Perencanaan Produksi


Perencanaan adalah fungsi manajemen yang paling pokok dan sangat luas meliputi perkiraan dan perhitungan mengenai kegiatan yang akan dilaksanakan pada waktu yang akan datang mengikuti suatu urutan tertentu. Perencanaan merupakan salah satu sarana manajemen untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan karena itu setiap tingkat manajemen dalam organisasi sangat membutuhkan aktivitas perencanaan
Tujuan perencanaan harus tegas, jelas dan mudah dimengerti. Seringkali perencanaan harus mengalami perubahan, oleh karena itu perencanaan harus besifat luwes dan terbuka untuk dapat dirubah bila diperlukan.  Sifat luwes ini mengakibatkan pelaksanaan kegiatannya harus dimonitor dan dikendalikan terus menerus yang disesuaikan dengan kondisi yang ada namun perencanaan harus tetap pada tujuan yang ditetapkan.
Perencanaan juga merupakan fungsi memilih sasaran perusahaan secara kebijaksanaan, program dan pemilihan langkah-langkah apa yang harus dilakukan, siapa yang melakukan dan kapan aktivitasnya dilaksanakan.
Dalam perencanaan produksi kita selalu menginginkan agar diperoleh perencanaan produksi yang baik namun merencanakan proses produksi bukanlah hal yang mudah karena banyaknya faktor yang mempengaruhinya. Faktor-faktor internal relative mudah dapat dikuasai oleh PPC manager, namun faktor external tidak demikian. Karena itu perencanaan harus dibuat ketat namun tidak kaku, artinya dapat dirubah bila diperlukan dan kemungkinan perubahan ini juga harus diperhitungkan agar tidak menimbulkan kesulitan. Perencanaan  yang baik hanya akan diperoleh dengan didasarkan kepada informasi yang baik dan pengukuran keberhasilan didasarkan kepada standard  yang ditetapkan.

Unsur-unsur Perencanaan
Perencanaan adalah suatu hasil pemikiran yang rasional dimana di dalamnya terdapat dugaan/perkiraan, perhitungan untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai pada masa yang akan datang. Syarat mutlak suatu perencanaan harus mempunyai  tujuan yang jelas dan mudah dimengerti. Perencanaan harus terukur  dan mempunyai standard tertentu. 
Perencanaan digolongkan sebagai fakta yang Objective  kebenarannya bahwa pemikiran yang rasional itu tidak atas hayalan belaka tetapi  suatu perhitungan berdasarkan data yang objective.  Walau perencanaan mengandung unsur dugaan/pemikiran namun harus didasarkan pada suatu  standard  yang terukur.
Perencanaan adalah sebagai tahap persiapan / tindakan pendahuluan untuk melaksanakan kegiatan dengan memperhatikan penyimpangan yang mungkin terjadi

