Bentuk laporan keuangan


Kalau kita menelusuri bentuk laporan dari beberapa perusahaan, akan kita temukan berbagai macam bentuk laporan. Laporan tersebut dapat kita golongkan ke dalam dua kelompok yaitu laporan operasional dan laporan keuangan. Laporan operasional digunakan untuk mengawasi aktivitas perusahaan dan diprint-out langsung oleh bagian yang terkait langsung dengan aktivitas tersebut serta laporan operasional sering tidak dilengkapi dengan satuan nilai mata uang. Namun tidak berarti laporan operasional tidak memerlukan satuan nilai mata uang tersebut. Bentuk laporan operasional sangat tergantung pada jenis operasional perusahaan dengan kecederungan pengukuran menggunakan satuan volume.    Laporan keuangan adalah laporan yang menyangkut asset perusahaan dan perubahannya. Laporan keuangan mempunyai bentuk standar dan aturan, prosedur yang harus dipenuhi dan dibuat oleh bagian akuntansi.

Laporan akuntansi utama adalah Neraca (Balanced), Laporan Rugi laba (income statement) dan Laporan perubahan modal (Capital Statement)

Menurut PSAK No.1 Revisi 98, Pragraph 07 :

Laporan keuangan yang lengkap terdiri dari komponenkomponen berikut ini:

a) neraca,

b) laporan laba-rugi,

c) laporan perubahan ekuitas,

d) laporan arus kas,

Neraca (Balanced),

yaitu laporan secara systematis yang menggambarkan posisi keuangan dari suatu perusahaan meliputi Assets (harta), Liabilities (hutang) dan Capital (modal). Bentuk neraca  harus memenuhi persamaan akuntansi  dan umumnya bebentuk:

Skontro/Horizontal. Dalam bentuk ini aktiva (harta) diletakan disebelah kiri sedangkan passiva (liabities+modal) diletakan disebelah kanan

Report form/Laporan. Dalam bentuk ini aktiva (harta) diletakan disebelah atas sedangakan passiva (liabities+modal) diletakan disebelah bawah

Laporan perubahan Modal (Capital Statement)  yaitu laporan yang menggambarkan akibat adanya selisih perhasilan dengan biaya dan unsur lainnya misalnya tambahan investasi (additional investment) atau pengambilan (withdrawals).

Masih terdapat bentuk lain asalkan tidak menyimpang dari persamaan akuntansi.

Neraca umumnya dibuat pada akhir periode akuntansi (akhir tahun) dan akhir periode (bulanan) dan dalam system akuntansi komputer neraca dapat dususun setiap saat bila diperlukan dan metode akuntansi perpetual memungkinkan neraca dapat divisual setiap saat.

Laporan Rugi laba (income statement)

yaitu laporan systematis yang menggambarkan selisih penghasilan (reveneus) dengan Biaya (Expenses)

Analisa Transaksi

Analisa Laporan Keuangan

Analisa Rugi laba

Analisa Neraca

Contoh Laporan Keuangan

About these ads

305 Tanggapan

  1. Pak, kenapa passifa harus sama dengan aktiva mohon dibalas.thanks

    Zulidamel :
    Ini sudah Hukum akuntansi dan dirumuskan dalam bentuk persamaan akuntansi! Kalau dalam bahasa sehari-hari Neraca itu adalah timbangan. Timbangan itu selalu dalam kesetimbangan, artinya sebelah kiri (aktiva) harus sama berat dengan yang sebelah kanan (pasiva).
    Contoh sederhana : Dalam membentuk sebuah badan usaha pemilik mengeluarkan modal sejumlah X. Modal itu dicatat dalam rekening modal (Pasiva). Karena pengeluaran modal oleh pemilik badan usaha tersebut akan mempunyai kekayaan (aktiva) juga sebesar X.

    • Pada Prinsipnya Pasiva adalah kelompok yang memodali Aktiva sebagai motor penggerak operasional usaha, ( mangkanya modal selalu ada di sisi Pasiva ), sedangkan untuk laporan lain seperti L/R hanya menunjukan selisih dari pendapatan dan biaya. dan mendukung isi aktiva. setiap ada selisih pada laporan laporan lain , akan tercatat saldonya didalam neraca dan akan selalu ada pembandingnya ( pos lawan ), sehingga Saldo neraca akan selalu seimbang.

    • ass…… mo tanya ini……gimana pembukuan akhir tahun …… katnya laba rugi harus nihil….katanya semua pendapatan dan biaya dimasukan dalam akun laba rugi…… gimana caranya!

    • Pak,trus bagaimana menyeimbangkan Aktiva dan Passiva pada organisasi yang tidak mencari keuntungan, seperti LSM.
      Merujuk pada persamaan akuntansi asset= Hutang + Modal. Yang dapat anda kotak-katik adalah bagian modal dimana modal ini punyai arti yang luas. Dalam arti khusus modal adalah hutang perusahaan kepada pemilik tapi LSM siap pemiliknya?…. karena itu namanya harus disesuaikan dengan pengertian yang tetap sama dengan modal. Sama juga dengan penamaan pendapatan yang disesuaikan seperti sumbangan, partisipasi dll. namun pengertiannya tetap sama dengan perdapatan.

  2. terima kasih atas penjelasanya.

  3. bentuk laporan keuangan ada berapa pak tolong di beritahu ya

    Zulidamel:
    Laporan keuangan adalah segala bentuk laporan yang menyangkut kekayaan perusahaan.
    Yang dibahas dalam akuntansi biasanya adalah laporan keuangan utama yaitu Rugi Laba, Neraca, perubahan Modal dan Analisa Laporan Keuangan. Laporan ini juga mempunyai beberapa bentuk seperti yang telah dijelaskan.
    Kemudian adalagi laporan keuangan yang lain seperti lap Penerimaan kas, lap Pengeluaran kas, lap. Penjualan dll. dengan berbagai bentuk sesuai yang dibutuhkan oleh manajemen perusahaan. lapora2 tersebut adalah bagian dari catatan atas laporan keuangan.

    • Sedangkan bentuk laporang keuangan (dalam hal ini laporan laba rugi) ada dua, yaitu single step dan multiple step. Perbedaan mendasar adalah pada multiple step baik pendapatan maupun biaya lebih dijelaskan secara rinci dan detail.
      Demikian tambahan yang bisa saya sampaikan, terima kasih.

  4. Pak tolong dijelasin masalah voucher dalam penjualan kredit

    Zb:
    Kata Voucher digunakan dalam banyak hal misalnya Voucher Belanja, Voucher Hand phone, Voucher diskon, Dll. Intinya Voucher tersebut dapat di tukar dengan suatu nilai yang telah ditentukan. Berbeda dengan hal tersebut dalam akuntansi juga dikenal Voucher System yang digunakan dalam pengawasan Kas yaitu sebagai alat bukti penerimaan atau pengeluaran kas. Voucher tersebut untuk melengkapi alat bukti transaksi yang sesungguhnya. Jadi voucher tersebut kaitannya dengan pengawasann dalam hal ini adalah kas, bukan masalah penjualan kredit.

  5. Pak, kalau bisa jangan cuma teorinya aja tapi ditambahkan pula contoh laporan keuangan, sehingga kami yang baca dapat mengetahui lebih detail. terimak kasih.

    • TO THE POINT AJA, APA PERSAMAAN DAN PERBEDAAN LAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN JASA, DAGANG, DAN INDUSTRI

      zb:
      Laporan keuangan semua perusahaan adalah sama sesuai SAK, perbedaan terletak pada klasifikasi rekening dimana rekening pada perusahaan yang satu tidak ada pada perusahaan yg lain. misalnya perusahaan industri ada biaya produksi dll, tidak dimiliki oleh perusahaan jasa dan dagang.

  6. Pak, mau tanya contoh pembuatan Laporan keuangan untuk Pajak gimana yah?

    zb:
    Sebaiknya kamu periksa peraturan perpajakan dan petunjuk pelaksanaannya pada http://www.pajak.go.id.
    Permasalahan yang sangat menonjol adalah dalam masalah biaya dimana ada biaya-biaya yang dikeluarkan perusahaan yang tidak diakui oleh pihak perpajakan. sehingga muncul yang namanya laporan keuangan fiskal dan laporan keuangan komersial.

  7. yah..kirain bentuk laporan keuangannya dilampirkan..
    kalau bisa ditampilkan contoh laporan keuangan suatu perusahaan sehingga kita dapat gambaran..
    thanks

    Zb:
    Lain kali aja ya!…

  8. pak kapan Ditampilin Contoh Laporan keuangannya????
    Saya Butuh untuk gambaran saya membuat skripsi??
    Tolong ya Pak

  9. gini ni pak, saya punya usaha, terus mau buat jurnal umumnya
    pertanyaanku :
    1. saldo kas bulan lalu ditulis apa ya? trus tandingannya apa?
    2. jika ada barang masuk /stock, masuknya apa ya? beban/perlengkapan ato yang lain?
    makasih…

  10. tlng kirimkan bentuk laporan akhir hari keuangan perusahan terima kasih atas bantuanx

  11. tlg dibuat cnth laporan keuanganya,krn sulit klu cm teorinya aja..

  12. pak, tolong berikan tampilan besrta isinya dari neraca, laporan R/L, laporan keuangan….
    Thank you so much

    • oouuuhhhhhhhhhhhh…
      gtoe ea,,,
      mksh tas pnjelasannya….

    • pak tolong donk tampilkan laporan keuangan bulanan

      ZB:
      Apakah beda bentuk laporan keuangan bulan dengan tahunan atau periode lainnya?…
      Ingat!… Ini penting…
      Laporan Neraca adalah laporan posisi keuangan pada saat tertentu. Biasanya diprint-out secara berkala misalnya pada akhir bulan, pada akhir tahun atau kapan saja bila dibutuhkan. Yang utama adalah pada akhir tahun. (per 31 Des YYYY)

      Laporan Laba Rugi adalah laporan dari hasil aktivitas perusahaan pada periode tertentu bisa harian, mingguan, bulanan atau tahunan. Bentuknya sama yang berbeda hanya nilainya.

  13. SELAMAT PAGI SIANG,TLG SAYA BAGAIMANA BUAT LAPORAN HARIAN YANG BERGERAK DIBIDANG BERTAMBANGAN SEBELUMNYA SAYA UCAPKAN TERIMA KASIH BANYAK ATAS BANTUAN

    Zb:
    Sesuai namanya Laporan harian adalah laporan transaksi atau kejadian pada hari yang di laporkan. Lain perusahaan/lain bagian lain pula kejadiannya bahkan lain manajemen lain pula kebutuhannya.
    Jadi Laporan harian disesuikan dengan kebutuhan majamen, bagian serta jenis perusahaan.
    Laporan harian umumnya laporan suatu bagian sehingga tergolong laporan operasional dan bentuknya bisa banyak sekali.
    Harap pertanyaan anda dibuat lebih spesifik agar saya dapat membahas pada kesempatan lain.

  14. minta bantuan perusahaan saya bergerak di bidang jasa radio bisa bantu saja untuk bagaimana bentuk laporan keuangan nya
    zb:
    Bedanya dengan perusahaan yang lain :
    Nama rekening-rekening penghasilan : kalau perusahaan dagang dan industri adalah penjualan pada perusahaan radio adalah pendapatan iklan, sponsorship dll.
    Perusahaan dagang punya persediaan sedang perusahaan radio tidak punya persediaan jadi tidak ada harga pokok persediaan.
    Rekening lainnya kira-kira sama hanya beda nama.

    • pak,saya bekerja dibidang tour & travel pada bagian kasir
      bagaimana cara dan format untuk membuat laporan keuangan yang cepat
      dan balance,terimakasih

      ZB:
      Dalam pengetahuan saya bagian kasis hanya membuat laporan kas, bukan laporan keuangan.

    • Perusahaan itu ada tiga : Perusahaan Dagang, Perusahaan Jasa dan Perusahaan Manuaktur, kalo perusahaan Dagang itu perusahaan yang membeli barang setengah jadi, atau membeli barang kemudian untuk dijual kembali, Perusahaan Manufaktur Membeli barang dari bahan baku, setengah jadi sampai barang jadi kemudian untuk dijual, dan kalo jasa itu hanya menjual dari jasanya saja, jadi dari segi keuangan sebenarnya itu pasti ada perbedaan terutama dalam laporan rugi laba untuk Penentuan Harga pokok perolehan (HPP) nya: Pers.Awal+ Pembelian,+ Ongks Pemb.-Retur Pemb- Persd. akhir. dst. jadi kalo untuk perusahaan jasa apalagi untuk jasa radio itu lebih baik laporan keuangan sederhana saja, seperti pendapatan Jasa: jasa.. dan jasa…, Biaya Usaha Terdiri dari apa saja yang ada hubungannya langsung dengan usaha radio tersebut dan Biaya Administrasi dan Umum, Pendapatan Diluar Usaha atau biaya diluar usaha dan Biaya Administrasi Bank, kemudian Hasilnya Laba sebelum Pajak. kalo untuk Neracanya yang sederhana saja, Aktiva Lancar yang terdiri dari Kas Bank, Piutang Pemegang Saham, Piutang Usaha, Piutang Karyawan, Persediaan, Biaya Dibayar dimuka, PPh Pasal 23, Pasal 25, Pajak Masukan, Aktiva Tetap : Tanah , Kendaraan (Akum Penyu. Kendaraan), Perlengkapan (Akum. Peny. Perlengkapan) dan Aktiva tak Berwujud : Good will dll, sedangkan untuk Passiva terdiri dari Kewajiban lancar : Hutang Lancar, PPh Pasal 4(2), Hutang PPh 21, Pajak Keluaran, Hutang Bank, Hutang Jangka Panjang, Hutang Bank, Leasing dll, Modal Perushaan dan Laba ditahan atau tahun berjalan.
      Ok…itu aja contoh untuk sederhananya….

      ZB:
      Mantap… ringkasnya perbedaan laporan keuangan perusahaan yang satu dengan yang lainnya teletak pada pos /akun yang dimiliki oleh perusahaan dan perusahaan jasa tidak memiliki harga pokok.

  15. selamat siang, saya bekerja di perusahaan jasa sdg bingung untuk membuat laporan keuangan untuk pemeriksaan pajak. cth : ketika timbulnya transaksi / munculnya tagihan k klien (include ppn dan pph) saya menjurnal :
    piutang xxx
    beban xxx

    ketika klien melakukan pembayaran mreka memotong pph 23
    maka saya menjurnal :
    kas xxx
    beban pph 23 xxx
    pendapatan xxx

    krna untuk PPN kita yang menyetorkannya tapi apakah sudah betul sperti itu?
    masalahnya ketika akhir periode, setelah ada penyesuaian timbulah utang ppn dan pph (karna jurnalnya utang pada beban),. smntara konsultan pajak saya bilang ga bisa sperti itu.
    tlg kasi saya cth lap keu u perusahaan jasa, tks

    Zb:
    Sering terjadi pemikiran begini, dimana orang beranggapan penghasilan apabila sudah diterima. Jangan anda tersinggung, itu adalah pemikiran alami.

    Sesungguhnya Hak dan kewajiban terjadi pada saat transaksi terjadi. Anda memperoleh hak dalam bentuk piutang karena anda mempunyai pengahsilan. Dalam hal ini jelas anda harus mencatat Piutang belawanan dengan penghasil, namun itu tidak anda lakukan.

    Pada transaksi yang dikenakan PPn sehingga nilai transaksi menjadi + Ppn kecuali dinyatakan Include (termasuk PPn). Ingat PPn ini bagi anda adalah sebagai kewajiban, bukan penghasilan. Selanjutan untuk penghasilan anda dikenakan Pph 23. Artinya sebagian dari penghasilan anda dipotong untuk memenuhi kebajiban anda sebagai orang yang memperoleh penghasilan di walayah hukum tertentu. Kewajiban anda tersebut jatuh tempo di akhir periode akuntansi. Sehingga pada saat di tarik oleh pihak lain bagi anda adalah sebagai beban dibayar dimuka. dalam hal ini beban pajak.

    Sekarang Kita buat Jurnalnya :
    Pada saat anda memberikan jasa anda memperoleh hak berupa piutang sejumlah Pengsasilan anda ditambah PPn

    Piutang ……………… N,NNN.NN
    Penghasilan………………………..N,NNN.NN —->( termasuk PPh 23)
    PPn………………………………….N,NNN.NN

    Pada Saat anda menerima Kas :
    Kas……………………N,NNN.NN
    Piuatang…………………………. N,NNN.NN

    Ternyata Piutang anda dipotong PPh maka Jurnalnya Menjadi
    Kas……………………N,NNN.NN
    PPh dibayar dimuka.. N,NNN.NN
    Piuatang…………………………. N,NNN.NN

    Ingat Di dalam Kas terdapat PPn.

    PPn …………………N,NNN.NN
    KAS …………………………… N,NNN.NN (Setoran Pajak, Orang pajak tidak mau tahu dengan apakah tagihan anda sudah cair atau belum)

  16. Selamat sore pak, saya mau nanya nech…….
    Posisi saya sekarang di kasubbag keuangan di sebuah fakultas _Universitas,Tapi dalam membuat pertanggungjawaban saya tidak memakai sistem aktiva & passiva atau neraca, saya hanya mamakai form yang diberikan dari Rektorat. Apakah itu benar? dan bagaiman membuat laporan yang benar dalam lingkungan Fakultas????

    ZB:
    Saya ngak tau nih apakah anda berada di Un Negeri atau swasta. Kalau Negeri punya aturan prosedur akuntansi sendiri yaitu Standar Akuntansi Pemerintahan yang punya asset adalah negara dan dimana aset itu dicatat anda kan ngak tau. Yang jelas Laporan Neraca nya ada ?. Rugi Laba apa diperlukan karena jelas lembaga ini Non Profit.
    Jika anda di Un Swasta kebutuhan laporan Neraca & Rugi Laba itu ada, namun karena lembaga pendidikan adalah lembaga non profit bebas pajak, banyak lembaga ini tidak membuatnya karena tidak ada tuntutan. Namun bila anda seorang Akuntan dari mana anda mengetahui posisi keuangan dan bagaimana anda mengatur strategi keuangannya. Artinya lembaga anda berjalan apa adanya secara alamiah. Tanpa pengelolaan keuangan yang baik, memungkinkan terjadi banyak penyimpangan, yang dapat berakibat fatal. Kalau untuk maju relatif masih ada faktor keberuntungan intuk itu namun apa usaha-usaha yang dilakukan oleh lembaga anda tanpa dukungan pengelolaan dan informasi keuangan yang baik dapat efektif?…
    Sebelum kita bicara lebih jauh, karena anda dilingkungan fakultas tentunya masih ada bagian lain yaitu tingkat Universitas selain itu Yayasan juga punya Adm sendiri.
    Menurut saya Rektorat umumnya berfikir cenderung pada kurikulum namun bagi anda pengelola keuangan apa ngak ingin tahu posisi keuangan yang anda pegang secara tepat, khususnya diwilayah kekuasaan anda, kalau globalnya filling saja dapat digunakan.

    Jika anda adalah unit yang bertanggungjawab atas keuangan, tanpa laporan Neraca dan Rugi Laba, Lembaga anda jelas tidak mengambil kebijakan yang tepat dalam menjalankan organisasi, dan punya peluang terjadinya banyak penyimpangan pengelolaan keuangan, dan kekeliruan dalam mengambil keputusan…. Keputusan akhir pada anda jika anda yang bertanggungjawab atas pengelolaan keuangan, maka lakukan dengan akuntansi yang benar?…

  17. Selamat Siang Pak,

    Dalam Laporan keuangan neraca dalam judulnya tercantum per tanggal 31 desember … & Laporan Laba Rugi dalam judulnya Yang berakhir tanggal ……. Mohon penjelasanya.

    Terima kasih.

    ZB:
    Saya sangat kagum dengan pertanyaan kamu, baru setelah melihat alamat email kamu saya tidak lagi merasa heran. Soalnya saya juga sering mengajukan pertanyaan ini namun banyak sarjana akuntansi sendiri tidak dapat menjawabnya.
    Baik, per 31 Desember artinya adalah posisi neraca tepat pada tanggal 31 Desember, Dengan kata lain Laporan Neraca hanya memuat informasi posisi tertentu, dalam hal ini adalah posisi tanggal 31 Des tepat pada akhir perioda akuntansi. Tidak ada neraca dari tgl 1 s/d 31 Des atau neraca bulan n atau neraca tahun n.
    Untuk laporan Rugi laga Yang berakhir per 31 Des … artinya bahwa elemen rugi laba tersebut menunjukan kejadian yang terjadi perioda tertentu yaitu dari awal periode akuntansi 1 Januari … s/d berakhir per tgl dilaporkan. Kita dapat membuat laporan Rugi Laba tgl 1 s/d 31 Januari … atau laporan rugi Laba bulan Januari. Ok.

  18. Mau nanya Pak. kantor saya bidang percetakan dan kebetulan sy bagian keuangannya tp bukan alumni akuntansi jd agak bingung. Perusahaan percetakan tempat saya bekerja di jual ke orang lain.

    Pada modal awal tahun 2005, investor menyetor modalnya sebesar Rp. 180 juta, di tahun ke dua perusahaan rugi dan modal tersisa Rp. 150 jt. Nah di tahun 2007, pemilik lama menjualnya kepemilik baru dengan harga Rp. 200 juta.

    pertanyaan saya, gimana cara nulisnya perubahan kepemilikan itu di neraca? Apakah kolom ekuitas tetap sebesar Rp. 150 jt atau di ubah menjadi Rp. 200 jt. Kalo di ubah gimana caranya Pak, kan jadinya gak imbang lagi dengan aktiva. Mohon bantuannya pak. Lagi pusing berat :)

    Ichank

    ZB:
    Pertama yang anda ketahui bahwa modal pemilik yang baru 200 J artinya modal perusahaan anda sekarang adalah 200J. Artinya hutang perusahaan ke pemilik sebesar 200J. Ok.

    Kenapa harus pusing berat ?…

    Catat saja apa adanya ?..

    Kas sebesar (setoran pemilik baru)…200J
    Modal (pemilik baru)………………………..200J

    Pengalihan perusahaan :
    Kas …………………………………………..200J
    Modal (pemilik Lama)…………………180J
    Biaya pengalihan perusahaan……….. 20J

    • maaf ikut nyambung, bagaimana dengan status rugi perusahaan yang menyebabkan modal perusahaan ketika terjadi pengalihan menjadi 150 J.

      ZB:
      Saya kurang menangkap apa yang anda maksudkan. Masalah rugi apapun penyebabnya dan kapanpun terjadinya berakibat modal berkurang. Bila habis namanya bangkrut.

  19. terimakasih atas jawabannya. senang bisa menemukan bapak di internet.

    Aq cerita lengkap pak yah masalah keuangan kantor saya.

    Gini, di awal pendirian percetakan itu di tahun 2005 saya sudah membuat laporan keuangannya. Di tahun 2006 saya keluar dari perusahaan tersebut. Pada tahun 2007, perusahaan percetakan itu di jual ke orang lain seharga 200 jt.

    Masalahnya timbul karena bagian keuangan setelah saya ternyata tidak membuat laporan keuangan yang semestinya dan laporannya sama sekali tidak mencerminkan posisi keuangan yang sebenarnya. Jadi praktis dari sejak saya keluar sampai bulan mei 2008 tidak ada laporan neraca dan laba rugi perusahaan, semua laporan hanya terdiri dari debit dan kredit saja.

    Di pertengahan 2008 ini, saya di panggil direktur percetakan itu untuk membuat ulang laporan keuangan. Dan yang saya dapatkan adalah berita dari bos, teman, dan karyawan lain bahwa setelah saya banyak pemasukan dan pengeluaran yang tidak tercatat di dalam buku laporan keuangan.

    Selain itu ada juga transaksi yang membingungkan saya, contohnya penjualan perusahaan pada tahun 2007, ada juga transaksi peminjaman uang di bank untuk beli mesin yang semuanya membingungkan.

