Laporan Kas


Apanya yang anda lakukan dan apa yang dibutuhkan ?…

  • Bila anda mengeluarkan chek/giro untuk pembayaran suatu transaksi artinya proses sudah selesai.
  • Bila mencatat penerimaan kas berarti juga proses sudah selesai.

Kenapa dikatakan selesai?… Jawabnya sederhana, yaitu karena untuk melakukan pembayaran tersebut anda harus teliti dulu semua dokumen yang terkait dengan hal itu. Bila itu anda lakukan sesudah pembayaran artinya anda telah melakukan kekeliruan. Kenapa untuk transaksi-transaksi yang sudah selesai masih memerlukan pemeriksaan dan waktu tunggu untuk dilaporkan ?…

Berbagai alasan telah saya peroleh, namun umumnya alasan tersebut hanya sebuah trik untuk menutupi ketidakmampuan mereka. Kelalaian mereka sering terjadi dalam menggunakan media yang  sering tidak sesuai, sehingga timbul kesalahan yang menyebabkan timbul masalah. Itulah yang sering membuat proses menjadi lama.

Saya banyak melihat laporan kas bercampur aduk dengan laporan lainnya khususnya yang terkait seperti pembelian, penjualan, hutang dll. , sehingga bila diminta laporan kas juga akan diperoleh informasi pembelian, informasi penjualan informasi piutang, hutang dll. Yang perlu saya pertanyakan kalau melihat begitu, yang menerima laporan berfikirnya kemana?…

Dalam hal informasi Data dan Informasi berbeda tipis. Namun yang pasti Informasi adalah bentuk serdehana dari data karena informasi itu adalah hasil pengolahan data. Semua data tersebut punya keterkaitan dengan yang lainnya. Disini kita harus membuat batasan agar informasi yang dibutuhkan saja yang ditampilkan.

Pada perusahaan menengah dan besar, semua transaksi dilakukan melalu Bank. Artinya semua catatan mengenai Kas dicatat dan dilaporkan oleh Bank, namun permasalahannya Laporan yang diberikan Bank hanya memenuhi kebutuhan pihak bank dan disampaikan ke perusahaan dalam waktu relatif lama tgl 15 s/d 20 setiap Bulannya.  Dalam kasus tertentu perusahaan masih dapat menghubungi Bank misalnya informasi mengenai saldo, tapi apakah setiap saat perusahaan akan menanyakan hal tersebut. Kalau banyak perusahaan bersikap begitu berapa yang dapat dilayani oleh Bank.

Untuk memahami mari kita coba meinventarisasi kebutuhan mengenai kas pada periode tertentu :

  • Berapa penerimaan kas
  • Berapa penerimaan tunai
  • Berapa pengeluaran kas
  • Berapa Pembayaran tunai
  • Berapa cheque/Giro ditangan
  • Berapa Cheque/Giro Dalam peredaran
  • Melalui rekening mana penerimaan kas
  • Melalui rekening mana kas diterima
  • Kepada siapa dibayarkan
  • Untuk apa dibayarkan
  • Dari transaksi apa diterima
  • Kapan transaksi terjadi
  • Kapan informasi dibutuhkan
  • Dll.

Dapat ditemukan, beberapa kebutuhan tersebut di atas tidak dapat dipenuhi oleh Laporan Bank, karena itu perusahaan harus menutup kekurangan laporan yang diperoleh dari bank tersebut.

Laporan utama dari Kas adalah Laporan Aliran Kas yang sering disebut Chash Flow. Sebutan itu adalah nama dalam bahasa Inggris namun banyak orang lebih suka menggunakannya karena lebih simple dan bahkan lebih dipahami.

Agar lebih jelas kita buat batasan :

Laporan aliran kas adalah laporan Kas masuk, keluar serta perpindahan dari satu rekening kas ke rekening kas lannya.

Untuk itu Kami menyusun laporan Aliran Kas Sebagai Berikut.

Laporan ini disusun secara langsung dari catatan transaksi kas sehingga dapat segera divisual maupun print-out dari lokasi mana saja yang memiliki hak akses.

Informasi Juga dapat divisual dalam bentuk grafis dengan beberapa variasi bentuk grafis.

