Perangkat keras Jaringan komputer


Banyak sekali peralatan Jaringan komputer. Untuk memberikan gambaran hanya yang penting saja dibahas pada kesempatan ini :

Terminal

Terdapat lima jenis terminal dan keyboard adalah terminal yang umum dan paling populer.

Terminal Keyboard adalah terminal input yang sangat populer  diantara pemakai komputer. User dapat menggunakan keyboard mengentri data, memberikan intruksi tertentu untuk menerbitkan laporan dsb.

Terminal Telephone Tombol : komputer juga dapat dilengkapi dengan alat respon audio. Dapat mengirimkan pesan yang dapat didengar oleh pemakai di telephone tombol. Penekanan tombol digunakan untuk mengirimkan data dan intruksi ke komputer.

Terminal Titik penjualan (point of sale) Kita juga dapat melihat bagaimana pembaca charakter optik digunakan pada pasar swalayan. Terminal ini menyediakan cara memasukan data transaksi ke dalam database pada saat penjuala (point of sale). Karena alasan tersebut terminal ini dinamakan terminal Point of sale (POS)

Terminal Pengumpul Data. Suatau jenis khusus terminal dirancang untuk digunakan oleh pekerja pabrik. Alat yang dikenal sebagai terminal pengumpul data (data collection terminal)  digunakan untuk mengumpulkan data, menjelasakan kehadiran dan kinerja kerja pegawai. Alat OCR digunakan untuk membaca charakter dan dokument yang menyertai pekerjaan yang berjalan di dalam pabrik.

Terminal khusus yaitu terminal yang dirancang khusus untuk keperlua tertentu seperti cash register  yang dilengkapi dengan tombol-tombol khusus. Satu tombol untuk satu jenis penjual

NIC (Network Interface Card)

Kartu jaringan atau Lan card dipasang pada setiap komputer yang akan dihubungkan ke suatu jaringan nic.jpgcomputer. Banyak jenis dan merk kartu jaringan yang tersedia di pasar, namun beberapa hal pokok yang perlu diketahui dari kartu jaringan yaitu type kartu ISA atau PCI dengan kecepatan 10 atau 10/100 Mbps, harus disesuaikan dengan tipe Ethernet HUB atau switching yang akan digunakan, jenis protocol dan jenis kabel yang didukungnya disamping itu juga mengesampingkan kwalitas produk. Komputer jenis terbaru tidak dilengkapi dengan slot ISA bahkan Network Interface umumnya merupakan Onboard system artinya sudah tersedia pada mainboard sehingga tidak perlu lagi dipasang Lan Card

Sesuai dengan besarnya tingkat kebutuhan akan jaringan komputer, sudah banyak mainboard komputer jenis terbaru dilengkapi kartu jaringan secara on board. Kwalitasnya bagus namun penulis berpendapat lebih baik menggunakan kartu jaringan yang terpisah. Salah satu keuntungannya adalah dapat memilih merk tertentu dan mudah diganti apabila terjadi kerusakan.

Hub atau Concentrator

Hub adalah perangkat jaringan yang terdiri dari banyak port untuk menghubungkan Node atau titik hup-dan-switch.jpgsehingga membentuk jaringan yang saling terhubung dalam topologi star. Jika jumlah port yang tersedia tidak cukup untuk menghubungkan semua komputer yang akan dihubungkan ke dalam satu jaringan dapat digunakan beberapa hub yang dihubungkan secara up-link.

Port yang tersedia biasanya sampai 8, 16, 24 atau lebih banyak sesuai kebutuhan Anda. Untuk kecepatan, Anda dapat menggunakan HUB 10 atau Switch 10/100. Sebaiknya menggunakan 10/100 karena dapat digunakan untuk jaringan berkecepatan maksimal 10 atau 100. Hub ada yang mendukung pemggunaan kabel coax yang menukung topologi BUS dan UTP yang mendukung topologi STAR. Namun type terbaru cenderung hanya menyediakan dukungan untuk penggunaan kabel UTP.

lihat juga

Konektor UTP (RJ-45)

rj45.jpgUntuk menghubungkan kabel UTP diperlukan konektor RJ-45 atau sejenis jack yang bentuknya mirip dengan jack kabel telepon namun memiliki lebih banyak lubang kabel. Konektor tersebut dipasang di kedua ujung kabel dengan peralatan Tang khusus UTP. Namun jika belum bisa memasangnya, Anda dapat meminta sekaligus pemasang-an pada saat membeli kabel UTP

Kabel UTP

605.jpgAda beberapa jenis kabel yang digunakan dalam jaringan network, namun yang paling banyak dipakai pada private network/Local Area Network saat ini adalah kabel UTP. 