    Akhirnya karena bingung dan menganggap bahwa laporan keuangan yang ada sekarang tidak valid akhirnya saya memutuskan untuk tidak menjadikannya rujukan utama.

    Berikut ini langkah-langkah yang saya lakukan dalam pembenahan laporan keuangan :

    1. saya mencatat semua hutang dan piutang usaha dan rinciannya.

    2. saya juga mencatat jumlah uang pada bendahara saat ini.

    3. saya mencatat berapa jumlah kewajiban pada bank plus bunganya.

    3. kemudian saya menghitung jumlah total aktiva tetap dalam rupiah dalam harga sekarang.

    4. kemudian nilai2 tersebut saya masukkan dalam neraca per 1 juni 2008.

    Saya melakukan langkah tersebut dengan tujuan untuk mengetahui posisi keuangan saat ini. Jadi saya menafikan data-data lama dengan alasan data-data yang lama tidak valid dan terlalu banyak untuk di catat ulang :),

    Jadi laporan keuangan yang saya buat saat ini seolah-olah baru dan transaksi penjualan perusahaan pada tahun 2007 itu sama sekali tidak tercatat.

    Oiya, saya menggunakan program myob untuk menyusun laporan tersebut.

    Pertanyaan saya, apakah langkah saya itu sudah betul dalam ilmu akuntansi? soalnya saya tidak begitu paham tentang dasar2 akuntansi, yang saya yakini adalah bahwa neraca harusnya menunjukkan posisi keuangan saat ini. jadi yaa begitulah yang saya lakukan.

    Terimakasih banyak sebelumnya.

    ZB:
    Menurut Akuntansi sih boleh-boleh saja. Itu namanya kebijakan akuntansi, namun yang penting kebijakan tersebut tidak mengandung pelanggaran hukum karena setiap transaksi keuangan berhubungan dengan kewajiban yaitu Pajak, baik itu PPn, PPh dan lainnya. Jadi sewaktu-waktu bila pihak yang berkepentingan memerlukan pemeriksaan, anda mau tampilkan apa?…
    1. Langkah yang anda tempuh sudah tepat yaitu dengan melakukan opname untuk mendapatkan posisi keuangan sekarang dan ditarik mundur dengan dikurangkan jumlah transaksi 2008 sehingga diperoleh saldo awal 2008. Ok.
    2. Untuk Aktiva tetap tentunya harus anda dapatkan nilai perolehan, metode penyusutan yang anda gunakan sehingga dengan kalkulasi didapat nilai buku sekarang. Nilai penyusutan yang dapat anda kurangkan terhadap penghasilan terkait dengan pajak. Jadi untuk itu anda lakukan menggunakan metode penyusutan yang ada.
    3. Akuntansi bicara dalam periode satu tahun ( tahun berjalan ) namun kebutuhan manajemen untuk mengambil keputusan atau keperluan pihak external untuk melakukan penilaian tidak bisa terlepas dari periode tahun lalu. Kita sebut saja satu contoh yaitu proses Audit selalu menampilkan neraca tahun lalu dan tahun berjalan, Laba rugu tahun lalu dan tahun berjalan. Hal itu salah satu bukti bahwa keterkaitan akuntansi dengan periode akuntansi tahun lalu sangat erat. Itu adalah standar minimal. Lain lagi halnya jika perusahaan anda mengajukan kredit kepada Bank yang diminta paling tidak data 3 tahun ke belakang artinya tahun 2005, 6, 7.
    4. Anda perlu tahu bahwa ada kewajiban untuk menyimpan arsip selama perioda tertentu kalau saya tidak salah, aturan yang berlaku sekarang adalah 10 th. maaf saya tidak tahu persis karena aturan yang berlaku di neraga kita sering berubah, sesuai dengan pergantian pejabat yang berwenang.

  20. Makasih banyak pak.. Neraca per 31 mei 2008 udah hampir jadi aq buat.

    1. Nilai aktiva tetap sudah saya ubah ke angka perolehannya dan dikurangi dengan nilai penyusutan. Masalahnya sekarang ada pada tanah dan bangunan. Kan ada peningkatan harga saat sekarang ini. Lawan dari penyusutan namanya apa yah pak..

    2. Iya yahh aq gak kepikiran tentang pajak.

    3. Apa sih pak yang harus saya lakukan ketika mendapati kondisi keuangan perusahaan kayak yang saya hadapi saat ini. Saya di panggil katanya untuk memperbaiki sistem dan manajemen keuangannya tapi pas aq liat kondisi real nya jadi nya sakit kepala :

    - Jumlah cash saat saya datang tersisa 400.000.
    - Piutang dagang = 20 juta. terdiri atas 7 jt piutang ragu-ragu, selebihnya lancar.
    - Piutang lain-lain (kas bon karyawan) = 14 jt. Dari 14 juta ini, karyawan menolak membayar sebanyak 8 jt dengan alasan data tagihan tidak valid.

    Aktiva tetap :
    - komputer dan peralatan kantor : nilai perolehan tahun 2005 adalah 60 jt.
    - mesin cetak : 600 jt
    tanah dan bangunan : 500 jt.

    -Hutang dagang = 30 jt
    -hutang lain-lain (pribadi) = 48 jt
    - kredit ke bank = 200 jt

    Saya menghadap bos saya dan mengatakan perusahaan kita bangkrut jadi saya usulkan untuk menjual salah satu mesin cetak. Tapi bos menolak dan malah pengen tambah kredit ke bank sebanyak 100 jt.

    Kl bapak jadi saya, apa yang akan bapak lakukan ?

    Mohon masukannya pak..

    Zb:
    Mohon ma’af!… ini menurut saya saja, anda terlihat type pemikir namun pendapat saya apa yang kamu ajukan adalah opsi terakhir bila memang harus mengalami situasi sulit. Namun saya sendiri juga tidak sependapat dengan anda karena dalam usaha unsur modal, tools memegang peran utama, karena itu modal harus ditingkatkan. Kalau menjual apa yang ada artinya kamu mengurangi faktor modal Ok!…

    • Ada yang bisa bantu gak menampilkan contoh laporan keu. prshaan jasa khusunya kontraktor…aq g bisa dapatin data riil, ada yg bisa bantu ide gak??

  21. klo bisa tolong ditampilkan laporan keungannya… coz kami butuh sebagai acuan dalam membuat laporan khususnya perusahaan manufaktur…

  22. Pak bolehkah saya minta tolong periksa hasil dari pelaporan untuk neraca & Rugi/Laba yang telah saya buat…kalo bapak bersedia akan saya kirim kemana ci=ontoh hasil dari pelaporan saya???? terima Kasih

    ZB:
    Saya usahakan untuk membantu, namun untuk menyederhanakan harap anda sebutkan masalah-masalah yang membuat anda kurang PD dengan hasil yg anda lakukan. Sialahkan kirim ke zulidamel@yahoo.co.id

  23. pak,tolong kirimkan contoh laporan keuangan dan laporan laba rugi.

    Zb:
    Saya tidak bisa penuhi apa yang anda minta karena yang saya punya terkait dengan perusahaan tertentu yang saya tidak berwenang untuk mempublikasikannya. Namun untuk keperluan tersebut, dengan mudah anda dapat temukan contoh-contoh laporan keuangan menggunakan search dengan kata kunci laporan Neraca, Laporan Neraca. Slahkan coba!.

  24. Tolong jelaskan istilah-istilah dalam akuntansi perbankan do bawah ini:
    1. Bank Umum
    2. Bank Devisa
    3. Bank Perkreditan Rakyat
    4. Periodisasi
    5. Matching Concept
    6. Going Concern
    7. Giro
    8. Cek
    9. Travel Cek
    10.RTGS
    11. Kliring

  25. pak tolong tampilkan laporan pajak perusahaan dong!!!!

    ZB:
    Prosedur dan perhitungan Pajak perusahaan sesuai juklak dan tarif yang berlaku!…

  26. assalamu alaikum wr wb. z minta tolong di contohkan bentuk laporan keuangan industri dan perusahaan dagang.

  27. pak mhn bantuan, di buatin laporan keuangan pegawai, usaha saya dlm bidang perkebunan karet, baru merilis pak. trims atas bantuannya

  28. asslammualaikum.
    tolong bantu saya dong contoh/bentuk pembukuan bagi perusahaan yang bergerak dibidang jasa kontraktor seperti proyek jalan dll..
    thanks b4.

  29. asalamuallaikum
    salam kenal sebelumnya.begini pak saya ada masalah tentang data base perbankan. apa yang diperhatikan dalam pembuatan data base pada bang karena penjelasan dari guru saya belum terlalu jelas maka saya berusaha mencari di internet utk menambah pengetahuan.saya mohon bantuan bapak krena saya bru saja mengenal yg namanya data base.atas bantuanta saya ucapkan makasih wasalam

    ZB:
    Anda baca halaman Database.

  30. Pak Tolong Berikan contoh untuk membuat laporan keuangan yang benar dan lengkap untuk perusahaan mebel ( furniture )…

    Tq Before..

  31. tolong berikan contoh atau format laporan keuangan untuk perusahaan percetakan buku / rekening-rekening apa saja yang terdapat dalam laporan keuangan perusahaan tersebut.

  32. assalamualaikum, pak saya ,mau ambil tugas akhir tentang arus kas kecil pada sebuah instansi pendidikan, bisa tolong dikasih contohnya pak? saya bingung sekali apa yang harus saya kerja, terima kasih atas bantuannya

    ZB:
    Menurut saya materinya sangat sedikit, namun akan tergantung juga pada kemampuan kamu dalam menguraikan suatu masalah.

  33. Ass…
    Pak,tolong dong di tampilkan laporan pajak perusahaan yang bergerak pada bidang manufaktur (mulai dari laporan keuangan, neraca, dll). Thx.
    Wass…

  34. Mo tanya Perusahaan sya bergerak di bidang distributor, smua transaksi ditransfer ke bank, bgaimn sih cr mencatat jk ada pembelian yg ada PPN yg dibayarkan scara terpisah di bulan depan’y, thx.

  35. Ass. Wr Wbb
    Pak apa ada yg bisa mengajari saya utk pembuatan laporan keuangan perusahaan yg bergerak dibidang jasa secara lengkap

    ZB:
    Saya paling alergi dengan kata-kata secara lengkap, karena saya tidak pernah menemukannya. Ambil saja contoh kamus lengkap tapi giliran saya butuh sesuatu ternyata tidak ada dalam kamus tersebut. Kira-kira begitulah!

    Kalau saya bilang saya akan mengajari kamu, tapi dimana kamunya dimana ya?…

  36. mana cara pembuatan nya yang lengkapppp

    Zb:
    di Gramedia kali yee!…

  37. bedanya laporan keuangan perusahaan jasa dan manufaktur dimana pak?

  38. pak,,,tolong beri tahu saya format laporan keuangan perusahaan jasa dan laporan keuangan perusaan manufaktur????

    ZB:
    Kunci utama dari laporan keuangan adalah klasifikasi rekening. Soal nama rekening tidak ada batasan khusus.

    Perbedaan laporan keuangan perusahaan jasa, dagang dan manufaktur terletak pada rekening yang dimikliki oleh perusahaan tersebut sesua bidang usahaanya. seperti prusahaan dangan dan perusahaan manufaktur punya rekening persediaan sedangkan perusahaan jasa tidak. Perusahaan manufaktur punya persediaan barang dalam proses dan persediaan material, perusahaan dagang tidak punya. Semakin banyak jumlah rekening maka semakin banyak pula kebutuhan untuk memberikan catatan tentang laporan keuangan.

    Selain itu, terdapat pula perbedaan pada penggunaan metode dan teknologi yang digunakan sehingga ada perbedaan antara laporan keuangan yang dikerjakan dengan metode tangan/mesin tik dengan yang dikerjakan dengan sistem komputer. Besar kecilnya perusahaan juga akan mempengaruhi laporan keuangan.

  39. Ass….

    Pak tolong saya diberikan contoh Lap. Keu untuk perusahaan furniture . Terima kasih.

  40. pak, tolong beri tahu saya
    apa perbedaan utama laporan keuangan bank dengan laporan keuangan perusahaan umum??
    terima kasih.

    Pada dasarnya laporan keuangan adalah sama, yang mebedakan adalah kegiatan operasinya sehingga rekening buku besar perusahaan yang satu berbeda dengan perusahaan yang lain. Disamping itu terdapat juga perbedaan kebijakan pemerintah terhadap badan usaha tertentu.

  41. Ass…
    Mohon contoh bentuk laporan keuangan perusahaan tepung tapioka.
    Terimakasih atas bantuannya,

  42. numpang nempelin bantuan, cuma mau membantu, coba lihat di sini : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=1213451, banyak yang sudah terbantu termasuk saya… terimakasih. mohon maaf kalau terganggu…

  43. Sore pak..
    Saya mohon bantuannya,tentang langkah apa aja yg harus saya lakukan.
    Sy bekerja pd perusahaan advertising. Bos sy ingin mengajukan kredit ke bank. Dalm hal ini pihak bank meminta kami menyediakan Laporan Keuangan tahun 2007 – tahun 2008. Masalahnya, selama periode tersebut perusahaan ini tidak pernah membuat laporan keuangan ( seperti Neraca, laba rugi dan arus kas )di karenakan Perusahaan ini adalah perusahaan pribadi. Jadi Laporan yang dibuat hanyalah laporan arus masuk dan keluar kas setiap hari dan juga laporan piutang perusahaan.

    Mohon bantuannya yach pak

    Laporan keuangan adalah kewajiban setiap perusahaan kalau telah berbadan hukum seperti CV. PT. dll. Kalau yang tidak berbadan hukum biasanya memang begitu. Namun perlu dipahami laporan keuangan itu juga sangat berguna bagi pimpinan perusahaan untuk menjalankan perusahaanya, maka seharusnya laporan keuangan a) neraca, b) laporan laba-rugi, c) laporan perubahan ekuitas, d) laporan arus kas, dan e) catatan atas laporan keuangan dibuat

    Seandainya anda tidak dapat membuatnya sendiri ada baiknya anda menggunakan jasa konsultan untuk keperluan tersebut, karena laporan tersebut juga memerlukan penilaian kelayakan dan konsultan menguasai hal tersebut.

  44. assalamu’alaikum pak…
    mohon bantuannya ya pak…., saya ingin buat skripsi tentang metode ABC yang dihubungkan dengan masalah UMKM. Kira2 menurut bapak langkah2 apa aja ya yang mesti saya lakuin terlebih dulu buat mulainya?? truz berat gak permasalahan yg mau saya ambil ini menurut bapak??? thank’s y pak atas sarannya….

    ZB:
    Dalam hal menulis dan mengeluarkan pendapat sangat tergantung pada pesonal dan situasi. Dulu saya pernah jadi reporter suatu media dan pada saat itu ada saja yang bisa ditulis dan terkesan mudah. Namun belakangan ini saya ada kesulitan dalam mengeluarkan apa yang akan saya tulis.

    Dalam hal permasalahan yang akan kamu ambil biasa-bisa saja/tidak berat.

    • Assalamualaikum. salam kenal pak,
      Saya dan suami berencana ingin membuat perumahan yang akan dibangun dilahan orangtua saya. yang mau saya tanya kan, langkah-langkah apa saja yang harus saya lakukan untuk melakukan pencatatan akuntansi? Laporan apa saja yang harus saya buat untuk perusahaan developer? Apa kah developer termasuk perusahaan jasa?
      ZB:
      Tentunya status tanahnya harus jelas dulu.

  45. belajar akuntansi memang menyenangkan
    tapi kadang bukin pusing juga kalo ada transaksi yang ga ngerti
    http://www.netanielgiovanni.blogspot.com

  46. salam kenal,
    ada yg ingin saya tanyakan nih mudah2an Bapak bisa menjawabnya y.
    Saya bekerja di sebuah perush. jasa yg menawarkan jasa desain (website,logo desain dll). Klient yg kami punya rata2 dr luar negri semua krn interaksinya melalui internet, untuk transaksi penjualannya pun di kirim ke paypal (sebuah fasilitas dr dunia maya spt ‘bank’ yg memudahkan org u. brtransaksi jual beli di seluruh dunia, biasanya uang yg dikirim ke paypa akan dikenakan fee sebesar 1% kurang dikit, transaksi dlm mata uang asing).
    pertanyaan saya:
    1. Apakah semua transaksi penjualan (deal pertama dng klient) hrs dianggap sbg penjualan ? walaupun kadang ada saja klient yg tdk bayar sesuai kesepakatan (namanya jg transaksi di dunia maya), bgmana jurnalnya?
    2. krna nilai nominal di paypal mnggunakan mata uang dollar, kadang si bos menunda untuk menjadikannya rupiah (nunggu dollar naik, baru di translate ke rp)), nilai kurs nya mengikuti kurs tengah BI bukan brrarti akan ada selisih kurs, apakah ini benar. klo iya ribet bgt, mngkin g ada jurnal ato illustrasi yg lebih simple untuk buat jurnalnya?

    segitu aja dulu pertanyaan dr saya. tolong konfirmasi jawaban ini kirim ke email saya di anindaz79@yahoo.com

    terimakasih

    zb:
    1. Ya, Bila sesuatu terjadi belakangan yang menyebabkan kerugian perusahaan, misalnya tidak dibayar sesuai kesepakatan maka dicatat sebagai kerugian piutang atau dengan nama lain yang lebih sesuai.

    2. Masalah mata uang adalah masalah kebijakan, bila perusahaan sepakat dengan dolar maka dicatat dalam dolar. Banyak aplikasi akuntansi sekarang menggunakan multi curency, Dalam laporan keuangan nilai tersebut dikonversi ke mata uang tertentu.
    Ada yang tidak mempermasalahkan nilai tukar pada saat terjadi transaksi, dengan meng-asumsikan nilai tersebut adalah sesuai realnya pada saat dikonversi. Aplikasi akan menghitung konversi pada saat dilaporkan secara automatis pada saat dilaporkan.

    Bila ingin mencatat (Laba/rugi) akibat selisih kurs pada saat terjadi transaksi penjualan dengan kurs pada saat dikonversi maka harus dicatat nilai konversinya pada saat terjadi transaksi dan nilai koversi pada saat dikonversi, selisihnya dapat di catat pada rekening laba/rugi kurs.

  47. pak nama kabupatennya ada yang salah tuuuuuuuuuuuuuuuu
    gak ada nama kabupaten sawahlunto…….
    yang ada sawahlunto/sijunjung yang sekarang sudah berganti nama sijunjung….

    ZB:
    Terima kasih, atas partisipasinya.

  48. assalamualaikum boleh minta tolong pak giman cara mencari penyusutan peralatan seperti kendaraan roda dua dan komputer karena sudah 4 bulan saya bekerja di percetakan tapi saya hanya membuat laporan rugi laba saja……karena saya masih bingung maslah akm. penyusutan ini….

    ZB:
    Penyusutan adalah elemem laporan rugi laba sehingga laporan RL anda belum lengkap.
    Ada beberapa metode untuk menghitung penyusutan dan metode yang dipilih biasanya dinyatakan dalam kebijakan perusahaan. Selanjutnya akan saya bahas pada kesempatan lain.

  49. terus gmn cara menghitung beban penyusutan tiap bulan / akm. penyusutannya apabila kendaraan roda dua harganya Rp 16.800.000,- dan sudah terpakai selama 12 bulan… minta bantuanya pak. thank’s

  50. assalamualaikum boleh minta tolong saya ada tugas untuk membuat persamaan akutansi dan laporan keuangan ( Lap L/ R, Perubahan modal dan neraca ) Tn. Y , telah membuka rekening bank dengan setoran Rp. 5.000.000, bayar sewa kantor dan peralatan Rp. 3.600.000, Beli perlengkapan Rp.750.000 scr kredit, bayar hutang ke kreditur Rp. 500.000, terima komisi penjualan per kas Rp. 11.100.000, menarik kas untuk keperluan pribadi Rp. 2.000.000, Bayar beban kendaraan1.450.000, bayar gaji kantor Rp. 30150.000, menentukan nilai perlengkapan yang telah digunakan sebesar Rp.425.000, tolong bantu saya pa, terimakasih.

    ZB:
    Saya akan mencoba bantu anda, namun tidak berarti saya harus mengerjakan tugas anda ini, karena bila itu saya lakukan anda tidak ada usaha untuk memahami permasalahannya. Apa lagi hal ini adalah masalah yang paling dasar dalam akuntansi yang harus benar-benar dikuasai. Saya berikan contoh agar anda dapat memahaminya. Persamaan Akuntansi

  51. Ass pak…, tolong saya dong..,untuk perusahaan jasa yang masih baru (blm beroperasi) kan semua biayanya masuk ke biaya preoperasional,betul?, jadi kan di rugi laba masih kosong. trus untuk laporan akhir tahun kan harus di tutup, kasih contoh j.peny dong? satya binggung, biaya ** yg di catat balik lagi ke by preop, kan sama aja. trus u/ j penutup & pembaliknya kayak apa please… aku dikejar waktu.pusing… TOLONG dong….. Makasih yach. kalo bisa konfirmasi jawaban kirim ke emailku yach : zaininadia@yahoo.com.
    thanks

    ZB:
    Aneh juga Ya?… yang anehnya kamu!, karena pusing mikiran pembukuan perusahaan yang belum beroperasi. Gimana ntar kalau transaksinya sudah banyak ya!.

  52. pak, saya mendapat kesulitan dalam membuat Skripsi saya. Oleh sebab itu mohon bapak untuk membantu saya. Pak, apakah perusahaan manufaktur dan non manufaktur terdapat perbedaan dalam hal laporan keuangannya? Apakah bapak tahu mengapa perhitungahn EVA (economic value added)lebih banyak diterapkan dalam perusahaan manufaktur (perusahaan lainnya jarang)?
    Saya tunggu jawanam dari bapak ya… mudah2an terjawab. Thanx a lot,pak!!

    ZB:
    * Jelas Berbeda dimana perusahaan manufaktur memiliki persediaan material, barang dalam proses dan persediaan barang jadi.
    * Perusahaan manufakture mempunyai masalah yang sangat kompleks dalam menangani persediaan dan biaya produksi.

  53. PAK,SAYA MINTA TLG FORM LAPORAN KEUANGAN YANG LENGKAP?

    ZB:
    Sekalipun saya bukan pendidik namun saya punya latar belakang dibidang pendidikan dan pernah jadi guru. Selama itu pula saya selalu memberikan jawaban atas pertanyaan murid saya melalui suatu proses. Dengan demikian mereka saya harapkan dapat menyelasaikan masalahnya sendiri. Kira-kira sama dengan harapan anda, sampai sekarang saya keberatan untuk memberikan format laporan keuangan seperti yang anda minta. Kalau hanya itu, sudah sekian banyak buku-buku mengenai akuntansi beredar, namun permasalahannya tetap masih tak terselesaikan. Saya ingin berpartisipasi dalam bentuk lain yaitu komunikasi secara interaktif, menurut saya itu lebih baik

    Saran saya, dari yang sedikit demi sedikit yang anda peroleh, anda kembangkan. Bandingkan hasilnya dengan yang telah jadi. Bila anda menemukan suatu hambatan, disitu saya siap membantu anda. Ok!….

  54. pak,mau tanya’ neh…

    kenapa dalam jurnal penutup ,,

    ikhtisar laba-rugi
    modal
    nilai na sama?

    truz,,

    modal
    penarikan
    nilai na juga sama

    tolong jelasin,,

    konfirmasi jawaban ke email:dindasepty@yahoo.com

    ZB:
    Kerana Jurnal penutup adalah memindahkan elemen Rugi Laba ke Modal. Jelas nilai sebelum dipindah harus sama dengan nilai setelah dipindahkan. Tujuan pemindahan adalah untuk menghapus rekord transaksi pada rekening-rekening rugi laba agar dapat digunakan untuk periode akuntansi berikutnya.

  55. siang pak, tolong ya pak dilampirkan contoh laporan rugi laba untuk perusahaan tambang

  56. pak saya minta ajarin cara buat penyesuaian dong ,
    makasih ya pak

    ZB:
    Kamu baca halaman Ayat Jurnal Penyesuaian, lalu baru ajukan pertanyaan. Apa yang kamu tidak mengerti !….

