PIUTANG


Piutang adalah tuntutan (claims) terhadap pihak tertentu yang penyelesaiannya diharapkan dalam bentuk Kas selama kegiatan normal perusahaan. Klaim timbul karena berbagai sebab. misalnya penjualan secara kredit, pemberian pinjaman kepada karyawan, porsekot dalam kontrak pembelian, porsekot kepada karyawan, dll. Tidak semua klaim tersebut di sebut sebagai piutang.

Berikut ini beberapa bentuk klaim antara lain klaim terhadap kelebihan pembayaran pajak, klaim terhadap perusahaan angkutan atas barang-barang yang rusak atau hilang dalam perjalanan, klaim ganti rugi terhadap perusahaan asuransi, piutang terhadap pemesan saham, piutang penghasilan yaitu penghasilan yang sudah terjadi tetapi belum diterima, bunga yang masih harus diterima, sewa yang masih harus diterima, dll.

Jenis-Jenis Piutang

Piutang Dagang (Account Receivables) yaitu piutang yang timbul dari penjualan kredit barang atau Jasa yang merupakan usaha pokok perusahaan. Bila piutang timbul dari penjualan asset perusahaan, pemberian pinjaman kepada pihak tertentu maka piutang tersebut tidak termasuk golongan piutang dagang

Wesel Tagih yaitu Piutang yang secara formil didukung oleh penjanjian untuk membayar secara tertulis (Notes Payable)

Piutang non dagang yaitu piutang yang timbul akibat penjualan asset, pemberian pinjaman kepada pihak tertentu. Misalnya pinjaman karyawan.

Penyajian Piutang dalam Neraca

Penyajian piutang dalam neraca harus tetap menyajikan jumlah bruto piutang karena piutang yang tak dapat direalisasikan hanya berdasarkan taksiran. (Prinsip Akuntansi Indonesia 3.1 Pasal 9). Harus dipisahkan secara jelas antara piutang dagang, piutang karyawan dan piutang lainya. Apabila suatu perusahaan mempunyai hubungan jual beli dengan suatu pihak, sehingga terdapat piutang dagang dan juga utang dagang atau utang lainnya, penyajian dalam neraca tidak boleh dokompensasi akan tetapi harus dinyatakan secara terpisah.

Mencatat Piutang

Dalam sistim akuntansi manual, piutang dicatat oleh bagian khusus yang menangani piutang. Pada sistim akuntansi komputer umumnya pengembang menyerahkan tugas tersebut kepada komputer sehingga bagian piutang cukup melakukan verifikasi untuk menjamin validasi catatan yang dilakukan komputer.

Laporan Piutang

Kerugian Piutang

About these ads

38 Tanggapan

  1. ass. pak zul, tolong bantu saya untuk membuka pikiran saya yang lagi tidak karuan karena skripsi. saya mengambil judul pengaruh konsumsi listrik rumah tangga dan industri thd ROI pd PLN. tapi, sejujurnya saya sangat tidak tahu apakah memang ada pengaruhnya, kalaupun ada dari segi mananya. saya juga belum menemukan jurnal pendukungnya. Tolong beri masukan, pak. makasih

  2. tks ya info tentang piutang nya…..

    buat tugas kul.. :)

  3. pak tolong saya, saya sedang mencari jawaban tentang 1. bagaimanakah penyajian piutang dagang dineraca dan piutang non dagang dineraca 2. jelaskan 2 metodepenafsiran piutang tak tertagih 3. berilah contoh % penjualanbersih terhadap besarnya cadangan kerugian piutang tak tertagih 4. jelaskan sebab2 piutang yang tidak tertagih. apakah piutang tak tertagih tersebut merupakan biaya bagi perusahaan. terima kasih ya pak, saya tunngu jawabannya.

    ZB:
    Untuk penyajian piutang di Neraca, kamu lihat lagi dan harus dpisahkan pitang dagang dan piutang non dagang secara jelas.
    Untuk metode penafsiaran piutang tak tertagih saya kurang mememahami pertanyaan anda. Mungkin metode penghapusan langsung atau penyisihan piutang tak tertagi. Masalah prosentasenya adalah kebijakan manajemen bahkan ada yang menentukan 0 % karena prinsipnya semua piutang dapat ditagih. Kalau benr-benar tidak dapat ditagih langsung dibebankan pada tahun berjalan.
    Biaya bagi perusahaan? Ya! biasa diberinama kerugian piutang.