Bridge

Bridge digunakan untuk menghubungan antar jaringan yang mempunyai protokol yang sama. Hasil akhirnya adalah jaringan logis tunggal. Bridge juga dapat digunakan jaringan yang mempunyai media fisik yang berbeda. Contoh jaringan yang menggunakan fiber obtik dengan jaringan yang menggunakan coacial.

Bridge mempelajari alamat tujuan lalulintas yang melewatinya dan mengarahkan ke tujuan. Juga digunakan untuk menyekat jaringan. Jika jaringan diperlambat dengan adanya lalulintas yang penuh maka jaringan dapat dibagi menjadi dua kesatuan yang lebih kecil.

Switch

Merupakan pengembangan dari konsep Bridge. Ada dua arsitektur dasar yang digunakan pada switch, yaitu cut-through dan store and forward. Switch cut-through mempunyai kelebihan di sisi kecepatan karena ketika sebuah paket datang, switch hanya memperhatikan alamat tujuan sebelum diteruskan ke segmen tijuannya, sedangkan switch store and forward merupakan kebalikannya. Switch ini menerima dan memeriksa seluruh isi paket sebelum meneruskannya ke tujuan dan untuk memeriksa satu paket merlukan waktu, tetapi proses ini memungkinkan switch mengetahui adanya kerusakan pada paket data dan mencegahnya agar tidak mengganggu jaringan.

Dengan Swith terdapat beberapa kelebihan karena semua segmen jaringan memiliki bandwidth 10 Mbps penuh. Tidak terbagi seperti share network pada penggunaan Hub. 

Cluster Control Unit

Cluster Control Unit  membangun hubungan antara terminal yang dikendalikannya  dengan perlatan-peralatan dan jaringan. Alat ini memungkinkan beberapa terminal berbagi satu printer atau mengakses beberapa komputer melalui jaringan yang bebeda. Cluster Control Unit dapat pula mengerjakan pemeriksaan kesalahan dan pengubahan kode.

Multiplexer

Saat beberapa terminal harus berbagi satu saluran pada saat yang sama, multiplexer dapat ditambahkan pada tiap ujung. Multiplexer adalah suatu alat yang memungkinkan pengiriman dan penerimaan bebrpa pesan secara serentak. Penambahan multiplexer berdampak seperti mengubah jalan satu jalur menjadi jalur bebas hambatan dengan beberapa jalur.

Pengaturan nomor port dan protokol yang mengirim data pada modul sofware yang benar didalam host.

Front-end Processor

Front-end Processor menangani lalulintas Jaringan komputer yang masuk dan keluar dari host komputer. Kedua komputer tersebut dapat merupakan jenis apapun, tetapi configurasi yang umum terdiri dari sejenis komputer mini khusus yang berfungsi sebagai front-end processor dan sebuah mainframe yang menjadi host.

Front-end Processor berfungsi sebagai unit input dari host dengan mengumpuklkan pesan-pesan yang masuk dan menyiapkan data bagi host. Front-end Processor juga berfungsi sebagai unit output dari host dengan menerima pesan-pesan untuk transmisi ke terminal.

Walau kecepatan transmisi antara saluran dan front end Processor  relatif lambat ( dalam banyak kasus bit-bit ditransmisikan secara serial ) kecepatan tarnsmisi front-end processor dengan host dapat berlangsung secara cepat ( beberapa bit ditransmisikan secara paralel).

Sebagian front-end processor melakukan message switching dengan mengatur rute (routing) pesan dari suatu terminal ke yang lain tanpa melibatkan host. Jika karena suatu hal terminal penerima tidak dapat menerima pesan (mungkin sedangan digunakan atau rusak) front-end processor dapat menyimpan pesan tersebut dalam penyimpanan sekunder dan mengirimkannya nanti. Kemampuan ini disebut simpan dan teruskan (store and forward).