Fungsi  Perencanaan Produksi
Perencanaan produksi (Production Planning) adalah salah satu dari berbagai macam bentuk perencanaan yaitu suatu kegiatan pendahuluan atas proses produksi yang akan dilaksanakan dalam usaha mencapai tujuan yang diinginkan perusahaan.
Perencanaan produksi sangat erat kaitannya dengan pengendalian persediaan sehingga sebagian besar perusahaan manufacture menempatkan fungsi perencanaan dan pengendalian persediaan dalam satu kesatuan. 
Ditinjau dari bentuk industri, perencanaan produksi suatu perusahaan yang satu dengan perusahaan yang lainnya terdapat perbedaan. Banyak hal yang menyebabkan perbedaan tersebut, bahkan pada perusahaan yang sejenis.
Tujuan produksi bagi perusahaan adalah barang dengan spesifikasi tertentu memenuhi permintaan pelanggan. Tujuan tersebut dituangkan dalam Order Confirmation yang dibuat oleh bagian penjualan. Dengan demikian dapat disimpulkan tujuan produksi sepenuhnya  dirumuskan oleh sales department, berdasarkan order yang telah diterima. Karena tujuan produksi dirumuskan berdasarkan order yang telah diterima maka dalam fungsi perencanan produksi pengaruh forecasting pada sistem perencanaan produksi dapat dikatakan tidak signifikan.
Untuk mencapai tujuan, khususnya dalam perencanaan produksi dan pengendalian persediaan perusahaan perlu menyediakan fasilitas komunikasi  dan sistem informasi yang mendukung sistem pengolahan data terdistribusi. Program aplikasi database management system yang terintegrasi dengan sistem lainnya di lingkungan perusahaan sehinngga bagian perencanaan produksi dan pengendalian persediaan memiliki sarana yang cukup handal yang dapat memberikan informasi yang dibutuhkan dalam waktu yang relatif singkat. Bagian perencanaan dengan  mudah dapat mengumpulkan informasi yang diperlukan dalam menyusun perencanaan produksi.
Agar masing-masing fungsi yang terdapat dalam Sistem perencanaan dan bagian terkait dengan sistem perencanaan produksi dapat menjalankan kerja dan tanggungjawabnya sesuai  dengan sistem, maka setiap  personal  disyaratkan mengenal sistem akuntansi komputer dan procedure yang diterapkan.  Dengan demikian efektifitas kerja dapat ditingkatkan.
Dalam usaha mencapai tujuan perencanaan produksi terdapat berbagai macam permasalahan sesuai dengan proses yang akan dilaksanakan, kemudian dirumuskan bagaimana pekerjaan tersebut dilaksanakan secara efektif dan efisien serta bagaimana cara pengendaliannya.  Keberhasilan dalam membuat perencanaan produksi dan pencapaiannya tidak hanya tergantung pada organisasi  bagian perencanaan itu sendiri, melainkan sangat tergantung pada struktur organisasi secara keseluruhan dan sistem  yang diterapkan. 
Kegagalan dapat terjadi akibat kesalahan dalam penggunaan sistem informasi tidak efektif, bahkan sering terjadi kesalahan dalam pengambilan keputusan akibat tidak memahami informasi yang ditampilkan  oleh sistem informasi yang tersedia. Manajer bagian prencanaan mutlak harus memahami sistem informasi yang digunakan, karena sistem informasi yang digunakan adalah berbasis komputer maka manajer bagian perencanaan produksi dan pengendalian persediaan serta bagian yang terkait langsung dengan bagian tersebut harus memahami dan mengerti sistem komputer yang digunakan. Jika tidak maka terbuka peluang untuk mengambil keputusan-keputusan yang keliru.
Kelancaran proses produksi ditentukan oleh tingkat kematangan penjadwalan produksi. Dalam menyusun perencanaan harus memperhatikan berbagai element dari berbagai bagian sehingga sangat memerlukan sistem yang terintegrasi dan harus didukung dengan fasilitas yang memadai. Perencanaan produksi dituntut harus lebih besifat (sales oriented) namun di sisi lain tanpa mengabaikan efisiensi dan kelancaran proses produksi
Kemampuan sumber daya manusia sangat tergantung pada sistem yang diterapkan.  Tidak jarang orang yang mampu tidak dapat berbuat karena terikat oleh sistem dan fasilitas yang tersedia. Pembagian tugas dan tanggung jawab harus jelas dan dilakukan pengukuran efektifitas kerja. (Standard operational process) dan (Standard Instruction Process) harus dipahami oleh bagian operasional dan juga bagian perencanaan.
Perencanaan produksi sangat tergantung pada kapasitas, jenis perusahaan, sumberdaya  dan jenis produksi yang dikerjakan. Berdasarkan hal tersebut perusahaan yang mengerjakan order yang terputus-pustus berdasarkan permintaan pelanggan yang pemenuhannya pada waktu yang akan datang,  tingkat kesulitan dalam menyusun perencanaan jauh lebih sulit  dibanding perusahaan yang mengerjakan produksi continue. Pengukuran keberhasilan perencanaan tidak tepat untuk dibandingkan dengan perusahaan lain karena perbedaan kelengkapan, kapasitas dan sumberdaya  apalagi dibanding dengan perusahaan lain yang tidak sejenis.
Faktor penting dalam melakukan pengukuran adalah standar produksi meliputi waktu, mutu, jumlah yang dapat dihasilkan berdasarkan penelitian yang dilakukan pada jangka waktu tertentu di perusahaan ini.  Pengukuran perlu dilakukan secara terus-menerus sehingga keputusan yang diambil untuk pengembangan jangka panjang mempunyai dasar yang objectif.