  57. salam kenal pa………minta referensi buku laporan keuangan yang baik donk yang mudah dipelajari dan dipahami

    ZB:
    Biasanya referensi apa aja diberikan oleh dosennya, dan seharusnya pilih yang itu biar kita belajarnya nyambung dengan dosen. Kalau pilih buku yang lain bisa-bisa kayak saya ribut mulu ama dosennya karena dosen hanya punya buku yang direferensikannya. Ok!…

  58. Siang pak,
    Saya bener2 awam masalah akuntansi, saya mohon bantuannya…
    Saat ini saya baru bekerja di sebuah kegiatan sosial, seperti yayasan gitu tapi tidak berbadan hukum (bersifat pribadi). tapi walaupun begitu tetap saja setiap tahun harus ada laporannya. Menurut bapak apa harus komponen2 laporan keuangan di atas ada semua, bukankah itu untuk perusahaan saja ya??
    Di laporan yang dikerjakan oleh karyawan sebelum saya ada buku kas, buku bank dan buku besar saja, apa itu sudah cukup pak??
    Memang sih transaksinya sangat sederhana (tidak seperti perusahaan).
    Yang harus dibuat buku kas dulu atau buku besar dulu sih pak?? Terus bagaimana sih menentukan no perkiraan (COA)???
    Tolong kasih sedikit contoh/format laporan keuangannya donk pak….
    Ilmu yang bapak berikan pasti akan sangat berguna untuk saya memulai bekerja disini dan semoga mendapat pahala yang besar. Amieen
    Balas ke email saya ya pak. T.K

    ZB:
    Yang membutuhkan laporan keuangan adalah pemilik, instansi pemerintah (pajak) dan lembaga lain yang terkait. Pemerintah mewajibkan kepada bada usaha untuk mencatat sestiap transaksi keuangan dan dilaporkan sesuai standar akuntansi yang berlaku. Di Indonesia standar akuntansi yang digunakan adalah PSAK.

    Bagaimana dengan yang tidak berbadan hukum?…
    Yang membutuhkan laporan keuangan hanya pemilik, jadi sesuai maunya pemilik. Kewajiban untuk mencatat transaksi seperti tersebut diatas tetap ada, hanya saja instansi pemerintah tentunya tidak dapat memonitor badan usaha yang tidak berbadan hukum. Tercatat sebagai badan usaha saja tidak….

    Mengenai cara membuat COA ada dalam web ini, silahkan telusuri melalui halaman Akuntansi.

  59. boleh enggak ya saya mintak contoh praktis pembuatan laporan keuangan untul usaha kecil, yang praktis aja..!

    ZB:
    Anda perhatikan laporan rugi laba, itu adalah salah satu laporan keuangan utama yang paling penting. Bukankah ini dimulai dari yang paling sederhana. dan memang sederhana.Bahkan laporan rugi laba dapat ditampilkan dalam 4 baris saja yaitu :

    Penghasilan ………x.xxx (tinggal jumlah)
    Modal (HPP)………x.xxx – (perlu dihitung pakai tabel)
    Biaya operasional..x.xxx – (tinggal Jumlah kan)
    Laba………………x.xxx

    Selanjutnya bila telah diperlukan baru di uraikan sesuai kebutuhan, penghasilan itu apa saja, biaya operasinalk apa saja sehingga itemnya semakin banyak.
    kalau untuk neraca

    Asset
    Kas……………….x.xxx
    Harta tetap……..x.xxx
    Jumlah asset …..x.xxx
    Aktiva
    Hutang………….x.xxx
    Modal……………x.xxx
    Jumlah pasiva….x.xxx

    Akutansi itu mudah!… kalau sudah banyak baru bikin pusing. Untuk itu anda pelu beli ZULISoft karena dengan ZULISoft anda hanya mencatat transaksi, selanjutnya urusan komputer… ya nggak!…

  60. Saya lagi membuat program untuk perusahaan trasportasi kapal, saya kesulitan dalam menerapkan logika akuntansi kedalam aplikasi karena saya tidak ada basic akuntansi, yang mau saya tanyakan : apakah setiap perkiraan harus memiliki saldo awal dan saldo akhir, dan apakah saya bisa hubungi bapak melalui email saya sudah merancang databasenya untuk bapak analisa, thanks

    ZB:
    Pada mulanya semua rekening bersaldo Nol. Pada akhir tahun dilakukan proses tutup buku, dan saldo akhir akan menjadi saldo awal periode berikutnya. Dalam proses berjalan saldo berubah akibat adanya transaksi.

    E-mail saya terbuka buat siapapun, namun terkadang saya tidak sempat membaca semua email yang masuk. Saran saya dalam menulis email ke email saya Tuliskan subject yang jelas, agar tidak terlewati.

  61. pak,saya bekerja di perusahaan jasa…
    saya bingung dalam membuat laporan keuangan untuk pajak…
    karena selama ini saya hanya menggunakan laporan kas dalam bentuk kredit dan debit…
    saya tidak tau harus mulai dari mana memperbaiki pelaporan keuangannya…
    saya juga tidak tau bagaimana caranya menghitung penyusutan peralatan….
    tolong infonya ya pak…
    terimakasih

    ZB:

    Yakinkan dulu diri anda bahwa akuntansi itu mudah!… dan anda akan dapat memulainya dengan santai.
    Langkah awal, anda pelajari kerangka akuntansi yang ada pada blog ini dan anda susun kerangka akuntansi perusahaan anda. Setelah itu lanjut ke mencatat penerimaan dan pengeluaran kas dan pahami bentuk laporan keuangan. menghitung harga pokok juga sudah ada. Masalah penyusutan anda baca buku akuntansi sepitas juga beres.

    Untuk belajar akuntansi lebih lanjut juga banyak blog yang menyediakan materi akuntansi salah satunya ini : http://bahankuliahgratis.wordpress.com/
    Saya belum baca secara detail namun sepintas saya lihat mudah dicerna. Bila anda ingin bagaimana membuat laporan keuangan dengan mudah dan cepat tentunya anda perlu menggunaka shoftware akuntansi yang mudah dioperasikan, salah satunya ZULISoft. Dengan ZULISoft anda hanya perlu mencatat setiap transaksi keuangan seperti yang anda kerjakan sehari-hari selanjutnya komputer mengambil alih tugas anda dalam menyusun laporan keuangan.

    Untuk menghitung penyusutan, ada banyak metode yang dapat dipilih dan dalam waktu dekat akan saya upload di blog ini OK!….

  62. Bapak, mau tanya :

    Apakah hal mendasar yang membedakan antara beban dan biaya dalam sebuah laporan keuangan, Pak?

    Mohon penjelasannya ya Pak,…

    Terima kasih
    Q
    ZB:
    Saya banyak memperhatikan laporan keuangan, dimana akuntan tidak memperhatikan/membedakan atau memang karena tidak memahami sehingga merbelakukan Beban dan Biaya adalah sama. Atau yang seharusnya biaya disebut beban atau sebaliknya yang beban disebut biaya. Namun tidak ada yang mempermasalahkan beban dan biaya.

    Beban adalah semua yang menjadi tanggungan perusahaan baik yang sudah dibayar atau belum, diambil manfaatnya atau tidak. Kita ambil contoh beban bunga, beban pajak, Beban gaji, beban penyusutan dll.

    Kalau semuanya beban, mana yang biaya?…

    Untuk itu saya buat batasan, BIAYA adalah semua yang dikeluarkan dan telah diambil manfaatnya. atau telah terpakai. selanjutnya ….

    Kasus 1
    Pajak adalah ……., dan tidak mendapatkan kompensasi langsung…… Disini kita tidak dapat mengetahui kapan kita mengambil manfaatnya, sehingga tidak pernah ada yang namanya Beban Pajak berubah menjadi biaya pajak.

    Kasus 2
    Beban Gaji adalah kewajiban perusahaan atas jasa yang diberikan oleh karyawan kepada perusahaan. Perusahaan melakukan pembayaran (membayar gaji) setelah mengambil manfaat berupa jasa yang telah diberikan kepada perusahaan, Sehingga setelah dibayar beban gaji tersebut menjadi biaya gaji. Berarti dalam laporan keuangan seharusnya tidak ada beban gaji.

    Kasus 3
    Biala anda melakukan penilaian tarhadap sebuah kendaraan operasi, salah satu komponen yang anda perhatikan adalah beban operasional yang diperlukan oleh kendaraan tersebut. Namun ketika anda memperbaiki kendaraan tersebut pada sebuah bengkel anda hanya berhubungan dengan biaya perbaikan bukan beban perbaikan.

    Kalau dalam bahasa matematika biaya adalah subset dari Beban

    Dengan 3 kasus yang saya berikan, seharusnya anda dapat membedakan antara Beban operasional dengan biaya operasioanl. Beban pemeliharaan dengan biaya pemerliharaan. Dll.

  63. Pak.. saat ini saya sedang mengelola perusahaan xpedisi milik kakak saya.. selama 2 tahun berjalan perusahaan kakak saya ini tidak ada laporan rugi / laba,, apa lagi neraca nya… saat ini saya ingin membuatkan laporan keungan dan neraca 2 tahun terkhir sehubungan customer meminta laporan neraca kami 2 tahun ke belakang…

    1. Cukup kah laporanm neraca di buat per satu tahun saja ?
    2. bisa tidak saya meminta contoh laporan keuangan serta laporan neraca untuk perusahaan yang bergerak di bidang xpedisi..

    Thanks atas bantuannya

    ZB:
    1. Laporan neraca untuk hal tersebut, adalah neraca akhir tahun artinya memang hanya 1 untuk 1 tahun. Perlu saya ingatkan bahwa yang dimaksud laporan keuangan bukan hanya laporan neraca saja.

    2. Saya ngak punya data perusahaan expedisi.

  64. selamat siang,
    pak mohon bantuannya tuk dibuatkan contoh laporan keuangan koperasi serba usaha beserta akunnya.
    thanx before

    ZB:
    Saya ingin membantu anda, namun saya juga punya kesibukan sendiri sehingga saat itu saya belum dapat penuhi harapan anda.

  65. Walah tak kusangka pakde zulidamel jago dibidang yang ni. Bisa nyairin dana gak boss?

  66. [...] Bentuk laporan keuangan [...]

  67. saya terbantu dengan tulisan dalam blog ini sebagai ranah pengetahuan akuntansi

    ZB:
    semoga anda juga dapat membantu orang lain yang dapat anda bantu.

  68. aku punya usaha counter pulsa niy,,, supaya jelas aku mau bikin laporan keuangannya,,, bisa tolong buatkan format nya ga ya,,, plissss,,, reply soon via email ku rachma_as@yahoo.co.id,,,, thanks,,,,

  69. salam kenal pak, saya bingung pada bagian inventory,bolekah saya minta contoh lap. R/L yang menghitung HPP bhn baku lalu jadi brng 1/2 jadi dan menjadi brng jadi??? trimakasih pak………

    ZB:
    Kamu lihat halaman HPP

    • terima kasih pak sebelumnya,..pak kalau saya mau dapatin bukunya bapak yang “komputerisasi akuntansi pada perusahaan manufaktur” itu bagaiamana sya udah muter ditoko buku di surabaya sudah kosong,di unair pak agnes juga katanya kosong…..thx….

  70. maaf pak judul bukunya salah,…yg bener”komputerisasi akuntansi MYOB pada perusahaan manufaktur”
    ZB:
    Waktu saya buka kursus bidang pendidikan professional komputer, saya banyak menulis dalam bentuk diktat dan di cetak untuk lingkungan sendiri. Tidak satupun yang diterbitkan secara komersial, jadi tidak mungkin ada buku saya beredar di toko. Kalau ada yang menyebutkan dalam refenrensi, yang dimaksud adalah diktat tersebut namun saat ini saya sendiri tidak menyimpan arsip tentang tulisan-tulisan tersebut. Karena saya sudah lama tidak aktif di dunia pendidikan dan saat ini sudah banyak buku mengenai hal yang sama.

    Belum lama ini ada penerbit meminta saya untuk menulis buku mengenai komputer akuntansi, namun setelah saya coba ternyata, menulis merupakan hal yang tidak mudah mungkin karena sekian lama tidak menulis sehingga sammpai saat ini saya belum dapat memenuhi janji saya kepada penerbit tersebut.

    • ooo…… maap pak, saya gk tau kalau buku itu bukan bapak, pak di halaman HPP itu contoh laporannya hasil report dari program myob ato bukan ??kok di account sediaan akhir biasanya ada tanda kurung,..

      ZB:
      Bukan?…

  71. mf pak, sy mau tny…gmn c pak crnya mbuat laporan keuangan dr awal u/ sebuah CV. yg mau melakukan perombakan ke Perseroan…;sy bingung harus mulai dr mn? serta gmn crnya mbuat laporan keuangan untuk perusahaan yg bergerak dibidang percetakan.
    -thx-
    ZB:
    Menurut saya, permasalahan yang timbul akibat perubahan bentuk perusahaan atau perubahan akte pendirian perusahaan adalah pada angaran dasar perusahaan dan struktur modal. Tentunya diiringi dengan berbagai kebijakan yang diambil. Hal yang menyangkut kebijakan keuangan dilakukan dengan jurnal penyesuaian. Transaksi keuangan sejak tanggal ditetapkan adalah transaksi keuangan perusahaan yang baru. Kebijakan apa yang diambil tentunya akan menjadi pedoman dalam menyusun laporan keuangan pada perusahaan yang baru.

    Membuat laporan keuangan pada dasarnya sama, yang mebedakan adalah rekening buku besar yang dimiliki oleh perusahaan. Dalam bentuk perusahaan biasanya percetakan digolongkan pada perusahaan jasa, namun menurut saya bentuk laporan perusahaan percetakan adalah menggunakan kerangka perusahan industri, karena dalam operasionalnya menggunakan elemen-elemen yang dimiliki oleh perusahaan industri seperti bahan baku, barang dalam proses, biaya tenaga kerja langsung dll.

  72. Salam kenal Bapak. Saya seorang mahasiswa,sedang membuat laporan keuangan perusahaan yang membuat merchandise misalnya mug,pin,id card,sablon,kartu nama dll. Yang saya mau tanyakan adalah perusahaan tersebut tergolong kedalam perusahaan apa? Apa benar perusahaan tersebut bisa dikatakan perusahaan jasa dan juga perusahaan manufaktur.klu dapat dikatakan perusahaan jasa apa yang menjadi alasan itu dikatakan sebagai perusahaan jasa. Masalahnya dosen saya lebih condong ke perusahaan manufaktur, beliau akan mengizinkan saya jika saya mempunyai alasan yang tepat kenapa itu dikatakan perusahaan jasa.
    Mohon penjelasannya ya Pak.
    terima kasih.

    ZB:
    Usaha jasa yang murni adalah pengurusan dokumen, transportasi dll yang dengan mudah diketahui bahwa pengahsilan yang diterimaanya adalah uang sebagai imbalan jasa yang diberikan. Namun perusahaan jasa seperti konstruksi, konveksi, advesting sering melibatkan unsur perdagangan bahkan industri. Misalnya dalam membuat kartu nama, bila anda mengadakan stock kertas dan tinta serta alat kerja artinya anda telah mempnyai persediaan bahan baku untuk pembuatan kartu nama sehingga usaha anda telah termasuk usaha industri tapi kalau anda tidak menyediakan bahan baku mungkin alat kerjanya punya barulah dapat dikatakan sebagai perusahaan jasa. Sehingga untuk menentukan itu perusahaan jasa atau industri masih tergantung aktivitas yang dilakukan. Contoh yang lain dalam bidang Jasa kontruksi yang bekerja sebagai usaha jasa adalah tukang sedangkan perusahaannya cenderung sebagai perusahaan industri bukan jasa. OK!…

  73. tolong kasih gambar atau bentuk lap R/L

  74. selamat malam pak,
    pak punya contoh laporan keuangan untuk yayasan pendidikan ga? beserta hitungan pajak2nya, atau mungkin ada contoh yang menyerupai laporan keuangan yayasan pendidikan,
    terima kasih pak

    ZB:
    Mohon ma’af saya tidak punya namaun dapat saya jelaskan bahwa Yayasan pendidikan adalah jenis perusahaan jasa yang memiliki rekening pendapatan SPP, Sumbangan pembanguinan, Hibah, subsidi dll. Mengenai perhitungan pajak, Yayasan sendiri setahu saya tidak kena pajak. Yang dikenakan pajak adalah pihak yang memperoleh penghasilan dari yayasan.

  75. salam smart pak…
    saya mohon bantuan bapak,kira2 di link mana tau web apa yg bisa dowlond SAK ( standar akuntansi keuangan ) ? soal y saya suda mncri di goggle blum dapat,mohon bantuan y pak,
    mohon konfirmasi k rein_axa@yahoo.co.id

    ZB:
    PSAK adalah product Ikatan Akuntansi Indonesia. Didistribusikan kepada anggota. Kunjungi webnya http://www.iaiglobal.or.id

  76. bos carane buat tugas py??
    kq angel men ya
    rag pasti kq kw jawabane,,,,,

  77. maaf pa sblmnya sya mau minta tolong contoh laporan keuangn u/ perusahaan cargo/forwader itu sprti apa sih??? trm ksh,,,

    ZB:
    Anda pelajari laporan keuangan perusahaan Jasa…

  78. thank ya…minta contoh laporan keuangan perusahaan yang bergerak di bidang kontraktor mekanikal elektrikal dong….thanx

    ZB:
    Saya terlalu banyak menerima permintaan cohtoh laporan keuangan, padahal permasalahanya hanya pada rekening yang dimiliki teritama rekening pendapatan

  79. alam knal yach….pa saya mau minta tolong,tolong yach kasiin bentuk lap[oran keuangan pada bang

  80. pa tlong ksiin laporan keuangan bank yachhhhh….tolong…

    ZB:
    Seingat saya, saya pernah mengupload Neraca Bank. coba kamu cari aja.

  81. salam kenal….pak tolong berikan contoh laporan keuangan yang bergerak dbidang prduksi

    Zb:
    Bidang ini banyak variasinya dan ruang lingkupnya luas. Dalam bidang ini saya sudah minta feenya!. Kalau semuanya gratis gimana baya internetnya?….

  82. pa…tolong kasih saya laporan keuangan pada penerimaan siswa baru yua…

    makasih

    ZB: Yang saya tahu hanya laporan penerimaan kas dan pengeluaran kas dan itu biasanya dilaporkan apa adanya. Laporan ini tergolong laporan operasioanal.

  83. pak saya mau tanya, bagaimana perhitungan selisih kurs yg benar dlm suatu laporan keuangan,krn perusahaan saya selain bertransaksi dlm IDR juga dlm mata uang asing . Kalaupun ada buku atau aturan nya saya bisa di kasih tau judul atau aturan no. berapa ?

    ZB:
    Permasalahan mata urang diatur dalam Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 52 tentang MATA UANG PELAPORAN , (PSAK) No. 10 tentang Transaksi Dalam Mata Uang Asing, (PSAK) No. 11 tentang Penjabaran Laporan Keuangan Dalam Mata Uang

  84. Ass,pak tolng sebtkn apa aja seh yg termsk metode penyusutan. Maksh.

    ZB:
    Mohon ma’af saya belum dapat membahas apa yang anda harapkan.

  85. coba jelaskan apa yang di maksud dengan saham?
    ZB:
    Modal pada perusahaan berbentuk PT disebut dengan saham.

  86. Siang Pak. salam kenal dari saya A Suhana
    mau tanya dan mohon bantuannya,
    Untuk Perusahaan yang bergerak di bidang Jasa Konstruksi,
    1. bagaimana peraturan/tata cara perhitungan atas penghasilan PPh Badan yang telah dipungut PPh final 4(2) untuk laporan SPT Tahunannya?mohon diberikan penjelasan /contoh.
    2. Apakah dari Pendapatan bersih akhir tahun (+)masih juga di kenakan PPh badan? dan bagaimana hubungannya dengan Bukti Potong PPh final yang telah dipotong oleh pemberi kerja.
    terima kasih..

    ZB:
    Mengenai tatacara sebaiknya anda lihat pada pajak.go.id atau pajak.com karena perataurna pajak dan tatacaranya sering berubah.

    Untuk hasil usaha yang telah dikenakan pph final tidak ada lagi pph badan kecuali ada hasil usaha lain.

  87. Salam Kenal ..
    Pak,, saya minta tlng di kirimkan fungsi kartu aktiva tetap bagi perusahaajn ..
    Terima kasih

    ZB:
    Kartu aktiva tetap adalah kartu untuk mencatat segala hal mengenai satu aktiva tetap tertentu. Dalam sistim akuntansi manual biasanya dibuat pada formulir tercetak dengan tulis tangan namun pada sistim informasi berbasis komputer kartu tersebut dibuat dalam formulir elektronik, dimana dapat di print-out secara periodik atau saat dibutuhkan. Fungsi kartu ini adalah untuk pengawasan aktiva tetap dapat digunakan secara efektif.

  88. ass,
    pak kalau, tolong beritahu perbedaan dari laporan keuangan perusahaan jasa, dagang n manufaktur.. sebelumnya terimakasih atas jawabannya..??

    ZB:
    Perbedaan laporan keuangan satu perusahaan dengan yang lainnya berbeda pada rekening buku besar yang dimilikinya.
    Perusahaan Industri memiliki persediaan bahan baku, persediaan dalam proses dan persediaan barang dagang(barang jadi) dan perusahaan dagang hany memiliki persediaan barang dagang serta perusahaan jasa tidak memiliki persediaan….

  89. siang pak.
    mo minta bantuan downk.aku sekarang kerja diperusahaan jasa.disini posisi saya dibilang adm,saya kesulitan dalam pelaporan neraca berhubung saya masih baru dan fres graduate jg jd saya belum begitu paham ttg akuntansi…dan di perusahaan ini ga ada neracanya sampai skrg.yg saya mo tanyakan bgm cara membuat neraca bar kembali sdngkan perusahaan ini sudah berjalan 20 th?
    terima kasih

    ZB:
    Mulai dari membuat kerangka akuntansi…

  90. Pak, dalam laporan keuangan saya uang muka konsumen saya jadikan sebagai hutang lancar, ( belum muncul piutang )
    setiap penjualan rumah ada ppn 10% yang dikenakan untuk konsumen
    yang saya bingung kapan saya harus memasukan ppn tersebut & bagaimana jurnalnya, mohon bantuannya ya pa..

    ZB:
    Benar, Uang muka adalah bagian dari utang karena transaksi yang sesungguhnya belum terjadi.
    PPn adalah pajak atas transaksi penjualan, maka PPn itu dapat dicatat pada saat terjadi transaksi penjualan, Dalam perdagangan umum yang biasanya tempo kredit hanya dalam waktu relatif singkat biasanya hanya ada satu faktur pajak untuk satu transaksi penjualan. namun timbul permasalahan kenapa timbul utang PPn sedangkan uangnya sendiri belum diterima.
    Dari pemahaman saya PPn dikenakan pada setiap transaksi penerimaan Kas (saya kurang tahu pasti apakah hal ini masih berlaku, harap anda periksa aturan yang berlaku). Cara ini terlihat rumit karena selalu menghitung PPn setiap kali terjadi transaksi penerimaan uang termasuk penerimaan uang muka. Dengan cara ini yang pasti anda tidak akan mencatat utang ppn selama anda tidak terima uang untuk itu.

  91. Pak …..
    tolong donk jelaskan tentang kewajiban pajak apa saja bagi perusahaan pertambangan batu bara

    ZB:
    Masalah ini adalah hal yang selalu berubah sesuai dengan kebijakan. Sebaiknya anda cari langsung pada http://www.Pajak.go.id atau http://www.pajak.com

  92. apa langkah2 pencegahan untuk Pelanggaran BMPK?
    apa Laporan-laporan wajib ke BI?