Host

Host mengerjakan pemrosesan data untuk jaringan . Pesan-pesan yang masuk ditangani dengan cara yang sama dengan data yang di terima dari unit unit jenis apapun. Setelah pemrosesan pesan dapat ditransmisikan kembali ke front-end processor untuk routing.

Router

Router tidak mempunyai kemampuan untuk mempelajari, namun dapat menentukan path (alur) data antara dua jaringan yang paling eficien. Router beroperasi pada lapisan Network (lapisan ketiga OSI.). Router tidak mempedulikan topologi dan tingkat acces yang digunakan oleh jaringan.  Karena ia beroperasi pada lapisan jaringan. Ia tidak dihalangi oleh media atau protokol komunikasi. Bridge mengetahui tujuan ahir paket data, Router hanya mengetahui dimana router berikutnya ditempatkan. Ia dapat digunakan untuk menghubungkan jaringan yang menggunakan protokol tingkat tinggi yang sama.

Jika paket data tiba pada router, ia menentukan rute yang terbaik bagi paket dengan mengadakan pengecekan pada tabel router. Ia hanya melihat hanya melihat paket yang dikirimkan kepadanya oleh router sebelumnya.

Brouter

Adalah yang menggabungkan teknologi bridge dan router. Bahkan secara tidak tepat seringkali disebut sebagai router multiprotokol. Walau pada kenyataannya ia lebih rumit dari pada apa yang disebut router multiprotokol yang sebenarnya.

Getway

Gateway dilengkapi dengan lapisan 6 atau 7 yang mendukung susunan protokol OSI. Ia adalah metode penyambungan jaringan ke jaringan dan jaringan ke host yang paling canggih. Gateway dapat digunakan untuk menghubungkan jaringan yang mempunyai arsitektur berbeda misalnya PC berdasarkan Novell dengan jaringan SNA atau Ethernet

 Modem

Satu-satunya saat modem tidak diperlukan adalah saat telephone tombol digunakan sebagai terminal. Semua saluran jaringan komputer lain memerlukan modem pada tiap ujungnya. Modem dirancang untuk beroperasi pada kecepatan tertentu biasanya 300, 1200, 2400, 4800 atau 96000 bit per detik dan seterusnya kecepatan modem menentukan kecepatan transmisi data.

adsl.jpgADSL adalah type modem untuk penggunaan accses internet kecepatan tinggi. Umumnya modem ADSL merupakan integrasi  dari modem, firewall dan ethernet switch serta router dan mungkin juga dengan transiever. Modem ADSL bekerja pada frekwensi yang berbeda dengan  frekwensi yang digunakan dalam percakapan telephon sehingga saluran telephon dapat digunakan untuk percapapan bersamaan dengan penggunaan transmisi data melelalui modem ADSL.

Radio

Transmisi data juga dilakukan melalui frekwensi radio seperti yang digunalan pada jaringan perbankan, Travel, warnet. Peralatan ini masih dikuasai perusahaan penyedia layanan public (provider) seperti PT Lintas Artha, Indosat, Telkomsel. Fren. Untuk lingkup lebih kecil tersedia werless untuk pembuatan jaringan lokal tanpa kabel. Misalnya dengan Modem ADSL yang dilengkapi dengan werless router dapat digunakan untuk jaringngan lokal pada ruangan. Hanya saja kemampuan werles tidak dapat atau terganggu oleh partisi terutama partisi beton. sehingga tidak efektif digunakan untuk jaringgan lokal suatu perusahaan dimana client computer tersebar di dalam ruangan tertutup.

antena1.jpg

About these ads

145 Tanggapan

  1. tolong dung…..
    banyakin gambar2 n penjelasan tentang PERANGKAT KERAS KOMPUTER,yang LENGKAP!!!!
    saya sebagai anak SMA,sangat butuh inform tentang itu..
    sekarang saya kesulitsn mencari tentang itu!!!
    so….
    tolong yawh,,,,
    lengkapin lagi,,,pleaseeee!!!!thx be4

  2. mau nanya, gimana caranya membuat perancanaan jaringan??? muat disitus ini ya!!! kirim ke email ku

  3. saya memiliki komputer pent4 dan HP kamera 6225 CDMA Bagaimana cara meng-input foto-foto dari HP ke komputer?Peralatan Software dan kabel data model apa yang saya perlukan?