  4. mau menanyakan mengenai pencatatan cadangan piutang ragu-ragu.
    1. metode apa saja yg dapat digunakan untuk mencatat cadangan piutang.
    2. apakah cadangan tsb. akan selalu bertambah stiap bulan.
    3. jika selalu bertambah, bukan kah ada piutang yg akan double di cadangkan..

    trimakasih di tunggu jawabannya

    ZB:
    Saya telah siapkan pembahasan kerugian piutang untuk menjawab pertanyaan anda.

  5. siang pak..
    saya ingin mengajukan pertanyaan..
    Jelaskan tentang pengertian utang dagang, jenis – jenis utang dagang, dan contoh soal mengenai utang dagang

    saya harap bapak bisa membantu saya untuk menjawab pertanyaan saya tersebut.
    terima kasih.

    ZB:
    Jawabnya gampang yaitu kebalikan dari penjelasan piutang yang sudah dijelaskan di atas.

  6. Sya mau bertanya tentang bagaimana cara menggunakan analisis umum piutang ( Agibg Schedule),saya tunggu jawabanya

    ZB:
    Nunggunya dimana neng?…
    Saya kurang nangkap maksud anda, namun saya akan coba untuk menjawan pertanyaan ini.
    Saya punya dua bentuk form yaitu analisis umur piutang jatuh tempo dan analisis piutang yang akan jatuh tempo. Untuk Piutang yang jatuh tempo saya kelompokan atas schedule 30 hari sedang kan untuk piutang yang akan jatuh tempo 10 hari.
    Apa yang dapat diperoleh dari analisis ini:
    Untuk piutang yang akan jatuh tempo, saya dapat memperkirakan berapa kas yang akan masuk pada periode 10, 20 dan 30 hari mendatang berdasarkan pengamatan saya saat ini. sehingga saya dapat mengitung/ menggarkan dsb kas tersebut dapat digunakan untuk apa?.. Ternyata analisa ini kurang diminati oleh banyak pebisnis karena besarnya toleransi yang harus diberikan dalam hal bisnis. Masih sedikit sekali debitur yang secara sadar harus mebayar tepat pada tanggal jatuh tempo.
    Untuk analisis yang jatuh tempo apa yang dapat diperoleh. Yang paling utama adalah masalah prioritas dimana keterlambatan yang paling besar punya prioitas lebih besar. Kita dapat pelajari faktor-faktor apa saja yang terdapat dalam keterlambatan tersebut. Misalnya piutang yang melebih 90 hari harus ditagih cara tertentu, yang 30 hari cukup ditanya saja via Phone dll. ini hanya sample saja dan banyak sekali yang dapat diperoleh dalam analisa ini khususnya sangat menentukan pengambilan kebijakan perusahaan.

  7. bagaimana bentuk wesel tagih dan bagaimana cara kita mendapatkanya?
    serta pengertian dari wesel tagih

    ZB:
    Brntuknya seperti surat pernyataan. Lanjutnya dapat anda lihat di bagian piutang.

  8. mw tw donx sumber-sumber yang dapat menyebabkan piutang selain penjualan kredit barang dan jasa…??

    ZB:
    Pinjaman, Denda, permasalahan hukum,perjanjian dll.

  9. Artikel ini sangat bermanfaat, khususnya untuk Mahasiswa,,

  10. Pak, saya ingin bertanya tentang jenis-jenis piutan yg termasuk piutang dagang dan yg tdk termasuk piutan dagang apa saja?
    Terimakasih.

    ZB:
    Anda temukan sendiri dengan kunci berikut :
    Piutang dagang adalah piutang yang timbul akibat transaksi penjualan barang dagang selain itu tidak termasuk piutang dagang, misalnya yang piutang yang timbul karena penjualan aktiva tetap.

  11. saya ingin bertanya,apakah piutang di dalam aktifa tetap dapat berubah ke piutang dalam aktifa lancar??

    ZB:
    Piutang adalah claim dalam bentuk uang dan selalu merupakan aktiva lancar. Jadi tidak ada piutang dalam aktiva tetap sekalipun piutang tersebut berasal dari penjualan aktiva tetap.

  12. bisa kasih infoyang lebih banyak lagi tentang piutang. soalnya untukskripsi yang belum selesai ne.
    thanks bE 4

  13. bisa tulis tentang piutang yang lain yang lebih lengkap?

  14. pak, saya mnta tolong tentang mencari jwban
    1.) tuliskan bentuk piutang
    2,) tuliskan ciri” piutang
    3.)sebutkan pencatatan yg mengakibatkan terjadinya piutang dagang
    4.) sebutkan pengertian piutang dagang
    5.) prosedur pencatatan piutang

    tolong bantu saya ia pak untuk cari jwaban dari smwa prtanyaan itu !!!

    trmakasih pak !!!