Dari Laporan Aliran Kas diperoleh Informasi :

  1. Tanggal Efektif  adalah tanggal terjadinya transaksi. perlu dikoreksi dan disesuaikan dengan laporan bank (Rekening Koran).
  2. Nomor Voucher adalah nomor identifikasi voucher transaksi kas. Nomor urut akan terilhat acak karena laporan cashflow didasarkan pada tanggal efektif.
  3. Tanggal Voucher adalah tanggal pencatatan/pembuatan Voucher
  4. ChkGiro adalah nomor cheque/Bilyed Giro yang digunakan (dapat berisi keterangan lain seperti tunai, KU : Kiriman Uang dll.)
  5. Debitur/Kreditur adalah informasi dari siapa/kepada siapa transaksi tersebut
  6. Debit Jumlah penerimaan kas
  7. Kredit Jumlah pengeluaran Kas
  8. Keterangan adalah informasi singkat yang menjelaskan untuk apa kas tersebut.
  9. Selisih total Kolom debi dan Total Kredit menunjukan Surplus/Defisit pada Transaksi Kas

Cashflow adalah informasi kas menurut catatan Perusahaan.  Tampilkan Cash Flow dapat ditentukan berdasarkan perioda tertentu, Debitur/Kreditur tertentu  dan rekening kas tertentu.  Cashflow rekening kas  pada Bank tertentu perioda bulanan harus dibandingkan dengan catatan Bank terkait untuk menemukan (Rekonsiliasi Bank):

  1. Cheqe/Giro Dalam peredaran ( sudah dicatat oleh perusahaan namun belum dicatat oleh bank)
  2. Perbedaan-perbedaan catatan bank dengan catatan perusahaan. Umumnya tidak signifikan
  3. dll.

Pada Aplikasi yang saya susun anda hanya perlu menyesuaikan tanggal efektif pada lembara kerja excel selanjutnya sistem akan melakukan perubahan sesuai penyesuaian tanggal yang anda  lakukan tersebut.

Untuk informasi yang lebih spesifik digunakan bentuk laporan yang lain seperti pernerimaan kas, pengeluaran kas dll…. Semua laporan disusun dan diolah oleh komputer langsung dari data transaksi sehingga setiap transaksi kas yang dicatat ke sistem komputer langsung merupakan elemen dari laporan Kas yang divisual atau prin-out.

Contoh Laporan Penerimaan Kas

lkm

About these ads

11 Tanggapan

  1. tolong berikan contoh laporan penjualan dan laporan pengeluaran kas.

    ZB:
    Bentuk laporan penjualan sangat tergantung pada kebutuhan manajemen perusahaan anda. Maunya bagaimana?…

  2. Mohon Penjelasan.

    Jika menjual barang/jasa dinilai dg uang asing (USD), kurs yg dipakai utk mencatat transaksi tsb apakah kurs pajak atau kurs tengah BI, karena dalam penjualan tsb ada unsur PPN yg hrs dikonversi dg menggunakan kurs pajak.
    Contoh:
    Penjualan brg/jasa secara kredit USD 1,000
    PPN 10% = USD 100
    Jurnal:
    Piutang (debet) USD 1,100 x kurs ?
    Utang PPN (kredit) USD 100 x kurs pajak
    Pendapatan (kredit) USD 1,000 x kurs ?

    Pada saat bayar PPN, jurnalnya:

    Utang PPN (debet) USD 100 x kurs pajak
    Kas (kredit) USD 100 x kur pajak

    Pada saat penerimaan piutang, jurnalnya:

    Kas (debet) 1,100 x kurs ?
    Piutang (kredit) 1,100 x kurs ?

    Terimakasih atas penjelasannya.

    ZB:
    Hal ini hanyalah masalah teknis dimana kita harus mengkonversi sesuai kurs yang berlaku pada saat transaksi (kurs tengah BI) namun realitasnya adalah nilai sesungguhnya pada saat valuta itu dikonversi. Akibatnya akan muncul permasalanhan rugi laba kurs.

  3. pa sy mint tlg yahhh
    tlg beri panduan .
    prushan tmpt sy bkerja bergerak dlm jasa kontraktor khusus telekomunikasi smembwt BTS gt deh, krn sy karyawan baru sy jd msh sngt bngng untuk menjurnal, dan mengklasifikasikan pd tiap akun2-ny pa. oleh bag keu sy hanya diberi kas keluar dan kas masuk tnpa sy twu kas trsbut dipakai utk transaksi ap,,jd bgmn menjurnalnya

    ZB:
    Saya pikir kepada siapa uang itu diberikan, untuk apa, jumlahnya berapa bila perlu diberikan keterangan singkat ti harus ada?… Orang kehilangan uang saja masih bisa jawab uangnya hilang dimana?…Kapan hilangnya….