  4. Kabel data dan software sesuai dengan nomor seri HP. Biasanya dikemas satu paket bila anda membeli HP Baru. Bila tidak, anda dapat temukan di toko yang menjual acesories HP. Anda dapat coba terlebih dahulu menghubungkan HP dengan komputer menggunakan kabel data Sebelum anda menginstall software, karena sudah banyak peralatan digital yang sudah dikenali oleh windows dan tidak perlu menginstall software.

  5. tolong buat contoh programnya biar kita lebih mudah mempelajari pembuatan progarm, tapi harus bira dilink ke exel

  6. saran saya contoh programnya dibuat dari visual basic tapi bagaimana mengkoneksikan program tersebut dengan exel

  7. saya ini mahasiswa AMIK-MBP dari medan hanya saja saya masih banyak mengetahui pemograman, kebetulan saya senang dengan pemograman vb. sekarang saya ingin menanya bagaiman cara membuat program tersebut lebih mudah

    Zulidamel :

    Non Erlina Harap bersabar, dalam waktu dekat saya akan bahas permintaan anda dalam pemrograman Visual Basic Ok!.

  8. woiiiiiiiiiiiiiii
    tolong gw donk…….
    gw d suruh cari ma guu gw tenteng perangkat jeras dan lunak ntu pa ja n apa2 ja yg termasuk…………….
    jelasin lebih banyak lagi donkzzzz

  9. Bagus banget, bisa minta tolong gak diperjelas masalah jaringan and Kirim ke email ku ya thx

    Zulidamel:
    Masih banyak mengenai jaringan yang akan saya bahas atau perbaikan juga seringan saya lakukan. namun untuk mengirimkan ke email kamu mungkin saya belum bisa penuhi karena bahasan mengenai jaringan banyak dan juga yang mengirimkan email ke email saya banyak sekali. Coba kamu memahani khusus email haris ini saja dari pagi jam 8 s/d sekarang (3.40) belum selesai saya baca dan kadang-kadang yang menurut saya tidak jelas apalagi panjang akan saya delete saja. Setiap hari inbox saya kosongkan, yang tidak sempat dibaca ikut terhapus.

  10. Haloo semua,,,
    Tolongin aku dong,, masalah jaringan warnet ku gak mau conect..
    ak pake server windows.. Untuk ping antar client aja gak bisa,, trus selalu request timed out kalo di ping.. padahal firewall masing2 pc udah ak off khan…apa itu semua kerjaan virus??ak pake kelas C. TOlongin yaa.. and thankss berat atas info nya

    Zulidamel:
    Saya hanya bisa kasih tau beberapa kemungkinan.
    * Virus, Firewall dan antivirus adakalanya memblok. Setelah firewall off, scan virus dengan beberapa antivurs terbaru.
    * Kerusakan salah satu perlatan jaringan dapat menyebabkan semua IP tidak dikenali. Cabut semua kabel koneksi client, Lalu test koneksi dari server. Bila ini tidak bisa kemungkinan besar router rusak.
    * Jika server dapat terkoneksi test client satu persatu.
    * IP yang bertabrakan (sama antara 2 client) menyebabkan semua tidak berfungsi

    Sekian mudah-mudahan dapat membantu!…

  11. ajarin donk membuat jaringan internet please !!!!!!!!!!!!!!!!

    zb:
    Mohon ma’af saya belum sempat membahas, namun secara ringkasnya untuk membuat jaringan internet adalah setelah anda menginstall jaringan dilanjutkan dengan menginstal Web Server Misalnya Aphace, IIS, Menginstal Database server msalnya Mysql, Menginstall Server Scrip misal PHP.

  12. Wew makasih banyak nih atas info2nya…
    tapi ada satu hal nih yang ‘aga ngganjel’….
    dan ini dijadikan tugas oleh dosen saya:

    Apakah komputer itu sendiri termasuk salah satu perangkat jaringan komputer?

    Zb:
    Ya!, Alasanya cari sendiri ya!….

