisa stok tahun lalu,ada pembelian,ada sisa stok baru,ada penjualan ada setoran.terima kasih

  75. pak..
    saia ingin tanya masalah bukti permintaan dan pengeluaran barang dari gudang untuk pemakaian..
    bisakah anda menjelaskan tentang bukti permintaan dan pengeluaran barang untuk pemakaian???

    terima kasih..

  76. Permisi pak, ijin copy data@nya untuk belajar….Nuwun

  77. pak sya mau mitak tlong sma bpak tlong sya diberikan penjelasan mengenai apa itu pemahaman akuntansi dan apa itu pengertian akuntasi?? terimaksh sbelum nya

    ZB:
    Pemahaman akuntansi adalah memahami bagaimana proses akuntansi, bagai mana perlakuan akuntansi terhadap transaksi akuntansi sedangkan pengertiam akuntansi adalah penjelasan mengenai apa itu akuntansi.

  78. pak tolong bantu sy membuat buku laporan keluar masuk majalah pak, tx

  79. Mohon dijelaskan bagaimana akuntansi perusahaan jasa konstruksi.
    Terima kasih

  80. salam kenal Pak /Ibu ..mf sy lg kuliah smt 5 dan sy belum sama sekali mengerti cara membuat laporan keuangan …tolong di bantu Pak /Ibu…trims

    ZB:
    Dalam masa kuliah tentunya anda harus belajar membuat laporan keuangan secara manual sesuai textbooks. Akan berbeda sekali dengan orang2 disekitar saya yang tahunya akunting itu memriksa dan mencatat transaksi selanjutnya urusan komputer.

  81. sebagai mahasiswa akuntansi memang benar yang dikatakan diatas, akuntansi itu mudah kalau kita paham, dan akuntansi itu jangan dihapal kalau dihapal malah susah >.<

  82. Halo agan2, boleh recommend buku untuk belajar akuntansi dasar ga? Yang gampang dimengerti. Buat programmer gitu. Klo bisa yang ada di Gramed. Trims :)

  83. to the poin z… maaf saya perlu contoh bentuk dan format laporan Koperasi…

    ZB:
    Mohon ma’af, saya tidak menyimpan contoh2 laporan khusus. Untuk laporan keuangan apapun jenis perusahaannya menurut saya adalah sama yang membedakan hanya account yang dimiliki oleh perusahaan dan klasifikasi account. Masing2 perusahaan bebas untuk membuat klasifikasi account sesuai dengan kebutuhannya.

  84. selamat siang pak!!

    konten bapak sungguh bagus, tapi apakah ada buku yang anda rekomendasikan untuk belajar?
    http://www.1st-akuntansi.co.cc
    boleh saya minta back link..:)

    ZB:
    Saya hanya dapat sebutkan Buku2 akuntansi yang banyak saya baca dan saya merasa mudah memahami adalah terbitan yogja. Dan untuk memahami kasus saya sering membandingkan dengan intermediet accounting terbitan Luar, karena umumnya terbitan luar menjelas permasalahan lebih detail.

  85. pak tolong sebutkan sy konsep dasar akuntansi menurut mulyadi,,,!!!
    bsa gag pak ???

  86. bagaimana cara mempelajari akuntansi yang baik dan benar, mohon bantuannya karena saya adalah calon mahasiswa yang ingin berhasil dan mau belajar,terimakasih atas segalanya

  87. slm knl pak.
    pak saya org baru di akuntan,karna besik saya sistem informasi tp sekarang saya bekerja dibagian akuntan.saya mau tanya ada g y buku yang bisa saya pelajari dan untuk orang awam tentang akuntansi seperti saya ini?

    terima kasih pak

    ZB:
    Saya juga basic sistem informasi dan sistem informasi bedanya zaman saya namanya manajemen informasi dan itu pula yang memaksa saya harus belajar akuntansi karena bagian terbesar sistem informasi berkaitan dengan akuntansi.
    Banyak sekali buku tentang akuntansi, Untuk tahap awal sebaiknya anda pilih yang sifatnya bimbingan praktis.

