Menyusun Laporan


Sasaran akhir dari proses akuntansi adalah Laporan Keuangan. Dengan bantuan komputer berbagai bentuk laporan dapat dibuat dengan mudah. Sering saya melihat laporan yang dibuat oleh bagian Akuntansi menggunakan aplikasi serbaguna Microsoft Excel sulit untuk dipahami karena berbagai informasi disimpan dalam workbooks kadang-kadang disusun dalam satu worksheet. Dengan kemampuan Excel pemakai cenderung berpeluang untuk mencatat informasi sebanyak-banyaknya yang pada akhirnya bermuara pada titik yang rumit dan sulit dimengerti.  Untuk melakukan proses print perlu dilakukan seleksi terhadap range tertentu sesuai keperluan.

Bila personal tersebut tidak lagi menanngi hal tersebut maka personal penggantinya akan mengalami kesulitan besar untuk memahami worksheet tersebut yang pada akhirnya informasi tersebut berpeluang tidak dapat dimanfaatkan lagi. sekalipun masih tetap berada di dalam komputer.

Berbeda dengan sistem akuntansi komputer, dimana pada sistem akuntansi komputer data tersimpan dalam bentuk database. Pembuat software telah mendesain prosedure untuk mebaca dan menulis data dari dan ke database serta menyediakan bentuk laporan tertentu dalam berbagai variasi dimana pemakai tinggal memilih laporan apa yang diperlukan. Variasi tersebut dibutuhkan untuk mangakomodasi kebutuhan pemakai yang berbeda. Pemakai juga dapat membuat report tambahan menggunakan software report design.

Dari pengamatan di banyak tempat dan komentar teman dari staf akuntansi umumnya terlihat mereka pada super sibuk. Banyak saya dengar keluhan pimpinan perusahaan yang mengatakan bagian akuntansi & keuanganya mereka selalu terlambat memberikan laporan.  Bukan hanya itu banyak salahnya lagi… Keterlambatan rekening koran masih dapat digunakan oleh banyak akuntan untuk menuntupi keterlambatan mereka. Proses transaksi yang kadang-kadang lama juga merupakan alasan yang dapat diterima, namun apakah penyebab sesungguhnya keterlambatan tersebut mereka tidak dapat menemukannya dengan pasti.

Dengan Aplikasi akuntansi user hanya mencatat transaksi selanjutnya proses mencatat jurnal, posting ke buku besar serta menyusun laporan dilakukan oleh komputer. Bagaimana anda yang masih mengolah akuntansi dengan metoda manual, pekerjaan mencatat jurnal transaksi saja sudah sangat melelahkan, lalu dilanjutkan dengan menyusun berbagai macam laporan, Kapan bisa anda selesaikan sedangkan volume transaksi perusahaan saat ini begitu banyak. 

Pada aplikasi Akuntansi yang saya tawarkan pada anda telah disediakan bentuk laporan sebagai berikut :

Laporan Kas

  1. Laporan Aliran Kas 
  2. Laporan Saldo Kas
  3. Laporan Penerimaan Kas 
  4. Laporan Pengeluaran Kas 
  5. Laporan Penarikan Tunai
  6. Laporan Setoran Tunai
  7. Laporan Kas Kecil 
  8. Analisa Saldo Kas

Laporan Penjualan

  1. Sales Order
  2. Pengiriman
  3. Penjualan
    • Total Invoice
    • Total Customer
    • Detail
    • Per Customer
    • Per sales
  4. Harga Pokok
  5. Piutang Dagang
  6. Analisa Piutang
    • Jatuh Tempo
    • Akan Jatuh Tempo
  7. Analisa Transaksi Penjualan
  8. Lampiran Pajak Keluaran

Laporan Pembelian

  1. Purchase Order
    • Total Po
    • Detail
  2. Penerimaan
    • Total Penerimaan
    • Total Supplier
    • Detail
    • Pewr Supplier
  3. Hutang Dagang
  4. Analisa Umur Hutang
  5. Analisa Transaksi Pembelian
  6. Lampiran Pajak Masukan

Laporan Persediaan

  1. Posisi Persediaan
  2. Mutasi Persediaan

Laporan Utama

  1. Jurnal Transaksi
  2. Buku Besar
  3. Rugi/Laba
    • Periode Bulanan
    • Akumulasi
  4. Neraca
    1. Neraca Utama
    2. Perubahan Modal
    3. Neraca Perbandingan

Grafik:

Disamping bentuk laporan tersebut juga tersedia visual grafik untuk informasi, Penjualan, Pejualan sales tertentu, Pejualan Customer tertentu, Pembelian, Aliran kas, Pembelian & Penjualan, Piutang & Hutang dan beberapa Grafik pada rekening rugilaba. Semua dapat divisual dalam hitungan detik.

