Persamaan Akuntansi


Pada dasarnya semua pekerjaan akuntansi  berkisar pada pengetahuan dasar akuntansi yaitu “Persamaan Akuntansi”

ASSETS = EQUITIES

Assets   =    Semua harta (kekayaan ) yang dimiliki oleh suatu perusahaan seperti uang tunai, Gedung, tanah dll.

Equities =   klaim atas kepemilikan kekayaan  tersebut

Sumber kekayaan suatu perusahaan dapat berasal dari pemilik perusahaan (modal) dan pinjaman  dari pihak tertentu (hutang)

Sehingga persamaan akuntansi  menjadi :

ASSETS = HUTANG + MODAL (ASSETS = LIABILITIES + CAPITAL)

Setiap transaksi yang dicatat ke dalam persamaan akuntansi tidak akan mempengaruhi keseimbangan  ruas kiri dan ruas kanan.

About these ads

39 Tanggapan

  1. hallo, bisa dijelaskan mengapa aktiva=passiva dalaM neraca harus sama?

    • karena jiak terjadi perbedaan maka akan terjadi ketidak seimbangan pada pencatatan transaksi berikutnya pada buku besar…akan trjadi kekacauan pada pembukuan..

      • dan juga dalam sebuah perusahaan jika aktiva tidak seimbang dengan pasiva..berarti jumlah kekayaan dan hak kekayan perusahaan juga berbeda dong…nah coba aja pikir..kamu pikir…kalau dalam pembukuan perusahaan total hak kekayaan perushaan bebeda dengan total kekayaan..apa jadinya…????

  2. Selamat, Anda telah menulis. Bravo

  3. Bolehkah persamaan akuntansi dibolak balik…?

    Zb:
    Tentu saja boleh sesuai hukum komutatif
    LIABILITIES = ASSETS – CAPITAL atau CAPITAL = ASSETS – LIABILITIES

    Tapi jangan kamu coba untuk membolak balik laporan neraca misal menempatkan Pasiva disebelah kiri.

    • sy pernah ditanya,dalam penulisan jurnal,kenapa aktiva ditaruh di debit dan pasiva di kredit..

      ZB:
      Duh.. saya juga ga’ bisa jawabnya, saya tambain pertanyaannya aja ya kenapa kepala ada di atas dan kaki ada di bawah ?…

  4. huh,,,,,,,
    i hate akuntansi

  5. aku kurang begitu suka akuntansi, tp aku masuk jurusan ini nd susaaaaaaaaaaah bangeet. hehe

    ZB:
    Anda bilang akuntansi susaaaaaaaaaaah bangeet karena anda kurang suka, tapi sekali anda menyukainya maka akuntansi itu akan mudaaaaaaaaaaah bangeet, OK!….

  6. w d suRuH bikiN makaLah tenTang peRsamaaN akuNtaNsi nicH,,,,,,,
    aPa emNg peNjeLasaN teNtang persamaan akuN nTu cuma segiNi aJacH Y???
    qo dikiT bgt c?

    Zb:
    Selanjutnya adalah tugas anda untuk mengupas berbagai masalah yang terkait dengan persamaan akuntansi, dimana semua transaksi akan terkait dengan hal ini.

  7. cntoh transaksi persamaan akuntansidimana???koqpenjelasannya dikitbgt

    ZB:
    Ada contohnya di halaman lain

  8. pa,, kalo piutang masuknya ke equities or bukan..
    tolong pa..

    ZB:
    Piutang adalah rekening kelompok harta lancar

  9. apa aja jenis yg trmasuk assets, expenses, liability, equity, revenue???????

    krim k email ja yah…………

    secepatnya…….

  10. bisa ngk dijelaskan,mengapa kalau pemilik melakukan investasi,modal peruasahaan jadi bertambah?knp beban itu mengurangi modal?knp klu ada penarikan pribadi mengurangi ekuitas pemilik?thanks y………….
    ZB:
    Pertanyaan anda dengan sendirinya akan terjawab setelah anda memahami apa itu Investasi, modal, beban/biaya dan Pemilik

  11. pa” kalo misal nya Bengkel ‘S memperoleh pndpatan jasa dg mnerima tunai sebesar Rp1000.000 dan sisa nya sebesar 600.000 di lunasi bulan depan cara menjurnal nya bgaimana tolong balas yaa pusing ne
    balas email juga boleh

    Dalam akuntansi secara manual dari bukti transaksi dibuat jurnal sbb:

    Kas……………… 1.000.000
    Piutang…………….600.000
    Pendapatan Jasa………….. 1.600.000

    Saya juga pusing liat anak sekolah gampang putus asa kaya gini….