  88. Salam Pak,
    Saya ingin mengetahui bagaimana proses akuntansi untuk kegiatan seperti ini : perusahaan menjual suatu alat kesehatan kepada RS dengan sistem sewa. Sesuai kontrak, pihak RS membayar angsuran dengan bentuk pembelian bahan kimia reagen u/alat itu selama jk waktu ttt.Biaya maintenance dicover oleh perusahaan. Bagaimana transaksi itu dimasukkan ke sistem akuntansi sampai akhirnya sampai pada laba/rugi? Jurnal apa saja yg perlu dibuat(bgm menjurnalnya?) dan bagaimana menghitung BEP nya? Terima kasih

    ZB:
    Dalan bertransaksi itu ada proses diikuti transaksi. Dalam akuntansi yang dicatat adalah transaksinya sedangkan setiap transaksi didukung oleh bukti transaksi dilengkapi dengan bukti pendukung yaitu informasi yang terdapat dapat proses itu. Msalnya dalam pembuatan invoice dilengkapi dengan informasi seperti nomor kontrak dll. Nomor kontrak ini adalah bukti pendukung sedangkan bukti transaksinya keuangan adalah invoice.

  89. It’s good lesson, I still study too much about the Accounting
    Many thank to you, because you have explaine me about this, See You,
    Ass WW
    Hk Wahyudi
    Jakarta

  90. apa kekurangan dari software dac easy acconting?

  91. Aku mau tanya dong, output apa saja sih yg bisa dihasilkan oleh software DEA 4?
    Mksih :)

  92. Selamat siang, salam kenal ya, saya sangat interest dengan blog bapak yang berkaitan dengan akuntansi. Dan jika bapak berkenan kami dari FE UMY ingin berbagi tentang E-Learning dari Fakultas kami yang sedang dikembangkan, didalamnya terdapat bahan2 materi perkuliahan baik akuntansi, manajemen maupun ekonomi perbankan syariah. Jika bapak berkenan ini link kami http://elcom,umy.ac.id/

    http://fe.umy.ac.id/

  93. pak zul, saya mau coba software accounting yg bpk buat, kebetulan saya lagi mencari software accounting tuk perusahaan tempat saya bekerja, dan saya sempat baca bisa disesuaikan dgn modul yang perusahaan inginkan, sy sdh cb bbrp software tapi belum ketemu yang pas, kebetulan kami bergerak dibidang jasa pelayaran angkutan barang, modul yg kami butuhkan pembelian, penjualan, kas bank, inventaris, persediaan, bisa buat laporan cost center, multi user, dan multi cabang, apakah bpk bisa? Dan kira2 anggaran’y brp ya pak?, rencana’y awal tahun 2012 akan kami terapkan, untuk itu kami perlu mempelajari dulu agar saat pemakaian tidak ada kendala., dan lokasi saya di riau, mohon balas email saya ini bila bapak bersedia dan tolong cantumkan no hp bpk, agar kami bs menghubungi langsung. Terima kasih.
    Regard’s
    Yekni

    ZB:
    Sampai saat ini Aplikasi yang saya buat masih berbasis Local Area Network dan menurut saya aplikasi yang anda butuhkan idealnya adalah berbasis web sehingga semua aplikasi cabang dapat terkoneksi via internet. Untuk hal ini saya tidak punya kemampuan yang cukup terutama dalam pengendalian internet security. Kita tahu begitu banyak serangan yang dapat dilakukan para hacker’s yang akan mengancam sistem informasi

  94. pengertian laba dan rugi menurut akutansi apa iya ???

  95. ass……….pak saya nenes nijiko yang mana sekarang sedang nyusun skripsi. yang ingin saya tanya kan tentang pengaruh tekanan dan tanggung dalam penciptaan budgetary slack…………
    yaitu saya bngung dalam membuat kuesionernya dan formatnya apa saja…………..
    trims pak!

  96. malam pak.
    tolong saya dong.
    penjelasan bagaimana bisa terjadinya kerugian piutang??
    bagaimana contoh akunnya pak??
    tx.
    GB

    ZB:
    Penjualan kredit, Pinjaman pihak lain mempunyai resiko menyebabkan kerugian, seperti piutang tidak dapat ditagih (kredit macet), biaya khusus untuk penagihan dll. Akunnya merupakan sub dari biaya. Peraturan pajak membenarkan penyisihan piutang tak tertagih berdasarkan perkiraan dengan asumsi bahwa kerugian akibat piutang itu selalu terjadi. Atau menghapus langsung piutang yang tidak dapat ditagih. Lihat metode penghapusan piutang.