    ZB:
    Bila anda sungguh2 mau belajar, semua pertanyaan tersebut sudah ada jawababan dalam pembahasan di blog ini…

  15. pak ,,,
    maaf sebelumnya ,,,!!!
    sya mau mnta tlonk k bapak ,,,

    1. sebutkan pencatatan yang mangakibatkan terjadinya piutang dagang ???
    2.ciri” piutang ??

    tolong di bantu iya pak ,,

    ZB:
    Jika kamu membaca dengan benar maka kamu temukan jawabannya di blog ini.

  16. makasi atas tulisannya

  17. klo jenis piutang non dagang itu apa saja ya?
    tolong di share juga donk makasih

    ZB:
    Lucu juga?… Jika anda baca pembahasan diatas, anda akn dapat mejawab yang anda tanya.

  18. selamat siang . .

    pak saya mau tanya tentang perbedaan antara wesel dengan promes ?

    makasih . .

  19. apa saja sih yang termasuk dalam prosedur pengelolaan piutang itu ???

  20. Pak,TOP piutang dagang yang sudah ditentukan misalnya 30 hari dan piutang untuk customer tersebut dibatasi, namun pembayarannya dr customer bisa lebih dari 30 hari itu akan berpengaruh terhadap penjualan periode bulan berikutnya ga ya??

    ZB:
    Akuntansi menganut azaz akrual maksudnya transaksi diakui pada saat terjadinya. Jadi penjualan diakui saat pembuatan faktur dan menurut hukum pajak yang baru faktur harus dibuat sesuai tanggal surat jalan artinya penjualan diakui saat barang dikirim ke pembeli namun timbul permasalahan yang tidak dipertimbangkan dalam peraturan pajak yaitu tidak semua barang yang dikirim, diterima dengan baik oleh pembeli. Adakalanya satu transaksi pembelian dengan pengiriman bertahap. Untuk hal ini sampai saat ini saya belum tahu kepastian hukumnya.

  21. tolong bantu saya donk..
    apa sih yang di maksud dgn resume piutang dan jenis2 nya

    ZB:
    Piutang adalah semua hak yang harus/dapat ditagih. Piutang timbul karena bermacam kejadian karena itu piutang dibedakan dan disebut sesuai dengan kejadian penyebabnya. Misalnya pinjaman karyawan adalah salah satu sebutan untuk piutang yang timbul akibat pinjaman karyawan.

  22. Apa Piutang itu sama seperti Pinjaman yah

    ZB:
    Salah satunya Ya?..

  23. pak saya mw tny
    sumber data internal dan eksternal dari penjualan.pembelian,piutang dagang,dan utang dagang tu pa aja???
    thx

  24. pak, perusahaan saya dibidang jasa, setelah mendpt Surat Perintah Kerja ( SPK ),lalu mengirimkan tagihan yg dibayar 1 bln kemudian, itu termasuk piutang dagang, tetapi bgmn dgn SPK yg blm ditagih atau blm dibuatkan inv, apakah jg termasuk piutang.
    Thx.

    ZB:
    Sesungguhnya piutang itu timbul setelah penyerahan barang/Jasa yang dijual. Dan dicatat berdasarkan invoice/Notice. Dalam keadaan tertentu sering dilakukan pembayaran sebelum pekerjaan selesai, itu disebut pendapatan diterima dimuka.

    SPK adalah titik awal dari suatu pekerjaan (Belum dikerjakan) namun penerima spk telah berhak untuk memperoleh sebagian atau keseluruhan dari nilai yang terdapat dalam spk sesuai dengan kesepakatan dan penerimaan tersebut termasuk pendapatan diterima dimuka yang kemudian perlu disesuaikan setelah pekerjaan selesai atau penilaian di akhir tahun bila pekerjaan melewati batas perioda akuntansi. Misalnya pada akhir tahun pekerjaan baru mencapai 50% (berdasarkan penilaian) maka nilai 50% dari SPK dinyatakan sebagai pendapatan dan di debit ke piutang dan selanjutnya di kredit dengan Pendapatan diterima dimuka.

    Jika baru menerima SPK dan belum dikerjakan belum dapat disebut piutang dan bila pekerjaan telah selesai namun belum dibuatkan invoice itu namanya piutang dagang belum dicatat.

  25. pak tolong saya menjawab pertanyaan berikut:
    1. pengertian piutang macet.
    2. faktor-faktor pendorong/hal-hal yang menyebabkan terjadinya piutang macet.
    3. metode analisis piutang macet. (apakah metode ini ada? kalau ada tolong bapak jelaskan.)

