Prinsip akuntansi


Dalam “Prinssip Akuntansi Indonesia” yang disusun oleh Ikatan Akuntan Indonesia  disebutkan maksud laporan akuntansi antara lain :  (telah diperbaharui dengan Standar Akuntansi Keuangan namun prinsip dasarnya adalah sama).

Perusahaan terpisah dengan pemilik dan perusahaan lainnya, maksudnya akuntansi membedakan asset yang menjadi asset perusahaan dan asset milik pribadi pemilik.

Memenuhi keperluan, yaitu informasi yang dihasilkan akuntansi mempunyai tujuan yang jelas. Tidak asal dibuat. Hal ini menyebabkan sistem akuntansi suatu perusahaan tidak sama dengan sistem akuntansi perusahaan lainnya, karena setiap perusahaan mempunyai kebutuhan berbeda sesuai dengan pengaruh lingkungannya.

Memberikan informasi keuangan secara  kwantitatif mengenai perusahaan tertentu agar pemakai/manajemen dapat mengambil keputusan ekonomi

Memberikan informasi keuangan yang dapat dipercaya  sehingga membantu pemakai/manajemen dalam menaksir kemampuan perusahaan memperoleh laba.

Menyajikan informasi mengenai perubahan-perubahan harta dan kewajiban serta informasi lainnya yang diperlukan.

  • Bermutu
  • Relevan
  • Jelas dan dapat dimengerti
  • Dapat diuji
  • Dapat dibandingkan
  • Lengkap
  • Netral
About these ads

26 Tanggapan

  1. Saya mau tanya mengenai PABU, Semua tentang PABU, yaitu isinya dll.

    Mohon bantuan

    Terima kasih

  2. SAYA INGIN TAHU TENTANG PRINSIP AKUNTANSI MENURUT IAI DAN PEMBAHASANNYA TERIMAKASIH

  3. Mbak Darthi, Seingat saya, dulu saya belajarnya pakai IAI. jadi yang saya tulis itu berdasarkan IAI. Untuk yang lainnya seperti SKA saya hanya lihat sepintas dan prinsipnya sama saja. Yang berubah adalah sisdur, seiring dengan munculnya akuntansi komputer. Kalau pembahasannya saya rasa tidak perlu dulu ya! karena sudah cukup jelas !.
    Untuk Auliya mbak apa mas ini, maaf ya! Saya bicara secara jujur, bukan tidak mau memberi jawaban. Untuk PABU saya belum tau…Apalagi yang ditanya semua tambah dll lagi. Tampaknya saya sudah ketinggalan bangat ya!… tapi ‘ngak apalah, aturan-aturan yang baru dimata saya hanya sekedar bersilat lidah, korupsi jalan terus ya!…

  4. saya mau tanya 7 prinsip akuntansi itu isinya apa saja seh?
    tolong jawab secepatnya

  5. Salam sejatera, Saya mau tanya, bagaimana cara perhitungan penyusutan untuk jenis-jenis inventaris dan bangunan. Apakah ada standarisasinya?
    Mohon bantuannya. Terima kasih.

    Zb:
    Ada beberapa metode untuk menghitung penyusutan Aktiva, untuk itu mohon ma’af belum dapat saya bahas sekarang karena materinya cukup banyak, harap bersabar…

  6. BAGAIMANA DENGAN KONSERVATISMA?
    konservatisma juga merupakan salah satu prinsip akuntansi
    bahkan beberapa ahli berpendapat bahwa konservatisma sangat dominan

  7. Pak, mau tanya apakah prinsip akuntansi dapat dibandingkan itu bisa di anggap sebagai nilai yg wajar.
    saya akan membukukan exs kendaraan leasing yg macet, menjadi aktiva perusahaan. jika dihitung maka pokok hutang dari kendaraan tsb melebihi harga OTR(cash) karena sudah di tambah biaya2, yg saya tanyakan apakah bisa di anggap wajar nilai yg dimasukkan dalam harga perolehan kendaraan tersebut adalah lebih besar dari harga baru kendaraan tsb. padahal kendaraan tsb bekas (kendaraan kredit macet)

    ditunggu jawabannya

    ZB:
    Dapat dibandingkan adalah area yang luas, kita dapat melihatnya dari berbagai sudut sesuai kebutuhan. Salah satunya bila kita punya suatu nilai, kita dapat mengetahui nilai itu berasal dari mana artinya kita dapat membuat perbandingan dengan sumbernya.
    Nilai yang wajar artinya nilai tersebut bisa saja tidak sesuai dengan nilai sesungguhnya karena dipengaruhi oleh faktor-fator tertentu yang menimbulkan biaya namun menjadi tidak wajar kalau biaya melebihi harga pokoknya.