  97. saya ingin tanya laporan keuangan koperasi siswa pak

    ZB:
    Prinsip dasarnya laporan keuangan itu sama. Yang membedakan adalah adalah aktivitasnya sehingga nama akun disesuaikan dengan aktivitas tersebut. Apapun nama akunnya itu tak akan terlepas dari kerangka akuntansi. Misal pada koperasi sekolah sumber permodalannya adalah iuran anggota. Koperasi juga menghasilkan laba hanya namanya SHU. Koperasi siwa tidak mempunyai laporan laba rugi tapi punya laporan SHU apa bedanya?…

  98. Lebih detail lg,biar yg awam tentang ilmu akuntansi mudah mengerti dan dapat memahami.terima kasih

  99. Bagaiaman cara membuat laporan keuangan untuk KBIH (Kelompok Bimbinhan Ibadah Haji), Bagaimana bentuk Neracanya jika tidak punya aset, hutang, dan modal, dan bagaimana Lap. L/Rnya.
    Tks

    ZB:
    Mohon ma’af saya tidak punya kompetensi dalam aktivitas KBIH, namun dapat saya jelaskan Asset adalah penggerak setiap aktivitas. misalnya tempat, dana dll. Ringkasnya tidak ada asset berarti tidak ada neraca dan tidak perlu ada laporan keuangan.

  100. pak, saya mau nyak neh..
    kenapa karyawan yang tdak berja/sakit, gaji ya di byarkan??
    apakah itu tadk mengalami kerugian pda pershaan..?

    ZB:
    Kalau dilihat dari sisi tertentu saja memang merugikan perusahaan. Mungkin cara berfikir tersebut sama dengan cara pikir binatang yang tidak menggunakan perasaan dalam menentukan hak dan kewajiban. Tapi perusahaan adal badan usaha yang dikelola oleh manusia yang harus bertindak secara manusiawi. Karyawan sakit gajinya tidak dipotong, bahkan biaya pengobatan adalah tanggungjawab perusahaan. Kenapa?… karena yang bersangkutan adalah bagian dari perusahaan.

  101. perusahaan retail menggunakan aplikasi MYOB untuk mencatat transaksi keuangan dan membuat laporan keuangan.jumlah transaksi yang dijurnal rata-tata 25 transaksi per hari. user yang menggunakan hanya 1 operator dan 1 staf keuangan. MYOB hanya digunakan pada 1 komputer.

    yang mau ditanya..

    -apakah atas audit perusahaan ini perlu dilakukan TABK ?

    -apa prosedur TABK pada perusahaan itu ?

    ZB:
    Asik!… perusahaan retail “serba satu”, cukup kreatif menggunakan sistem akuntansi komputer. Namun permasalahannya saya nggak tahu apa yang nama TABK karena aku bukan pengguna MYOB.

  102. mantap kk

    mampir Sotfware Akuntansi Online hadir Di Indonesia

    ZB:
    Lihat Promonya sih tertarik, karena saya sangat butuh sofware Online yang aman. Lansung kontak markettingnya, namun apa yang saya harapkan masih belum terpenuhi. Saya maunya koneksi langsung melalui provider internet yang kita miliki seperti speedy, Indosat, Xl, telkomsel, Smart, Esia dll dimana kita tidak perlu lagi perangkat lain selain perangkat koneksi ke internet. Database maunya MySQL. Saya kurang mengerti kenapa harus berlangganan koneksi yang lain dengan biaya koneksi pertitik Rupiah perbulan dan license rupiah per user. Dalam kalkulasi saya masih sangat mahal.
    Disisi aplikasi yang saya lihat dari demonya sama saja dengan aplikasi lainnya seperi myob. Baru bahasanya yang lokal… gayanya masih dari sono gitu….
    Untuk sementara saya hanya usul, agar developer lebih melakukan penyederhanaan disesuaikan dengan kebutuhan agar lebih mudah dipahami …

  103. bisa tolong kasih contoh laporan keuangan fiscal dari laporan keuangan laba rugi gak ?tx

  104. pak, saya mau tanya,,
    saya sedang proses penyusunan TA, tapi bingung mau kasih judul apa,, soalnya data yang saya punya dari perusahaan import itu hanya PIB,,
    solusinya ya pak? trmksh

    ZB:
    Seharusnya dalam hal ini anda minta saran dosen pembimbing.