    ZB:
    Mohon ma’af! kami tidak fokus pada UU perbankan dan akuntansi pemerintahan.

  93. Selamat sore Pak , saya akbar . saya mau tanya simpel aja apakah di dalam Catatan atas LAPKEU haruskah mencantumkan Nominal dari Laba Rugi , terima ksih

    ZB:
    Catatan atas laporan keuangan itu kan satu kesauan dengan laporan keuangan.

  94. pak mnta caranya bwat laporan keuangan donk,,,,
    send. ndok emailq ya,.,.,.,.,

    ZB:
    Apa yang telah ditulis di blog ini adalah bagian dari penyusunan laporan keuangan. Bila telah dipahami maka caranya tingal catat jurnal transaksi, posting ke buku besar. Jumlahkan lalu nilainya susun kedalam bentuk neraca, labarugi, hitung perubahan modal dan beri keterangan selesai.

  95. saya mempunyai perusahaan yang bergerak di bidang jasa lebih tepatnya yaitu majalah ( free magazine ) yang mengandalkan pemasukan / pendapatan dari iklan saja. perusahaan ini baru dibuka sekitar 3 bulan yang lalu, tetapi sy masih bingung untuk membuat laporan keuangannya. yang membuat saaya bingung adalah saya harus mulai dari mana? apa saja yang diperlukan? mohon informasinya, karena akan sangat membantu

    trims
    dimas

    Setiap perusahaan berkewajiban mencatat semua transaksi, terutama yang berhubungan dengan keuangan. Hal pokok dalam operasional perusahaan adalah catatan mengenai penerimaan dan pengeluaran kas.

    Apa yang dibutuhkan?… semua itu tergantung kebutuhan perusahaan yang anda kelola. Sebagai sample yang sering saya sampaikan adalah seorang yang membuka usaha sebagai tukang sate. Anda tentunya tahu bahwa tukang sate tersebut adalah pemilik, direktur, accounting, marketing puechase dll. Mulanya dia hanya bekerja sendiri dengan bantuan keluarganya. Dia tidak perlu menghitung berapa uang yang harus dia keluarkan untuk setiap anggota keluarga yang membantunya dan dia tida perlu menyuruh orang untuk membeli kebutuhannya. Demikian juga setia hasil penjualan langsung masih kantongnya. Tidak ada yang salah dalam hal ini. Untuk ringkasnya kita sebut manajemen tukang sate.

    Jika usahanya semakin berkembang tentunya perlu bantuan orang lain untuk membantu pekerjaan. Disini baru ada pertimbangan. Bantuan seperti apa yang diperlukan. dan bila semakin berkembang muncul kebutuhan yang lebih spesifik misalnya untuk membeli barang ke pasar dan seterusnya makin spesifik misalnya khusus untuk menerima hasil penjualan “kasir” dan seterusnya. Jadi apa yang diperlukan itu sangat tergantung pada kondisi di lapangan.

    Jika perusahaan anda berbadan hukum yang didirikan dengan modal pihak lain misalnya pinjaman dari bank, tentunya harus memenuhi segala aturan pelaporan sesuai dengan standar akuntansi keuangan. Karena itu anda harus belajar akuntansi dan bila telah memungkinkan anda memiliki staff yang mengerti akuntansi.

  96. rasio likuiditas&solvabilitas

  97. Saya mohon bantuan bapak mengenai penyusutan harta kekayaan perusahaan mulai dr inventaris kantor sampai kekayaan gedung,dll. untuk mengerjakannya dengan mudah dan gampang dimengerti itu bagaimana? dan juga jika inventaris2 tsb. sudah habis masa ekonomis & teknisnya tapi barang2 tsb tidak dijual atau masih dipakai, trus bagaimana penilaian atas barang tsb? apa masih bisa dicantumkan dalam neraca? jika tidak bagaimana cara pembukuannya? terima kasih sblmx….. dan mohon untuk dibalas

    ZB:
    Ada banyak metoda penyusutan dalam akuntansi dan mohon ma’af saya belum punya waktu untuk membahasnya. Cara yang banyak digunakan adalah metode umur ekonomis.
    Setiap barang2 umumnya mempunyai nilai sisa. Bila habis masa ekonomisnya diadakan penilaian kembali dan sesisihnya ditutup ke labarugi.

  98. Sebelumnya terima kasih atas penjelasannya ….ada beberapa yang saya tanyakan mengenai format laporan arus kas untuk perusahaan tbk yang memakai sistem metode langsung terima kasih

    Nuggie

    ZB:
    Mohon ma’af!… saya tidak paham dengan metode langsung yang anda maksudkan. Masalah tbk urusannya dengan kepemilikan dan jelas ada aturan dasar yang ketat dalam pengelolaan keuangan.

  99. pak, untuk membuat lap rugi laba yg perusahaan yg bergerak dibidang jasa kontruksi dan pengadaan barang karna untuk membuat lap. pajak tahunan badan harus dibedakan PPH Final (jasa kontruksi) dan PPh untuk pengadaan….

    ZB:
    Saya hanya menjelaskan permasalahan dasar pajak sedangkan masalah teknis harus mengacu pada ketentuan terbaru yang diterbitkan ditjen pajak. “Tahun 2009 ini juga terbit peraturan pajak yang membuat gerah dunia usaha”.

  100. selamat pagi, saya baru buka usaha rental mobil, bermaksud ingin melihat contoh pembukuan untuk usaha ini,terima kasih

  101. maav pak..mohon bantuan nya..saya ingin menanyakan tentang neraca awal..
    apa yang dimaksud dgn neraca awal dan bagaimana cara pembuatannya..apakah sama dengan neraca akhir tahun?
    ada yang biLang neraca awaL itu merupakan neraca akhir thn sbeLumnya,LaLu bagaimana jika perusahaannya baru dan beLum memiliki laporan keuangan?
    Langkah awaL yg hrs saya Lakukan apa?
    tLong berikan contohnya secara Lengkap..
    terimakasih sebeLumnya pak.. :)

    ZB:
    Periode akuntansi adalah satu tahun sehingga laporan neraca minimal dibuat satu kali setahun dan bisa juga setiap saat diperlukan namun semuanya berawal dari awal tahun. neraca awalnya adalah neraca pada akhir tahun lalu, jika perusahaan baru neraca awalnya adalah Nol. Perusahaannya sudah lama namun belum pernah membuat neraca maka terlebih dahulu dibuat neraca tahun lalu sebagai neraca awal.

    • huMm…sebenarnya begini pak..saya sekarang Lg mw nyusun Laporan Tugas Akhir, dan saya kebagian membuat neraca awal pada UKM jualan makanan,
      dan mereka baru bbrapa buLan ini berdirinya,
      dan meraka hnya melakukan pembukuan biasa..
      dan saia mendapat tugas membuat neraca buLan maret.
      menurut bapak saya hrz membuat neraca untuk bulan februari dulu atau gimana pak?
      mohon saran dan bantuan serta petunjuknya..
      terimaksih Lagi bapak.. :)

      ZB:
      Periode akuntasi adalah tahunan. yang dimaksud neraca awal adalah neraca periode tahun lalu. Kalau baru berdiri neraca awalnya adalah Nol. Dalam laporan keuangan ada neraca pada bulan tertentu namun tidak berarti neraca bulanan. Kalau seandainya anda diminta untuk membuat neraca per 31-Jan-10, 28-Feb-10 itu sah2 saja namun tidak dimaksudkan untuk neraca awal.

  102. mas kalo neraca yayasn untuk yayasan sosial Seperti apa?
    Bidang Infaq & sodaqoh,
    tolong kirim ke saya ya mas..!!!
    Terima kasih Atas Bantuannya..!!

    ZB:
    Laporan keuangan setiap organisasi adalah sama. Yang membedakan adalah rekening2 yang dimiliki oleh arganisasi tersebut. Kalau organisasi profite punya kas, organisasi non profit juga punya. yang beda jumlahnya. Organisasi punya aktiva tetap organisasi non profit kan punya juga. Perusahaan dagang memperoleh pendapat dari penjualan sedangkan yayasan memperoleh pendapatan dari sumbangan, infaq, sadaqoh.

  103. huMmm…tapi pak saya dapet tugas membuat neraca awal untuk buLan maret..
    bagaimana pak?

    ada Lg pak..
    ini beda kasus..
    saya mw skaLian Nnya..
    saya bekerja d perusahaan jasa..ngebuat web..
    dan sekarang Lagi mw mengadakan kontrak kerjasama..
    pi syarat dari meraka kita harus memberikan Laporan audit keuangan,
    tapi prusahaan saya bLun pernah membuat Lapkeu,
    dan masi daLam bentuk pembukuan,
    dan masi baru d bangun,
    baru berdiri dari januari 2010 kmren,
    menurud bapak kita harus bagaimana..
    mkasii sbeLumnya.. :)

    ZB:
    Tetap memperhatikan konsep dasar akuntansi bahwa neraca awal adalah neraca akhir tahun lalu. Karena baru berdiri artinya neraca awal adalah Nol. Bila diinginkan neraca awal bulanan maka harus dibuat neraca mulai dari Jan, Feb dimana neraca awal Januari adalah Nol, Neraca awal Februari adalah Neraca Januari dan neraca awal Maret adalah neraca Februari. Ok.

    Kemudian masalah syarat kerjasama. Kerjasama yang anda maksu apa kerjasama untuk membuat web suatu perusahaan atau kerjasama dengan perusahaan pembuat web juga.
    Jika kerjasama untuk membuat web suatu perusahaan, anda dapat menggunakan nama perusahaan lain dengan melakukan kerjasama dengan perusahaan tersebut bagaimanapun caranya yang penting anda mendapat dukungan dari perusahaan tersebut dan dapat menggunakan copy laporan keuangannya.
    Jika syarat untuk membuat kerjasanma (bekerjasama) dengan perusahaan pembuat web juga berarti perusahaan anda harus di audit oleh kantor akuntan public untuk mendapatkan laporan keuangan dari auditor.

  104. mohon dikirnkan contoh laporan keuangan ke e-mail saya.
    terimakasih.

  105. Mw nanya da…

    Saya baru mendirikan PT (belum PKP) sudah ada NPWP tapi sampai saat ini belum ada kegiatan sama sekali. bingung bagaimana buat laporan rugi/laba dan neracanya.
    tolong kasih contohnya ya da…

    Terima kasih,

    ZB:
    Saya bingung juga, karena ada yang bingung bikin rugi laba perusahaan yang belum ada kegiatan. Padahal kan hanya menuliskan angka 0 (nol).

  106. pagi pak,
    pak mau nanya bagaimana cara pembuatan laporan neraca dimana perusahaam uda berdiri sejak lama tapi belum ada laporan neracanya.dan langkah2 apa yang harus saya persiapkan atau data2 apa yg harus dipersiapkan dlm penyusunan neraca padahal perusahaan udah berdiri sejak 2007.terima kasih atas jawabanya..

    ZB:
    Ini masalah yang sifatnya teknis dan terkait dengan kebijakan. Untuk neracanya sendiri adalah hal yang mudah karena hanya ada 3 hal pokok yaitu berapa asset yang dimiliki pada saat dilaporkan, berapa hutang dan selisihnya adalah modal. Yang rumit bagaimana dan dari mana semua itu diperoleh. Bagaimana dan darimana itulah yang harus anda kumpulkan.

  107. sore pak, salam kenal saya ada tugas kampus dan disuruh membuat jurnal umum sampai dengan laporan keuangan dan saya bingung perusahaan apa yang ingin saya buat laporan keuangannya terimakasih pak:)

    ZB:
    Kamu yang disruh bingung, saya yang cuma dikasih tahu juga lebih bingung karna yang mau dijurnal itu apa?…

  108. pak, tolong bisa dilampirkan hasil dari analisis laporan keuangan yang baik untuk neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan ekuitas dan laporan arus kas dari 1 perusahaan saja? terima kasih banyak.

    ZB:
    Yang anda maksud menyangkut masalah data, itu dapat anda temukan pada koran bisnis biasanya banyak setiap bulan maret.

  109. Ass…pak tolong dong pak saya bingung,saya mau kuliah…tp sya bingunG mau ngambil di fakultas man?karna sya tertarik dengan perpajakn sedangkan perpajakan adanya di universitas terbuka…sistim online sedangkan di kampus yang sya incer dari dulu ada nya cman akuntansi…..yang mau saya pertanyakan apa bedanya perpajakan dan akuntansi….dri antara dua ini mana yang paling sulit…trus gmana si sistem kuliah online……tolong ya pak di perjelaskan perrtanyaan saya tadi….terima kasih

    ZB:
    Setahu saya UT adalah Uneversitas negeri yang dapat digunakan untuk peningkatan mutu untuk pegawai yang tidak dapat masuk kuliah. secara teoritis sama dengan uneversitas negeri lainnya namun menurut saya banyak orang meragukan kwalitasnya. Sampai sekarang saya belum punya data berapa orang yang melamar pekerjaan dengan ijazah UT, bahkan saya bertanya-tanya apakah UT itu masih ada atau tidak.

    Perpajakan adalah bagain yang spesifik dari akuntansi yaitu akuntansi pajak. Di jurusan akuntansi anda juga akan belajar perpajakan namun jumlah sksnya tentunya disesuaikan dengan kebutuhan. Biasa lulusan akuntansi juga menambah pengetahuannya dalam perpajakan melalui kursus perpajakan. (Brevet). Dalam lapangan kerja tentunya bagian khusus perpajakan lebih mengutamakan lulusan perpajakan dan bagian akuntansi umum mengutamakan lulusan akuntansi. Bila memang tidak memungkinkan anda masuk jurusan perpajakan tidak ada salahnya anda masuk akuntansi. tambah kursus perpajakan.

  110. kenapa kita harus membuat laporan keuangan..??

    ZB:
    Karena ada yang memerlukan. siapa yang memerlukan ?…
    1. Manajemen perusahaan untuk mengetahui hasil yang diperoleh dari usahanya dan pengedalian operasional
    2. Investor misalnya Bank atau supplier untuk penilaian apakah anda layak dipercaya untuk menanamkan modal mereka dalam usaha anda.
    3. Pemerintah untuk melakukan pengawasan namun yang paling penting pajak yang harus anda bayar. Pemerintah punya hak 10% dari nilai total transaksi (PPn) + 5 – 30 % dari penghasilan bersih yang anda peroleh. Dengan uang itulah pejabat bersenang senang.

  111. Salam Kenal,
    Singkat aja pak,saya punya data perushaan bergerak di bidang jasa konsultan bangunan, tapi terdapat pos persediaan pada Neracanya. Saya bingung ketika akan melakukan analisa keuangannya terutama ketika akan menggunakan rasio persediaan.Setelah merujuk pada catatan atas lap.keu prshaan tsb,ternyata tdk ada penjelasan tntang pos persediaan. Apa sebaiknya saya tidak perlu menggunakan beberapa rasio keuangan jika memang tidak sesuai dgn bidang perusahaan???

    ZB:
    Analisa Laporan Keuangan alat analisa untuk mengambil keputusan. Elelen2 yang di analisa tentunya adalah elemen yang ada pada perusahaan. Karena merupakan alat sama juga dengan peralatan teknik, kita tidak harus dengan alat tertentu. Kita harus memilih alat yang paling sesuai.

    Mengenai Unsur persediaan dalam perusahaan jasa memang tidak ada, tapi tidak ada aturan perusahaan jasa tidak boleh memiliki persediaan. Dan dalam kenyataanya banyak perusahaan jasa memiliki persediaan seperti perusahaan jasa konstruksi.

  112. saya mau tanya…..dalam koperasi apakah ada akun prive?
    klu ada nanti dineraca akan muncul disisi aktiva ato passiva?trus letaknya sejajar dgn apa?..terima kasih

    ZB:
    Dalam koperasi tidak ada pemilik, yang ada adalah anggota jadi tidak ada prive.

  113. salam kenal pak, saya bekerja di perusahaan kontruksi
    saya mau tanya…
    Sekarang saya agak bingung.gmn ya cara membuat laporan Harga pokok Penjualan
    masalahnya begini pak
    pada saat pembelian bahan baku di order oleh kantor pusat
    sementara pembebelian,operasional,dll di order oleh proyek/ lapangan.
    Semua pembelian menjadi satu di proyek/lapangan.sementara pemakaian barang tidak ada pencatatan.

    sehingga akhir tahun saya belum bisa mentaksir harga pokok yang sebenarnya dikarenakan laporan di proyek/lapangan tidak mencatat pengeluaran barang.bagaimana cara menghitung harga pokok penjualan pak?

    ZB:
    Kebutuhan suatu project telah ditentukan dalam RAB sehingga pembelian sesuai dengan kebutuhan tersebut, artinya perusahaan tidak memiliki persediaan. Dengan demikian Hpp = Pembelian barang & jasa. Bila project dalam pengerjaan biasanya ditentukan dengan prosentase tingkat penyelesaian tanpa harus menghitung barang yang masih dalam pengerjaan project.

  114. Salam kenal pa,
    tolong infonya dunks pa, perusahaan tempat kerja saya, baru PKP,dan saya kesulitan untuk membuat kode akun PPN masukan dan PPN keluaran,

    akun apa saja yg saya butuh tambahkan?
    akun PPN masukan, PPN keluaran, Hutang PPN perlukan?

    lalu itu termasuk balance sheet atau income,?

    Terima kasih

    ZB:
    Saya hanya menyediakan 1 sub account “Hutang PPn” Dalam kelompok Hutang Pajak. PPn masukan diketahui dari nilainya “Debit” sedangkan keluaran “Kredit”, Selisihnya adalah hutang Pajak yang harus disetorkan.

  115. salam kenal pak..!

    aq mau nanya nich…manajemen keuangan itu seperti apa ya..? dan apa kegiatan dari manajemen keuangan itu sendiri..?

    ZB:
    Secara garis besarnya adalah segala sesuatu yang menyanggkut pengelolaan dana, misalnya mencari sumber dana dan kebijakan penggunaan dana. Pada perusahaan kecil biasanya dipegang langsung oleh direktur dan stafnya bisa saja ditempatkan di bawah naungan akuntansi. Pada perusahaan besar dipegang oleh direktur keuangan yang membawahi bagian keuangan dan bagian akuntansi namun semua itu tergantung pada kebutuhan perusahaan.

    Sebagai tambahan anda baca http://zulidamel.wordpress.com/2009/06/25/focus-akuntansi-dan-keuangan/

  116. Pagi pak,

    saya mau bertanya pak, saya masih bingung untuk peninputan rekening koran ke dalam jurnal saya, bisa bapak menjelaskan langkah2nya & contoh transaksinya.
    demikian, terima kasih

    ZB:
    Kalau bentuk jurnal suatu transaksi ok saya bisa jelaskan. Namun tahap2 menyusun jurnal sampai menyusun laporan keuangan semua sudah merupakan pekerjaan komputer dan kami hanya mencatat transaksi kas dalam tiga form yaitu penerimaan kas, pengeluaran kas dan pemindahbukuan. Hasil pencatatan tersebut adalah “catatan perusahaan” dan selanjutnya akan dibandingkan dengan laporan bank (rekening koran) yang disebut rekonsiliasi.
    Transaksi kami catat dari bukti transaksi Atau dari informasi ringkas dari buyer melalui media elektornik. (bukan dari rekening koran). Pada akhir bulan report yang dihasilkan dari catatan perusahaan akan sama dengan rekening koran namun tidak dapat dihindari akan ada perbedaan-perbedan antara catatan perusahaan dengan laporan bank yang disebabkan oleh hal-hal yang biasa terjadi. Hal itulah yang perlu di rekonsiliasi untuk mengetahui penyebab terjadi perbedaan tersebut.
    Perbedaan yang diketahui akan diselesaikan melalui ayat jurnal penyesuaian.

  117. Lg bingung niy, apa penyebab aktiva dan pasiva ada selisih? maklum, bukan orang akuntansi, tapi mencoba buat laporan keuangan buat perusahaan sendiri dengan harapan bisa berkembang.Tq jawabannya ya…

    ZB:
    Bila anda yakin bahwa jurnal sisi debet sudah sama dengan sisi kredit berarti anda belum memasukan unsur laba sebesar selisih tersebut.

  118. Salam kenal bpk/ibu, mohon petunjuknya dan seblmnya terima kasih. Sy usaha bisnis sendiri dgn partner, tiap bulan profitnya berapa langsung kami bagi 2. Pertanyaan sy, bgmn perlakuan jurnalnya? Apakah dgn penarikan laba pada kas? Lalu posisi penarikan laba dlm laporan keuangan bgmn ya, apakah menjadi biaya di Rugi/Laba, atau jika di Neraca mengurangi modal disetor? Terima kasih atas petunjuknya.

    ZB:
    Saya tidak dapat menangkap apakah anda bekerja sama dalam satu badan usaha atau punya badan usaha sendiri-sendiri. Pada satu badan usaha biasanya pembagian laba pada akhir periode akuntansi.

    Dalam akuntansi hanya ada penggunaan dana untuk keperluan sendiri yang disebut Prive. Ada aturan untuk prive agar prive tidak mehilangkan informasi laba yang diperoleh oleh perusahaan, kalau biaya akan mengurangi laba.

    Modal disetor dicatat dalam anggaran dasar perusahaan yang menentukan peran pemilik moda di perusahaan dan bila ada penarikan modal disetor maka berubah pula peran pemilik modal tersebut di perusahaan sehingga anggaran dasar perusahaan pun harus berubah. Dalam pernyataan anda jelas pembagian laba, jadi tidak ada hubungannya dengan modal disetor.

  119. mau nanya apa perbedaan L/R perusahaan manufaktur dengan perusahaan dagang…???
    dan apakah perhitungan harga pokok produksi di perusahaan manufaktur bisa dijadikan harga pokok penjualan ….????
    terima kasih…

    ZB:
    Saya telah membahas secara detail, coba anda baca lagi. Secara garis besarnya perusahaan dagang tidak memiliki pos beban usaha produksi (Biaya proses produksi). Perusahaan manufaktur juga tidak memiliki beban usaha produksi yang sama dengan usaha manufakture lainnya karena tergantung jenis proses produksi yang dilakukannya.

    Dalam hal harga pokok juga telah dibahas secara detail. Sesungguhnya harga pokok (Harga Pokok Penjualan) adalah semua biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh sampai barang tersebut dijual, namun karena berada pada beberapa bagian maka masing2 bagian fokus pada urusannya masing sehingga berdasarkan kepentingan bagian tersebut dapat diidentifikasi 3 kelompok harga pokok yaitu persediaan (bagian perencanan dan Pengawasan-PPC), proses produksi (bagian produksi) dan penjualan (Bagian penjualan). Secara kebetulam ketiganya masih punya singgkat HPP. Perusahaan dagang tidak punya proses produksi sedangkan perusahaan Jasa hanya punya biaya penjualan. Penyelesaiannya Laporkan yang ada saja karena kita tidak dapat secara penuh berpegang pada asumsi tersebut, dalam fakta dilapangan juga ada perusahaan jasa yang memiliki pos biaya layaknya perusahaan manufakture.

    Perusahaan dagang juga dapat memiliki beban usaha produksi karena melakukan proses yang dapat dikategorikan ke dalam usaha produksi misalnya memotong, memperbaiki namun secara legal mereka tetap sebagai perusahaan dagang.

    Contoh yang lain juga telah saya berikan yaitu usaha sapi potong. Yang dibeli sapi dijual juga sapi. Ringkasnya adalah dagang sapi. Namun dapat anda lihat dalam proses yang dilakukannya ada beban usaha produksi. Silahkan anda jawab sendiri apakah perusahaan tersebut perusahaan manufakture atau perusahaan dagang.

  120. mau nanya ni pak, tolong dong bantu saya bagai mana cara membuat suatu bentuk laporan yayasan pendidikan yang baik, thanks ….

    ZB:
    Ini membingungkan!… Mau nanya tapi apa yang ditanya malah pindah minta bantu cara pembuatan laporan keuangan. Permintaan ini hanya dapat dijawab dengan buku, karena bagi saya membuat laporan keuangan tidak terlepas dari semua proses akuntansi dan kriteria yang baik adalah sesuai dengan kebutuhan. Jadi mohon ma’af jika pertanyaan anda tidak dapat saya jawab. Mohon pertanyaan yang spesifik.