Fungsi pengendalian persediaan
Persediaan adalah barang milik perusahaan  dengan maksud untuk dijual (barang jadi) atau barang dalam process produksi atau barang yang menunggu penggunaannya dalam process produksi (bahan baku).  Fungsi dasar pengendalian persediaan baik bahan baku, barang dalam proses  maupun barang jadi banyak sekali. Fungsi tersebut meliputi proses berurutan  mulai dari timbulnya kebutuhan, pembelian, pengolahan, delivery.  Permasalahan utama  persediaan  yang timbul yaitu bagaimana fungsi tersebut  dapat mengatur persediaan sehingga setiap permintaan dapat dilayani akan tetapi  biaya persediaan harus minimum.
Bila persediaan cukup banyak, permintaan dapat segera dilayani akan tetapi menyebabkan biaya penyimpanan barang tersebut akan menjadi sangat mahal. Dengan memperhatikan hal tersebut diambil keputusan untuk menentukan nilai persediaan.
Menentukan nilai persediaan sangat tergantung kepada jenis perusahaan, modal kerja dan omzet perusahaan serta lead time untuk mendapatkan barang tersebut. Karena PT. Samudra Montaz sebagai perusahaan converting yang bersifat memenuhi permintaan pelanggan pada periode yang akan datang maka, besarnya kebutuhan akan barang tersebut tidak dapat ditentukan sebelum disepakati sales contract.
Sebagian besar bahan baku sudah dialokasikan untuk produk tertentu karena pembelian dilakukan setelah bagian perencanaan menerima GR Order Confirmation yang sudah disetujui oleh pimpinan perusahaan.  Fungsi pengendalian persediaan adalah bagian dari fungsi perencanaan produksi yang bertanggung jawab atas tersedianya material produksi dan material pembantu agar  proses produksi dapat berjalan sesuai rencana yang ditetapkan

Fungsi perencanaan produksi yang bertanggung jawab atas tersedianya material produksi dan material pembantu agar  proses produksi dapat berjalan sesuai rencana yang ditetapkan. Keperluan meminimumkan persediaan berhubungan dengan besarnya biaya yang diperlukan  oleh persediaan yaitu :
Biaya pembelian.
Yang dimaksud biaya pembelian dalam hal ini adalah biaya pembelian bahan baku untuk produksi. Pembelian skala besar dapat mengurangi biaya pembelian dengan adanya potongan harga (quantity discount) yang diberikan Supplier dengan konsekwensi biaya transportasi yang ditanggung Supplier relative lebih murah karena pengangkutan barang dilakukan tidak terlalu sering, namun perlu diperhitungkan apakah potongan harga tersebut lebih kecil dari biaya  penyimpanan. Disamping itu jumlah persediaan yang cukup dapat mempercepat delivery sehingga tidak menimbulkan kekecewaan pelanggan. Karena jenis perusahaan memproduksi suatu barang sesuai permintaan pelanggan dimana permintaan tersebut akan dipenuhi pada waktu yang akan datang, cara pembelian tersebut tidak menguntungkan karena penyimpanan barang tersebut membutuhkan  ruang yang luas dan waktu penyimpanan yang relative lama
Biaya penyimpanan
Biaya  penyimpanan meliputi biaya penyediaan ruang  yang diperlukan untuk menampung barang tersebut, biaya perawatan atas resiko kerusakan,  serta biaya tenaga kerja yang diperlukan untuk merawat dan mengamankan barang tersebut dari segala macam bentuk gangguan.
Selain itu biaya penyimpanan juga berkaitan dengan biaya bunga  dimana semakin besar dana yang dialokasikan pada persediaan akan mengakibatkan  alokasi  akan investasi yang lain akan terhambat  atau  dilakukan dengan suntikan dana dari kreditur dalam hal ini adalah Bank.
Sesuai dengan sifat perusahaan yang memenuhi permintaan  pelanggan pada waktu yang akan datang  maka  persediaan bahan baku dasar, tinta spesial yang tidak diperuntukan untuk order produksi tertentu (bebas) adalah nol. 