  105. “mudah???”

    la km salah ??
    wkwkkw

  106. mantap artikelnya . . .

  107. MANTAP !
    banyak masukan .

  108. Sya lgii bngung ni mauu nntuin jdul TA sya yang ttng piutang, tlong Θi bntu ya …

    Mksih

  109. Mohon petunjuk untk materi nya Pa.terima kasih dan sangat bermanfaat sekali buat saya.
    ZB:
    Saya hanya mencoba menulis dari permasalahan yang ditemukan didunia praktis, yang sering terdapat perbedaan dengan ilmu pengetahuan yang ada dibuku.

  110. banyak manfaat nya untuk tugas saya,, thanks

  111. Assalamualaikum Wr.Wb. Panboleh tanya bgmana cara lebih mudah mempelajari myob.
    ZB:
    mohon ma’afm saya bukan pengguna myob, namun yang pasti anda perlu mempelajar prinsip akuntansi yang digunakan oleh aplikasi tersebut. Walau ada beberapa versi (versi Asia) namun kecendrungannya tetap menagcu pada prinsip akuntansi yang berlaku di Amerika.

  112. Bapak saya siswi yang lulus tahun ini, saya pilih program studi komputer akuntansi di universitas yang saya pilih.
    Saya masih bingung pak.
    Awal belajarnya pasti dari dasar dulukan? Terus apa aja faktor pendukung yg bisa bikin sukses di komuter akuntansi?

    ZB:
    Sukses punya batasan yang tidak jelas. Pendidikan adalah salah satu jalan untuk memperoleh peluang, Bila anda telah memperoleh apa yang anda inginkan, anda telah dapat dikatakan sukses untuk anda sendiri tentunya anda juga iingin sukse anda bermanfa’at untuk orang lain.

  113. pengen belajar tentang perusahaan manufaktur :)

    alhamdulillah perusahan jasa & dagang udh agak lancar :) :*

    ZB:
    Hamya tambah menghitung biaya proses produksi.

  114. kalau kita mau menganalisis laporan keuanga pada perusahaan yang berbasis kontraktor, bia ato ngak?

    kita tau kalau dalam perusahaan tersebut pasti mempunyai saldo piutang yang besar.

    mohon penjelasan nya.. terima kasih

    ZB:
    Umumnya kontraktor tidak pernah terlepas dari masalah hutang dan piutang. Mereka selalu merasa kekurangan uang. Yang jadi hal pokok disini adalah mengatur bagimana arus kas tidak menyebabkan operasional tidak macet yang dapat berkibat fatal.

  115. saya mau tanya ni,,,,bagaiman pembuatan invoice jika didalam suatu pembayaran terdapa DP 2 kali,,,,
    Zb:
    Hal ini adalah bagian dari kebijakan manajemen perusahaan. Tidak ada keharusan mencantumkan DP di Invoice. Umumnya penulisan DP di Invoice dilakukan oleh usaha kecil, pada usaha skala besar biasanya DP dicatat sebagai penerimaan Kas yang di kredit ke pendapatan di terima dimuka. Saat trsansaksi telah dilakukan penyelesaiiannya dilakukan dengan ayat penyesuaian.

  116. ada yang bisa ngerjain nie gag??
    bapak hamidin membuka usaha yang bernama “hamidin service” dalam transaksi yang di lakukan selama bulan april2012.tanggal 1:hamidin melakukan investasi berupa uang 12juta & peralatan bengkel 800ribu.tanggal 2:dibeli dari kredit toko yang bernama berliana berupa perlengkapan bengkel 400ribu & peralatan 800ribu.tanggal 5:dibayar sewa bengkel 100ribu.tanggal 10:telah selesai reparasi mobil dengan biaya 500ribu & jumlah tersebut telah difakturkan untuk ditagih.tanggal 13:dibeli perlengkapan seharga 300ribu.tanggal 17:dibayar upah karyawan 200ribu.tanggal 20:tuan hamidin mengambil uang pribadi sebesar 300ribu.tanggal 21:dibayar utang kepada toko “berliana” atas pembelian perlengkapan bengkel 400ribu.tanggal 23:hamidin menambah modal sebesar 1juta berupa uang tunai.tanggal 27:diterima sebagian pembayaran piutang (transaksi tanggal 10 april 2011) sebesar 300ribu.tanggal 30:persediaan bengkel tersisa 400ribu,peralatan bengkel disusutkan 100ribu.susun persamaan akutansi untuk usaha bengkel hamidin service!