  4. pak saya mau minta tolong di buatin contoh buku kas
    yang sederhana tapi jelas, saya punya usaha kecil ,pengiriman barang ke saya seminggu sekali dalam sebulan, ada pembayaran cah dan di hutang,saya sendiri bayar cash pada distributornya, terimakasih.

    zb:
    Buku Kas mempunyai bentuk standar sehingga tersedia di Toko Alat Tulis. Kalau yang anda maksud Buku Kas elektronik seperti Cash Books Manajemen System. Saya sudah tidak distribusikan lagi secara terpisah karena sudah menjadi bagian dari ZULISoft.

  5. Mohon informasi mengenai rendemen beras,jagung yang diakui oleh uu perpajakan.Apabila berniat membuka PT yang bergerak di bidang expor impor hasil bumi, apa yang harus disiapkan dalam membuat sistem akuntansi,dan bagaimana cara melakukan penjualan dan pembelian export dan impor.
    Jika transaksi perusahaan adalah perusahaan manufaktur
    tetapi laporan keuangan terlanjur dibuat laporan keuangan
    perusahaan dagang.Bagaimana cara merivisi dengan mudah dan cepat??saya berharap mendapat masukan dari Bapak,.
    Terima kasih sebelumnya.

    ZB:
    Saya tidak dapat menjawab permasalahan teknis karena otorita berada pada instansi masing2.

    Dalam membuat aplikasi akuntansi saya selalu berpedoman pada sistem yang berjalan.

    Dari sisi akuntansi merubah laporan bentuk perusahaan dagang ke bentuk laporan perusahaan industri hanya menambahkan account pabrikasi.

  6. Bagaimana cara menyusun tax plan yang mudah dimengerti dan diterapkan dalam perusahaan yang sedang dalam taraf
    merapikan sistem akuntansi dalam periode tahun berjalan.
    Langkah lapngkah konkrit apa yang harus segera diterapkan di lapangan?

    mohon masukan peluang usaha untuk membuka kantor akuntan pajak, persyaratan yang diperlukan apa yang diperlukan dan bagaimana mencari klien secara efektif dan efisien. terima kasih.

    ZB:
    Mas Dwi!… Pertanyaan anda di area teknis sehingga tidak dapat dilayani disini. Untuk pertanyaan yang ke dua adalah area jasa pembuatan pengurusan surat anda dapat menghubungi perusahaan jasa pengususan surat. dan yang ke tiga cara mencari klien secara efektif adalah dunianya marketing, saya tidak berkompeten dibidang ini.

  7. tolong dibuatkan contoh laporan R/L kebetulan sy menangani keuangan di perusahaan Even Organize (EO)untuk masing-masing event .thanks

  8. mohon bantuan, bagaimana Membuat Jurnal Penyesuaian
    Saldo piutang 8,750.000
    Dibayar melalui rekening BCA P/B ke Danamon (semua rekening sendiri) 8,750,000. dan Bank Danamon ada Transaksi Kas Masuk 8,750,000 untuk Penerimaan Tagihan Piutang.Lalu (transaksi ini kerjasama 2 Perusahaan )

    saya jurnal
    Acc. BCA
    Dr. Danamon 8,750,000
    Cr. BCA 8,750,000
    Secara otomatis di Bank Danamon Uang Masuk

    Acc Danamon
    Dr. Danamon 8,750,000
    cr. Piutang 8,750,00

    Yang menjadi pertanyaan saya bagaimana membuat jurnal penyesuaain agar di bank danamon tidak terjadi daoble infut dan saldo Piutang Nol, kerena di rekening koran cuma ada 8,750,000 Bank danamon,
    terimakasih untuk penjelasannya

    ZB:
    Pemindah bukuan apa hubungannya dengan piutang?….

    Mungkin begini dibayar melalui BCA lalu dipindahkan ke Dananmon

    BCA……..8,750,000
    ….. Piutang…………..8,750,000

    Danamaon…8,750,000
    ……BCA………………8,750,000

    • pindah buku itu dibayar melalui rekening sendiri (kerjasama dgn PT. Lain).
      jika saya menjurnal seperti itu maka di rek koran saya BCA tidak menambah dan tidak berkurang, sendangkan

      Print out dari rek koran BCA Berkurang 8,750,000,
      Danamon Bertambah 8,750,000, dan
      Piutang Berkurang 8,750,000, bagaimana membuat penyesuaiannya terimakasih.

      ZB:
      Coba anda pikir ulang. Yang namanya pindah selalu ada penambahan disatu sisi dan pengurangan di sisi yang lain. Faktanya sudah seharusnya BCA berkurang dan Danamon Bertambah dan piutang berkurang. Apanya yang perlu penyesuaian.

  9. Wahhh Thnks bgt atas bantuanx….

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 77 pengikut lainnya.