  13. Tolong jelaskan mengenai kabel-kabel yang digunakan dalam jaringan komputer. kalau bisa dengan gambar-gambarnya. trimakasih

  14. pak, saya masih bingung dengan pemasangan internet ini, apa semua internet pribadi ( pakai sendiri dirumah ) ini harus berlangganan spt berlangganan pada telkomnet instan atau cbn.net atau yang lain????

    saya juga ingin bertanya, bagaimana cara ngehubungi internet melalui gelombang radio.
    tolong balas ke e-mail ku aja, thx bget…

  15. Saya mempunyai koneksi internet dengan sistem seperti ini :

    Dari Radio/ Antena – Router – Hub – PC , gimana seting jaringannya, agar bisa dibuatkan satu operator komputernya, sebagai media sharing file, kontrol dsb. Ya..kayak di warnet-warnet itu tuch…saya punya 10 komputer dengan 1 operator. Thx ya

  16. tlg materi perangkat keras lebih di lengkapi, kalau bs lengkap dengan gambar jaringannya.

  17. iye neh gw jga di suruh ma guru gw !!

  18. teng q ya bang !

  19. bu ni tugas saya amelia walaupun kelas saya belum di suruh saua sudah mengerjakannya

    by:amelia 94

  20. tolong gambar-gambarnya diper jelas dan ditampilkan

  21. thank’s untuk semua bantuannya.namun ada juga yang blm lengkap,tolongin donk lengkapin.trims yach

  22. tolong donkz keterangannya d perjelazzzzzzzzzz lage

  23. [...] 27, 2008 · Filed under Uncategorized Perangkat keras Jaringan komputer Ditulis pada September 17, 2007 oleh [...]

  24. [...] Perangkat keras Jaringan komputer Ditulis pada September 17, 2007 oleh Achun [...]

  25. alah…….sok paten
    masih banyak kekurangannya tu…
    lhoo perbaiki lagi dech…

  26. [...] 3 Perangkat keras Jaringan komputer [...]

  27. [...] dalam Uncategorized Perangkat keras Jaringan komputer Ditulis pada September 17, 2007 oleh [...]

  28. [...] Februari 23, 2009 @ 12:12 pm } · { Uncategorized } { } Perangkat keras Jaringan komputer Ditulis pada September 17, 2007 oleh [...]

  29. sya btuh perangkat untuk tgaz skul saya,,,,,,
    tolong penjelasan na padat dan mudah saya pahami

  30. syalom…!! makasi banyak atas infonya. uda bnyk membntu gw dlm menulis laporan PKL gw. GBU….!!

  31. makasih yaaaaa
    aku jadi kebantu buat ngerjain tugas aq
    doain aq moga sukses ya
    q juga doain penulis biar sukses dan terus nyebarin ilmu ok

  32. q d tugas dari guru q disuruh mencari hadware2 yang diperlukan dalam membangun jaringan. tolong kirim referensi tentan hadware jaringan ke email q ya.thank’s

    ZB:
    Ma’af. saya baru dapat berikan untuk anda yang di block ini….

  33. makacih

  34. [...] Comment! Perangkat keras Jaringan komputer [...]

  35. [...] Perangkat keras Jaringan komputer [...]

  36. mksh udh byk bgt bantu……

  37. [...] MY BLOG.. By jueeaquino Perangkat keras Jaringan komputer : [...]

  38. kk blog dah bgs cmn agk lom kumplit. . ..

  39. wee…
    MaLas Baca na..
    Panjang amat ..
    wkwkw..

  40. Thanks ea atas informasinya………, SUWUN

  41. tolong tulis fungsi’y dong
    sya da tugas ni

  42. toloong!!!! dong kasih cara membuat jaringan komputer biar jelas peentin

  43. tulung,,gambar perangkat komputer na d’komplitin dunK!!!
    coz penting bngt…!!!
    tan kyU???

  44. saya ada tugas cari perangkat keras contoh monitor, keyboard, cpu, disket drive, disket & harddisk, cd room, logged disk drive n printer.., arti dan fungsi dari pernagkat tersebut.

    bisa dibantu email ngga? please

    FYI

    ZB:
    Mohon ma’af saya tidak dapat penuhi harapan anda

  45. please bgt q mnt gmbrny ditampilkan dan diperjls,,,,

    soalny wt tgs nich…… yc222222………….. please ok q tunggu

  46. udah bgs cm krg lgkap gmbarnya aj,,

  47. mksi,
    ngebantu tugas aku . :)

  48. jamput nek nggawe tulisan ojok akeh-akeh aku di seneni guruku pekoro tulisanmu ae

  49. kurang lengkap

    ZB:
    Seharusnya anda dapat berpartisipasi, kirimkan artikel untuk melengkapinya.