    ZB:
    lihat contoh http://zulidamel.wordpress.com/2008/12/26/persamaan-akuntansi-2/

  117. pAK,BISA Bantu saya , saya sekarang sedang sangat binggung ,,
    begini permasalah yang saya alami .
    mohon bantuannya nih, saya sekarang sedang menyusun laporan akhir untuk mengetahui perhitungan harga pokok produksi sabun . Yang menjadi kendala saya adalah pemakaian bahan baku , diketahui 1 ton bahan baku mengalami penyusutan sktr 20%. artinya 1.000 kg * 20% = 800 kg . saat ini saya sedang pusing karena pemakaian bahan baku senilai 2008 toN atau sktr 2.008.000 kg harus d bagi untuk 3 jenis bahan baku. bisakah anda membantu saya dalam melakukan perhitungan tersebut . dan bisa tidak anda memperkirakan harga bahan baku yang berupa minyak limbah, vetsil kelapa dan vetsil sawit ? saya sangat mengharapkan bantuan dari anda. terima kasih ..
    ZB:
    Mohon ma’af, saya tidak punya pengalaman sama sekali dalam hal ini. kenapa terjadi penyusutan dan bagaimana proses flow sangat diperlukan untuk memahami permasalahannya. Kenapa harus diperkirakan bahan baku berupa limbah karena dalam pemahaman saya limbah adalah material yang sudah tidak punya nilai bahkan untuk menyingkirkannya perlu biaya. Bila yang diperlukan kwantitas limbah dari suatu proses, hanya dapat dilakukan berdasarkan pengalaman sama halnya dengan angka penyusutan yang anda peroleh sekitar 20% itu kan dasarnya pengalaman anda. Tidak punya literatur tentang hal ini.

  118. apa perbedaan faktur dan order? apa pengertian order?
    tolong bantu saya pak. terima kasih sebelumnya

    ZB:
    Faktur adalah dokumen yang diterbitkan penjual untuk menagih pembayaran barang yang dijual, sedangkan order diterbitkan oleh pembeli untuk meminta barang. Order belum dapat digunakan sebagai bukti transaksi.

  119. bisakah jelaskan pada saya mengenai faktur penjualan/bukti penjualan /laporan pengeluaran barang???
    terimakasih

  120. akuntansi itu mudah, apalagi kalo udah praktek, yg susah itu nyari selisih :D

  121. terima kasih mas , baca dan tukar link dengan blog saya di http://akunt.blogspot.com/ selaku blog akuntansi .

  122. hubungan antara kartu piutang(buku pembantu) dngn akun piutang dagang sebagai rekening kontrol ? mohon balasan nya mas
    ZB:
    Buku Pembantu merupakan sub dari buku piutang

  123. terimakasih atas infonya

  124. penjelasannya dapat dipahami

  125. tampilan dan materi bagus

  126. bagi saya akuntansi adalah pelajaran yanga sangat sulit…ada cara mudahnya tidak..?

  127. aku ikut share satu link software akuntansi yang menurutku bagus dan mudah dipahami :

    http://www.responsive.co.nz/

    tx. moga bermanfaat :-D

  128. assalamualaikum ..
    pak, saya mau bertanya .
    saya ingin membuat laporan keuangan, teteapi di persediaaan barang di toko saya stoknya msih belum akurat . bagaimana ya pak caranya ? trim :)

  129. Salam kenal!!

    PAS : Microsoft Excel 2010 dan MySQL untuk Membuat Aplikasi Akuntansi

    Silahkan kunjungi dan pilih2 buku berkualitas lainnya dari penerbit-penerbit kota pelajar Yogyakarta
    Dapatkan diskon gede2an hingga 15%. :D

    Jangan lupa silahkan tinggalkan jejak alias komen di : Hon Book Store :)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 77 pengikut lainnya.