About these ads

26 Tanggapan

  1. MAKASIH BANYAK ATAS JURNALNYA, OK

  2. apakah perencanaan produksi jangka menengah selalu dengan perencanaan agregat..

  3. Bagaimana membuat perencanaan produksi dengan keadan perusahaan yg buruk? Dimana informasi yg dibutuhkan sulit didapat?
    Thx

    Zb:
    Bisa!… sistim informasinya diperbaiki dulu supaya mudah mendapatkan informasinya. oK!..

  4. Perencanaan adalah awal langkah kita.

    Jadi setiap kegiatan kalau ingin sesuai dengan harapan cobalah untuk membuat perencanaan, walaupun perencanaan itu tidak bersifat tertulis.

    Zb:
    Perencanaan tanpa tertulis, sama saja dengan angan-angan.
    Perhatikan semboyan berikut !…
    ” Tulis apa yang akan kamu kerjakan, kerjakan yang kamu tulis !….”.

  5. saya sekarang sedang kerja praktek di PT.Indofood Sukses Makmur Tbk dan hendak menagmbil tema mengenai perancangan dan pengendalian produksi, khususnya mengenai manajemen persediaan. Namun kendalanya PT.ISMT tidak bersedia memberikan informasi mengenai biaya simpan, biaya pesan, dll. Apa yg harus saya lakukan y?

    ZB:
    Boleh jadi hal itu adalah rahasia perusahaan, dan bisa juga merupakan lapangan bermain yang enak bagi manajemen terkait sehingga mereka tidak mau terusik.
    Bila masih memungkinkan anda dapat saja, menampilkan hasil analisa anda dengan meminta persetujuan manajemen yang lebih tinggi. (Tertulis) jika tidak anda dapat saja dituntut dengan mengatas namakan PT.ISMT oleh personal yang kenyamanannya terganggu.
    Jika itu memang atas kebijakan perusahaan anda tidak dapat paksakan dan anda tidak punya otoritas untuk itu carilah thema yang lain. Atau perusahaan yang lain.

  6. saya magang di PT. Coca-Cola Bottling Indonesia (CCBI), saya mau mengambil masalah perencanaan produksi, sbrnya perencanaan produksi di perush itu sudah baik, krn mrk menggunakan sistem yang sudah turun temurun dari dulu,tetapi faktor2 yg m’pengaruhinya tdk ada faktor biaya..
    faktor2nya al: penjualan,pengiriman,stok digudang,stok disalescenter,dan bnyknya botol kosong.kalo menurut anda apa perlu saya coba tambahkan faktor biaya untuk melihat seberapa besar pengaruhnya thd PP??tapi kalo saya pikir ko sptnya tdk b’pengaruh,, kalaupun saya mencoba menambahkan faktor biaya, sy tdk yakin mrka mau m’berikan info biaya yg mrk keluarkn, krn kmrn temen saya sdh menyanyakannya, tapi mrk b’belit2 menjawabnya..
    apa anda bisa m’berikan masukan faktor apa yg mungkin untuk saya tambahkan untuk bisa saya analisis lbh jelas???
    terima kasih banyak sebelumnya, tolong kalau bisa cepat di replay…
    tq.

    ZB:
    Faktor biaya kadang memang menjadi hal yang tidak material bagi perusahaan tertentu, karena perusahaan harus mengeluarkan biaya tersebut untuk mendapatkan hasil. Namun tetap diperhitungan agar dapat menekan penggunanaan biaya dan mencegah praktek tidak sehat. Kan bisa saja perusahaan sudah punya standar biay produksi maksimau sebesar x % biaya lain-lainya sebesar y %. selama itu terpenuh dianggap ok!…

    Tapi sebagai ilmuwan anda tentunya akan menempatkan segala sesuau pada realnya. Saya pernah alami hal yang mirip dengan anda. Suatu ketika saya sedang mengevaluasi bagian penagihan suatu perusahaan X. Saya ditantang oleh banyak orang. Kira2 “Disini tugas kami hanya menagih sesuai faktur yang diserahkan ke kami dan hasilnya setorkan, jadi tidak mungkin ada penyimpangan yang kami lakukan. Namun faktanya setelah saya periksa ternyata ada rumah, ada mobil dan ada motor yang didapat dari hasil uang tagihan yang tidak disetorkan ke perusahaan.