    • opZZZZZZZZZ,, susah buanget ngertix pelajaran akutansi, qmna ya, biar gampang ngertix !
      pleeeeeeeazzzzzzzzzzzz!

  12. tanya lagi ya
    Salon fara membeli perlengkapan sebesar Rp5000.000
    denagan di bayar tunaii sebesar Rp1000.000 dan sisa nya akan di lunasi bulan desember tolong balas ya di email ok

    ZB:
    Bila dengan sistem akun tansi komputer, transaksi ini akan dibedakan menjadi pembelian dan pengeluaran kas.

    1. Pada saat dibeli dicata penberimaan barang yang akan menghasilkan jurnal sbb: (jurnal disusun oleh komputer)

    Perlengkapan……..5000.000
    ….Hutang Dagang…………..5000.000

    (Pada perusahaan yang lebih spesifik hanya pembelian barang dagang saja yang termasuk hutang dagang)

    2. Pada saat membayar dp 1000.000, dicatat transaksi pengeluaran kas dan komputer akan menghasilkan jurnal pengeluaran kas sbb:

    Hutang dagang…..1000.000
    ….Kas………………………..1000.000

    Bila dengan akuntansi manual, dari bukti2 transaksi (penerimaan, pengeluaran kas) dibuat Jurnal sbb.

    Perlengkapan……..5000.000
    ….Kas…………………………1000.000
    ….Hutang Dagang…………..4000.000

    selanjutnya pada saat pelunasan akan dicatat pengeluaran kas yang menghasilkan jurnal pengeluaran kas sbb.

    Hutang Dagang ….4000.000
    ….kas…………………………4000.000

    Ok deh!…..

  13. trimakasihh sebeluem nya

  14. mao tanya bos, mengapa persamaan akuntansi adalah asset = liabilities + owner’s equity ?
    tolong di balas yah ..
    terima kasih sebelum nya

    ZB:
    Itu adalah hukum akuntasi yang disrumuskan oleh ahli akuntansi berdasarkan fakta dimana harta perusahaan berasal dari hutang pada suatu pihak (labialities) dan hutang pada pemilik ( Modal). Sampai sekarang belum ada yang dapat membantah hukum tersebut. Mungkin anda dapat mebuat definisi selain itu ?…

  15. bagainmana bila rumah kita di bawa tsunami kita catat di mana ??????
    di kas or prive

    ZB:
    Dalam akuntansi dikenal istilah kejadian luar biasa.

  16. pusing pelajaran akutansi,gmn cr bentuk t biar mudah di mengerti
    ZB:
    Hal yang pertama yang harus anda lakukan adalah mengendalikan emosional. Apapun yang kita hadapi tanpa ketenangan akan terasa sulit.

  17. Pak, mau tanya

    kalau kita sub con ke pihak lain jurnal nya gmn? terus dineraca bgmn?

    saya tunggu secepatnya, trims

    ZB:
    Harap anda sebutkan contoh kasusnya.

  18. thankz akh…

  19. pak mau tanya persamaan akuntansi dr trnsaksi brikut;
    dikirimkan tagihan kepada konsumen yg telah menggunakan jasa angkutan secara kredit senilai 3.600.000 !!!

    tolong dibalas ya pak
    penting bget !!!
    makasih sebelumnya
    balasnya dsni aja

  20. Om, saya suka nihh ama akuntansi tapi masih bingung dgn sola ini : transaksi yg dilakukan bengkel kersih selama periode 1/31 januari, pada tanggal 1 januari terdapat transaksi berikut
    Kas+10.000.000
    Peralatan+200.000
    gedung+20.0000
    utang usaha+1.500.000
    Modal 000
    nahh yg mw saya tanyakan adalah saat bagian modal di beri tanda strip, apakah saya harus buat modal sendiri dengan
    Asset-Utang=Modal ataukah sy harus kosongkan??
    transaksi yg berikutnya mulai dari alphabet A s/d J
    cuman itu aja Om !!
    MOHON DI BALAS

    ZB:
    Persamaan akuntansi tersebut adalah mutlak. Dari data anda jelas ada modal.

  21. qu mau nanya ne, contoh dri assets apa?
    n liabilities apa? capital ntu apa?

