Buku besar


Buku besar adalah catatan akhir yang merupakan kumpulan rekening neraca dan rugilaba yang merangkum catatan akuntansi. Jumlah rekening yang digunakan oleh perusahaan tergantung pada jenis perusahaan, Besar kecilnya perusahaan dan informasi yang dibutuhkan. Bila ruang lingkup perusahaan sudah cukup luas, akan terdapat jumlah transaksi yang cukup besar. Dalam hal ini catatan dalam rekening buku besar perlu keterangan lebih rinci maka dilakukan dengan cara membuat buku pembantu yang berbentuk rekening-rekening, sehingga dapat dikatakan buku pembantu adalah rincian rekening-rekening dalam buku besar.  

contoh beberapa buku Besar Buku Besar Kas, Piutang, Persediaan, mesin dan perlengkapannya, utang, Biaya,  

contoh beberapa buku Besar pembantu biaya Pembantu overhead, biaya administrasi umum, biaya penjualan. Tidak semua rekening buku besar perlu dibuat buku pembantu.

About these ads

15 Tanggapan

  1. [...] laporan keuangan dengan microsoft excel, maka pekerjaan yang paling merepotkan adalah membuat buku besar. Harus mengelompokkan data transaksi berdasar kode perkiraan, menjumlah, menghitung saldo [...]

  2. saya senang utak-atik rumus-rumus di program excel. tolong saya minta programnya ya…

    terima kasih.

  3. SAYA BOLEH MINTA PROGRAM BUKU BESARNYA, DAN KENAPA SAYA TIDAK DAPAT MENGAKSESNYA PADAHAL SUDAH SUDAH SAYA MASUKKAN KUNCI NYA TETAP HARUS AKTIVASI. BAGAIMANA CARA MUDAHNYA SAYA MENDOWNLOAD DAN MENGASESNYA DENGAN BENAR DAN TEPAT

    ZB:
    Mohon ma’af, Aplikasi yang kami distribusikan telah digunakan oleh banyak orang dan mereka berhak melakukan modifikasi termasuk mengupload ke internet. Kami hanya mendistribusikan via CD, jika anda menemukan hal itu, kami pastikan itu adalah bagian dari aplikasi kami yang telah dimodifikasi, yang bersangkutanlah yang bertanggungjawab untuk memeberikan penjelasan.

  4. kalo membuat buku besar dengan perkiraan kode rekeningnya di KOLOM – Data kemudian pilih SORT A-Z maka dengan sendirinya kode rekening dpt dikelompokkan

  5. programnya kog tidak dapat didownload ? kenapa ya…? Mohon penjelasan.
    zb:
    Sampai saat ini kami hanya mendistribusikan aplikasi akuntansi berbentuk CD.

  6. Boleh minta contoh buku besar pembantu (persediaan) dan laporan laba rugi pada perusahaan manufaktur dengan akun-akun yang lengkap, bisa ga?jawabannya amat sangat saya tunggu nih..

  7. gimana caranya posting jurnal umum ke buku besar dengan program excel, saya kesulitan menemukan rumusnya.tahnx

    Zb:
    Kalau yang ini, bukan mainan saya. Saya saya menjurnal transaksi cuman pakai click tombol mouse tentukan periode transaksi yang di Jurnal klick click lagi tombol OK ya OK deh. Tapi Jangan kecewa dulu. Saya punya koleksi tentang hal ini, ntar saya cari dulu Ya!…

  8. menurut pendapat saudara apakah dari buku besar daPAT LANGSUNG DISUSUN LAPORAN KEUANGAN

    zb:
    memangnya saudara menyusun laporan keuangan dari mana?… kalau saya dari bukubesar dan pada hal tertentu langsung dari data transaksi misalnya untuk labarugi periode tertentu.

  9. apabila dalam perhitungan fisik kas perusahaan terdapat uang palsu bagaimana perlakuan akuntansinya?

    ZB:
    Hal ini adalah masalah pertanggungjawaban yang sepenuhnya berada ditangan kasir. Bukan masalah akuntansi.

  10. saya ingin bertanya..jika misalkan pada pada akhir bulan november terdapat saldo akhir untuk setiap akunnya, apakah pada buku besar untuk bulan desember, saldo tersebut di masukan lagi dan dijadikan saldo awal?
    terima kasih

    ZB:
    Periode akuntansi adalah satu tahun sehingga yang dimaksud saldo awal adalah saldo neraca pada awal tahun dan sama dengan Neraca tahun Lalu. Jika anda menggunakan akuntansi manual dan membuat neraca secara periodik misalnya bulanan tentunya anda harus mencatat neraca peride sebelumnya sebagai saldo awal pada neraca lajur. Namun hal itu tidak diperlukan apa akuntansi komputer. Akuntansi komputer dapat menghitung neraca tanpa perlu neraca lajur.

  11. Salam kenal..
    saya awam sekali terhadap pembukuan. kami hanya mencatat aja setiap transaksi yang terjadi. Baru-2 ini kami dimintai pembukuan sebagai syarat pengajuan kredit ke perbankan. apa yang harus kami lakukan dan mulai dari mana?

    ZB:
    Langkah awal anda harus menggunakan Jasa konsultan untuk menyusun laporan keuangan. Untuk skala kecil biasanya tidak disyaratkan laporan yang diaudit oleh kantor akuntan public, dalam hal ini anda dapat menggunakan jasa siapa saja yang dapat menyusun laporan keuangan misalnya Guru atau mahasiswa jurusan akuntansi, namun untuk skala besar biasanya yang diminta adalah laporan keuangan yang di audit oleh auditor dari kantor akuntan public. Bila anda berada di wilayah jangkauan kami, kami selalu siap menjadi patner anda dalam menyusun laporan keuangan dengan tenaga auditor yang telah berpengalaman dalam hal ini.

    Selanjutnya setelah anda menjalankan usaha yang melibatkan pihak lain seperti bank, kebutuhan pembukuan tidak dapat lagi dicatat apa adanya. Akuntansi bukan hanya memenuhi kebutuhan anda akan informasi keuangan akan, tetapi juga kewajiban yang harus dilaksanakan tentunya anda perlu bantuan staf yang mengerti akuntansi akuntansi.

    Untuk pengembangan sistem informasi akuntansi kami menyediakan software akuntansi yang memudahkan anda dalam mencatat transaksi keuangan dan menyusun laporan keuangan.

  12. Makasih infonya, buat tambah2 pengetahuan dan minta dikit ya tuk tugas kuliah… (cuma baca ko, nggak ngopi_)

    salam

  13. mas buku besarna kurang lengkap

  14. mau tanya dunk contoh gambar buku besar itu gimana ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 76 pengikut lainnya.