    • as, ada ga teori tentang pencatatan piutang dari para ahli???
      tlong pa!!!!!!
      tggu jawaabannya

      ZB:
      Yang saya tahu masalah piutang adalah pengetahuan praktis. Pencatatan dilakukan berdasarkan realnya. Tidak ada perdebatan para ahli dalam hal ini.

  26. pak saya mau tanya tolong jabarkan pitang dengan equity karto saya tunggu jawabanya ya

  27. “aku ingin pintar”

  28. selamat siang pak,,saya ingin bertanya :
    saya pkl di perusahaan konstruksi, di perusahaan konstruksi ini memiliki banyak piutang ke poroyek yang dikerjakan perusahaan ini. Namun, banyak piutang yang tidak dapat ditagih bahkan sampai proyek ini telah selesai dikerjakan. yang ingin saya tanyakan bagaimana agar piutang ini dapat ditagih atau bagaiman agar perusahaan pada saat menghapus piutang ini tidak mengalami banyak kerugian???
    serta apakah ada jurnal untuk membantu agar pada saat mencatat beban kerugian piutang tidak terlalu mempengaruhi laba perusahaan?

    ZB:
    Ini hal biasa. Untuk itu perlu dilakukan langkah2 untuk meperoleh hak perusahaan dan itu otoritas perusahaan. Bila langkah2 normal sudah tidak mungkin dilakukan maka dilakukan dengan menggunakan jasa kolektor. Bisa melalui penegak hukum atau melalui swasta. Kolektor swasta dianggap lebih murah namun cenderung menggunakan cara2 melanggar hukum, sedangkan melalui penegak hukum sering prosesnya rumit bahkan dapat menimbulkan kerugian lebih besar.
    Jurnal untuk mencatat beban kerugian agar tidak mempengaruhi laba perusahaan tidak ada, Yang ada hanya membebankan hutang bunga terhadap keterlambatan pembayaran.
    Biasanya Kontraktor telah mengantisipasi kejadian seperti itu dalam menetapkan harga sehingga yang terjadi hanya kegagalan memperoleh keuntungan besar bukan kerugian.

  29. penguna web yang terhormat, tolng saya kirimin resume piutang

  30. pak saya lagi mengerjakan skripsi saya mengenai pengendalian intern piutang Di BPR….saya bigung pak, piutang apa saja yang terdapat di erBPR….TRUS pak piutang itu pada perusahan tersebut di Neraca sabgai kredit atau pinjaman?

  31. sya mw tnyak dunk. apakah jenis” piutang sama dengan bentuk piutang?
    ZB:
    Beda jauh…

  32. permisi, sya mau nanya, apakah ada hal yg lebih spesifik lagi ttg bedanya piutang dagang, non dagang dan wesel ?? atau perbedaanya itu mmng sama dengan pengertiannya ?? mksh
    ZB:
    Akuntansi berkembang seiring dengan perkembangan kebutuhan informasi. Suatu permasalahan dapat saja dijelaskan dengan cara yang berbeda dan itu adalah bagian para ahli. Salah satu bentuk spesifik itu adalah wesel yang timbul karena adal sesuatu yang spesifik yaitu adanya perjanjian tertulis.

  33. assalamualaikum
    pak saya mau nanya, gimana cara belajar tentang piutang ???? karena saya baru belajar memasuki akuntansi….tolong jwbannya!!!
    wassalam

  34. Mohon bantuannya…
    Kami dari Perusahaan Agen Penjualan Tiket Pesawat.
    Tanggal 10 Oktober untuk pertama kali kami Deposit/Topup Saldo Ke Perusahaan Lion Air sebanyak Rp. 10.000.000
    Tanggal 12 Oktober, perusahaan kami menjual secara piutang, tiket Lion Air seharga Rp. 1.760.400.
    Untuk transaksi ini, Saldo Deposit kami pada Lion Air, dipotong Rp. 1.651.400. Jadi Sisa Saldo Deposit kami Rp. 8.348.600

    Pertanyaannya:
    Bagaimana cara menjurnal transaksi diatas. Saya mencoba menjurnal seperti ini:
    – Piutang Usaha 1.760.400 (Debet)
    – Penjualan Tiket 1.760.400 (Kredit)

    Tapi bagaimana dengan cara menjurnal Saldo yang telah berkurang Rp. 1.651.400?

  35. pak saya ingin bertanya,, bagaimana cara penyajian piutang di neraca.. mksh, mohon di jawab karena ini tugas penting pak..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 77 pengikut lainnya.