  50. Tolong Bantu aku Ya coz aku Disuruh guruku di suruh mencari perangkat keras

    ZB: Kalau tidak ada disini di google aja….

  51. hai2 , , ,
    tolong ya pengertian nya kurang jelaz , truz gambar nya di perjelaz ya ,,,,,,

    thx .

    Hanya akan jelas jika kamu melihat fisiknya.

  52. help..
    add sbuah jaringan komputer & parangkat-perangkat nya !!!
    thank’s..

  53. thx for iiu ..

  54. thanks too jawaban
    (^^^)

  55. aduhh alahh kurang lengkap euyyy!!!!
    kta sbgai nak smp btuh banget euuyymzsng!!!!!!
    tlong tambah dun mterinya !!!!! duahhhhhhhhhhh

  56. bagaimana membuat suatu web tanpa adanya http serta web login…

    tolong jawapannya ?

    trimakasih.:D

    ZB:
    Yang nama web adalah pakai http. mungkin yang anda maksudkan adalah web pada komputer lokal tanpa terhubung ke internet melalui jaringan global. Itu dapat anda lakukan dengan menginstal webserver misalnya apache atau IIS pada komputer anda.

  57. Penjelasan sudah cukup bagus, tapi alangkah baiknya kalau lebih terperinci supaya yang baca dapat lebih mengerti, dan gambar lebih diperjelas

  58. lumayan but exelly

  59. [...] PERANGKAT KERAS JARINGAN By muslimahaqli Perangkat keras Jaringan komputer [...]

  60. wah…
    ni bisa jadi bisnis ni….

  61. ah,,,jelek

    ZB:
    Kayaknya yang jelek itu kamu deh!…

  62. tolong gambar dan penjelasannya d prbnyk yach , soalnya ini bagus buat bahan sekolah jadi untuk lebih baik lagi saya minta agar penjelasannya lbh bnyk lg . . . .

    thx

  63. sangat2 lengkap materi kuliahnya, jadi tau banyak stelah baca artikel. terimakasih ilmunya

  64. lenkapin artikelnya
    biar pra plajar mdah cri informasi

  65. hmmmm lebih lengkap dong,…..dan AKURAT…….Y ?

  66. lebih komplit dunk cuiiiii

  67. EmAng ManTepppp….

  68. mak NyUsssssssss,,,,,,,,,,,

  69. lbih lngkap lg..

  70. boleh tu panci,,

  71. modem yang paling bagus di Indonesia tu, apa sih? kayanya lelet semua yak

    ZB:
    Kalau menurut saya bukan masalah modemnya, tapi masalah jaringan. Tau ajalah layanan public yang ada di Indonesia.

  72. bosen maen di warnet mulu mau punya modem nih!

  73. hahahahahaha

  74. thankzzzzzzzzzz,,,,,

  75. di tambahin lagi mau loch…nambah ilmu bayu….eh baru dech…hehehe…sakderenge matursuwun…

  76. Pa qw mkiRna ,,,,,,,,,,,,,,,,
    BlaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaSSSSSSSssss,,,!!!!!!

  77. tolong jelaskan masalah yang sering terjadi di komputer apabila loadingnya lambat

    ZB:
    Wah ini kasusnya banyak sekali. Globalnya komputernya jelek, munkin itu harwarenya, kebanyakan aplikasi sehingga memori tidak memadai, atau gangguan virus komputer yang mengacak2 registry, hardisk yang sudah banyak bad sektor, file sementara tidak pernah di bersihkan.

  78. saya ingin lebih tau lagi tentang jaringan
    thankz forever ya yg bt situs web nc klu bs diperjelas lebih lengkap lagi…..
    OK……..
    GBU:-)

  79. wah klo bqn perangkat tu jng pnjang2 dunk

  80. kalau bisa kata-katanya harus lebih singkat lagi
    supaya ga bkin bingung
    ok

  81. saya ingin lebh tau lagi tntang perangkat keras jaringan komputer karna ini belum bgtu lngkap ????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????ok!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  82. tolong penjelasan perangkanya lebih jelas lagi ya,,,,,,,,,,

  83. kurang lengakap niihh..

  84. mw konsultasi nih, gmna cara koneksiin internet itu?

  85. [...] Perangkat keras Jaringan komputer [...]

  86. gimana caranya sharing file dengan windows server 2003…

    ZB:
    Membuat sharing folder, pada windows sever namanya file server.