    Saya tidak dapat menangkap, apakah perusahaan anda sebagai lesor atau pemakai. Jika anda sebagai pengguna anda perhatikan dulu bahwa leasing pada dasarnya adalah : anda membeli jasa dari aktiva yang tidak untuk dimiliki. Artinya selama masa leasing cicilan yang anda bayarkan secara keseluruhan merupakan biaya operasional. Disini tidak ada lagi nelai penyusutan. Satus sesungguhnya adalah milik lesor, namun pada akhirnya aktiva tersebut dapat menjadi milik anda (tidak selalu menjadi milik anda), anda sebagai pemakai hanya menguasai dan punya hak penuh atas jasa yang dapat diambil dari aktiva tersebut. Terlihat transaksinya serupa dengan pembelian kredit, sehingga melihat bentuk transaksi sulit membedakan leasing dengan pembelian kredit.
    Secara singkat saja
    1. Jika pembelian kredit maka nilai aktiva yang dibukukan adalah nilai perolehan yaitu harga beli + biaya2 sampai aktiva tersebut dapat digunakan tidak termasuk bunga. (bunga adalah biaya operasional). Disini anda menghitung nilai penyusutan.
    2. Jika Leasing, harga perolehannya adalah nilai sisa pada saat anda memperoleh aktiva tersebut ditambah biaya-biaya yang diperlukan untuk pengalihan aktiva tersebut. Kira-kira sama dengan anda beli aktiva bekas. Jadi adalah tidak wajar bila anda membukukan aktiva tersebut lebih besar dari harga barunya.
    Pendapat saya begitu…

  8. minta contoh laporan keuangan perusahan jasa konsultan teknik ( konstruksi)

  9. Wah sangat bermanfaat banget isi blog nya….

    Buat saya yang baru belajar akuntansi nih :D

  10. salam,,,,
    saya mo tanya ne….
    apa yg dimaksut 1.arti peranan dan tujuan akuntansi
    2.konsep dan perinsip dasar akuntansi
    thx ya…..

    ZB:
    Anda akan mememukan jawabannya bila anda membaca dengan benar!…

  11. saya mau tanya apa yang dimaksud dengan struktur dasar akuntansi dan konsep dasar akuntasi secara umum/
    terima kasih

    ZB:
    Struktur dasar akuntansi adalah bagian2 yang dilibatkan dalam proses akuntansi sedangkan konsepdasar akuntansi adalah aturan2 yang harus dipenuhi dalam proses akuntansi.

  12. akuntansi ithu susaH gag siih…????

    ZB:
    eeee… belum tau dia!… Akuntansi itu mudah!…. Dikerjakan bersama pakai komputer lagi…

    Kalau di kampus ya susah juga !… karena dikerjain sendiri dari awal sampai akhir secara manual. Sumber datanya nggak jelas, waktu terbatas. Beruntung kalau dosenya masih bisa dimainkan. dijamin nggak pernah salah….

  13. saya ingin tahu jenis-jenis akuntansi itu apa saja bersama penjelasannya….tlong ya? trima kasih…

  14. jenis-jenis prinsip akuntansi…..bkan jenis-jenis akuntansi….

  15. Ass….saya cma mau tnya 7 prinsip akuntansi itu ap2 sja?

    ZB:
    Banyak orang membaca, namun tidak memahami apa yang dibacanya.

  16. important…!

  17. saya mau tanya tentang akuntansi konservatisme, ada..?

  18. Kalau bisa infonya ditambahin …. thanks

  19. adakah pasal atau ketentuan lain yang terdapat dalam pedoman akuntansi keuangan tentang :

    “Pemegang cash yang merangkap sebagai pemegang akuntansi / pembukuan ?” jadi 1 orang merangkap 2 jabatan sekaligus ! mohon jawabannya ya !

    ZB:
    Aturan2 dalam prinsip akuntansi merupakan hasil analisa ahli akuntansi untuk mencegah terjadinya praktek2 tidak sehat. Prinsip tersebut menjadi acuan dalam penyelenggaraan akuntansi namun setiap organisasi berhak menentukan aturan sesuai dengan kebutuhan masing2. Kalau pasal biasanya aturan yang menyangkut produk hukum dimana jika tidak dilakukan berarti melanggar. Beda dengan prinsip akuntansi.
    Hal inilah yang menyebabkan akuntansi bersifat uniq dimana aturan disuatu perusahaan tidak akan selalu sama dengan atur di perusahaan lainnya, bahkan mungkin yang dianggap benar di satu perusahaan, dianggap salah di perusahaan lain.
    Dengan demikian Pemegang cash merangkap sebagai pemegang akuntansi tidak dapat disebut pelanggaran hanya saja hal itu mempunyai peluang untuk terjadinya praktek tidak sehat yang menimbulkan resiko bagi perusahaan. Kuncinya akuntansi berkembang sejalan dengan perkembangan perusahaan. Selama masih belum dibutuhkan maka aturan itu tidak diperlukan.

  20. thanks….

  21. apa prinsip akuntansi serta pnjelasan nya?

  22. thanks,,,,,

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 79 pengikut lainnya.