  121. [...] busness report (laporan keuangan) Posted on May 19, 2010 by r i n d u Bentuk laporan keuangan [...]

  122. maaf pak mau tanya.. klo contoh pembukuan warnet kya gmna ya..? di buat tabel nya ya pak.. terimakasih

    ZB:
    Kalau kita menyebut laporan keuangan sebenar sama saja. hanya tingkat kebutuhan masing2 berbeda. Biasanya untuk warnet bila masih dalam bentuk usaha kecil cukup membuat buku kas.

  123. tolong yah pak kirimin contoh membuat laporan keuangan warnet….tolong dikirim ke email saya yah ! thkz

    ZB:

    Kunci untuk memahami laporan keuangan adalah kerangka akuntansi. Bila itu dapat anda pahami anda akan dapat menyusun laporan keuangan jenis usaha apapun bahkan laporan keuangan keluarga yang tidak biasa dibuat orang.

  124. tolong di tampilkan format laporan keuangan untuk pelaporan pajak yang sesuai dengna standard akuntansi keuangan
    dan apa – apa docomen / bukti transaksi yang di persiapkan untuk pelaporannya

    best Rgds,

    natap s, SE

    ZB:
    Untuk hal ini anda dapat periksa pada web http://www.pajak.go.id atau http://www.pajak.com. Saya hanya mengikuti peraturan yang berlaku yang selalu berubah berputar disitu-situ juga.
    Formatnya kan sama saja dengan laporan keuangan komersial, permasalahannya hanya pada hal yang tidak diakui dan advise oleh direktorat pajak.

  125. assalamu’alaikum, sebelumnya mhon maaf. Sampai saat ini saya bingung untuk memperbaiki sistem keuangan Yayasan di tempat saya bekerja sebagai staff.. Selama ini keuangan dipegang oleh masing2 unit pendidikan di bawah Yayasan, boleh dibilang Yayasan hanya nama saja tempat untuk meminta tanda tangan administrasi ke Diknas/Depag dan tidak memegang otoritas keuangan. Baru 1 tahun ini pengelolaan keuangan dipindah alihkan/disentralisasikan ke Yayasan. Saya pikir sebagai sekolah/yayasan swasta, pihak kmi berhak untuk menentukan berapapun biaya pendidikan yang akan kami pungut kepada siswa untuk menunjang kemajuan, peningkatan sarpra, kualitas pendidikan dll. Secara Bisnis Education kami berhak penuh atas pengelolaan dan pengalokasian dana tersebut. Permasalahannya Komite Sekolah meminta transparansi keuangan sesuai dengan uang yang telah mereka bayarkan ke sekolah/Yayasan, Misalnya Tahun Pelajaran 2009/2010 (juli 2009 s/d Juni 2010) dana yang masuk dari mereka berapa, uang yang dikeluarkan berapa dan digunakan untuk apa saja, dan sisanya berapa di bulan Juli ini. saya ketawa dan juga “jengkel” ketika mendengar itu, dalam hati bagaimana sekolah ini mau maju menambah sarpra sperti gedung, meja, kursi dll. apalagi ini sekolah swasta yang tidak mendapat bantuan dari pemerintah. Komite menuntut semua dana harus kembali ke anak/siswa dalam bentuk hal yang langsung dirasakan oleh siswa (mis: les, renang, outbond dll), jadi seolah2 Yayasan hanya tempat untuk menyimpan uang guna keperluan pendidikan anak2 mereka, tanpa memperdulikan bagaimana honor guru apalagi memberikan imbalan untuk Yayasan guna peningkatan kesejahteraan guru. Komite Sekolah menginginkan periode pelaporan per tahun ajaran. Kekahawatiran kami model pelaporan seperti itu benar-benar membuka informasi keuangan Yayasan secara jelas dan detail yang semestinya ada hal2 tertentu yang tidak boleh Komite tau bagm kita mengelola keuangan. Tahun 2009 lalu, (th. pertama sya bekerja) sy berusaha membuat laporan keuangan berdasarkan standard akuntansi nasional, dan masih banyak kekurangan yang harus diperbaiki termasuk merencanakan sistemnya. Mgk Pak Zul punya saran untuk menjembatani metode pelaporan yg diminta Komite dengan pelaporan yg sesuai PSAK dan juga menrancang sistem akuntansi keuangannya

    ZB:
    Saya cukup lama di Yayasan pendidikan sebagai staf dan juga guru. Waktu sebagai staf saya diawal tahun disibukan oleh tugas mengolah rencana kegiatan sekolah termasuk anggaran yang diajukan ke yayasan. Diakhir tahun di evaluasi kegiatan apa saja yang terealisasi.
    Sebagai guru juga tidak jauh berbeda. Diawal tahun semua guru sibuk dengan rencana kegiatan belajar mengajar. Lanjut ke dunia bisnis, diawal tahun disusun RKAP (rencana kerja dan anggaran perusahaan) di akhir tahun dievaluasi dengan realisasi kerja dan biaya operasional perusahaan. Sesuai dengan standar ISO “Catat apa yang akan anda kerjakan dan kerjakan apa yang anda catat” Intinya semua pekerjaan harus direncanakan.
    Saya setuju dengan tuntutan yang pertama yaitu pengelolaan keuangan harus transaparan kalau ingin maju. Jika tidak cenderung uang itu akan bermanfaat hanya untuk kepentingan pribadi pihak tertentu atau dikorup yang ahirnya pihak yang berada dilngkungan Yayasan akan merasa kecewa dengan ketidak jelasan.
    Tidak sulit untuk membuat anggaran sebuah Yayasan yang aktivitasnya sudah jelas. Berapa anggaran Biaya untuk operasional yayasan, Berapa anggaran untuk pelaksanaan pendidikan. Berapa anggaran untuk kesiswaan (kegiatan siswa), berapa anggaran untuk pengembangan dan berapa anggaran untuk keperluan tidak terduga. Semua itu harus dibuat dan siapapun boleh tahu rencana kegiatan sekolah tidak termasuk kegiatan Yayasan namun bukan sebagai laporan kepada komite sekolah. Tidak ada hak komite sekolah untuk medapat laporan tentang nilai asset milik yayasan, demikian juga guru dan staf.
    Saya tidak sependapat dengan dengan pernyataan Yayasan bisa menetapkan berapa saja biaya pendidikan karena Yayasan harus menjalankan fungsi sosial. Yang saya tahu di sebuah yayasan pendidikan ada SPP (biaya operasional sekolah dan Yayasan) ini mutlak otorita pengelola yayasan, Uang Panggkal atau uang pembangunan atau sering di tingkat SD/SMP disebut uang pagar padahal pagarnya sudah bagus dan tidak perlu diperbaiki atau tidak pernah digunakan untuk perbaikan pagar atau pembangunan srana belajar. Ini kan mengandung unsur penipuan. Disinilah peran Komite sekolah sebagai penghubung orangtua dan pihak Yayasan yang secara bersama bertujuan untuk menjalankan pengembangan sarana dan prasanana pendidikan yang saya heran kenapa komite sekolah melebar ke urusan rekreasi.
    Pada Yayasan pihak sekolah adalah sebagai pelaksana pendidikan dan berhak memberikan usulan kepada yayasan namun otorita untuk pengembangan/peningkatan sarana prasarana pendidikan adalah otorita Yayasan sehingga pengelolaan keuangan berada pada Yayasan. Apapun kegiatan sekolah yang melibatkan penggunaan dana baik itu penggunaan anggaran maupun penggalangan dana dari siswa harus dilaporkan ke Yayasan karena sekolah itu adalah milik Yayasan.

  126. minta contoh laporan donk!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    ZB:
    Ada beberapa contoh telah saya upload, coba anda telusuri lagi

  127. bagaimana cara memperlakukan transaksi2 untuk biaya praoperasional?di dalam neraca dicatat di pasiva kah?

    ZB:
    Biaya pra operasi berhubungan dengan masalah perpajakan, jadi anda harus merujuk pada ketentuan yang berlaku. Untuk pertanyaan anda apakah dicatat di Pasiva?… Jawabannya dineraca tidak ada bagian untuk rekening biaya.

    • terimakasih atas jawabannya,tapi dalam neraca kan mempengaruhi modal…jd harus dicatat sebagai apa pak?

  128. laporan keuangan sebuah yayasan dalam bidang pendidikan d atur pada PSAK ato apa?
    mohon balas

    ZB:
    Setahu saya akuntansi yayasan adalah berlaku umum dan tidak saya temukan PSAK yang mengatur khusus Yayasan Pendidikan. Yang ada pertauran perundang2an mengenai yayasan pendidikan.

  129. didalam neraca ada efek2…pegertian efek-efek di ddalam neraca ap ya?saya minta secepat na ya,buat konsultasi mengerjakan skripsi saya…
    email ketempat saya aj.

    ZB:
    Mohon maaf saya nggak ngerti efek2 yang anda maksud. ada efek yang digunakan dalam ilmu keuangan (pasar modal). ada efek sebagai faktor resiko dalam analisa keuangan dan hal ini tidak dapat dijelaskan secara singkat.

  130. pak, saya mau tanya.
    komponen laporan keuangan antar perusahaan finance (bank, asuransi) tentunya berbeda dengan komponen laporan keuangan pada perusahaan non-finance.
    nah, yang ingin saya tanyakan adalah apakah perbedaan2 tersebut juga menimbulkan perbedaan pada perhitungan net incomenya?

    ZB:
    Saya kurang begitu memahami apa yang anda maksudkan. Pada prinsipnya laporan keuangan adalah sama yang membedakan adalah elemen2 yang dimiliki oleh masing2 perusahaan. Kalau untuk menghitung net income apa saja perusahaannya adalah “penghasilan – beban” artinya sama saja akan tetapi ketentuan perundang2an untuk jenis lembaga yang satu dengan jenis lainya berbeda perhitungan akan dipengaruhi oleh peraturan yang berlaku.

  131. Pak, saya mau tanya utk perusahaan percetakan yg digunakan perusahaan jasa atau dagang?
    jika perusahaan tersebut memberi orderan cetakan yg diterimanya ke percetakan lain?

    ZB:
    Sebelumnya saya pernah membahas tentang jenis perusahaan yaitu jasa dagang dan industri. Jenis perusahaan ini ditetapkan berdasarkan aktivitas pokok perusahaan. Misalnya jasa konveksi, konstruksi, percetakan dll. Secara legal mungkin didaftarkan sebagai perusahaan Jasa namun dalam aktivitasnya perusahaan ini sering melibatkan elemen2 yang dimiliki oleh perusahaan jenis dagang atau industri. Contohnya bila perusahaan konveksi terlibat dalam membeli kain yang akan dijahit dan menjual hasil jahitannya maka jelas aktivitasnya sebagai perusahaan industri. Demikian juga konstruksi dan percetakan.

    Laporan keuangan fiskal biasanya dilaporkan sesuai legalitas perusahaan dengan tidak mencantumkan elemen-elemen yang tidak dimiliki oleh perusahaan jasa. Misalnya perusahaan jasa konveksi tidak mempunyai kewajiban melaporkan persediaan bahan baku kain dan barang hasil produksi namun tetap mencantumkan pendapatan hasi aktivitas tersebut. Untuk laporan keuangan komersial seharusnya sesuai dengan aktivitas yang dilakukan perusahaan yaitu umumnya perusahaan konveksi sebagai perusahaan jasa yang menerima upah juga beraktivitas sebagai perusahaan industri yang memiliki persediaan berupa bahan baku kain, bahan pembantu berupa benang dan barang hasil produksi yang siap dijual. Demikian juga Jasa konstruksi dan percetakan cenderung beraktivitas sebagai perusahaan Industri.

  132. wah.. akutansi emang penting banget, tapi pucing deh mempelajarinya….

  133. salam homat,
    Pak saya minta saran dari bapak,tahapan apa yg hrs saya lakukan agar susunan laporan keuangan di CV saya tertata rapi dan tidak ambu radul..
    Terimakasih..

    ZB:
    Saya sendiri berkeyakinan kuncinya ada pada pimpinan. Karena jika pimpinan perusahaan tidak membuat suatu kebijakan kearah yang diinginkannya maka karyawan akan bekerja menurut maunya sendiri, sehingga tidak terbentuk suatu sistem. Itu yang banyak saya temukan dimana kalau ditambahpun jumlah karyawan tetap urusan tidak pernah selesai. Jadi saran saya yang pertama pimpinan harus mebuat suatu kebijakan dan mengetahui secara jelas apa yang ditugaskan pada masing2 karyawan, namun banyak pimpinan memilih untuk menanfaatkan karyawan semaksimal mungkin dengan cara memeberikan tugas secara serabutan sehingga tanpa disadarinya setiap terjadi permasalahan tidak ada yang paling tepat yang akan diminta pertanggungjawabannya.

    Yang kedua masalah alat bantu. Perlu disesuaikan dengan kapsitas pekerjaan dan tingkat kebutuhan. Ada yang bilang jumlah komputer namun menurut saya untuk apa komputer kalau penggunanya tidak memahami apa yang dapat dilakukan dengan komputer sehingga komputer tidak lebih sebagai pengganti mesin tik. Banyak juga kasus seperti itu. Kalau cuma untuk sekedar memakai komputer saat ini saya percaya semua karyawan bisa pakai komputer. Dalam hal ini paling tidak ada satu orang yang memahami bidangnya.

    Memilih Aplikasi. Banyak sekali aplikasi akuntansi baik yang mahal maupun yang dapat diperoleh dengan harga yang relative murah namun tidak mudah memilih aplikasi mana yang tepat. Tidak otmatis aplikasi akuntansi memudahkan pekerjaan dan bahkan bisa menjadi sebaliknya bila memilih aplikasi yang hanya melihat fiturnya saja padahal tidak berguna bagi perusahaan. Termasuk juga ZULISoft aplikasi yang saya distribusikan yang menurut saya telah bekerja mengautomatisasi pekerjaan dan hanya menggunakan fitur yang umum namun masih saja ada yang mengalami kesulitan.

    Kemudia Membina disiplin. Karyawan cenderung menunda pekerjaan sehingga apa yang seharusnya dikerjakan sekarang tidak dikerjakan sehingga membuat perkerjaan lain juga ikut tertunda karena umumnya pekerjaan perkantoran saling terkait.

    Terakhir standarisasi. Banyak pekerjaan yang seharusnya dapat dikerjakan oleh komputer namun karena keinginan orang yang selalu berubah-ubah sehingga selalu dikerjakan secara manual. Bahkan tidak jarang yang memanualisasi sistem komputer. Contoh saya menyediakan bentuk laporan penjualan yang hanya tinggal click tinggal menunggu laporan yang diperlukan namun setelah itu masih ada yang sibuk membuat laporan yang bentuk begini dan begitu menurut maunya sendiri, bahkan pekerjaan yang sama dilakukan pada beberapa bagian. Ini menurut saya hanya merupakan pemborosan. Padahal menurut saya ada laporan yang perlu diprint-out ke kertas dan ada yang cukup dvisualisasi ke layar. Menurut saya ada kecenderungan karyawan membuat kesibukan sendiri agar … karena pimpinannya juga tidak senang melihat karyawananya santai. Namun banyak fakta menunjukan setiap diperlukan sesuatu mereka tidak dapat menyajikan dengan segera. Padahal yang sesungguhnya dibutuhkan dalam sebuah perusahaan sifatnya segera misal kalau sekarang anda butuh informasi tentang berapa kas kalau disajikan atau nati sore atau besok Atau dengan mengandalkan laporan rutin setiap bulannya tentu sudah tidak ada gunanya.

    Ringkasnya untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, pekerjaan itu harus didesign agar semua bekerja secara sistematis.

  134. pak bisa kasih tau cara pembuatan laporan PPN pada perusahaan manufaktur yang lebih simpel n cepat dimengerti??????
    Terimakasih,

    ZB:
    Untuk ini sudah disediakan formulirnya bahkan sudah ada aplikasi khusus yang dsediakan oleh Dians Pajak.

  135. pak saya minta tolong kirimkan contoh laporan pajak ke email saya karena saya sangat membutuhkanya,

    Terimakasih

    ZB:
    Mohon ma’af saya tidak dapat memenuhi harapan anda. Untuk anda dapat telusuri sendiri pada website resmi http://www.pajak.go.id atau http://www.pajak.com atau anda dapat download aplikasi secara gratis pada http://www.e-spt.com/

  136. pa,boleh minta saran untuk pembuatan laporan keuangan sederhana,utk usaha saya di bidang jual beli bunga hidup + decoration wedding….kalo bisa saya minta format lapaoranya….terimakasih sebelumnya

    ZB:
    Biasanya pada tingkat awal mutlak diperlukan adalah catatan mengenai penerimaan dan pengeluaran kas. untuk otu anda dapat lihat pada halaman yang membahas terntang kas.
    Setelah usaha berkembang, melibatkan aktivitas yang menyangkut utang- piutang maka diperlukan catatan yang lebih terinci. Selanjutnya bila usaha anda semakin besar, aktivtas anda akan bersinggungkan dengan kewajiban dimana setiap badan usaha wajib melaksanakan pembukuan. Dalam kondisi ini harus mengikuti aturan yang berlaku. Yaitu standar akuntansi yang berlaku

  137. askum pak mau nanya, kalo kita ingin membuat laporan laba rugi dan neraca tetapi datanya hanya ada pendapatan dan biaya aja. kalo untuk laportan laba rugi mungkin bisa, tapi kalo untuk neraca gmana ya pak? bisa ga kita ngakalin aja datanya?mkasih

    ZB:
    Eno!.. Neraca bukanlah akal2an akan tetapi rangkuman dari apa yang dimiliki (harta) dan kewajibab (Hutang) perusahaan dan setiap usaha tentu ada modal. Perhatikan dengan teliti persamaan akuntansi.
    Secara sederhana saja dengan adanya pendapatan tentu ada kas. Kas ini bagian dari harta. Dengan kas itu pula kita membayar kewajiban. Neraca yang paling sederhana adalah : Kas | Modal
    Untuk melakukan usaha tentunya kita punya peralatan misalnya kendaraan atau tempat usaha, itu juga bagian dari harta yang harus dicantumkan dalam neraca.
    Jangankan sebuah usaha, sebuah keluarga saja dapat dibuat neraca keuangannya.

  138. terimakasih pa,saya ikut baca penjelasan-penjelasan bpk…

  139. sore pak saya yonis mau konsultasi gimana cara pembuatan laporan keuangan untuk pajak

    ZB:
    Yang saya tahu untuk laporan pajak tinggal mengikuti petunjuk yang telah diterbitkan dirjen pajak dan hampir setiap tahun ada perubahan. Hal seperti itu tidak layak untuk saya jelaskan disini.

    Permasalahan laporan keuangannya untuk pajak (laporan fiskal) perlu memahami peraturan perpajakan yang berlaku mengenai biaya2 yang boleh dibebankan dan yang tidak boleh. Jadi ada faktor biaya yang dapat mengurangi laba dan sebaliknya. Kecenderungannya pengusaha berusaha mendapatkan faktor2 yang dapat dibebankan untuk mengurangi laba agar beban pajaknya lebih rendah sebaliknya pihak pajak memberikan batasan sehingga tidak semua biaya dapat dibebankan. misalnya biaya2 siluman yang sering dikeluarkan dan diakui oleh perusahaan sebagai biaya namun pihak pajak tidak akan mengakui biaya tersebut.

  140. saya minta tolong ya , tolong berikan contohnya laporan keuangan , mulia dri Neraca, Lap. Rugi Laba, Lap. perubahan modal, Lap. Arus kas . trima kasih sebelumnya

  141. minta tolong contoh laporan keuangan mulai dari rugi laba,perubahan modal,neraca dan arus kan sebuah BPR (bank Perkreditan Rakyat).trimakasih sebelumnya

  142. Salam kenal pak,

    Saya sedang membantu menyusun laporan keuangan seorang teman yang membuka usaha agribisnis hidroponik. Selama sekian bulan dia sudah menghabiskan dana sekita Rp 140 juta untuk membangun tempat dan membuat percobaan hidroponik, namun hasilnya belum dijual, hanya dibagi-bagikan dulu.

    Lalu minggu ini akte notarisnya katanya selesai dg modal dasar 1.4M dan modal disetor Rp 400 tj.

    Nah saya blm tau, yg sy dengar sering orang bikin PT itu modal disetornya tidak benar2 fisik disetor, artinya setelah disetor dananya ditarik lagi. Jadi PT tinggal namanya saja. Kalau perusahaan spt ini bgmn pak apakah nanti berarti modalnya kita debet lagi?

    Oke lah misalnya dana 400 juta tetap dipertahankan. Terus bagaimana dg dana-dana s/d Rp 140 juta tersebut dicatat sbg apa pak? (bentuk fisiknya ada yg sudah jadi bangunan, peralatan, dll termasuk bahan-bahan untuk tanaman yg sudah hbs terpakai). Apakah di catat sebagai biaya pra operasi? kalay ya, disusutkan berapa lama? apakah ini berarti menambah modal disetor?

    Lalu untuk harta lainnya yg digunakan perusahaan. Misalnya tanah nya adalah tanah saudaranya. Dicatat sebagai apa di neraca? Apakah tidak perlu dicatatat? jika dia membawa barang2 dia sendiri utk kantor misalnya komputre, meja, mobil dan sebagainya bagaimana mencatatnya di neraca? penentuan nilainya bagaimana pak? dan apakah dasar dokumen untuk penilaiannya dan untuk menunjukkan bhw ini usdah menjadi asset kantor? apakah dg dimasukkannya ini ke aktiva tetap kantor berarti dia menyetor modal tambahan?

    Mohon advisnya pak… terima kasih sebelumnya.

    ZB:
    Pertanyaan anda mengingat saya pada sebuah novel tulisan kwik. yang berjudul “Aku bermimpi menjadi konglomerat” mungkin cerita itu sekaligus merupakan jawaban terhadap pertanyaan anda. Intinya dalam membangun sebuah bisniz tidak hanya memerlukan kepintaran namun juga kecerdikan. Kepintaran ditunjukan oleh penguasaan ilmu yang didapat dibangku pendidikan formal sedang kecerdikan adalah penguasaan ilmu yang diperoleh dilapangan.

    Untuk kasus penarikan modal saya jawab melalui argumen berikut.
    Misal saya menyetorkan dana untuk mendirikan perusahaan sejumlah x. yang selanjutnya menjadi bagian dari modal perusahaan yang dinantumkan dalam akte notaris. Suatu ketika saya ingin menggunakan uang tersebut untuk keperluan lain misalnya mendirikan perusahaan lain. Tentunya tidak secara otomatis dapat diartikan saya menarik dana dari perusahaan dengan mendebet modal. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencatat hal tersebut sehingga tidak ada asumsi penarikan dana. Misalnya saja dicatat sebagai pinjaman.

    Untuk dan yang 140 juta tentunya disesuaikan dengan transaksi nya. yang menjadi bangunan artinya sesuai prosedur pencatatan pembelian asset. yang berbentuk biaya oparsi masuk kelompok biaya operasi. Bila dana ini dikeluarkan dari uang pribadi maka perlu ada kebijakan apakah dimasukan ke dalam kelompok modal atau pinjaman.

    Untuk harta lain seharusnya dicatat sesuai dengan statusnya pinjam/sewa atau lainnya.

    • O iya satu lagi pertanyaan saya.

      Dalam usaha spt ini seringkali pemilik sekaligus pengelola tidak mencatat atau membebankan gaji untuk dirinya. Di lain pihak mereka sering ambil kas atw fasilitas lain untuk pribadi mereka, misalnya makan-makan di restoran dengan kas/bank perusahaan.

      Bagaimana sebaiknya saya sarankan, apakah sebaiknya dibuat gaji untuk mereka? jadi mereka hanya memperoleh sebesar yang menjadi gajinya saja? Kan memang seharusnya entitas PT dipisahkan dari pribadi?