  87. saya buka warnet…
    tp klu bt pb bisa knp buat facebook,dll gkbsa…
    ap masalahya y…
    terimakasih

    ZB:
    ada kemungkinan setting modem , setting firewall atau profider anda memblock access ke ip fb.

  88. Gakkh jelass…
    kaloo singkat,padat dan jelas malh lebihh baik

    ZB:
    Mungkin blog ini bukanlah tempat yang tepat untuk menyelesaikan masalah anda… Mohon ma’af karena saya tidak dapat memenuhi harapan anda!

  89. maaf maz,,kami mohon penjelasanya lebih rinci dan mudah untuk dipahami

    ZB:
    Saya hanya dapat berusaha untuk meberikan penjelasan semampu saya

  90. Terima kasih atas infonya, ini bermanfa’at bagi saya dan sangat membatu.
    Dan jika Bapa membutuhkan informasi mengenai perangkat keras untuk mengakses internet bisa membuka website http://www.iqbal-muwahid-perangkat.blogspot.com
    . Teima kasih

  91. askum… pak bsa kirimkan sfesifikasi apa saja yang di butuhkan dlam pembuatan website beserta pemasangan jaringan untuk perkantoran yang portalnya d kantor lain. trimksh

  92. maaf saya mau nanya apa saja ya…
    inveksi dari virus komputer itu….???

  93. maaf, boleh tanya fungsi NIC tu apa yaaa…? thx

    ZB:
    Sesuai nama Network Interface Control yaitu unit yang mengontrol aliran informasi pada jaringan komputer.

  94. maaf mau tanya kenapa komputer sering terkena virus apa pnyebabnya

  95. bagus bagus bagus :)

  96. tolong dong lengkapin lagi

  97. add ge pr qu tntang peragkat keras and perangkat lunak

  98. thx..

    tp agk binung..hhe :)

  99. Gambarnya dilengkapi lagi donk.. aku ada tgas nyari tntg ini…
    mksh_

  100. saya ingin lebih alam mengenali perangkat keras komputer ,, ini kurang lengkap !!!!!!!!!!!!!!!

  101. hmmm…t0L0ng bantu aku ya..!!
    Apa saja sih keuntungan dari pembagian layar pada OSI Referensi ModeLitU,?? jawab ya

  102. gmbr’a d’prjlas lah,,

  103. bener bener!!! gambarnya kurang jelazz tuh!!

  104. [...] Perangkat keras Jaringan komputer [...]

  105. [...] Jaringan Internet Perangkat keras Jaringan komputer Banyak sekali peralatan Jaringan komputer. Untuk memberikan gambaran hanyayang penting saja dibahas [...]

  106. Bagai mana cara menggistalasi jaringan….dari komputer yang satu ke yang lain

  107. [...] Perangkat keras Jaringan komputer [...]

  108. [...] Perangkat keras Jaringan komputer Posted on September 17, 2007 by Achun           [...]

  109. [...] sumber : Rosmaya /STMIK BINA BANGSA LHOKSEMAWE/OJT/2012 [...]

  110. makasih atas informasinya…tHAnks a lot..
    gambarnya kurang banyak…
    kalau perlu dibuat seunik mungkin dan luchu biar tambah menarik..hehe:p

  111. pusing nanya n nuggu jawaban?? cari aja di google.com

  112. Oke dehh

  113. cukup untuk membuat tugas

  114. tolong dong bantu kita cari macam2 perangkat keras jaringan beserta keterangannya masing2…………………………..

  115. pas banget

  116. thank,s informasinya

  117. maksh y atas informasi y tentang perangkat keras jaringan komputer y,ini membantu bngt buat ies.doa-n yah spya ies bsa mengisi soal nya.

  118. Kalo untuk GAN (Global Area Network) apa saja perangkat keras yang digunakan?

  119. Does your site have a contact page? I’m having trouble locating it but, I’d like
    to shoot you an email. I’ve got some suggestions for your blog you might be interested in hearing. Either way, great website and I look forward to seeing it grow over time.

  120. [...] Perangkat keras Jaringan komputer [...]

  121. […] Perangkat keras Jaringan komputer […]

  122. It’s amazing to visit this website and reading the views of all mates regarding this article, while I am also keen of getting experience.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 73 pengikut lainnya.