 

About these ads

15 Tanggapan

  1. KALO MAU BIKIN BLOG, JANGAN LUPA MASUK SITUS “Leoxa.com”
    (Themenya Keren Abiss & Bisa Pake Adsense)

  2. makasih kang atas artikel na

    tak save yo

  3. Pak Zul, kalau laporan keuangan untuk lembaga pendidikan (perguruan tinggi, bagaimana?

    Zb:
    Laporan keuangan utama ( Buku besar, Rugilaba, Neraca, Capital Statement Aliran Kas) bentuknya Sudah Standar. Perbedaan terletak pada Invoice. Kalau perusahaan dagang umumnya invoicenya hampir sama namun pada perusahaan Jasa dan lembaga pendidikan lebih spesifik Jadi perlu penyesuaian, Namun bila dirasa tidak perlu yang bentuknya spesifik tersebut invoice perusahaan dagang juga dapat digunakan… Kebutuhan invoice tersebut adalah untuk mencatat timbulnya tagihan (piutang) kalau pada lembaga peindidikan piutang terhadap mahasiswa. Data barang diisi dengan Data matakuliah sehingga Itemnya Barang pada Invoice berisi data sesuai KRS.

    Sales Order pada perusahaan dagang identik dengan penawaran Matakuliah dari Kampus untuk dipilih Mahasiswa. Surat jalan ya’ ngak ada.

  4. mohon diberikan contoh laporan keuangan untuk perusahaan kontraktor
    terima kasih

  5. mohon diberikan contoh laporan keuangan jasa, keuangan dagang dan laporan keuangan pemfakturan

    Zb:
    Serius, saya belum tahu perusahaan pemfakturan.
    Saya, punya laproan keuangan baik perusahaan jasa, dagang maupun industri namun saya tidak berhak untuk mempublikasikannya. Untuk merekayasanya saya belum dapat meluangkan waktu untuk itu karena menurut saya juga akan sama saja dengan laporan keuangan yang lain yang tersebar baik dalam teks book maupun di internet. Saya kebetulan juga ditawarkan oleh suatu penerbit untuk meyusun buku pintar menyusun laporan keuangan namun belum dapat saya selesaikan. Sebelum saya dapat memenuhi harapan anda, sementara saya berikan dulu bahwa kunci laporan keuangan adalah klasifikasi rekening, lalu setiap transaksi dibuat bukti transaksinya pada formulir yang tepat selanjutnya urusan menyusun laporan keuangan dapat diambil alih oleh komputer.

  6. Mohon Bantuannya Pak….!!
    Saya dari Operator Komputer Tiba-tiba diberi
    job mengurus koperasi, sedangkan saya masih belum paham cara membuat laporan keuangannya, terlebih untuk persediaan.
    mohon solusinya.

  7. hi, saya mohon bantuan ya.. saya baru kerja di perusahaan ini ( pershan Jasa komputer). nah, wktu saya liat pembukuannya bingung.coz di dalm sistem yg dibuat oleh org internal, laporan taon lalu jlhx beda dgn yg di laporkan di SPT.trs, yg bulan jan- juni gak balance.saya sudah bingung harus buat apa pdhl skarang sudah mo tutup buku tahunan.tolong ya bantu, brikan contoh untk buat pelaporannya.trimakasih,.

    egi

  8. NB.
    saya mulai kerja bulan Juli.. saya mohon bantuan ya.coz di tempat kerja saya ini gak da yang tau akuntansi..
    trima kasih,.

    egi

  9. Pak, klo boleh tolong kirim contoh laporan keuangan nya ya,.( perusahaan jasa)..

    ZB:
    Sampai hari ini saya belum bisa memenuhi permintaan kamu dan banyak juga temanmu yang meminta hal yang sama. Untuk itu kamu search aja “laporan Keuangan”, “Laporan Neraca” “laporan Rugi Laba” kamu akan menemukan banyak contoh laporan keuangan Ok!…

    Pada dasarnya laporan keuangan itu adalah sama, yang membedakan adalah rekening buku besar yang dimiliki oleh perusahaan yaitu sesuai dengan bidang usaha dan besar kecilnya perusahaan.

  10. pak, tolong kirimin contoh laporan penjualan untuk toko kelontong, trim

    ZB:
    Apapun tokonya format dasar laporan penjualan adalah :

    Nomor urut, Tanggal, Nama barang , Jumlah, harga jual dan di total ke kanan dan ke bawah.
    Bila penjualannya secara kredit kita pelu informasi detail pembeli sedang jika tunai tdak diperlukan atau cukup secara global saja.

  11. pak kalo mau pesan buat program untuk togel

  12. pak zul…kalau bikin laporan untuk sewa tenda, dan alat2 pesta seperti piring gelas sendok dll nya bagaimana?

    ZB:
    Bentuk laporanya hanya beda nama dengan laporan penjualan yaitu Sewa. Namun dalam oerasionalnya barang dikembalikan dan ZULISoft Standar tidak mendukung pada tingkat operasional seperti ini.

  13. klo buat perusahaan jasa konstruksi ada contohnya ga?
    makasih…

  14. pak tolong berikan saya contoh laporan keuangan untuk organinisasi pendidikan (Universitas). terimma kasih pak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 73 pengikut lainnya.