      ZB:
      Kasus ini adalah hal yang umum terjadi. setahu saya sangat sedikit pengusaha mampu memisahkan kepentingan pribadi dengan kepentingan perusahaan miliknya. Bahkan kecenderungannya setiap aktivitasnya berhubungan dengan perusahaan. Misalnya saja acara makan2 dengan tema2nya atau main golf, hal itu juga bagian dari membangun network. Urusan mereka tidak sepenuhnya makan atau main. Kalau saya meneyebutnya permainan bisniz.
      Kasus lain misalnya, seorang pengusaha ingin mengurus bisniznya keluar negeri, namun pada kesempatan itu beliau mengajak keluarga untuk jalan2. Dalam hal seperti ini kita tidak bisa dengan tepat menentukan apakah ini kepentingan pribadi atau kepentingan perusahaan.
      Karena banyak pengusaha tidak mau menentukan gajinya diperusahaan miliknya sendiri, maka disini diperlukan keahlian khusus untuk accounting menyelaraskannya. Ide anda untuk untuk menentukan gaji adalah ide yang kurang menyenangkan bagi pemilik kecuali perusahaan tersebut sudah menjadi perusahaan terbuka.

  143. Selamat siang pak….

    Tolong di bantu contoh laporan keuangan untuk modal awal perusahaan.kebetulan kami bergerak di bidang jasa ( outsorcing ).

  144. saya minta ringkasan laporan keuangan y……………???????????????/

  145. Pak saya mau tanya…
    Membuat suatu evaluasi atas laporan keuangan bentuk standar dan tidak bentuk standar atas 10 laporan keuangan yang gopublic. Bentuk analisisnya adalah dengan membandingkan bentuk laproran keuangan bentuk standar dalam teori..???

    thx ya pak

  146. saya pengen tw cntoh laporan perubahan modal/ekuitas

  147. pak,,saya mau tanya…

    Membuat suatu evaluasi atas laporan keuangan bentuk standar dan tidak bentuk standar atas 10 laporan keuangan yang gopublic. Bentuk analisisnya adalah dengan membandingkan bentuk laproran keuangan bentuk standar dalam teori…

  148. malam…………….. mf bisa tolong kirim contoh laporan keuangan yang menggunakan database ” sebelumnya thank” pleases” bantu ni untuk laporan TA” krim lwt email ya”

  149. permisi pak,,mohon bimbingannya…saya masih berstatus fresh graduate,,,udah mau mulai kerja sbg back office di salah 1 bank…minta advice dari bapak bgmna caranya biar saya bisa cepat belajar ya??dan 1 lagi apa aja yg di kerjakan back office pak???trims atas jawabannya

    ZB:
    Apa yang dikerjakan itu sangat tergantung tugas yang diberikan atasan, yang jelas akan terkait dengan apa yang lelah dipelajari disekolah/kampus. Cara untuk cepat belajar adalah membangun percaya diri. Yakinkan bahwa anda mampu menyelesaikan tugas yang dibebankan pada anda.

  150. Trims pak atas review-nya…
    sdh 7th sy tinggalkn lap keu, tiba2 harus bhadapan lg dg lap-keu… nervous… tp, review bpk sgt2 mbantu…
    many thanks…

    • ini setelah mendalami PSAK 46 dan PSAK 24… ternyata itu sangat penting buat perusahaan yang beroperasi di Negeri Ini sangat luar biasa… nah penerapan yang lebih gampang dalam laporan keuangan nya gimana ya… maksud saya secara tehnis

  151. sir,saya Mahasiswa PTS-saya ingin mengetahui contoh dari laporan keuangan Perkebunan Swasta….bisa tidak anda tampilkan secra transpran coz ini hanya sebgai tugas mata kuliah saja…trim’s sebelumnya

  152. slm kenal y pak
    saya bekerja di perusahaan jasa yag lebih tepatnya dalam bidaNG menyewakan rusun yg dimana perusahaan kami ini msh baru,jadi km mash bingung dlm pembuatan laporan keuanganny,,,,,
    saya mw mennya kan apakah dalam perusahaan jasa bisa menggunakan jurnal khusus??????
    dan juga keputusan apa yg hrus saya ambil dalam penggunaan jurnal untuk perusahaan jasa apakah cukup dengan jurnal umum atw menggunakan jurnal khusus,mohon penjelasanny pak saya sngat membutuhkanny,,,,,,-

    ZB:
    Jurnal khusus biasanya digunakan bila jumlah transaksi sudah banyak. tujuannya adalah untuk mengelompokan transaksi2 yang sejenis. Sehingga bila jumlah transaksi masih sedikit cukup menggunakan jurnal umum, namun tidak ada batasan kapan harus menggunakan jurnal khusus.

  153. Ass.Wr.Wb
    Salam kenal pak,saya mohon bantuan bapak…bagaimana membuat laporan laba rugi(terutama HPP) perush.percetakan dmana saya baru diterima di perush.percetakan tsb.Perush.ini tergolong perush.pribadi dan informasi yg saya peroleh perush.ini belum pernah Lap.Keuangan..Terima Kasih sebesar-besarnya

    ZB:
    Kuncinya mebuta kerangka sistem akuntansi. Lihat kerangka sistem akuntansi

  154. tolong diberikan cotoh laporan keuangan dan laporan akhir tahun secara terperinci dan lengkap

  155. aswr,
    pak, tolong ksh contohlaporan kas, dan laporan keuangan pada sebuah koperasi pak…..
    makasii ya pak….

    ZB:
    Koperasi apa dulu nih… laporan keuangan tergantung pada klasifikasi rekening. Lihat kerangkas sistem akuntansi.

  156. laporan keuangan yang bener ada 5 pa 4 sih?
    laba rugi,perubahan modal,neraca,arus kas,catatan atas laporan keuangan. bener gak?

    Saya tidak pernah memikirkan apakah 4 atau 5 karena yang disebutkan itu adalah hal yang pokok. Jawabnya bisa 6, 7 bisa juga 10 dst.
    catatan atas laporan keuangan adalah bagian yang memberi penjelasan pada isi laporan keuangan jadi tidak dapat disebutkan sebagai laporan catatan atas laporan keuangan.

  157. saya bekerja di perusahaan fasilitas rekreasi (water park), pendapatan diperoleh dari penjualan tiket, sewa kios, sewa lokasi, sewa media iklan, penjualan merchandise, dan penjualan food n baverage.

    Pertanyaan:
    1. Apakah semua pemdapatan di atas termasuk pendapatan utama?

    2. Bagaimana penyajian dalam LK, apakah ada Beban Pokok Penjualan juga untuk penjualan merchandise serta food n beverage?

    Terimakasih,
    Rezky

    1. bisa Ya dan juga bisa tidak, permasalahannya tergantung kebijakan manajemen. Dalam SIUP biasanya disebutkan usaha pokok suatu badan usaha.

    2. Harap anda memahami definisi harga pokok sehingga anda dapat mmembedakan mana yang masuk harga pokok dan mana yang masuk biaya.

  158. tolong donk mas kasi contoh salah satu laporan keuangan go publik di indonesia thun 2009…..

    ZB:
    Saya tidak menyimpan apa yang anda minta.

  159. Pak saya mau minta info. Bagaimana Memproses Suatu Laporan Keuangan L/R apabila Data Yang tersedia cukup minim. Seperti cuma ada Lapora Penjualannya saja,Hpp tdk lengkap,lap kas operasionalnya pun tidak tersedia secara lebih rinci.

    ZB:
    Saya hanya dapat menyarankan agar anda menciptakan system agar semua transaksi tercatat.

  160. ass. mas
    saya boleh bertanya
    saya boleh tau bentuk laporan keuangan perusahaan reklamasi lahan tambang batu bara seperti apa?
    kalau mas menyimpan linknya… terimakasih wass.

  161. Pa mau tanya, kalau ada biaya yang baru diketahui setelah biaya itu keluar bebrapa hari yang lalu, jurnalnya seperti apa y?

  162. Happy New Year Pak..

    Saya bekerja di salah satu perusahaan lisensi yg menerbitkan buku. Utk penerbitannya, perusahaan ini bekerja sama dgn perusahaan percetakan, yg akhirnya perusahaan percetakan itu membuka faktur pajak (masukan). Utk penjualan, akan dikenakan royalti dari license majalah Wedding tsb sebesar 20% dari nilai penjualan bersih tiap faktur pajak.

    Pertanyaan saya:

    1. Apa saja yg termasuk komponen dlm menghitung Harga Pokok Penjualan (HPP)?
    2. Bagaimana menghitung HPP tsb?
    3. Apakah perlu dibuatkan Tabel Inventory pd saat diterima Faktur Pajak Masukan tsb?
    4. Karena majalah Wedding ini bersifat terbit bulanan, maka setiap majalah yg tidak habis terjual bln berjalan, di berikutnya sudah tidak dijual dulu. Kadang majalah2 yg sudah lewat ini dijadikan paket utk dibagikan secara gratis. Apa yg hrs saya jurnal ketika majalah ini dibagikan secara gratis? Apa harus dimasukkan sebagai Biaya Sumbangan, atau Biaya Promosi? (mengingat biaya promosi tanpa bukti ini tdk diakui di dlm Perpajakan).

    Sekian pertanyaan dari saya, mohon bantuannya. Terimakasih.

    Salam.

    1. Biaya percetakan yang dibayarkan ke percetakan.
    2. sesuai item 1. Karena nilai barang yang tidak terjual adalah 0 maka harga pokok per exemplar adalah biaya percetakan/jumlah terjual.
    3. Anda mencatat penerimaan barang otomatis anda mencatatnya dalam inventory. (barang cetakan) tentu setiap bulannya ada identifikasinya.
    4. Karena nilai inventorynya adalah nol maka pengeluarannya dari inventory juga bernilai 0. tidak ada hubungan dengan biaya apapun.

  163. Terimakasih atas penjelasannya Pak..
    Dalam hal ini saya masih kurang mengerti utk jawaban point 4 di atas.
    Bagaimana nilai inventory nya bs 0, sedangkan brg yg tidak terjual masih ada?

    contoh:
    *biaya percetakan 10000 exemplar = 150jt
    artinya yg masuk ke inventory ada 10000 exemplar dgn nilai @15000, dan nilai inventory = 150jt
    Kemudian ada penjualan sebanyak 6000 exemplar, maka inventory yg tersisa adalah 4000 exemplar @15000, nilai akhir inventory = 60jt.
    Nah, bagaimana selanjutnya utk jurnal di bln2 berikutnya ketika ada pembagian majalah utk edisi yg telah lewat tsb?

    Terimakasih atas bantuannya..

    ZB:
    Kamu benar namun itu hanya berlaku dalam ilmu exacta. Jangan2 kamu berlatar belakang dari IPA atau matematika. Kalau begitu sama dengan saya dulunya juga begitu sehingga saya bilang orang akuntansi ngitungnya gimana sih. Bahkan saya sampai bilang dalam akuntansi itu dipelajari cara2 berohong, menipu dll.
    Setelah saya dalami ternyata dalam akuntansi itu terdapat asumsi dan kebijakan yang dapat merubah hasil hitung matematika. sehingga akuntansu suatu perusahaan tidak sama dengan akuntansi perusahaan lain walau usahanya sejenis.
    Contoh: Kenapa Inv bernilai Nol, padahal barangnya masih ada. Sementara saya setuju dulu!…. bila bulan berikutnya dan seterusnya persediaan anda akan terus berlipat ganda sehingga anda akan terus mencatat persediaan senilai x dan bertambah terus. Akhirnya akan muncul laporan keuangan yang nilainya asetnya sebagian besar adalah persediaan yang tidak dapat dijual, atau nilai sesungguhnya hanya seharga nilai Kg * x. Itulah realisasi yang akan diperoleh.

    Bila saya berasumsi dan mengambil kebijakan seperti ini. Barang sisa yang sudah tidak dapat dijual diasumsikan bernilai nol atau seharga Kg* x. Artinya nilai sisa itu telah saya tentukan dengan kebijakan karena ada asumsi tidak dapat dijual. sehingg harga pokok per ex saya hitung dengan rumus (biaya cetak/penjualan) kalau orang exac tentunya (biaya cetak/jumlah) ex. Siapa yang berhak menentukan bahwa perhitungan yang saya lakukan adalah salah.

    Contoh yang lain untuk memberikan gambaran saja. Kamu mungkin sudang mengenal biaya penyusutan. untuk aktiva tetap. setiap periode nilai barang itu akan dususutkan sesuai ketentuan tertentu. sehingga nilai barang saya (nilai buku) sebesar harga beli – biaya penyusutan. Kenyataannya kok bisa pada saat saya menjual barang sisa tersebut malah lebih mahal dari harga belinya. Disini saya tekankan bahwa dalam akuntansi ada nilai buku dan ada nilai real.

  164. Wah, saya sangat salut sekali dgn penjelasan Bapak.. Benar sekali, saya dulu orang IPA, dan saya paling hobby dengan Matematika & Fisika. Akhirnya mengambil kuliah di Fakultas Ekonomi.
    OK, klo begitu saya sudah jelas. Artinya pd akhir bln (apabila tdk ada biaya percetakan majalah), maka nilai persediaan = 0, dikarenakan brg tidak terjual tsb = 0.

    Untuk di Laporan Laba Rugi nya akan tampil seperti ini:

    SALES XXXX

    COST OF SALES:

    *Harga Pokok Produksi (COGM)
    Harga Pokok Persediaan XXX
    +/+ Biaya Produksi/Percetakan XXX

    *Biaya Penjualan
    Biaya Gaji Marketing XXX
    Biaya Royalti Penjualan XXX
    Biaya Komisi, dll XXX

    *Biaya atas Barang yg tdk terjual XXX

    Total COST OF SALES (XXX)

    OPERATIONAL EXPENSE

    Biaya Gaji Kantor XXX
    dll XXX

    Total OPEX (XX)

    OTHER INCOME XX

    OTHER EXPENSE (XX)

    ***NETT PROFIT*** XX

    Tolong dikoreksi utk bentuk Laba Rugi di atas. Terimakasih..

  165. bingung bikin neraca perusahaan jasa lembaga kursus,,,, dr buku/ refrensi lain gak ada yg sesuai sm yg dibutuhkan…. mohon bantuannya

  166. saya butuh laporan keuangan di instansi pemerintah,tolong kasih saya yang lebih jelas

  167. saya mau bertanya..apakah ada perbedaan perlakuan biaya antara cabang dengan pusat?terutama biaya deductible dan non deductible?begini..saya disuruh dosen pembimbing membahas mengenai biaya deductible dan non-deductible,smentara judul saya mengenai analisa PPh 21 pada kantor cabang..perusahaan yang sy teliti ini menganut sistem sentralisasi..jd sy bingung gmn membahasnya..mohon pencerahannya..

    ZB:
    Hal ini adalah masalah otorita manajemen perusahaan itu sendiri. Umumnya segala sesuatu mengenai akuntansi kantor cabang ditentukan oleh kantor pusat. Seberapa besar otorita yang diberikan ke kantor cabang

  168. MET SIANG YA PAK…….!

    SAYA MAU TANYA”
    APA APA SAJA BEBAN / BIAYA YANG DI AKUI UNTUK PELAPORAN KEUANGAN DAN DAPAT DI TERIMA PADA SISTEM PERPAJAKAN.

    THANKS

    ZB:
    Prinsipnya semua biaya yang diakui dalam sistem akuntansi diterima dalam sistem perpajakan. Yang ditolak adalah biaya2 yang dirakukan kebenarannya.

  169. Pak Saya tolong dikasih contoh mengenai Laporan Audit atas Proyek/Property, terima kasih atas bantuannya.

    ZB:
    Laporam keuangan audit hanya berbeda dengan laporan keuangan internal dalam hal yang membuat laporan yaitu laporan keuangan audit diterbitkan oleh auditor setelah melakukan pemeriksaan sesuai prosedur auditor.

  170. tapi kmarin ada teman sekantor angkat bicara,, katanya ” klu di sistem perpajakan itu biaya entertaiment tu tdak di akui,, apa benar ya pak?

  171. klu sekiranya kita sudah susun laporan keuangan,, ternyata lap keuagan tsb salah tapi memang balance’ dan sudah dikalikan dgn tarif pajak Pph badan & pelaporannya sudah sampai ke Dirjen Pjk,, tu gmana y pak?

    apa sanksi nya,, atau ada reviw kwmbali?

    ZB:
    Perusahaan punya hak untuk melakukan pembetulan laporan, namun kaitan dengan kantor pajak harus dilalui dengan prosedur tertentu yang sering menimbulkan kesulitan, yang memungkinkan terbuka peluang profesi seperti gayus.

    Yang saya tahu keterlambatan dalam melaporkan pajak, dikenakan denda.

  172. mau tanya pak,
    adakah bentuk laporan keuangan selain daripada bentuk Stafel dan Scontro ???
    jika ada mohon penjelasannya….

    ZB:
    Ada?… Laporan keuangan juga dapat ditampilkan dalam bentuk grafik.

  173. saya mau bertanya klo laporan rugi laba suatu perusahaan seperti ap???apa ssama dengan format laporan R/L yang biasa.dan mis dalam satu bulan penjualan ada kenaikan harga barang2 tertentu apa itu mempengaruhi R/L di saat bulan tsb???

    ZB:
    * Laporan rugi laba adalah berdasarkan data real.
    * Volume transaksi dan metode perhitungan harga pokok yang digunakan akan menentukan format yang digunakan.
    * Kenaikan/perubahan harga jelas mempengaruhi laba yang diperoleh

  174. Aslm. Bapak Tolong bantu saya buatkan contoh laporan audit pajak tahunan PT(manufakturng) tlong blas kle email saya pak. trmksih http://www.preyseza@yahoo.com

  175. selamat siang pa..
    mau tanya tentang penyusutan,
    saya bekerja di perusahaan jasa konsultan, perusahaan saya baru saja membeli sebuah gedung, gimana cara menetukan umur ekonomisnya,? sedangkan gedungnya bukan gedung baru dan biaya2 yang dikeluarkan untuk renovasi diakui sebagai apa? dan gimana cara menghitung biaya penyusutannya… ?

    ZB:
    Anda cari halaman Aktiva tetap.

    • pak…
      tolong jelaskan perbandingan antara analisis laporan keuangan bank dan analisis laporan keuangan non bank…???
      terimakasih

      ZB:
      Saya kurang memahami pertanyaan anda. Yang saya tahu analisa laporan keuangan memiliki berbagai macam alat seperti analisa ratio, BEP dll. Masing2 alat tersebut memberikan sebuah nilai yang akan menunjukan apakah baik atau buruk posisi keuangan suatu perusahaan.

  176. pak.. tolong jelaskan perbandingan antara analisis laporan keuangan bank dan non bank itu apa saja??
    trimaksih

  177. pak…
    tolong jelaskan perbandingan antara analisis laporan keuangan bank dan analisis laporan keuangan non bank…???
    terimakasih

  178. mau tanya,,saya sekarang kerja di perusahaan manufacktur perdagangan jasa,saya di suruh membuat laporang keuangan,sedangkan modal awal dan neraca awal nya saja tidak ada,bagaimana caranya supaya saya bisa membuat laporan keuangan,,mohon balasannya

    ZB:
    Bila pada awal tahun perusahaan itu memang belum ada, neraca awalnya adalah Nol. Namun Perusahaan sudah berjalan sejak lama maka anda harus menentukan neraca. Banyak cara yang perlu dilakukan untuk mendapatkannya…. (tidak ada aturan bakunya)

  179. siang pak mau tanya crnya buat laporan keuangan dlm perusahaan biro jasa tour and travel umroh dan haji. bagaimana pak .
    soalny di buat manual…..bagaimana pak caranyathx.

    ZB:
    Hari gini masih pakai cara manual?…
    Yang gratis juga banyak he he…

    • Caranya bagaimana untuk mengetahui contoh laporan keuangan yg ada dlm tour and travel secara gratis,q buka pada g bisa?

      ZB:
      Di Google aja “Laporan keuangan tour”

  180. selamat PAgi

    saya baru bergabung dalam perusahaan manufaktur bergerak dalam bidang garmen. hari senin tanggal 4 april kemarin baru aktif (perusahaan running) sehingga ada perputaran uang nya.. bangai mana saya buat neracanya karena info yang saya punya hanya capital dari 3 orang,, (1M) dan pengeluaran untuk beli peralatan (15 jt) beli persediaan (20 jt) dan keperluan opersional (5jt) lalu bagaimana dengan jurnal untuk petty cash .Apakah di gabung dengan neraca?

    mohon bantuannya :)

    Laporan keuangan diperoleh dari neraca awal ditambah jurnal setiap transaksi pada satu periode akuntansi (satu tahun). Jika perusahaan baru berjalan makan neraca awalnya adalah Nol.

    Note : Jurnal transaksi bukan hanya yang anda tahu tapi harus mencakup semua transaksi yang dilakukan oleh perusahaan.

    Langkah awal yang harus anda lakukan adalah menyusun chart of account (lihat http://zulidamel.wordpress.com/2007/09/05/klasifikasi-rekening/. Untuk memudahkan, anda dapat mencoba menggunakan aplikasi akuntansi ZULISoft Gratis selama 1 tahun. Download disini http://www.ziddu.com/download/14475519/ZS10setup.rar.html

  181. saya bru bergabung di perusahaan tour and travel,umroh dan haji dan perusahaan itu dlu menggunakan laporan manual.dan q binggung soalny q belum pernah bergabung di perusahaan ini?bagaimana q biar bisa membuat laporan keuangan?apa yg harus saya lakukan dan bagaimana saya hrs memisahkanny dlm buku besar.

    ZB:
    Anda Masuk bagian akuntansi tentunya anda telah belajar tentang akuntansi. Sekarang saatnya anda harus menguasai kerangka akuntansi. Mengerjakan akuntansi jauh lebih mudah dari pada mengerjakan soal2 akuntansi.

  182. pagi pak, saya mau tanya,,,,
    akun apa saja yang menjadi pembeda antara laporan keuangan perusahaan jasa, manufaktur, dan dagang???
    mohon bantuannya :)
    thx

    ZB:
    Akun Persediaan dan Biaya

  183. to the point ja pak…
    Sy bersma 2 rekan sy mw mencoba bisnis dlm hal ni jual beli kaen madjun, kbtulan sy d prcy buat bikin pembukuannya.Nah langkah awl yg hrs sy buat seperti apa?tolong jelaskan secara detailtrima kasih

    ZB:
    Akuntansi berkembang seiring perkembangan usaha. Pada tahap awal yang paling dibutuhkan adalah laporan Kas (masuk dan keluar) Lihat halaman Kas. Untuk selanjutnya baru dikembangkan (lihat halaman kerangka sistem akuntansi).
    Ada 3 tahap utama dalam akuntansi yaitu:
    1. Mencatat transaksi ke bentuk jurnal transaksi
    2. Memposting ke buku besar
    3. Membuat laporan keuangan.

  184. saya dikasih tugas ama dosen dsuruh baca laporan keuangan bank n dsuruh nganalisis….bisa bantu gak PAk??????

    ZB:
    Analisis laporan keuangan tinggal memasukan angka kedalam rumus (alat analisa) yang sudah ada. Misalnya analisa ratio tinggal anda hitung berapa aktiva lancar dan berapa hutang lancar lalu anda hitung perbandingannya sesuai rumus. Begitu juga dengan analisa2 yang lain.

  185. tlg dong beri format pettycash harian>
    krn persh q is bjln di bidang angkutan batubara?
    dlm persh q, byk yg ikut titip unit dump truk dg sistem
    manajemen fee.
    para subkont memakai kas harian persh kami
    agar q lebih mudah dlm keg harian

    thx sobat dunia maya, tuk sglny/
    sukses

  186. Sore Pak…

    Pak saya baru bekerja di perusahaan bebentuk CV
    mau tanya pak apa perbedaaan laporan keuangan PT dan CV dan perbedaannya dalam pengenaan pajaknya..moho bantuannya ya pak.