    ZB:
    anda pelajari http://zulidamel.wordpress.com/2007/09/05/klasifikasi-rekening/

  22. Aq mw nny ne.. Jika pd akhr bln prlengkpn disusukan sebsar 90000, prsamaan akuntansiny gmn siy? Tlng jwb yh!

    ZB:
    Kredit perlengkapan dan Debet ke biaya penyusutan

  23. aduh ternyata temen pd bingung ya ma akuntansi. sama sperti aku tpi lo kta mo bljar ttg akt akn mbngskan

  24. pak aku mau tanya nh,
    mengapa pendapatan menmbah modal???
    bls ya pak…
    trimmms,,

    ZB:
    Harus secara explisit, pendapatan yang bagaimana dan modal apa?…
    Ada beberapa jenis pendapatan dan juga ada beberapa jenis modal.
    Pendapatan dari aktivitas usaha belum tentu menambah modal karena ada kalanya biaya untuk memperoleh pendapatan tersebut lebih besar sehingga modal berkurang.

  25. Gan aku krng ngerti. .

  26. mw tanyak dengan soal :
    1. pendapatan usaha sebesar 2.600.000 prive sebesar 600.000 dan beban usaha 600.000,yang ditanyak besarnya laba??
    2.laba usaha besarnya 2.000.000 beban upah 900.000 beban perlengkapan 300.000 beban listrik 200.000 beban lain-lain 80.000.Di tanyak jumlah pendapatannya??
    3.laba usaha besarnya 3.000.000 pendapatan usaha 6.000.000 pendapatan sewa 400.000 dan pendapatan bunga 200.000. di tanyak jumlah beban??
    tolong dijawab dengan cepat . .

    ZB:
    Ini Tugas yang harus anda jawab, sebaiknya anda pelajari permasalahannya. Pertanyaan ini hanya sekedar untuk menguji pemahaman anda mengenai pendapatan, laba dan beban.

  27. bingung harus mulai dari mana,, saya disuruh buat laporan keuangan …tp banyak biaya2 yg bikin bingung jurnalnya .. bantu saya donk , harus mulai dari mana

    ZB:
    Hari gini masih bingung bikin laporan keuangan?… Nggak tau juga bahwa akuntansi itu mudah!… Cuma debit kredit doang.
    mulainya dari kerangka akuntansi… selanjutnya catat transaksi di sisi debit dan yang lainnya di sisi kredit. Jumlahkan setiap akun dapat deh neraca saldo. Buat penyesuaian yang diperlukan tinggal hitung. Banyaknya ini yang bikin puyeng, makanya suruh komputer mengerjakannya… atau kalau masih mau cara manual download pada halaman e-books contoh laporan keuangan pakai excel.

  28. Pak, mau tanya. apa beda penghasilan dengan pendapatan? kemudian, apa beda beban dengan biaya? sertakan contohnya, ya…
    thanks

    ZB:
    Menurut saya hanya pada penggunaan bahasa. Penghasilan dan pendapatan itu sama namun tidak ada pengahsilan diterima dimuka. Penghasilan itu mengarah pada pendapatan bersih atau laba, atau jumlah yang diperoleh.
    Beban dan biaya juga sama, biaya digunakan untuk sesuatu yang telah diambil man’faatnya misalnya biaya perawatan, maksutnta perawatan tersebut telah dilaksanakan. Sedangkan beban digunakan untuk suatu yang belum/tidak diambil manfa’atnya misalnya beban pajak. Beban pajak tidak pernah berubah menjadi biaya pajak karena perusahaan tidak pernah mendapat manfa’at secara langsung dari pajak. Walau demikian banyak pelaku bisnis memperlakukan sama hal2 tersebut sehingga yang seharusnya beban disebut biaya begitu sebaliknya. Selanjutnya terserah anda apakan anda akan membedakan kata beban dan biaya.

  29. pak, mau tanya. gimana persamaan akuntansi nya klo ada transaksi :
    biaya perijinan sebesar 50jt, baru dibayar 22,5 jt.
    klo menurut saya gini :
    kas utang modal
    (22,5) 27,5 (50)

    itu bener ga pak??

    tlg dibalas ya pak..
    trimakasih

  30. mau nanya pak…
    gimna caranya supaya kita cepat mengetahui parsamaan tentang akutansi?
    soalnya saya dulu stm dan saya pindah ke akutansi setelah kuliah,

  31. mau nanya pak
    kalo uang bank + piutang + stock – hutang
    itu namanya apa dalam akuntansi
    trima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 75 pengikut lainnya.