  7. aq pengen buat Praktek lapang tentang penjadwalan produk, ta
    pi masih bingung..

    bantu aq dalam masalah ini

    makasih sebelumnya

  8. saya sekarang biasa buat perencanaan produksi di suatu perusahaan tapi walau jadwal sudah di buat ,tapi kendala biasa masih terjadi di lapangan,dengan begitu saya harus ikut alur produksi yang sering menjalankan produksi beda dengan di jadwal dan sering revisi karena takut pengiriman terganggu,bagaimana solusinya trims

    ZB:
    Perencanaan yang baik adalah perencanaan yang didasarkan informasi yang baik dan diukur dengan suatu standar yang ditetapkan. Semakin banyak informasi yang digunakan makin baik, sehingga banyak alternatif yang dapat diambil hingga tujuan tercapai. Namun perencanaan harus tetap terbuka untuk direvisi karena tidak semua faktor dapat dikuasai. Untuk itu rencana produksi harus dimonitor secara terus menerus.

  9. salamat malam…
    saya mau ty, gmn biasanya sebuah perusahaan merencanakan proses produksi, dengan kata lain cara atau metode yang biasanya digunakan pada sebuah perusahaan tentang perencanaan produksi.
    tank`s…

    ZB:
    Faktor utamanya adalah kebutuhan konsumen. Yang dibutuhkan diproduksi lebih banyak…

  10. pilat kau mang ngapo dx dow cak yang ku kendak

  11. thank’s yach
    jurnal yang d’berikan cukup jelas..
    tapi gw pngen tau dunk
    Faktor” yang perlu d’pertimbangkan dalam perencanaan produksi

  12. makasi banyak jurnaknya.. membantu say lebih bisa mengembangkan kata – kata dalam menyusun tugas paper saya :))

  13. makasi atas jurnalny..
    mw tanya ad jurnal perencanaan produksi metode biegel ga??
    thx

    ZB:
    Mohon ma’af, saya nggak punya…

  14. ooiya tnks atas jurnalnya karna ini sangat membantu saya dalam mempelajari tentang perencanaan produksi; karna saiya sekarang bekerja sebagai staf perencanaan produksi di salah satu perusahaan swasta di jakarta…”

  15. terima ksih atas di publikasikan y jurnal tentang perencanaan…..
    ini sangat membantu saya dalam pembuatan SOP di perusahaan>

  16. Fungsi perencanaan secara umum bagaimana mas, tolong dibantu ya…?:-)

  17. pengen kuliah lagi…

  18. uda….
    bisa minta contoh jadwal proses produksi ga….????
    misalnya tahapan apa aja yg harus di lalui step by stepnya agar proses produksi bisa tepat sesuai jadwal….
    thanks
    ZB:
    Permasalahan adalah apa dan berapa yang mau diproduksi. Mana yang lebih diprioritaskan. Kalau contoh dapat saja anda perhatikan jadual pelajaran. Bedanya pada jadual pelajaran adalah yang akan dipelajari sedang jadwal produksi apa yang akan diproduksi.

  19. bagus infonya… :D
    sangat membantu.. ditunggu kunjungan baliknya @http://chumchumsoft.blogspot.com

  20. lbh bagus lagi jika ditambahkan dgn gambar2 yg mendukung

  21. penjelasnya jelas, tp bagaimana dengan perencanaan produksi perikanan tangkap, apa sja thp2 yang harus dikerjakan dan diperhatikan untuk memperoleh produksi yang optimal.
    kebetulan saya sedang PKL di salah satu perusahaan yang bergerak dibidang penangkapan untuk memproduksi ikan beku utuh.

  22. [...] Perencanaan Produksi [...]

  23. [...] Perencanaan Produksi [...]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 77 pengikut lainnya.