    Terima kasih.

    ZB:
    Perbedaan PT dengan CV adalah dalam kepemilikan modal. Pada PT akun modal dari pemilik disebut sebagai modal saham dan modal yang berasa dari hasil usaha disebut laba ditahan. PT memiliki peluang memperoleh modal lebih besar. Pada CV Modal yang berasal dari pemilik disebutkan nama pemiliknya dan laba/rugi tambahkan/dikurangkan ke masing2 akun pemilik sesuai aturan tertentu.

  187. prosedur laporan keuangan apa aj…..ya….
    tlong bantuannya

  188. begini pak saya m,au nanya kalo misalkan bangunan nya masih nyewa bagaimana laporan nya terus untuk persediaan brg dagang itu termasuk modal awal atau tidakk

    ZB:
    Sewa sama halnya dengan iklan dicatat sebagai biaya di bayar dimuka pada kelompok harta lancar. Artinya sewa yang dibayarkan tersebut masih merupakan asset perusahaan. Selanjutnya setelah sewa tersebut dimanfaatkan, misalnya periode bulanan di buat jurnal penyesuaian senilai yang telah dimanfaatkan ke biaya sewa sehingga sewa di bayar dimuka akan menjadi 0 pada saat masa sewa berakhir.

    Persediaan dan modal adalah elemen yang berbeda. Persedian kelompok harta lancar sedangkan modal pada kelompok hutang dalam hal ini adalah hutang kepada pemilik. Persediaan diperoleh dari pembelian bisa cash atau kredit. Pada Awal berdirinya perusahaan tentunya cash untuk membeli persediaan itu berasal dari modal. Namun tetap persediaan tidak dapat disebut sebagai modal awal.

  189. Lintasberita says : waduh kok tambah bingung ya, beda2 penjelasannya

  190. Ass.wrb. . .
    Salam Hormat Pak,
    nama saya Aan,saya tamat sekolah hanya sampai SMP. Alhamdulillah saat ini saya sudah memiliki modal dgn KK saya.
    Kami ingin membuka sebuah rumah makan serba Rp 600.000,- di Medan.
    Yg ingin saya tanyakan
    bagaimana cara membuat laporan keuangan rumah makan yg baik Pak, dari awal dan pada saat berjalan.
    Karena saya tidak begitu paham tentang laporan Keu.
    yg saya paham hanya berapa uang keluar dan brp uang masuk.
    Mohon bantuannya, Sebelumnya saya ucapkan Terima Kasih.

    ZB:
    Menurut saya pengetahuan akuntansi tingkat SMP (keterampilan Jasa) sudah cukup untuk mengolah laporan keuangan sederhana. Pokok permasalahan Akuntansi yang paling utama adalah mencatat uang masuk dan uang keluar. Uang masuk tentunya jelas sumbernya . (Lihat penerimaan Kas. Masuknya ditempatkan dimana (Kas), dari siapa ( Pelanggan), jenis transaksinya apa (Penjualan). Demikian juga dengan pengeluaran kas, Dikeluarkan dari mana (kas), kepada siapa (pemasok), untuk apa (Beli bahan masakan) dan berapa ?…..
    Bila anda dapat mencatat keduanya dalam form elektornik ZULISoft, anda dapat membuat laporan penerimaan kas, pengeluaran kas, laporan rugilaba, laporan neraca, aliran kas. Itu saja sudah dapat dikatakan laporan keuangan yang baik walau belum lengkap. Menurut saya tidak begitu penting untuk mengolah stock bahan karena umumnya beli langsung olah. kalaupun ada yang masih sisa masih dapat diingat karena jumlahnya tidak banyak.

  191. selamat siang pak,saya baru bekerja di sebuah perusahaan toko bangunan,perusahaan ini lagi berkembang dan sekarang bbos nya mau supaya di perusahaan nya ada pembukuan untuk transaksi2 yg ada dalam perusahaan nya, saya mau minta tolong pak,bisa kirimin saya format pembbuatan pembukuan/laporan keuangan yg lengkap dan menditeil??? saya mau pelajari format2nya agar saya bisa buatkan bos saya laporan keuangan yg lengkap. terima kasih

    ZB:
    Anda dapat mencoba menggunakan ZULISoft atau Versi Excel dapat anda download di http://www.ziddu.com/download/5704519/Bab3 LAPORANKEUANGAN.zip.html dan

  192. ass…. maff ,
    mn cnth soal’a? dr lporn keuangAN Smpei akir. TERMSK ARUS KAS, sekaligus 2 perusahaan jasa dengan perushan dagang!

    mksh

  193. Slamt Mlam pak, Bagaimana Laporan Keuangan Koperasi y pak?//tolong Perlihatkan contoh laporan nya pak…..Trima Kasih…..

    ZB:
    Mohon ma’af, saya tidak menyimpan berbagai macam bentuk laporan keuangan, sehingga banyak permintaan mengenai contoh laporan keuangan saya abaikan. Kunci dari laporan keuangan adalah klasifikasi rekening/Akun. Itu sudah saya bahas sebelumnya. Jika kerangka sistem akuntansi anda pahami, apapun jenis dan bentuk perusahaan tidak tidak ada masalah. karena sesungguhnya tidak banyak perbedaan yang berarti mengenai bentuk laporan keuangan antara perusahaan satu dengan lainnya. Pesan saya “Akuntansi jangan dihafal tapi dipahami”, Karena permasalahan yang sama dalam akuntansi dapat dicatat dan diproses dengan beberapa cara yang berbeda.

  194. pak bagaimana caranya menganalisa laporan aliran kas untuk menilai tingkat kebangrutan nya, itu dari laporan aliran kas yang dinilai akun apanya yah ???

    ZB:
    Akun prolehan kas dari hasil usaha harus lebih besar dari pengeluaran kas untuk pembelian dan biaya operasi. Selanjutnya seberapa besar aliran kas diluar usaha perusahaan.

  195. Pak, saya ditugaskan untuk menyusun laporan keuangan pada tahun buku 2010, segala transaksi keuangan selama tahun tersebut sudah tercatat dan informatif tapi perusahaan tersebut tidak membuat laporan keuangan tahun buku 2009 seperti neraca maupun rugi laba tahun buku 2009, jadi bentuk laporan seperti apa yang bisa saya buat jika tidak ada saldo awal yang jadi pegangan saya? apa hanya berupa laporan transaksi uang masuk keluar tahun 2010 saja?

    ZB:
    laporan keuangan melaporkan posisi keuangan pada 2 periode terakhir. Untuk 2010 berarti periode 2009 dan 2010.
    Anda harus berusaha mendapatkan saldo awal salah satunya dengan formula saldo akhir – Transaksi. Coba juga dengan memperhatikan catatan transaksi pada awal tahun biasanya menyimpan informasi mengenai saldo pada saat itu.

  196. assalamu’alaikum..
    pak.. ane nupang nanya dong..
    pengertian laporan harian kas itu apa yak.?
    urgent nih..
    thanks before..
    wassalam..

    Wa’alaikum salam w.w.
    Laporan penerimaan dan pengeluarkas pada tanggal tertentu yang dilaporkan pada tanggal tesebut.

  197. Saya baru bekerja di sebuah perusahaan karet.Saya diminta untuk menyusun laporan keuangan ( neraca dan laporan laba rugi ). Yang ingin saya tanyakan adalah apakah bisa diberikan contoh laporan keuangan tanaman karet. Yang membingungkan di sini adalah tanaman karet dibedakan atas tanaman belum menghasilkan dan tanaman menghasilkan.
    Tanaman tersebut dikategorikan ke mana ? Apakah aktiva lain-lain? kalau sudah memasuki ke kategori menghasilkan dan ada penjualan karet gimana cara jurnalnya untuk aset tanaman karet yang belum menghasilkan dan tanaman karet menghasilkan?

    ZB:
    Saya tidak memiliki referensi tentang contoh laporan yang anda harapkan, namun saya akan menempatkan aset tanaman tersebut sebagai aset tetap yang berdampingan dengan tanah. Sedangkan hasilnya berupa karet pada aset lancar dalam kelompok persediaan.

  198. Salam, sy bekerja pada suatu institusi keuangan. Yang ingin sy tanyakan adalah apa yang dimaksud pada laporan keuangan koperasi terdapat akun PPN Masukan (aset lancar)? karena sepengetahuan saya bahwa jika PPN masukan lebih besar dibandingkan PPN keluaran maka kelebihan tersebut tidak dapat dicatat sebagai aset lancar. Jika sy salah mohon maaf karena pengalaman sy dibidang akuntansi masih sangat sedikit dan mohon untuk dibenarkan. terima kasih

    ZB:
    Penjelasan lebih detail dapat anda baca pada halaman akuntansi pajak, dimana saya sendiri mengklasifikasi hanya dalam satu account yaitu hutang PPn baik masukan maupun keluaran ditampung pada account ini, karena PPN adalah kewajiban yang timbul atas transaksi pembelian dan dapat dipindahkan. Bagi perusahaan yang telah terdaftar sebagai PKP PPn dapat dipindahkan ke pembeli sehingga pada kondisi pembayaran PPn (pembelian) > Pemungutan PPn (Penjualan) maka kelebihan tersebut dapat dianggap sebagai asset. sehingga sah-sah saja untuk menyediakan account PPN masukan sebagai asset namun jika arus barang berjalan secara lancar PPN akan selalu tercatat sebagai utang karena nilai yang dipungut (PPn keluaran) > nilai yang dibayar (ppn masukan) dan selisih tersebut (utang) harus distorkan/dilunasi ke Kas Negara setiap bulannya. Bagi perusahaan yang belum terdaftar sebagai PKP maka PPn dianggap sebagai biaya.

  199. ada ga contoh untuk laporan keuangan untuk perusahaan jasa khususnya bagian limbah…?
    tx tuk infonya..

    ZB:
    Mohon Ma’af, saya tidak dapat memberikan contoh laporan seperti yang anda harapkan karena saya tidak mengoleksi berbagai contoh laporan keuangan. Namun dari segi bentuk laporan keuangan adalah sama dengan perusahaan lainnya, yang berbeda adalah isinya sesuai dengan account yang ada pada perusahaan terkait.

  200. selamat malam sbelumny, saya ingin dibantu ,tolong cnthkan lporan keuangan perushan bergerak di bdang perushaan kontrakor. neraca,L_R, dan hpp nya .
    trimakasih sesudahny..

  201. Pagi..
    pak..mohon petunjuk nya dong..
    saya di tugaskan oleh atasan saya di pekerjaan yang baru untuk membuat neraca keuangan pribadi beliau..
    sebelum nya belum ada yang membuat..
    saya bingung sekali, karena tidak ada jumlah saldo-saldo tahun sebelum nya sebagai patokan saya menyusun neraca nya..
    saya di berikan data2,berupa: Buku kas(catatan2 harian beliau untuk uang masuk dan uang keluar),bukti2 transaksi(resi ATM,kwitansi,nota2,slip bank), dan juga ada beberapa info lisan yang beliau sampaikan untuk harta dan piutang beliau.
    sebaiknya langkah apa dulu yang harus saya kerjakan untuk memulai membuat neraca yang diminta?

    ZB:
    Jumlah saldo dapat dihitung dengan perhitungan terbalik.

    awal = sekarang – Masuk+keluar

  202. Saya mau buat neraca,tapi saya mentok di akumulasi penyusutan kendaraan dan bangunan,saya mau tanya bagaimana cara pembukuan neraca kalo nilai penyusutan sudah habis.contoh nilai bangunan Rp.15 Juta,akumulasi penyusutan sudah 15 Juta,pembukuannya bagaimana? trimakasih

    ZB:
    Melakukan penilaian kembali.

  203. pak.. mau tanya,perbedaan laporan keuangan perusahaan BUMN dan Bank apa ya?? terima kasih atas jawabannya.

    ZB:
    Saya bingung untuk memberikan jawaban untuk ini, karena banyak bank juga bumn. Selain itu saya juga bukan bagian dari lingkungan bumn dan yang saya tahu bumn menggunakan prinsip akuntansi belaku umum dan terkait dengan akuntansi pemerintah serta sudah menjadi rahasia umum bahwa di bumn banyak hal yang tidak transparan yang menjadi ruang bagi koruptor.
    Seperti saya kutip dari penryataan M.N semua ada aturan mainnya. aturan mainnya itu umumnya diluar akuntansi.

  204. Pak, saya baru bekerja di bagian keuangan pada kantor divisi yang membawahi cabang-cabang. Saya bingung membuat laporan realisasi biaya manajemen bulanan, khususnya mengenai pelaporan dropping gaji yang didrop dari kantor pusat pada akhir bulan sebelumnya. Misal, gaji bulan Agustus 2011 didrop dari pusat pada 28 Juli 2011. Ada dua bentuk laporan yang harus dibuat pada akhir bulan, yaitu Laporan Realisasi dan Laporan Mutasi Kas/Bank.

    Sependek pemahaman saya, dalam Laporan Realisasi kita melawankan dropping dengan biaya, sehingga diperoleh Defisit/Surplus, sebagai laporan pertanggungjawaban bulanan. Nah yang saya tanyakan, apakah gaji yang didropping dari pusat pada akhir bulan Juli tersebut dimasukkan pada laporan realisasi Juli atau dimasukkan dalam laporan realisasi bulan Agustus?
    Angka dropping ini dimasukkan dalam bulan Juli ataupun Agustus pasti akan berbeda pada Laporan Kas/Bank bulanan…..

    ZB:
    Masalah anda tidak terlepas dari akuntansi perusahaan anda dimana akuntansi bersifat uniq. Artinya akuntansi suatu perusahaan berbeda dengan akuntansi perusahaan lainya. Hal itu ditentukan oleh lingkungan perusahaan dalam hal ini adalah manajemen. Apa yang diminta/dibutuhkan manajemen, itulah yang dilaporkan dan anda dapat mencontoh apa yang ada di perusahaan lain namun kuncinya tetap pada manajemen perusahaan anda.
    Disisi lain masalah yang anda kemukakan tentang droping gaji, itu belum dapat disebut pembayaran gaji karena baru sekedar pemindah bukuan dari kantor pusat ke kantor cabang dan bukan merupakan pengeluaran kas karena kantor pusat dan kantor cabang jelas masih merupakan satu kesatuan. Yang ada mungkin pemisahan akuntansi kantor cabang dari akuntansi kantor cabang sehingga ada laporan keuangan kantor cabang dan ada laporan keuangan kantor pusat.

  205. pak sya msh agak bngung apa sich prbdaan kas dgn modal p[da st pnulisan transaksinya?

    ZB:
    Beda bangat…
    Anda perhatikan persamaan akuntansi (Harta=Hutang+Modal), dimana kas adalah bagian dari harta dalam bentuk uang dan yang dapat disetarakan dengan uang. Sedangkan Modal dapat dikatakan hutang perusahaan kepada pemilik atau harta pemilik yang diinvestasikan di perusahaan.

  206. Ass.pak sy mau tanya,
    apa sih fungsi jurnal pembalik. dan bagaimana perlakuan akuntansi untuk pencatatan hutang usaha yang belum dilunasi pada perioda yang bersangkutan…trus apakah neraca itu harus dibuat setiap bulan? terimaksih

    ZB:
    Coba anda telusuri masalah jurnal.

  207. Met sore pak,
    Pak, saya minta tolong cth laporan keuangan manufaktur dunk….
    saya butuh utk buat skripsi. thx

    ZB:
    Saya hanya dapat memberikan kuncinya.
    Laporan keuangan semua perusahaan adalah sama perhatikan yaitu Rl, Neraca, aruskas, perubahan modal dan keterangan atas laporan keuangan. Yang mebedakan adalah besar-kecilnya perusahaan dimana semakin besar suatu perusahaan diperlukan detail account yang lebih rinci.
    Peruhahan industri dan dagang sama memiliki persediaan namun perusahaan indusri memiliki 3 jenis persediaan yaitu bahan baku, barang dalam proses dan barang jadi sedangkan perusahaan dagang hanya satu jenis persediaan yaitu persediaan barang dagang.

    Perusahaan Industri dan dagang sama2 memiliki harga pokok dinama harga pokok perusahaan industri adalah akumulasi dari harga bahan baku, biaya produksi sampai barang tersebut terjual sedang harga pokok perusahaan dagang hanya harga beli barang yang dijula ditambah biaya untuk memperoleh barang tersebut. Perusahaan jasa tidak memiliki persediaan karena itu dalam perusahaan jasa tidak memiliki harga pokok. Ingat!… harga pokok adalah biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh barang yang terjual tidak termasuk biaya bunga.

  208. selamat pagi pak,
    saya mau tanya dalam satu laporan keuangan itu terdiri dari apa saja? mohon dijelaskan karena saya baru mempelajari tentang ekonomi. kalau bisa tolong berikan contoh laporan keuangan itu sendiri.
    terimakasih… :)

  209. ass pak, sy mau tanya sy baru jadi bendahara yayasan pendidikan dan hrs melaporkan spt tahunan sdgkan utk membuat spt thnan hrs ada neraca dan rugi laba, NPWP berlaku bln okt 2010 tp yayasan mulai oprasional bln juni 2011, dan modal awal baru masuk bln juni 2011 jadi utk lap spt thnan 2010 blm ada laporan keuangannya sdgkan spt thnannya hrs tetap dilaporkan, nah utk bikin neraca & R/L nya gimana? tolong ya pak sy bingung banget, trims

    ZB:
    Untuk Badan usaha yang tidak beroperasi tetap dibuat laporan keuangan dengan pernyataan “Tidak ada aktivitas” sedangkan sptnya dengan pernyataan Nihil.

  210. slmt siang
    boleh tanya, klau mw liat contoh laporan keuangan yang lengkap d mna??

  211. Salam kenal Pa..
    Pa ..saya accounting baru di prsahaan saya…
    Pak tolong bantu saya membuat Neraca & L/ R untuk formatnya,,,
    perusahaan saya bergerak di bidang Jasa pengangkutan Limbah…

    untuk lap. L/R saya mengerti tpi untuk Neraca saya kurang paham tolong bantu ya pak secepatnya..

    Trim’s

    ZB:
    Anda pelajari melalui halaman kerangka akuntansi

  212. selmat siang pak saya mw tna sma bpak….
    pak tlong jelaskn bgmna cranya menyusun laporan keuangan perusahaan idustri pak terutma masalah perhitungan HPP dan jga Persediaan Barang Dagangan pak……
    terima kasih pak sebelumnya….

  213. selamat siang pak….
    tolong jelaskan perhitungan HPP dan Persediaan Barang Dagang pada perusahaan Industri pak karena saya tidak mengerti pak…
    terima kasih sebelumnya pak……

    ZB:
    Lihat halaman harga pokok.

  214. selamat sore pak..apakah standart sukses bagi bagian Finance suatu perusahaan?tq pak

    ZB:
    Dapat memenuhi target yang digariskan oleh manajemen perusahaan diantaranya dapat memberikan informasi keuangan tepat waktu dan tepat guna. Namun tidak ada standar untuk kebijakan manajemen perusahaan selain keuntungan sebesar2nya.

  215. ass..
    maaf pak, mau nnya,,
    untuk laporan bulanan dan tahunan developer
    saya, orang baru dan saya bekerja pada perusahaan yg baru berdiri.
    tlg dbls..
    makasih

    ZB:

    Laporan keuangan mempunyai bentuk standar yang telah dibuat oleh IAI. Yang berbeda hanya akun dan namanya yang dimiliki oleh setiap perusahaan sesuai dengan perusahaan masing-masing. Laporan operasional sangat tergantung pada manajemen perusahaan. Bagian akuntansi menyusun laporan operasional yang sesuai dengan fakta lapangan.
    Untuk perusahaan yang baru berdiri tentunya langkah awal yang harus anda lakukan adalah menyusun kerangka akuntansi.

  216. hallo selamat sore pak.. sya bru bekerja d perusaahn kontraktor yg baru berdiri sktar 3 bln. sy d tugaskan membuat laporan keuangan..ad transaksi pembelian material proyek apakah transaksi ini mengurangi pendapatan pak? terima kasih..

    ZB:
    Kalu pendapatan tidak berkurang. Yang berkurang itu adalah laba. sesuai dengan rumus laba = pendapatan – Biaya

    • maaf lanjut sedikit pak,,apakah transaksi pembelian material proyek ini bisa di langsung di jurnal sebagai biaya atau harus di masukan sebagai persediaan dulu,,sebelumnya saya ucapkan terima kasih banyak pak,,

      contoh jurnalnya :

      biaya pembelian material ………………………
      kas …………………………

      atau :

      persediaan material …………………………..
      kas ……………………………

      mana yg bener pak??

      ZB:
      Umumnya pembelian material proyek disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan dan langsung dikirim ke proyek terkait serta segera digunakan. Dalam hal seperti ini tentunya kurang tepat dikatakan sebagai persediaan sekalipun masih ada proses penyimpanan dan distibusi material. Namun ada juga yang memperhitungkan sebagai persediaan, tentunya juga punya tujuan tertentu dan tidak dianggap salah.

      Dilihat dari bentuk perusahaan, perusahaan kunstruksi adalah perusahaan jasa dan tidak memiliki persediaan, tetapi punya laporan persediaan. Laporan persediaan tersebut hanya sebagai laporan operasional dan tidak termasuk laporan keuangan dan tidak dimasukan ke neraca.
      Mengenai bentuk jurnal yang anda berikan keduanya benar namun bentuk yang paling umum adalah :

      Biaya material (biasanya lebih terinci) ..xxxxxxx
      PPn…………………………………………xxxxxxx
      …..Utang usaha…………………………………xxxxxxx

      Note : Sangat langka pembelian barang proyek dengan kas.

      • terima kasih banyak atas penjelasannya pak,,oh ya pak perusahaan saya bergerak d bidang kontruksi RANGKA ATAP BAJA RINGAN dmn pembelian material dalam jumlah besar dan proyek bsa dmn mana,,jadi sebagai stok bahan,,kalau sya ingin pakai software zulisoft berapa biaya nya pak,,

        ZB:
        Dapat digunakan ZULISoft Standar dengan harga Rp.750rb, Untuk lebih maksimal gunakan versi Industri namun perlu ada penyesuaian dengan biaya tambahan diperhitungkan sesuai dengan jumlah modul yang diperlukan.

  217. Assalamu’alaikum Wr.Wb. Pak Zulidamel.
    sy mw tnya, jika trjadi perubahan nilai karena inflasi & deflasi. maka pada saat analisa perbandingan Lap. Keuangan data harus trlebih dahulu dilakukan apa Pak??
    Tarimo Kasih Talabiah dulu.

  218. Asw,, Pak saya mw nanya,,
    1. Pajak mengakui persediaan itu dengan metode apa?
    2. Pengaruh penyisihan piutang tak tertagih pada lap. keuangan fiskal apa?
    3. metode penyusutan dan amortisasi paten yang dipakai di lap.keuangan fiskal?
    4. bagaimana perlakuan atas pemberian sumbangan kepada berbagai pihak.
    5. Bungan dari pinjaman jangka panjang apa pengeruhnya terhadap pajak?
    6. jika laba ditahan periode lalu bersaldo negatif yang berasal dari rugi pajak tahun lalu gimana penyajiannya di laporan keuangan fiskal??
    terima kasih sebelumnya pak.. :)

    ZB:
    1. Pajak hanya menyarankan memilih satu dari sekian metode. Tidak ada metode yang ada dalam akuntansi yang tidak diakui.
    2. Laba berdasarkan laporan lebih kecil dari sesungguhnya karena piutang tak tertagih itu hanya sebuah perikraan.
    3. ?…
    4. Banyak yang tidak diakui sebagai biaya oleh pajak.
    5. Bunga diakui sebagai biaya
    6. Pajak tangguhan.

  219. saya mau tanya,,,
    kalo pencatatan pemasukan dan pengeluaran uang yang rapih itu bagaimana….
    karna saya sudah coba tapi hasilnya kurang rapih….
    toloong yaa dibantu..

    ZB:
    Tergantung yang menerima laporan dalam hal ini bos anda…. Permasalahannya kalaupun anda membuat laporan yang rapih sesuai dengan standar international kalau bos anda tidak mengerti itu tentunya dia jadi pusing lihat laporan anda!..

  220. tolong jelaskan apa yang membedakan laporan keuangan perusahaan pertambangan dengan industri lain..

    ZB:
    Aktivitas yang dilakukan perusahaan sehingga akun neraca maupun biaya akan berbeda antara perusahaan yang satu dengn lainnya. Pada perusahaan sejenis pun masih memungkinkan terjadinya perbedaan. Namun perlu dipahami, apapun perbedaannya kerangkanya adalah sama.

  221. tolong jelaskan perbedaan laporan keuangan perusahaan pertambangan dibandingkan dengan industri lain

  222. pak saya dkasih tugas tuk bwt laporan keuangan pabrik tahu dr mulaii modal awal sampe keuntungan n kerugian dan biaya gaji karyawan barapa sblum sukses pokox smua pengeluaran

    ZB:
    Permasalahan laporan keuangan dimulai dari menyusun kerangka akuntansi.

  223. tolong pak,berikan bentuk laporan ke uangan buat saya

  224. informasi cukup MENARIK.
    Semoga semakin maju dan lebih sukses lagi.
    kalau ada waktu jangan lupa silahkan,
    KUNJUNGI : SOSCOMMUNITY yang siap membantu segalanya terutama
    PENANGGULANGAN KEBAKARAN:

    Informasi lebih maju silahkan MELIHAT :
    http://soscommunity.org/index.php?option=com_content&view=frontpage&Itemid=58
    Terimakasih

    CALL : 031 853 8830
    E-MAIl : soscommunity1@gmail.com

  225. pak.minta tolong..berikan contoh neraca dan laporan laba rugi..serta berikan analisis dari neraca tersebut tentang bagaimana keadaan kesehatan koperasi..apakah likuiditas, rentabilitas atau solvabilitas…
    dan kira2 dari neraca/laporan laba rugi tersebut bagaimana seharusnya yang dilakukan pengurus di masa yang akan datang…
    terima kasih

  226. sore pak,,saya mau menanyakan soal laporan keuangan perusahaan kontraktor,saya bingung mau mulai dari mana untuk membuat laporan akhir tahun. saya sudah mencoba membuat Neraca tetapi tidak balance karena di sisi aktiva banyak pos-pos yang saya tidak masukkan karena tidak berhubungan dengan usaha kontraktor ini. gimana pendapat bapak..?

    ZB:
    Yang anda maksud pos-pos yang tidak dimasukan itu apakah dari ZULISoft, Saya tidak punya informasi tentang anda menggunakan aplikasi apa. Jika anda pengguna ZULISoft anda dapat kirimkan Databasenya ke saya untuk dapat dibantu menelusuri permasalahannya. Jika menggunakan aplikasi lain tentunya saya tidak dapat membantu anda.

  227. ass..pak,, saya mw tnya,,skrg kn sy lg skripsi yang jdulnya mengenai tingkat kesehatan bmt ditinjau dari aspek kinerja keuangannya, tetapi saya dpt data lap keuanga dari bmt nya itu bulanan bukan tahunan, sedangkan yang sy btuhkan itu lap tahunan. itu gimana caranya saya mengolah data lap keuangan per bulan itu sehingga bisa menjadi tahunan.? ataukah ada cara lain,,mhon penjelasannya y pak,, trima kasih..

    ZB:
    Saya belum tahu laporan keuangan bmt itu seperti apa, karena bmt itu juga saya tidak tahu. Mengenai laporan keuangan bulanan tinggal dijumlahkan saja laporan dalam setahun akan didapat laporan tahunan. Namun saya kurang memahami pokok pikran anda untuk menentukan kebutuhan anda pada laporan tahunan. Sedangkan dalam penelitian itu yang dibutuhkan adalah data sample. Semakin banyak elemen yang diperhitungkan, hasilnya bisa lebih baik.
    Dalam penelitian, peneliti dapat saja membuat laporan keuangan 5 tahun yang akan datang dengan cara membuat prediksi setiap faktor2 yang berpengaruh terhadap keuangan. sedangkan anda yang segera menyelesaikan pendidikan sarjana anda masih bingung menjumlahkan laporan yang telah ada. Renungkan…

  228. Assalamu’alaikum Pa…
    Saya mohon bantuan nya,,saya bendahara di salah satu Universitas,,Atasan saya mau mengajukan permohonan kredit ke Bank,,pihak bank nya minta laporan keuangan,,laporan apa saja yang harus saya buat dan kalo tidak keberatan,,saya mohon contoh (format) laporan tsb…
    sebelumnya saya ucapkan terimakasih…

    ZB:
    Laporan Keuangan adalah laporan yang telah memiliki standarisasi, yang membedakan hanya pos-pos keuangan yang dimiliki oleh badan usaha sesuai jenis usahanya. Berikut Saya Tulisan bagian2 laporan dari perusahaan dagang. dan hanya satu bagian yang tidak ada pada yayasan pendidikan dan tentunya yayasan pendidikan tidak perlu membuatnya.

    LAPORAN KEUANGAN POKOK
    1. Neraca
    2. Laba Rugi
    3. Laporan Aliran kas

    CATATAN ATAS LAPORAN KEUANGAN
    Neraca per 31 Desember 200x dan 200y
    Laporan Laba Rugi untuk tahun buku yang berakhir per 31 Desember 200x dan 200y
    Laporan Perubahan Ekuitas per 31 Desember 200x dan 200y

    CATATAN ATAS LAPORAN KEUANGAN
    1.Umum
    2.KebijakanAkuntansi
    3.Penjelasan Pos-pos Neraca
    4.Penjelasan Pos-pos Laba Rugi

    LAMPIRAN
    I. Daftar Piutang Usaha per 31 Desember 200x = Daftar Tunggakan pembayaran uang kuliah namanya agar disesuaikan
    II. Daftar Persediaan per 31 Desember 200x (Hanya Bagian ini yang tidak dimiliki oleh Yayasan pendidikan)
    III. Daftar Aktiva Tetap dan Penyusutannya per 31 Desember 200x
    IV. Daftar Utang Usaha per 31 Desember 200x
    V. Perhitungan Pajak Kini

    200x adalah tahun berjalan dan 200y adalah tahun lalu.

    • Siank…
      saiia bekerja d perusahaan pertambangan.
      domisili na d bekasi, tp berkedudukan d kalsel.
      perusaan na blum pernah lakukan audit n pelaporan pajak.
      saiia bener2 blank. bisa kah anda bantu saiia:
      1. mhon info prosedur awal pelaporan pajak perusahaan pertambangan donk!!!
      2. pa z yg hrz dsiapkan/dlakukan???
      3. untuk perusahaan pertambangan dkenakan pajak pa z ya, mnt contoh na bs kan.
      4. punya aplikasi na ga???
      mksh atas bantuan nya.

      ZB:
      Saya tidak punya legalitas dibidang perpajakan dan tidak ada relasi dibidang pertambangan. Yang dapat saya sampaikan hanyalah bahwa perusahaan pertambangan memiliki aturan akuntansi khusus dan punya juklak khusus pula. Dalam SKA mengenai pertambangan juga punya bagian tersendiri. Saya juga lupa ska nomor berapa?. Untuk itu saya mohon ma’af

  229. contoh pelaporan laba rugi ( pemasukan & pengeluaran ) usaha benglek las teralis

  230. Mohon bantuannya.
    saya karyawan disalah satu perusahaan asing. yg bergerak di bidang pertambangan.
    saya di tugaskan untuk membuat laporan keuangan perusahaan, yang saya sendiri kurang paham dan tidak ada siapa2 yg membimbing.
    yang ingin saya tanyakan adalah…
    1.peralatan elektronik kantor apakah juga harus diperhitungkan nila penyusutannya.
    2. bagaimana pencatatan gedung (kantor) yg statusnya sewa, apakah ini juga termasuk aktifa tetap
    3. bagaimana pencatatan biaya2 menjamu tamu perusahaan, seperti ke karaoke, makan direstoran, akomodasi hotel & pembelian gift (hadiah untuk tamu).
    4. jika ada, boleh dong kirimkan contoh laporan keuangan
    Tolong dikirim ke email saya Komennya….
    terimakasih banyak.

    ZB:
    1. Seharusnya ya, namun masalah ini tergantung pada perusahaan apakan nilai tersebut dianggap signifikan. Jika tidak maka dianggap sebagai biaya pada saat pembelian.
    2. Sewa Gedung biasanya dicata dalam akun sewa dibaya dimuka dan penggunaan biaya sewa diatur melalui jurnal penyesuaian.
    3. Biaya tsb adalah bagian dari biaya umum dan administrasi atau bisa juga dimasukan ke biaya lain2 (biaya diluar usaha). Biaya2 ini sering dipermasalahkan oleh pihak perpajakan karena tidak punya bukti transaksi (legalitas).
    4. Untuk contoh laporan saya telah berikan beberapa contoh pada halaman e-books.

  231. Pak Saya mau tanya
    Saya bekerja di perusahaan jasa (kontraktor listrik), saat ini saya bingung dengan laporan keuangan, meski sudah memakai software accounting, bisa tidak saya dikasih contoh laporan keuangan di perusahaan jasa, dan semntara dsini tidak ada yg membimbing saya dan juga saya bukan dari lulusan akuntansi….
    Mohon jawabannya pak
    terimakasih

    ZB:
    Saya pikir setiap software akuntansi telah menyediakan format laporan keuangan, anda tinggal mengikutinya. Anda harus mendapatkan petunjuk penggunaan aplikasi tersebut. Untuk permasalahan akuntansinya sendiri saya berusaha memberikan jawaban.

  232. pak rasio keuangan untuk koperasi serba usaha syariah apakah sama dengan rasio keuangan untuk perusahaan pada umumnya..(tidak menggunakan rasio keuangan bank)..mohon d bls

    ZB:
    Mohon ma’af!… saya tidak tahu rasio yang disyaratkan. Namun kalau boleh berlogika koperasi itu kan modalnya dari anggota untuk anggota, apa harus ditentukan rasio keuangannya baru koperasi bisa berjalan?….

  233. Ass pak…Saya seorang guru akuntansi di sebuah SMK jurusan Administrasi Perkantoran. Saya ingin tau format baku untuk Laporan Kas Kecil. Format yang saya dapat di sana adalah : Debet : jumlah, tgl, uraian,no bukti, kemudian menyusul Kredit dan jenis-jenis akun, saya kok merasa aneh dan kurang sreg dengan bentuk laporan seperti itu, masa jumlah dulu trus tanggal dan uraian menyusul, kan lucu, apa memang seperti itu ?

    ZB:
    Tidak ada format baku untuk Laporan kas kecil, namun secara umum nomor urut atau tanggal punya prioritas. Mengenai soal sreg itu masalah personal bisa saja ada seseorang yang menginginkan seperti itu. Saya paling serimg menerima permintaan yang menurut saya aneh misalnya ada yang minta buatkan laporan hutang sesuai PO. padahal secara akuntansi jelas utang dicatat berdasarkan penerimaan barang. Po bisa saja tidak terealisasi atau terealisasi sebagian. Berhubung permintaan customer sebagai pengguna, harus dipenuhi walau kita perlu memberikan pandangan kita.
    Contoh lain mungkin juga menurut anda lucu yaitu sebuah laporan yang biasanya kita menjumlahkan dari rincian otomasis jumlahya dan umumnya ditempatkan di bagian bawah, namun suatu perusahaan meminta saya membuatkan laporan yang jumlahnya ditempatkan di bagian atas. Awalnya bagia saya terlihat lucu Ternyata setelah itu banyak yang minta seperti itu. Lama-lama bisa saja ada yang minta format laporan Laba rugi dimana laba dan pajak penghasilan ditempatkan di bagian awal.

  234. Mohon jawabannya segera, karena saya harus memberikan materi pengayaan dan tray out dalam minggu ini. Saya sudah berusaha mencari jawaban dengan browsing berjam-jam, membuka SPAP,PSAK, dll.Tp saya belum mendapatkan jawaban yang pas dan memuaskan.Terimakasih banyak tanggapannya pak….

  235. Pak saya baru bekerja dalam industri percetakan, di perusahaan ini baru menggunakan accounting staff dan saya yang pertama. jadi belum ad panduan untuk saya. yang in gin saya tanyakan untuk percetakan ini termasuk dagang atau manufaktur? perlukah ada laporan Harga pokok produksi?

    ZB:
    Percetakan termasuk perusahaan industri hanya saja dalam operasionalnya ada yang hanya memperoleh jasanya saja karena bahan baku disediakan oleh customer.

  236. Melanjut yang di atas pak, berarti harus menambahkan acc brg dalam proses n barang jadi tidak? soalnya untuk persediaan account tersebut memang tidak pernah ad, produksi by order. N untuk perhitungan COGS nya bagaimana pak?
    Saya sempat discus dengan yg punya, untuk kasus tinta misalnya, untuk 1 Liter tinta dapat dipakai untuk beberapa kali order dan beberapa bulan. sedangkan untuk stock opnam akan dilakukan perminggu, bagaimana perhitungan untuk mengkredit bahan baku agar masuk k cogs? berdasarkan barang yg kluar dari gudang atau pemakaian stiap minggu?
    karena untuk pemakaian perminggunya jg tidak dapat d ukur karena lgsg masuk k dalam tabung mesin cetak.

    ZB:
    Perusahaan Industri memiliki 3 jenis persediaan jika diperlukan dikalsifikasi lagi ke kelompok yang lebih detail sesuai kebutuhan.
    Umumnya perhitungan dalam akuntansi adalah pendekatan misalnya menggunakan tarif. Tentunya hal ini menggunakan pengalaman bukan perhitungan ilmu pasti dan tingkat ketelitiannya adalah relatif. Masing2 metode yang digunakan akan menghasilakn perhitungan yang berbeda dan tidak satupun yang dapat dikatakan paling benar. Jelasnya semuanya benar. Yang penting mendekati kebenaran.

  237. jawaban dong tentang laporan keuangan perusahaan berserta neraca dan laba rugi

  238. ass

    pak saya mw tanya tentang
    masalah laporan keuangan koperasi sama atau tidak dengan laporan keuangan cv,pt,dan koperasi

    ZB:
    Prinsip dasarnya sama, yang berbeda adalah struktur permodalannya, dan penamaan akun misalnya laba pada koperasi disebut SHU (sisa hasil usaha).

  239. Salam, tanya Pak, apa perbedaan antara neraca perusahaan dan neraca koperasi, trims pak.

  240. Saya ingin tahu laporan keuangan sekolah bisa di gambarkan seperti apa yang sederhana

    ZB:
    Umumnya sekolah hanya menggunakan laporan aliran kas.

  241. saya ingin tahu tentang pajak yayasan

    ZB:
    Saya belum tahu apa yayasan juga sudah termasuk lembaga kena pajak selain PBB dan PPh21. Selama ini yang saya tahu Yayasan adalah lembaga yang tidak termasuk objek pajak.

  242. pak saya tanya laporan r/l pada kolom penghasilan itu diambil dari nilai transaksi setelah PPN/sebelum ppn
    ZB:
    PPn adalah akun neraca tidak terkait dengan rugi laba…..

    • maksud saya begini pak. penghasilan Rp.230.412.567
      Rp.209.465.576 ppn Rp. 20.946.597. = Rp.230.412.567
      yang saya masukan kedalam laporan yang mana Rp.230.412.567 / Rp.209.465.576 ? terima kasih

      ZB:
      Dlm hal ini anda perlu pemahaman akuntansi. Dari data anda total transaksi adalah 230.412.577. diproleh dari pengahsilan 209.465.576 dan PPn 20.946.597. Bila dicatat ke dalam bentuk jurnal maka :

      Tagihan/piutang/kas 230.412.567
      ….Pengahsilan………………….209.465.576
      ….Ppn………………………….20.946.597

      Dari jurnal transaksi tersebut yang akan masuk ke dalam laporan L/R hanya pengahsilan senilai 209.465.576

  243. saya ingin tau tentang format lampiran laporan keuangan dalam pelaporan SPT Tahunan badan (CV)…..
    kasusnya yaitu cv tersebut dari awal berdirinya blm pernah melakukan transaksi kegiatan apapun.
    akun apa saja yang harus dituliskan dalam neraca CV tersebut… ?apa hanya modal saja atau bagaimana?trims

  244. Reblogged this on delsyarysma and commented:
    great blog if you wanna search about accountancy

  245. Pa..saya ada kendala di perushaan…untuk laporan Keuangan di tahun kemarin masih ada tersisa Hutang..dan di tahun ini saya pinjam Modal Awal lagi…Pertanyaan 1. Apakah sebaiknya hutang tahun kemaren di bereskan yang diambil dari Modal tahun ini ??? atau Bapak punya solusi yang lebih baik…MOHON Pencerahannya.
    terimakasih.

  246. laporan sungguh sangat bermanfaat

  247. Pak saya kurang jelas tentang pembukuan akhir tahun mohon di jelaskan

  248. pak ak. penyusutan berpengaruh apa dalam neraca
    ZB:
    Ya…

  249. selamat malam pak,sya mau tanya tentang laporan keuangan jasa konstruksi,bagaimana cara melihat perbedaan yang menggunakan cash basis atau akrual basis di dalam laporan keuangannya.klau bisa minta tolong berikan contoh laporan keuangannya pak??

  250. pak tolong di buat untuk saya aplikasi keuangan perusahaan jasa kontruksi

  251. tolong pak ajari saya mengenai bagaimana cara membuat kolom yg baik dalam bentuk pembukuan harian, contoh’a pemasukan harian pengeluaran harian dan total saldo yg didapat kira” cara yg baik untuk pembukuan akuntansi yg benar bagaimana yah pak?
    terimakasih.

  252. Pak…punya contoh laporan keuangan UKM yg sdh menggunaka SAK ETAP ga?

  253. Pak, sy mau tanya klu CV nya udah mengalami peningkatan ke PT, bagaimana modal yang ditampilkan dilaporan keungannya, apa modal yg dr CV dialihkan sj ke PT atw bgmna ya? Mohon penjelasannya, terima ksih.

  254. Saya baru belajar buat form laporan keuangan jasa, semoga bermanfaat. http://darmawajah.blogspot.com/2012/06/form-laporan-keuangan-jasa-ukm-tanpa.html

  255. pak, sy mau tanya apa perbedaan akuntansi yayasan dengan akuntansi perusahaan jika dilihat dari laporan keuangannya? mohon penjelasannya, trima kasih.

    ZB:
    Yayasan adalah salah satu bentuk badan hukum, artinya juga sebuah perusahaan. hnya saja yayasan berbegarak dibidang sosial (non profit) sehingga mendapatkan perlakuan khusus dalam hal pajak. Logikanya tidak ada laba sehingga tidak ada pajak pengahasilan. Oleh karena itu banyak yayasan yang tidak membuat laporan keuangan sesuai prinsip akuntansi. Yang penting ada catatan uang masuk dan uang keluar (Chasflow). Seharusnya yayasan tetap membuat laporan keuangan sesuai prinsip akuntansi.

  256. apa perbedaan laporan keuangan perusahaan dengan laporan keuangan perbankan pak?

    tolong jawab dalam 12 jam ya pak

  257. Pak, saya minta sarannya bagaimana membuat laporan keuangan perusahaan manufaktur yg lap.keuangnny sndiri tdk berkesinambungan saya harus mulai dr mana ya pak, karna saya masih kryawan baru di perusahaan trsebut …
    ZB:
    Laporan keuangan harus dimulai dari saldo awal. yaitu Neraca pada tgl 1 Jan tahun berjalan

  258. pak, untuk membuat laporan keuangan menggunakan komputer (berbasis MYOB),,,sya hanya di beri laporan transaksi selama setaun itu, laporan laba/rugi, neraca. saya bingung mulainya dr mana minta sarannya ya pak krn untuk neraca saldonya jg tidak ada,,,,thx

  259. Saya mau buat laporan keuangan koperasi yang sederhana tapi masih bingung tolong dong bantu saya.Koperasi tsb kegiatanya simpan pinjam dan jasa aplikasi aja tolong bantu saya buat RAT kirim lewat E-mail

  260. cara bikin neraca keuangan bagaimana pak tolong kasih tahu contohnya

  261. pak apakah ada contoh laporan keuangan pada perusahaan kontrak konstruksi? untuk menjadi referensi dalam penyusunan skripsi saya

  262. Pak .. tolong ajarin saya tentang pembukuan dalam sebuah perusahaan”’ Coz saya masih belum siap untuk menjadi seorang akounting… mulai dari dasar-dasarnya
    ZB:
    Anda dapat pelajari blog ini, mulailah dari halaman akuntansi

  263. pak saya minta tolong banget,saya disuruh membuat laporan keuangan tahunan,perusahaan ini baru jalan sekitar bulan juni jadi sampai bln ini baru berjalan sekitar 7 bulan,bergerak dibidang trading bahan kimia,saya orang pertama di kantor ini,jadi saya bingung harus melihat backup dr mana.apa yang harus pertama-tama saya lakukan dan saya siapkan untuk membuat lap keuangan itu,saya dikasih waktu 3 hari.makasi sebelumnya tolong di balas

    ZB:
    Menyusun laporan keuangan dimulai dari mengklasifikasi rekening (account). Soal waktu yang diberikan 3 hari untuk data yang belum diketahui sepertinya tidak relevan. Seorang konsultan akuntansi yang berpengalaman saja perlu waktu yang cukup dalam menyusun laporan keuangan karena berhubung banyaknya data yang akan di olah. Saya yakin akuntan berpengalaman juga akan menolak jika perkerjaan ini disrahkan padanya. Terkecuali semua data telah tersimpam dengan rapi dalam sistem database, laporan keuangan dapat diterbitkan kapan saja oleh sistem.
    Dalam hal ini saya tidak dapat menyarankan apa2 karena saya sendiri tidak tahu seperti apa data yang anda miliki.

  264. malam pak, mohon bantuannya, lap neraca di kantor saya tidak pernak update dari saya bekerja, skarang saya di suruh buat neraca baru dengan asumsi perusahaan kita jual dan kita beli perusahaaan itu. mohon bantuan nya dengan neraca nya
    ZB:
    Lapoan neraca adalah laporan posisi keuangan pada saat dilaporkan (sa’at ini). Menurut saya tidak ada perlunya asumsi jual/beli. Penyusunan neraca harus tetap mengacu pada data yang ada hanya saja dilakukan secara komulatif.(kumpulan data). Bagaimanapun kewajiban pajak selama ini tetap jadi masalah yang harus dijelaskan agar perusahaan tidak mendapat sangsi.

  265. Pak…mohon penjelasan…saya mau buat lporan keuangan untuk mengitung R/L dan PPh badan, kaitan dg laporan kami dapat hibah dari diskop berupa kendaraan R3 ….bagaimana perihitunggannya di neraca dan Laba rugi????mohon penjelasan makasih pak

  266. 1.pak maaf saya mw tanya klo ppn in dr suplier / ppn out untuk customer itu msk k dalam neraca jg tdk?kl iya,posisi’a dmn?
    2. jika transaksi pembelian memakai mata uang usd, membuat jurnal dan buku besar’a memakai usd jg atau kt rubah dlu k dalam rupiah (sesuai kurs tengan bii atau kurs pajak?)
    mohon bantuan nya pa,sebelumnya saya ucapkan terima ksh

  267. Selamat Pagi, Pak

    Harga Pokok Penjualan di Laporan Laba Rugi harusnya diluar PPN, tetapi kalau HPP nya sudah include PPN berdasarkan hasil proses HPP Program, jadi hasil HPP nya harus dikurangi PPN Keluaran atau PPN Masukan?

    Mohon bantuannya please…

    Terima kasih
    Li Phing

  268. siang pak.. saya ingin tau cara membuat laporan kas akhir bulan perusahaan pelayaran secara sederhana. trims atas infonya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 73 pengikut lainnya.